• 10 Rekomendasi Bonsai Beringin Dolar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bonsai Beringin Dolar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bonsai Beringin Dolar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bonsai Beringin Dolar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bonsai Beringin Dolar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bonsai Beringin Dolar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bonsai adalah sejenis tanaman kerdil yang ditanam di dalam pot dan dibentuk membentuk sebuah model nan unik dan eksotis. Salah satu tanaman yang bisa dibuat menjadi bonsai adalah beringin dolar. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman hias kelas premium sehingga dipercaya dapat mengangkat gengsi sekaligus membawa keberuntungan.

 
Apakah Anda tertarik untuk memiliki bonsai beringin dolar? Nah, di artikel ini kami akan mengulas berbagai macam bonsai beringin dolar. Ada bonsai kimeng program biji hingga bonsai beringin dolar mangkok. Namun, sebelum Anda membelinya, ketahui dahulu cara memilih bonsai beringin dolar yang bagus, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu bonsai beringin dolar?

Apa itu bonsai beringin dolar?

Beringin dolar (Ficus microcarpa) adalah tanaman yang masih satu keluarga dengan beringin pada umumnya. Beringin dolar sering disebut pohon kimeng dan biasa tumbuh di pinggir jalan. Perbedaan paling mencolok antara beringin biasa dengan beringin dolar adalah daunnya. Beringin biasa berdaun lonjong dan lancip, sedangkan beringin dolar berdaun bulat. Ciri lain dari beringin dolar adalah:


  • Memiliki batang dengan corak totol-totol putih.
  • Memiliki akar gantung yang lebat.
  • Memiliki akar penyangga yang tebal dan kuat.
  • Daun berwarna hijau cerah dan bulat mengilap.
  • Bisa tumbuh dengan sinar matahari penuh atau teduh.
  • Bisa dirawat di luar ruangan ataupun dalam ruangan.
  • Bisa tumbuh di dalam pot kecil atau tempat terbuka.

Pohon ini memang tumbuh subur di negara tropis, tetapi beringin dolar sebenarnya berasal dari Cina. Jadi, tak heran kalau tanaman ini mampu tumbuh di negara empat musim dan tempat bersuhu ekstrem. Beringin dolar mempunyai batang dan akar yang kuat, bahkan bisa merusak aspal dan beton. Hal inilah yang membuat beberapa negara melarang penanaman pohon ini di tepi jalan.


Walaupun demikian, Anda tetap bisa menikmati keindahan beringin dolar melalui versi kerdilnya (bonsai). Pertumbuhan akar serta batangnya dapat diarahkan untuk membentuk style bonsai yang indah. Makin unik bentuk bonsainya, nilai ekonomisnya makin tinggi. Maka dari itu, tidak heran jika memajang bonsai beringin dolar di rumah dapat memberikan kebanggaan tersendiri.

Cara memilih bonsai beringin dolar

Saat ini mungkin Anda tertarik untuk mengenal atau mungkin memiliki bonsai beringin dolar. Namun, Anda masih belum tahu bagaimana cara mendapatkan bonsai beringin dolar yang bagus? Nah, untuk itulah kami membuat tips memilih berikut ini. Yuk, simak setiap poinnya dengan saksama!

Pilih berdasarkan jenisnya

Bonsai beringin dolar yang dijual di pasaran terdiri dari dua jenis, yaitu bakalan bonsai dan pohon bonsai. Lantas, apa perbedaan keduanya dan mana yang sebaiknya dibeli?

Bakalan bonsai: Lebih terjangkau dan bisa dibentuk sesuai keinginan

Bakalan bonsai: Lebih terjangkau dan bisa dibentuk sesuai keinginan

Bakalan bonsai beringin dolar adalah tanaman beringin dolar yang masih berupa bibit atau hasil setek. Ukurannya bermacam-macam, mulai dari ukuran kecil (15 cm) dan ukuran besar (60 cm atau lebih). Membeli bakalan bonsai membuat Anda lebih leluasa untuk membentuknya sesuai keinginan. Anda bisa berkreasi membuat berbagai style bonsai


Namun, ada juga penjual yang sudah merangkai kawat pada batang bakal tanaman bonsai. Anda yang masih belum tahu bagaimana cara membentuk bonsai dapat mempertimbangkannya. Jadi, Anda hanya perlu merawatnya dengan baik.


Keuntungan lain dari membeli bakalan bonsai adalah harga dan biaya kirim lebih terjangkau. Pasalnya penjual hanya perlu meletakkan tanaman ke dalam polybag dan membungkusnya dengan plastik atau kertas. Hal tersebut membuat bobot tanaman tidak terlalu berat sehingga biaya kirimnya lebih terjangkau.

Pohon bonsai: Tidak perlu repot merangkai, pohon sudah terbentuk eksotis

Pohon bonsai: Tidak perlu repot merangkai, pohon sudah terbentuk eksotis

Kalau Anda tidak mau repot-repot merangkai bonsai dari awal, pohon bonsai yang sudah terbentuk dapat dipertimbangkan. Penjual biasanya sudah membentuknya menjadi style bonsai yang eksotis dan bermacam-macam. Ada yang akar serta batangnya terlihat tebal dan menggantung. Selain itu, ada juga pohon yang daunnya sudah dipangkas rapi dan rimbun.


Pohon bonsai yang sudah terbentuk memiliki harga jual lebih tinggi. Harga akan bertambah seiring dengan nilai seninya yang meningkat. Di pihak lain, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya pengiriman. Pohon bonsai cenderung lebih berat dan harus dikirim dengan packaging boks khusus.


Jika Anda memerlukan informasi mengenai bonsai lainnya, buka tautan di bawah ini, ya!

Cermati bentuk akar, daun, dan batangnya

Cermati bentuk akar, daun, dan batangnya

Apa pun pilihan Anda, baik itu bakalan bonsai maupun pohon bonsai, jangan lupa untuk mencermati akar, daun, dan batangnya. Bakalan bonsai yang bagus memiliki akar berserabut sebagai cikal pertumbuhan akar bonsai yang kokoh. Sementara itu, batangnya lebih tebal di bagian bawah dibandingkan bagian atas dan memiliki permukaan yang halus. 


Selain itu, perhatikan juga percabangannya. Pohon bonsai yang sehat adalah yang percabangannya bersilang dan tersebar merata ke seluruh pohon. Daunnya juga tidak boleh luput dari pengamatan. Pastikan daunnya berwarna hijau cerah, mengilap, serta tidak ada daun yang mengering, menguning, atau rontok.

Perhatikan juga ukurannya, ya!

Perhatikan juga ukurannya, ya!

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat akan membeli bonsai adalah ukurannya. Bonsai ukuran kecil cocok diletakkan di dalam rumah, misalnya di teras atau ruang tamu. Sementara itu, bonsai ukuran besar cocok diletakkan di halaman rumah.

 
Menurut klasifikasi dari Jepang, berikut ini macam-macam ukuran bonsai yang perlu Anda ketahui.

  • Shohin Bonsai (bonsai mini) yang di Indonesia sering dikenal dengan bonsai mame. Bonsai ini berukuran 5 cm hingga 15 atau 20 cm.
  • Komono Bonsai (bonsai kecil) berukuran 15–42 cm.
  • Chumono Bonsai (bonsai sedang) berukuran 41–75 cm.
  • Dai Bonsai (bonsai besar) berukuran di atas 76 cm.

Sebenarnya, hampir semua bakalan bonsai dapat dikembangkan menjadi bonsai ukuran apa saja. Hal ini tergantung bagaimana Anda melakukan perawatan dan juga pemangkasan. Bonsai yang sering dipangkas biasanya berukuran kecil karena hormon auksin yang dihasilkan tidak maksimal. Selain itu, besaran pot serta pemupukan juga mempengaruhi ukuran bonsai.

10 Rekomendasi bonsai beringin dolar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bonsai beringin dolar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Bonsai Mini Beringin Dolar

Mulai dari Rp 30.000,00

JenisPohon bonsai
UkuranTidak ada keterangan
9

Bonsai Ficus Elegan

Mulai dari Rp 150.000,00

JenisPohon bonsai
UkuranTidak ada keterangan
8
JenisPohon bonsai
UkuranTidak ada keterangan
7
JenisBakalan bonsai
Ukuran30–70 cm
6

Bonsai Kimeng Program Biji

Mulai dari Rp 300.000,00

JenisPohon bonsai
UkuranTidak ada keterangan
5
JenisBakalan bonsai
Ukuran15–25 cm
4
JenisBakalan bonsai
Ukuran10–15 cm
3
JenisBakalan bonsai
Ukuran15–25 cm
2

Bonsai Beringin Dolar

Mulai dari Rp 10.000,00

JenisBakalan bonsai
Ukuran15 cm
1
JenisBakalan bonsai
Ukuran40–50 cm

Tabel perbandingan produk bonsai beringin dolar terbaik

Gambar produk
1
Bonsai Beringin Dolar  1

2
Bonsai Beringin Dolar 1

3
Beringin Dolar 1

4
Beringin Dolar Mangkok 1

5
Bibit Beringin Dolar 1

6
Bonsai Kimeng Program Biji 1

7
Bonsai Bibit Beringin Dolar 1

8
Bonsai Kimeng Jadi 1

9
Bonsai Ficus Elegan 1

10
Bonsai Mini Beringin Dolar 1

Nama produk

Bonsai Beringin Dolar

Bonsai Beringin Dolar

Beringin Dolar

Beringin Dolar Mangkok

Bibit Beringin Dolar

Bonsai Kimeng Program Biji

Bonsai Bibit Beringin Dolar

Bonsai Kimeng Jadi

Bonsai Ficus Elegan

Bonsai Mini Beringin Dolar

Keunggulan

Buat bonsai air terjun atau bonsai akar gantung? Bisa!

Cabang dan perakarannya bagus, siap tumbuh dengan indah

Daun tetap hijau dan segar sekalipun dikirim jauh

Akar sudah berserabut, kokoh dan mudah dibentuk

Ukurannya mini, mudah ditanam oleh pemula

Bentuknya eksotis, buat rumah terlihat mewah

Siap dibentuk jadi bonsai beringin tinggi yang gagah

Percabangannya bagus dan merata ke seluruh batang

Model yang unik dan elegan untuk dipajang di taman

Praktis, kawat pengaturnya dapat dilepas pasang!

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 10.000,00Rp 7.500,00Rp 40.000,00Rp 15.000,00Rp 300.000,00Rp 27.500,00Rp 35.000,00Rp 150.000,00Rp 30.000,00
JenisBakalan bonsaiBakalan bonsaiBakalan bonsaiBakalan bonsaiBakalan bonsaiPohon bonsaiBakalan bonsaiPohon bonsaiPohon bonsaiPohon bonsai
Ukuran40–50 cm15 cm15–25 cm10–15 cm15–25 cmTidak ada keterangan30–70 cmTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Cara merawat bonsai beringin dolar

Cara merawat bonsai beringin dolar

Setelah membeli sebuah bonsai, pastikan Anda merawatnya dengan baik, ya! Jangan sampai bonsai pilihan Anda justru mati. Nah, untuk mencegah hal tersebut, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat sebuah bonsai.

 
  • Tanamlah bonsai di pot dangkal. Setelah itu, lakukan penyiraman rutin supaya tanah tetap lembap. Pastikan tanah tidak basah karena bisa meningkatkan tumbuhnya jamur penyebab akar membusuk. Karena itu, Anda harus memilih pot yang diberi lubang di bagian dasarnya.


  • Jemur bonsai di bawah sinar matahari langsung setiap hari. Saat bonsai dipindahkan ke pot, waktu penjemuran hanya 1–3 jam. Setelah itu, penjemuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Durasi penjemuran harus diperhatikan karena intensitas matahari yang berlebihan bisa merusak daun.


  • Pangkas cabang-cabang bonsai yang pertumbuhannya kurang bagus. Hal ini membuat pertumbuhan bonsai lebih terkendali. Kegiatan ini bisa dilakukan setiap dua hingga tiga bulan sekali. Di pihak lain, Anda juga tidak boleh lupa memasang kawat agar bonsai dapat tumbuh sesuai dengan yang diharapkan.


  • Pupuk bonsai dengan dosis yang tepat. Anda bisa menggunakan pupuk NPK atau pupuk urea sebulan sekali. Semprotkan juga pupuk untuk daun bonsai tiga kali seminggu agar daun tumbuh lebat. Selain itu, Anda bisa menyemprotkan insektisida untuk membasmi hama, seperti kutu, ulat, dan wereng.

Baca juga rekomendasi tanaman hias lainnya di sini

Selain tanaman bonsai, ada beberapa tanaman hias lain yang bisa mempercantik rumah Anda. Kami telah mengulas rekomendasi kaktus hias, lidah mertua, serta janda bolong. Jika Anda tertarik membacanya, klik saja tautan di bawah ini, ya! 

Kesimpulan

Menanam bonsai beringin dolar akan membuat rumah Anda terlihat lebih berkelas dan elegan. Anda juga dapat meletakkannya di dalam ruangan atau halaman rumah. Jika Anda tertarik untuk membeli beringin bonsai, tentukan jenisnya terlebih dahulu.


Selain itu, jangan lupa untuk mengamati bentuk akar, daun, batang, dan ukurannya. Selesai sudah pembahasan tentang cara memilih bonsai beringin dolar. Semoga ulasannya dapat membantu Anda menemukan bonsai beringin dolar terbaik. Selamat memilih dan berbelanja bonsai!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Keset outdoor atau keset depan rumah berguna untuk menghilangkan kotoran dan debu dari alas kaki. Selain berfungsi sebagai pengesat alas kaki, kegunaan keset ini juga termasuk melengkapi interior bagian depan rumah. Jika keset tersebut serasi dengan ornamen lain seperti tanaman hias di sekitar pintu, rumah akan terlihat lebih menarik.Kali ini, kami akan membantu Anda memilih keset untuk teras rumah dan keset pintu masuk utama rumah.  Kami akan mengulas berbagai keset terbaik yang bagus dari merek IKEA, Krisbow, dan lainnya. Artikel ini pun sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan.
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori