• 10 Facial Wash Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Facial Wash Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022)

Permasalahan kulit wajah sering kali muncul saat masa remaja, seperti kulit berminyak yang sering menjadi pemicu munculnya jerawat. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah salah menggunakan facial wash atau sabun cuci muka. Untuk itu, kamu harus memilih facial wash yang tepat untuk kulit remaja.


Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih facial wash terbaik untuk remaja. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek facial wash yang bagus, seperti Pond's, Garnier, dan Clean & Clear. Artikel ini juga telah ditinjau oleh apoteker kami, Meilasari Tri Jayanti. Mari simak penjelasan lengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Meilasari T. Jayanti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Apoteker, Meilasari Tri Jayanti

Profil pakar: Apoteker, Meilasari Tri Jayanti
Meilasari T. Jayanti
Apoteker
Meilasari T. Jayanti

Meila adalah seorang apoteker yang berpengalaman hampir empat tahun menjadi Kepala Unit Produksi dan R&D. Ia bekerja di salah satu perusahaan farmasi multinasional yang bergerak di bidang manufaktur suplemen. Selama empat tahun terakhir, Meila berkarier di beauty industry untuk memperluas wawasan dan pengalamannya di dunia farmasi.


Selain menjadi bagian dari manajemen beberapa brand lokal di Indonesia, kini Meila juga menjadi konsultan beberapa beauty brand. Karier sebagai konsultan terasa menarik baginya karena bisa berbagi ilmu dengan pelaku bisnis skincare. Selain itu, Ia bisa memberikan solusi permasalahan, khususnya berkaitan dengan produk skincare.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih facial wash untuk remaja

Produk facial wash yang ada di pasaran sangatlah beragam. Namun, tidak semua produk tersebut cocok digunakan oleh remaja. Oleh karena itu, kamu harus memilih produk yang sesuai agar tidak memunculkan masalah di kulit wajah. Yuk, simak cara memilih facial wash untuk remaja berikut ini!

Ketahui tipe dan permasalahan kulit remaja

Hal utama yang harus kamu perhatikan dalam memilih facial wash untuk remaja adalah tipe kulit. Hal ini karena setiap tipe kulit memiliki penanganan yang berbeda. Kamu juga harus memperhatikan permasalahan kulit dalam memilih facial wash untuk remaja. Supaya lebih jelas, kamu bisa menyimak penjelasannya berikut.

Kulit normal, facial wash yang menjaga kebersihan kulit adalah pilihan tepat

Kulit normal, facial wash yang menjaga kebersihan kulit adalah pilihan tepat

Kulit normal memiliki ciri-ciri tidak terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering. Selain itu, tipe kulit ini juga memiliki kelembapan dan kekenyalan yang cukup. Hal ini karena minyak alami kulit tersebar secara merata. Meski demikian, produksi minyak juga tidak berlebihan.


Kulit normal juga memiliki pori-pori yang cenderung halus. Karena itulah, wajah yang bertipe kulit normal terlihat bersih. Untuk menjaga wajah tetap bersih, kamu yang berkulit normal bisa memilih facial wash yang menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. 

Kulit kering, gunakan facial wash tinggi pelembap yang tidak menghilangkan produksi sebum alami wajah

Kulit kering, gunakan facial wash tinggi pelembap yang tidak menghilangkan produksi sebum alami wajah

Tipe kulit kering ditandai dengan kulit wajah yang terasa kencang. Selang mencuci wajah dalam satu jam, biasanya akan muncul sisik pada tipe kulit kering. Tipe kulit ini juga cenderung terlihat kasar, pecah-pecah, bahkan kusam. Penyebabnya adalah produksi minyak alami yang kurang.


Facial wash yang sesuai untuk tipe kulit kering sebaiknya mengandung glycerin, vitamin E dan minyak jojoba, serta urea. Kandungan tersebut dapat menjaga kelembapan kulit dan membantu mencegah kulit kehilangan air. 


Selain itu, tipe kulit kering juga harus menghindari facial wash yang mengandung detergen. Hal ini karena detergen dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit wajah. Saat memilih produk, waspadailah zat surfaktan seperti Sodium Lauryn Sulfat (SLS).


Di samping itu, bahan pelembap pada facial wash dapat mengikat air di lapisan terluar kulit. Bahan tersebut juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan demikian, menggunakan facial wash yang tinggi pelembap dapat mencegah kulit kering, terutama pada saat suhu dingin.

Kulit berminyak, sebaiknya memilih facial wash yang mengontrol produksi minyak

Kulit berminyak, sebaiknya memilih facial wash yang mengontrol produksi minyak

Kondisi kulit berminyak berkebalikan dengan kulit kering. Sesuai dengan namanya, tipe kulit ini terjadi karena produksi minyak yang berlebihan. Ciri-ciri dari tipe kulit ini adalah berpori-pori besar dan terlihat mengilap serta rawan muncul jerawat.


Kamu yang bertipe kulit berminyak sebaiknya memilih facial wash yang mengontrol produksi minyak. Kamu bisa memilih facial wash yang mengandung niacinamide yang dapat menyerap minyak berlebih. Kamu juga harus menghindari facial wash yang mengandung minyak mineral, petrolatum, dan petroleum. Ketiganya dapat menyumbat pori-pori yang meningkatkan risiko munculnya jerawat.

Kulit berjerawat, pastikan teksturnya ringan dan tanpa kandungan bahan yang mengiritasi kulit

Kulit berjerawat, pastikan teksturnya ringan dan tanpa kandungan bahan yang mengiritasi kulit

Kulit berjerawat menjadi masalah banyak remaja. Dalam memilih facial wash untuk kulit berjerawat, kamu harus memperhatikan tekstur dan kandungannya. Kedua kondisi tersebut dapat memengaruhi kondisi kulit secara berkelanjutan.


Jenis foam cleanser lebih cocok digunakan untuk tipe kulit berminyak dan berjerawat. Kulit yang berjerawat juga harus menghindari facial wash yang mengandung scrub karena dapat menyebabkan iritasi. Untuk kandungannya, sebaiknya menghindari facial wash yang mengandung surfaktan karena dapat mengikat minyak. 


Sebaliknya, jika kulit Anda cenderung kering berjerawat, pilihlah facial wash dengan tekstur gel dibandingkan foam. Kebanyakan facial wash berbentuk foam dapat menyerap sebum. Padahal, tidak semua jenis kulit berjerawat disebabkan oleh minyak berlebih. Selain itu, Anda juga bisa memilih facial wash dengan kandungan antibakteri.

Kulit sensitif, hindari facial wash yang mengandung bahan kimia penyebab alergi dan fragrance

Kulit sensitif, hindari facial wash yang mengandung bahan kimia penyebab alergi dan fragrance

Kulit sensitif adalah kulit yang mudah mengalami iritasi. Iritasi tersebut penyebabnya berupa zat-zat tertentu yang terdapat pada kosmetik atau produk perawatan wajah. Salah satu ciri kulit sensitif adalah terasa perih ketika dibersihkan. Selain itu, jenis kulit ini juga mudah memerah dan gatal. Bahkan, terkadang terlihat pembuluh darah halus di area pipi.


Tipe kulit sensitif terbilang sulit dalam menemukan facial wash. Jika tipe kulit kamu demikian, hendaknya memilih facial wash yang tidak mengandung alergen. Kamu juga disarankan untuk tidak menggunakan facial wash dengan bahan fragrance atau pewangi tambahan. Produk yang mengandung alkohol, sulfat, dan benzoil peroksida juga harus dihindari karena dapat menyebabkan iritasi.


Bingung memilih produk yang tepat? Perhatikanlah klain hypoallergenic pada facial wash yang akan kamu pilih. Biasanya, produk tersebut sudah teruji secara klinis cocok untuk jenis kulit sensitif.

Pilih berdasarkan jenis facial wash

Pilih berdasarkan jenis facial wash

Ada beberapa jenis facial wash yang memiliki tekstur berbeda-beda. Setiap tipe dan permasalahan kulit sebaiknya menggunakan jenis facial wash dengan tekstur yang tepat. Dengan memilih tekstur facial wash yang sesuai, permasalahan pada kulit wajah tidak akan bertambah parah. Berikut ini adalah beberapa tekstur facial wash.


  • Gentle cleanser atau creamy wash: Facial wash jenis ini tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi. Bahkan, beberapa produk sudah teruji secara dermatologi. Oleh karena itu, jenis ini cocok untuk kamu yang berkulit sensitif.


  • Foam cleanser: Facial wash jenis foam cleanser menjadi jenis yang paling mudah ditemukan dan paling banyak digunakan. Kamu yang berkulit normal atau berminyak bisa menggunakan facial wash jenis ini. Setelah menggunakannya, umumnya kulit akan terasa lebih kesat. 


  • Gel cleanser: Facial wash jenis gel bisa menjadi pilihan untuk tipe kulit sensitif sekaligus berjerawat. Gel memberikan sensasi dingin yang dapat menenangkan peradangan pada kulit berjerawat. Selain itu, teksturnya juga tidak memperparah jerawat sehingga bisa terhindar dari iritasi.

Kenali kandungan yang dibutuhkan kulit remaja

Kenali kandungan yang dibutuhkan kulit remaja

Kandungan dalam facial wash juga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih. Salah satu kandungan yang direkomendasikan adalah benzoil peroksida dengan kisaran 5–10%. Kandungan tersebut efektif untuk kulit yang berjerawat. Kemudian, kamu bisa juga memilih produk yang mengandung asam salisilat sebanyak 1–5% untuk membantu pembukaan pori-pori.


Ada beberapa kandungan bahan yang harus dihindari, yakni phthalate dan paraben. Kedua jenis bahan tersebut berfungsi sebagai pengawet produk. Namun, kedua bahan ini sering memiliki efek samping yang berakibat pada masalah kesehatan. 


Di samping itu, ada juga kandungan triklosan yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Facial wash yang mengandung wewangian sintetis dan detergen juga sebaiknya dihindari. Sebisa mungkin pilihlah facial wash berlabel hypoallergenic ataupun non-comedogenic. Produk-produk ini diklaim aman dari bahan kimia berbahaya tidak menyumbat pori.

10 Rekomendasi facial wash terbaik untuk remaja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk facial wash terbaik untuk remaja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Meilasari Tri Jayanti.

10

KaoBiore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear

Mulai dari Rp 25.000,00

Tipe kulitKulit berminyak
JenisFoam cleanser
Isi100 gram
KandunganSorbitol, myristic acid, lauryl, hydroxysultaine
Pelembap✔︎
9
Tipe kulitKulit berminyak
JenisGel cleanser
Isi100 ml
KandunganAmmonium lauryl sulfate, neem leaf extract, cocamidopropyl betaine, sodium cocoyl glutamate & disodium cocoyl glutamate, glycerin
Pelembap✔︎
8
Tipe kulitSemua tipe kulit
JenisGentle cleanser
Isi125 ml
KandunganCetyl alcohol, propylene glyco, gycerin
Pelembap✔︎
7

Mineral BotanicaPerfect Purifying Facial Foam

Mulai dari Rp 28.900,00

Tipe kulitSemua tipe kulit
JenisFoam cleanser
Isi100 ml
KandunganStearic acid, glycerin, lauryl betaine, myristic acid, palmitic acid, Salicylic acid, Licorice
Pelembap✔︎
6
Tipe kulitKulit berjerawat
JenisCreamy wash
Isi100 gram
KandunganGlycerine, lauryl hydroxy sulfobetain, lauric acid, palmitic acid, salicylic acid, zinc gluconate, lauric acid dan niacinamide
Pelembap✔︎
5

RohtoHada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash

Mulai dari Rp 38.900,00

Tipe kulitKulit berminyak
JenisFoam cleanser
Isi100 gram
KandunganHyaluronic acid, arbutin, whitening extract
Pelembap✔︎
4

GarnierPure Active Matcha Foam Facial Cleanser

Mulai dari Rp 27.500,00

Tipe kulitKulit berminyak
JenisFoam cleanser
Isi100 gram
KandunganGlycerin, myristic acid, palmitic acid, stearic acid
Pelembap✔︎
3

UnileverPond’s Bright Beauty Facial Foam

Mulai dari Rp 30.500,00

Tipe kulitKulit normal dan berminyak
JenisFoam cleanser
Isi100 gram
KandunganRoseship seed extract, vitamin B3, 4D hyaluronic acid complex
Pelembap✔︎
2
Tipe kulitKulit normal
JenisFoam cleanser
Isi100 ml
KandunganSummer plum, niacinamide, vitamin B3, stearic acid, glycerin
Pelembap✔︎
1

Johnson & JohnsonClean & Clear Foaming Face Wash

Mulai dari Rp 20.100,00

Tipe kulitKulit berminyak
JenisFoam cleanser
Isi100 ml
KandunganGlycerin, myristic acid, lauric acid, lauryl phosphate
Pelembap✔︎

Tabel perbandingan produk facial wash terbaik untuk remaja

Gambar produk
1
Johnson & Johnson Clean & Clear Foaming Face Wash 1

Johnson & Johnson

2
Emina Cosmetics Bright Stuff Whip Face Wash 1

Emina Cosmetics

3
Unilever Pond’s Bright Beauty Facial Foam 1

Unilever

4
Garnier Pure Active Matcha Foam Facial Cleanser 1

Garnier

5
Rohto Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash 1

Rohto

6
Rohto Acnes Creamy Wash 1

Rohto

7
Mineral Botanica Perfect Purifying Facial Foam 1

Mineral Botanica

8
Galderma Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Galderma

9
Himalaya Purifying Neem Face Wash 1

Himalaya

10
Kao Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear 1

Kao

Nama produk

Clean & Clear Foaming Face Wash

Bright Stuff Whip Face Wash

Pond’s Bright Beauty Facial Foam

Pure Active Matcha Foam Facial Cleanser

Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash

Acnes Creamy Wash

Perfect Purifying Facial Foam

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Purifying Neem Face Wash

Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear

Keunggulan

Kontrol minyak hingga 8 jam dan tumpas bakteri penyebab jerawat

Melindungi kulit dari dampak polusi sehingga tampak bersih dan cerah

Menutrisi kulit dengan baik dan menjadikannya lembut sekaligus kenyal

Bersihkan debu polusi yang menempel di kulit wajah

Meratakan warna kulit dan menjaga kelembapan kulit

Mencegah kulit kemerahan akibat peradangan dan jerawat

Ampuh menyelesaikan permasalahan kulit kusam

Hypoallergenic dan tanpa pewangi, cocok untuk semua jenis kulit

Kulit bersih, cerah, serta bebas dari minyak berlebih dan jerawat

Jadikan penampilan jauh dari bekas jerawat dan noda hitam

Harga mulai dariRp 20.100,00Rp 20.000,00Rp 30.500,00Rp 27.500,00Rp 38.900,00Rp 25.300,00Rp 28.900,00Rp 124.700,00Rp 40.000,00Rp 25.000,00
Tipe kulitKulit berminyakKulit normalKulit normal dan berminyakKulit berminyakKulit berminyakKulit berjerawatSemua tipe kulitSemua tipe kulitKulit berminyakKulit berminyak
JenisFoam cleanserFoam cleanserFoam cleanserFoam cleanserFoam cleanserCreamy washFoam cleanserGentle cleanserGel cleanserFoam cleanser
Isi100 ml100 ml100 gram100 gram100 gram100 gram100 ml125 ml100 ml100 gram
KandunganGlycerin, myristic acid, lauric acid, lauryl phosphateSummer plum, niacinamide, vitamin B3, stearic acid, glycerinRoseship seed extract, vitamin B3, 4D hyaluronic acid complexGlycerin, myristic acid, palmitic acid, stearic acidHyaluronic acid, arbutin, whitening extractGlycerine, lauryl hydroxy sulfobetain, lauric acid, palmitic acid, salicylic acid, zinc gluconate, lauric acid dan niacinamideStearic acid, glycerin, lauryl betaine, myristic acid, palmitic acid, Salicylic acid, LicoriceCetyl alcohol, propylene glyco, gycerinAmmonium lauryl sulfate, neem leaf extract, cocamidopropyl betaine, sodium cocoyl glutamate & disodium cocoyl glutamate, glycerinSorbitol, myristic acid, lauryl, hydroxysultaine
Pelembap✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar facial wash

Pertanyaan umum seputar facial wash

Kami telah membahas cara memilih dan rekomendasi produk facial wash. Sekarang kami akan menjawab pertanyaan populer seputar facial wash. Perhatikan pertanyaan dan jawaban berikut agar kamu juga tidak ketinggalan informasinya.

Apa sabun muka yang cocok untuk remaja?

Remaja masih mengalami perubahan hormon dan menjalani aktivitas yang cukup tinggi tiap harinya. Jadi, mencuci muka merupakan hal yang penting untuk menghindari timbulnya jerawat selama masa puber.


Dalam memilih sabun muka, sesuaikan dengan tipe dan permasalahan kulit. Dengan begitu, kamu akan mudah menemukan sabun muka yang cocok. Kamu juga bisa mengecek tekstur dan kandungan yang terdapat pada sabun muka. Kedua hal tersebut berkaitan juga dengan tipe dan permasalahan kulit. Selanjutnya, pastikan sabun muka mengandung pelembap untuk menjaga elastisitas kulit wajah.

Bagaimana cara mengetahui sabun muka cocok atau tidak?

Cara mengetahui sabun muka cocok atau tidak dapat dilakukan dengan melihat kondisi sebelum dan sesudah penggunaan. Setelah kamu mencuci wajah menggunakan facial wash, perhatikan apakah kulit wajah langsung terasa kencang dan cenderung kering. Jika setelah 2–3 kali pemakaian kulit kamu makin terasa kering diikuti kemunculan iritasi dan perih, hentikanlah penggunakan facial wash.


Apabila kondisi kulit kamu berjerawat, kecocokan facial wash akan terasa saat tidak menimbulkan jerawat baru dan terlihat memberikan efek menenangkan. Jerawat akan terlihat kempes dan tidak meradang. Kondisi tersebut baru akan terasa setelah 3–5 hari.

Baca juga rekomendasi produk sabun muka lainnya di sini

Merawat muka dengan facial wash tidak hanya menjadi kebutuhan remaja, tetapi juga menjadi kebutuhan semua usia. Kamu yang ingin mengetahui dan sedang mencari produk sabun cuci muka lainnya bisa membaca artikel berikut ini.

Kesimpulan

Menjaga kebersihan wajah pada usia remaja memanglah penting. Hal ini karena banyak permasalahan kulit yang bisa muncul saat usia remaja. Kamu bisa mulai merawat kebersihan wajah dengan menggunakan produk facial wash yang sesuai.


Untuk memilih produk facial wash yang sesuai, kenali terlebih dahulu tipe kulit kamu. Kamu juga bisa mengikuti cara memilih yang telah kami sampaikan dan memilih produk yang direkomendasikan. Selamat merawat kulit wajah kamu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi tekstur kasar pada kulit.Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus. Sebut saja merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop. Nah, kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit kering dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 7 Rekomendasi Acnes Facial Wash Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    7 Rekomendasi Acnes Facial Wash Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit berjerawat merupakan salah satu permasalahan yang banyak dialami wanita Indonesia, terlebih para remaja. Karena itu, Acnes berfokus menghadirkan produk facial wash untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit berjerawat. Nah, kira-kira, Acnes facial wash mana yang diperlukan untuk permasalahan kulit Anda, ya?Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih Acnes facial wash yang bagus untuk Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan produk-produk terbaiknya, seperti Acnes Facial Wash Complete White, Acnes Face Wash Yogurt, dan lainnya. Apakah Anda tak sabar memiliki kulit sehat dan bebas jerawat? Baca terus artikelnya, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori