• 10 Stabilizer Stang Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Stabilizer Stang Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Stabilizer Stang Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Stabilizer Stang Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Stabilizer Stang Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Stabilizer Stang Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Kestabilan menjadi salah satu kunci keselamatan saat mengendarai motor. Oleh karena itu, beberapa pengendara motor memilih menggunakan stabilizer stang. Fungsi stabilizer stang adalah membuat stang motor tidak goyang ketika motor digunakan untuk berkendara. Berbagai jenis motor, mulai dari motor bebek hingga RX King, bisa menggunakannya.

Ada beberapa merek stabilizer stang yang populer di masyarakat, seperti Ohlins, Protaper, dan lain-lain. Kami akan membahas cara memilih sekaligus merekomendasikan produk stabilizer stang yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ayi Adiana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif.


Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Mengenal stabilizer stang

Mengenal stabilizer stang

Anda yang mempunyai motor dengan mesin kapasitas standar mungkin belum akrab dengan stabilizer setang. Hal ini karena stabilizer setang menjadi komponen bawaan untuk motor dengan mesin berkapasitas besar. Stabilizer setang adalah komponen yang digunakan untuk membantu menstabilkan setang motor. Nama lain dari stabilizer setang adalah steering damper.


Stabilizer setang berfungsi sebagai penstabil dan peredam getaran. Artinya, ketika menggunakannya, setang motor akan kokoh dan tidak goyang saat terkena guncangan. Fungsi stabilizer stang akan maksimal jika kualitas komponennya bagus. Kualitas tersebut bergantung pada spesifikasinya. Salah satunya adalah kekerasan stabilizer atau yang sering disebut klik.


Selain untuk menstabilkan setang, memasang produk stabilizer setang juga ada keuntungannya. Keuntungan pertama adalah setang akan tetap stabil saat motor berkecepatan tinggi. Kemudian, tampilannya juga akan terkesan seperti motor balap. 


Namun, memasang stabilizer setang juga dapat memberikan kerugian. Salah satunya adalah setang terasa lebih berat. Selain itu, berhati-hatilah jika salah pilih karena dapat membahayakan keselamatan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stabilizer stang

Stabilizer setang haruslah dipilih yang sesuai. Jika salah pilih, dapat memicu terjadinya kecelakaan yang membahayakan keselamatan. Anda tentunya ingin menghindari hal-hal yang merugikan, bukan? Maka dari itu, Anda bisa menyimak cara memilih stabilizer setang berikut.

Ketahui tipenya terlebih dahulu

Ketahui tipenya terlebih dahulu

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memilih stabilizer setang adalah tipenya. Ada dua tipe stabilizer setang yang setidaknya bisa menjadi pilihan, yaitu single type dan dual type. Lantas manakah tipe yang lebih baik untuk Anda pilih?


  • Single type: Tipe stabilizer setang yang satu ini cocok digunakan untuk motor yang digunakan sehari-hari. Selain itu, stabilizer setang ini lebih cocok untuk membantu menyeimbangkan kemudi di medan yang tidak terlalu berat.

  • Dual type: Stabilizer tipe dual ini akan lebih cocok digunakan untuk medan tempuh yang berat seperti medan off road. Selain itu, tipe stabilizer ini juga lebih direkomendasikan untuk sepeda motor yang digunakan dalam balapan.

Kenali juga bentuknya

Kenali juga bentuknya

Selain dapat dibedakan berdasarkan tipenya, stabilizer setang juga dapat kita bedakan dari bentuknya. Ada dua bentuk stabilizer setang yang sering dijumpai di pasaran. Meskipun memiliki bentuk yang berbeda, sejatinya keduanya memiliki fungsi yang sama. Adapun bentuk stabilizer setang yang bisa menjadi pilihan adalah sebagai berikut.


  • Tabung: Stabilizer setang berbentuk tabung dapat dikatakan lebih umum dan paling mudah ditemukan. Bentuk yang demikian dapat dipasang pada motor matic, motor bebek, hingga motor sport. Stabilizer tabung memang dirancang universal atau dapat digunakan untuk berbagai jenis motor.

  • Kotak: Stabilizer setang ada juga yang berbentuk kotak. Stabilizer ini biasanya diletakkan di atas segitiga setang motor. Stabilizer berbentuk kotak umumnya dipasang pada motor trail. Berbeda dengan stabilizer berbentuk tabung, stabilizer ini biasanya dijual dengan bracket sesuai dengan tipe motor. Hal ini membuatnya tidak bisa digunakan untuk berbagai tipe motor.

Sesuaikan panjangnya dengan kebutuhan

Sesuaikan panjangnya dengan kebutuhan

Stabilizer memiliki panjang yang berbeda-beda. Setiap ukuran panjang stabilizer setang menyesuaikan dengan kebutuhan. Stabilizer setang dengan panjang kisaran 26 cm hingga 28 cm lebih cocok digunakan untuk lintasan yang lurus. Stabilizer dengan batasan ukuran tersebut dapat digunakan untuk motor balap dengan panjang lintasan 200 meter. Hal ini karena radius putar setang cukup sedikit.


Ada juga stabilizer yang panjangnya lebih dari 28 cm. Biasanya panjangnya bisa mencapai 37 cm. Stabilizer dengan panjang 37 cm bisa digunakan untuk motor yang digunakan di lintasan yang lebih panjang. Selain itu, tipe ini cocok juga untuk lintasan dengan banyak tikungan yang memerlukan banyak manuver. Namun, berhati-hatilah untuk tidak salah pilih dan menyebabkan kemacetan.

Pertimbangkan spesifikasi yang dimiliki

Pertimbangkan spesifikasi yang dimiliki

Setiap produk stabilizer setang biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Anda sebaiknya memilih stabilizer yang memiliki sistem hidraulis yang halus. Sistem hidraulis yang halus menjadikan gaya hidraulis makin lancar. Gaya hidraulis diperlukan untuk mengurangi getaran akibat permukaan jalan yang tidak rata.


Selain itu, perhatikan tingkat kekerasannya atau yang sering disebut klik. Tingkat kekerasan pada stabilizer setang beragam, mulai dari 8 klik hingga 24 klik. Makin banyak jumlah klik, makin bagus produk tersebut karena kekakuan setang mudah disesuaikan. Sayangnya, makin banyak jumlah klik, juga makin mahal harganya.

10 Rekomendasi stabilizer stang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stabilizer stang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.

10
TipeSingle type
BentukTabung
UkuranTidak ada keterangan
Spesifikasi Bracket
9

Scarlet RacingSteering Damper New CNC

Mulai dari Rp 782.000,00

TipeDual type
BentukTabung
UkuranTidak ada keterangan
Spesifikasi Bracket
8
TipeDual type
BentukTabung
Ukuran37
Spesifikasi 24 klik, clamped
7
TipeDual type
BentukTabung
Ukuran130 mm
Spesifikasi 23 klik, sistem hidraulis
6
TipeSingle type
BentukKotak
UkuranTidak ada keterangan
Spesifikasi Bracket
5

Moto 1 RacingMotorcycle Direction Damper

Mulai dari Rp 715.000,00

TipeDual type
BentukTabung
Ukuran26 cm
Spesifikasi 16 klik, bracket
4

MachipuraStabilizer Stang Universal

Mulai dari Rp 65.000,00

TipeDual type
BentukTabung
UkuranTidak ada keterangan
Spesifikasi Tidak ada keterangan
3
TipeSingle type
BentukTabung
Ukuran25 cm
Spesifikasi 16 klik
2

OhlinsSteering Dumper Magnesium Universal

Mulai dari Rp 225.000,00

TipeDual type
BentukTabung
UkuranTidak ada keterangan
Spesifikasi 24 klik
1
TipeDual type
BentukTabung
Ukuran40 cm
Spesifikasi Busa

Tabel perbandingan produk stabilizer stang terbaik

Gambar produk
1
Protaper Stabilizer Stang Fatbar 1

Protaper

2
Ohlins Steering Dumper Magnesium Universal 1

Ohlins

3
Matris Stabilizer Stang 1

Matris

4
Machipura Stabilizer Stang Universal  1

Machipura

5
Moto 1 Racing Motorcycle Direction Damper 1

Moto 1 Racing

6
Scarlet Racing Steering Damper Nmax 1

Scarlet Racing

7
Racing Boy Damper S-Line 1

Racing Boy

8
TDR Steering Damper 75 mm 1

TDR

9
Scarlet Racing Steering Damper New CNC 1

Scarlet Racing

10
Ride It Steering Damper NMAX 1

Ride It

Nama produk

Stabilizer Stang Fatbar

Steering Dumper Magnesium Universal

Stabilizer Stang

Stabilizer Stang Universal

Motorcycle Direction Damper

Steering Damper Nmax

Damper S-Line

Steering Damper 75 mm

Steering Damper New CNC

Steering Damper NMAX

Keunggulan

Dibuat khusus untuk stang tipe fatbar

Memiliki setelan rebound untuk mengembalikan fungsi awal stang

Terbuat dari serat karbon sehingga tahan korosi

Memang dirancang khusus untuk sepeda motor batangan

Terbuat dari karbon kevlar sehingga kuat dan mewah

Jadikan motor terlihat sporty dan trendy

Akselerasi tinggi, stang tetap stabil saat menikung dengan kecepatan tinggi

Dilengkapi teknologi penjepit ganda untuk melindungi dari benturan

Memiliki tingkat presisi bagus karena terbuat dari material CNC

Model adjustable menjadikannya cocok untuk pemula

Harga mulai dariRp 22.500,00Rp 225.000,00Rp 95.000,00Rp 65.000,00Rp 715.000,00Rp 1.440.000,00Rp 95.000,00Rp 3.500.000,00Rp 782.000,00Rp 1.150.000,00
TipeDual typeDual typeSingle typeDual typeDual typeSingle typeDual typeDual typeDual typeSingle type
BentukTabungTabungTabungTabungTabungKotakTabungTabungTabungTabung
Ukuran40 cmTidak ada keterangan25 cmTidak ada keterangan26 cmTidak ada keterangan130 mm37Tidak ada keteranganTidak ada keterangan
Spesifikasi Busa24 klik16 klikTidak ada keterangan16 klik, bracketBracket23 klik, sistem hidraulis24 klik, clampedBracketBracket
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan motor lainnya di sini

Stabilizer setang menjadi perlengkapan tambahan yang memberikan manfaat saat mengendarai motor. Namun, tentunya ada juga perlengkapan lain yang bisa digunakan untuk motor Anda. Perlengkapan tersebut telah kami bahas di artikel lainnya. Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

Kesimpulan

Memilih stabilizer setang benar-benar harus Anda perhatikan. Pasalnya, jika salah pilih stabilizer, keselamatan Anda di jalan menjadi taruhannya. Anda bisa mengikuti cara memilih yang sudah kami sampaikan sebelumnya sebagai panduan.

Rekomendasi produk stabilizer yang kami sampaikan juga bisa menjadi pilihan Anda. Pastikan Anda memilih stabilizer yang paling sesuai. Dengan begitu, Anda bisa mengendarai sepeda motor dengan aman dan nyaman sampai tujuan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memilih helm, sesuaikanlah modelnya dengan jenis motor yang Anda kendarai. Anda bisa memilih helm motor trail, sport, matic, bahkan motor klasik. Ada juga helm yang cocok untuk motor tertentu, seperti Ninja, Scoopy, KLX, hingga Beat.Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih helm yang bagus. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek helm terbaik di Indonesia, seperti KYT, NHK, dan Cargloss. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Yuk, temukan rekomendasi helm motor terbaik yang ringan, nyaman, dan aman untuk Anda!
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Helm wajib dikenakan setiap pengguna sepeda motor. Kini, helm bukan hanya untuk melindungi kepala saja, melainkan juga untuk menunjang penampilan saat berkendara. Salah satu jenis helm yang paling diminati adalah helm half face karena ringan dan keren. Ada banyak merek helm half face yang bagus dan menawarkan kualitas terbaik. Harga helm half face pun bervariasi tergantung merek dan jenis materialnya. Kami akan menjelaskan tips memilih helm half face terbaik untuk Anda. Temukanlah rekomendasi helm half face terbaru dan terbaik merek NHK, INK, Zeus, Nolan, KYT, dan lainnya dalam artikel ini. 
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi dengan kaca atau visor.Salah satu jenis helm yang cukup digemari pengguna sepeda motor adalah jenis full face. KYT, INK, dan MDS adalah contoh merek yang bagus dan kerap menghadirkan helm terbaru yang ringan dipakai. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Simak sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
  • 10 Velg Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Velg Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta motor, Anda pasti paham kalau pemilihan velg tidak bisa sembarangan. Di samping untuk estetika, velg motor yang tepat mampu memberikan performa serta keamanan ekstra. Kebutuhan velg masing-masing motor, seperti motor matic, bebek, dan racing juga berbeda.Anda akan mendapati velg ring 14 dan 17 di artikel ini. Sebelumnya, kami akan berbagi tips memilih velg motor yang tepat untuk Anda berdasarkan jenis, ukuran, dan materialnya. Simak juga rekomendasi beragam merek velg motor yang bagus, misalnya TDR dan Equinox. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa khawatir saat mobil atau motor Anda dipinjam oleh orang lain? Jika ya, Anda membutuhkan GPS tracker untuk memantau kendaraan Anda. Alat tersebut digunakan untuk melacak keberadaan objek tertentu dengan akurat. GPS tracker membuat objek tetap dalam jangkauan pengawasan, meski dari kejauhan.Apabila saat ini Anda mempertimbangkan untuk membeli GPS tracker, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Kali ini kami akan memberikan tips memilih GPS tracker serta merekomendasikan sepuluh produk yang bagus. GPS tracker keluaran Apple dan Samsung juga akan kami bahas, lho. Yuk, langsung simak artikelnya! 
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan oleh setiap pengguna sepeda motor. Fungsi utama penggunaan helm adalah untuk melindungi keselamatan pengendara bermotor. Berbagai merek helm pun dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran, salah satunya adalah KYT. Melalui artikel ini, kami akan membahas cara memilih helm KYT yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan helm KYT terbaik, seperti helm KYT DJ Maru, TT Course, R-10, dan lainnya. Simak artikel ini sampai tuntas agar Anda dapat menentukan helm KYT yang pas untuk menemani perjalanan Anda.
    Aksesori motor
  • 10 Box Motor Terbaik dengan Instalasi Mudah - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Box Motor Terbaik dengan Instalasi Mudah - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Ukuran bagasi motor umumnya terbatas dan tidak terlalu besar. Untuk itu, Anda butuh box motor, rear box, atau top case agar dapat menyimpan barang bawaan. Di pasaran, terdapat berbagai merek box motor berkualitas dengan berbagai ukuran dan model, seperti GIVI, SHAD, dan sebagainya.Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi box motor yang bagus dengan instalasi mudah. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Pilihlah produk yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dan mudah untuk dipasang, ya!
    Aksesori motor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori