• 10 Pedal Sepeda MTB Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pedal Sepeda MTB Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pedal Sepeda MTB Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pedal Sepeda MTB Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pedal Sepeda MTB Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pedal Sepeda MTB Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)

Pedal merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai tumpuan kaki untuk menggerakkan sepeda. Dengan pemilihan pedal yang tepat, penyaluran tenaga ke sistem penggerak menjadi lebih efisien. Beberapa jenis material pada pedal sepeda yang bagus dibuat khusus mengikuti kebutuhan pengendaranya. 


Dari pedal di pasaran, baik pedal plastik, logam, aluminium, maupun karbon, manakah yang terbaik untuk sepeda MTB Anda? Karena itu, kami akan membagikan rekomendasi pedal MTB dari berbagai merek, seperti Shimano atau Litepro. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nasirullah Sitam
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cycling vlogger, Nasirullah Sitam

Profil pakar: Cycling vlogger, Nasirullah Sitam
Nasirullah Sitam
Cycling vlogger
Nasirullah Sitam

Nasirullah Sitam memiliki profesi sebagai tenaga kependidikan di salah satu universitas di Yogyakarta. Ia mempunyai hobi bersepeda setiap akhir pekan. Kebiasaan bersepeda menjadikan Sitam paham dengan berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas bersepeda, terutama untuk pemula. Anda bisa menyapa Sitam di Instagram-nya. Ia juga rutin meng-update kanal YouTube-nya untuk mengunggah vlog bersepeda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pedal sepeda MTB

Terdapat beragam jenis pedal sepeda MTB yang ada di pasaran. Agar tidak salah memilih pedal yang cocok untuk sepeda MTB Anda, perhatikan beberapa poin pentingnya berikut ini.

Tentukan berdasarkan jenis pedal sepeda

Memilih pedal sepeda MTB tidak bisa sembarangan, Anda perlu memahami medan seperti apa yang akan ditempuh. Hal ini akan menentukan pedal seperti apa yang paling cocok untuk digunakan demi menunjang perjalanan bersepeda Anda.

Flat pedal, memberikan fleksibilitas dalam bersepeda

Flat pedal, memberikan fleksibilitas dalam bersepeda

Salah satu pedal sepeda MTB yang umum digunakan adalah flat pedal. Pedal ini memiliki bentuk sederhana yang memudahkan Anda berkendara. Beberapa keunggulan flat pedal di antaranya adalah seperti berikut ini.


  • Baik digunakan untuk pengendara pemula: Untuk Anda yang sedang belajar mengendarai sepeda, flat pedal bisa membantu Anda mengendarai segala jenis sepeda termasuk sepeda MTB. Anda tidak perlu menyiapkan sepatu tertentu untuk dapat menggunakan flat pedal ini. Pedal jenis ini juga tidak mengharuskan penggunanya memiliki keahlian khusus. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah melakukan aktivitas bersepeda.


  • Bebas melakukan trik dalam bersepeda: Anda bisa melakukan banyak akrobat sepeda dengan menggunakan flat pedal. Pedal jenis ini tidak akan mengganggu pergerakan Anda ketika sedang melakukan berbagai trik dengan sepeda.


  • Cocok digunakan berkendara menuruni lereng dan bukit: Flat pedal memiliki sifat yang praktis dan fleksibel. Permukaan pedal yang luas menjaga pijakan kaki agar tidak licin. Selain itu, pedal ini memudahkan Anda bersepeda melintasi medan yang lembap, berlumpur, serta bebatuan yang terjal. Pedal ini juga memudahkan kaki Anda turun dari pedal ketika kondisi medan yang dilalui menyulitkan Anda.

Clipless pedal, meningkatkan efisiensi kayuhan

Clipless pedal, meningkatkan efisiensi kayuhan

Clipless pedal memiliki pengait antara sepatu dan pedal yang berfungsi mengontrol kaki agar tetap menempel pada pedal. Pengguna pedal jenis ini memerlukan latihan khusus agar terbiasa menggunakannya.


Perlu Anda ketahui, clipless pedal bukan aksesori yang wajib dimiliki tiap pesepeda. Hal ini terkait dengan keinginan tiap pesepeda sendiri. Meskipun begitu, clipless pedal memiliki beberapa kelebihan seperti di bawah ini.


  • Memberi kontrol penuh pada sepeda Anda: Dengan menggunakan clipless pedal, Anda dapat mengontrol penguasaan berkendara secara utuh sehingga memudahkan Anda berkendara. Anda bisa fokus mengontrol gerakan sepeda tanpa perlu memikirkan bagaimana agar kaki Anda tidak lepas dari pedal.


  • Pijakan kaki menjadi kuat: Teknik penguncian yang digunakan antara sepatu dan pedal membuat sepatu Anda dapat mencengkeram pedal lebih kuat. Sistem yang dihadirkan pada setiap clipless pedal ini akan membantu mempermudah gerakan bersepeda Anda.


  • Pilihan untuk gaya yang lebih efisien: Sistem yang dihasilkan dari clipless pedal bisa membuat gaya yang diberikan pengendara menjadi lebih efisien. Hal ini mengurangi kemungkinan Anda cepat lelah dan membuat gerakan bersepeda menjadi lebih mudah.

Pilih pedal sepeda dengan kualitas bahan yang bagus

Pilih pedal sepeda dengan kualitas bahan yang bagus

Langkah selanjutnya adalah memilih pedal berdasarkan kualitas bahannya. Komponen yang umum dipakai untuk pembuatan pedal adalah plastik, logam, aluminium, serta fiber.


  • Plastik: Pedal ini bisa dipilih untuk Anda yang bersepeda sehari-hari dalam jarak dekat. Harganya pun lebih terjangkau. Bahan plastik juga lebih mudah dicetak dan biasanya memiliki beragam varian warna. Perlu diketahui bahwa pedal ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada jalur yang ekstrem

  • Logam: Logam biasanya memiliki harga lebih tinggi dan bobot yang lebih berat dibandingkan dengan bahan plastik. Akan tetapi, material ini sangat cocok dipilih karena punya karakter yang kuat dan lebih tahan terhadap benturan ataupun gesekan

  • Aluminium: Aluminium juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pedal sepeda. Bahan ini terkenal ringan dan juga tangguh dipakai untuk bermacam-macam medan. Pedal yang terbuat dari aluminium pun terbukti awet karena sifatnya yang tahan terhadap korosi.

  • Fiber: Fiber merupakan bahan pedal sepeda yang paling ringan dan juga kokoh. Bahan ini mampu menyalurkan energi pengendara dengan lebih efektif sehingga cocok untuk bersepeda jarak jauh dengan nyaman. Jika Anda tidak bermasalah dengan budget, fiber merupakan material yang sangat direkomendasikan untuk Anda pilih.

Cari pedal dengan bobot yang ringan

Cari pedal dengan bobot yang ringan

Selanjutnya, Anda bisa mengutamakan untuk memilih pedal yang ringan. Dengan bobot pedal yang ringan, energi yang Anda keluarkan dapat didistribuskan lebih maksimal. Dengan demikian, Anda dapat bersepeda dengan leluasa tanpa khawatir kelelahan. 


Umumnya, bobot dari sepasang pedal sepeda adalah antara 300500 gram. Ukuran berat pedal ini berlaku untuk semua jenis pedal dengan macam-macam bahannya. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik bobot pedal yang akan digunakan agar dapat mempermudah gerak awalan Anda.


Selain memilih pedal yang ringan, Anda juga harus memperhatikan kualitas pedal tersebut. Jika sepeda digunakan setiap hari, utamakan kualitas pedal tersebut agar dapat digunakan lebih lama.

Periksa juga ukuran pedal

Periksa juga ukuran pedal

Setelah memeriksa jenis, bahan, dan bobotnya, kini saatnya Anda memeriksa ukuran pedal MTB Anda. Untuk memudahkan Anda menyesuaikan posisi kaki, pedal dengan ukuran yang besar bisa dipilih. Selain itu, ukuran yang besar juga memaksimalkan kekuatan benturan saat Anda drop-off atau landing jump. 


Namun, pedal MTB tetap memiliki batasan ukuran sendiri. Karena itu, tetap utamakan ukuran pedal yang sesuai dengan sepatu sepeda Anda. Ukuran pedal yang tepat akan memberikan kenyamanan pada posisi kaki pengendara.

10 Rekomendasi pedal sepeda MTB terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pedal sepeda MTB terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nasirullah Sitam.

10

Wheel Up Flat Pedal Carbon 3 Bearing

RX02

Mulai dari Rp 325.000,00

Berat287 g
Ukuran8,5 cm x 10 cm x 2 cm
MaterialAluminium alloy, carbon fiber tube
JenisFlat pedal
9
Berat343 g
UkuranTidak diketahui
MaterialAluminium alloy
JenisClipless pedal
8
Berat500 g
Ukuran9 cm x 9 cm
MaterialAluminium alloy, plastic
JenisFlat pedal
7
Berat308 g
Ukuran12,5 cm x 10,5 cm x 1,5 cm
MaterialAluminium alloy, steel
JenisFlat pedal
6
Berat277 g
Ukuran10,5 cm x 8,5 cm x 1,8 cm
MaterialAluminium alloy foot body, chromium molybdenum steel axis, bearing
JenisFlat pedal
5

PromendPedal Sepeda Aluminium Alloy

PD-M29

Mulai dari Rp 90.000,00

Berat310 g
Ukuran12,3 cm x 10 cm x 1,8 cm
MaterialAluminium alloy, chrome molybdenum steel core
JenisFlat pedal
4

PromendPedal Sepeda DU Bearing Aluminium Alloy

PD-R27

Mulai dari Rp 60.000,00

Berat310 g
Ukuran12,3 cm x 10 cm x 1,8 cm
MaterialAlumunium alloy body, chrome molybdenum steel core
JenisFlat pedal
3
Berat250 g
Ukuran10 cm x 10 cm
MaterialAluminium alloy
JenisFlat pedal
2
Berat500 g
Ukuran10 cm x 10,5 cm
MaterialAluminium alloy
JenisFlat pedal
1

LiteproK3 Aluminum Alloy Pedal

Mulai dari Rp 144.000,00

Berat228 g
Ukuran11,15 cm x 6,2 cm
MaterialAluminium alloy body, sanding steel spindle
JenisFlat pedal

Tabel perbandingan produk pedal sepeda MTB terbaik

Gambar produk
1
Litepro K3 Aluminum Alloy Pedal 1

Litepro

2
United Raze  1

United

3
United Raze Rough  1

United

4
Promend Pedal Sepeda DU Bearing Aluminium Alloy 1

Promend

5
Promend Pedal Sepeda Aluminium Alloy 1

Promend

6
GUB  MTB Road Bike Pedals 1

GUB

7
Rockbros 2017-12E 1

Rockbros

8
Polygon Pedal Flat MTB Monarch 1

Polygon

9
Shimano Shimano Deore XT 1

Shimano

10
Wheel Up  Flat Pedal Carbon 3 Bearing 1

Wheel Up

Nama produk

K3 Aluminum Alloy Pedal

Raze

Raze Rough

Pedal Sepeda DU Bearing Aluminium Alloy

Pedal Sepeda Aluminium Alloy

MTB Road Bike Pedals

2017-12E

Pedal Flat MTB Monarch

Shimano Deore XT

Flat Pedal Carbon 3 Bearing

Keunggulan

Praktis dan fleksibel dengan banyak pilihan warna

Ampuh untuk menempuh jarak yang jauh

Dengan lubang ulir yang besar, cocok untuk segala jenis sepeda

Permukaan pedal lebar dengan desain yang antiselip

Tangguh untuk medan yang berat

Dibuat dengan teknologi unggulan untuk kenyamanan bersepeda

Pijakan lebih lebar, less effort, better support!

Pilihan pedal berkualitas dengan harga terjangkau

Paling pas untuk off-road berkat adanya sistem pembersihan lumpur

Bentuk yang ramping dan ringan, pas untuk pemula

Harga mulai dariRp 144.000,00Rp 245.000,00Rp 126.600,00Rp 60.000,00Rp 90.000,00Rp 145.000,00Rp 250.000,00Rp 34.000,00Rp 1.200.000,00Rp 325.000,00
Berat228 g500 g250 g310 g310 g277 g308 g500 g343 g287 g
Ukuran11,15 cm x 6,2 cm10 cm x 10,5 cm10 cm x 10 cm12,3 cm x 10 cm x 1,8 cm12,3 cm x 10 cm x 1,8 cm10,5 cm x 8,5 cm x 1,8 cm12,5 cm x 10,5 cm x 1,5 cm9 cm x 9 cmTidak diketahui8,5 cm x 10 cm x 2 cm
MaterialAluminium alloy body, sanding steel spindleAluminium alloyAluminium alloyAlumunium alloy body, chrome molybdenum steel coreAluminium alloy, chrome molybdenum steel coreAluminium alloy foot body, chromium molybdenum steel axis, bearingAluminium alloy, steelAluminium alloy, plasticAluminium alloyAluminium alloy, carbon fiber tube
JenisFlat pedalFlat pedalFlat pedalFlat pedalFlat pedalFlat pedalFlat pedalFlat pedalClipless pedalFlat pedal
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pelengkap sepeda MTB lainnya di sini

Tidak hanya pedal, Anda pasti juga membutuhkan helm saat mengendarai sepeda MTB Anda. Jika Anda penasaran dengan informasi lebih lengkapnya, silakan simak artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Pedal sepeda merupakan salah satu komponen kecil yang memiliki fungsi penting untuk sepeda. Untuk dapat memilih pedal yang baik, Anda perlu menentukan jenis medan apa yang akan Anda tempuh. 


Anda bisa memilih antara flat pedal yang membuat gerakan lebih fleksibel atau clipless pedal yang membuat gerakan lebih efisien. Keduanya memiliki fungsi dan tingkat kenyamanan masing-masing. Maka dari itu, tentukan pilihan sesuai kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti Polygon, Pacific, United, Thrill, dan lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih, serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik dan murah untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Langsung scroll down, yuk!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Topi Sepeda (Cycling Cap) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Sepeda (Cycling Cap) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi sepeda atau cycling cap sangat populer di antara para road biker. Disebut demikian karena para pegiatnya bersepeda di jalan raya, bukan sepeda statis seperti di gym. Penggunaan cycling cap akan mencegah keringat mengalir ke wajah Anda. Berbagai merek dijual, tetapi merek RockBros dan Santic adalah beberapa contoh topi sepeda terbaik dan populer di pasaran.Penggunaan cycling cap memang tak terlalu terlihat karena digunakan di bawah helm, tetapi pastinya akan bermanfaat. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi cycling cap yang bagus untuk Anda. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jaket dapat melindungi Anda dari angin dan dinginnya udara ketika bersepeda. Jaket sepeda yang memiliki keunggulan windbreaker dan waterproof dapat menjaga tubuh Anda tetap kering dan hangat. Kini, terdapat banyak desain jaket sepeda yang bagus di pasaran. Sudah tahukah Anda jaket mana yang sesuai dengan kebutuhan?Kali ini kami akan membantu Anda memilih jaket sepeda terbaik dengan memberikan tips-tipsnya. Tak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan jaket dengan mempertimbangkan review pada marketplace. Sejumlah merek terkenal, seperti Ereste269, Rockbros, dan Screamous pun ada, lho. Temukan jaket yang akan membuat bersepeda makin nyaman!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sarung tangan merupakan item terpenting yang diperlukan untuk kenyamanan bersepeda. Tak hanya meningkatkan daya cengkeram, sarung tangan juga diperlukan untuk mengurangi daya gesek yang ditimbulkan. Namun, banyaknya jenis sarung tangan tentunya akan membuat Anda bingung memilih. Ada sarung tangan road bike, MTB, serta sarung tangan dari berbagai material yang berbeda. Karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih sarung tangan sepeda yang bagus. Kami juga akan memperkenalkan produk merek DexShell, Shimano, RockBros, Decathlon, dan sebagainya. Agar tidak menyita waktu lebih lama, langsung saja simak penjelasan kami!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    BMX merupakan jenis sepeda yang cukup populer di kalangan anak muda. Selain digunakan untuk aktivitas harian, sepeda BMX juga digunakan dalam kegiatan olahraga. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan sepeda BMX, tentu akan sulit mengetahui jenis-jenis sepeda BMX yang ada di pasaran.Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih sepeda BMX terbaik untuk dewasa dan anak-anak. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi sepeda BMX yang bagus untuk Anda. Sepeda BMX terbaik di Indonesia merek Polygon, Pacific, United, dan sebagainya akan kami ulas dalam artikel ini.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Tempat Minum Sepeda Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Minum Sepeda Terbaik untuk Road Bike (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup menguras keringat. Untuk mencegah dehidrasi, Anda sebaiknya memasang tempat botol minum sepeda atau yang biasanya disebut dengan bottle cage. Anda bisa memasangnya di down tube, seat tube, atau setang sepeda.Dengan membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi seputar bottle cage terbaik untuk road bike. Ada tempat minum sepeda yang bagus merek ROCKBROS, TaffSPORT, Elite, dan sebagainya yang cocok untuk road bike. Kami juga akan menjelaskan cara memilih bottle cage sesuai kebutuhan. Selamat membaca dan temukanlah bottle cage terbaik untuk Anda!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike yang bagus, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Sadel Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sadel Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Sadel sepeda adalah bagian yang digunakan untuk duduk dan biasanya bertekstur empuk. Semua sadel sepeda terlihat sama. Namun, jika diperhatikan secara mendetail, ada perbedaan di antara sadel sepeda lipat, touring, balap, MTB, dan road bike. Perbedaan antara sadel-sadel tersebut memang tidak kentara. Karena itu, kami membuat pembahasan tips memilih sadel sepeda yang bagus supaya Anda tidak salah memilih. Anda juga dapat melihat rekomendasi sadel sepeda yang empuk dan nyaman, serta lebar dari merek Polygon, Velo, dan Brooks. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto.
    Sepeda
  • 10 Celana Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Celana Sepeda Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Celana sepeda merupakan salah satu perlengkapan penting bagi pesepeda. Celana sepeda sangat beragam. Ada yang memiliki potongan pendek dengan tambahan suspender (short bib), tiga perempat, dan ada juga yang seperti celana biasa. Selain itu, Anda mungkin akan menemukan celana sepeda MTB yang lebih longgar dibandingkan celana sepeda road bike.Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjabarkan poin-poin yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih celana sepeda. Setelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh celana sepeda yang bagus dari merek adidas, Eiger, dan Shimano. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Onthel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tua-tua keladi! Mungkin itulah ungkapan yang bisa disematkan pada sepeda onthel. Sepeda ini mulai digunakan sejak zaman Hindia Belanda oleh para bangsawan saat itu. Meskipun terbilang klasik dan kuno, hingga kini peminatnya masih ada dan terus bertambah. Ingin membeli sepeda onthel pertama Anda? Untuk membantu Anda, kami akan mengulas sepeda onthel pada artikel kali ini. Merek sepeda onthel yang bagus, seperti Philips, Phoenix, Raleigh, Gazelle, Jengki, hingga Fongers akan kami bahas di sini. Cara memilih sepeda antik satu ini pun akan kami ulas untuk Anda. Simak selengkapnya di artikel ini!
    Sepeda
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merek sepeda listrik buatan lokal ataupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Kami juga merekomendasikan sepuluh merek sepeda listrik terbaik, misalnya Uwinfly, Volta, dan Xiaomi, lengkap dengan harganya. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain sepeda merupakan salah satu cara untuk mengasah keterampilan motorik serta koordinasi beberapa kelompok otot anak. Sepeda roda tiga adalah alternatif yang bisa dipilih. Dari sekian banyak produk di pasaran, Anda mungkin bingung dalam memilih sepeda yang tepat untuk si kecil.Karena itu, kami akan membagikan tips memilih sepeda roda tiga terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek sepeda roda tiga yang bagus, seperti Family, Exotic, dan Pacific. Anda bisa menemukan sepeda untuk bayi, anak usia 1 tahun, dan sebagainya. Berikan produk yang pas untuk anak Anda!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike yang bagus, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda adalah cara yang bagus untuk beraktivitas di luar rumah dan menikmati udara segar. Nah, jika Anda menyukai sepeda dengan gaya simpel, sepeda fixie adalah pilihan yang pas. Bentuknya yang ramping dan bobotnya yang ringan membuat sepeda ini banyak diminati oleh kalangan muda. Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, Anda perlu menyimak beberapa tips yang akan kami berikan dalam artikel ini. Kami juga akan mengulas enam merek sepeda fixie terkeren, seperti sepeda fixie United dan Litus. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    BMX merupakan jenis sepeda yang cukup populer di kalangan anak muda. Selain digunakan untuk aktivitas harian, sepeda BMX juga digunakan dalam kegiatan olahraga. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan sepeda BMX, tentu akan sulit mengetahui jenis-jenis sepeda BMX yang ada di pasaran.Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih sepeda BMX terbaik untuk dewasa dan anak-anak. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi sepeda BMX yang bagus untuk Anda. Sepeda BMX terbaik di Indonesia merek Polygon, Pacific, United, dan sebagainya akan kami ulas dalam artikel ini.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Minum Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda jarak jauh merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Pada saat itu, botol minum merupakan salah satu perlengkapan penting yang biasa dibawa untuk memastikan Anda tetap terhidrasi. Sekarang, di pasaran telah tersedia berbagai ukuran, fungsi, dan jenis botol minum sepeda. Anda dapat menemui botol minum road bike atau botol minum sepeda gunung.Nah, kami akan membahas poin yang harus diperhatikan dalam memilih botol minum sepeda yang bagus. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaik dari merek ternama. Ada produk dari merek HAPPYFIT, adidas, dan EIGER. Mari simak artikel ini!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori