• 9 Dompet Digital Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Dompet Digital Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Dompet Digital Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Dompet Digital Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Dompet Digital Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Dompet Digital Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Keuangan (Terbaru Tahun 2022)

Dompet digital adalah aplikasi yang menampung uang sementara untuk transaksi nontunai, baik online maupun offline. Dompet digital disukai karena menawarkan kemudahan bertransaksi tanpa mengharuskan penggunanya ke bank atau ATM. Cukup melalui smartphone, Anda sudah bisa membayar makanan, tagihan, dan belanja online.

Saat ini banyak aplikasi dompet digital terbaik yang menjamur, seperti DANA dan OVO. Dompet digital tersebut menawarkan berbagai kemudahan pembayaran, termasuk promo-promo menggiurkan. Kami merekomendasikan merek dompet digital yang bagus untuk Anda yang suka belanja online atau bayar nontunai. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi keuangan kami, Yayu Noviyanti.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yayu Noviyanti, ME
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Desember 2022
Daftar isi

Profil pakar: Praktisi keuangan, Yayu Noviyanti, ME

Profil pakar: Praktisi keuangan, Yayu Noviyanti, ME
Yayu Noviyanti, ME merupakan praktisi industri keuangan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan dan Magister Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung. Selain berpengalaman sebagai analyst di Pasar Modal Indonesia serta Financial Teknologi, Yayu Noviyanti memiliki beberapa sertifikasi industri keuangan, seperti APERD, WPPE dan AAJI.

Ia juga pernah mengikuti berbagai pelatihan di industri keuangan, salah satunya adalah Perencanaan Keuangan Syariah. Anda dapat menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak mengenai dunia keuangan dan investasi.
Yayu Noviyanti, ME
Praktisi Keuangan
Yayu Noviyanti, ME

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih dompet digital

Anda harus jeli memilih dompet digital untuk keperluan transaksi nontunai Anda. Beberapa cara memilih dompet digital terbaik akan kami paparkan berdasarkan popularitas, kelengkapan fitur, dan kemudahan pemindahan saldonya.

Carilah berdasarkan popularitasnya

Tak dapat dimungkiri, popularitas dompet digital dapat memberi keuntungan lebih bagi nasabahnya. Merchant-merchant yang bekerja sama juga dapat dijadikan patokan dalam memilih dompet digital sesuai kebutuhan Anda.

Makin banyak merchant yang bekerja sama, makin menguntungkan

Makin banyak merchant yang bekerja sama, makin menguntungkan

Konsumen saat ini berada pada kondisi yang diuntungkan oleh keberadaan dompet digital. Selain karena penggunaannya praktis dan mudah bagi pengguna, dompet digital juga banyak menawarkan promo dengan berbagai merchant yang digunakan. 


Dompet digital sedang gencar melakukan promosi ke berbagai merchant populer baik online maupun offline. Mulai dari restoran, gerai mal, supermarket, bioskop, transportasi, bahkan SPBU sudah bekerja sama dengan dompet digital. Banyak promo menggiurkan yang bertujuan menarik minat calon pengguna atau memanjakan pengguna setianya.


Pilihlah merchant-merchant yang sering Anda kunjungi atau yang berada di sekitar lokasi Anda. Setelah itu, perhatikan dompet digital apa yang sering bekerja sama dengan merchant-merchant tersebut. Dengan memanfaatkan program promosi dari dompet digital, Anda bisa mendapatkan diskon, cashback, atau point reward dari promosi.


Tidak jarang konsumen harus mempunyai lebih dari satu dompet digital untuk memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan tersebut. Namun, hal tersebut bisa menjadi beban bagi pengguna, misalnya biaya top up yang harus ditanggung dari tiap dompet digital. Oleh karena itu, pilihlah dompet digital yang banyak bekerja sama dengan berbagai merchant.

Banyaknya pengguna dapat memudahkan transaksi

Banyaknya pengguna dapat memudahkan transaksi

Kemudahan bertransaksi juga didukung oleh banyaknya pengguna dompet digital itu sendiri. Saat ini, transfer dari dan ke dompet digital yang berbeda belum dapat dilakukan. Saat memilih aplikasi e-wallet, pertimbangkan dompet digital yang populer di lingkungan Anda, baik rumah, sekolah, maupun kantor. Dengan begitu, Anda akan merasakan keuntungan sebagai berikut:


  • Bagi seller dan konsumen
Dengan memilih aplikasi yang populer, Anda akan lebih mudah menjumpai cara bayar dengan aplikasi dompet digital Anda pada banyak gerai. Transaksi pembayaran pun jadi lebih mudah tanpa memikirkan uang kembalian.

  • Bagi sesama pengguna
Jika biasanya transfer antarbank membutuhkan biaya administrasi, e-wallet tidak demikian. Transfer uang menggunakan dompet digital bebas biaya admin dan bisa dilakukan dengan cepat. Bila Anda kebetulan belum mengisi saldo dompet digital, Anda dapat meminta bantuan teman Anda.

Banyaknya pengguna dompet digital tentu akan meningkatkan kemudahan transaksi antar penggunanya. Akan tetapi, saat ini penggunaannya masih didominasi oleh kaum muda yang tinggal di perkotaan. Peningkatan transaksi dompet digital akan memengaruhi kepercayaan merchant untuk mempermudah nasabah menggunakan dompet digital tersebut.

Cek kelengkapan fiturnya

Kelengkapan fitur menjadi daya tarik utama dari dompet digital. Selain menyediakan layanan pembayaran nontunai pada umumnya, Anda harus memperhatikan fitur-fiturnya, seperti paylater atau scan QRIS.

Pembayaran online, pembayaran yang mudah dan aman cukup dari rumah

Pembayaran online, pembayaran yang mudah dan aman cukup dari rumah

Pembayaran online adalah fitur dasar bagi dompet digital. Karena berbasis aplikasi, dompet digital umumnya digunakan untuk pembayaran nontunai online. Beberapa pembayaran yang difasilitasi dompet digital di antaranya:


  • Hiburan: tiket bioskop, tiket event, tiket wahana, layanan streaming, dll.
  • Transportasi: tiket KAI, pesawat, pembayaran ojol, dll.
  • Produk digital: pulsa, paket data, token listrik, voucher game, dll.
  • Tagihan: listrik, air, telepon, internet, TV kabel, kartu kredit, BPJS, asuransi, dll.
  • Lain-lain: pembayaran belanja di marketplace, zakat, investasi, dll.

Fasilitas tersebut dapat dinikmati di beberapa e-wallet, seperti GoPay, DANA, dan OVO. Anda dapat memilih dompet digital yang menyediakan pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda.


Dompet digital mempermudah transaksi dari mana saja, bahkan ada dompet digital yang dapat digunakan di luar negeri. Pengguna bisa menggunakan dompet digital dari luar negeri untuk berbelanja di e-commerce yang bekerja sama. Hal ini sangat praktis ketika pengguna ingin membelikan hadiah untuk kerabat atau teman di tanah air.

QR code, alternatif pembayaran yang lebih mudah

QR code, alternatif pembayaran yang lebih mudah

Sistem pembayaran QR bisa ditemukan di banyak tempat, baik di merchant besar maupun kecil. Beberapa gerai di mal, food court, dan bahkan warung sudah memasang kode QR untuk pembayaran.


Saat ini, Bank Indonesia bahkan menciptakan kode QR yang bersifat universal, yaitu Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Ini merupakan upaya standardisasi BI untuk menyatukan berbagai macam kode QR dari beragam e-wallet. Satu QRIS bisa menerima pembayaran dari segala macam dompet digital!


Sistem pembayaran dengan QRIS sangat praktis karena cepat, terpantau, dan aman. QRIS dapat digunakan oleh seluruh aplikasi. Dengan menggunakan QRIS, merchant hanya perlu membuka rekening pada salah satu penyelenggara QRIS yang terdaftar di Bank Indonesia.

Paylater, cara pembayaran seperti kartu kredit, belanja dulu bayar kemudian

Paylater, cara pembayaran seperti kartu kredit, belanja dulu bayar kemudian

Ketika menjumpai promo menarik atau ada keperluan mendesak, Anda mungkin sering mendapati saldo yang tidak cukup. Anda tak perlu khawatir karena beberapa dompet digital kini punya fitur paylater. 


Fitur tersebut memungkinkan Anda melakukan pembayaran nontunai meskipun saldo kosong. Paylater memiliki cara kerja yang sama seperti kartu kredit di mana Anda akan diberi limit saldo dengan nominal tertentu.


Bila Anda memanfaatkan paylater, Anda akan menerima tagihan berupa pokok pinjaman, beserta bunga, dan biaya administrasinya. Penagihan ini dapat dilakukan pada akhir bulan atau awal bulan berikutnya. Layanan ini dapat dinikmati oleh akun yang telah terverifikasi.


Namun, Anda patut berhati-hati, bila telat membayar Anda harus membayar dendanya. Fitur paylater ini sudah ada di e-wallet GoPay, DANA, ShopeePay, dan LinkAja.

Manfaatkan kemudahan pemindahan saldonya

Salah satu hal yang penting dalam memilih dompet digital adalah kemudahan pemindahan saldonya. Hal tersebut harus Anda perhatikan agar ketika saldo kosong, Anda tidak butuh waktu lama untuk mengisinya. Apalagi ketika Anda sedang mengejar promo diskon atau cashback dari merchant.

Isi saldo bisa dari bank, ATM, bahkan driver ojek online

Isi saldo bisa dari bank, ATM, bahkan driver ojek online

Metode pengisian saldo e-wallet yang pertama adalah setoran tunai. Anda bisa mengisi saldo secara tunai di ATM atau melalui kasir minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Anda juga bisa mengisi secara tunai di booth mal-mal dan juga driver ojek online Anda.


Sayangnya, tidak semua dompet digital mendukung semua metode setoran tunai tersebut. Sebagai contoh, pengisian saldo melalui driver ojek online hanya berlaku untuk GoPay dan OVO.


Metode pengisian saldo dompet digital yang berikutnya adalah transfer nontunai dari mobile banking dan internet banking. Anda harus mempunyai rekening bank yang terhubung dengan fasilitas mobile banking atau internet banking.


Namun, beberapa dompet digital atau bank menerapkan biaya administrasi untuk pengisian saldo. Anda harus jeli memilih dompet digital atau metode pembayaran mana yang bebas biaya administrasi pengisian saldo.


Besaran biaya pengisian saldo pada bank digital bervariasi antara Rp1.000 hingga Rp1.500. Oleh sebab itu, jika dalam sebulan Anda mengisi saldo cukup sering, biaya baru dapat timbul. Anda dapat memanfaatkan perusahaan financial technology yang memberikan layanan gratis transfer untuk beberapa dompet digital.

Tarik saldo bisa langsung ke rekening bank atau melalui ATM dan minimarket

Tarik saldo bisa langsung ke rekening bank atau melalui ATM dan minimarket

Selain dapat diisi ulang, beberapa saldo aplikasi dompet digital juga bisa ditarik secara tunai maupun nontunai. Penarikan nontunai biasanya dilakukan ke rekening bank. Sementara penarikan tunai biasanya bisa dilakukan di ATM atau EDC minimarket.


Kemudahan dompet digital juga dirasakan masyarakat yang tidak dapat menjangkau layanan perbankan. Penarikan saldo yang dapat dilakukan di minimarket akan memudahkan pengguna yang sulit ke bank ataupun ATM. Hal ini berkat minimarket yang tersebar lebih banyak daripada bank ataupun ATM.


Contohnya, saldo i.Saku bisa ditarik di kasir Indomaret dan ATM CIMB Niaga, sedangkan GoPay di ATM BCA. Lain halnya dengan LinkAja, yang hanya bisa ditarik di ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.


Anda juga harus tahu bahwa tidak semua saldo di dompet digital bisa ditarik. Beberapa dompet digital menerapkan saldo cashback berbentuk poin, koin, atau saldo bonus yang hanya bisa dipakai terbatas. Saldo tersebut umumnya hanya bisa dipakai untuk transaksi di aplikasi dompet digital.


Beberapa contoh saldo yang tidak bisa ditarik adalah koin Shopee, OVO Points, dan Saldo Bonus LinkAja. Penarikan saldo dompet digital pada umumnya juga berbayar, tetapi beberapa di antaranya ada yang gratis.

9 Rekomendasi dompet digital terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan aplikasi dompet digital terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play Store dan App Store.


Disclaimer: Sembilan aplikasi dompet digital di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yayu Noviyanti, ME.

Gambar produk
1
AirPay International Indonesia ShopeePay by Shopee 1

AirPay International Indonesia

2
Bank CIMB Niaga Rekening Ponsel by OCTO Mobile 1

Bank CIMB Niaga

3
Aplikasi Karya Anak Bangsa GoPay by Gojek Indonesia 1

Aplikasi Karya Anak Bangsa

4
Espay Debit Indonesia Koe DANA 1

Espay Debit Indonesia Koe

5
Fintek Karya Nusantara LinkAja 1

Fintek Karya Nusantara

6
Visionet International OVO 1

Visionet International

7
Bank Central Asia Sakuku 1

Bank Central Asia

8
Inti Dunia Sukses i.Saku 1

Inti Dunia Sukses

9
Nusa Satu Inti Artha DOKU 1

Nusa Satu Inti Artha

Nama produk

ShopeePay by Shopee

Rekening Ponsel by OCTO Mobile

GoPay by Gojek Indonesia

DANA

LinkAja

OVO

Sakuku

i.Saku

DOKU

Keunggulan

Bayar di Shopee jadi lebih cepat dan hemat

Bisa menikmati fitur mobile banking tanpa punya rekening bank

Pembayaran paling populer dan ada di mana-mana

Manfaatkan fitur gratis tranfer antarbank tiap bulan!

Nikmati berbagai keuntungan bagi nasabah Bank BUMN!

Makin praktis transaksi di Grab dan Tokopedia

Dapatkan berbagai promo dari BCA!

Makin untung dengan berbelanja di Indomaret

Beli pulsa jadi lebih efisien dengan DOKU

Rating di Google Play4,6 dari 54,5 dari 54,6 dari 54,3 dari 54,1 dari 54,1 dari 54,1 dari 53,9 dari 52,7 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 54,8 dari 54,3 dari 54,8 dari 53,6 dari 53,4 dari 53,3 dari 53,0 dari 52,0 dari 5
Berbayar×××××××××
Merchant unggulanShopeeAlfamart, OCTO VendingGojek, Google Play, Alfamart, Bibit, TokocryptoBukalapak, Ramayana, Tix ID, Lazada, BPJS KesehatanPertamina, Gojek, Tokopedia, BibitTokopedia, Grab, Spotify Premium, iTunes, Google PlayBlibli, GramediaIndomaretBareksa
QRIS
Paylater×× (sudah dibekukan)×××
Isi saldoBank, Indomaret, Circle K, Alfamart, Alfamidi, Dan+DanBank CIMB Niaga, CDM ATM CIMB Niaga, IndomaretBank, CDM ATM Bersama, Indomaret, Alfamart, Pegadaian, driver GojekBank, Alfamart, Lawson, Dan+Dan, Pegadaian, Kantor PosBank, GraPARI, Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, PegadaianBank, Tokopedia, Grab, driver GrabBank BCABank, IndomaretBank, minimarket, CDM ATM Bersama, CDM ATM Prima, CDM ATM Alto
Tarik saldoBankBank CIMB Niaga, ATM CIMB Niaga, Indomaret, AlfamartBank, ATM BCABank, Alfamart, Lawson, Dan+Dan, Pegadaian, ATM BCABank, ATM Link, ATM BRI, ATM BNI, ATM Mandiri, ATM BTNBankBank BCABank, ATM CIMB Niaga, ATM Bank Mandiri, IndomaretBank, minimarket
Tautan produk
9
Rating di Google Play2,7 dari 5
Rating di App Store2,0 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanBareksa
QRIS
Paylater×
Isi saldoBank, minimarket, CDM ATM Bersama, CDM ATM Prima, CDM ATM Alto
Tarik saldoBank, minimarket
8
Rating di Google Play3,9 dari 5
Rating di App Store3,0 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanIndomaret
QRIS
Paylater×
Isi saldoBank, Indomaret
Tarik saldoBank, ATM CIMB Niaga, ATM Bank Mandiri, Indomaret
7
Rating di Google Play4,1 dari 5
Rating di App Store3,3 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanBlibli, Gramedia
QRIS
Paylater×
Isi saldoBank BCA
Tarik saldoBank BCA
6
Rating di Google Play4,1 dari 5
Rating di App Store3,4 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanTokopedia, Grab, Spotify Premium, iTunes, Google Play
QRIS
Paylater× (sudah dibekukan)
Isi saldoBank, Tokopedia, Grab, driver Grab
Tarik saldoBank
5
Rating di Google Play4,1 dari 5
Rating di App Store3,6 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanPertamina, Gojek, Tokopedia, Bibit
QRIS
Paylater
Isi saldoBank, GraPARI, Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Pegadaian
Tarik saldoBank, ATM Link, ATM BRI, ATM BNI, ATM Mandiri, ATM BTN
4
Rating di Google Play4,3 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanBukalapak, Ramayana, Tix ID, Lazada, BPJS Kesehatan
QRIS
Paylater
Isi saldoBank, Alfamart, Lawson, Dan+Dan, Pegadaian, Kantor Pos
Tarik saldoBank, Alfamart, Lawson, Dan+Dan, Pegadaian, ATM BCA
3
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,3 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanGojek, Google Play, Alfamart, Bibit, Tokocrypto
QRIS
Paylater
Isi saldoBank, CDM ATM Bersama, Indomaret, Alfamart, Pegadaian, driver Gojek
Tarik saldoBank, ATM BCA
2
Rating di Google Play4,5 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanAlfamart, OCTO Vending
QRIS
Paylater×
Isi saldoBank CIMB Niaga, CDM ATM CIMB Niaga, Indomaret
Tarik saldoBank CIMB Niaga, ATM CIMB Niaga, Indomaret, Alfamart
1
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
Berbayar×
Merchant unggulanShopee
QRIS
Paylater
Isi saldoBank, Indomaret, Circle K, Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan
Tarik saldoBank

Pertanyaan umum seputar dompet digital

Pertanyaan umum seputar dompet digital

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi aplikasinya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar dompet digital. Jika Anda masih penasaran dengan dompet digital, simak jawabannya di bawah ini!

Apa kelebihan dan keuntungan dompet digital?

  • Dompet digital dapat mempermudah dan mempercepat transaksi.
  • Dompet digital dapat mencatat setiap detail transaksi yang dilakukan.
  • Tidak perlu membawa uang cash.
  • Banyak promo yang ditawarkan sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Apakah dompet digital aman?

Dompet digital lebih terjamin dari sisi keamanan. Hal ini berkat adanya verifikasi keamanan yang berlapis, seperti OTP, PIN, password, dan sebagainya. 

Tips dari praktisi keuangan kami, Yayu Noviyanti, ME

Tips dari praktisi keuangan kami, Yayu Noviyanti, ME

Persaingan antar bank digital yang ketat, memaksa bank digital melakukan promo besar-besaran untuk menarik penggunanya. Dengan demikian, pengguna dapat memanfaatkan kegiatan marketing yang menguntungkan tersebut. Oleh sebab itu, tidak jarang jika satu pengguna mempunyai dompet digital lebih dari satu.

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Selain dompet digital, kami juga punya banyak artikel menarik tentang aplikasi. Silakan baca artikel tentang aplikasi berikut.

Kesimpulan

Anda pasti sudah mengantongi dompet digital mana yang cocok Anda gunakan untuk menampung uang belanja Anda. Dompet digital tersebut dapat Anda gunakan untuk memisahkan antara dana tabungan di rekening dan dana kebutuhan sehari-hari.


Selain praktis, penggunaan dompet digital juga pasti aman karena transaksinya tercatat di aplikasi. Semoga Anda sukses mengatur keuangan Anda dengan dompet digital dan pastinya mendapatkan promo-promo yang menarik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Mari simak tips memilih dan rekomendasi aplikasi pemesanan hotel berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi TV Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi TV Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak punya televisi tak lagi menjadi masalah karena sekarang sudah banyak aplikasi TV online. Aplikasi TV online bisa Anda download secara gratis di Android ataupun iOS. Beberapa aplikasi TV online Indonesia bahkan bisa ditonton melalui laptop ataupun PC. Anda bisa mengakses siaran RCTI sampai ANTV tanpa antena.Vidio, Kompas TV, dan RCTI+ adalah beberapa aplikasi TV online Indonesia yang bagus. Selain itu, ada juga HBO GO yang menyediakan siaran luar negeri. Sebelum download aplikasi TV online, simak dahulu tips dari kami, ya. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Wedding Organizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wedding Organizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak hal yang harus disiapkan untuk menggelar acara pernikahan yang spesial dan berkesan. Jika tak ingin repot memikirkan katering, konsep, riasan pengantin, dan perintilan lainnya, Anda bisa mengandalkan jasa wedding organizer (WO) . Sekarang sudah banyak WO yang bagus dengan berbagai paket acara yang menarik.Bantu Manten, Pride Organizer, dan Piong Wedding adalah beberapa wedding organizer yang populer. Selain tiga WO tersebut, kami juga merekomendasikan wedding organizer terbaik lainnya untuk Anda pertimbangkan. Sebelum membaca lebih lanjut, yuk, simak dahulu tips memilih wedding organizer yang tepat agar Anda tak salah pilih.
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori