• 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Antena parabola banyak digunakan untuk menangkap sinyal dan menonton acara channel luar negeri. Supaya berfungsi, parabola membutuhkan alat untuk mengirimkan sinyal dari dish ke televisi atau yang disebut receiver parabola. Agar dapat menonton acara favorit, Anda membutuhkan receiver yang sesuai dengan antena parabola yang dimiliki.


Supaya tak salah pilih, kami akan memandu Anda memilih receiver parabola serta menjelaskan fungsinya. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Matrix dan Tanaka. Ada receiver parabola terbaik tanpa berlangganan dan ada juga receiver parabola yang bisa buka semua acakan. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 November 2022
Daftar isi

Pengertian, fungsi, dan cara kerja receiver parabola

Pengertian, fungsi, dan cara kerja receiver parabola

Receiver parabola dikenal juga dengan sebutan decoder atau satellite receiver. Pada umumnya, receiver sudah tersedia di dalam paket antena parabola. Namun, Anda bisa membeli receiver secara terpisah bila belum memilikinya atau alat yang lama sudah rusak. Sebelum membahas cara kerja receiver parabola, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu tentang komponen-komponen pada antena parabola.


Antena parabola adalah alat berbentuk piringan besar yang digunakan untuk menangkap serta mentransmisikan data, termasuk sinyal televisi dan radio. Piringannya akan memantulkan sinyal ke titik fokus yang berada di bagian tengah. Pada titik fokus tersebut ditempatkan sebuah alat bernama LNB (low noise block). LNB akan mengonversi sinyal yang telah ditangkap supaya lebih mudah diolah oleh receiver.


Selanjutnya, receiver bertugas mendekripsi program atau sinyal yang ditangkap antena dan mengubahnya menjadi audiovisual di layar TV Anda. Receiver parabola akan mengirimkan saluran atau channel khusus berdasarkan paket berlangganan yang Anda gunakan. Dengan alat ini, Anda bisa menonton berbagai acara dari beragam saluran televisi, baik dalam maupun luar negeri.

Cara memilih receiver parabola

Setelah mengetahui fungsi dan cara kerja receiver parabola, kini saatnya Anda memilih produk yang ingin dibeli. Agar mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan, simaklah tips memilih yang kami siapkan di bawah ini!

Pilih berdasarkan jenis receiver parabola

Terdapat dua jenis receiver parabola berdasarkan provider atau penyedia layanan TV satelit, yakni receiver rekomendasi dan nonrekomendasi. Untuk lebih jelasnya, mari baca penjelasan dari kami berikut.

Receiver rekomendasi: Bisa menonton channel FTA dan FTV

Receiver rekomendasi: Bisa menonton channel FTA dan FTV

Receiver rekomendasi telah bekerja sama dengan provider atau penyedia layanan tv satelit. Saat memilih, sesuaikan merek receiver rekomendasi dengan siaran yang ingin Anda tonton. Sebagai contoh, pilihlah receiver Matrix atau Nex Parabola untuk menonton Mola TV. Untuk menonton RCTI, pilihlah receiver parabola K-Vision.


Anda bisa menyaksikan semua tayangan dengan receiver rekomendasi, baik dari channel FTA (free to air) maupun FTV (free to view). FTA merupakan channel tanpa enkripsi yang dapat diakses secara gratis. Di sisi lain, channel FTV memerlukan kode enkripsi tertentu yang hanya bisa diakses bagi yang berlangganan TV berbayar. FTV dikenal sebagai channel acak, scrambled channel, atau acakan.


Sayangnya, receiver rekomendasi memiliki fitur terbatas dan harganya relatif tinggi dibandingkan receiver nonrekomendasi. Meski begitu, Anda akan mendapatkan pengalaman menonton yang memuaskan berkat sinkronisasi gambar dan suara yang baik serta tanpa delay. Karena tak memiliki banyak fitur, receiver ini cocok dipilih oleh Anda yang menggunakan parabola mini.

Receiver nonrekomendasi: Awet, terjangkau, dan memiliki banyak fitur

Receiver nonrekomendasi: Awet, terjangkau, dan memiliki banyak fitur

Receiver nonrekomendasi adalah receiver pihak ketiga yang tidak terikat dengan provider TV satelit tertentu. Receiver ini hanya bisa digunakan untuk mengakses channel FTA sehingga siaran yang Anda tonton pun lebih terbatas.


Kabar baiknya adalah jenis decoder ini dijual dengan harga yang terjangkau, lebih tahan lama, dan dibekali banyak fitur. Receiver nonrekomendasi ideal dipakai oleh Anda yang memasang parabola besar.

Periksa LNB atau jenis pita frekuensi yang didukung

Periksa LNB atau jenis pita frekuensi yang didukung

Parabola terbagi ke dalam dua ukuran, yaitu parabola besar dan parabola mini. Tergantung ukuran parabola yang Anda gunakan, receiver yang cocok pun bisa berbeda. Hal ini disebabkan oleh pita frekuensi atau LNB mana yang didukung oleh receiver tersebut.


LNB terbagi ke dalam dua jenis, yaitu C-Band dan Ku-Band. LNB C-Band telah banyak digunakan sejak lama karena karakteristiknya yang kuat dan stabil meski terkena hujan deras. Karena pita frekuensinya kecil, receiver C-Band lebih ideal digunakan pada parabola besar dan parabola jaring.


Sementara itu, LNB Ku-Band memiliki frekuensi yang kuat sehingga cocok dipasangkan dengan parabola mini. Keuntungan lain dari jenis tersebut adalah lebih tahan terhadap suara bising. Anda pun tidak membutuhkan tempat yang besar untuk memasangnya. Saat ini telah banyak dijual receiver parabola hybrid yang kompatibel dengan kedua pita frekuensi, baik C-Band maupun Ku-Band.

Sesuaikan fitur yang tersedia dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan fitur yang tersedia dengan kebutuhan Anda

Untuk memenuhi kebutuhan Anda, receiver parabola juga dilengkapi berbagai fitur menarik. Oleh karena itu, pilihlah produk yang fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan. Agar tak salah pilih, mari simak beberapa fitur populer pada receiver parabola beserta kegunaannya berikut.


  • Port USB: Untuk menyambungkan USB atau hard disk agar dapat memutar video dan mendengarkan musik melalui layar televisi
  • Port HDMI: Untuk menyambungkan receiver parabola ke televisi berlayar tajam, seperti TV LED
  • Koneksi Wi-Fi: Untuk menyambungkan TV Anda ke internet supaya bisa menonton video melalui online platform, seperti YouTube

Cek kelengkapan alat-alat receiver parabola

Cek kelengkapan alat-alat receiver parabola

Hal terakhir dan yang tak boleh ketinggalan adalah memeriksa kelengkapan atau isi dari paket receiver parabola yang Anda beli. Paket tersebut umumnya berisikan satu buah receiver, remote control, buku panduan atau manual, kartu garansi, dan baterai


Namun, ada pula produsen atau penjual yang memberikan bonus berupa kabel USB dan HDMI. Jika ingin lebih hemat dan praktis, utamakanlah produk yang isinya paling lengkap.

10 Rekomendasi receiver parabola terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk receiver parabola terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 29 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa K-Vision BROMO C2000 masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Receiver Parabola Skybox A1 new AVS V3 Flash muncul sebagai produk terlaris ketiga. 

Gambar produk
1
K-Vision  Bromo C2000 1

K-Vision

2
Matrix Big Burger HD 1

Matrix

3
Skybox A-1 New 1

Skybox

4
Nex Parabola MOLA Nex Parabola 1

Nex Parabola

5
Nex Parabola  Garuda G2 1

Nex Parabola

6
Optus OP-66 HD 1

Optus

7
Gardiner G-88HD Oracle 1

Gardiner

8
Tanaka T-21 New Sakura HD K5S 1

Tanaka

9
Technosat  TS-2000 Krypton HD 1

Technosat

10
Tanaka T-22 Jurassic Metal HD K5S 1

Tanaka

Nama produk

Bromo C2000

Big Burger HD

A-1 New

MOLA Nex Parabola

Garuda G2

OP-66 HD

G-88HD Oracle

T-21 New Sakura HD K5S

TS-2000 Krypton HD

T-22 Jurassic Metal HD K5S

Keunggulan

Bisa langsung teraktivasi, mudah digunakan pemula!

Receiver parabola yang bisa membuka semua acakan channel

Ada alternatif power supply, tak perlu servis ketika kabel PSU rusak

Tonton berbagai serial barat langsung dari pemegang hak siarnya

Baru aktivasi langsung dapat bonus!

Lengkap dengan siaran favorit si kecil

Mudah dipasangkan ke aplikasi Kugo melalui QR code yang tertera di bodinya

Siaran favorit tak terlewatkan berkat fitur rekaman

Ringkas, tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang luas

Tahan banting dengan bodi metal yang kukuh!

Harga mulai dariRp 295.000,00Rp 157.500,00Rp 160.000,00Rp 309.000,00Rp 334.000,00Rp 305.000,00Rp 139.990,00Rp 165.000,00Rp 156.633,00Rp 237.000,00
Jenis receiverRekomendasiNonrekomendasiNonrekomendasi RekomendasiRekomendasiRekomendasiRekomendasiNonrekomendasi Tidak disebutkanNonrekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-BandC-Band dan Ku-BandTidak disebutkanC-Band dan Ku-BandC-Band dan Ku-BandC-Band dan Ku-BandC-Band dan Ku-BandC-Band dan Ku-BandTidak disebutkanC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI---
Koneksi Wi-Fi--- ---
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, adaptor, dan kartu garansiKabel RCA, baterai, remote, buku manual, dan kartu garansiRemote, baterai, kabel HDMI, buku manual, dan kartu garansiRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansiRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansiRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansiRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansiRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansiRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansiRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansi
Tautan produk
10
Jenis receiverNonrekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI
Koneksi Wi-Fi
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansi
9
Jenis receiverTidak disebutkan
Pita frekuensiTidak disebutkan
Port USB
Port HDMI-
Koneksi Wi-Fi-
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansi
8
Jenis receiverNonrekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI-
Koneksi Wi-Fi-
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansi
7
Jenis receiverRekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI
Koneksi Wi-Fi-
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansi
6
Jenis receiverRekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI
Koneksi Wi-Fi-
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansi
5
Jenis receiverRekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI
Koneksi Wi-Fi
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansi
4
Jenis receiverRekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI
Koneksi Wi-Fi-
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, buku manual, dan kartu garansi
3
Jenis receiverNonrekomendasi
Pita frekuensiTidak disebutkan
Port USB
Port HDMI
Koneksi Wi-Fi-
KelengkapanRemote, baterai, kabel HDMI, buku manual, dan kartu garansi
2
Jenis receiverNonrekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI-
Koneksi Wi-Fi
KelengkapanKabel RCA, baterai, remote, buku manual, dan kartu garansi
1
Jenis receiverRekomendasi
Pita frekuensiC-Band dan Ku-Band
Port USB
Port HDMI
Koneksi Wi-Fi
KelengkapanRemote, baterai, kabel RCA, adaptor, dan kartu garansi

Pertanyaan umum seputar receiver parabola

Pertanyaan umum seputar receiver parabola

Selain membahas cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan populer terkait receiver parabola. Agar Anda tidak penasaran lagi, simak jawabannya di bawah ini.

Bisakah receiver parabola menangkap siaran TV digital?

Receiver parabola secara teorinya tidak dapat menangkap siaran TV digital. Hal ini karena antena parabola mengambil sinyal dari satelit. Sementara itu, TV digital mendapatkan sinyal TV dari stasiun pemancar. Selain itu, frekuensi yang bisa ditangkap oleh TV digital berbeda dengan receiver parabola. TV digital memiliki frekuensi 478–694 MHz, sementara TV parabola memiliki frekuensi 3,6–18 GHz.

Apakah receiver parabola bisa menggunakan antena UHF?

Antena UHF tidak dapat digunakan untuk receiver parabola karena masih berupa sinyal analog. Sinyal analog tersebut diproses oleh tuner TV sehingga bisa menampilkan gambar dan suara. Maka dari itu, antena UHF hanya dapat dipasang langsung ke TV. Sementara itu, receiver parabola menggunakan antena parabola untuk menangkap sinyal.

Mengapa receiver parabola tidak ada sinyal?

Penyebab utama receiver parabola tidak ada sinyal adalah kesalahan program. Cara yang paling cepat untuk mendapatkan sinyal adalah dengan melakukan program ulang receiver. Program ulang dapat dilakukan dengan membuka menu setting atau pengaturan dalam receiver parabola. Selanjutnya, lakukanlah pencarian ulang terhadap semua channel.

Bisakah antena parabola digunakan untuk set top box?

Antena parabola menangkap sinyal frekuensi siaran TV dari satelit. Sementara itu, set top box (STB) hanya bisa menangkap sinyal frekuensi dari stasiun pemancar. Karena perbedaan sumber sinyal TV yang disalurkan, antena parabola tidak dapat digunakan untuk STB. Jika Anda ingin menggunakan STB, Anda bisa memilih antena yang dikhususkan untuk TV digital.


Bagi Anda yang mencari antena khusus TV digital, kami juga telah mengulasnya secara khusus di artikel berikut. Silakan dibaca untuk menambah referensi Anda.

Baca juga rekomendasi perangkat video lainnya di sini

Kami juga memiliki rekomendasi perangkat video selain receiver parabola, seperti antena, Android TV box, dan set top box. Jika Anda tertarik untuk mengetahui ulasan lengkapnya dari kami, silakan klik tautan-tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh produk receiver parabola terbaik yang bisa Anda dapatkan melalui toko online. Dari rekomendasi tersebut, manakah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan menarik minat Anda?


Saat memilih, carilah receiver yang kompatibel dengan parabola yang Anda pakai. Sesuaikan juga dengan tayangan yang ingin Anda tonton, apakah berada di channel FTA atau FTV. Selanjutnya, pilih produk dengan harga yang pas di kantong Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.Set-top box kini sudah dijual di toko offline dan online. Kami akan menunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Selain itu, kami juga memiliki rekomendasi berbagai merek set-top box terbaik, seperti EVERCOSS, AKARI, dan POLYTRON. Simaklah dari awal hingga akhir!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belum lama ini pemerintah Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, Sanex, PX, OASE, atau lainnya?Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penguat sinyal TV yang juga dikenal sebagai amplifier atau booster sinyal TV berguna untuk menguatkan gelombang radio yang lemah. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati gambar jernih pada TV digital ataupun analog. Namun, memilih produk yang bagus bukan hanya soal frekuensi siarannya, seperti UHF, VHF, atau digital terestrial. Memperhatikan spesifikasinya juga penting.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih penguat sinyal TV terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan. Ada produk dari merek Toyosaki, Tanaka, dan lainnya. Untuk TV LED, LCD, plasma, atau tabung? Semuanya ada!
    TV & perangkat video
  •  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera CCTV berguna untuk memantau supaya rumah Anda lebih aman. Maka dari itu, memilih kamera CCTV terbaik untuk rumah Anda merupakan hal yang penting. Namun, jenisnya sangat beragam, seperti kamera CCTV mini jarak jauh tanpa kabel atau yang untuk outdoor. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih kamera CCTV yang bagus.  Oleh karenanya, kami akan menjelaskan tips memilih kamera CCTV untuk rumah Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek CCTV terbaik, seperti Hikvision, Xiaomi, dan Dahua. Mari baca artikel ini agar Anda makin paham soal kamera CCTV!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini sudah banyak dijual smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi. Bahkan, beberapa smart TV memiliki fitur-fitur tambahan yang belum pernah ada sebelumnya, lho! Tak heran apabila Anda cukup kesulitan produk seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.Kami akan merekomendasikan berbagai merek yang bagus seperti Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuh. Mari simak terus sampai habis!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merek smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV murah juga bervariasi, mulai 24 inch, 32 inch, hingga 50 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori