1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Alat medis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Termometer Inframerah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Termometer Inframerah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Termometer Inframerah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Termometer Inframerah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Termometer Inframerah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Termometer Inframerah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Termometer Inframerah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pada masa pandemi, termometer menjadi benda penting yang dibutuhkan banyak orang. Termometer berfungsi untuk mengukur suhu dan screening awal kesehatan seseorang. Setiap memasuki suatu tempat, suhu tubuh akan selalu dicek. Mengecek suhu menggunakan termometer inframerah jauh lebih praktis dan higienis karena tidak ada sentuhan antara alat dengan kulit.


Kali ini, kami akan mengulas termometer inframerah yang bagus dari berbagai merek, seperti Miisoo, Krisbow, Beurer, dan Sinocare. Termometer rekomendasi kami memiliki kelebihannya masing-masing. Supaya Anda bisa mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, bacalah dahulu tips memilih berikut ini.

Diperbaharui 01-30-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 30 Januari 2023.

Apa itu termometer inframerah?

Apa itu termometer inframerah?

Termometer inframerah adalah alat ukur suhu dengan sensor inframerah. Pada prinsipnya, termometer inframerah tidak memancarkan sinar inframerah, tetapi membaca gelombang panas yang dikeluarkan dari permukaan tubuh manusia. Gelombang energi panas yang ada di permukaan tubuh adalah setara dengan energi inframerah. Karena itu, alat ukur ini disebut juga termometer inframerah.


Fungsi termometer inframerah pada dasarnya sama dengan termometer pada umumnya. Namun, termometer inframerah memungkinkan Anda mengukur suhu tanpa bersentuhan langsung dengan objek yang akan diukur suhunya.


Cara kerja termometer inframerah adalah dengan mendekatkan alat ke permukaan kulit, seperti dahi atau lengan. Selanjutnya, alat akan mendeteksi suhu dan mengeluarkan hasil ukur suhunya di layar LED. Termometer inframerah juga lebih higienis karena tidak ada kontak sentuh antara alat dengan kulit. Bahkan, ada pula termometer inframerah yang bisa mendeteksi suhu untuk objek bergerak.

Cara memilih termometer inframerah

Dari sekian banyak merek termometer inframerah, mungkin Anda jadi kebingungan dalam memilihnya. Nah, berikut ini kami akan membagikan beberapa tips memilih termometer inframerah yang bagus. Yuk, disimak!

① Pilih berdasarkan bentuknya

Termometer inframerah dibagi menjadi dua bentuk yang berbeda. Setiap bentuk memberikan kepraktisan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Termometer standing: Praktis diletakkan di mana saja

Termometer standing: Praktis diletakkan di mana saja

Termometer standing adalah termometer yang pemasangannya di tempat tinggi, misalnya ditempel di tembok, pintu, atau dengan tripod. Termometer ini lebih praktis karena tidak perlu dipegang. Anda hanya perlu mendekatkan dahi atau tangan ke termometer, lalu suhu akan terdeteksi otomatis.


Untuk beberapa jenis termometer standing, ada yang dilengkapi juga dengan hand sanitizer otomatis atau fitur door lock. Dengan demikian, Anda tidak perlu menjaga pintu untuk screening pengunjung karena alat ini sudah melakukannya sendiri. Sayangnya, alat ini kurang fleksibel dipindah-pindah sehingga orang harus mendekatkan diri ke tempat termometer ini dipasang.

Termometer tembak: Fleksibel mengukur bagian tubuh mana pun

Termometer tembak: Fleksibel mengukur bagian tubuh mana pun

Termometer tembak atau disebut juga thermogun adalah alat pengukur suhu dengan cara dipegang, kemudian didekatkan ke permukaan kulit. Alat ini sangat fleksibel karena bisa dibawa ke mana-mana dan bisa menjangkau permukaan kulit yang sulit. Terlebih lagi, untuk mengukur suhu bayi yang aktif, termometer tembak adalah pilihan yang tepat.


Namun, penggunaan termometer tembak ini adalah dengan cara manual. Artinya, alat harus dioperasikan oleh seseorang yang mengukur suhu orang lain. Meski demikian, karena bentuknya yang handy dan compact, dibawa-bawa pun tidak akan berat. Jadi, tidak ada salahnya menyediakan termometer tembak di kotak obat, terutama jika Anda memiliki anak kecil atau bayi.


Untuk Anda yang mencari termometer khusus untuk bayi, artikel berikut ini layak untuk dibaca. Kami telah mengulas cara memilih termometer terbaik untuk bayi beserta rekomendasi produknya.

② Perhatikan kemampuan jarak ukur antara termometer dengan kulit

Perhatikan kemampuan jarak ukur antara termometer dengan kulit

Salah satu keunggulan termometer inframerah adalah bisa mengukur suhu tubuh tanpa harus menempelkan alat ke kulit. Keakuratan suhu ini sangat dipengaruhi oleh jarak ukurnya. Jarak ukur antara termometer dengan kulit pada setiap produk berbeda-beda.

 
  • Makin dekat jarak ukur termometer dengan kulit, makin besar pula kemungkinan adanya kontak langsung antara alat dengan kulit. Artinya, alat menjadi tidak higienis. 
  • Sebaliknya, jika jarak ukurnya terlalu jauh, tingkat akurasinya menurun.

Jarak ukur termometer inframerah yang ideal adalah 10–12 cm. Sebaiknya Anda memeriksa hal ini juga pada spesifikasi produk sebelum memutuskan membelinya.

③ Ketahui tingkat akurasi dan rentang suhu yang dideteksi

Ketahui tingkat akurasi dan rentang suhu yang dideteksi

Tingkat akurasi suhu dan rentang suhu pada setiap alat juga berbeda-beda. Untuk termometer inframerah klinis, rentang suhunya berkisar 32–42,9 °C dan tingkat akurasinya berkisar 0,1–0,2 °CMakin kecil tingkat akurasinya, makin akurat pula alat tersebut mendeteksi suhu.


Sementara itu, termometer inframerah industri memiliki rentang suhu yang lebih lebar dibandingkan termometer klinis. Untuk termometer inframerah industri, rentang suhunya bisa mencapai 500 °C dengan tingkat akurasinya berkisar 1,5 °C. 

④ Cermati respons waktu termometer saat mendeteksi suhu

Cermati respons waktu termometer saat mendeteksi suhu

Bila menggunakan termometer inframerah, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengetahui hasilnya. Setiap alat memiliki waktu ukur yang berbeda-beda dengan rata-rata deteksi 1–3 detik


Makin cepat waktunya, makin banyak jumlah orang yang bisa diukur suhunya. Termometer yang bisa mengukur suhu tubuh dengan cepat sangat cocok digunakan untuk di tempat umum, seperti pertokoan atau perkantoran.

⑤ Perhatikan fitur-fitur lainnya

Perhatikan fitur-fitur lainnya

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih termometer inframerah adalah memperhatikan fitur lain di dalamnya. 


  • Fitur notifikasi demam atau perubahan warna LED ketika suhu yang terdeteksi tinggi atau di atas 37,5 °C. Fitur ini bisa meningkatkan kewaspadaan Anda ketika ada indikasi demam.
  • Fitur automatic off jika termometer tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Fitur itu bisa menghemat baterai saat termometer tidak digunakan. 
  • Fitur penyimpanan memori untuk mengetahui beberapa hasil pengukuran suhu sebelumnya.

Perhatikan keterangan fitur ini pada setiap alat dan pilih yang menunjang kebutuhan Anda. Selain termometer inframerah, kami juga memiliki artikel khusus yang membahas termometer digital. Klik link artikel di bawah ini, ya!

10 Rekomendasi termometer inframerah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk termometer inframerah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sinocare

No-Touch Forehead Thermometer

Sinocare  No-Touch Forehead Thermometer  1枚目

Ukurannya compact dan ringan dibawa ke mana saja

2

Miisoo

Thermometer Digital Infrared Gun

Miisoo Thermometer Digital Infrared Gun 1枚目

Desainnya ergonomis, nyaman digenggam, dan mudah dioperasikan

3

Kiseki

K3X Infrared Counter Non Contact Forehead Thermometer

Kiseki  K3X Infrared Counter Non Contact Forehead Thermometer 1枚目

Ringkas karena bisa dipasang di mana saja

4

Yuwell

Thermometer Dahi

Yuwell Thermometer Dahi 1枚目

Pantau fluktuasi suhu tubuh bayi dengan lebih mudah

5

Termometer Infrared K9 Pro 2 in 1

 Termometer Infrared K9 Pro 2 in 1 1枚目

Satu alat untuk dua fungsi, ukur suhu dan hand sanitizer

6

Polygreen

Termometer Telinga dan Dahi

Polygreen  Termometer Telinga dan Dahi 1枚目

Produk fleksibel, bisa digunakan pada dahi atau telinga

7

Nesco

Thermometer Infrared Forehead

Nesco Thermometer Infrared Forehead 1枚目

Terdapat mode bisu untuk mengukur suhu bayi tanpa mengganggunya

8

Krisbow

Termometer Infrared 32-42.5°C

Krisbow Termometer Infrared 32-42.5°C 1枚目

Mengukur suhu banyak orang tak perlu antri panjang dengan termometer ini

9

Beurer

Non-Contact Thermometer

Beurer  Non-Contact Thermometer  1枚目

Bisa menyimpan memori sebanyak 60 kali pengukuran

10

Little Giant

Dr Hugo Non-Contact Thermometer

Little Giant Dr Hugo Non-Contact Thermometer 1枚目

Ketahui hasil lebih cepat dengan tiga warna lampu yang menyesuaikan suhu tubuh

Perincian produk
Close
No.1

Sinocare No-Touch Forehead Thermometer R1D1

Mulai dari Rp499.999,00

Ukurannya compact dan ringan dibawa ke mana saja

Kelebihan:

  • Bentuknya compact dan bobotnya ringan
  • Dilengkapi fitur automatic off


Kekurangan:

  • Hanya bisa mengukur dalam satuan Celsius saja

Keistimewaan termometer ini adalah bentuknya yang compact dan ringan sehingga tidak melelahkan saat digenggam dalam waktu lama. Bahkan, Anda juga bisa membawanya ke mana saja tanpa repot. Dimensi ukurannya hanya 13,8 cm x 3,7 cm dan beratnya hanya ±50 gram. Sekalipun demikian, alat ini bisa mendeteksi suhu dengan keakuratan tinggi.

No.2

MiisooThermometer Digital Infrared GunIT-122

Mulai dari Rp500.000,00

Desainnya ergonomis, nyaman digenggam, dan mudah dioperasikan

Kelebihan:

  • Desainnya ergonomis
  • Fitur-fiturnya mudah dioperasikan karena tombolnya jelas
  • Hasil ukur akurat meski dari jarak yang cukup jauh

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan mengenai respons waktu termometer saat mendeteksi suhu

Bentuk termometer inframerah ini sangatlah ergonomis dan nyaman untuk digenggam sehingga tidak akan mudah terjatuh. Fitur-fiturnya pun mudah dioperasikan dengan tombol-tombol yang jelas. Jadi, siapa pun bisa menggunakannya tanpa kerepotan. 


Dengan jarak ukur yang cukup jauh, yaitu 5–9 cm, termometer tetap bisa mengukur suhu dengan akurat. Selain bisa digunakan di tempat umum, alat ini juga bisa Anda gunakan di rumah.

No.3

Kiseki K3X Infrared Counter Non Contact Forehead Thermometer

Mulai dari Rp150.000,00

Ringkas karena bisa dipasang di mana saja

Kelebihan:

  • Produk ringkas, bisa diletakkan di mana saja
  • Ada indikator suara jika suhu tubuh normal dan di atas normal

Kekurangan:

  • Produk belum include dengan baterai sehingga perlu membeli baterai secara terpisah

Karena bentuknya ringkas, alat ini bisa diletakkan di mana saja. Anda bisa memasangnya di dinding, kaca, atau di gerbang pintu dengan bantuan tripod. Jika Anda mencari termometer yang bisa dipasang di lokasi usaha atau kantor Anda, produk ini jawabannya! 


Termometer ini bisa memberi keamanan ekstra untuk mengantisipasi penyebaran virus. Pasalnya, produk ini dilengkapi dengan fitur suara sebagai indikator suhu tubuh. Jika suhu tubuh normal, alat akan mengeluarkan bunyi beep satu kali. Sementara itu, jika suhu tubuh tinggi, alat akan mengeluarkan bunyi beep tiga kali.

No.4

YuwellThermometer DahiYHW-1

Mulai dari Rp194.500,00

Pantau fluktuasi suhu tubuh bayi dengan lebih mudah

Kelebihan:

  • Mampu menyimpan hasil pengukuran hingga 30 data
  • Dilengkapi dengan lampu latar dan fitur fever alarm
  • Satuan ukurnya tersedia dalam Celsius dan Fahrenheit


Kekurangan:

  • Hanya untuk penggunaan di dahi

Jika Anda ingin melacak riwayat pengukuran suhu si kecil dengan mudah, produk ini dapat menjadi pilihan. Yuwell Thermometer Dahi dapat menyimpan hasil pengukuran hingga tiga puluh data.


Fitur ini tentunya akan berguna untuk memantau fluktuasi suhu bayi Anda ketika ia terkena demam. Untuk menggunakannya, arahkan detektor ke dahi bayi dengan jarak 3–7 cm. Anda bisa langsung mengetahui suhu si kecil dalam waktu 1 detik.

No.5

Termometer Infrared K9 Pro 2 in 1

Mulai dari Rp575.000,00

Satu alat untuk dua fungsi, ukur suhu dan hand sanitizer

Kelebihan:

  • Termometer multifungsi, bisa mengeluarkan hand sanitizer secara otomatis
  • Metode instalasinya bervariasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Respons waktunya tergolong cepat, hanya 0,5 detik

Kekurangan:

  • Produk kurang cocok dibawa bepergian

Alat yang satu ini memberi kepraktisan karena selain bisa mengecek suhu, juga bisa mengeluarkan hand sanitizer secara otomatis. Cara kerjanya adalah dengan mengukur suhu melalui telapak tangan, lalu hand sanitizer otomatis keluar. Metode instalasinya pun bervariasi. Anda bisa meletakkannya begitu saja, memasangnya di dinding, atau menggunakan tripod.


Selain itu, dalam satu wadahnya bisa menampung sebanyak 1.000 ml hand sanitizer sehingga tidak perlu sering-sering diisi ulang. Istimewa pula, alat ini bisa diisi dengan hand sanitizer jenis apa pun, baik gel maupun cair.

No.6

Polygreen Termometer Telinga dan DahiKI-8176

Mulai dari Rp450.000,00

Produk fleksibel, bisa digunakan pada dahi atau telinga

Kelebihan:

  • Bisa digunakan pada dahi atau telinga
  • Dibekali kotak penyimpanan


Kekurangan:

  • Tidak bisa dipakai dalam keadaan gelap karena tidak dibekali lampu latar


Bagi Anda yang mencari fleksibilitas pengecekan, gunakan saja termometer satu ini. Selain bisa digunakan untuk mengukur suhu melalui permukaan dahi, alat ini bisa mengukur suhu melalui telinga juga.


Termometer ini cocok sekali dimiliki oleh Anda yang memiliki anak aktif. Alat bisa mengecek suhu dengan cepat dan di bagian tubuh mana saja, sekalipun anak sedang bergerak. Desainnya pun menarik dan pas dalam genggaman. Selain itu, alat ini juga dapat menyimpan hasil sepuluh pengukuran terakhir.

No.7

NescoThermometer Infrared ForeheadUFR102

Mulai dari Rp390.000,00

Terdapat mode bisu untuk mengukur suhu bayi tanpa mengganggunya

Kelebihan:

  • Terdapat mode bisu untuk mengukur suhu bayi saat tertidur
  • Layar LED lebar, hasil ukur suhu mudah dibaca

Kekurangan:

  • Informasi mengenai rentang suhu dan akurasinya tidak disebutkan

Untuk mengukur suhu bayi yang sedang tidur, Anda membutuhkan alat yang silent. Alat ini adalah pilihan tepat karena Anda bisa menyetel mode bisu sehingga termometer tidak akan bersuara ketika menampilkan hasilnya.


Hasil suhu akan ditampilkan melalui layar LED yang lebar dan jelas sehingga mudah dibaca sekalipun lampu ruangan redup. Selain itu, termometer ini juga dilengkapi dengan fitur automatic off sehingga bisa memperpanjang masa pakai baterai.

No.8

KrisbowTermometer Infrared 32-42.5°C

Mulai dari Rp1.609.000,00

Mengukur suhu banyak orang tak perlu antri panjang dengan termometer ini

Kelebihan:

  • Respons waktunya cepat, hanya 0,5 detik untuk membaca suhu
  • Mengukur suhu aktual dalam dua satuan pengukuran, yaitu Celcius dan Fahrenheit

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi indikator level baterai

Jika sedang mencari termometer inframerah untuk digunakan di tempat umum, Anda membutuhkan alat yang bisa mendeteksi suhu dengan cepat. Hanya dibutuhkan waktu setengah detik saja untuk mendeteksi suhu tiap orang. Waktu yang diperlukan suhu termometer untuk kembali normal juga cukup singkat, yaitu 7 detik. Dengan demikian, antrian cek suhu jadi tidak terlalu panjang.

No.9

Beurer Non-Contact Thermometer FT 85

Mulai dari Rp1.530.000,00

Bisa menyimpan memori sebanyak 60 kali pengukuran

Kelebihan:

  • Mampu menyimpan 60 memory pengukuran suhu
  • Dilengkapi juga dengan fitur automatic off dan alarm demam

Kekurangan:

  • Jarak ukurnya tidak lebih dari 3 cm, jika lebih dari itu akurasinya berkurang

Salah satu kelebihan termometer inframerah adalah bisa menyimpan memory pengukuran suhu. Makin banyak memory yang disimpan, Anda bisa mendeteksi riwayat suhu-suhu sebelumnya. Terlebih lagi, jika Anda mencari termometer infrared untuk digunakan di tempat umum, alat ini akan sangat membantu.


Beurer memiliki daya penyimpanan yang lebih besar, yaitu enam puluh memory pengukuran suhu. Hal ini tentunya dapat mempermudah Anda untuk mengecek suhu para pengunjung sebelumnya.

No.10

Little GiantDr Hugo Non-Contact Thermometer

Mulai dari Rp935.000,00

Ketahui hasil lebih cepat dengan tiga warna lampu yang menyesuaikan suhu tubuh

Kelebihan:

  • Dilengkapi fitur backlight dengan tiga warna berbeda sebagai indikator suhu
  • Bisa mengukur berbagai suhu, seperti suhu air dan makanan untuk bayi

Kekurangan:

  • Respons waktu ukurnya agak lama, yaitu 2 detik

Salah satu keunggulan produk ini adalah backlight dengan tiga warna berbeda. Anda dapat mengetahui indikasi demam hanya dengan melihat warna lampunya saja. Jadi, tanpa melihat angka pada layar pun, Anda bisa mengetahui suhu tubuh dalam kondisi demam atau tidak.


Jika suhu tubuh dalam kondisi normal, lampu termometer ini akan berwarna hijau. Sebaliknya, jika terindikasi demam, lampu akan menjadi kuning atau merah. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan termometer dengan fitur backlight sebagai indikator demamnya.

Baca juga rekomendasi alat kesehatan lainnya di sini

Untuk screening kesehatan awal, Anda membutuhkan beberapa alat kesehatan lainnya selain termometer. Kami telah mengulas beberapa rekomendasi alat kesehatan lain, seperti pulse oximeter dan alat pengukur tekanan darah. Bukalah tautan di bawah ini dan dapatkan produk terbaik yang menunjang kebutuhan kesehatan Anda.

Kesimpulan

Termometer inframerah tidak hanya dibutuhkan untuk sarana umum, tetapi juga kebutuhan rumah tangga. Supaya alat tetap awet dan higienis, jangan lupa untuk membersihkannya secara berkala.

 
Gunakan kapas beralkohol untuk membersihkan gagang, layar LED, atau sensor. Selanjutnya, biarkan termometer kering, baru kemudian simpan di wadahnya. Kami harap, dengan artikel ini Anda terbantu untuk mendapatkan termometer inframerah yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih termometer terbaik Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer