• 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.


Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.

  • Pembaharuan terakhir: 23 Desember 2021
Daftar isi

Mengenal jagung sebagai tanaman komoditas strategis

Mengenal jagung sebagai tanaman komoditas strategis

Jagung lebih dahulu dibudidayakan di Amerika oleh penduduk setempat sejak ribuan tahun lalu. Kedatangannya ke Nusantara tak lepas dari campur tangan Portugis pada abad ke-16. Saat ini jagung menjadi salah satu makanan pokok di beberapa daerah, seperti Madura dan NTT.


Umumnya tanaman jagung tumbuh selama tiga sampai lima bulan hingga siap dipanen. Tanaman ini bisa ditanam dari dataran rendah hingga tinggi dan kebutuhan airnya juga sedang. Anda bahkan bisa menanamnya di mana saja karena tidak ada syarat khusus untuk tipe tanahnya.


Jagung tidak hanya dibutuhkan dalam industri pangan, tetapi juga peternakan. Begitu besar peran jagung dalam industri nasional sehingga kerap dilakukan proses perkawinan silang demi mendapatkan varietas unggul.

Cara memilih benih jagung

Mengingat peran penting komoditas jagung dalam pertanian Indonesia, lumrah jika benih jagung bertebaran di pasaran. Namun, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan saat memilih benih jagung. Apa saja? Mari lanjutkan membaca.

Ketahui jenis tanaman jagung yang populer di Indonesia

Ada berbagai jenis jagung yang bisa ditanam dan dinikmati hasil panennya. Di Indonesia sendiri ada tiga jenis jagung yang banyak ditanam petani, yakni jagung manis, jagung ketan, dan jagung mutiara.

Jagung manis, kerap diolah sebagai santapan lezat

Jagung manis, kerap diolah sebagai santapan lezat

Jagung manis, seperti namanya, terkenal karena cita rasanya yang manis. Bijinya berwarna kuning dan akan mengeriput jika sudah kering. Jagung manis sangat adaptif. Anda dapat membudidayakannya di daerah dataran rendah maupun tinggi (maksimal 1.500 meter di atas permukaan laut). 


Jagung manis hanya bisa digunakan di industri pengolahan makanan. Anda bisa menemukannya dalam bentuk kalengan atau sudah dalam bentuk pipilan. Anda juga dapat mengolahnya secara langsung dengan cara direbus, dijadikan campuran salad, atau diolah menjadi puding. Namun, jagung manis tidak bisa dijadikan sebagai pakan ternak.

Jagung ketan, teksturnya pulen dan aman bagi penderita diabetes

Jagung ketan, teksturnya pulen dan aman bagi penderita diabetes

Jagung ketan memiliki kandungan amilopektin yang tinggi sehingga karakternya lengket dan pulen seperti ketan saat direbus. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan campuran nasi, emping, serta marning. Kandungan karbohidrat di dalam jagung ini tidak dapat tercerna sempurna menjadi glukosa. Karena itu, jagung yang dikenal dengan sebutan jagung pulut ini aman bagi penderita diabetes.


Jagung ketan juga bisa digunakan sebagai pakan ternak. Kandungan amilopektin yang tinggi dapat mendukung pertumbuhan bobot ternak hingga 20%. Di pihak lain, jagung jenis ini juga sering dimanfaatkan sebagai campuran bahan baku kertas, tekstil, dan industri perekat.


Namun, meskipun jagung ketan memiliki pemanfaatan yang luas, kelemahannya justru terletak pada produktivitasnya. Untunglah, berkat perkawinan silang plasma nutfah lokal, dihasilkan benih unggul seperti Pulut URI-1 dan Pulut URI-2.

Jagung mutiara, kaya khasiat bagi kesehatan Anda

Jagung mutiara, kaya khasiat bagi kesehatan Anda

Jagung mutiara memiliki biji bulat dan bulir yang tebal lagi padat. Warnanya bisa putih, merah, dan kuning. Petani di Indonesia lebih banyak menanam jagung mutiara berwarna putih dan kuning. Pati yang dikandungnya keras sehingga bijinya licin dan keras pula, tetapi teksturnya pulen sehingga cocok dijadikan makanan pokok.


Selain mengandung karbohidrat, jagung mutiara juga mengandung serat, zat besi, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Kandungan zat lainnya membuat jagung mutiara sering dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol, memadatkan tulang, dan mengurangi kerontokan rambut. Dibanding dengan jagung manis, petani Indonesia sudah lebih dahulu mengenal jagung mutiara.

Perhitungkan jumlah benih yang sebaiknya dibeli

Perhitungkan jumlah benih yang sebaiknya dibeli

Benih jagung juga punya masa kedaluwarsa. Karena itu, Anda harus membelinya dalam jumlah yang tepat. Apalagi bercocok tanam tidak hanya dilakukan oleh petani, tetapi juga oleh masyarakat perkotaan dengan memanfaatkan lahan yang terbatas. 


Para petani urban tersebut tentunya tidak mungkin menyimpan benih jagung dalam jumlah besar, bukan? Jika demikian, berapakah jumlah benih yang dibutuhkan? Kami akan ajak Anda berhitung. Rumus yang banyak digunakan untuk menghitung benih jagung adalah sebagai berikut:


((Luas lahan / jarak tanam) x (100/daya tumbuh atau daya kecambah)) x (jumlah tanaman per lubang x (berat 1000 benih/1000))


Namun, ada juga patokan lain. Misalnya, untuk jagung manis, kebutuhan per hektarnya adalah 8 kg dengan jarak tanam 60 cm x 75 cm. Jumlah ini terbilang kecil karena bobot jagung manis relatif ringan.

Perhatikan umur pemanenan dan potensi hasil

Perhatikan umur pemanenan dan potensi hasil

Saat memilih benih jagung, Anda juga harus memperhatikan masa pemanenan. Setiap varietas memiliki masa pemanenan yang berbeda. Informasi ini tentunya akan membantu Anda menyiapkan proses pemanenan sebaik-baiknya.


Sikap abai terhadap masa panen akan berujung pada kurang optimalnya hasil panen dan mutu yang rendah. Jika Anda memanen terlalu cepat, bisa saja ukuran jagung belum maksimal. Sebaliknya, memanen terlalu lama akan mengakibatkan penurunan kualitas.


Hal lain yang tidak kalah penting adalah pemahaman terhadap potensi hasil. Memang ada banyak faktor yang memengaruhi hasil panen, seperti serangan hama, cuaca, atau perlakuan selama masa tanam. Namun, dengan mengikuti petunjuk yang tercantum, besar kemungkinan Anda mendapatkan hasil panen yang optimal.


Anda tertarik membaca artikel tentang pupuk KCL dan pupuk organik untuk menunjang tanaman jagung Anda? Mari klik tautan di bawah ini.

10 Rekomendasi benih jagung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk benih jagung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisJagung mutiara
Jumlah/bobot1 kg
Umur panen89 hari setelah tanam
Potensi panen12,2 ton/ha
9
JenisTidak disebutkan
Jumlah/bobot10 butir
Umur panen80–90 hari setelah tanam
Potensi panenTidak disebutkan
8

East West SeedCap Panah Merah - Paramita F1

Mulai dari Rp 27.000,00

JenisJagung ketan
Jumlah/bobot200 biji
Umur panen63–65 hari setelah tanam
Potensi panen13–16 ton/ha
7

East West SeedCap Panah Merah - Perkasa F1

Mulai dari Rp 100.000,00

JenisJagung manis
Jumlah/bobot1750 butir
Umur panen70–72 hari setelah tanam
Potensi panen16–18 ton/ha
6
JenisJagung ketan
Jumlah/bobot250 gr
Umur panen59–60 hari setelah tanam
Potensi panen11 ton/ha
5
JenisJagung manis
Jumlah/bobot35 biji (25 gram)
Umur panenTidak disebutkan
Potensi panenTidak disebutkan
4
JenisJagung ketan
Jumlah/bobot1 kg
Umur panen86–96 hari setelah tanam
Potensi panen13 ton/ha
3
JenisJagung manis
Jumlah/bobot500 gram
Umur panen55 hari setelah tanam
Potensi panenTidak disebutkan
2
JenisJagung manis
Jumlah/bobot1750 butir/250 gram
Umur panen70-75 hari setelah tanam
Potensi panen25 ton/ha
1

East West SeedCap Panah Merah - Bonanza F1

Mulai dari Rp 22.000,00

JenisJagung manis
Jumlah/bobot200 butir
Umur panen70–85 hari setelah tanam
Potensi panen14–18 ton/ha

Tabel perbandingan produk benih jagung terbaik

Gambar produk
1
East West Seed Cap Panah Merah - Bonanza F1 1

East West Seed

2
Benih Pertiwi Paragon 1

Benih Pertiwi

3
Jawara Bimmo 1

Jawara

4
Cap Kapal Terbang BISI 2 1

Cap Kapal Terbang

5
Infarm Jagung Manis 1

Infarm

6
Benih Pertiwi Arumba 1

Benih Pertiwi

7
East West Seed Cap Panah Merah - Perkasa F1 1

East West Seed

8
East West Seed Cap Panah Merah - Paramita F1 1

East West Seed

9
Potme Farm Rainbow Corn 1

Potme Farm

10
M-Tani MDK25 1

M-Tani

Nama produk

Cap Panah Merah - Bonanza F1

Paragon

Bimmo

BISI 2

Jagung Manis

Arumba

Cap Panah Merah - Perkasa F1

Cap Panah Merah - Paramita F1

Rainbow Corn

MDK25

Keunggulan

Kekuatan tumbuh yang tinggi didukung perlakuan pestisida

Potensi panennya luar biasa, masa simpannya jempolan

Nikmati hasil panen lebih cepat dengan benih ini

Ada dua tongkol dalam satu tangkai. Hasil berlimpah!

Pilihan tepat untuk para urban farmers

Masa tanamnya termasuk singkat, hanya 60 hari!

Jagung manis dengan kadar kemanisan paling tinggi

Pertumbuhan optimal berkat perlakuan fungisida

Jagung dengan kernel warna-warni untuk mencerahkan salad Anda

Tahan penyakit, warna daun masih hijau saat panen

Harga mulai dariRp 22.000,00Rp 95.000,00Rp 50.000,00Rp 63.000,00Rp 10.000,00Rp 75.000,00Rp 100.000,00Rp 27.000,00Rp 17.000,00Rp 65.000,00
JenisJagung manisJagung manisJagung manisJagung ketanJagung manisJagung ketanJagung manisJagung ketanTidak disebutkanJagung mutiara
Jumlah/bobot200 butir1750 butir/250 gram500 gram1 kg35 biji (25 gram)250 gr1750 butir200 biji10 butir1 kg
Umur panen70–85 hari setelah tanam70-75 hari setelah tanam55 hari setelah tanam86–96 hari setelah tanamTidak disebutkan59–60 hari setelah tanam70–72 hari setelah tanam63–65 hari setelah tanam80–90 hari setelah tanam89 hari setelah tanam
Potensi panen14–18 ton/ha25 ton/haTidak disebutkan13 ton/haTidak disebutkan11 ton/ha16–18 ton/ha13–16 ton/haTidak disebutkan12,2 ton/ha
Tautan produk

Proses persiapan benih jagung

Proses persiapan benih jagung

Untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, Anda membutuhkan benih jagung yang berkualitas. Berdasarkan proses persiapannya, benih jagung dibagi menjadi tiga.


  • Jagung komposit berasal dari benih lokal klasik yang banyak ditanam petani zaman dahulu. Keunggulan jagung ini adalah tahan hama, umur pendek, dan bisa ditanam berulang-ulang. Sayangnya produksi jagung ini sangat rendah, hanya tiga sampai lima ton per hektar.


  • Jagung hibrida merupakan hasil persilangan dua tanaman jagung sehingga menghasilkan varietas baru. Varietas ini biasanya membawa sifat-sifat unggul induknya. Produktivitasnya juga tinggi hingga delapan sampai dua belas ton per hektar. Namun, bijinya tidak dapat ditanam kembali sehingga menimbulkan ketergantungan petani.


  • Jagung transgenik hadir berkat rekayasa genetika. Harapannya adalah muncul varietas yang benar-benar unggul. Sayangnya hal ini bisa diikuti dengan kemunculan penyakit baru. Selain itu, petani juga tidak dapat membuatnya sendiri.

Cermati ketahanan benih jagung terhadap hama dan penyakit

Cermati ketahanan benih jagung terhadap hama dan penyakit

Tanaman jagung juga rentan terhadap penyakit, entah disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun jamur. Penyakit ini mengganggu tubuh tanaman. Akibatnya, tanaman bisa mati dan Anda pun mengalami kerugian.


Penyakit utama jagung adalah bulai. Penyakit ini menyerang saat jagung berusia satu hingga dua minggu. Pada awalnya penyakit ini hanya menimbulkan gejala pada daun, tetapi akhirnya menghambat pertumbuhan tongkol. Selain itu, ada hawar daun, busuk pelepah, busuk batang, dan semacamnya. Anda harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengatasi penyakit tersebut.


Untungnya, sejumlah benih menawarkan ketahanan terhadap penyakit-penyakit tersebut. Informasi ini biasanya dicantumkan dalam kemasan. Anda juga bisa aktif menanyakan kepada penjual tentang daya tahan tanaman jagung. Dengan demikian, jagung Anda bisa lebih tanggung menghadapi serangan penyakit yang sering muncul di lahan Anda.

Baca juga rekomendasi benih lainnya di sini

Menanam jagung akan menjadi kegiatan menyenangkan jika Anda tahu benih yang tepat. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda ingin melanjutkan pencarian ke benih-benih lainnya? Kami punya beberapa artikel menarik tentang benih. Silakan klik tautan di bawah ini dan temukan benih incaran Anda.

Kesimpulan

Anda pasti ingin aktivitas bertani jagung berjalan lancar dengan kendala minimal. Karena itu, ingat selalu untuk mempertimbangkan poin-poin dalam cara memilih benih jagung. Pemilihan benih yang baik dan berkualitas termasuk ke dalam salah satu penunjang keberhasilan. 


Upaya tersebut tentunya harus didukung dengan perlakuan lainnya seperti pemupukan, pengendalian penyakit, dan memerhatikan waktu pemanenan. Silakan membeli benih jagung sesuai rekomendasi kami. Selamat berbelanja dan semoga panen Anda melimpah!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online, seperti merek GDM, Green World, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori