• 10 Rekomendasi Stick Golf Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Stick Golf Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Stick Golf Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Stick Golf Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Stick Golf Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Stick Golf Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Stick golf merupakan perlengkapan yang penting untuk dimiliki pemain golf. Stick golf memiliki fungsi dan peran masing-masing, seperti driver, wood, dan juga putter. Namun, untuk Anda yang masih pemula, memilih stick golf pasti bukan perkara yang mudah, bukan?


Ada banyak merek yang bagus dan tersedia di pasaran, seperti Mizuno, Callaway, dan Cobra. Di antara beberapa merek tersebut, terdapat hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menentukan pilihan stick golf. Untuk itu, kali ini kami akan membantu Anda memilih stick golf terbaik sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum bermain golf?

Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum bermain golf?

Terdapat beberapa pertimbangan yang perlu Anda pikirkan sebelum memilih golf sebagai olahraga yang sifatnya hanya untuk bersenang-senang. Hal ini karena diperlukan komitmen dan konsistensi tinggi jika Anda ingin serius bermain golf. Beberapa pertimbangan tersebut adalah:


  • Peralatan golf terbilang cukup merogoh kocek: Untuk dapat memiliki satu set stik golf, Anda perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak. Dengan begitu, hal tersebut akan menjadi sia-sia jika Anda bermain golf hanya sesekali.

  • Arena untuk bermain golf tidak terlalu banyak dan harga sewanya tinggi: Arena bermain golf tidak bisa Anda jumpai semudah olahraga lainnya. Selain itu, karena perawatannya tidak mudah, harga sewa lapangan bisa menjadi lebih mahal.

  • Anda membutuhkan konsistensi bermain golf jika ingin meningkatkan kemampuan bermainnya: Agar Anda dapat memiliki teknik dan kemampuan bermain golf yang baik, Anda perlu sering berlatih. Pada umumnya, seorang pemain golf membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai mahir melakukannya. 

Cara memilih stick golf

Kali ini kami akan membantu Anda memilih stik golf mana yang paling pas untuk digunakan. Agar Anda tidak kesulitan untuk memilih stik golf terbaik yang Anda butuhkan, perhatikan beberapa penjelasannya berikut ini.

Cek jenis-jenis stick golf yang ada

Agar Anda dapat memilih stik golf yang tepat, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis stik golf. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda di lapangan, ya.

Drivers, pukulan pembuka dalam permainan

Drivers, pukulan pembuka dalam permainan

Drivers merupakan stik yang digunakan pada saat pemain melakukan pukulan dari atas tee-shot. Stik ini memiliki ukuran standar sekitar 45 inci untuk pria dan 44 inci untuk wanita. 


Seperti stik golf lain, drivers juga mengalami inovasi dalam proses pembuatannya. Agar dapat menghasilkan pukulan jarak jauh dengan ayunan yang paling efisien, bentuk drivers menjadi lebih tipis dengan konstruksi kompleks. Namun, drivers tetap memiliki bobot yang ringan.

Wood, pemukul jarak jauh di berbagai area

Wood, pemukul jarak jauh di berbagai area

Sesuai dengan namanya, dahulu wood terbuat dari kayu pada bagian kepala sebagai pemukulnya. Saat ini wood sudah berganti material menjadi titanium atau baja. Tipe stik golf ini didesain untuk dapat menghasilkan pukulan dengan jarak yang jauh. 


Sesuai dengan karakteristik dari stik, pukulan yang dihasilkan akan panjang dan lurus ke depan. Biasanya, stik ini dipakai setelah pukulan pertama ketika bola jatuh dengan jarak yang masih jauh dari lubang. Stik ini juga mampu digunakan di area-area bergelombang dan di atas rumput sekalipun. 

Iron, untuk jarak menengah yang fleksibel

Iron, untuk jarak menengah yang fleksibel

Secara fisik, iron didesain lebih tipis dari wood, driver, dan hybrid. Dengan fleksibilitas tinggi yang bisa menjangkau jarak pendek atau menengah, iron menjadi stik paling banyak dibawa oleh pemain golf. Material besi yang membentuk stik ini memengaruhi tingkat akurasi yang diberikan.


Terdapat beberapa jenis penomoran dalam iron yang memiliki fungsi masing-masing. Umumnya, penomoran iron dimulai dari nomor 3 hingga 9. Iron dengan nomor terkecil memiliki batang tengah atau shaft yang panjang dan sudut kemiringan permukaan yang lebih kecil. Begitu sebaliknya, makin besar nomor iron maka makin pendek ukuran shaft dan makin besar sudut kemiringannya.

Putter, memiliki tingkat akurasi yang tinggi

Putter, memiliki tingkat akurasi yang tinggi

Jenis stik golf terakhir adalah putter. Putter berbentuk datar dan rata serta memiliki ukuran yang lebih kecil dari kebanyakan stik lainnya. Dengan desain ini, putter menjadi stik dengan akurasi yang paling tinggi dan digunakan hanya untuk mengarahkan bola ke dalam lubang. Oleh karena itu, umumnya, setiap set stik golf hanya memiliki satu stik putter saja.

Pertimbangkan panjang stick golf yang Anda pilih

Pertimbangkan panjang stick golf yang Anda pilih

Setelah mengetahui jenis-jenis stik golf yang akan digunakan. Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan panjang stik golf yang akan Anda pakai. Hal ini karena ukuran stik yang terlalu panjang atau terlalu pendek akan berdampak pada hasil pukulan Anda. Berikut ini adalah informasi dasar yang dapat Anda gunakan untuk menentukan panjang stik golf yang sesuai dengan Anda.


  • Ukur tinggi badan Anda: Mengukur tinggi badan dilakukan untuk menemukan sudut yang tepat pada stik golf Anda. Ukur tinggi badan dari atas kepala hingga ke bawah kaki dalam posisi setegak mungkin. Panjang standar stik golf untuk pria dan wanita berbeda ukurannya. Umumnya, stik golf untuk pria dibuat dengan tinggi 179 cm. Sementara itu, untuk pemain wanita biasanya dibuat dengan tinggi badan 175 cm.

  • Mengukur tinggi dari pergelangan tangan hingga lantai: Pengukuran ini dilakukan dengan Anda tetap berdiri setegak mungkin, kemudian biarkan tangan tergantung di sisi Anda. Alat ukur ditarik dari lantai hingga pergelangan tangan. Setelah menemukan ukuran panjang stik golf yang sesuai, Anda bisa mencoba melakukan pukulan dengan stik golf standar. Hal ini dilakukan agar Anda dapat merasakan perbandingan kenyamanan dari stik golf yang Anda miliki nantinya.

Tentukan dari material yang digunakan

Tentukan dari material yang digunakan

Material stik golf umumnya terbagi menjadi dua, yaitu steel shaft dan graphite shaft. Selain bahan yang digunakan, perbedaan material ini juga memengaruhi harga dan berat stik. 


  • Steel shaft: Material baja ini sudah terkenal kuat dan tahan lama. Poros baja tidak akan mengalami puntiran yang bisa ditemukan pada material lain. Dengan bobot sekitar 120 gram, steel shaft menawarkan lebih banyak kontrol dan penekanan serta akurasi yang lebih baik. Selain itu, perawatan yang mudah serta harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik pada steel shaft ini.

  • Graphite shaft: Berbeda dengan steel shaft, umumnya grafit memiliki harga yang lebih mahal dari steel shaft. Material ini juga dirasa kurang tahan lama dan tidak dapat menghasilkan kecepatan ayunan yang efektif seperti material baja. Namun, bobot yang lebih ringan dapat memberikan kecepatan ayunan yang lebih besar untuk daya yang lebih besar pula. Dengan berat antara 5085 gram, material ini dapat dibuat dalam berbagai variasi. 

Perhatikan faktor lainnya

Selain jenis dan panjang stik golf, Anda juga perlu memerhatikan faktor lain yang akan memengaruhi hasil pukulan Anda. Apakah Anda sudah tahu dengan istilah shaft, swing speed, atau flex? Jika belum, silakan periksa informasi lengkapnya di bawah ini.

Shaft: Poros stik yang memungkinkan pemain memukul bola jarak jauh

Shaft: Poros stik yang memungkinkan pemain memukul bola jarak jauh
Shaft atau poros merupakan bagian dari stik yang berada di antara pegangan dan kepala stik. Shaft berfungsi sebagai tuas. Poros inilah yang memungkinkan pemain dapat memukul bola jarak jauh hanya dengan menggunakan rotasi tubuh (pinggul, bahu, dan lengan). Poros pada stik golf bisa lebih kaku atau lebih fleksibel tergantung pada kecepatan ayunan Anda.

Swing speed: Kecepatan ayunan yang memengaruhi poros

Swing speed: Kecepatan ayunan yang memengaruhi poros

Aspek penting lainnya adalah mengetahui kecepatan ayunan Anda. Makin cepat ayunan maka poros yang digunakan akan makin kaku. Begitu pula dengan poros yang lebih fleksibel akan digunakan pada ayunan yang lebih lambat. Hal ini dapat membantu menambah jarak serta ketinggian pukulan Anda

Flex: Faktor yang dapat memengaruhi arah pukulan bola

Flex: Faktor yang dapat memengaruhi arah pukulan bola

Flex adalah jumlah kemampuan tekukan pada poros dalam stik golf. Flex merupakan faktor terpenting dalam poros karena dapat mempengaruhi sudut peluncuran, jarak, kontrol, dan arah pukulan. Flex umumnya dibagi menjadi extra stiff (X), stiff (S), reguler (R), senior (A), serta ladies (L).


  • Extra stiff (X): Jika bidikan Anda dapat secara konsisten mencapai jarak 300 yard dan kecepatan ayunan mencapai lebih dari 100 mph.

  • Stiff (S): Jika kecepatan ayunan Anda mencapai 95 mph dan secara konsisten pukulan Anda mencapai jarak 250 yard.

  • Reguler (R): Jika hasil pukulan Anda mencapai jarak 200 sampai 240 yard dengan kecepatan ayunan rata-rata 8595 mph.

  • Senior (A): Jika secara konsisten pukulan Anda dapat mencapai jarak 180 sampai 200 yard dengan kecepatan antara 7590 mph.

  • Ladies (L): Jarak pukulan yang dihasilkan di bawah 200 yard.

10 Rekomendasi stick golf terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stik golf terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Swing speedMedium, high
MaterialGraphite
FlexStiff, regular
Jenis stik golfWood
9
Swing speedMedium
MaterialSteel, graphite
FlexReguler, stiff, extra stiff
Jenis stik golfIron
8
Swing speedMedium, high
MaterialSteel
FlexRegular, stiff
Jenis stik golfIron
7
Swing speedMedium, high
MaterialSteel
FlexRegular, stiff
Jenis stik golfIron
6
Swing speedMedium, high
MaterialSteel
FlexStiff, regular
Jenis stik golfIron
5
Swing speedMedium, high
MaterialGraphite, steel
FlexStiff, extra stiff
Jenis stik golfIron
4
Swing speedMedium, high
MaterialGraphite, steel
FlexSenior, regular, stiff
Jenis stik golfIron
3
Swing speedMedium
MaterialSteel
FlexRegular
Jenis stik golfWedge
2
Swing speedLow
MaterialSteel, graphite
FlexLadies
Jenis stik golfIron
1
Swing speedMedium, high
MaterialGraphite
FlexReguler, stiff, extra stiff
Jenis stik golfDriver

Tabel perbandingan produk stick golf terbaik

Gambar produk
1
Ping G425 Max Driver 1

Ping

2
Mizuno MP-20 Irons 1

Mizuno

3
Cleveland RTX Wedge 1

Cleveland

4
TaylorMade SIM Max Irons 1

TaylorMade

5
Callaway Apex MB Irons 1

Callaway

6
Cobra Radspeed Irons 1

Cobra

7
Callaway Big Bertha Iron B21 1

Callaway

8
Callaway Mavrik Irons 1

Callaway

9
Titleist T200 Irons 1

Titleist

10
Cobra Fairway Golf Cobra King Radspeed 1

Cobra

Nama produk

G425 Max Driver

MP-20 Irons

RTX Wedge

SIM Max Irons

Apex MB Irons

Radspeed Irons

Big Bertha Iron B21

Mavrik Irons

T200 Irons

Fairway Golf Cobra King Radspeed

Keunggulan

Desainnya ringkas dan elegan

Menghasilkan pukulan vertikal yang stabil

Mengontrol putaran bola dengan baik

Kecepatan eksplosif dengan suara yang merdu

Menarik dengan gaya yang klasik

Dibuat dengan cetakan 3D yang canggih

Dirancang dengan teknologi A.I. Flash Face Cup yang terdepan

Menghasilkan pukulan yang presisi dan optimal

Bentuknya ramping dan banyak diminati

Menggunakan material serat karbon yang ringan

Harga mulai dariRp 5.559.000,00Rp 12.193.000,00Rp 3.287.000,00Rp 10.000.000,00Rp 16.200.000,00Rp 13.657.000,00Rp 13.889.000,00Rp 12.490.000,00Rp 10.500.000,00Rp 5.667.000,00
Swing speedMedium, highLowMediumMedium, highMedium, highMedium, highMedium, highMedium, highMediumMedium, high
MaterialGraphiteSteel, graphiteSteelGraphite, steelGraphite, steelSteelSteelSteelSteel, graphiteGraphite
FlexReguler, stiff, extra stiffLadiesRegularSenior, regular, stiffStiff, extra stiffStiff, regularRegular, stiffRegular, stiffReguler, stiff, extra stiffStiff, regular
Jenis stik golfDriverIronWedgeIronIronIronIronIronIronWood
Tautan produk

Mengenal kesesuaian ukuran stick golf

Mengenal kesesuaian ukuran stick golf

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu menyesuaikan ukuran stik golf yang akan dipakai. Jangan sampai, stik yang Anda pakai terlalu panjang atau terlalu pendek. Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini.


Tanda stick golf Anda terlalu panjang:


  1. Saat akan melakukan pukulan Anda perlu berdiri hampir sepenuhnya tegak lurus.
  2. Anda kesulitan menggerakan tubuh bagian bawah.
  3. Pukulan yang dihasilkan bergerak terlalu tinggi dan berbelok ke kiri.
  4. Poros dari stik dirasa terlalu lemah.
  5. Ketika memukul, perkenaannya selalu pada bagian ujung stik.

Tanda stick golf Anda terlalu pendek:


  1. Anda menjadi terlalu bungkuk ketika akan memukul bola.
  2. Anda menekuk lutut terlalu pendek.
  3. Tempo pukulan menjadi terlalu cepat.
  4. Ketika memukul selalu mengenai tumit dari stik.
  5. Arah bola selalu berbelok ke kanan.

Baca juga rekomendasi peralatan golf lainnya di sini

Supaya lebih siap untuk bermain golf, kami juga merekomendasikan beberapa kelengkapan bermain golf lainnya, lho. Agar tidak ketinggalan, Anda bisa memeriksa rekomendasi bola golf, sarung tangan golf, atau sepatu golf pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Rekomendasi stik golf yang disampaikan di atas memiliki kriteria masing-masing yang dibutuhkan untuk setiap jenis pukulannya. Dengan berbagai teknologi yang dihadirkan, tidak heran jika harganya pun cukup menguras kantong. 


Namun, tentu saja harga tersebut tetap sebanding dengan kualitas yang diberikan. Nah, apakah Anda sudah menemukan yang paling pas di hati? Yuk, pilih produknya dengan saksama supaya lebih cocok dengan kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bola Golf Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Golf Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika dilihat secara sepintas, semua bola golf terlihat sama. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata setiap bola golf memiliki perbedaan pada jarak tempuh dan tipe putarannya? Saat ini banyak merek bola golf yang bagus, seperti Callaway, Titleist, dan Bridgestone, yang menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Banyaknya pilihan ini mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus diperhatikan saat Anda memilih bola golf. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk bola golf terbaik kepada Anda. Silakan baca artikel kami secara saksama, lalu jadikan sebagai referensi dalam memilih bola golf terbaik!
    Golf
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Golf Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Golf Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain golf, perlengkapan yang harus melekat di badan selain sepatu adalah sarung tangan golf atau golf gloves. Sarung tangan ini akan memperkuat genggaman Anda sehingga akurasi pukulan pun meningkat. Karena itu, Anda perlu memilih sarung tangan golf yang tepat.Ada berbagai merek sarung tangan golf terbaik, seperti Birdie, Callaway, Decathlon, dan sebagainya. Namun, manakah produk yang paling sesuai? Kami akan memberikan beberapa tips agar Anda dapat memilih sarung tangan yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi sarung tangan golf sebagai referensi Anda. Yuk, simak selengkapnya!
    Golf
  • 10 Rekomendasi Sepatu Golf Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Golf Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam golf, perhatian utama cenderung dititikberatkan pada pemilihan stik maupun bola golf. Faktanya, sepatu golf disinyalir memiliki peran yang tak kalah penting dalam permainan. Untuk itu, Anda memerlukan sepatu golf yang bagus, seperti sepatu merek Nike, adidas, Puma, Skechers, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan sepatu yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu golf, khususnya untuk pria. Setelah itu, akan ada rekomendasi produk-produk terpopuler yang mungkin pas untuk Anda. Sudah siap menemukan sepatu golf yang cocok untuk menemani Anda di lapangan hijau?
    Golf
  •  10 Rekomendasi Sarung Tangan Golf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Golf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Sarung tangan golf untuk wanita sering kali dianggap sama semua. Hal itu membuat Anda asal pilih dan akhirnya memakai produk yang kurang sesuai dengan kebutuhan. Untuk menemukan produk yang sesuai kebutuhan, pertimbangkanlah bahan, ukuran, jenis, dan faktor lainnya dalam memilih sarung tangan golf terbaik.Demi memudahkan memilih produk terbaik, kami akan membagikan tips memilih sarung tangan golf wanita yang bagus untuk Anda. Kami juga menyediakan rekomendasi merek sarung tangan golf terbaik, seperti Taylormade, Wilson, Titleist, dan Nike. Simak artikel ini hingga selesai agar tidak ada yang terlewat, ya!
    Golf
  • 10 Rekomendasi Spikeless Golf Shoes (Sepatu Golf) Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spikeless Golf Shoes (Sepatu Golf) Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu adalah salah satu perlengkapan penting untuk bermain golf. Terdapat dua jenis sepatu golf pria, yaitu spike (sol berpaku logam atau plastik) dan spikeless (sol bergerigi karet). Sepatu golf spikeless makin banyak digemari, terutama oleh para pemula, karena bisa dikenakan di dalam dan luar lapangan.Supaya Anda makin yakin membelinya, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan sepatu golf spikeless, serta tips memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek spikeless golf shoes yang bagus untuk pria, seperti Footjoy, Nike, Skechers, dan adidas. Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai, ya!
    Golf
  • 10 Rekomendasi Spikeless Golf Shoes (Sepatu Golf) Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spikeless Golf Shoes (Sepatu Golf) Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Dibandingkan dengan tipe spike, sepatu golf spikeless dapat lebih sering dipakai karena memiliki desain kasual. Tipe sepatu golf spikeless yang populer antara lain tipe sneakers bertali, tipe dial, dan tipe lightweight. Tidak hanya ada berbagai jenis dan bahan, ada banyak pula produsen terkenal seperti Nike, Skechers, dan Adidas sehingga cukup sulit untuk memilihnya.Kami akan menjelaskan cara memilih sepatu golf spikeless wanita beserta rekomendasi produk. Jika Anda seorang fashionista, Anda tentu ingin sepatu dengan fungsionalitas optimal dan desain yang trendi. Temukan sepatu sempurna tanpa mengurangi skor atau penampilan Anda!
    Golf
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori