• 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu cara menambah skill adalah dengan menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Jepang atau nihongo. Anda bisa belajar bahasa Jepang secara gratis, baik online atau offline menggunakan aplikasi. Menariknya, telah banyak aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang bisa Anda unduh di ponsel Android maupun iOS.


Pilihan levelnya tersedia untuk pemula dan lanjutan. Berbagai aplikasi belajar bahasa Jepang yang populer seperti Lingo Deer, JA Sensei, dan Busuu cukup menarik untuk dicoba. Artikel ini sudah ditinjau oleh dosen program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang kami, Astera Khirana. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Astera Khirana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dosen program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Astera Khirana

Profil pakar: Dosen program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Astera Khirana
Astera Khirana
Dosen Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Astera Khirana

Astera adalah dosen yang ber-homebase di Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Darma Persada, Jakarta. Selain mengajar Bahasa Jepang, lulusan Kajian Wilayah Jepang Universitas Indonesia ini juga aktif meneliti tema pop culture Jepang.


Astera menjadi pembicara panel di 17th Annual International Conference on Japanese Studies “Japan: Age in a Time of Precariousness”. Konferensi tersebut diselenggarakan di Casa Real de Iloilo, Iloilo, Filipina. Ia juga berkesempatan untuk mengikuti 2nd Collaborative Research Workshop for Aspiring Scholars in Japanese Studies tahun 2019.

Manfaat belajar bahasa Jepang

Manfaat belajar bahasa Jepang

Bahasa Jepang atau nihongo bisa terasa sulit dan membuat Anda ingin menyerah di tengah jalan. Guna menghindari hal tersebut, sebaiknya tentukan tujuan utama belajar bahasa Jepang. Anda juga sebaiknya memahami manfaat bahasa Jepang agar makin termotivasi. Beberapa manfaat tersebut di antaranya yaitu: 


  • Pilihan pekerjaan baru sebagai penerjemah bahasa Jepang ke Indonesia atau sebaliknya
  • Peluang bekerja di Jepang menjadi lebih besar
  • Memberi nilai tambah jika ingin sekolah di Jepang
  • Memudahkan ketika sedang berlibur atau kunjungan bisnis ke Jepang
  • Makin semangat belajar bahasa asing lainnya

Dari semua pilihan media belajar, penggunaan aplikasi belajar bahasa Jepang dirasa paling efektif dan efisien. Anda dapat belajar di mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel, serta alur belajar terarah. Selain itu, metode yang ditawarkan beragam sehingga Anda bisa terhindar dari rasa bosan. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih aplikasi belajar bahasa Jepang

Seperti yang telah dijelaskan, belajar bahasa Jepang banyak manfaatnya. Agar maksimal, Anda perlu menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang yang terbaik dan tepat. Berikut kami rangkum berbagai cara memilih aplikasi bahasa Jepang untuk Anda. 

Sesuaikan dengan tujuan belajar

Sebelum mulai menentukan aplikasi belajar bahasa Jepang, Anda perlu memahami tujuannya terlebih dulu. Mengapa demikian? Hal tersebut akan membuat Anda belajar lebih cepat sebab fokus pada materi khusus saja. 

JLPT, kuasai keempat bidang tesnya

JLPT, kuasai keempat bidang tesnya

Japanese Language Proficiency Test (JLPT) atau Nihongo Noryoku Shiken adalah tes untuk mengecek kemampuan bahasa Jepang seseorang. Terdapat 5 level JLPT, yaitu N1, N2, N3, N4, dan N5, dengan N1 sebagai level tertinggi. Di Indonesia, tes ini difasilitasi oleh The Japan Foundation.


Tes kemampuan bahasa Jepang perlu dilakukan agar mengetahui secara lebih pasti di level mana kemampuan Anda. Selain itu, sertifikat tingkat kemampuan bahasa Jepang bisa didapatkan dengan JLPT. Sertifikat tersebut biasanya digunakan untuk keperluan khusus, seperti mendaftar kerja atau mengajukan beasiswa sekolah. Pelajarilah empat materi yang menjadi bidang tes JLPT di bawah ini:

  • Moji dan goi (huruf dan kosakata)
  • Bunpo (tata bahasa)
  • Dokkai (membaca)
  • Choukai (mendengarkan)

Traveling, pahami percakapan di tempat-tempat umum

Traveling, pahami percakapan di tempat-tempat umum

Saat liburan, banyak orang mengandalkan bahasa Inggris sebagai bahasa utama saja. Padahal, memahami sedikit kosa kata penting yang sering digunakan di negara yang dituju bisa sangat membantu ketika berlibur. Berikut tema percakapan yang akan berguna saat Anda berlibur ke Jepang:

  • Salam dan sapaan
  • Pertanyaan seputar arah
  • Percakapan di bandara, stasiun, hotel, restoran, dan toko
  • Transportasi
  • Keadaan darurat


Khusus untuk orang Indonesia, penting rasanya untuk mempelajari beberapa nama makanan. Sebagai contoh bagi Anda yang tidak makan daging babi atau tidak boleh mengonsumsi alkohol. Sebaiknya Anda mempelajari huruf-huruf makanan dan minuman tersebut.

Menetap sementara di Jepang, pelajari budaya dan percakapan dasar

Menetap sementara di Jepang, pelajari budaya dan percakapan dasar

Apakah Anda akan menghabiskan waktu di Jepang untuk keperluan riset atau short course? Meski biasanya kegiatan tersebut tidak mewajibkan bisa berbahasa Jepang, tentu akan lebih mudah jika Anda paham bahasa Jepang dasar.


Selain itu, berbeda dengan liburan, tinggal sementara waktu di Jepang mungkin akan membuat Anda berinteraksi dan berteman dengan banyak orang. Selain materi percakapan saat liburan, sebagai tambahan, pelajarilah tema-tema di bawah ini:

  • Budaya, tata krama, dan kebiasaan
  • Salam dan sapaan
  • Percakapan seputar hobi dan kegiatan di waktu luang
  • Percakapan tentang negara sendiri

Tentukan metode belajar yang diinginkan

Tentukan metode belajar yang diinginkan

Anda juga bisa memilih metode belajar yang dirasa paling diinginkan dan sesuai. Terdapat beberapa metode belajar yang ditawarkan aplikasi belajar bahasa Jepang seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


  • Membaca (reading): metode membaca aksara Jepang juga efektif untuk belajar bahasa. Anda akan dilatih membaca aksara Jepang baik dalam bentuk kata, kalimat, hingga paragraf.

  • Menulis (writing): penerapan metode ini biasanya menyusun huruf atau melengkapi kalimat. Metode menulis umumnya akan mengarahkan Anda untuk menuliskan aksara Jepang secara tepat baik itu hiragana, katakana, atau kanji.

  • Berbicara (speaking): sudah ada aplikasi yang memungkinkan untuk menerapkan metode berbicara secara langsung dengan native speaker berupa percakapan interaktif. 

  • Mendengarkan (listening): metode ini melatih daya tangkap pendengaran terhadap kosakata atau kalimat yang diucapkan native speaker. Anda biasanya akan diminta untuk menuliskan apa yang didengar untuk menguji kemampuan.

Perhatikan materi yang disediakan

Perhatikan materi yang disediakan

Apabila muatan materi hanya satu jenis saja, bukan berarti aplikasi belajar bahasa Jepang tersebut kurang lengkap. Sangat mungkin jika aplikasi didesain khusus untuk fokus pada satu materi saja, misalnya penulisan hiragana. Tujuannya yaitu agar pembelajaran menjadi lebih mendalam.


Ada juga aplikasi yang memuat materi secara lengkap mencakup kosakata, penulisan huruf Jepang (hiragana, katakana, kanji), tata bahasa, serta bahasa formal ataupun informal. Berikut penjelasan singkatnya.


  • Kosakata: materi berupa kosakata biasanya hampir selalu ada pada semua aplikasi belajar bahasa Jepang. Untuk memudahkan, kosakata sering dikategorisasi berdasarkan topik khusus. Misalnya pada topik keluarga akan berisi kosakata seputar penyebutan anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakek, nenek, dan sebagainya.

  • Penulisan huruf Jepang: Aksara hiragana dan katakana lebih mudah dipelajari dibandingkan kanji. Hiragana dan katakana masing-masing terdiri dari 46 aksara. Sementara itu, kanji terdiri dari ribuan huruf. Hiragana dan kanji umumnya digunakan untuk kata-kata asli Jepang. Sementara itu, katakana lebih sering digunakan untuk kata-kata asing, misalnya kata serapan.

  • Tata bahasa: tata bahasa atau grammar bisa jadi adalah materi yang cukup sulit dipahami. Perbedaan tata bahasa Jepang dengan bahasa Indonesia merupakan faktor yang menyulitkan tersebut. Pada bahasa Jepang, predikat merupakan inti dari kalimat dan harus diletakkan di bagian akhir kalimat.

  • Bahasa Jepang bisnis: bahasa Jepang formal disebut sebagai teineigo atau keigo, sedangkan bahasa tidak formal disebut sebagai futsuugo. Keduanya baik untuk dipelajari, hanya situasi penggunaannya yang berbeda. Ragam formal lebih cocok untuk digunakan dalam situasi bisnis, akademis, atau saat berkomunikasi dengan orang yang lebih tua atau baru ditemui.

Ketahui fitur tambahan yang menarik dan asyik

Ketahui fitur tambahan yang menarik dan asyik

Adanya fitur tambahan menarik pada aplikasi tentu akan membuat proses belajar tidak membosankan. Ketahui beberapa fitur tambahan yang unggul dari masing-masing aplikasi sebelum memilih. Apa saja fitur tersebut?


  • Kuis atau permainan: Agar tidak membosankan, biasanya fitur berupa kuis atau permainan ditambahkan dalam aplikasi. Ada kuis dan permainan yang bisa dimainkan secara offline, tetapi tidak jarang fitur ini hanya bisa diakses ketika online saja.

  • Percakapan: Percakapan sedikit berbeda dari pembuatan kalimat. Umumnya, percakapan lebih fokus melatih Anda untuk bisa berkomunikasi langsung dengan native speaker. Pada aplikasi belajar bahasa Jepang tertentu, Anda bisa mendengarkan native speaker bicara kemudian menanggapi.

  • Sesi cepat: Ingin belajar bahasa Jepang, tetapi tidak punya banyak waktu luang? Tenang saja. Pilih aplikasi belajar bahasa Jepang yang memiliki sesi cepat. Dalam hal ini, materi yang disiapkan berdurasi sekitar 5--10 menit saja setiap harinya. Anda pun bisa belajar saat naik bus, istirahat makan siang, atau malam sebelum tidur.

Utamakan kemudahan akses yang ditawarkan

Utamakan kemudahan akses yang ditawarkan

Pertimbangan selanjutnya saat memilih yaitu dari segi aksesnya. Meski materi sangat lengkap serta metode belajar yang ditawarkan menarik, tidak akan terjangkau jika aksesnya sulit. Beberapa hal terkait akses yang perlu diperhatikan adalah: 


  • Biaya 

Pilihan aplikasi belajar bahasa Jepang gratis kini sudah banyak. Namun, aplikasi dengan pilihan akses premium berbayar juga menguntungkan jika menyediakan tingkatan belajar lebih mendalam. Selain itu, akses premium berbayar biasanya bebas dari iklan saat digunakan sehingga proses belajar lebih nyaman. 


  • Akses online serta offline

Kebanyakan aplikasi belajar bahasa Jepang memunculkan fitur lebih lengkap saat diakses online. Hanya saja, pilihan bisa diakses offline juga diperlukan. Artinya, saat sedang offline, Anda pun tetap bisa belajar menggunakan aplikasi tersebut meski terbatas fiturnya. 


  • Perangkat untuk menjalankan aplikasi

Umumnya, perangkat yang digunakan adalah ponsel. Namun, pertimbangkan aplikasi yang bisa digunakan di laptop atau komputer juga. Pastikan juga bahwa aplikasi belajar bahasa Jepang bisa digunakan di Android ataupun iOS. Hal itu memudahkan Anda jika mengganti perangkat.


  • Ukuran aplikasi

Ukuran aplikasi juga bisa dipertimbangkan. Jika ukuran terlalu besar, aplikasi tentu tidak cocok untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan kecil. 

10 Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Astera Khirana.

10

Raphael WJA Sensei: Learn Japanese JLPT

MateriKosakata, tata bahasa, merangkai kata, penulisan huruf bahasa Jepang,
Fitur penunjangKuis, flashcards, Smart Review Tracking (SRS), dan culture guide
Metode pembelajaranMenulis, membaca, dan mendengarkan
Rating di Google Play4,8 dari 5,0
Rating di App Store-
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Bisa diakses offline
9

Tripod Technology GmbHTandem - Master Any Language with a Native Speaker

Materi-
Fitur penunjangChat dengan native speaker, sewa guru privat
Metode pembelajaranChat dengan text, video, dan voice
Rating di Google Play4,5 dari 5,0
Rating di App Store4,6 dari 5,0
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Bisa diakses offlineX
8
MateriKosakata, tata bahasa, bahasa Jepang formal, penulisan huruf Jepang
Fitur penunjangPercakapan, kuis review materi, Study Plan
Metode pembelajaranMembaca, mendengarkan, dan berbicara
Rating di Google Play4,4 dari 5,0
Rating di App Store4,7 dari 5,0
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Bisa diakses offline
7
MateriKosa kata, tata bahasa, dan pilihan belajar bahasa lain
Fitur penunjangPermainan dan grup kompetisi
Metode pembelajaranMembaca, menulis, mendengar, dan berbicara
Rating di Google Play4,5 dari 5,0
Rating di App Store4,7 dari 5,0
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Bisa diakses offline
6

Lingo Deer - Learn Language AppsLingoDeer: Learn Languages

MateriKosakata, tata bahasa, penulisan huruf bahasa Jepang, dan pilihan belajar bahasa lain
Fitur penunjangPercakapan
Metode pembelajaranMembaca, dan mendengarkan
Rating di Google Play4,5 dari 5,0
Rating di App Store4,8 dari 5,0
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Bisa diakses offline
5
MateriKosakata
Fitur penunjangPermainan
Metode pembelajaranMenulis dan membaca
Rating di Google Play4,6 dari 5,0
Rating di App Store4,8 dari 5,0
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Bisa diakses offline
4
MateriKosakata, tata bahasa, dan pilihan belajar bahasa lain
Fitur penunjangKuis dan permainan
Metode pembelajaranMenulis (akses premium saja), membaca, mendengar, berbicara
Rating di Google Play4,6 dari 5,0
Rating di App Store4,8 dari 5,0
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Bisa diakses offline
3

HelloTalk Learn Languages AppHelloTalk - Chat, Speak & Learn Languages for Free

Materi-
Fitur penunjangBuilt in translation, chat dengan text, video, dan voice
Metode pembelajaranChat dengan native speaker
Rating di Google Play4,8 dari 5,0
Rating di App Store4,7 dari 5,0
BerbayarX
Bisa diakses offlineX
2
MateriKosakata, frasa
Fitur penunjangRecording, kuis, 4 jenis kategori
Metode pembelajaranMendengarkan dan berbicara
Rating di Google Play4,7 dari 5,0
Rating di App Store4,9 dari 5,0
BerbayarX
Bisa diakses offline
1

The Japan FoundationHiragana Memory Hint [Indonesia]

MateriKosakata, penulisan huruf Jepang,
Fitur penunjangKuis, gambar, animasi, dan suara
Metode pembelajaranMenulis, membaca, dan mendengarkan
Rating di Google Play4,8 dari 5,0
Rating di App Store4,9 dari 5,0
BerbayarX
Bisa diakses offline

Tabel perbandingan aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik

Gambar produk
1
The Japan Foundation Hiragana Memory Hint [Indonesia] 1

The Japan Foundation

2
Simya Solutions Ltd. Simply Learn Japanese 1

Simya Solutions Ltd.

3
HelloTalk Learn Languages App HelloTalk - Chat, Speak & Learn Languages for Free 1

HelloTalk Learn Languages App

4
Memrise Memrise: Fun Languages Learning 1

Memrise

5
Drops Learn Japanese Language 1

Drops

6
Lingo Deer - Learn Language Apps LingoDeer: Learn Languages  1

Lingo Deer - Learn Language Apps

7
Duolingo Duolingo: Learn Languages Free 1

Duolingo

8
Busuu Busuu - Learn Languages  1

Busuu

9
Tripod Technology GmbH Tandem - Master Any Language with a Native Speaker 1

Tripod Technology GmbH

10
Raphael W JA Sensei: Learn Japanese JLPT 1

Raphael W

Nama produk

Hiragana Memory Hint [Indonesia]

Simply Learn Japanese

HelloTalk - Chat, Speak & Learn Languages for Free

Memrise: Fun Languages Learning

Learn Japanese Language

LingoDeer: Learn Languages

Duolingo: Learn Languages Free

Busuu - Learn Languages

Tandem - Master Any Language with a Native Speaker

JA Sensei: Learn Japanese JLPT

Keunggulan

Fokus pada membaca dan menulis aksara hiragana

Semua fitur dapat diakses secara gratis, lho!

Aplikasi chat, Anda bisa belajar sekaligus dapat teman baru

Lebih seru dengan permainan dan fitur menarik lainnya

Belajar 5 menit saja setiap harinya, sebentar, tetapi efektif

Materi lengkap, metode mudah dipahami!

Unik! Bisa membuat grup kompetisi kemampuan bahasa bersama teman

Tersedia materi untuk tingkat pemula hingga menengah atas

Bisa sewa pengajar online privat dengan harga terjangkau

Belajar JLTP jadi mudah dan asyik!

MateriKosakata, penulisan huruf Jepang,Kosakata, frasa-Kosakata, tata bahasa, dan pilihan belajar bahasa lainKosakataKosakata, tata bahasa, penulisan huruf bahasa Jepang, dan pilihan belajar bahasa lainKosa kata, tata bahasa, dan pilihan belajar bahasa lainKosakata, tata bahasa, bahasa Jepang formal, penulisan huruf Jepang-Kosakata, tata bahasa, merangkai kata, penulisan huruf bahasa Jepang,
Fitur penunjangKuis, gambar, animasi, dan suaraRecording, kuis, 4 jenis kategoriBuilt in translation, chat dengan text, video, dan voiceKuis dan permainanPermainanPercakapanPermainan dan grup kompetisiPercakapan, kuis review materi, Study PlanChat dengan native speaker, sewa guru privatKuis, flashcards, Smart Review Tracking (SRS), dan culture guide
Metode pembelajaranMenulis, membaca, dan mendengarkanMendengarkan dan berbicaraChat dengan native speakerMenulis (akses premium saja), membaca, mendengar, berbicaraMenulis dan membacaMembaca, dan mendengarkanMembaca, menulis, mendengar, dan berbicaraMembaca, mendengarkan, dan berbicaraChat dengan text, video, dan voiceMenulis, membaca, dan mendengarkan
Rating di Google Play4,8 dari 5,04,7 dari 5,04,8 dari 5,04,6 dari 5,04,6 dari 5,04,5 dari 5,04,5 dari 5,04,4 dari 5,04,5 dari 5,04,8 dari 5,0
Rating di App Store4,9 dari 5,04,9 dari 5,04,7 dari 5,04,8 dari 5,04,8 dari 5,04,8 dari 5,04,7 dari 5,04,7 dari 5,04,6 dari 5,0-
BerbayarXXXX (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)
Bisa diakses offlineXX
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar belajar bahasa Jepang

Pertanyaan umum seputar belajar bahasa Jepang

Terdapat pertanyaan umum yang sering muncul seputar belajar bahasa Jepang. Kami akan mencoba membantu menjawabnya. Simak penjelasan berikut ini.

Bagaimana tingkatan level bahasa Jepang?

  • Level N5–N4, ideal untuk Anda yang masih pemula

Kategori pemula adalah orang yang memiliki level bahasa Jepang setara dengan N5 atau belum pernah belajar sebelumnya. Materi yang diberikan untuk menguasai level ini umumnya merupakan dasar, seperti huruf hiragana dan katakana, dan kosakata dasar (angka, warna, tempat umum, anggota keluarga).


N4 merupakan level untuk pembelajar memahami dasar-dasar bahasa Jepang. Pada level ini, pembelajar sudah mampu untuk memahami topik tertulis yang ditulis menggunakan kanji dan bunpou sederhana. Kemudian, pembelajar mampu memahami bahasa Jepang sehari-hari dengan kecepatan yang lebih lambat, bukan kecepatan normal.


  • Level N3–N1, ditujukan untuk Anda yang sudah menguasai level dasar

Apabila Anda sudah menguasai lebih dari 2500 kosakata, Anda sudah menguasai materi dasar. Apabila sudah memasuki level N3, berarti seharusnya pembelajar sudah bisa memahami percakapan sehari-hari dan seharusnya mampu berbahasa Jepang secara aktif. Pembelajar yang sudah berada di level N3–N1, artinya kemampuan bahasa Jepang-nya dianggap sudah berada di tengah hingga advance.

Baca juga rekomendasi kamus belajar bahasa lainnya di sini

Selain bahasa Jepang, Anda juga dapat mempelajari bahasa Korea, Mandarin, Jerman, Arab dan lain sebagainya. Kamus bisa dijadikan alternatif mudah dalam memperdalam kosakata saat belajar bahasa asing. Tautan berikut ini bisa Anda telusuri untuk membantu menemukan kamus dalam berbagai bahasa. 

Kesimpulan

Agar menemukan aplikasi belajar bahasa Jepang yang paling cocok untuk Anda, kami telah memberi tips cara memilih di atas. Meski awalnya terasa sulit, Anda akan makin mahir berbahasa Jepang jika terus belajar. Sebagai tambahan, Anda juga bisa belajar lewat kamus atau buku panduan belajar bahasa Jepang. Semoga lewat informasi yang disampaikan di atas, Anda bisa terbantu. Selamat belajar dan terus semangat, ya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Game Puzzle Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Puzzle Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain game di smartphone sejenak akan membuat Anda merasa lebih relaks. Salah satu kategori game yang mudah dimainkan oleh segala usia adalah game puzzle. Anda bisa menemukan banyak game puzzle online, seperti tetris, jigsaw puzzle, dan block puzzle. Sekarang kami akan membahas game puzzle terbaik yang dapat Anda download di Android ataupun iOS. Kami juga bakal merekomendasikan beberapa puzzle game dari berbagai developer, seperti Ustwo Games dengan Monument Valley, Infinity Games, dan Draw Me a Pixel. Simaklah artikel ini agar Anda bisa memilih aplikasi game puzzle yang bagus. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Cari Jodoh (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Cari Jodoh (Terbaru Tahun 2022)
    Mencari pasangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, berkat aplikasi cari jodoh, berselancar menemukan tambatan hati kini bisa dalam genggaman. App cari jodoh makin digemari berkat kemudahan dan kepraktisannya. Tak sedikit pula orang yang memang menemukan pasangan hidupnya melalui aplikasi cari jodoh.Ada banyak aplikasi cari jodoh di App Store dan Play Store, seperti Tinder, OkCupid, dan Bumble. Pada artikel ini, kami akan membahas tips memilih aplikasi yang bagus untuk mencari jodoh. Sepuluh rekomendasi aplikasi terbaik untuk cari jodoh juga akan kami ulas untuk Anda. Selamat membaca dan berselancar!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Mencari Lowongan Kerja (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Mencari Lowongan Kerja (Terbaru Tahun 2022)
    Anda baru saja lulus kuliah dan belum paham cara mencari lowongan kerja? Atau Anda ingin mencari kesempatan lain di kantor yang baru? Di era digital seperti sekarang, mencari lowongan kerja jauh lebih mudah! Tak hanya di situs resmi perusahaan, sekarang sudah banyak aplikasi lowongan kerja yang tepercaya, misalnya Jobstreet, Indeed, dan LinkedIn.Kesempatan ini terbuka lebar untuk siapa saja, baik lulusan SMK, fresh graduate, hingga freelancer. Aplikasi lowongan kerja ini banyak yang gratis, kok! Kami akan mengulas tips memilih aplikasi lowongan kerja online yang bagus dan memberikan rekomendasinya untuk Anda!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Flyer, poster, company profile, logo, foto, dan lainnya merupakan bagian dari desain grafis. Tak lagi harus menggunakan komputer atau laptop, kini Anda juga bisa menghasilkan desain grafis berkualitas dengan menggunakan smartphone. Ada banyak aplikasi desain grafis yang bagus untuk Anda gunakan, seperti Adobe Photoshop Express, Canva, dan Sketchbook. Untuk membantu Anda menemukan aplikasi yang tepat, pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih aplikasi desain grafis terbaik. Berbagai fitur yang memudahkan Anda dalam membuat desain sesuai kebutuhan pun tersedia pada aplikasi-aplikasi rekomendasi kami. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika dahulu kamus berbentuk buku yang tebal, kini Anda bisa mendapatkannya dalam genggaman Anda. Anda cukup melakukan download aplikasi kamus bahasa Inggris di smartphone. Ada berbagai aplikasi kamus bahasa Inggris–Indonesia yang bagus dan dapat Anda gunakan secara online ataupun offline.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan tips memilih aplikasi kamus bahasa Inggris terbaik yang bisa Anda download. U-Dictionary dan iTranslate adalah aplikasi kamus yang memiliki fitur foto. Ada juga aplikasi kamus bahasa Inggris lainnya yang tak kalah lengkap. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Dompet Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dompet Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ibarat saku, dompet digital adalah aplikasi yang menampung uang sementara untuk transaksi nontunai, baik online maupun offline. Dompet digital banyak disukai karena menawarkan kemudahan bertransaksi tanpa mengharuskan penggunanya ke bank atau ATM. Cukup melalui smartphone, Anda sudah bisa membayar makanan, tagihan, dan belanja online.Saat ini banyak aplikasi dompet digital terbaik yang menjamur, seperti DANA dan OVO. Dompet digital tersebut menawarkan berbagai kemudahan pembayaran, termasuk juga promo-promo yang menggiurkan. Kami akan merekomendasikan merek dompet digital yang bagus untuk Anda yang suka belanja online atau bayar nontunai.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang sangat dibutuhkan dalam segala bidang. Karena itu, banyak orang mengikuti kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan skill mereka. Namun, tak jarang kesibukan dan waktu menjadi kendala untuk mengikuti kursus bahasa Inggris secara offline.Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kami akan merekomendasikan kursus bahasa Inggris online yang bagus untuk Anda. Kursus yang ditawarkan yaitu mulai dari level dasar untuk Anda yang masih pelajar sampai dengan level profesional. Yuk, mari disimak sampai selesai!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Jasa Cleaning Service Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jasa Cleaning Service Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di rumah yang bersih pasti akan membuat hati tenang dan nyaman. Tidak hanya itu, memiliki kantor atau ruang usaha yang bersih juga bisa meningkatkan produktivitas para pekerjanya. Untuk mewujudkan rumah, apartemen, atau kantor yang bersih dan sehat, Anda membutuhkan jasa cleaning service.Nah, Anda berada di artikel yang tepat. Kami akan mengulas rekomendasi jasa cleaning service yang bagus dari berbagai kota. Jenis layanannya bermacam-macam, mulai dari membersihkan kamar mandi, kamar, dapur, disinfektan, dan sebagainya. Sebelum membaca lebih lanjut, ketahui dahulu yuk, tips memilih jasa cleaning service yang tepat.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Wallpaper Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Wallpaper Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bosan melihat wallpaper yang begitu-begitu saja? Yuk, buat tampilan gadget lebih menarik dengan beragam gambar yang tersedia dalam aplikasi wallpaper. Anda memang bisa mencarinya sendiri melalui mesin pencarian. Namun, saat dipasang, gambar sering kali terlihat pecah karena beresolusi rendah.Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menginstal aplikasi wallpaper. Namun, ada begitu banyak pilihan yang tersedia sehingga Anda mungkin sedikit bingung. Jangan khawatir! Kami punya beberapa rekomendasi aplikasi wallpaper yang bagus, seperti ZEDGE, Wallcraft, dan Kappboom. Namun, sebelum itu, mari simak hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih aplikasi wallpaper.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Stiker WA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Stiker WA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    WhatsApp atau WA menjadi salah satu aplikasi messenger atau perpesanan yang populer. WhatsApp memiliki fitur menarik dalam mengirim pesan. Salah satu fiturnya adalah menambahkan stiker pada pesan yang dikirim. Stiker tersebut dapat berupa foto sendiri atau gambar bergerak. Adanya fitur tersebut memunculkan aplikasi pembuat stiker WA. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas cara memilih aplikasi pembuat stiker WA terbaik. Kami juga akan merekomendasikan aplikasi pembuat stiker WA yang bagus, seperti Sticker.ly dan Wemoji. Agar bisa membuat stiker WA menarik, jangan lewatkan artikel yang satu ini. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Mari simak tips memilih dan rekomendasi aplikasi pemesanan hotel berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sepatutnya dikuasai pada era globalisasi ini. Untuk membantu Anda menguasi bahasa Inggris, tempat kursus bahasa Inggris bisa diandalkan. Di tempat kursus, Anda akan difasilitasi tenaga profesional yang membantu Anda memahami materi. Namun, apakah setiap tempat kursus bahasa Inggris sama? Manakah tempat kursus bahasa Inggris yang bagus untuk menjembatani tujuan belajar Anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan membahas cara memilih tempat les bahasa Inggris terbaik dan sepuluh rekomendasinya. British Council, EF, dan English Today juga masuk dalam review kami!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makin maraknya pembayaran nontunai, makin marak pula perbankan yang menerapkan branchless banking. Hadirnya bank-bank digital membuat kantor cabang kurang dibutuhkan lagi. Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur jadwal atau antre lama di bank. Semua kegiatan perbankan bisa Anda lakukan secara online di HP Anda.Akan tetapi, banyaknya bank digital di Indonesia mungkin membuat Anda bingung memilih mana yang tepat. Kami akan membagikan cara memilih bank digital yang bagus. Bank digital terbaik seperti Jago dan Jenius ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Meeting Online (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Meeting Online (Terbaru Tahun 2022)
    Akibat pandemi COVID-19, Work From Home (WFH) kini menjadi aktivitas normal yang dijalani para pekerja. WFH bertujuan untuk mengurangi kerumunan dan interaksi langsung. Berbagai urusan pekerjaan dilakukan secara remote, termasuk rapat. Menjalani meeting online tentu membutuhkan aplikasi penunjang yang bagus dan sesuai. Aplikasi meeting online yang sering digunakan yaitu Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, GoToMeeting, dan lainnya. Aplikasi terbaik hadir secara gratis ataupun berbayar dengan fitur unggulan yang berbeda-beda. Melalui artikel ini, kami akan membantu menyajikan cara memilih serta rekomendasi aplikasi terbaik untuk meeting online untuk Anda. 
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori