• 10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Baterai Rechargeable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Baterai rechargeable adalah salah satu solusi untuk menekan timbunan sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga. Berbeda dengan baterai biasa, sumber daya listrik yang satu ini dapat diisi ulang dan dipakai hingga ratusan kali. Berbagai tipe dan ukuran baterai rechargeable pun bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, mulai dari 18650, AA, hingga AAA.


Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih baterai rechargeable yang bagus sekaligus memberikan rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan berbagai merek terbaik, misalnya Panasonic dan Energizer. Baterai rechargeable yang bagus untuk tamiya juga ada, lho. Jadi, mari disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih baterai rechargeable

Banyaknya pilihan baterai rechargeable di pasaran mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kami akan membagikan beberapa tips memilih baterai rechargeable yang bagus. Mari simak dengan saksama untuk menghindari kesalahan saat berbelanja!

Pilih berdasarkan tipenya

Secara umum, baterai rechargeable dibagi menjadi tiga tipe, yaitu NiCd, NiMH, dan Li-Ion. Setiap tipe baterai tentu memiliki keunggulan dan karakteristiknya masing-masing. Kami akan menjelaskan perbedaannya secara lebih lengkap di bawah ini.

NiCd: Tipe paling tua, memiliki bobot terberat

NiCd: Tipe paling tua, memiliki bobot terberat

Baterai rechargeable NiCd atau Nickel-cadmium merupakan tipe yang paling tua dari segi teknologi. Ciri khas dari baterai tipe ini terletak pada bobotnya yang berat. Baterai NiCd juga mempunyai kelemahan berupa memory effect


Arti dari memory effect adalah kapasitas baterai dapat menurun bila tidak diisi ulang dengan cara yang benar. Singkatnya, baterai tipe NiCd harus benar-benar kosong sebelum diisi ulang. Jika tidak, baterai akan mudah rusak.


Baterai NiCd memanfaatkan nickel oxide hydroxide dan metallic cadmium sebagai bahan elektrolitnya. Karena mengandung kadmium yang merupakan bahan beracun, baterai rechargeable NiCd wajib didaur ulang atau dibuang dengan cara yang benar.

Tipe NiMH: Lebih ramah lingkungan dan tampilannya lebih ramping

Tipe NiMH: Lebih ramah lingkungan dan tampilannya lebih ramping

Baterai rechargeable tipe NiMH atau Nickel-metal hydride adalah pengganti dari generasi sebelumnya, NiCd. Tak heran jika baterai NiMH mempunyai kapasitas 30% lebih besar dibandingkan NiCd. Selain itu, ukurannya lebih kecil. Bobotnya pun lebih ringan. 


Baterai rechargeable NiMH juga tergolong lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung kadmium. Sayangnya, baterai tipe ini masih sedikit dapat terpengaruh oleh memory effect. Jadi, meski perawatan baterai NiMH cenderung lebih mudah, sebaiknya Anda tetap melakukan pengisian ulang ketika daya baterai benar-benar habis.

Tipe Li-Ion: Teknologi terbaru, paling ringan, serta paling aman

Tipe Li-Ion: Teknologi terbaru, paling ringan, serta paling aman

Tipe yang terakhir yakni baterai rechargeable Li-Ion atau Lithium-ion. Baterai tipe ini merupakan yang terbaru di antara tipe lainnya. Karena itu, baterai Li-Ion mempunyai kapasitas daya yang lebih tinggi daripada tipe NiMH atau NiCd. Bobot baterai rechargeable Li-Ion juga 30% lebih ringan dibandingkan kedua tipe sebelumnya.


Tak hanya itu, baterai tipe Li-Ion tidak memiliki kelemahan memory effect. Dengan begitu, baterai tipe ini dapat diisi ulang meski dalam keadaan belum kosong sepenuhnya.

Perhatikan kapasitas baterai rechargeable

Perhatikan kapasitas baterai rechargeable

Ketika membeli baterai rechargeable, tentu Anda berharap produk tersebut dapat mengisi daya perangkat elektronik dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan kapasitas baterai rechargeable yang dibeli. Sederhananya, kapasitas baterai menunjukkan jumlah energi yang bisa ditampung oleh baterai untuk kemudian disalurkan pada perangkat elektronik.


Daya baterai ditunjukkan dalam satuan mAh (mili-Ampere per hour). Makin besar kapasitas baterai yang ditunjukkan dalam mAh, makin tinggi jumlah energinya. Artinya, baterai rechargeable tersebut dapat makin lama memberikan energi pada alat elektronik.

Pastikan ukurannya kompatibel dengan perangkat elektronik Anda

Pastikan ukurannya kompatibel dengan perangkat elektronik Anda

Poin terakhir yang perlu diperhatikan ketika membeli baterai rechargeable adalah memastikan bahwa produk tersebut kompatibel dengan perangkat elektronik Anda. Sama seperti baterai pada umumnya, baterai rechargeable juga memiliki beberapa pilihan ukuran. Berikut penjelasannya:


  • Baterai rechargeable 18650: Baterai rechargeable dengan kode 18650 mempunyai ukuran yang paling besar dengan panjang 65 mm. Sesuai ukurannya, baterai ini umumnya digunakan pada alat eletronik portabel yang membutuhkan daya besar, misalnya kendaraan listrik.


  • Baterai rechargeable AA: Baterai rechargeable AA memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan 18650. Panjang baterai AA sekitar 50,5 mm. Ukuran AA merupakan yang paling populer digunakan pada perlengkapan elektronik, seperti senter, jam dinding, dan mainan.


  • Baterai rechargeable AAA: Ukuran baterai rechargeable AAA merupakan yang paling kecil di antara yang lainnya. Panjangnya hanya sekitar 44,5 mm. Karena itu, biasanya baterai AAA dipakai untuk mengisi daya kamera digital, remote control, atau pemutar MP3.

Dengan beragamnya ukuran baterai rechargeable, Anda harus benar-benar mengecek kecocokannya dengan alat-alat elektronik di rumah. Jangan sampai baterai yang telah dibeli tidak bisa dipakai karena tidak dapat terpasang dengan sempurna.

10 Rekomendasi baterai rechargeable terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baterai rechargeable terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

CamelionLithium-ion Rechargeable

ICR-18650F-26

Mulai dari Rp 51.000,00

TipeLi-Ion
Kapasitas baterai2.600 mAh
Ukuran18650
Siklus pengisian500 kali
9

KrisbowSet Baterai Rechargeable Size AAA 900 mAh

Mulai dari Rp 69.900,00

TipeNiMH
Kapasitas baterai900 mAh
UkuranAAA
Siklus pengisianTidak disebutkan
8
TipeNiCd
Kapasitas baterai950 mAH
UkuranAA
Siklus pengisian5.000 kali
7
TipeNiMH
Kapasitas baterai2.000 mAh
UkuranAA
Siklus pengisian1.000 kali
6
TipeTidak disebutkan
Kapasitas baterai2.550 mAh
UkuranAA
Siklus pengisian500 kali
5
TipeNiMH
Kapasitas baterai1.300 mAh
UkuranAA
Siklus pengisianTidak disebutkan
4
TipeNiMH
Kapasitas baterai1.000 mAh
UkuranAA
Siklus pengisian500 kali
3
TipeTidak disebutkan
Kapasitas baterai1.200 mAh
UkuranAA
Siklus pengisianTidak disebutkan
2
TipeNiCd
Kapasitas baterai1.000 mAh
UkuranAA
Siklus pengisian500 kali
1

MitsuyamaBattery Li-ion Rechargeable

MS-18650

Mulai dari Rp 18.650,00

TipeLi-Ion
Kapasitas baterai8.000 mAh
Ukuran18650
Siklus pengisianTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk baterai rechargeable terbaik

Gambar produk
1
Mitsuyama Battery Li-ion Rechargeable 1

Mitsuyama

2
Dynamax Rechargeable Battery 1

Dynamax

3
Doublepow Rechargeable Battery 1

Doublepow

4
Smartoools Baterai MicroBatt AA 1

Smartoools

5
Auldey Rechargeable Ni-MH Battery 1

Auldey

6
Panasonic Eneloop Pro 1

Panasonic

7
Energizer Recharge Power Plus 1

Energizer

8
Fujitsu Rechargeable Battery 1

Fujitsu

9
Krisbow Set Baterai Rechargeable Size AAA 900 mAh 1

Krisbow

10
Camelion Lithium-ion Rechargeable 1

Camelion

Nama produk

Battery Li-ion Rechargeable

Rechargeable Battery

Rechargeable Battery

Baterai MicroBatt AA

Rechargeable Ni-MH Battery

Eneloop Pro

Recharge Power Plus

Rechargeable Battery

Set Baterai Rechargeable Size AAA 900 mAh

Lithium-ion Rechargeable

Keunggulan

Kapasitas daya besar, paling tahan lama digunakan

Baterai rechargeable dengan harga paling ramah di kantong

Cegah terjadinya korsleting saat overheat

Desain paling unik dan atraktif

Membuat tamiya melaju lebih cepat

Isi ulang otomatis mati ketika daya telah penuh

Terbuat dari 15% bahan daur ulang, unik!

Tampilannya manis, serta berkualitas standar Jepang

Ukuran dan kapasitas baterainya pas untuk dibawa-bawa

Daya baterai tidak mudah menyusut saat tak dipakai

Harga mulai dariRp 18.650,00Rp 5.300,00Rp 7.500,00Rp 55.000,00Rp 14.000,00Rp 265.000,00Rp 63.500,00Rp 110.000,00Rp 69.900,00Rp 51.000,00
TipeLi-IonNiCdTidak disebutkanNiMHNiMHTidak disebutkanNiMHNiCdNiMHLi-Ion
Kapasitas baterai8.000 mAh1.000 mAh1.200 mAh1.000 mAh1.300 mAh2.550 mAh2.000 mAh950 mAH900 mAh2.600 mAh
Ukuran18650AAAAAAAAAAAAAAAAA18650
Siklus pengisianTidak disebutkan500 kaliTidak disebutkan500 kaliTidak disebutkan500 kali1.000 kali5.000 kaliTidak disebutkan500 kali
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pengisi daya lainnya di sini

Selain baterai rechargeable, masih ada berbagai jenis pengisi daya yang bisa Anda temukan di pasaran. Anda mungkin membutuhkan battery grip yang biasa digunakan pada kamera? Atau power bank yang selalu menemani smartphone? Jika Anda tertarik dengan kemampuan pengisi daya tersebut, segera kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Selain aman untuk kantong dalam jangka panjang, penggunaan baterai rechargeable juga ramah untuk lingkungan. Bayangkan saja, dengan memakai baterai rechargeable, Anda bisa mengurangi timbunan sampah yang biasa ditimbulkan setelah baterai habis.


Namun, pastikan Anda mengikuti tips memilih baterai rechargeable yang kami jelaskan di atas, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas unggulan sekaligus awet. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya tukang bangunan, bor listrik juga sering digunakan oleh orang-orang yang senang melakukan aktivitas DIY (do-it-yourself). Mesin bor akan sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini tersedia dalam beberapa jenis, seperti bor cordless, impact drill, hingga bor listrik portable.Ada berbagai merek bor listrik yang bagus, seperti Bosch, Makita, RYU, J.LD, dan Black & Decker. Kali ini, kami akan membahas tips memilih bor listrik dan rekomendasi sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Jika Anda berminat memiliki bor listrik, simak artikelnya sampai akhir, ya!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika ingin menyekrup bagian yang tebal saat merangkai furnitur, Anda akan kesulitan jika hanya menggunakan obeng. Untuk itu, Anda membutuhkan mesin bor beton atau impact drill. Namun, banyaknya merek impact drill, seperti Makita, Bosch, dan Mailtank, mungkin membuat Anda kebingungan. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton yang bagus. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda. Baik bor cordless (bor baterai) maupun bor berkabel, semua akan kami sajikan. Semoga Anda dapat menemukan impact drill yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baterai adalah pengisi daya yang penting untuk berbagai perangkat elektronik, mulai dari jam dinding, remote, sampai mainan. Baterai AA umumnya memiliki besar tegangan 1,5 Volt. ABC Alkaline, Energizer, dan Eveready adalah beberapa merek baterai AA yang mudah Anda temui di pasaran.Selain baterai AA sekali pakai, ada juga baterai AA rechargeable. Smartoools adalah salah satu merek baterai AA rechargeable. Namun, simak dahulu tips kami dalam memilih baterai AA yang bagus untuk berbagai alat elektronik. Di samping segi harga, masih ada hal-hal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, DeWalt, Mailtank, dan lainnya dengan spesifikasi dan harga yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan beberapa rekomendasi merek impact wrench yang bagus!Sebenarnya, ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya jika Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda!
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang ringan dan mudah digunakan. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran barangkali membuat Anda bingung dalam memilihnya.Kali ini, kami akan membahas cara memilih gergaji tangan yang bagus. Berbagai merek gergaji tangan terbaik, seperti Tekiro Tools dan Carl Schlieper atau Cap Mata ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis jika Anda ingin mendapatkan gergaji tangan terbaik.
    Power tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Pemotong Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Pemotong Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk memotong kain dalam jumlah banyak seperti pada usaha konfeksi, menggunakan gunting tidaklah efektif dan efisien. Anda membutuhkan mesin pemotong kain agar pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips dan rekomendasi produk mesin pemotong kain terbaik.Berbagai merek mesin pemotong kain yang bagus akan kami ulas khusus untuk Anda. KAESAR OCTA dan KM adalah beberapa merek yang sangat laris di pasaran. Apakah produk tersebut cocok untuk Anda? Pastikan membaca ulasan kami agar Anda tidak salah memilih, ya! 
    Power tools
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori