• 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pembukuan keuangan umumnya dilakukan dengan cara menulis manual di buku atau menggunakan Microsoft Excel. Kini sudah tersedia software akuntansi yang bisa Anda coba secara gratis. Beberapa software akuntansi dapat Anda operasikan secara online dan offline. Bahkan, ada software akuntansi lokal Indonesia, Jurnal.id.


Artikel kali ini akan membahas tentang software akuntansi terbaik. Kami akan merekomendasikan berbagai merek software akuntansi yang bagus, seperti Accurate, Xero, dan FreshBooks. Ada juga software akuntansi yang gratis, yaitu Wave. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software akuntansi, simak artikelnya, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Juni 2022
Daftar isi

Apa saja fungsi software akuntansi?

Software akuntansi atau accounting software memang sangat diperlukan, baik untuk pemilik bisnis besar maupun kecil. Data-data transaksi jual beli akan tersimpan dengan aman di dalam software akuntansi. Dengan demikian, riwayat transaksi perusahaan dapat terekam dengan baik.


Jika dahulu para akuntan harus menulis laporan keuangan di dalam buku, kini cukup menekan klik saja di dalam software. Berbagai fitur yang tersedia di dalam software akuntansi juga sangat berguna untuk kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu, software akuntansi juga meminimalkan risiko human error.


Software akuntansi juga menawarkan banyak kemudahan lainnya, seperti pembuatan invoice, penagihan invoice, dan pendataan inventaris. Fungsi lainnya dari software akuntansi dapat Anda ketahui dengan membaca ulasan software tersebut atau melihat langsung di situs resminya.

Cara memilih software akuntansi

Memang sudah ada banyak software akuntansi yang bisa Anda pilih. Jika Anda masih bimbang memilih software mana yang akan Anda beli, simak dahulu tips dari kami. Berikut ini adalah poin-poin yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli software akuntansi.

Perhatikan jenis software akuntansi berdasarkan cara penyimpanan datanya

Perhatikan jenis software akuntansi berdasarkan cara penyimpanan datanya

Ada dua jenis software akuntansi, yaitu cloud-based dan desktop software. Keduanya memiliki perbedaan dalam sistem penyimpanan data.


  • Cloud-based software menyimpan data Anda dalam sistem cloud. Anda membutuhkan koneksi internet agar data Anda dapat tersimpan. Keuntungan cloud-based software adalah Anda dapat mengakses datanya di mana saja dan kapan saja. Namun, Anda perlu membayar biaya langganan tiap tahunnya.

  • Desktop software menyimpan data dalam memori komputer. Anda cukup membayar software ini sekali saja untuk selamanya. Anda juga tak butuh koneksi internet untuk menyimpan data. Desktop software sayangnya kurang praktis digunakan untuk mengakses data kapan saja.

Kenali beberapa fitur software akuntansi yang Anda butuhkan

Poin penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan saat memilih software akuntansi adalah fitur-fiturnya. Lantas, fitur apa saja yang cocok untuk digunakan sesuai dengan bisnis Anda? Berikut ini kami kenalkan beberapa fitur dalam software akuntansi.

Fitur dasar, wajib ada dalam software akuntansi

Fitur-fitur dasar yang harusnya ada dalam sebuah software akuntansi adalah invoicing, laporan keuangan, pelacakan pengeluaran dan pemasukan. Semua ini adalah fitur dasar yang wajib ada dalam sebuah software akuntansi.

Fitur perhitungan pajak otomatis, membuat perhitungan lebih akurat

Hal yang penting saat Anda menjalankan bisnis adalah membayar pajak. Jangan sampai Anda salah menghitung pajak yang harus Anda bayarkan. Karena itu, fitur perhitungan pajak secara otomatis akan sangat penting. Jadi, tidak ada lagi kesalahan dalam perhitungan pajak.


Fitur pajak juga memungkinkan Anda untuk langsung mencetak faktur pajak. Jadi, Anda tak perlu kebingungan saat mengisi faktur pajak tersebut.

Fitur inventaris, memudahkan Anda melacak stok barang

Khusus untuk Anda yang memiliki bisnis dalam bidang produk, pastikan Anda memilih software dengan fitur inventaris. Fitur inventaris memudahkan Anda mendata stok barang yang Anda miliki.


Pastikan juga fitur inventaris tersebut dapat membantu Anda mengetahui data lebih dari satu gudang. Hal ini sangat penting jika Anda memiliki lebih dari satu gudang penyimpanan. Akhirnya, Anda dapat mengetahui jumlah perpindahan barang dengan tepat.

Fitur add-on service, fitur tambahan dengan biaya lebih

Fitur add-on adalah fitur tambahan di luar fitur yang ditawarkan dalam sebuah paket software akuntansi. Anda perlu membayar untuk mendapatkan fitur tambahan tersebut. Fitur tambahan tersebut dapat meliputi proses pembayaran invoice dan pembayaran gaji karyawan.


Fitur tambahan bisa saja merupakan akses software akuntansi di mana saja dan kapan saja. Lalu, ada juga fitur yang memudahkan Anda terintegrasi dengan aplikasi lainnya, seperti aplikasi absen ataupun marketplace. Kami sarankan Anda menelusuri kembali fitur-fitur yang akan Anda dapatkan.

Pertimbangkan harga software akuntansi sesuai dengan kebutuhan Anda

Pertimbangkan harga software akuntansi sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebagian besar software akuntansi memang berbayar. Sebelum membeli versi full, Anda dapat mencoba versi free trial-nya terlebih dahulu. Dengan mencoba versi free trial, Anda dapat mengetahui beberapa fitur dari software tersebut.


Anda dapat menyesuaikan pemilihan paket premium software akuntansi dengan besarnya bisnis Anda. Untuk bisnis kecil, Anda bisa memilih software akuntansi dengan fitur basic. Harganya pun lebih ekonomis dan tidak memberatkan budget Anda.


Berbeda lagi untuk Anda yang memiliki bisnis besar. Kami sarankan agar Anda memilih paket software akuntansi yang lebih komplet. Fitur-fitur yang lebih komplet dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda yang lebih kompleks.


Memang ada juga software akuntansi yang gratis, contohnya Wave. Fiturnya cukup sederhana untuk pembukuan dan pembuatan invoice. Meski begitu, software akuntansi gratis kurang cocok untuk bisnis yang lebih kompleks.

Pilih software akuntansi dengan customer support yang memadai

Pilih software akuntansi dengan customer support yang memadai

Setelah Anda memilih software akuntansi yang memadai, jangan lupa juga pastikan soal customer support. Anda bisa saja mengalami kesulitan saat menggunakan software akuntansi pertama kali. Adanya customer support yang baik akan memudahkan Anda menggunakan software akuntansi tersebut.


Customer support yang baik juga dapat membantu Anda saat mengalami kesulitan. Anda dapat menghubungi customer support melalui berbagai cara, seperti e-mail, percakapan di media sosial, ataupun langsung melalui aplikasinya.

10 Rekomendasi software akuntansi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk software akuntansi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.

10
Jenis paket premiumX
Free trialX
FiturLaporan keuangan, invoice
Add-onsX
9
Jenis paket premiumSage X3, Sage 300Cloud, Sage CRM
Free trial✔︎ (30 hari)
FiturLaporan keuangan, laporan proyek, manajemen produksi, manajemen rantai pasokan
Add-onsTidak disebutkan
8
Jenis paket premiumSimply, Essential, Professional. PSX. Cash Manager
Free trial✔︎ (30 hari)
FiturTransaksi jual beli, transaksi departemen, kas & bank, giro mundur, rekonsiliasi bank, klasifikasi data, nama akun alias, inventori, laporan keuangan, permintaan penawaran, sales quotation, sales order, analisis bisnis
Add-onsTidak disebutkan
7

Hashmicro Solusi IndonesiaHashmicro

Jenis paket premiumPembelian berdasarkan fitur
Free trial✔︎
FiturDashboard finansial, arus kas, rekonsiliasi dengan bank, manajemen budget, akrual & amortisasi, laporan analisis, dll
Add-onsTidak disebutkan
6
Jenis paket premiumSimple Start, Essentials, Plus, Advanced
Free trial✔︎ (30 hari)
FiturInvoice, perpajakan, koneksi akun bank, inventori, pengaturan nota, mobile app, multi mata uang, laporan keuangan
Add-onsTidak disebutkan
5
Jenis paket premiumLite, Plus, Premium
Free trial✔︎ (30 hari)
FiturLaporan keuangan, proposal, pelacakan kemajuan bisnis, invoice, integrasi aplikasi, dll
Add-onsTidak disebutkan
4
Jenis paket premiumPembelian berdasarkan fitur
Free trialTidak disebutkan
FiturManajemen keuangan, analisis keuangan, pembayaran gaji karyawan, dll
Add-onsTidak disebutkan
3

Mid Solusi NusantaraJurnal by Mekari

Jenis paket premiumPro, Eterprise, Enterprise+
Free trial✔︎ (14 hari)
FiturLaporan bisnis & keuangan, akuntansi, kas & transaksi, invoice, produk & inventori, biaya & anggaran, perpajakan, mobile app
Add-onsTambahan pengguna, integrasi POS, custom invoice template, multi-product pricing, advanced invoicing, profitability report, approval
2
Jenis paket premiumStarter, Standard, Premium
Free trial✔︎ (30 hari)
FiturPembayaran bon, klaim pengeluaran, koneksi bank, penerimaan pembayaran, pelacakan proyek, inventori, dll
Add-onsTidak disebutkan
1
Jenis paket premiumAccurate Online
Free trial✔︎ (30 hari)
FiturDashboard pribadi, persediaan & gudang, persetujuan transaksi, multi mata uang, transaksi berulang, stok opname, backup otomatis, perpajakan
Add-onsBiaya standar produksi, formula produksi, rencana produksi, perintah kerja, tahapan produksi, pemenuhan bahan baku, alokasi biaya produksi, laporan produksi

Tabel perbandingan produk software akuntansi terbaik

Gambar produk
1
Accurate Accurate 1

Accurate

2
Xero Xero 1

Xero

3
Mid Solusi Nusantara Jurnal by Mekari 1

Mid Solusi Nusantara

4
Oracle Oracle NetSuite 1

Oracle

5
FreshBooks FreshBooks 1

FreshBooks

6
Intuit Quickbooks 1

Intuit

7
Hashmicro Solusi Indonesia Hashmicro 1

Hashmicro Solusi Indonesia

8
Zahir Zahir Online 1

Zahir

9
Sage Group Sage 1

Sage Group

10
Wave Wave 1

Wave

Nama produk

Accurate

Xero

Jurnal by Mekari

Oracle NetSuite

FreshBooks

Quickbooks

Hashmicro

Zahir Online

Sage

Wave

Keunggulan

User interface yang mudah dipahami sekalipun oleh pemula

Membantu Anda terhubung dengan ratusan aplikasi lainnya

Pelopor software akuntansi online lokal yang tepercaya

Perluas bisnis Anda sampai ranah internasional

Menagih faktur lebih mudah dengan fitur pengingat dari FreshBooks

Terhubung dengan berbagai aplikasi lainnya, bisnis lebih lancar

Jumlah user tak terbatas tanpa biaya tambahan

Mengambil keputusan makin cepat berkat laporan keuangan real time

Andalan bisnis menengah dengan sistem inventori yang terjamin

Software akuntansi gratis dengan fitur mumpuni

Jenis paket premiumAccurate OnlineStarter, Standard, PremiumPro, Eterprise, Enterprise+Pembelian berdasarkan fiturLite, Plus, PremiumSimple Start, Essentials, Plus, AdvancedPembelian berdasarkan fiturSimply, Essential, Professional. PSX. Cash ManagerSage X3, Sage 300Cloud, Sage CRMX
Free trial✔︎ (30 hari)✔︎ (30 hari)✔︎ (14 hari)Tidak disebutkan✔︎ (30 hari)✔︎ (30 hari)✔︎✔︎ (30 hari)✔︎ (30 hari)X
FiturDashboard pribadi, persediaan & gudang, persetujuan transaksi, multi mata uang, transaksi berulang, stok opname, backup otomatis, perpajakanPembayaran bon, klaim pengeluaran, koneksi bank, penerimaan pembayaran, pelacakan proyek, inventori, dllLaporan bisnis & keuangan, akuntansi, kas & transaksi, invoice, produk & inventori, biaya & anggaran, perpajakan, mobile appManajemen keuangan, analisis keuangan, pembayaran gaji karyawan, dllLaporan keuangan, proposal, pelacakan kemajuan bisnis, invoice, integrasi aplikasi, dllInvoice, perpajakan, koneksi akun bank, inventori, pengaturan nota, mobile app, multi mata uang, laporan keuanganDashboard finansial, arus kas, rekonsiliasi dengan bank, manajemen budget, akrual & amortisasi, laporan analisis, dllTransaksi jual beli, transaksi departemen, kas & bank, giro mundur, rekonsiliasi bank, klasifikasi data, nama akun alias, inventori, laporan keuangan, permintaan penawaran, sales quotation, sales order, analisis bisnisLaporan keuangan, laporan proyek, manajemen produksi, manajemen rantai pasokanLaporan keuangan, invoice
Add-onsBiaya standar produksi, formula produksi, rencana produksi, perintah kerja, tahapan produksi, pemenuhan bahan baku, alokasi biaya produksi, laporan produksiTidak disebutkanTambahan pengguna, integrasi POS, custom invoice template, multi-product pricing, advanced invoicing, profitability report, approvalTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanX
Tautan produk

Baca juga rekomendasi software lainnya di sini

Software komputer benar-benar memudahkan berbagai pekerjaan. Beberapa di antaranya adalah software untuk mengedit video dan software untuk melindungi perangkat lunak Anda dari serangan virus. Ketahui lebih banyak software komputer yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam tautan berikut ini.

Kesimpulan

Bisnis kecil ataupun besar membutuhkan pembukuan yang presisi. Software akuntansi hadir untuk membantu Anda melakukan pembukuan dengan lebih tepat. Keamanan data Anda pun lebih terjamin dengan sistem penyimpanan cloud.


Meski sebagian besar software akuntansi merupakan produk berbayar, Anda dapat menemukan beberapa software yang gratis. Namun, software yang gratis memiliki fitur yang lebih sederhana dibandingkan software berbayar. Selalu pertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Antivirus Software Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antivirus Software Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa program antivirus atau antivirus software kurang penting. Sebetulnya, software antivirus dapat melindungi PC, laptop, serta HP Anda dari virus serta cybercriminals lainnya. Kini sudah banyak tersedia antivirus software yang bisa Anda download secara free, seperti Avast, Bitdefender, dan McAfee.Agar Anda dapat mendapatkan antivirus software yang bagus, simak dahulu tips dari kami dalam artikel kali ini. Kami juga akan merekomendasikan berbagai antivirus software terbaik yang bisa Anda gunakan untuk pribadi ataupun di kantor. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak pembahasan dari kami, ya!
    Program komputer
  • 10 Rekomendasi Software Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Software Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Video editing adalah proses penyuntingan klip atau potongan rekaman menjadi sebuah rangkaian video dan film yang menarik. Ada banyak software yang bisa Anda download di PC ataupun laptop untuk mengedit video. Beberapa software memang dibuat untuk para pemula dan lebih ringan saat dijalankan di PC dengan grafis standar.Kami akan memberikan tips memilih software edit video yang bagus untuk content creator pemula dan profesional. Ada berbagai rekomendasi software edit video terbaik, seperti Lightworks, Adobe Premiere, dan Vegas Pro. Anda juga bisa menemukan software edit video gratis, lho. Simak artikelnya!
    Program komputer
  • 10 Rekomendasi Game PC Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game PC Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain game online adalah salah satu kegiatan favorit banyak orang. Bukan hanya sebagai pengisi waktu luang, bermain game online juga merupakan cara mencari uang. Kegiatan tersebut dapat dilakukan di berbagai platform, seperti console, smartphone, dan PC. Namun, luasnya target pasar membuat banyak developer mengutamakan game-nya untuk rilis di PC.Game PC online sangat beragam sehingga cukup sulit untuk menentukan game yang cocok. Namun, jangan khawatir! Kami akan membantu Anda memilih game PC online yang bagus. Tidak lupa, kami  juga membahas game PC online yang gratis, ringan, dan populer.
    Program komputer
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Aplikasi perekam layar (screen recorder) dapat membantu Anda mendokumentasikan segala aktivitas di layar personal computer (PC). Dengan aplikasi ini, Anda bisa menyimpan dan membagikan rekaman kepada orang lain. Anda bisa merekam aktivitas live streaming, gaming, atau meeting online.Ada banyak aplikasi perekam layar yang bisa Anda temukan di internet. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar untuk mendapatkan hasil gambar tanpa watermark. Agar Anda bisa mendapatkan aplikasi perekam layar yang bagus, kami akan berbagi tips dan rekomendasi untuk Anda. Aplikasi dari CamStudio, Bandicam, atau Filmora mungkin cocok untuk Anda!
    Program komputer
  • 10 Rekomendasi Software Edit Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Software Edit Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hasil foto yang dipotret menggunakan kamera akan terlihat makin cantik apabila Anda bisa mengeditnya dengan baik. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan software yang dirancang untuk mengedit foto. Ada banyak software edit foto yang cocok untuk laptop dan PC, baik software gratis, berbayar, hingga open source.Untuk para editor atau fotografer yang mencari software edit foto terbaik, kami memiliki tips memilihnya di sini. Tersedia juga rekomendasi aneka software edit foto yang bagus, seperti Photoshop, Lightroom, dan Luminar AI. Mari simak ulasan lengkap dari masing-masing produk dengan membaca artikel ini sampai akhir!
    Program komputer
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak cara untuk belajar bahasa Korea. Jika Anda menginginkan metode belajar yang praktis, mudah, dan gratis, aplikasi belajar bahasa Korea adalah solusinya. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel Android dan iOS. Beberapa aplikasi bahasa Korea bahkan memungkinkan Anda untuk mengaksesnya secara offline atau tanpa koneksi internet.Pada kesempatan ini, kami akan menyajikan tips memilih aplikasi belajar bahasa Korea terbaik untuk Anda. Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus, seperti Eggbun, Drops, LingoDeer, dan Duolingo juga telah kami siapkan. Bagi Anda yang membutuhkan, jangan sampai melewatkan ulasan lengkapnya, ya!
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori