• 10 Rekomendasi Net Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Net Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Net Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Net Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Net Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Net Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Permainan voli termasuk olahraga populer yang dimainkan di seluruh wilayah Indonesia, entah untuk tujuan bersenang-senang maupun kompetisi. Salah satu perlengkapan wajib ketika voli adalah net. Perlengkapan ini berfungsi memisahkan kedua tim di lapangan. Karena itu, jangan sampai Anda salah pilih dan mendapatkan net yang rentan rusak saat digempur hantaman bola.


Jika Anda sedang mencari net voli yang bagus, kami akan menyajikan cara memilih yang patut dipertimbangkan. Periksa juga rekomendasi net voli dari merek Mikasa, Proteam, dan Ogio dengan harga yang bervariasi di rekomendasi produk. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengenal bagian net voli dan fungsinya

Mengenal bagian net voli dan fungsinya

Sebelum memulai permainan voli, Anda pasti akan memasang netnya terlebih dahulu. Membahas tentang net voli, apakah Anda tahu kalau net voli terdiri dari beberapa bagian? Berikut nama-nama bagian net voli yang sebaiknya Anda ketahui:


  • Pita: Di sepanjang tepian atas, bawah, dan terkadang samping net, selembar pita akan membujur. Warna pita beragam, tetapi biasanya berwarna terang atau putih. Menilik peraturan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), lebar pita adalah 5 cm. Fungsi pita adalah mencegah rajutan jala atau jaring terurai sekaligus menjadi tempat sling dan tali pengikat.

 

  • Jala: Sesuai aturan PBVSI, ukuran lubang jala adalah 10 cm x 10 cm. Proses rajut jala bisa dilakukan secara manual atau mesin. Jala biasanya terbuat dari beragam bahan, misalnya poliester, nilon, dan katun dengan diameter sekitar 2–3 mm.


  • Sling: Bagian ini berfungsi untuk menegakkan net voli. Bahannya bisa berupa kawat serabut, baja, atau bahkan tali tambang. Diameter sling biasanya berkisar antara 3–5 mm.

Cara memilih net voli

Net voli yang baik harus sesuai dengan jenis permainan dan tentunya awet. Kira-kira bagaimana cara menemukan net voli semacam itu? Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda catat sebelum membeli net voli.

Ketahui macam-macam permainan voli

Permainan bola voli datang ke Indonesia dibawa oleh bangsa Belanda. Sambutan dari penduduk Indonesia sangat bagus hingga sering dipertandingkan di banyak acara. Namun, permainan bola voli sendiri dibagi menjadi tiga.

Voli lapangan, bisa dimainkan di dalam maupun luar ruangan

Voli lapangan, bisa dimainkan di dalam maupun luar ruangan

Voli lapangan adalah permainan bola voli yang berlangsung di lapangan outdoor atau indoor. Ukuran lapangannya adalah 9 m x 18 m. Sementara itu, panjang net permainan voli adalah 9 m dengan lebar 1 m


Ketinggian net antara voli putra dan voli putri berbeda. Net voli putra dipasang pada ketinggian 2,43 m, sedangkan net voli putri dipasang dengan ketinggian 2,24 m. Adapun jarak tiang net ke garis tepi lapangan adalah 0,5–1 m.

Voli pantai, permainan seru di atas pasir

Voli pantai, permainan seru di atas pasir

Permainan voli pantai berlangsung di lapangan yang dibuat di atas pasir pantai. Satu tim voli pantai biasanya hanya beranggotakan dua orang. Karena itu, lapangannya hanya berukuran 8 m x 16 m dengan net berukuran 8,5 m x 1 m. Namun, aturan untuk ketinggian net masih sama, yakni 2,43 m untuk putra dan 2,24 m untuk putri. 


Apakah permainan voli pantai hanya dimonopoli orang yang tinggal di dekat pantai? Jawabannya adalah tidak. Permainan ini juga populer di negara yang tak memiliki pantai, contohnya Swiss. Berangkat sebagai aktivitas rekreasional, voli pantai saat ini diakui sebagai cabang olahraga. Permainan ini pun mulai dipertandingkan di olimpiade sejak tahun 1996.

Voli mini, memperkenalkan voli kepada anak-anak

Voli mini, memperkenalkan voli kepada anak-anak

Bola voli mini merupakan permainan voli yang berlangsung di tingkat junior atau anak-anak dan remaja. Tujuannya memang memperkenalkan permainan voli sedini mungkin kepada anak-anak. Adapun jumlah pemain dalam tiap tim adalah dua hingga empat orang.


Permainan ini berlangsung di lapangan berukuran 5,5 m x 12 m. Ukuran net yang digunakan juga lebih kecil, yakni 7 m dengan lebar 90 cm. Selain itu, ketinggian netnya juga hanya mencapai 2–2,1 m.

Pertimbangkan bahan net voli

Pertimbangkan bahan net voli

Permainan voli melibatkan servis dan juga smashing. Net voli yang buruk akan mudah rusak setelah beberapa kali terkena smashing pemain. Dalam hal ini, bahan tali nilon biasanya sering digunakan untuk membuat jala net voli karena lebih kuat


Pilih juga tali dengan diameter yang cukup tebal. Namun, apabila Anda akan sering berpindah lapangan, mungkin Anda justru harus mempertimbangkan diameter kecil. Mengapa? Karena bobot net cenderung lebih ringan sehingga Anda tidak akan kerepotan ketika membawanya.


Untuk sling, sebagian besar sudah menggunakan kawat dan baja. Bahan tersebut kuat dan tidak mudah putus. Bagaimana dengan bahan untuk membuat pita? Biasanya pita dibuat dari banner, spanduk, atau kain kanvas. 

Sesuaikan dengan letak lapangan voli

Sesuaikan dengan letak lapangan voli

Permainan voli bisa dilakukan di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Kalau Anda lebih sering bermain di luar ruangan, terkadang melelahkan untuk berkali-kali mengemas net voli. Karena itu, pertimbangkanlah memilih net dari bahan yang tidak mudah lapuk


Lain halnya jika Anda lebih sering bermain di dalam ruangan. Anda bisa membiarkan jaring berbahan terpasang terus-menerus. Jadi, tidak perlu khawatir jaring akan rusak akibat terkena guyuran air hujan atau terpaan panas terik matahari.

10 Rekomendasi net voli terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk net voli terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan slingSling atas tali baja, sling bawah nilon
Bahan jaringNilon
Penggunaan Lapangan indoor dan outdoor
9
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan slingPPD 7 mm (atas)・HDPE 3 mm (bawah)
Bahan jaringHPDE 2 mm
Penggunaan Lapangan indoor dan outdoor
8
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan slingTali baja
Bahan jaringNilon
Penggunaan Lapangan indoor dan outdoor
7
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan slingKawat dan pipa fiber
Bahan jaringPoliester
PenggunaanOutdoor
6
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan slingKawat
Bahan jaringNilon atau katun
PenggunaanLapangan indoor
5
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan slingTali baja
Bahan jaringNilon
PenggunaanLapangan indoor dan outdoor
4
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan slingTidak disebutkan
Bahan jaringKatun
Pengggunaan Lapangan indoor
3
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan sling Tali baja
Bahan jaringTidak disebutkan
PenggunaanIndoor
2
Jenis permainan Voli mini
Bahan slingTali baja
Bahan jaringNilon
PenggunaanIndoor dan Outdoor
1
Jenis permainanVoli lapangan
Bahan slingTali baja
Bahan jaringNilon 2,5 mm
PenggunaanOutdoor

Tabel perbandingan produk net voli terbaik

Gambar produk
1
Mikasa Official Volley Net 1

Mikasa

2
Molten Mini Volley Ball 1

Molten

3
Mitzuda Net Voli 1

Mitzuda

4
Better Play Volley Net 1

Better Play

5
GTO Volley Ball Net 1

GTO

6
Proteam Volley Ball Net 1

Proteam

7
Mitzuda Volley Ball Net 1

Mitzuda

8
Ogio Volleyball Net 1

Ogio

9
Mizuno Volley Ball Net 1

Mizuno

10
Shimano Gold Volley Ball Net 1

Shimano

Nama produk

Official Volley Net

Mini Volley Ball

Net Voli

Volley Net

Volley Ball Net

Volley Ball Net

Volley Ball Net

Volleyball Net

Volley Ball Net

Gold Volley Ball Net

Keunggulan

Menggunakan kawat sling ganda, lebih mantap!

Yuk! Lengkapi kebutuhan voli anak dengan produk ini

Sling antikendor dengan rajutan jaring yang rapat

Berbahan katun seratus persen! Kuat dan tebal

Sling baja padat, kekuatan menahan jala lebih oke

Rajutan net rapi serta diperkuat pita putih atas dan bawah

Sling kawat dan pipa fiber membuat net voli kuat dan fleksibel

Awet! Net dapat digunakan dalam berbagai cuaca

Net warna-warni untuk suasana bermain lebih ceria

Pita atas bawah dari bahan semikaret sehingga tidak mudah robek

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 55.000,00Rp 129.900,00Rp 32.500,00Rp 95.000,00Rp 399.900,00Rp 550.000,00Rp 75.000,00Rp 247.000,00Rp 324.500,00
Jenis permainanVoli lapanganVoli miniVoli lapanganVoli lapanganVoli lapanganVoli lapanganVoli lapanganVoli lapanganVoli lapanganVoli lapangan
Bahan slingTali bajaTali bajaTali bajaTidak disebutkanTali bajaKawat Kawat dan pipa fiberTali bajaPPD 7 mm (atas)・HDPE 3 mm (bawah)Sling atas tali baja, sling bawah nilon
Bahan jaringNilon 2,5 mmNilonTidak disebutkanKatunNilonNilon atau katunPoliesterNilonHPDE 2 mmNilon
PenggunaanOutdoorIndoor dan OutdoorIndoorLapangan indoorLapangan indoor dan outdoorLapangan indoorOutdoorLapangan indoor dan outdoorLapangan indoor dan outdoorLapangan indoor dan outdoor
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan voli lainnya di sini

Net voli memang penting. Namun, Anda juga tidak boleh melupakan perlengkapan voli lainnya, seperti sepatu, bola voli, hingga deker lutut. Jika Anda memerlukan informasi mengenai ketiga hal tersebut, silakan buka tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Membeli net voli tidak boleh sembarangan. Anda harus menyesuaikannya dengan jenis permainan. Selain itu, mempertimbangkan net voli dengan bahan yang kuat pun penting supaya net lebih awet. 


Dengan demikian, permainan voli tidak perlu terhenti di tengah jalan karena tragedi net putus. Nah, setelah membaca cara memilih dan rekomendasi net voli, kami harap Anda sudah menemukan produk pilihan. Segera masukkan ke dalam keranjang dan selamat berlatih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika Anda bermain voli, kecepatan, kelenturan, dan ketepatan merupakan hal yang harus Anda lakukan. Nah, untuk meningkatkan performa bermain, terutama untuk pemain profesional putra, Anda harus menggunakan sepatu yang bagus. Tak hanya bagus, pastikan sepatu Anda nyaman digunakan dan bermutu. Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu voli. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi sepatu voli terbaik dari berbagai merek, seperti Mizuno, Asics, dan lainnya. Jika Anda sedang mencari sepatu voli yang pas, simak artikel ini hingga akhir!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Voli merupakan salah satu permainan bola yang populer. Banyak orang menikmati permainan voli sebagai pertandingan, permainan, ataupun hobi. Tampilan bola voli dahulu cukup standar, yaitu putih polos. Kini bola voli hadir dengan jenis, ukuran, dan bahan yang lebih beragam. Lalu, bagaimana cara memilih bola voli yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih bola voli dan membagikan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Berbagai merek bola voli, seperti Mikasa, Molten, dan Proteam juga masuk dalam rekomendasinya. Yuk, pilih yang paling favorit!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Mizuno Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Voli Mizuno Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mizuno merupakan salah satu merk sepatu voli yang sangat diminati. Hal ini dikarenakan semua sepatu voli Mizuno memiliki teknologi yang bagus untuk mendukung performa penggunanya. Tidak hanya itu, model sepatunya pun modern sehingga Anda akan tetap terlihat stylish dalam permainan bola voli. Jadi, kali ini kami akan membagikan tips untuk memilih sepatu voli Mizuno sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Dua di antaranya adalah Thunder Blade dan Wave Lightning Z6 (WLZ 6). Selain kedua seri tersebut, masih ada banyak sepatu voli Mizuno original berteknologi terbaru. Yuk, simak pembahasan ini sampai habis!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Asics (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Voli Asics (Terbaru Tahun 2022)
    Asics merupakan produsen sepatu dan perlengkapan olahraga asal Jepang yang belakangan mulai familier di Indonesia. Teknologi dan inovasi yang selalu modern menjadi alasan merk ini banyak dipilih para penggiat olahraga. Sebut saja produk original seperti Asics GEL-Rocket dan Sky Elite yang saat ini menjadi incaran atlet voli. Sepatu voli Asics terbaru hadir dalam beragam model dan warna. Mulai dari warna netral, seperti hitam dan putih, sampai merah, emas, dan biru layak untuk Anda pertimbangkan. Untuk mendapatkan sepatu voli Asics terbaik, yuk, simak tips dan rekomendasi dari kami. Selamat membaca!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain voli, Anda diharuskan bergerak dengan cepat, tepat, dan fleksibel. Bagi pemain voli putri, sepatu voli yang didesain untuk wanita akan memberikan performa maksimal di lapangan. Bahan yang lentur, nyaman, dan mampu menahan goncangan menjadi poin yang harus ada pada sepatu voli.Untuk membantu Anda memilih sepatu voli yang bagus, kami akan membagikan tips dalam artikel ini. Baca sampai selesai karena kami juga memberikan rekomendasi sepatu voli terbaik untuk wanita. Kami merekomendasikan merek sepatu voli original seperti Mizuno, Asics, Nike, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Bola voli
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ice pack adalah pengganti es batu yang bermanfaat untuk Anda yang sering menyimpan sesuatu pada cooler bag atau cooler box. Di pasaran, terdapat beragam merek ice pack, mulai dari Gabag, KIS, dan lainnya. Hal ini mungkin saja membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk Anda yang sedang mencari produk ice pack, artikel ini jangan sampai Anda lewatkan. Simak cara memilih ice pack yang tepat dan rekomendasi produknya di bawah ini. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan ice pack yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori