1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepeda
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tua-tua keladi! Mungkin itulah ungkapan yang bisa disematkan pada sepeda onthel. Sepeda ini mulai digunakan sejak zaman Hindia Belanda oleh para bangsawan saat itu. Meskipun terbilang klasik dan kuno, hingga kini peminatnya masih ada dan terus bertambah. Ingin membeli sepeda onthel pertama Anda? 


Untuk membantu Anda, kami akan mengulas sepeda onthel pada artikel kali ini. Merek sepeda onthel yang bagus, seperti Philips, Phoenix, Raleigh, Gazelle, Jengki, hingga Fongers akan kami bahas di sini. Cara memilih sepeda antik satu ini pun akan kami ulas untuk Anda. Simak selengkapnya di artikel ini!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa kerennya menggunakan sepeda onthel?

Apa kerennya menggunakan sepeda onthel?
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sepeda ontel pada zaman Hindia Belanda digunakan oleh para bangsawan dan pengusaha. Waktu itu, sepeda menjadi alat transportasi satu-satunya karena masyarakat belum menggunakan kendaraan bermesin. Sekitar tahun 1970-an, sepeda ontel mulai banyak digunakan oleh masyarakat biasa yang tinggal di perkotaan.

Barulah pada tahun 1980-an, masyarakat pedesaan mulai menggunakan sepeda ontel. Sebab, masyarakat perkotaan mulai beralih ke kendaraan bermesin. Memasuki tahun 2000-an, penggunaan sepeda ontel makin sedikit karena tergusur oleh mountain bike (MTB) dan motor. Namun, justru pada era ini lahir berbagai komunitas sepeda ontel di berbagai daerah.


Di Jakarta sendiri, Anda bisa menjumpai banyak sepeda ontel di daerah Kota Tua. Mengendarai sepeda ontel mungkin terkesan jadul, tetapi justru di situlah sensasinya. Sepeda ontel tampil unik, beda, dan klasik di tengah gempuran kendaraan canggih bermesin lainnya. Sepeda ontel juga pastinya lebih ramah lingkungan.

Cara memilih sepeda onthel

Sebelum membeli sepeda ontel, pahami beberapa hal di bawah ini agar Anda tidak salah pilih. Terlebih lagi jika Anda baru akan membeli ontel untuk pertama kali, tips dari kami bisa dijadikan referensi.

① Ketahui jenis-jenis sepeda onthel

Ada beberapa jenis sepeda ontel yang terkenal karena kualitasnya. Membeli berdasarkan jenis atau mereknya bisa menjadi salah satu tips yang bagus untuk para pehobi baru.

Raleigh: Sepeda keluaran Inggris sejak tahun 1880-an

Raleigh: Sepeda keluaran Inggris sejak tahun 1880-an

Raleigh bisa dibilang sebagai salah satu merek sepeda ontel tertua. Sepeda ini berasal dari Inggris dan sudah diproduksi sejak tahun 1886. 


Pada tahun 1920-an, Raleigh merajai pasar sepeda ontel dunia, bahkan ia mampu menjual hingga seratus ribu produk. Namun, Raleigh sudah berhenti produksi sejak tahun 1970. Oleh karena itu, mencari sepeda ontel Raleigh yang masih otentik akan lebih sulit pada zaman sekarang

Gazelle: Keunikan rangkanya membuatnya diburu para kolektor

Gazelle: Keunikan rangkanya membuatnya diburu para kolektor

Sepeda ontel Gazelle diciptakan di Belanda pada 1892. Karena adanya kisah historis dengan Belanda, sepeda Gazelle terasa lebih dekat dengan masyarakat Indonesia. Bentuk rangka sepeda ini lebih cekung di bagian tengahnya. Harganya sekarang cukup tinggi. Untuk produk aslinya bisa dijual dengan harga lebih dari 20 juta rupiah.

Phoenix: Populer dan mudah ditemukan di Indonesia

Phoenix: Populer dan mudah ditemukan di Indonesia

Sepeda ontel yang banyak beredar di pasar Indonesia sekarang salah satunya adalah merek Phoenix. Produk ini berasal dari Tiongkok. Selain produksinya yang banyak, harganya juga tergolong terjangkau jika dibandingkan sepeda ontel lainnya


Tak heran jika penjualannya masih tergolong bagus di Indonesia. Meskipun ekonomis, produk ini sudah menggunakan spare part dari pabrikan sepeda terkenal, seperti Shimano.

Fongers: Sepeda onthel kelas premium

Fongers: Sepeda onthel kelas premium

Anda pernah melihat sepeda klasik dengan ukuran ban depan yang besar dan ban belakang kecil? Nah, itulah ciri khas sepeda Fongers yang diproduksi tahun 1880-an. Selain sepeda tersebut, Fongers juga mengeluarkan banyak sepeda ontel yang kualitasnya premium.


Banyak yang menganggap sepeda ontel Fongers adalah sepedanya orang kaya zaman itu. Sampai sekarang pun, sepeda ini tak kehilangan sisi classy-nya, baik itu dari segi kualitas ataupun desain.

② Cek merek dan seri rangkanya

Cek merek dan seri rangkanya

Untuk para kolektor, keaslian sebuah sepeda ontel menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar. Salah satu caranya adalah mengecek nomor seri rangka yang ada pada sepeda ontel. Setiap merek tentunya memiliki sistem penomoran berbeda.


Sistem penomoran paling jadul hanyalah mengikuti tahun produksinya. Sistem ini diaplikasikan pada tahun 1900-an. Selanjutnya, sistem penomorannya berkembang berdasarkan tahun produksi, seri, serta nomor urut produksi. Contohnya adalah sepeda Fongers 2042-70. Artinya, sepeda tersebut diproduksi tahun 1920, seri 42, dan sepeda urutan ke-70


Penomoran modern juga melibatkan alfabet, misalnya tahun 1940 (Z), 1941 (K), 1941–1945 (F), dan seterusnya. Ada juga yang memberi nomor berdasarkan gender, misalnya 3500 untuk sepeda laki-laki dan 1900 untuk wanita. 


Tips jitu membeli ontel orisinal adalah tanyakan nomor rangka sepeda pada penjuanya. Setelah itu, Anda harus mencari tahu lagi apakah nomor tersebut valid atau tidak. Anda juga bisa menanyakannya ke komunitas sepeda ontel.

③ Perhatikan kondisi frame-nya

Perhatikan kondisi frame-nya

Setelah memeriksa keasliannya, langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi frame-nya. Tak seperti frame sepeda modern yang terbuat dari karbon, frame sepeda ontel umumnya terbuat dari stainless steel


Bahannya cenderung lebih berat dan kaku. Stainless steel memang terkenal sebagai bahan tahan karat, tetapi tidak menutup kemungkinan karat tetap muncul, terutama di bagian sambungannya.


Oleh karena itu, usahakan beli sepeda ontel dari orang yang memang pehobi atau ikut komunitas ontel. Mereka pasti lebih paham cara merawat sepeda ontel sehingga barang yang Anda dapatkan kualitasnya terjaga.

④ Periksa kelengkapan dan keaslian aksesorinya

Periksa kelengkapan dan keaslian aksesorinya

Selain keaslian nomor rangkanya, pastikan juga kelengkapan dan keaslian aksesorinya. Setiap seri sepeda ontel memang pastinya berbeda kelengkapan aksesorinya. Sebagai gambaran, berikut ini beberapa aksesori yang biasanya ada pada sepeda ontel.


  • Bel (klakson): Jenis bel pada sepeda ontel biasanya antara bel ting-tong atau lonceng berbahan kuningan. Bel ting tong berperan sebagai klakson manual sehingga Anda harus membunyikannya. Semetnara itu, lonceng kuningan biasanya otomatis berbunyi saat sepeda ontel bergerak.
  • Lampu stopan (brake light): Lampu ini bisa berada di depan dan belakang. Fungsinya agar sepeda ontel tetap terlihat meskipun berada di tempat yang agak gelap. Dengan begitu, risiko kecelakaan bisa lebih dihindari.
  • Sepatbor depan dan belakang: Layaknya sepeda klasik lainnya, sepeda ontel umumnya memiliki sepatbor panjang di ban depan dan belakangnya.
  • Tempat dudukan belakang (boncengan): Bagian ini berfungsi untuk membonceng orang lain. Terkadang, bagian ini juga dijadikan tempat tas kulit untuk meletakkan barang, layaknya sepeda tukang pos jaman dahulu.

10 Rekomendasi sepeda onthel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda ontel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Phoenix

Sepeda Ontel

Phoenix Sepeda Ontel 1枚目

Sepeda jengki yang populer pada tahun 70-an, kualitasnya sebagus zaman dulu

2

Gazelle

Sepeda Ontel

Gazelle Sepeda Ontel 1枚目

Sepeda onthel bersejarah yang banyak diburu

3

Fongers

Sepeda Ontel

Fongers Sepeda Ontel 1枚目

Sepeda kelas premium pada zaman Belanda

4

London Taxi

Sepeda Ontel

London Taxi Sepeda Ontel 1枚目

Desain klasik yang berkelas untuk wanita perkotaan

5

Humber Cross

Sepeda Ontel

Humber Cross Sepeda Ontel 1枚目

Suara khas persnelingnya membuat Anda bernostalgia

6

London Taxi

Sepeda Ontel

London Taxi Sepeda Ontel 1枚目

Desain klasik berteknologi modern yang lengkap

7

Simplex

Sepeda Ontel

Simplex Sepeda Ontel 1枚目

Lebih mulus dikayuh berkat teknologi bearing

8

Raleigh

Sepeda Ontel

Raleigh Sepeda Ontel 1枚目

Sepeda legendaris dengan material baja

9

Batavus

Sepeda Ontel

Batavus Sepeda Ontel 1枚目

Nyaman untuk perjalanan jarak jauh

10

Phillips

Sepeda Ontel

Phillips Sepeda Ontel 1枚目

Tampilan klasik ala Inggris dengan harga bersahabat

Perincian produk
Close
No.1

PhoenixSepeda OntelJengki

Mulai dari Rp500.000,00

Sepeda jengki yang populer pada tahun 70-an, kualitasnya sebagus zaman dulu

Ingin merasakan suasana tahun 70-an dengan berkeliling menggunakan sepeda ontel? Pilih saja sepeda ontel Phoenix yang memiliki kesan jadul ini. Selain frame-nya berbahan hi-ten steel berat khas zaman dahulu, sepeda klasik ini cukup populer karena harganya terjangkau.


Sepeda ini juga dilengkapi aksesori yang cukup lengkap, seperti tutup rantai, bel, dan pompa sepeda. Selain itu, ada juga tempat dudukan belakang berbahan chrome, rem model jepit, dan velg yang juga berbahan chrome.

No.2

GazelleSepeda OntelSeri 10

Mulai dari Rp20.000.000,00

Sepeda onthel bersejarah yang banyak diburu

Gazelle merupakan brand sepeda legendaris asal Belanda yang terkenal di Indonesia karena bentuk rangkanya yang khas. Penampilannya yang klasik, gagah, tetapi tetap minimalis membuat banyak orang mengincar sepeda ini sebagai koleksi pribadi. Sepeda ini juga dikenal nyaman untuk dikendarai.


Saat ini cukup sulit menemukan sepeda ini dengan rangka dan aksesori yang asli. Makin banyak aksesori asli sepeda yang disematkan, makin tinggi pula harganya. Beberapa kolektor bahkan menilai sepeda ini sebagai investasi.

No.3

FongersSepeda OntelHH 60

Mulai dari Rp3.850.000,00

Sepeda kelas premium pada zaman Belanda

Sepeda ontel merek Fongers pertama kali dikenal karena sepedanya yang memiliki ukuran ban depan lebih besar dari ban belakangnya. Di Indonesia, nama Fongers juga terkenal sebagai sepeda berkualitas tinggi yang dipakai oleh orang-orang Belanda dan orang kaya pada masa itu.


Sejarah yang kaya akan reputasi dan kualitas terbaik menjadikan sepeda Fongers mempunyai daya tarik tersendiri bagi penggemarnya hingga saat ini. Harganya pun beragam mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Sepeda ontel ini cocok untuk kalian yang ingin mengoleksi sepeda antik!

No.4

London TaxiSepeda OntelCRB L 26 Inch

Mulai dari Rp5.780.000,00

Desain klasik yang berkelas untuk wanita perkotaan

London Taxi adalah merek sepeda asal Inggris yang terkenal di Indonesia karena tampilannya yang klasik. Sepeda ini dilengkapi sadel tipe original classic dan full aluminium V-brake set. Frame-nya terbuat dari bahan hi-ten steel yang berkualitas bagus.


Sepeda ini cocok digunakan oleh wanita karena desain rangka sepeda yang rendah antara setang dan sadelnya. Selain itu, bobot sepedanya juga tidak seberat sepeda ontel pada umumnya. Dilengkapi dengan kecepatan maksimal 6 speed, sepeda klasik ini memberi kenyamanan dan performa yang cukup untuk digunakan di perkotaan.

No.5

Humber CrossSepeda OntelFA80

Mulai dari Rp15.000.000,00

Suara khas persnelingnya membuat Anda bernostalgia

Sepeda buatan Inggris ini memiliki banyak seri yang dianggap masterpiece, termasuk seri FA80 ini. Desain detail sepedanya yang menarik, membuat sepeda ini sangat populer di kalangan anak muda pada masa itu. Usianya pun masih terbilang muda dibandingkan seri Humber Cross lainnya. Oleh karena itu, Anda relatif mudah menemukan sepeda yang bagus kondisinya.

Sepeda ini dilengkapi dengan pengatur kecepatan Sturmey Archer 3 Speed buatan Raleigh Industry yang memiliki bunyi khas saat dikayuh. Bunyi klakson ini membangkitkan kenangan masa lalu saat sepeda ontel merupakan barang mewah yang prestisius.

No.6

London TaxiSepeda OntelCRB M 700 C

Mulai dari Rp5.780.000,00

Desain klasik berteknologi modern yang lengkap

Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan dan performa bersepeda, sepeda ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Sepeda London Taxi CRB M 700 C ini termasuk sepeda yang memiliki rangka besar. Memiliki rangka berukuran 510 mm dan ukuran ban 700 x 28C, cocok untuk Anda yang menyukai tampilan klasik dan gagah.


Sepeda ini dilengkapi juga dengan Shimano 6 speed thumb-shifter dan rem model klasik V-Brake berbahan aluminium dengan modulator depan. Pastinya, fitur tersebut membuat sepeda ini sangat nyaman digunakan bersepeda di jalanan perkotaan. Sepeda ontel ini juga sudah dilengkapi dudukan besi di belakang dan dudukan tas di depan.

No.7

SimplexSepeda OntelCycloide

Mulai dari Rp6.000.000,00

Lebih mulus dikayuh berkat teknologi bearing

Simplex didirikan pertama kali di Utrecht Stationdwarsstraat sebelum akhirnya pindah ke Amsterdam. Merek ini terkenal dengan desain sepedanya yang nyaman dan berjalan dengan sangat mulus. Rangka sepeda yang tergolong berat juga dikenal kuat untuk membawa beban.


Ciri khas sepeda Simplex model cycloide terletak pada poros tengahnya yang menggunakan bearing atau lager. Konstruksi bearing berdiameter 50 mm inilah yang membuat sepeda bisa dikayuh dengan lebih halus tanpa gesekan.

No.8

RaleighSepeda OntelDames

Mulai dari Rp3.500.000,00

Sepeda legendaris dengan material baja

Untuk Anda yang mengutamakan kekuatan sepeda, produk ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Rangka utamanya terbuat dari baja sehingga terkenal kuat dan berkualitas baik. Raleigh menggunakan slogan "The all-steel bicycle" untuk membedakan sepeda buatan mereka dengan pesaingnya yang rata-rata menggunakan cor besi. Tak salah bila Raleigh menjadi produsen sepeda terbesar di Inggris.


Sepeda ini sangat terkenal di masanya sehingga banyak dipalsukan. Di Indonesia sendiri, sejak tahun 1926 produk ini banyak versi KW-nya. Produk imitasinya pun sangat rapi dan sulit untuk dibedakan dengan aslinya. Cermatlah saat memastikan keaslian sepeda yang ingin Anda beli, ya!

No.9

BatavusSepeda OntelDames

Mulai dari Rp8.500.000,00

Nyaman untuk perjalanan jarak jauh

Merek Batavus ini salah satu merek terkenal dari Belanda yang masih berdiri hingga saat ini. Desain sepeda klasik yang sederhana ini hampir tidak pernah berubah hampir selama satu abad. Biarpun begitu, Batavus memikirkan dengan saksama konstruksi sepedanya sehingga dikenal nyaman saat digunakan.


Kayuhan sepeda ini sangat ringan karena detail gear dan konstruksi tuas remnya yang baik. Selain itu, posisi kemiringan frame-nya juga dirancang untuk dapat meredam goncangan. Untuk jalan yang datar seperti di perkotaan, ketangguhan sepeda Batavus tak perlu diragukan lagi. Anda bisa melakukan perjalanan jauh dengan mulus dan nyaman.

No.10

PhillipsSepeda OntelHeren

Mulai dari Rp2.500.000,00

Tampilan klasik ala Inggris dengan harga bersahabat

Sepeda ontel buatan Inggris ini merupakan produsen sepeda terbesar kedua setelah Raleigh. Sepeda ini menyebar di berbagai belahan dunia, seperti Indonesia, Tiongkok, Argentina, Portugal, Belanda, India, Amerika Serikat, dan lainnya. Dahulu, sepeda ini banyak digunakan oleh kalangan guru dan PNS karena harganya yang lebih bersahabat dibandingkan merek sepeda lainnya.


Meskipun begitu, sepeda Phillips tetap memukau dengan tampilan klasik khas Inggris pada zaman itu. Salah satu ciri khas sepeda Phillips terletak pada bentuk lekukan garpu belakang yang lebih tajam dibanding bentuk garpu belakang sepeda asal Inggris lainnya.

Tips merawat sepeda onthel

Tips merawat sepeda onthel

Keunggulan sepeda ontel terletak pada aura klasiknya yang menempel. Desain rangka simpel, timeless, dan warnanya yang mengilap membuat tampilannya jadi lebih keren. Berikut ini beberapa tips merawat sepeda ontel agar bisa awet.


  • Sering-sering dicuci dan dilap agar tidak ada kotoran yang menempel.
  • Saat tidak digunakan, simpan sepeda dengan posisi ban tidak langsung menyentuh tanah karena bisa membuatnya kempis. 
  • Rutin berikan pelumas di bagian rantainya agar jalannya mulus.
  • Semir bagian rangkanya secara rutin agar tampilannya selalu kinclong.

Baca juga rekomendasi sepeda lainnya di sini

Selain sepeda ontel, kami pernah membahas beberapa jenis sepeda lainnya. Jika Anda tertarik mendapatkan informasi seputar dunia sepeda, silakan klik tautan di bawah ini. Cara memilih dan rekomendasi produknya lengkap, lho!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran sepeda ontel yang ingin Anda beli? Sepeda ontel tak lekang oleh zaman, makin tua makin banyak peminatnya. Untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang sepeda ontel, Anda bisa bergabung dengan komunitasnya atau organisasi pencinta sepeda tua. 


Saat ingin membeli sepeda ontel, pertimbangan merek, keaslian nomor rangkanya, kelengkapan aksesori, serta kondisinya, ya. Selamat berburu sepeda ontel yang kece!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer