• 10 Bluetooth Audio Transmitter Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Bluetooth Audio Transmitter Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Bluetooth Audio Transmitter Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Bluetooth Audio Transmitter Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Bluetooth Audio Transmitter Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Bluetooth Audio Transmitter Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Bluetooth audio transmitter adalah solusi untuk Anda yang menghargai kualitas suara. Saat Anda ingin menikmati suara dari TV atau PC lewat headphone atau speaker Bluetooth, produknya bisa membantu. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi membeli perangkat audio wireless.


Namun, spesifikasi produknya bervariasi. Produk yang bisa dijadikan receiver pun ada. Oleh karena itu, kami akan membagikan cara memilih Bluetooth audio transmitter terbaik untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Anker, FiiO, dan lainnya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dennis Novriandi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Sound engineer, Dennis Novriandi

Profil pakar: Sound engineer, Dennis Novriandi
Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio.


Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Apa fungsi Bluetooth audio transmitter?

TV atau PC yang tidak mendukung Bluetooth dapat dihubungkan ke perangkat wireless dengan Bluetooth audio transmitter. Produknya mengubah sinyal audio wired menjadi wireless. Sinyal tersebutlah yang akan dibaca oleh perangkat wireless Anda. Singkatnya, perangkat Anda diberikan kemampuan dalam mentransmisikan sinyal Bluetooth.


Bentuk Bluetooth audio transmitter beragam, dari yang berupa dongle sampai yang dilengkapi baterai. Jadi, kompatibilitasnya berbeda. Ada yang menggunakan kabel, ada pula yang plug & play. Namun, pada dasarnya prinsip kerja tiap produk sama. Anda hanya perlu menghubungkannya dengan perangkat yang dijadikan input audio. 


Spesifikasi produknya pun bervariasi. Tiap produk dibekali versi Bluetooth dan tipe codec yang berbeda. Jadi, tidak semuanya kompatibel dengan perangkat Anda, padahal produknya dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan musik hingga menonton film, lho. Karena itu, kami akan membantu Anda menemukan produk yang tepat.

Tabel perbandingan produk Bluetooth audio transmitter terbaik

Gambar produk
1
Ugreen Bluetooth 5.0 USB Adapter 1

Ugreen

2
Kebidu 2-in-1 Wireless Transmitter & Receiver 1

Kebidu

3
Anker Soundsync 1

Anker

4
PX Receiver Bluetooth Transmitter Audio 1

PX

5
GuliKit Route Air 1

GuliKit

6
Flang Transmitter & Receiver Bluetooth Adapter 1

Flang

7
RHA Bluetooth Adapter 1

RHA

8
MPOW Bluetooth Transmitter & Receiver 1

MPOW

9
FiiO BTA30 1

FiiO

10
Avantree Audikast Plus 1

Avantree

Nama produk

Bluetooth 5.0 USB Adapter

2-in-1 Wireless Transmitter & Receiver

Soundsync

Receiver Bluetooth Transmitter Audio

Route Air

Transmitter & Receiver Bluetooth Adapter

Bluetooth Adapter

Bluetooth Transmitter & Receiver

BTA30

Audikast Plus

Keunggulan

PC jadi punya Bluetooth. Bukan cuma untuk audio, lho!

Si kecil yang fleksibel, bisa jadi transmitter atau receiver!

Lebih tahan lama dengan kapasitas dayanya

Jarak koneksinya di atas rata-rata Bluetooth transmitter

Bentuknya unik, main game jadi lebih asyik

Tampil berbeda dengan desainnya yang manis

Membuat perjalanan panjang terasa menyenangkan

Desainnya compact, nyaman dijadikan receiver

Menawarkan kualitas audio wireless beresolusi tinggi

Volume suara yang rendah bukan masalah lagi

Harga mulai dariRp 80.000,00Rp 17.700,00Rp 1.254.000,00Rp 499.000,00Rp 225.000,00Rp 162.000,00Rp 679.000,00Rp 180.000,00Rp 1.350.000,00Rp 1.059.000,00
Jarak15 meter10 meter10 meter100 meter10 meter10 meter10 meterTidak tercantum30 meter30 meter
CodecSBCTidak tercantumaptX, aptX HD, aptx LLSBC, aptX, aptX HD, aptX LLSBC, aptX, aptX LLTidak tercantumaptX, aptX LLaptX, aptX HD, aptX LLSBC, aptX, aptX LL, aptX HD, LDACSBC, aptX, aptX LL, FS
Versi Bluetooth5.05.05.05.05.05.15.05.05.05.0
KompatibilitasUSBAUXAUX, RCA, opticalAUX, RCA, opticalUSB-CAUXAUXAUX, RCARCA, opticalAUX, optical, USB
Profil BluetoothA2DP, AVCRPA2DP, AVCRPTidak tercantumA2DPA2DPTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumA2DP, AVRCP, HSP, HFP
Jumlah koneksi1122212212
Sumber dayaUSBUSBMicro USBMicro USBUSB-CMicro USBUSB-CMicro USBUSB-CMicro USB
Durasi penggunaan--20 jam15 jam-4 jam16 jam14 jam--
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih Bluetooth audio transmitter

Lebih mudah memilih produk bila Anda sudah memahami spesifikasinya. Berikut ini kami akan memerinci poinnya satu per satu untuk Anda. Disimak baik-baik, ya.

Pilih produk berdasarkan situasi penggunaannya

Produk terbaik bisa ditentukan dari kebutuhan Anda dalam aktivitas sehari-hari. Karena itu, pastikanlah apakah produknya menawarkan fungsi yang Anda butuhkan.

Untuk digunakan di rumah, pilih yang jarak koneksinya 10 meter ke atas

Untuk digunakan di rumah, pilih yang jarak koneksinya 10 meter ke atas

Bila digunakan di rumah, kami merekomendasikan produk dengan jarak koneksi setidaknya 10 meter. Produknya dimaksudkan agar perangkat Anda yang menghasilkan suara dapat dihubungkan dari jarak jauh. Oleh sebab itu, jarak koneksi yang pendek akan menghilangkan esensi dari sebuah Bluetooth audio transmitter. Bluetooth versi 5.0 memiliki long range hingga 400 meter dan max range 1.000 meter di ruangan terbuka. 


Jarak koneksi bisa memengaruhi kemudahan penggunaan. Pilihlah produk dengan jarak koneksi yang panjang bila Anda ingin menghubungkannya ke TV di ruang keluarga. Dengan demikian, Anda masih bisa menikmati audionya ketika mondar-mandir di dalam rumah. Sebaliknya, penggunaan di luar ruangan tidak memerlukan jarak koneksi yang jauh.

Untuk digunakan oleh dua orang, pilih yang jumlah koneksinya mendukung

Untuk digunakan oleh dua orang, pilih yang jumlah koneksinya mendukung

Jika Anda ingin menikmati musik atau film bersama orang lain, pilihlah yang dapat dikoneksikan ke dua headphone sekaligus. Dengan demikian, Anda bisa menonton film atau bermain game bersama teman atau keluarga dengan tenang saat malam hari. Bluetooth versi 5.0 memungkinkan pengguna untuk memasang dua perangkat sekaligus. Namun, tidak semua produsen menyediakan fitur ini.

Sesuaikan profil Bluetooth-nya dengan perangkat Anda

Sesuaikan profil Bluetooth-nya dengan perangkat Anda

Pada dasarnya, Bluetooth audio transmitter menggunakan profil A2DP dan AVCRP. Jika Anda hanya ingin mengirim audio, A2DP sudah cukup. Sebaliknya, Anda memerlukan dukungan AVCRP untuk mengubah perangkat terhubung dengan kendali jarak jauh.


Perangkat audio Bluetooth hanya bisa berkomunikasi dengan perangkat dengan profil yang sama. Perlu diingat, Anda tidak akan dapat menghubungkan perangkat bila profil yang didukung berbeda.

Ketahui tipe codec produk pilihan Anda

Jika Anda mementingkan kualitas audio atau ingin menikmati game dan film dengan maksimal, periksalah tipe codec produknya. Ada beberapa tipe yang perlu Anda pahami lebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman audio yang maksimal.

SBC, untuk segala jenis perangkat

SBC, untuk segala jenis perangkat

Kualitas audio standar dari SBC bisa dipilih bila Anda tidak mengutamakan kualitas suara. SBC merupakan tipe codec yang paling umum dimiliki perangkat audio Bluetooth. Dengan demikian, Anda tetap dapat menikmati audio pada segala jenis perangkat. 


Meskipun demikian, ada kemungkinan gambar dan suaranya tidak sinkron karena terdapat delay 220 milidetik. Selain itu, codec ini kurang cocok untuk mendengarkan audio kualitas tinggi karena prioritasnya adalah kecepatan transfer. Jadi, Anda sebaiknya tidak memakai tipe ini untuk menonton TV atau film.

aptX, untuk pengguna Android dan perangkat dengan audio berkualitas tinggi

aptX, untuk pengguna Android dan perangkat dengan audio berkualitas tinggi

Tipe codec ini direkomendasikan untuk perangkat Android atau audio-video berkualitas tinggi. Delay aptX hanya 70 milidetik. Rasio kompresinya pun rendah. Dengan demikian, Anda dapat menikmati kualitas audio sekelas yang ditawarkan CD meski menggunakan Bluetooth. 


Anda yang mengutamakan kualitas audio akan puas dengan suara yang dihasilkan tipe ini. Anda juga bisa memilih aptX HD untuk memperoleh kualitas audio yang lebih jernih.

aptx LL, untuk bermain game dan menonton film

aptx LL, untuk bermain game dan menonton film

Delay antara video dan audio adalah hal lumrah dalam ekosistem wireless. Nah, bila Anda ingin meminimalkannya, kami merekomendasikan aptX LL. 


Codec tipe aptX LL menawarkan delay terendah yakni 40 milidetik saja. Kualitas suaranya mendekati level CD. Jadi, Anda dapat menikmati gambar dan suara secara maksimal. Spesifikasi tersebut sangat Anda butuhkan untuk bermain game.

Pastikan versi Bluetooth produknya kompatibel

Pastikan versi Bluetooth produknya kompatibel

Jika Anda ingin memaksimalkan performa Bluetooth audio transmitter, pastikan perangkat Anda memiliki versi Bluetooth yang sama. Sebagai contoh, produk dengan Bluetooth versi 3.0 direkomendasikan bila perangkat Anda mendukung versi tersebut.


Saat ini produk di pasaran mendukung versi Bluetooth yang bervariasi, dari 1.1 hingga 5.0. Tiap versi memiliki karakteristik tersendiri. Ada produk dengan keunggulan di sisi konsumsi daya, ada juga yang tingkat keamanannya tinggi. Jadi, pastikan Anda memeriksa versinya untuk memaksimalkan performa produknya masing-masing.


Perlu diketahui, setiap produk akan kompatibel dengan versi Bluetooth yang lebih rendah asalkan angka depannya sama. Jadi, versi 4.2 kompatibel dengan 4.0. Bagaimana jika terdapat perbedaan versi di antara perangkat? Produk dengan logo "Bluetooth SMART READY" umumnya bisa terhubung dengan versi yang lebih lama.

Perhatikan output yang ditawarkan produk

Perhatikan output yang ditawarkan produk

Jika Anda mengutamakan kualitas suara, pastikan produknya dilengkapi output yang kompatibel dengan perangkat Anda. Perlu diketahui, terdapat perbedaan kualitas suara yang dihasilkan oleh produk dengan output AUX, RCA, dan optical.


Produknya tidak selalu hanya dihubungkan ke TV, tetapi juga perangkat lain. Jika perangkat Anda dilengkapi input kabel optical, pastikan produk pilihan Anda menawarkan output yang sama.

Pahami perbedaan receiver dan transmitter

Pahami perbedaan receiver dan transmitter

Bluetooth audio transmitter adalah produk yang mudah tertukar dengan receiver. Masih banyak orang yang keliru membedakan keduanya. Anda tentunya tidak ingin repot-repot membeli yang baru karena telanjur memilih receiver, bukan?


Produk yang Anda butuhkan dipengaruhi oleh perangkat apa yang ingin ditambahkan dukungan Bluetooth. Sebagai contoh, receiver digunakan untuk perangkat dengan output audio seperti speaker dan headphone. Sementara itu, transmitter memberikan dukungan Bluetooth untuk perangkat yang digunakan sebagai input, contohnya TV dan PC.


Perlu diketahui, terdapat produk yang bisa dimanfaatkan sebagai transmitter dan receiver. Namun, spesifikasinya mungkin berbeda saat digunakan dalam mode tertentu. Jadi, periksalah kembali kelengkapan spesifikasinya agar sesuai dengan mode yang Anda butuhkan.


Kami memiliki artikel yang secara khusus membahas mengenai Bluetooth audio receiver. Anda bisa membacanya pada tautan di bawah ini.

10 Rekomendasi Bluetooth audio transmitter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Bluetooth audio transmitter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.

10
Jarak30 meter
CodecSBC, aptX, aptX LL, FS
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasAUX, optical, USB
Profil BluetoothA2DP, AVRCP, HSP, HFP
Jumlah koneksi2
Sumber dayaMicro USB
Durasi penggunaan-
9
Jarak30 meter
CodecSBC, aptX, aptX LL, aptX HD, LDAC
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasRCA, optical
Profil BluetoothTidak tercantum
Jumlah koneksi1
Sumber dayaUSB-C
Durasi penggunaan-
8

MPOWBluetooth Transmitter & Receiver

BH390B

Mulai dari Rp 180.000,00

JarakTidak tercantum
CodecaptX, aptX HD, aptX LL
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasAUX, RCA
Profil BluetoothTidak tercantum
Jumlah koneksi2
Sumber dayaMicro USB
Durasi penggunaan14 jam
7
Jarak10 meter
CodecaptX, aptX LL
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasAUX
Profil BluetoothTidak tercantum
Jumlah koneksi2
Sumber dayaUSB-C
Durasi penggunaan16 jam
6

FlangTransmitter & Receiver Bluetooth Adapter

GS2

Mulai dari Rp 162.000,00

Jarak10 meter
CodecTidak tercantum
Versi Bluetooth5.1
KompatibilitasAUX
Profil BluetoothTidak tercantum
Jumlah koneksi1
Sumber dayaMicro USB
Durasi penggunaan4 jam
5
Jarak10 meter
CodecSBC, aptX, aptX LL
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasUSB-C
Profil BluetoothA2DP
Jumlah koneksi2
Sumber dayaUSB-C
Durasi penggunaan-
4

PXReceiver Bluetooth Transmitter Audio

BRX-3600

Mulai dari Rp 499.000,00

Jarak100 meter
CodecSBC, aptX, aptX HD, aptX LL
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasAUX, RCA, optical
Profil BluetoothA2DP
Jumlah koneksi2
Sumber dayaMicro USB
Durasi penggunaan15 jam
3
Jarak10 meter
CodecaptX, aptX HD, aptx LL
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasAUX, RCA, optical
Profil BluetoothTidak tercantum
Jumlah koneksi2
Sumber dayaMicro USB
Durasi penggunaan20 jam
2

Kebidu2-in-1 Wireless Transmitter & Receiver

KN320

Mulai dari Rp 17.700,00

Jarak10 meter
CodecTidak tercantum
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasAUX
Profil BluetoothA2DP, AVCRP
Jumlah koneksi1
Sumber dayaUSB
Durasi penggunaan-
1
Jarak15 meter
CodecSBC
Versi Bluetooth5.0
KompatibilitasUSB
Profil BluetoothA2DP, AVCRP
Jumlah koneksi1
Sumber dayaUSB
Durasi penggunaan-

Baca juga rekomendasi produk aksesori lainnya untuk komputer dan laptop di sini

Anda ingin meng-upgrade perangkat audio Bluetooth? Kami punya rekomendasi Bluetooth headset dan dan Bluetooth speaker untuk Anda, lho. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi Bluetooth audio receiver bila perangkat Anda masih wired. Yuk, simak ulasan selengkapnya dari kami pada tautan-tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Sudah menemukan Bluetooth audio transmitter yang sesuai kebutuhan Anda? Jangan sampai produk pilihan Anda tidak kompatibel dengan perangkat milik Anda. Untuk itu, Anda perlu memeriksa spesifikasinya, antara lain versi Bluetooth dan tipe output.


Tipe codec produknya bisa dipilih bila Anda mengutamakan kualitas audio. Periksa juga fungsinya agar dapat disesuaikan dengan kebiasaan Anda. Pastinya jangan sampai tertukar dengan receiver, ya. Selain kualitas suaranya memuaskan, Bluetooth audio transmitter akan memudahkan aktivitas sehari-hari!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah ANKER, UGREEN, dan ENERGEA.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan penggunaan webcam makin meningkat. Hal ini karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam yang bagus dikeluarkan oleh berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel untuk laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merek Logitech, Microsoft, dan Razer. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Keyboard mechanical menjadi jenis keyboard yang cocok untuk kerja dam gaming. Ada beragam jenis keyboard mechanical yang digemari. Dua di antaranya adalah keyboard TKL (ten key less) tanpa numeric pad dan keyboard 60% yang lebih compact. Ada juga keyboard dengan lighting RGB yang menambah keseruan suasana gaming.Beberapa merek terkenal seperti Razer, Logitech, Rexus, dan lainnya merilis keyboard mechanical yang bagus. Apakah Anda sedang mencari keyboard mechanical terbaik? Simak juga komentar dari software engineer, Yosua Surojo, tentang keyboard mechanical. Pilihlah keyboard mechanical yang mudah dan nyaman digunakan untuk Anda!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Uninterruptible power supply (UPS) adalah perangkat yang berfungsi mengamankan data-data di komputer ketika tiba-tiba mati listrik. Saat listrik padam, UPS menjadi sumber listrik sementara sehingga Anda dapat mem-backup data-data Anda. Anda pun dapat mematikan PC secara normal sehingga dapat meminimalkan kerusakan. Kami akan mengulas poin penting dalam memilih UPS tersebut untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek UPS yang bagus, seperti Prolink, ICA, APC, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Jika Anda sedang mencari UPS, bacalah artikel ini hingga akhir!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori