• 6 Rekomendasi Film Horor Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 6 Rekomendasi Film Horor Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 6 Rekomendasi Film Horor Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 6 Rekomendasi Film Horor Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 6 Rekomendasi Film Horor Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

6 Rekomendasi Film Horor Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tidaklah mengejutkan apabila film horor Asia dinilai dapat berbicara banyak di pasar film dunia. Salah satu yang patut diperhitungkan adalah film horor Jepang. Negeri Sakura ini telah banyak memproduksi film horor yang sangat menyeramkan. Tema yang diangkat pun beragam, ada yang berdasarkan kisah nyata, permainan hidup mati, monster, dan sebagainya.

Kali ini, kami akan merekomendasikan film horor Jepang terbaik untuk Anda. Mulai dari Homunculus, Ju-On, hingga Tokyo Ghoul, akan kami ulas semua. Film yang kami rekomendasikan tersedia dalam platform streaming kesayangan Anda. Simak bahasannya di bawah ini, ya! 

  • Pembaharuan terakhir: 24 Desember 2021
Daftar isi

Cara memilih film horor Jepang

Saat mencari film untuk masuk ke watch list, mungkin Anda baru menyadari ada banyak macam film horor Jepang. Kali ini, kami akan memberikan Anda tips memilih film horor Jepang. Simak poin-poin berikut sebelum merasakan kengeriannya!

Pilih berdasarkan subgenrenya

Film horor Jepang, atau yang biasa disebut dengan J-horror, memiliki berbagai macam subgenre yang bervariasi. Tidak hanya menampilkan sosok seram, J-horror juga dikenal dengan suasana ngeri yang tercipta di sepanjang film. Kami merangkumnya dalam beberapa jenis subgenre yang dapat menjadi pilihan Anda.

Horor thriller, tantang diri Anda dengan tontonan yang menegangkan

Horor thriller, tantang diri Anda dengan tontonan yang menegangkan

Banyak orang mengira bahwa film horor dan thriller adalah sama. Faktanya, keduanya merupakan genre film yang berbeda. Film horor lebih mengutamakan unsur menakutkan yang membuat Anda merinding, sedangkan film thriller berupaya membuat Anda tegang di sepanjang film. Lalu, bagaimana bila kedua jenis tersebut diracik ke dalam satu film?


Genre horor thriller tidak hanya membuat Anda ketakutan, tetapi juga membuat Anda cemas dan gelisah karena suasana yang dibangun sepanjang film. Dibutuhkan penulisan cerita yang apik dan sutradara yang mumpuni agar film gabungan kedua genre tersebut menjadi seru dan menarik. Salah satu film horor thriller Jepang yang legendaris adalah Ringu.

Horor psikologis, tetap merinding walau minim jumpscare

Horor psikologis, tetap merinding walau minim jumpscare

Tidak semua film horor harus melulu menampilkan jumpscare demi membuat penontonnya takut. Film dengan subgenre horor psikologis sukses membuktikan hal tersebut. Horor psikologis adalah subgenre yang fokus membuat kondisi mental, emosi, dan psikologis penontonnya tidak nyaman. Biasanya, horor psikologis memainkan rasa empati penonton dengan penceritaan tentang sisi gelap manusia yang menakutkan dan disturbing.


Film horor psikologis erat kaitannya dengan efek-efek suara yang membuat tak nyaman. Oleh karenanya, Anda dapat merasa ngeri dan merinding walaupun tidak ada sosok hantu yang ditampilkan. Salah satu film horor psikologis Jepang yang terkenal adalah Suicide Club.

Slasher horor, pacu adrenalin dengan layar penuh darah

Slasher horor, pacu adrenalin dengan layar penuh darah

Subgenre slasher horror adalah salah satu subgenre menarik yang juga banyak diminati oleh penggemar film horor Jepang. Subgenre ini berfokus pada adegan pembunuhan dan pembantaian. Biasanya, ada antagonis utamanya adalah seorang psikopat yang meneror tokoh lain dalam film. Tak jarang pula adegan berdarah-darah ditunjukkan yang bisa membuat Anda jijik.


Adegan dalam film slasher horror sebaiknya jangan ditonton saat makan. Hal ini karena banyak adegan mutilasi atau pembunuhan sadis yang membuat Anda tidak bernafsu menghabiskan makanan Anda. Namun, teror yang disuguhkan di dalam film dapat memacu adrenalin bagi Anda yang kuat menahan takut. 

Subgenre lain yang tak kalah menakutkan

Subgenre lain yang tak kalah menakutkan

Selain tiga subgenre yang disebut sebelumnya, masih ada banyak subgenre yang tak kalah menakutkan. Beberapa diantaranya adalah occult horror, body horror, dan zombie. 


Occult horror menekankan sesuatu yang mistis dan supernatural dari sebuah ritual atau kepercayaan tertentu. Body horror adalah subgenre yang berfokus tentang perlakuan aneh pada tubuh yang menyebabkan anatomi tubuh tersebut menjadi tidak normal. Sementara itu, horror zombie adalah subgenre yang menceritakan serangan mayat hidup karena suatu penyebab tertentu.

Pertimbangkan tahun rilisnya

Pertimbangkan tahun rilisnya

Jika Anda salah satu penikmat film dari segi teknisnya, Anda perlu mempertimbangkan tahun rilis film. Film-film modern biasanya memiliki efek dan teknis yang baik. Hal ini cocok bila Anda mencari horor yang jumpscare-nya maksimal dengan perwujudan antagonis yang sangat seram.


Namun, bila Anda tertarik dengan penulisan cerita yang orisinal, film-film horor Jepang klasik dapat menjadi pilihan Anda. Dengan efek yang tidak sebaik horor modern, horor klasik tetap memberikan suasana seram dengan kedalaman cerita dan set apiknya.

Ketahui tema yang diangkat

Layaknya film genre lain, film horor juga memiliki beberapa tema khusus yang diangkat yang dapat Anda pertimbangkan. Dua di antaranya adalah sebagai berikut.

Berdasarkan kisah nyata, bikin bulu kuduk berdiri karena sungguh-sungguh terjadi

Berdasarkan kisah nyata, bikin bulu kuduk berdiri karena sungguh-sungguh terjadi

Film horor yang terinspirasi dari kisah nyata memang selalu sukses membuat merinding. Meski tidak semua hal yang ditampilkan dalam film adalah kisah nyata, biasanya ada kejadian nyata yang menjadi inspirasi utama film itu dibuat. Film based on a true story juga dapat membawa kita untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana peristiwa tersebut diselesaikan.

Adaptasi anime dan manga

Jepang memang terkenal sebagai kreator anime dan manga. Salah satunya adalah anime dan manga horor. Terdapat beberapa judul manga horor yang banyak digemari. Oleh sebab itu, tak sedikit juga film horor Jepang yang diadaptasi dari anime dan manga. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan visualisasi dari manga yang Anda baca.

Serial horor juga tidak kalah menakutkan!

Serial horor juga tidak kalah menakutkan!

Jika Anda menginginkan cerita yang lebih mendalam pada karakter ataupun kejadiannya, serial horor bisa menjadi pilihan. Rangkaian episode yang ditayangkan dapat membawa Anda lebih larut pada cerita dan alurnya. Anda juga bisa lebih puas menikmati alurnya dengan cerita yang panjang. Dengan begini, Anda bisa menjadi lebih mengenal karakter yang berperan pada seri tersebut. 


Selain serial horor, anime horor juga dapat Anda nikmati di layanan streaming favorit Anda. Meskipun berbentuk animasi, anime horor tetap dapat memberikan suasana seram yang mencekam. Anime juga biasanya memiliki subgenre yang lebih beragam, salah satu contohnya adalah fantasi. Dengan demikian Anda dapat menikmati berbagai macam cerita yang unik dan menarik.

6 Rekomendasi film horor Jepang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan enam film horor Jepang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Film-film ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Urutannya kami tentukan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

6
GenreHorror, thriller, psychological
Kategori usia18+
Tahun rilis2021
Pemeran utamaGo Ayano, Ryo Narita, Yukno Kishii
Durasi116 menit
Rating IMDb5,6 dari 10
5
GenreHorror, Thriller
Kategori usia16+
Tahun rilis2013
Pemeran utamaKeiko Kitagawa, Kyoko Fukada, Kengo Kora
Durasi110 menit
Rating IMDb5,6 dari 10
4

Happinet(l)The Inerasable

GenreHorror
Kategori usiaPG-13
Tahun rilis2015
Pemeran utamaMansaku Fuwa, Ai Hashimoto, Ichiro Hashimoto
Durasi107 menit
Rating IMDb5,9 dari 10
3

NBC Universal TelevisionJu-on: Origins

GenreHorror, Drama, Mystery
Kategori usia18+
Tahun rilis2020
Pemeran utamaYoshiyoshi Arakawa, Yuina Kuroshima, Seiko Iwaido
Durasi30 menit/eps - 6 episode
Rating IMDb6,1 dari 10
2
GenreHorror, thriller
Kategori usia18+
Tahun rilis2018
Pemeran utamaNatsuki Hanae, Sora Amamiya, Kana Hanazawa
Durasi24 menit/eps - 36 episode
Rating IMDb7,8 dari 10
1

D. N. Dream PartnersDeath Note

GenreHorror, Thriller
Kategori usia16+
Tahun rilis2006
Pemeran utamaMamoru Miyano, Brad Swaile, Vincent Tong
Durasi24 menit/eps - 37 episode
Rating IMDb9,0 dari 10

Tabel perbandingan film horror Jepang terbaik

Gambar produk
1
D. N. Dream Partners Death Note 1

D. N. Dream Partners

2
Pierrot Tokyo Ghoul 1

Pierrot

3
NBC Universal Television Ju-on: Origins 1

NBC Universal Television

4
Happinet(l) The Inerasable 1

Happinet(l)

5
Tokyo MX Roomate 1

Tokyo MX

6
Booster Project Homunculus 1

Booster Project

Nama produk

Death Note

Tokyo Ghoul

Ju-on: Origins

The Inerasable

Roomate

Homunculus

Keunggulan

Bagaimana jika hidup mati seseorang berada di tangan Anda?

Grafis menarik dengan scene penuh darah! Are you ready?

Telusuri asal usul hantu mengerikan di versi filmnya!

Sangat menyeramkan, meski minim jumpscare

Ketika sahabat yang manis menampilkan sisi gelapnya

Dunia tak lagi sama setelah membuka indera keenam

GenreHorror, ThrillerHorror, thrillerHorror, Drama, MysteryHorrorHorror, ThrillerHorror, thriller, psychological
Kategori usia16+18+18+PG-1316+18+
Tahun rilis200620182020201520132021
Pemeran utamaMamoru Miyano, Brad Swaile, Vincent TongNatsuki Hanae, Sora Amamiya, Kana HanazawaYoshiyoshi Arakawa, Yuina Kuroshima, Seiko IwaidoMansaku Fuwa, Ai Hashimoto, Ichiro HashimotoKeiko Kitagawa, Kyoko Fukada, Kengo KoraGo Ayano, Ryo Narita, Yukno Kishii
Durasi24 menit/eps - 37 episode24 menit/eps - 36 episode30 menit/eps - 6 episode107 menit110 menit116 menit
Rating IMDb9,0 dari 107,8 dari 106,1 dari 105,9 dari 105,6 dari 105,6 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film menegangkan lainnya di sini

Bagi para pecandu adrenalin, menonton film horor menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Untuk menemani akhir pekan dan waktu luang Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi film menegangkan lainnya yang layak Anda baca. Klik tautan di bawah ini dan pilhlah film terbaik untuk menemani me-time Anda atau untuk ditonton bersama.

Kesimpulan

Film horor Jepang dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk menikmati tontonan horor berkualitas. Beberapa film horor Jepang bahkan sudah tersedia di layanan streaming kesayangan Anda. Pertimbangkan beberapa cara memilih yang telah kami rangkum agar Anda dapat menonton film horor dengan puas. Perhatikan subgenre, tahun rilis, dan tema yang diangkat agar pengalaman menonton Anda lebih maksimal. Selamat menonton!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menonton drama merupakan salah satu cara mengisi waktu luang saat harus di rumah saja. Salah satu yang dapat disaksikan adalah drama China yang banyak ditayangkan di layanan streaming global. Selain genre yang beragam, cerita yang tidak biasa juga menjadi pilihan banyak orang menonton drama China.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi drama China yang bagus untuk Anda. Kami akan merekomendasikan beberapa genre seperti drama romantis, drama kerajaan, atau pun drama dengan tampilan modern untuk Anda. Jadi, apabila Anda sedang bosan dan kehabisan tontonan, ikuti kami, ya!
    Film
  • 9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki King of Bollywood, Shahrukh Khan memang layak menjadi ikon industri perfilman India. Kemampuan aktingnya tak diragukan lagi. Sederet judul film dari berbagai genre mencantumkan namanya sebagai pemeran utama. Sebut saja Kabhi Khushi Kabhi Gham, Don, Kal Ho Naa Ho, dan masih banyak lagi.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih film Shahrukh Khan yang bagus. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi film Shahrukh Khan terbaik dari beragam genre. Film-film pilihan tersebut dapat Anda tonton melalui streaming legal Netflix. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran, bila dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film yang bisa membuat penonton terhanyut dalam suasana sedih, gembira, tegang, bahkan marah, tentu menarik untuk diikuti. Nah, salah satu genre yang menyuguhkan paket komplet tersebut adalah film petualangan atau adventure. Genre ini cocok ditonton bersama keluarga karena cerita dari sebagian film petualangan dibuat ramah untuk anak.Di antara sekian banyak film petualangan, ada beberapa film yang recommended dan sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, kami akan membahas cara memilih film petualangan terbaik dan merekomendasikan sepuluh film yang bagus untuk Anda tonton. Simak terus pembahasannya dan pilihlah film yang Anda suka!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film perang identik dengan ketegangan aksi dan drama kemanusiaan. Kisahnya kerap menyayat hati sekaligus penuh gelora berkat semangat patriotik yang diusungnya. Alhasil, menonton film perang kerap menimbulkan perasaan yang campur-aduk.Ada banyak film perang yang bagus dan juga layak ditonton. Nah, kami akan menyajikan cara memilih diikuti rekomendasi film perang terbaik, seperti Inglourious Basterds, The King, serta Jojo Rabbit. Anda bisa menikmati film-film tersebut di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Silakan pilih film kesukaan Anda, tentunya dengan mempertimbangkan cara memilih di bawah ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Netflix Original Series Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Netflix Original Series Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mencari tontonan berkualitas untuk akhir pekan atau di sela-sela kesibukan? Jawabannya adalah Netflix original series. Selain bermutu, pilihannya juga beragam. Anda bisa memilih series Lupin, Stranger Things, dan lainnya. Mulai dari komedi, aksi, fantasi, horor, sampai romance, semuanya ada. Bahkan, drama Korea juga bisa Anda nikmati.Tidak perlu bingung menentukan, kami akan memandu Anda memilih series yang sesuai preferensi. Rekomendasi beserta ulasannya juga sudah kami siapkan, lho. Ada yang bisa Anda tonton sendiri, ada yang lebih seru jika dinikmati ramai-ramai. Baca artikel ini sampai tuntas untuk menemukan Netflix series terbaik!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori