mybest
Mouthguard

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Sama dengan anggota tubuh lainnya, mulut dan gigi bisa mengalami cedera saat berolahraga. Maka dari itu, pada olahraga tertentu seperti tinju dan karate, Anda disarankan menggunakan mouthguard atau gum shield. Mouthguard  juga bisa digunakan untuk mengatasi bruxism atau gemertak gigi dan gangguan tidur seperti mendengkur. 


Di pasaran Anda bisa menemukan berbagai merek mouthguard atau pelindung gigi, seperti Kettler, Rounin Fighter, dan masih banyak lagi. Agar Anda tidak kebingungan dalam memilih, kami akan memberikan tips memilih mouthguard dan merekomendasikan produk yang bagus. Simak sampai selesai, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu mouthguard?

Apa itu mouthguard?

Mouthguard atau pelindung gigi adalah alat yang berfungsi untuk mencegah cedera pada gigi dan jaringan sekitarnya. Karena itu, mouthguard dipakai dengan cara dipasang di dalam mulut. Pada umumnya pemakaiannya diperuntukkan untuk gigi bagian atas, tetapi ada juga yang digunakan untuk gigi bagian bawah.


Mouthguard atau dikenal juga dengan istilah gum shield banyak digunakan oleh para atlet di cabang olahraga tertentu. Atlet bela diri, seperti karate, taekwondo, dan silat, biasanya menggunakan mouthguard. Demikian juga dengan atlet basket, rugbi, ski, dan lainnya. Namun, mouthguard tidak hanya dipakai oleh atlet, alat ini kadang digunakan oleh orang biasa yang punya masalah gigi


Adapun manfaat gum shield atau mouthguard, antara lain:


  • Mencegah cedera gigi: Mouthguard dapat menjadi pagar untuk mencegah kerusakan pada jaringan lunak mulut. Kerusakan tersebut dapat terjadi akibat benturan. Selain itu, mouthguard mencegah patahnya gigi dan rahang.

  • Merelaksasi otot wajah dan leher: Mouthguard dapat membantu melemaskan otot di bagian wajah dan leher. Otot di kedua bagian tersebut sering tegang karena terus-menerus digunakan. Relaksasi dengan penggunaan mouthguard bisa mencegah terjadinya cedera berkelanjutan.

  • Memengaruhi performa olahraga: Performa saat berolahraga akan menjadi lebih baik ketika Anda menggunakan mouthguard. Pasalnya, mouthguard bisa mengatur posisi rahang sehingga aliran darah dan jumlah oksigen yang diterima tubuh tercukupi, performa tubuh pun meningkat.

Cara memilih mouthguard

Produk mouthguard yang Anda temui di pasaran, kemungkinan besar bervariasi. Banyaknya pilihan yang tersedia mungkin membuat Anda bingung menentukan pelindung gigi terbaik. Tak perlu khawatir karena kami akan memberikan panduan dalam memilih mouthguard untuk membantu Anda. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1

Kenali jenis mouthguard: Stock, boil and bite, dan custom made

Kenali jenis mouthguard: Stock, boil and bite, dan custom made

Mungkin banyak yang belum tahu, ada beberapa jenis mouthguard, yaitu stock, boil and bite, dan custom made. Setiap jenis memiliki spesifikasi yang berbeda. Agar tidak bingung, Anda bisa mengeceknya pada penjelasan berikut ini.


  • Stock: Jenis mouthguard ini dapat langsung digunakan dan mudah ditemukan di toko kesehatan atau olahraga. Harganya pun relatif terjangkau. Sayangnya, terkadang tidak mudah menemukan stock mouthguard yang sesuai dengan mulut.

  • Boil and bite: Sesuai dengan namanya, pelindung gigi yang satu ini harus dicuci dan direndam air hangat sebelum digunakan. Tujuannya untuk melembutkan mouthguard sehingga mudah digunakan. Jenis ini paling banyak digunakan oleh para atlet.

  • Custom made: Mouthguard yang dibuat custom pastinya akan lebih sesuai dengan bentuk mulut. Dokter gigi akan membuat cetakan gigi dan mouthguard baru dibuat berdasarkan cetakan tersebut. Karena dibuat secara khusus, harga mouthguard jenis ini terbilang mahal.
2

Pilih yang single layer, double layer, atau triple layer sesuai kebutuhan Anda

Pilih yang single layer, double layer, atau triple layer sesuai kebutuhan Anda

Selain terdiri dari beberapa jenis, mouthguard juga bisa dibedakan berdasarkan jumlah layer atau lapisannya. Setidaknya, ada tiga macam mouthguard berdasarkan jumlah lapisannya, yaitu: 

  • Single layer: Mouthguard dengan satu lapisan yang umum dipakai untuk anak-anak. Namun, ada juga yang bisa digunakan untuk dewasa.
  • Double layers: Gum shield ini memiliki lapisan dalam dan luar yang cocok digunakan untuk latihan olahraga atau pertandingan.
  • Triple layers: Mouthguard terdiri dari lapisan dalam, tengah, dan luar. Sayangnya, jenis ini tidak banyak dijumpai di pasaran.
3

Cari mouthguard sekali pakai untuk olahraga

Cari mouthguard sekali pakai untuk olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang memiliki risiko cedera tubuh, termasuk cedera gigi dan mulut. Untuk mengurangi risiko cedera pada gigi dan mulut saat berolahraga, sebaiknya Anda menggunakan mouthguard. Penggunaan mouthguard disarankan pada olahraga tinju, basket, softball, dan beberapa olahraga bela diri.


Pilihan mouthguard yang cocok untuk berolahraga adalah jenis stock. Jenis ini dianggap paling ideal karena biasanya hanya sekali pakai dan harganya lebih murah. Namun, untuk perlindungan yang lebih baik, jenis boil and bite dinilai lebih baik. Pasalnya, jenis boil and bite bisa menyesuaikan bentuk mulut dan gigi.

4

Untuk teeth grinding, pastikan mouthguard memang dibuat khusus

Untuk teeth grinding, pastikan mouthguard memang dibuat khusus

Teeth grinding dikenal juga dengan istilah bruxism. Bruxism adalah kebiasaan menggertakkan gigi yang dilakukan seseorang secara tidak sadar baik ketika terjaga ataupun sedang tidur. Penyebeb bruxism belum diketahui secara pasti, tetapi diduga kombinasi antara faktor fisik, psikologis, dan genetik. 


Bruxism saat terjaga diduga sebagai bentuk coping mechanism atas rasa cemas, stres, marah, atau tegang. Sementara itu, bruxism saat tidur diduga terjadi karena ada gairah kuat yang termanifestasi dalam aktivitas mengunyah. 


Teeth grinding atau bruxism ringan mungkin tidak memerlukan pengobatan. Namun, pada beberapa orang, bruxism bisa cukup parah sampai menyebabkan gangguan rahang, sakit kepala, kerusakan gigi, dan masalah lainnya.


Salah satu cara untuk mengurangi kerusakan gigi akibat teeh grinding ialah penggunaan mouthguard atau dental night guard. Jenis mouthguard yang cocok untuk kondisi ini adalah jenis boil and bite. Akan lebih baik jika mouthguard memang dibuat secara custom di dokter gigi. Dalam kondisi yang cukup parah, Anda juga tidak bisa memutuskan terapi tanpa berkonsultasi dengan dokter gigi.

5

Temukan yang bisa menjaga jalan napas untuk cegah sleep apnea ringan

Temukan yang bisa menjaga jalan napas untuk cegah sleep apnea ringan

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan berhenti sementara. Hal tersebut tentunya berbahaya karena tubuh dapat kekurangan pasokan oksigen. Jika tubuh kekurangan oksigen, kepala akan terasa pusing ketika bangun meskipun Anda sudah tidur dalam waktu lama. Bahkan, hal ini bisa memicu penyakit jantung dan strok.


Kondisi sleep apnea yang masih ringan bisa ditangani dengan perubahan gaya hidup dan penggunaan mouthguard. Mouthguard akan membantu menjaga jalan napas sehingga oksigen tetap bisa mengalir dalam tubuh. Jenis stock dan boil and bite bisa menjadi pilihan. Tidak lupa, Anda juga perlu lakukan perbaikan lifestyle seperti menurunkan berat badan dan berhenti merokok, bila Anda adalah perokok.


Namun, untuk langkah-langkah penanganannya, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, orang yang menderita sleep apnea akan dibantu dengan alat khusus.

6

Untuk mengurangi snoring, dapatkan mouthguard yang bisa menarik rahang bawah

Untuk mengurangi snoring, dapatkan mouthguard yang bisa menarik rahang bawah

Ngorok atau snoring adalah timbulnya suara keras saat aliran udara melewati jaringan lembut di tenggorokan sehingga jaringan tersebut bergetar. Suara keras ini tentu sangat mengganggu.


Tidak hanya bagi orang lain, tetapi ngorok yang juga dikenal dengan istilah mendengkur tidak baik untuk diri Anda sendiri. Untuk orang lain, gangguan dari dengkuran jelas berupa suara yang bising. Bagi diri sendiri, mendengkur saat tidur dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak. Alhasil, ketika bangun, tubuh tidak terasa segar, bahkan terkadang merasa pusing.


Mendengkur saat tidur juga bisa dikurangi dengan mouthguard yang dapat menarik rahang bagian bawah. Rahang bagian bawah yang tertarik menjadikan jalan napas terbuka sehingga bunyi dengkuran tidak muncul. Pilihlah jenisstock yang harganya cenderung ekonomis dan mudah ditemukan bila Anda perlu mouthguard untuk mengurangi ngorok.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi mouthguard terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mouthguard terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

YOUTU

Dental Mouth Guard Bruxism

YOUTU Dental Mouth Guard Bruxism 1

Rp22.000

Agak Murah

Cegah gigi gemerutuk saat tidur, kualitas tidur pun meningkat

2

Speeds

Gum ShieldLX-010-1

Speeds Gum Shield 1

Rp11.000

Lebih Murah

Mau gum shield untuk taekwondo, karate, dan tinju? Ada!

3

BN SPORTS

Boxing Mouth Guard

BN SPORTS Boxing Mouth Guard 1

Rp99.000

Menengah

Dengan kualitas premium, cocok digunakan saat melakukan olahraga bela diri

4

BALLERBRO

Mouthguard / Gumshield / Mouthpiece

BALLERBRO Mouthguard / Gumshield / Mouthpiece 1

Rp149.000

Agak Mahal

Lindungi mulut dari benturan saat tinju atau basket

5

ROX

Active Gum Shield

ROX Active Gum Shield 1

Rp15.000

Agak Murah

Gum shield andalan untuk penyuka olahraga hard impact yang banyak kontak fisik

6

Rounin Fightware

Defendor Mouth Guard

Rounin Fightware Defendor Mouth Guard 1

Rp175.000

Agak Mahal

Sudah diuji di pertandingan MMA profesional, sesuai untuk para atlet

7

adidas

OPRO Snap-Fit gen IV

adidas OPRO Snap-Fit gen IV 1

Rp185.000

Agak Mahal

Proteksi mouthpiece maksimal, bertanding dan berlatih bela diri lebih tenang

8

SnoreDoc

ANTI-SNORING MOUTH GUARD

SnoreDoc ANTI-SNORING MOUTH GUARD 1

Rp100.000

Menengah

Cara efektif dan nyaman untuk mengurangi ngorok

9

Kettler

Kettfit Pro - Grade Mouthguard

Kettler Kettfit Pro - Grade Mouthguard 1

Rp89.500

Menengah

Memiliki aroma jeruk yang menenangkan saat digunakan

10

Venum

Predator Mouthguard

Venum Predator Mouthguard 1

Rp449.000

Lebih Mahal

Dilengkapi Nextfit Gel Frame sehingga bisa pas ketika digunakan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

YOUTUDental Mouth Guard Bruxism

Dental Mouth Guard Bruxism 1
Sumber: shopee.co.id
Dental Mouth Guard Bruxism 2
Sumber: shopee.co.id
Dental Mouth Guard Bruxism 3
Sumber: shopee.co.id
Dental Mouth Guard Bruxism 4
Sumber: shopee.co.id
Dental Mouth Guard Bruxism 5
Sumber: blibli.com
Harga referensi
Rp22.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp22.000
Agak Murah

Cegah gigi gemerutuk saat tidur, kualitas tidur pun meningkat

Kelebihan:
  • Terbuat dari silicone food grade, aman digunakan di mulut
  • Dilengkapi case penyimpanan, mudah Anda bawa traveling

Kekurangan:
  • Terdapat review yang menyebutkan ukurannya terlalu besar, jadi ukuran produk memang tidak fit untuk setiap orang

Apakah Anda terbiasa mengepalkan rahang dan menggiling gigi sehingga timbul suara geretak saat tidur? Hati-hati, kebiasaan itu disebut bruxism dan bisa menimbulkan efek tidak baik untuk kesehatan, lho. Karena itu, gunakan dental night guard ini untuk mencegah Anda menggertakkan gigi selama tidur. Tak hanya mencegah dampak jangka panjang seperti kerusakan gigi dan gangguan rahang, tetapi alat ini juga membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SpeedsGum ShieldLX-010-1

Harga referensi
Rp11.000
Lebih Murah

Mau gum shield untuk taekwondo, karate, dan tinju? Ada!

Kelebihan:

  • Tersedia ukuran untuk anak, remaja, dan dewasa


Kekurangan:

  • Hanya terdiri dari satu layer


Bila anak remaja Anda mengikuti olahraga Taekwondo, belikan gum shield yang satu ini. Selain untuk melindungi gigi saat Taekwondo, Anda juga bisa menggunakannya saat melakukan tinju, karate, dan olahraga hard impact lainnya. Soal kesesuaian ukuran, Anda tak perlu khawatir sebab produk ini tersedia untuk remaja yang berusia lebih dari 16 tahun. Bagaimana bila usia anak Anda lebih kecil? Tenang saja, produk ini juga hadir dalam ukuran untuk anak-anak.

No.3

BN SPORTSBoxing Mouth Guard

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Dengan kualitas premium, cocok digunakan saat melakukan olahraga bela diri

Kelebihan:
  • Tersedia variasi ukuran dan warna
  • Praktis bila Anda berangkat pertandingan di luar kota sebab gum shield dilengkapi hardcase

Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan secara langsung, perlu direndam dalam air terlebih dahulu


Mouthguard keluaran BN SPORTS ini bisa digunakan setelah direndam air bersuhu 40 ℃. Setelah lunak, mouthguard harus segera dipindahkan ke air dingin. Kemudian, mouthguard bisa langsung dipasang ke mulut. 


Setelah dipakai, Anda tinggal menyimpannya di dalam hardcase sebab produk ini bersifat reusableDengan kualitas premium, gum shield ini akan melindungi gigi Anda saat bertarung. Anda yang suka bela diri bisa memilih mouthguard ini. Anda pun bisa memilih sesuai warna kesukaan.

No.4

BALLERBROMouthguard / Gumshield / Mouthpiece

Harga referensi
Rp149.000
Agak Mahal

Lindungi mulut dari benturan saat tinju atau basket

Kelebihan:

  • Fit, bisa mengikuti bentuk gigi

Kekurangan:
  • Persiapan sebelum penggunaan relatif kurang praktis, Anda perlu merendamnya di air panas, menggigitnya selama 15 detik, lalu memasukannya ke dalam air dingin

Produk yang satu ini wajib dimiliki oleh Anda yang rutin berlatih tinju atau basket. Pelindung gigi ini akan memproteksi mulut Anda dari benturan akibat pukulan saat tinju. Selain sebagai pelindung gigi ketika tinju, Anda juga bisa mengandalkannya waktu bermain basket agar mulut tidak cedera bila terbentur badan lawan. Menariknya lagi, produk ini bisa mengikuti bentuk gigi sehingga Anda tak perlu khawatir soal ukurannya. 

No.5

ROXActive Gum Shield

Harga referensi
Rp15.000
Agak Murah

Gum shield andalan untuk penyuka olahraga hard impact yang banyak kontak fisik

Kelebihan:
  • Terbuat dari silikon, nyaman dipakai

Kekurangan:

  • Bukan jenis pelindung gigi yang bisa langsung digunakan, perlu dicuci air hangat terlebih dahulu


Sesuai namanya, Active Gum Shield berfungsi untuk melindungi gigi dan mulut Anda yang aktif berolahraga. Khususnya, olahraga hard impact yang melibatkan banyak kontak fisik, seperti sepak bola, basket, dan rugby. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan pelindung gigi ini sebagai proteksi saat melakukan taekwondo, karate, dan bela diri lainnya. 


Karena terbuat dari bahan silikon, mouthguard ini akan terasa nyaman ketika Anda gunakan. Perlu diingat, Anda harus mencuci produk ini dengan air hangat sebelum dan sesudah digunakan. Lalu, pastikan mouthguard sudah kering sebelum Anda menyimpannya.

No.6

Rounin FightwareDefendor Mouth Guard

Harga referensi
Rp175.000
Agak Mahal

Sudah diuji di pertandingan MMA profesional, sesuai untuk para atlet

Kelebihan:

  • Kualitas terjamin sebab sudah diuji di pertarungan MMA profesional
  • Lengkap dengan kotak antibakteri untuk penyimpanannya

Kekurangan:
  • Menurut review, gum shield agak sulit menempel di gigi atas

Kami merekomendasikan mouthpiece ini untuk para atlet atau Anda yang hobi olahraga bela diri. Mouthguard dari Rounin Fightware ini sudah teruji kekuatannya di ring MMA. Tak hanya sesuai untuk striking sport seperti MMA dan boxing, tetapi produk ini juga bisa diandalkan di grappling sport, misalnya judo. Tambahan pula, mouthguard ini memiliki desain yang keren dengan lima pilihan warna, yaitu putih, merah, biru, hijau, dan oranye.

Harga referensi
Rp185.000
Agak Mahal

Proteksi mouthpiece maksimal, bertanding dan berlatih bela diri lebih tenang

Kelebihan:
  • Shape ceiling design khusus, tetap leluasa bernapas dan berbicara selama Anda menggunakan mouthguard
  • Praktis, tidak perlu direbus sebelum digunakan

Kekurangan:

  • Hanya untuk olahraga, tidak bisa digunakan sebagai night dental guard

Lindungi area mulut dari cedera ketika bertanding atau berlatih bela diri dengan OPRO Snap-Fit gen IV dari adidas ini. Mouthpiece ini dibuat dengan desain yang sesuai bentuk rahang sehingga bisa memberikan proteksi maksimal. Perlindungan maksimal juga Anda peroleh berkat materialnya yang kuat, tetapi lembut. Tak hanya itu, bagian atas produk didesain sedemikian rupa agar Anda bisa bernapas dan bicara dengan leluasa.

No.8

SnoreDocANTI-SNORING MOUTH GUARD

Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Cara efektif dan nyaman untuk mengurangi ngorok

Kelebihan:
  • BPA free, tetap aman bersentuhan dengan area rongga mulut

Kekurangan:

  • Karena berbahan silikon, produk mungkin terasa sedikit lengket

Ngorok atau mendengkur bisa disebabkan oleh banyak faktor, terutama tersumbatnya saluran napas sehingga timbul getaran suara saat udara masuk. Bila Anda tidur dengan mulut terbuka dan bernapas lewat mulut, risiko terjadinya kondisi tersebut makin tinggi. 


Karena itu, pertimbangkan penggunaan ANTI-SNORING MOUTH GUARD ini. Night guard gigi ini akan mengarahkan Anda bernapas secara natural melalui hidung dan mengurangi ngorok. Dengan pelindung gigi saat tidur, ngorok jadi berkurang dan tidur pun lebih nyaman.

No.9

KettlerKettfit Pro - Grade Mouthguard

Harga referensi
Rp89.500
Menengah

Memiliki aroma jeruk yang menenangkan saat digunakan

Kelebihan:
  • Tak terganggu bau karet sebab produk dibekali aroma jeruk

Kekurangan:
  • Pelindung gigi ini harus direndam di air panas sebelum dan sesudah digunakan

Untuk Anda yang ragu menggunakan mouthguard karena tidak suka baunya, pilih produk ini. Mouthguard dari Kettler ini memiliki aroma jeruk. Dengan aroma jeruk, Anda akan merasa fresh ketika menggunakannya. 


Cara menggunakannya pun mudah. Rendam mouthguard selama tiga puluh detik di air mendidih, kemudian rendam di dalam air dingin selama sedetik. Setelah itu, Anda bisa memasangnya di dalam mulut.

No.10

VenumPredator Mouthguard

Harga referensi
Rp449.000
Lebih Mahal

Dilengkapi Nextfit Gel Frame sehingga bisa pas ketika digunakan

Kelebihan:

  • Dapat menyesuaikan dengan bentuk gigi karena dilengkapi Neftfit Gel Frame

Kekurangan:

  • Harganya relatif tinggi jika dibandingkan dengan mouthpiece pada umumnya

Venum Predator Mouthguard dirancang agar Anda merasa nyaman ketika menggunakannya. Mouthguard ini fleksibel karena dilengkapi Nextfit Gel Frame yang menjadikannya pas dengan bentuk gigi. Satu lagi, produk ini juga mampu menyerap guncangan pada gigi. Alhasil, mulut tetap terjaga dan gigi akan tetap utuh meski terkena benturan. Anda yang gemar berolahraga bela diri atau rugby bisa menggunakannya untuk melindungi bagian mulut dengan lebih optimal. 

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di sini

Menggunakan mouthguard atau gum shield adalah salah satu upaya untuk melindungi gigi dari kerusakan. Agar upaya menjaga gigi lebih maksimal, Anda tentunya memerlukan produk perawatan gigi lainnya. Anda bisa menemukan produk perawatan gigi lainnya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan mouthguard, gigi akan terlindungi bila terkena benturan ketika berolahraga. Mouthguard juga dapat membantu mengatasi permasalahan gangguan tidur. Karena begitu bermanfaat, pastinya banyak yang mencari mouthguard.


Jika Anda sedang mencari mouthguard, Anda bisa mengikuti cara memilih yang sudah kami bahas. Anda pun bisa memilih produk yang sudah kami rekomendasikan. Semoga artikel kami dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai.

5 Rekomendasi Mouthguard terbaik

No. 1: YOUTUDental Mouth Guard Bruxism

No. 2: SpeedsGum ShieldLX-010-1

No. 3: BN SPORTSBoxing Mouth Guard

No. 4: BALLERBROMouthguard / Gumshield / Mouthpiece

No. 5: ROXActive Gum Shield

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Rekomendasi Mouthguard Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.