• 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022) 5

10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)

Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.


Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memberi kucing Anda obat diare kucing paling ampuh. Kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus, seperti Primacat dan Olive Care. Agar Anda mendapatkan obat diare kucing terbaik, simak artikel sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 November 2022
Daftar isi

Apa penyebab kucing diare?

Apa penyebab kucing diare?

Gangguan pencernaan yang umum dialami oleh kucing adalah diare. Biasanya, diare hanya terjadi selama satu hari dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, pada kondisi tertentu, diare dapat bertahan selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Anda bisa mencegah masalah ini dengan memahami penyebab kucing diare. Berikut ini beberapa penyebab kucing diare:


  • Mengonsumsi makanan sisa atau busuk, seperti mengonsumsi makanan bekas yang berada di tempat sampah ketika berkeliaran di luar rumah.
  • Alergi makanan, jika makanan yang dikonsumsi tidak cocok dengan pencernaannya. Masalah ini ditandai dengan kesehatan kucing yang menurun, seperti terjadi diare, bulu rontok, dan muntah.
  • Minum air yang tidak bersih, seperti meminum air yang ada di WC, selokan, bekas cucian, atau genangan air hujan. Karena itu, pastikan Anda sudah memenuhi ketersediaan air bersih pada tempat minum kucing peliharaan Anda.
  • Infeksi bakteri, tidak hanya berpotensi menyebabkan diare, tetapi juga muntah darah, penurunan berat badan, sampai dehidrasi. Biasanya, diare akut dipicu oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil.
  • Parasit, dapat masuk ke dalam tubuh kucing dan usus melalui makanan yang terkontaminasi atau kotoran yang terinfeksi. Parasit tersebut akan mengiritasi usus sehingga menyebabkan kucing diare atau menceret.

Cara memilih obat diare kucing

Ada banyak obat diare kucing yang beredar di pasaran, tetapi penggunaan obat yang salah justru dapat menimbulkan masalah baru. Karena itu, Anda perlu mengetahui cara memilih produk dengan benar agar kucing kesayangan terlindungi. Simak poin-poin berikut ini, ya!

Pilih berdasarkan jenis obatnya

Pilih berdasarkan jenis obatnya

Pertama-tama, Anda perlu memilih obat diare kucing berdasarkan jenis obatnya. Di pasaran, Anda akan menemukan obat diare kucing dengan beragam jenisnya. Berikut ini beberapa jenis obat yang bisa Anda temukan:


  • Kapsul, obat diare kucing yang dikemas dalam cangkang berbentuk tabung lunak maupun keras yang dapat terlarut dalam air. Cara pemakaiannya bisa dengan memasukkan langsung ke mulut kucing atau membuka cangkang lalu mencampurkannya ke makanan kucing.

  • Tablet, obat diare kucing padat yang biasanya berbentuk bundar atau pipih. Dalam tablet biasanya berisi campuran bahan aktif dan zat tambahan untuk menunjang manfaatnya bagi kucing. Cara pemakaiannya bisa dengan memasukkan langsung ke mulut kucing atau mencairkannya lalu meminumkannya ke kucing.

  • Cair, obat diare kucing yang berupa larutan satu atau lebih zat kimia. Obat diare kucing cair ini biasanya berupa obat sirup atau obat tetes. Cara pemakaiannya bisa dengan meminumkannya langsung ke mulut kucing.

Periksa komposisi bahan aktif di dalamnya

Periksa komposisi bahan aktif di dalamnya

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa komposisi produknya. Pastikan kandungan di dalamnya efektif untuk mengatasi diare. Berikut ini beberapa kandungan yang dapat membantu mengobati diare pada kucing:


  • Probiotik, meredakan diare akibat virus, parasit, dan bakteri serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  • Pektin, mampu menyerap air dan memadatkan tinja yang cair.
  • Kaolin, menyerap racun dan zat-zat penyebab diare pada usus.
  • Karbon aktif, mengatasi gangguan pencernaan dan menyerap racun pada kondisi diare.
  • Antibiotik, mengatasi infeksi bakteri.
  • Digestive enzymes, memelihara kesehatan pencernaan, mengoptimalkan penyerapan makronutrisi makanan, dan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

Berhubung diare merupakan penyakit yang menyerang pencernaan, makanan kucing pun perlu Anda perhatikan. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih mendalam terkait makanan serta nutrisi untuk kucing, silakan simak artikel berikut ini.

Sesuaikan pemberian obat dengan usia dan bobot kucing

Sesuaikan pemberian obat dengan usia dan bobot kucing

Setiap obat diare kucing memiliki indikasi penggunaan dan dosis pemberian yang berbeda-beda. Umumnya, dosis obat dibedakan berdasarkan usia dan bobot kucing. Dosis obat untuk anak kucing tentu berbeda dengan dosis kucing dewasa. Bahkan, meskipun usia kucing sama-sama dewasa, dosis pemberian obatnya bisa berbeda jika bobot salah satunya lebih berat.


Karena itu, perhatikan terlebih dahulu bobot dan usia kucing. Jangan lupa membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan produk. Pemberian obat yang kurang tepat justru dapat membuat kondisi kucing memburuk, mulai dari muntah-muntah hingga keracunan karena overdosis.

Perhatikan efek sampingnya

Perhatikan efek sampingnya

Efek samping adalah reaksi negatif yang timbul setelah mengonsumsi obat. Pada obat diare kucing, efek sampingnya biasanya berupa muntah, drooling atau keluar liur banyak, mual, tremor, serta lemas.


Meskipun begitu, efek samping pada setiap kucing bervariasi tergantung dengan kondisi kucing dan jenis obat yang dikonsumsi. Ada juga kucing yang tidak mengalami efek samping saat mengonsumsi obat diare.

10 Rekomendasi obat diare kucing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat diare kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 4 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Olive Care Vitamin Lambung memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Prima Cat Dog Drop yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan kedua berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Olive Cattery Olive Care Vitamin Lambung 1

Olive Cattery

2
Tamasindo Veterinary Animal Primacat Drop 1

Tamasindo Veterinary Animal

3
Dewarangga Cattery Herbal Healing 1

Dewarangga Cattery

4
Meyer Sulfas 1

Meyer

5
Raid All PET Metronidazole Diarrhea Medication 1

Raid All

6
Fur You Sirup Diare 1

Fur You

7
Kitty Plus Tronidaz 1

Kitty Plus

8
Tri Daya Varuna Probiovar Digest 1

Tri Daya Varuna

9
Mavlab Animal Health Direa 1

Mavlab Animal Health

10
Indohealthlabs Diarrheacat 1

Indohealthlabs

Nama produk

Olive Care Vitamin Lambung

Primacat Drop

Herbal Healing

Sulfas

PET Metronidazole Diarrhea Medication

Sirup Diare

Tronidaz

Probiovar Digest

Direa

Diarrheacat

Keunggulan

Obat diare kucing dengan kandungan antibakteri dan antiparasit yang kuat

Efektif membasmi mycoplasma penyebab diare

Obat diare yang juga bisa mengatasi poop berdarah pada kucing

Sembuhkan berak darah dan berlendir si anabul dengan obat tetes ini!

Mengatasi diare meskipun penyebabnya tidak spesifik

Mengatasi masalah poop lembek dan cair dengan obat diare sirup

Bakteri dan parasit penyebab diare KO dengan obat ini

Tak hanya mengobati, obat cair ini juga bisa mencegah diare datang

Obat diare ampuh yang aman dikonsumsi bersama antibiotik lainnya

Mengatasi diare sekaligus menetralisir keracunan

Harga mulai dariRp 85.202,00Rp 20.000,00Rp 70.297,00Rp 12.000,00Rp 24.500,00Rp 33.000,00Rp 10.000,00Rp 75.000,00Rp 750.000,00Rp 59.000,00
Jenis obatKapsulCairKapsulCairCairCairCairCairTabletKapsul
Aturan pakai2 kali sehari. 0,5 kapsul untuk usia 3 bulan–1 tahun, 1 kapsul untuk usia >1 tahun2 kali sehari. 0,25 sendok teh untuk bobot 0,5 kg, 0,5 sendok teh untuk bobot 1 kg, 1 sendok teh untuk bobot 2 kg, 2 sendok teh untuk bobot 4 kg2 kali sehari. 0,5 kapsul untuk usia 2–3 bulan, 1 kapsul untuk usia >4 bulan2 kali sehari. 0,3 ml per 1 kg bobot badan1–2 kali sehari. 0,25 ml–0,75 ml untuk bobot <2,5 kg, 0,5 ml–1 ml untuk bobot 2,5 kg–5 kg, 0,75 ml–1,5 ml untuk bobot >5 kg2 kali sehari setelah makan. 1 ml per 1 kg berat badan. Kucing hamil dan menyusui dosis setengah dari dosis normal 0,5 ml/1 kg berat badan2–3 kali sehari. 0,25 sendok teh untuk bobot 0,5 kg, 0,5 sendok teh untuk bobot 1 kg, 1 sendok teh untuk bobot 2 kg, 2 sendok teh untuk bobot 4 kg2 kali sehari. 0,5 ml per ekor1/4 tablet per 1,5–5 kg bobot badan1 kali sehari. 1 kapsul untuk usia 2–6 bulan, 2 kapsul untuk usia >7 bulan
Komposisi bahan aktifVitamin B-complex, asam lemak, alpha-amylase, protease, probiotikSulphameditoxine sodium, trimethoprim, vitamin A, vitamin K3Omega 9, rumput laut, biji rami, digestive enzymesSulfadiazine, trimethoprimMetronidazole Antibiotik, obat diareLactobacillus SP, streptomyces antibiotikLactobacillus sp, streptomyces sp, yeast, antibiotik alamiCrospovidoneKarbon aktivatus, excipients ad
Isi10 kapsul, 20 kapsul, 30 kapsul, 40 kapsul30 ml10 kapsul, 14 kapsul, 20 kapsul, 31 kapsul, 51 kapsul, 61 kapsul5 ml20 ml30 ml30 ml10 ml10 tablet, 50 tablet20 kapsul
Tautan produk
10

IndohealthlabsDiarrheacat

Mulai dari Rp 59.000,00

Jenis obatKapsul
Aturan pakai1 kali sehari. 1 kapsul untuk usia 2–6 bulan, 2 kapsul untuk usia >7 bulan
Komposisi bahan aktifKarbon aktivatus, excipients ad
Isi20 kapsul
9
Jenis obatTablet
Aturan pakai1/4 tablet per 1,5–5 kg bobot badan
Komposisi bahan aktifCrospovidone
Isi10 tablet, 50 tablet
8
Jenis obatCair
Aturan pakai2 kali sehari. 0,5 ml per ekor
Komposisi bahan aktifLactobacillus sp, streptomyces sp, yeast, antibiotik alami
Isi10 ml
7
Jenis obatCair
Aturan pakai2–3 kali sehari. 0,25 sendok teh untuk bobot 0,5 kg, 0,5 sendok teh untuk bobot 1 kg, 1 sendok teh untuk bobot 2 kg, 2 sendok teh untuk bobot 4 kg
Komposisi bahan aktifLactobacillus SP, streptomyces antibiotik
Isi30 ml
6
Jenis obatCair
Aturan pakai2 kali sehari setelah makan. 1 ml per 1 kg berat badan. Kucing hamil dan menyusui dosis setengah dari dosis normal 0,5 ml/1 kg berat badan
Komposisi bahan aktifAntibiotik, obat diare
Isi30 ml
5

Raid AllPET Metronidazole Diarrhea Medication

Mulai dari Rp 24.500,00

Jenis obatCair
Aturan pakai1–2 kali sehari. 0,25 ml–0,75 ml untuk bobot <2,5 kg, 0,5 ml–1 ml untuk bobot 2,5 kg–5 kg, 0,75 ml–1,5 ml untuk bobot >5 kg
Komposisi bahan aktifMetronidazole
Isi20 ml
4
Jenis obatCair
Aturan pakai2 kali sehari. 0,3 ml per 1 kg bobot badan
Komposisi bahan aktifSulfadiazine, trimethoprim
Isi5 ml
3
Jenis obatKapsul
Aturan pakai2 kali sehari. 0,5 kapsul untuk usia 2–3 bulan, 1 kapsul untuk usia >4 bulan
Komposisi bahan aktifOmega 9, rumput laut, biji rami, digestive enzymes
Isi10 kapsul, 14 kapsul, 20 kapsul, 31 kapsul, 51 kapsul, 61 kapsul
2
Jenis obatCair
Aturan pakai2 kali sehari. 0,25 sendok teh untuk bobot 0,5 kg, 0,5 sendok teh untuk bobot 1 kg, 1 sendok teh untuk bobot 2 kg, 2 sendok teh untuk bobot 4 kg
Komposisi bahan aktifSulphameditoxine sodium, trimethoprim, vitamin A, vitamin K3
Isi30 ml
1

Olive CatteryOlive Care Vitamin Lambung

Mulai dari Rp 85.202,00

Jenis obatKapsul
Aturan pakai2 kali sehari. 0,5 kapsul untuk usia 3 bulan–1 tahun, 1 kapsul untuk usia >1 tahun
Komposisi bahan aktifVitamin B-complex, asam lemak, alpha-amylase, protease, probiotik
Isi10 kapsul, 20 kapsul, 30 kapsul, 40 kapsul

Pertanyaan umum seputar diare kucing

 Pertanyaan umum seputar diare kucing

Kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul seputar obat diare kucing. Untuk menemukan jawabannya, simak penjelasan berikut ini, ya!

Apakah pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat kucing diare?

Kucing yang mengalami diare sebaiknya langsung diberi obat atau dibawa ke dokter. Namun, apabila kondisi tidak memungkinkan, Anda dapat meminimalkan gejalanya dengan memberikan minuman dan makanan yang tepat. Berikut ini beberapa petunjuk pertolongan pertama saat kucing diare:


  • Pastikan tempat minum kucing selalu terisi penuh dengan air. Hal ini dilakukan untuk mencegah kucing mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh dapat memperburuk kondisi kucing yang mengalami diare.

  • Berikan larutan elektrolit untuk mengembalikan cairan tubuh kucing yang hilang. Caranya dengan mencampurkan 900 ml air matang, satu sendok makan gula, dan setengah sendok makan garam. Aduk larutan tersebut lalu berikan kepada kucing.

  • Perhatikan makanannya. Apabila kucing Anda mengonsumsi makanan yang tinggi serat, sebaiknya ganti dengan makanan yang rendah serat. Makanan dengan serat yang rendah lebih mudah dicerna oleh kucing. Carilah pakan dengan kandungan serat sekitar 3%.

Apakah kucing yang diare harus berpuasa?

Beberapa pendapat mengatakan jika kucing mengalami diare sebaiknya berhenti makan selama 12–24 jam untuk mengistirahatkan usus. Namun, cara ini ternyata kurang tepat. Kucing tetap membutuhkan nutrisi guna mempercepat proses penyembuhan.


Berilah kucing makanan bergizi yang rendah serat agar mudah dicerna tubuh. Jika memungkinkan, tambahkan vitamin yang mengandung probiotik dan obat untuk membantu meredakan diare.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kucing di sini

Selain mengobati kucing yang sakit, Anda juga harus memerhatikan kesehatan dan kebersihan kucing dengan memberikan perawatan khusus. Kami akan membantu Anda menemukan produk perawatan kucing yang tepat seperti vitamin, sikat gigi, dan pembasmi kutu kucing. Yuk, klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh obat diare kucing berdasarkan tingkat popularitas di marketplace. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Diare pada kucing ditandai dengan kotoran yang encer dan sangat bau.


Apabila kucing peliharaan Anda menunjukkan tanda-tanda diare, segera bawa ke dokter atau berikan obat diare kucing. Sebelum membelinya, perhatikan terlebih dahulu jenis obat, komposisi obat, kondisi kucing, serta efek sampingnya. Semoga artikel ini membantu Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin kucing diperlukan untuk menjaga kesehatan peliharaan Anda. Jenisnya bermacam-macam, dari vitamin untuk kucing sakit, menggemukkan badan, memperindah bulu, hingga menambah nafsu makan. Vitamin kucing ini tersedia dalam kemasan botol dan sachet. Di antara semua jenis ini, Anda perlu tahu merek dan harga vitamin yang bagus untuk kucing.Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan vitamin kucing terbaik merek Maxcat, Olive Care, hingga Nutri-plus Gel. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat pawrents dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda perlu menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing atau cat litter sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merek pasir kucing juga cukup banyak, seperti Arthacat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan anabul? Bacalah artikel ini untuk mengetahui step by step memilih pasir kucing yang bagus!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Area sekitar litter box pun jadi beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga Kit Cat merupakan contoh merek pasir kucing wangi yang bagus di pasaran. Dalam artikel ini kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing terbaik. Kami juga sudah mencantumkan beragam rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin sebagian besar dari Anda kerap kali membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai tempat perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.Banyaknya pilihan kandang kucing yang bagus mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik, misalnya dari merek Lucky. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anabul kesayangan Anda.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki dispenser makanan kucing otomatis bisa meringankan tugas Anda untuk memberi makan si kucing kesayangan. Ada berbagai merek yang bagus, seperti BARDI, Acome, Ekstro, dan Robolife, yang menawarkan beragam tipe pet feeder otomatis. Dari sekian banyak tipe tempat makan kucing otomatis di e-commerce, manakah yang cocok untuk kucing Anda di rumah?Kami akan mengupas tips memilih dispenser makanan kucing terbaik yang bisa Anda jadikan pedoman. Setelah itu, silakan melihat rekomendasi dan review tempat makan kucing otomatis yang pas dengan kebutuhan Anda. Simak artikelnya sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori