• 10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Yakuza (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Yakuza (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Yakuza (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Yakuza (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Yakuza (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Yakuza (Terbaru Tahun 2022)

Film tentang yakuza sudah populer dan digemari oleh penikmat film. Selain menyajikan kisah kelam dunia kejahatan, film yakuza juga menyuguhkan sisi lain dari kehidupannya. Drama dan comedy menjadi subgenre yang populer dari genre utama action dan crime. Tato dan pedang katana juga menjadi ciri yang tak bisa lepas dari yakuza.

Kami akan membawa Anda menjelajahi dunia yakuza dalam film-film yang tersedia di Netflix dan Vidio. Judul-judul yang bagus seperti The Outsider dan A Family ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan film yakuza terbaik.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu yakuza?

Apa itu yakuza?

'Yakuza' berasal dari pembacaan fonetik 8-9-3 (ya-ku-za) dalam permainan kartu hanafuda atau kartu bunga. Kartu yang menunjuk ke angka 8-9-3 merupakan skor terburuk dalam permainan ini. Istilah yakuza juga merujuk pada gokudou yang bermakna jahat, tidak bermoral, atau orang kriminal bawah tanah. Secara umum, yakuza merujuk pada kejahatan yang terorganisasi di Jepang.


Yakuza memiliki pengaruh besar dalam banyak hal dan punya wewenang luas dalam masyarakat. Tidak seperti gangster pada umumnya, yakuza cukup terbuka tentang apa yang mereka lakukan. Tradisi yakuza bersifat kaku dan hierarkis, sama seperti budaya Jepang. Perekrutan anggota dilakukan melalui sakazukigoto atau ritual mengikat janji dengan minum sake.


Ciri khas dari yakuza adalah tato pada seluruh tubuh yang disebut juga irezumi. Tato tersebut dibuat secara tradisional menggunakan bambu atau jarum baja tanpa bantuan mesin. Ciri lain yakuza adalah pemotongan sendi kelingking sebagai permintaan maaf ketika menentang atau tidak menyenangkan bosnya. Jika pelanggaran diulang, sendi lain akan hilang yang membuat cengkeraman pedang katana menjadi kurang kuat.


Meskipun terdengar mengerikan, tetapi yakuza tak selamanya menakutkan. Pada gempa bumi 1995 di Kobe dan tsunami 2011 di Fukushima, kelompok yakuza bahkan sangat berkontribusi besar. Mereka membantu masyarakat Jepang yang terkena bencana. Pemerintah Jepang sempat melarang keberadaan yakuza, tapi yakuza hingga kini tak pernah benar-benar hilang.


Yakuza sudah melekat dalam budaya populer di Jepang. Yakuza juga banyak dihadirkan dalam film, seperti Branded to Kill (1967), The Yakuza (1974), dan Sontanine (1993). Di luar Jepang, yakuza bahkan muncul dalam film-film Hollywood, seperti Deadpool 2 (2018) dan The Wolverine (2013). Peran yakuza di film-film luar Jepang biasanya ditampilkan sebagai musuh yang berbahaya.

Cara memilih film tentang yakuza

Ada beberapa hal yang menjadi ciri khas film yakuza. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih film yakuza. Karakter yakuza, subgenre, dan kategori usia sangat penting untuk Anda pertimbangkan dalam memilih film yakuza.

Ketahui peran karakter yakuza dalam film

Peran yakuza dalam film sangat memengaruhi jalan cerita seperti apa yang akan Anda saksikan nantinya. Ada dua peran yakuza yang secara umum dapat menggambarkan suguhan dari film yang akan Anda pilih. Temukan perbedaan peran yakuza sebagai tokoh utama dan yakuza sebagai musuh di bawah ini.

Yakuza sebagai tokoh utama, ikut mendalami karakter seorang yakuza

Yakuza sebagai tokoh utama, ikut mendalami karakter seorang yakuza

Jika Anda menginginkan tontonan mengenai cerita di balik dunia yakuza, pilih film dengan yakuza sebagai tokoh utama. Anda akan melihat cerita mengenai yakuza sebagai tokoh protagonis. Tokoh tersebut akan menarik simpati Anda meskipun tingkah lakunya tidak disukai masyarakat umum.

Cerita di balik seseorang yang menjadi yakuza dapat membuat Anda memaklumi berbagai tindakannya meskipun brutal. Anda bisa ikut mendalami karakter seorang atau kelompok yakuza dari perannya sebagai tokoh utama. Dengan menonton film ini, Anda juga bisa mengenal lebih dekat kehidupan yakuza.

Yakuza sebagai musuh, geram menyaksikan tingkah yakuza yang brutal

Yakuza sebagai musuh, geram menyaksikan tingkah yakuza yang brutal

Jika Anda ingin merasakan resahnya menjadi masyarakat umum karena ulah yakuza, pilih film dengan peran yakuza sebagai musuh. Anda akan disuguhkan tontonan yakuza sebagai tokoh antagonis. Anda tidak akan menyukai tokoh yakuza dan ikut geram melihat tindakannya. 


Peran yakuza sebagai musuh akan digambarkan sangat jahat dan tidak bermoral. Anda akan menemukan berbagai adegan kekerasan, seperti perkelahian, pembunuhan, perusakan, dan lain sebagainya. Tokoh utama yang menjadi lawan yakuza akan bertindak menumpas para yakuza tersebut. Anda akan berada di pihak tokoh utama yang ikut gerah menyaksikan tingkah laku yakuza.

Pilih berdasarkan subgenre-nya

Genre film-film bertema yakuza biasanya action dan crime. Namun, ada subgenre yang mengikuti dua genre tersebut. Dua subgenre populer pada film-film yakuza adalah drama dan comedy.

Drama, kehidupan yakuza yang penuh intrik

Drama, kehidupan yakuza yang penuh intrik

Film yakuza dengan genre drama dapat membuat Anda memahami dunia yakuza. Melalui genre ini, Anda akan dibawa menjelajahi dunia yakuza yang rumit dan penuh intrik. Mulai dari perekrutan, sumpah setia, hingga keluar dari dunia yakuza bisa Anda saksikan di film yakuza dengan subgenre drama.


Melalui film drama yakuza, Anda akan menyelami lebih dalam karakter dan kehidupan dari yakuza. Dunia yakuza akan digambarkan sebagai kehidupan yang kelam dan penuh dengan kekerasan.


Film-film yakuza dengan subgenre drama biasanya memosisikan yakuza sebagai tokoh utama. Anda bisa merasakan pahit-manisnya dunia yakuza. Bukan tidak mungkin Anda juga akan merasa simpati mengetahui cerita di balik yakuza.

Comedy, penuh aksi yakuza yang menggelitik

Comedy, penuh aksi yakuza yang menggelitik

Film yakuza tak melulu serius, beberapa film comedy juga mengangkat cerita tokoh para yakuza. Dalam genre ini, Anda akan tergelitik melihat aksi para yakuza yang digambarkan konyol. Anda bisa terpingkal-pingkal melihat aksi menumpas para yakuza yang disertai candaan yang mengocok perut. Biasanya yakuza dalam film-film tersebut berperan sebagai musuh.


Akan tetapi, terkadang para yakuza tidak digambarkan sebagai tokoh jahat yang berbuat semena-mena atau brutal. Ada yakuza yang tindakannnya lucu dan dapat membuat Anda tertawa. Yakuza tersebut biasanya masih beradaptasi dengan lingkungan barunya yang "normal". Biasanya mereka sedang menyamar, baru keluar, atau sudah pensiun dari dunia yakuza.


Film comedy memang menjadi hiburan yang pas di kala senggang. Jika Anda menginginkan tontonan film lucu lainnya, Anda dapat membaca artikel berikut ini.

Cek kategori usia penontonnya

Cek kategori usia penontonnya

Sebelum menentukan film yakuza yang akan Anda tonton, sebaiknya Anda mengecek kategori usianya. Film yakuza biasanya menampilkan adegan-adegan aksi yang brutal. Kekerasan, pemerasan, penyiksaan, baku hantam, dan sebagainya kerap muncul di film-film yakuza.


Tak jarang film yakuza yang menampilkan adegan memotong sendi jari yang mungkin akan membuat Anda kurang nyaman. Tak hanya kekerasan, ketelanjangan pun kerap ditampilkan di film-film yakuza. Film-film yakuza biasanya mengekspos salah satu ciri khusus dari yakuza, yaitu irezumi atau tato seluruh tubuh.


Anda bisa mengecek apakah di dalam film yakuza memuat adegan kekerasan, ketelanjangan, dan lainnya melalui situs IMDb. Cermati bagian Parental Guide dari halaman film yang sedang Anda cari. Dengan mengecek kategori usia penonton, Anda bisa mencegah atau memaklumi tontonan yang akan Anda saksikan.

10 Rekomendasi film terbaik tentang yakuza

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film terbaik tentang yakuza yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb. 

10

Lionsgate, Mosaic, Fierce EntertainmentWar

Rating di IMDb6,2 dari 10
Kategori usia18+
Durasi103 menit
GenreAction, crime
9

87North, Clubhouse Pictures, Screen ArcadeKate

Rating di IMDb6,2 dari 10
Kategori usia18+
Durasi106 menit
GenreAction, crime, drama
8

Aeon Entertainment, Chukyo TV Broadcasting Company (CTV), Fukuoka Broadcasting System (FBS)The Fable

Rating di IMDb6,4 dari 10
Kategori usia16+
Durasi123 menit
GenreAction, crime, comedy
7

Linson Entertainment, Waypoint EntertainmentThe Outsider

Rating di IMDb6,3 dari 10
Kategori usia18+
Durasi120 menit
GenreAction, crime, drama
6

Anima, NetflixAltered Carbon: Resleeved

Rating di IMDb6,5 dari 10
Kategori usia18+
Durasi74 menit
GenreAnimation, action, crime
5

Kadokawa Pictures, Yoshimoto Kogyo Company, NTT DocomoDrop

Rating di IMDb6,5 dari 10
Kategori usia16+
Durasi121 menit
GenreAction, crime, comedy
4
Rating di IMDb7 dari 10
Kategori usia16+
Durasi135 menit
GenreAction, crime, drama
3

CJ Entertainment, Palette Pictures, Showbox/MediaplexNameless Gangster: Rules of the Time

Rating di IMDb7,1 dari 10
Kategori usia17+
Durasi134 menit
GenreAction, crime, drama
2

ShochikuHigh&Low: The Movie 3 - Final Mission

Rating di IMDb7,5 dari 10
Kategori usia16+
Durasi118 menit
GenreAction, crime
1
Rating di IMDb7,9 dari 10
Kategori usia18+
Durasi1 season (8 episode x 57 menit)
GenreCrime, drama, mystery, thriller

Tabel perbandingan film terbaik tentang yakuza

Gambar produk
1
Sister Pictures Duty/Shame 1

Sister Pictures

2
Shochiku High&Low: The Movie 3 - Final Mission 1

Shochiku

3
CJ Entertainment, Palette Pictures, Showbox/Mediaplex Nameless Gangster: Rules of the Time 1

CJ Entertainment, Palette Pictures, Showbox/Mediaplex

4
Kadokawa Pictures A Family 1

Kadokawa Pictures

5
Kadokawa Pictures, Yoshimoto Kogyo Company, NTT Docomo Drop 1

Kadokawa Pictures, Yoshimoto Kogyo Company, NTT Docomo

6
Anima, Netflix Altered Carbon: Resleeved 1

Anima, Netflix

7
Linson Entertainment, Waypoint Entertainment The Outsider 1

Linson Entertainment, Waypoint Entertainment

8
Aeon Entertainment, Chukyo TV Broadcasting Company (CTV), Fukuoka Broadcasting System (FBS) The Fable 1

Aeon Entertainment, Chukyo TV Broadcasting Company (CTV), Fukuoka Broadcasting System (FBS)

9
87North, Clubhouse Pictures, Screen Arcade Kate 1

87North, Clubhouse Pictures, Screen Arcade

10
Lionsgate, Mosaic, Fierce Entertainment War 1

Lionsgate, Mosaic, Fierce Entertainment

Nama produk

Duty/Shame

High&Low: The Movie 3 - Final Mission

Nameless Gangster: Rules of the Time

A Family

Drop

Altered Carbon: Resleeved

The Outsider

The Fable

Kate

War

Keunggulan

Drama misteri pencarian adik yang berujung pada pertempuran antarklan yakuza

Aksi geng remaja melawan yakuza bisa Anda nikmati di film ini

Mau nonton yakuza di film Korea? Tonton film ini!

Sajikan kisah kehidupan yakuza era 1999 hingga 2019

Remaja berandal yang terinspirasi manga Be-Bop High School

Kisah investigasi kematian bos yakuza dalam sajian anime khas Jepang

Menyuguhkan proses perekrutan seseorang untuk menjadi yakuza

Tontonan aksi seru tentang yakuza yang mengocok perut

Kisah Kate yang ingin balas dendam kepada para yakuza yang meracuninya

Saksikan aksi seru antara Jet Li dan Jason Statham di film ini

Rating di IMDb7,9 dari 107,5 dari 107,1 dari 107 dari 106,5 dari 106,5 dari 106,3 dari 106,4 dari 106,2 dari 106,2 dari 10
Kategori usia18+16+17+16+16+18+18+16+18+18+
Durasi1 season (8 episode x 57 menit)118 menit134 menit135 menit121 menit74 menit120 menit123 menit106 menit103 menit
GenreCrime, drama, mystery, thrillerAction, crimeAction, crime, dramaAction, crime, dramaAction, crime, comedyAnimation, action, crimeAction, crime, dramaAction, crime, comedyAction, crime, dramaAction, crime
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Selain film yakuza, kami juga memiliki banyak artikel tentang film. Tak hanya bergenre action, kami juga punya rekomenadi film-film dari berbagai genre. Silakan baca artikel-artikel di bawah ini sebagai referensi hiburan di kala senggang.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda sudah bisa memilih film terbaik tentang yakuza. Selain peran karakter dan subgenre, Anda juga harus memastikan kategori usianya agar Anda tak salah memilih.

Film yakuza banyak menampilkan aksi brutal dan juga konyol. Jika mengikuti cara memilih kami, Anda pasti akan menemukan film yakuza terbaik sesuai dengan yang Anda butuhkan. Semoga film pilihan Anda dapat menjadi tontonan seru di kala senggang.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China (donghua) mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai genre mudah ditemukan di situs streaming Indonesia.Penasaran dengan anime China? Kami menyajikan tips memilih anime China terbaik untuk Anda. Temukan rekomendasi judul anime China yang seru, seperti Scissor Seven, Heaven Official's Blessing, Legend of Exorcism, dan sebagainya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, baca artikel ini sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Aamir Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Aamir Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sosok Aamir Khan di perfilman India melahirkan karya-karya yang tidak hanya menghibur, tetapi juga inspiratif. Ia dikenal sebagai Mr. Perfectionist karena perhatiannya pada kualitas karya sangatlah tinggi. Pada film Dangal yang bercerita tentang gulat, ia bahkan sengaja menambah berat badan sebesar 27 kg untuk mendalami perannya.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi mengenai film-filmnya yang bagus. Judul-judul film India seperti PK dan Taare Zameen Par juga masuk ke rekomendasi kami, lho! Untuk memudahkan Anda menentukan film Aamir Khan terbaik, kami akan menjelaskan cara memilihnya di bawah ini. Selamat membaca!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ternyata ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Selain film Hollywood, Anda bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Beberapa judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton adalah Shutter Island, Orphan, dan Memoir of A Murderer. Untuk menemukan film psikopat yang bagus, baik film terbaru maupun yang legend, simak tips memilih dan rekomendasinya di sini!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga terbaik lainnya, simak artikel ini sampai habis. 
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi monster fans, nama Godzilla pasti akrab di telinga. Monster asal laut tersebut filmnya sudah melegenda. Namun, film monster lainnya yang tak kalah menarik sebenarnya masih banyak. Sejumlah film justru mengangkat premis yang berbeda, misalnya Monster Hunt dan Monster Hunter. Monsters, Inc. bahkan bersahabat untuk anak-anak.Kali ini kami akan membagikan cara memilih film monster yang bagus. Rekomendasi filmnya juga telah kami siapkan untuk Anda. Ada yang untuk penggemar film Korea, lho. Tiap judulnya telah kami ulas untuk Anda. Jadi, tunggu apa lagi, silakan scroll untuk lanjut membaca artikel ini!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Jason Statham Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Jason Statham Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film Jason Statham pas sebagai pilihan untuk mengisi waktu luang. Dari yang lawas sampai yang terbaru, ceritanya selalu ringan, penuh adegan aksi, dan menegangkan. Anda sudah bisa menikmatinya lewat layanan streaming, seperti Disney+ Hotstar, Netflix, dan Vidio.Kali ini kami akan merekomendasikan film Jason Statham yang bagus untuk Anda. Ada yang seru seperti The Transporter, ada juga yang kocak seperti Spy. Nah, agar Anda menemukan yang terbaik, kami akan membagikan cara memilihnya lebih dahulu. Kami pun sudah mengulas filmnya untuk Anda. Makin tidak sabar untuk membacanya, bukan? Yuk, dimulai saja!
    Film
  • 8 Rekomendasi Anime Sports Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Anime Sports Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para penggemar shōnen, salah satu genre anime yang disukai adalah sport atau olahraga. Adanya unsur persahabatan, rivalitas, kerja sama tim, dan tokoh overpower menjadi daya tariknya. Haikyu!!, Free!, dan Kuroko's Basketball adalah beberapa seri yang paling banyak penggemarnya. Namun, bagaimanakah kriteria anime sports yang bagus? Bacalah tips memilih anime sports terbaik di artikel ini. Kami juga membahas daftar anime dengan tema olahraga yang populer, seperti basket, bola voli, dan sebagainya. Simak review kami dan temukan rekomendasi anime sports paling top dan seru untuk ditonton pekan ini!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori