• 10 Merk Kecap Asin Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Kecap Asin Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Kecap Asin Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Kecap Asin Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Kecap Asin Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Kecap Asin Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kecap asin Jepang atau sering disebut shoyu terkenal memiliki perpaduan rasa asin dan gurih yang sangat lezat. Tak hanya cocok untuk masakan Jepang semacam sushi, resep lokal seperti semur pun akan makin lezat dengan penggunaan shoyu.


Nah, kali ini kami ingin membahas tips-tips memilih kecap asin Jepang yang bagus, serta memberikan rekomendasi produknya. Merek-merek terbaik, seperti Kikkoman, Higeta, dan Yamasa, ada di dalamnya. Selain harga yang bervariasi, kami juga menyediakan pilihan kecap asin Jepang yang halal, lho. Jadi, mari disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Proses pembuatan kecap asin Jepang

Proses pembuatan kecap asin Jepang

Sesuai namanya, kecap asin Jepang atau shoyu merupakan bumbu masakan yang berasal dari Jepang. Kekhasan kecap asin Jepang terletak pada rasanya yang cenderung gurih, asin, serta sedikit manis. Perpaduan rasa lezat itulah yang sering disebut sebagai rasa umami.


Rasa khas kecap asin Jepang dihasilkan dari penggunaan empat bahan utama, yaitu kacang kedelai, gandum, garam, dan koji. Tak hanya sampai di situ, untuk mendapatkan rasa yang sempurna, shoyu harus dibuat menggunakan metode khusus yang disebut honjozo.


Pada metode ini, kacang kedelai yang telah dikukus dicampur dengan gandum panggang dan koji yang telah dicetak. Campuran bahan tersebut lalu dipindahkan ke tangki berisi air garam. Inilah yang dinamakan sebagai larutan kecap yang belum difermentasi atau moromi.


Selanjutnya, moromi akan dibiarkan berfementasi selama 6–8 bulan sebelum diperas. Terakhir, larutan kecap yang telah difermentasi akan dipasteurisasi dan disaring, kemudian dikemas sebelum dipasarkan.


Perjalanan pembuatan kecap asin Jepang ternyata cukup panjang, ya! Tak heran bila rasa shoyu sangat nikmat sehingga digemari oleh masyarakat.

Cara memilih kecap asin Jepang

Sekarang kami akan menjabarkan tips-tips untuk memilih kecap asin Jepang yang bagus. Silakan perhatikan dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan produk terbaik yang sesuai selera!

Pilih berdasarkan jenisnya

Secara umum, kecap asin Jepang dibagi menjadi enam jenis, yaitu koikuichi, usukuchi, tamari, shiro, genen, dan marudaizu. Tiap-tiap jenis shoyu memiliki karakteristik rasa dan aroma tersendiri. Kami akan menjelaskannya lebih lengkap di bawah ini.

Koikuichi (dark soy sauce): Rasa umami yang pas untuk segala jenis masakan

Koikuichi (dark soy sauce): Rasa umami yang pas untuk segala jenis masakan

Koikuichi merupakan jenis shoyu yang paling mudah ditemukan sekaligus paling umum digunakan pada masakan Jepang. Kecap asin Jepang tipe ini mengandung kacang kedelai dan gandum dengan jumlah perbandingan yang sama. Sebagai hasilnya, kecap ini mempunyai keseimbangan rasa, aroma, serta warna.


Koikuichi merupakan jenis kecap yang biasanya selalu ada di dapur orang Jepang. Tak hanya untuk cocolan, koikuichi juga nikmat digunakan sebagai bumbu masakan. Anda dapat mencampurkannya pada hidangan yang direbus, dipanggang, serta kuah sup. Karena itu, koikuichi sering disebut juga sebagai all purpose soy sauce.

Usukuchi (light soy sauce): Rasanya lebih asin, tetapi aromanya kurang kuat

Usukuchi (light soy sauce): Rasanya lebih asin, tetapi aromanya kurang kuat

Usukuchi mengandung lebih banyak garam dibandingkan koikuichi. Karena itu, rasa kecap asin Jepang jenis ini cenderung lebih asin, tetapi aromanya kurang kuat. Usukuchi lebih disarankan untuk digunakan pada makanan yang tidak membutuhkan rasa umami yang kuat. Jadi, kecap asin Jepang usukuchi kurang cocok digunakan sebagai saus cocol.


Meski begitu, kecap asin Jepang tipe ini dapat menonjolkan rasa alami, serta meningkatkan tampilan masakan. Kami sarankan untuk mencampurkan usukuchi ke dalam masakan berkuah atau rebus seperti sup dan udon.

Tamari soy sauce: Tidak mengandung gandum di dalamnya

Tamari soy sauce: Tidak mengandung gandum di dalamnya

Ciri khas dari tamari shoyu terletak pada ketiadaan gandum di dalam komposisinya. Bisa dibilang bahwa bahan utama tamari shoyu hanya kacang kedelai saja. Karena tidak mengandung gandum, jenis ini cocok untuk orang-orang yang sedang diet gluten.


Tamari shoyu memiliki rasa umami yang kuat sehingga sangat cocok untuk sushi atau sashimi. Warna tamari juga dapat berubah menjadi kemerahan yang cantik saat dipanaskan. Karena itu, Anda dapat menggunakan kecap asin Jepang ini sebagai lumuran bahan makanan yang akan dipanggang.

Shiro (white soy sauce): Kandungan gandum lebih banyak daripada kedelainya

Shiro (white soy sauce): Kandungan gandum lebih banyak daripada kedelainya

Berkebalikan dengan tamari shoyu, shiro shoyu justru mengandung gandum panggang yang lebih banyak dibandingkan kacang kedelainya. Dengan demikian, warna kecap asin Jepang tipe ini lebih terang. Rasanya pun ringan dan manis.


Shiro shoyu sangat cocok untuk mempercantik tampilan makanan. Karena itu, kecap asin Jepang jenis ini sering digunakan sebagai tambahan pada kaldu sup. Untuk membumbui telur dadar, tamagoyaki, dan sayur rebus juga sangat nikmat. Sayangnya, kecap asin Jepang jenis shiro jarang ditemukan di Indonesia.

Genen (less salt soy sauce): Paling pas untuk menjaga kesehatan

Genen (less salt soy sauce): Paling pas untuk menjaga kesehatan

Sesuai namanya, genen shoyu memiliki kandungan garam 50% lebih sedikit daripada kecap asin Jepang tipe lainnya. Oleh sebab itu, kecap jenis ini sering dianggap sebagai kecap kesehatan. Meski rasanya tentu kurang asin, Anda tetap dapat menggunakan genen shoyu seperti koikuichi shoyu, yakni untuk semua jenis masakan.

Marudaizu (whole bean soy sauce): Kaya rasa, tetapi tetap ringan di lidah

Marudaizu (whole bean soy sauce): Kaya rasa, tetapi tetap ringan di lidah

Kecap asin Jepang umumnya terbuat dari kombinasi kacang kedelai utuh dan kacang kedelai tanpa lemak. Namun, tidak begitu dengan marudaizu shoyu. Kecap marudaizu hanya dibuat dengan kacang kedelai utuh


Hal itulah yang membuat marudaizu shoyu memiliki rasa yang lebih ringan, tetapi lebih kompleks. Tak heran bila harga marudaizu biasanya juga lebih mahal. Akan tetapi, kecap asin Jepang ini juga sulit ditemukan di Indonesia.

Perhatikan kandungan bahan yang digunakan

Perhatikan kandungan bahan yang digunakan

Hal yang tidak kalah penting saat akan membeli kecap asin Jepang yakni memeriksa komposisi bahannya. Selain keempat bahan utama yang telah disebutkan sebelumnya, terkadang tiap-tiap produsen shoyu memasukkan beberapa bahan tambahan.


Bahan tambahan yang paling sering digunakan dalam shoyu adalah alkohol. Alkohol pada kecap asin Jepang umumnya berfungsi sebagai pengawet alami. Oleh sebab itu, kandungan alkohol dalam shoyu biasanya tidak lebih dari 5%. 


Meski hanya sedikit, kandungan alkohol ini mungkin menjadi masalah untuk Anda yang mencari produk halal. Karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa keberadaan alkohol dalam kecap asin Jepang yang dipilih.

10 Rekomendasi kecap asin Jepang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kecap asin Jepang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisUsukuchi
KomposisiGaram, gandum, kedelai, glukosa, protein gandum, beras, alkohol
Varian isi1.000 ml
9
JenisKoikuichi
KomposisiAir, kedelai tanpa lemak, tepung terigu, garam, kedelai
Varian isi200 ml
8
JenisTidak disebutkan
KomposisiKedelai, gandum, sirup tinggi fruktosa, gula, garam, disodium 5'-ribonucleotide, pengawet, penguat rasa alami
Varian isi250 ml
7

Wan Ja ShanOrganic Gluten Free Soy Sauce Tamari

Mulai dari Rp 77.900,00

JenisTamari
KomposisiAir, kedelai utuh organik, garam, cuka organik
Varian isi300 ml
6
JenisUsukuchi
KomposisiKedelai, barley, garam, alkohol 2,53%
Varian isi500 ml, 1.000 ml
5

YamamoriJapanese Soy Sauce Tokkyu Extra

Mulai dari Rp 31.500,00

JenisKoikuchi
KomposisiKedelai, air, gandum, garam, alkohol 2,9%
Varian isi200 ml
4
JenisTidak disebutkan
KomposisiKecap, air, jus jeruk, sirup tinggi fruktosa, cuka, penguat rasa, garam, pengatur keasaman, asam sitrat, perisa jeruk
Varian isi360 ml
3
JenisTidak disebutkan
KomposisiAir, kedelai, garam, tepung terigu, gula (mengandung pengawet sulfit)
Varian isi150 ml
2
JenisGenen
KomposisiAir, kedelai, gandum, garam, alkohol 4,1%, cuka
Varian isi148 ml, 500 ml
1

Kikkoman Akufood IndonesiaKikkoman Kecap Asin Khas Jepang

Mulai dari Rp 19.600,00

JenisTidak disebutkan
KomposisiHasil fermentasi kedelai (air, kedelai, gandum, garam, pengawet natrium benzoat), air, garam, sirup tinggi fruktosa, penguat rasa dinatrium 5-ribonukleotida, pengawet natrium benzoat
Varian isiBotol: 150 ml, 620 ml・Jeriken: 2.000 ml, 5.700 ml

Tabel perbandingan produk kecap asin Jepang terbaik

Gambar produk
1
Kikkoman Akufood Indonesia Kikkoman Kecap Asin Khas Jepang 1

Kikkoman Akufood Indonesia

2
Yamasa Genen Shoyu 1

Yamasa

3
Yummyto Japanese Soy Sauce 1

Yummyto

4
Mizkan Ajipon Citrus Seasoned Soy Sauce 1

Mizkan

5
Yamamori Japanese Soy Sauce Tokkyu Extra 1

Yamamori

6
Marukin Usukuchi Shoyu 1

Marukin

7
Wan Ja Shan Organic Gluten Free Soy Sauce Tamari 1

Wan Ja Shan

8
Healthy Boy Shoyu Sauce 1

Healthy Boy

9
Higeta Honzen Soy Sauce 1

Higeta

10
Higashimaru Light (Thin) Color Soy Sauce 1

Higashimaru

Nama produk

Kikkoman Kecap Asin Khas Jepang

Genen Shoyu

Japanese Soy Sauce

Ajipon Citrus Seasoned Soy Sauce

Japanese Soy Sauce Tokkyu Extra

Usukuchi Shoyu

Organic Gluten Free Soy Sauce Tamari

Shoyu Sauce

Honzen Soy Sauce

Light (Thin) Color Soy Sauce

Keunggulan

Kemasannya paling bervariasi untuk setiap kebutuhan

Rasa asinnya lebih rendah, tetapi tetap nikmat

Kemasan paling unik untuk mempercantik meja makan

Lebih kaya rasa dengan keberadaan jeruk yuzu

Kecap asin Jepang berkualitas dari bahan-bahan unggulan

Kecap asin Jepang dengan harga paling terjangkau

Lebih kental, serta bebas gluten

Kecap asin Jepang yang difermentasi selama dua belas bulan

Penggunaan kedelai bersertifikat untuk menjamin mutu

Paling kuat rasa asinnya, pas untuk memasak

Harga mulai dariRp 19.600,00Rp 54.000,00Rp 25.300,00Rp 68.000,00Rp 31.500,00Rp 60.000,00Rp 77.900,00Rp 33.000,00Rp 63.500,00Rp 95.000,00
JenisTidak disebutkanGenenTidak disebutkanTidak disebutkanKoikuchiUsukuchiTamariTidak disebutkanKoikuichiUsukuchi
KomposisiHasil fermentasi kedelai (air, kedelai, gandum, garam, pengawet natrium benzoat), air, garam, sirup tinggi fruktosa, penguat rasa dinatrium 5-ribonukleotida, pengawet natrium benzoatAir, kedelai, gandum, garam, alkohol 4,1%, cukaAir, kedelai, garam, tepung terigu, gula (mengandung pengawet sulfit)Kecap, air, jus jeruk, sirup tinggi fruktosa, cuka, penguat rasa, garam, pengatur keasaman, asam sitrat, perisa jerukKedelai, air, gandum, garam, alkohol 2,9%Kedelai, barley, garam, alkohol 2,53%Air, kedelai utuh organik, garam, cuka organikKedelai, gandum, sirup tinggi fruktosa, gula, garam, disodium 5'-ribonucleotide, pengawet, penguat rasa alamiAir, kedelai tanpa lemak, tepung terigu, garam, kedelaiGaram, gandum, kedelai, glukosa, protein gandum, beras, alkohol
Varian isiBotol: 150 ml, 620 ml・Jeriken: 2.000 ml, 5.700 ml148 ml, 500 ml150 ml360 ml200 ml500 ml, 1.000 ml300 ml250 ml200 ml1.000 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kecap asin Jepang

Pertanyaan umum seputar kecap asin Jepang

Selanjutnya, kami akan menjawab beberapa pertanyaan populer mengenai kecap asin Jepang. Jika Anda juga penasaran dengan jawaban kami, mari disimak!

Apa beda shoyu dan kecap asin?

Kecap asin biasa umumnya hanya memiliki rasa yang sangat asin. Berbeda dengan shoyu (kecap asin Jepang) yang lebih kaya rasa karena terdapat campuran rasa asin, gurih, serta manis.

Apakah soy sauce sama dengan kecap asin?

Tentu saja berbeda. Soy sauce merupakan sebutan lain dari kecap secara umum. Di sisi lain, kecap asin merupakan bagian dari kecap.

Tips penggunaan kecap asin Jepang pada berbagai resep masakan

Tips penggunaan kecap asin Jepang pada berbagai resep masakan

Setelah menjabarkan tips memilih sekaligus merekomendasikan beberapa kecap asin Jepang, rasanya kurang lengkap bila kami tidak membagikan tips pemakaiannya. Jadi, jangan lewatkan penjelasan kami di bawah ini supaya Anda bisa memaksimalkan rasa kecap asin Jepang.


  • Sebagai bumbu marinade
Kecap asin Jepang yang digunakan untuk marinasi berfungsi sebagai penyeimbang rasa antara daging dengan bumbu lainnya. Untuk menggunakannya, Anda cukup menuangkannya pada bumbu marinade begitu saja.

  • Untuk ditumis
Kecap asin Jepang dapat meningkatkan rasa tumisan berkat ketahanannya pada suhu tinggi. Rasa kecap pun tidak akan berubah. Anda bisa menggunakannya untuk menumis sayuran, mi goreng, atau nasi goreng.

  • Untuk sup
Hidangan berkuah seperti sup akan lebih nikmat jika diberi tambahan kecap asin Jepang. Namun, pastikan Anda menambahkan shoyu menjelang masakan matang supaya rasanya lebih kuat. Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkannya saat hidangan berkuah akan disantap.

Baca juga rekomendasi jenis kecap lainnya di sini

Selain kecap asin Jepang, masih ada beragam jenis kecap lain yang dapat membuat masakan Anda makin menggugah selera. Sebut saja kecap manis, kecap ikan, hingga kecap Inggris. Jika Anda penasaran dengan kenikmatan rasa setiap kecap tersebut, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Perpaduan rasa asin dan gurih membuat shoyu wajib dimiliki di dapur. Berkat rasa umaminya, produk ini dapat meningkatkan cita rasa masakan. Bukan hanya untuk penggemar masakan Jepang, pencinta masakan lokal juga harus menstok kecap ini.


Namun, pastikan Anda memilih tipe shoyu sesuai dengan preferensi rasa, ya. Periksa juga komposisi bahan bakunya, terutama bila Anda mencari kecap asin Jepang yang halal. Semoga artikel kami kali ini bermanfaat untuk Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Bumbu Balado Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bumbu Balado Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cita rasa bumbu balado yang pedas gurih banyak diminati orang Indonesia. Tak heran bila masakan berbumbu balado laris di pasaran. Bumbu balado instan merupakan pilihan tepat jika Anda tak ingin repot mengolah bahan-bahan di dapur. Namun, banyaknya produk yang tersedia mungkin membuat Anda bingung menemukan bumbu balado instan yang enak. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih bumbu balado instan terbaik. Ada bumbu balado instan bubuk, ada yang berbentuk pasta. Kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi bumbu balado dari sejumlah merek yang bagus, seperti Desaku, Antaka, dan Indofood. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori