• 7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Bermain game bagi sebagian orang sudah menjadi sebuah kebutuhan, bahkan ada yang menjadikannya sebagai profesi. Industri game berkembang begitu pesat, baik industri pembuatan game maupun perangkat game. PC menjadi salah satu perangkat yang populer digunakan para gamer untuk bermain.

Namun, dari banyaknya PC gaming di pasaran, manakah yang layak dipilih? Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan cara memilih PC gaming yang bagus. Rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti ROG ASUS, Dell, dan MSI juga tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Jadi, langsung simak informasinya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Faynilla
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla
Faynilla
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020.


Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih PC gaming

Memilih PC gaming itu gampang-gampang susah. Selain memastikan spesifikasi khusus yang wajib ada, banyak faktor lain yang dapat memengaruhi pilihan yang akan Anda ambil. Faktor tersebut adalah desain body, fitur-fitur yang dimiliki, serta produsen atau merek PC itu sendiri.

Gunakan CPU minimal Intel® Core i5 atau AMD Ryzen 5

Gunakan CPU minimal Intel® Core i5 atau AMD Ryzen 5

Central processing unit (CPU) adalah rangkaian sirkuit elektronik yang kompleks dan berfungsi untuk menjalankan instruksi program yang tersimpan. Fungsi CPU menjadi sangat vital karena CPU memiliki peran dalam pemrosesan data. 


Game memiliki sistem yang kompleks sehingga membutuhkan CPU yang tangguh untuk dapat menjalankannya dengan lancar. Karena itu, pastikan bahwa PC menggunakan minimal CPU Intel® Core i5 generasi 9 atau AMD Ryzen generasi 3. 


CPU dengan spesifikasi tersebut sudah teruji dapat digunakan untuk memainkan berbagai macam genre game keluaran terbaru saat ini. Namun, jika Anda memiliki budget lebih, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada CPU di atas standar. Anda bisa memilih CPU dengan Intel® Core i7 dan AMD Ryzen generasi 5.


Sebagai tambahan informasi, saat memilih CPU, pastikan Anda memilih berdasarkan generasinya. Hal ini penting karena i3 generasi 10 bahkan memiliki threads dan clock speed lebih tinggi dibandingkan i5 generasi 9. 

Pastikan kapasitas RAM minimal 8 GB

Pastikan kapasitas RAM minimal 8 GB

Random access memory (RAM) adalah salah satu komponen penting pada perangkat komputer. Fungsi RAM adalah untuk memproses data saat PC sedang menjalankan perangkat lunak. Game merupakan salah satu perangkat lunak yang punya kebutuhan proses data yang cukup kompleks.  


Karena alasan tersebut, kapasitas memori yang digunakan untuk mendukung performa PC gaming harus besar. Makin besar kapasitas memori yang digunakan, performa kerja laptop akan makin ringan. Untuk menentukan kapasitas RAM yang dibutuhkan, Anda bisa terlebih dahulu memetakan kebutuhan pemakaian. 


  • Jika hanya menggunakan PC tersebut untuk menjalankan game saja, Anda hanya membutuhkan kapasitas memori minimal 8 GB.

  • Jika Anda punya kebutuhan untuk merekam permainan, Anda membutuhkan kapasitas memori minimal 16 GB. Bagi Anda yang punya rencana untuk menjadi game vlogger, Anda bisa memilih opsi ini.

Pastikan CPU sudah menggunakan GPU yang sesuai

Pastikan CPU sudah menggunakan GPU yang sesuai

Setelah Anda memastikan kapasitas memori dan generasi CPU, kini saatnya Anda menentukan GPU-nya. Graphics processing unit (GPU) adalah prosesor chip tunggal untuk mengelola dan meningkatkan kinerja video dan grafik. 


Perangkat lunak game membutuhkan kinerja video dan grafik yang cukup tinggi. Untuk itu, Anda memerlukan GPU yang dapat menunjang kebutuhan tersebut. Dua GPU yang saat ini banyak digunakan oleh para gamer adalah AMD Radeon RX atau GPU NVIDIA RTX.


  • AMD Radeon tipe RX merupakan GPU yang memang dirancang khusus untuk kebutuhan olah gambar yang kompleks, khususnya game. AMD Radeon RX didedikasikan bagi konsumen gaming dan juga multimedia.

  • NVIDIA mengeklaim bahwa teknologi yang disematkan pada tipe RTX dapat membuat grafis jadi lebih hidup. Pada tipe RTX ini, NVIDIA telah menyertakan teknologi AI dan pelacakan sinar. Hal ini untuk membuat efek gradasi bayangan jadi lebih realistis. Salah satu teknologi andalannya juga adalah teknologi ray tracing. Teknologi ini bisa membuat gambar jadi jauh lebih realistis.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang NVIDIA, kami juga pernah membahasnya di artikel ini. Klik dan simak informasinya, yuk!

Pilihlah SSD untuk storage memory-nya

Pilihlah SSD untuk storage memory-nya

Solid-state drive (SSD) merupakan perangkat penyimpanan generasi baru yang digunakan pada PC. Tidak seperti teknologi hard disk drive (HDD) yang berjalan lebih lambat, SSD menggunakan memori berbasis flash yang lebih cepat. SSD mempercepat komputer secara signifikan karena waktu akses baca yang rendah dan throughput yang cepat. 


Ketahanan SSD juga lebih baik jika dibandingkan HDD karena sudah tidak menggunakan piringan yang berputar. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika PC sering dipindah-pindah. Untuk gaming, setidaknya Anda membutuhkan SSD berkapasitas 256 GB agar dapat menginstal beberapa game terkini. Jika budget berlebih, Anda dapat memilih kapasitas SSD yang lebih besar.

Utamakan motherboard dengan soket-soket untuk menunjang kebutuhan

Utamakan motherboard dengan soket-soket untuk menunjang kebutuhan

Motherboard merupakan papan sirkuit yang menyatukan semua komponen, mulai dari CPU, GPU, RAM, SSD, dan lainnya. Selain itu, motherboard juga menyediakan soket-soket yang menunjang kebutuhan, seperti soket USB, audio, display, dan lain sebagainya. 


Nah, pilihlah kelengkapan soket sesuai kebutuhan masing-masing. Biasanya, gamer membutuhkan soket audio dengan kualitas yang cukup baik untuk menunjang pengalaman gaming. Selain gamer, para gaming creator atau streamer pastinya juga membutuhkan input audio yang baik.


Untuk itu, Anda perlu memperhatikan motherboard yang digunakan oleh PC gaming dengan saksama. Dengan begitu, kelengkapan penunjang dapat terpasang dan Anda dapat meng-upgrade komponen-komponen lagi suatu saat nanti. Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa memeriksa artikel tentang gaming motherboard di bawah ini.

Gunakan power supply yang sesuai dengan kapasitas listrik di rumah Anda

Gunakan power supply yang sesuai dengan kapasitas listrik di rumah Anda

Power supply merupakan bagian dari casing PC yang berfungsi mendistribusikan daya listrik pada komponen yang melekat pada motherboard. Power supply bekerja dengan mengubah daya 120 V ke dalam bentuk aliran yang sesuai kebutuhan komponen-komponen tersebut. 


Agar tidak bermasalah nantinya, pilihlah PC yang memliki daya sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah Anda. Di pasaran, PC gaming ditawarkan dalam beragam pilihan daya, mulai 300 W sampai 1.000 W.


Selain daya listrik, perhatikan juga komponen gaming yang digunakan karena akan berpengaruh terhadap penggunaan daya. Berikutnya, Anda perlu memperhatikan rating dari power supply. Pastikan Anda memilih power supply dengan sertifikasi 80 plus.

7 Rekomendasi PC gaming terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan tujuh produk PC gaming terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Tujuh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Faynilla.

Gambar produk
1
ASUS ROG Strix  1

ASUS

2
HP OMEN  1

HP

3
MSI MAG Infinite S 10th 1

MSI

4
Lenovo ideacentre G5 1

Lenovo

5
Acer Predator Orion 1

Acer

6
Dell G5 5000 1

Dell

7
MSI Trident MPG Series 1

MSI

Nama produk

ROG Strix

OMEN

MAG Infinite S 10th

ideacentre G5

Predator Orion

G5 5000

Trident MPG Series

Keunggulan

Harga kompetitif, tetapi kemampuannya mumpuni

Power supply-nya besar, tak khawatir lagi saat harus update komponen berdaya besar

PC gaming untuk gamer dengan budget terbatas

Sebuah alternatif bagi Anda yang ingin tampil beda

Tampilannya mewah, spesifikasi megah!

Dengan storage SSD dan RAM 16 GB untuk pemrosesan data yang cepat

Paket lengkap yang memenuhi semua kebutuhan Anda

Harga mulai dariRp 14.999.000,00Rp 29.555.000,00Rp 14.500.000,00Rp 13.690.000,00Rp 40.800.000,00Rp 26.000.000,00Rp 32.990.000,00
CPUIntel® Core™ i7-10700KF processor 3,8 GHzIntel® Core™ i7 10th generationIntel® Core™ i5-10400F processor 12M cache up to 4,30 GHzAMD Ryzen 7 3700XIntel® Core™ i7-9700K processorIntel® Core™ i7-10700F processor (8-Core, 16M cache, 2,9 GHz up to 4,8 GHz)Intel® Core™ i7-10700 processor 16M cache, 2,90 GHz up to 4,80 GHz
RAM8 GB DDR4 2933Mhz SO-DimmHynix 8 GB (1 x 8 GB) DDR4 2666 XMP8 GB DDR4 2666 Mhz16 GB UDIMM DDR4-320016 GB (2 x 8 GB), DDR4 SDRAM upgradeable up to 64 GB16 GB DDR4, 2993 MHz32 GB DDR4
GPUNVIDIA GeForce GTX 1650 4 GBNVIDIA RTX 2060 6 GBNVIDIA Geforce GTX 1650 Super, 4 GB DDR6NVIDIA GeForce RTX2060 6 GB GDDR6NVIDIA GeForce RTX 2080 with 8 GB dedicated memoryNVIDIA GeForce GTX 1660 SUPER™ 6 GB GDDR6NVIDIA Geforce RTX 3060Ti, 8 GB GDDR6
StoragePCIE NVME 512 G M.2 SSD256 SSD, 1 T HDD512 GB SSD PCie512 GB SSD M.2 2242 PCIe NVMe, 1 TB HDD 7200 rpm 256 GB SSD, 1 TB HDD512 GB M.2 PCIe NVMe SSD1TB PCIe NVMe SSD
Power Supply500 W750 W 350 W500 W1000 W500 W750 W
Tautan produk
7

MSITrident MPG Series

AS 12

Mulai dari Rp 32.990.000,00

CPUIntel® Core™ i7-10700 processor 16M cache, 2,90 GHz up to 4,80 GHz
RAM32 GB DDR4
GPUNVIDIA Geforce RTX 3060Ti, 8 GB GDDR6
Storage1TB PCIe NVMe SSD
Power Supply750 W
6
CPUIntel® Core™ i7-10700F processor (8-Core, 16M cache, 2,9 GHz up to 4,8 GHz)
RAM16 GB DDR4, 2993 MHz
GPUNVIDIA GeForce GTX 1660 SUPER™ 6 GB GDDR6
Storage512 GB M.2 PCIe NVMe SSD
Power Supply500 W
5

AcerPredator Orion

PO9-600

Mulai dari Rp 40.800.000,00

CPUIntel® Core™ i7-9700K processor
RAM16 GB (2 x 8 GB), DDR4 SDRAM upgradeable up to 64 GB
GPUNVIDIA GeForce RTX 2080 with 8 GB dedicated memory
Storage256 GB SSD, 1 TB HDD
Power Supply1000 W
4
CPUAMD Ryzen 7 3700X
RAM16 GB UDIMM DDR4-3200
GPUNVIDIA GeForce RTX2060 6 GB GDDR6
Storage512 GB SSD M.2 2242 PCIe NVMe, 1 TB HDD 7200 rpm
Power Supply500 W
3
CPUIntel® Core™ i5-10400F processor 12M cache up to 4,30 GHz
RAM8 GB DDR4 2666 Mhz
GPUNVIDIA Geforce GTX 1650 Super, 4 GB DDR6
Storage512 GB SSD PCie
Power Supply350 W
2
CPUIntel® Core™ i7 10th generation
RAMHynix 8 GB (1 x 8 GB) DDR4 2666 XMP
GPUNVIDIA RTX 2060 6 GB
Storage256 SSD, 1 T HDD
Power Supply750 W
1

ASUSROG Strix

GT15 G15CK

Mulai dari Rp 14.999.000,00

CPUIntel® Core™ i7-10700KF processor 3,8 GHz
RAM8 GB DDR4 2933Mhz SO-Dimm
GPUNVIDIA GeForce GTX 1650 4 GB
StoragePCIE NVME 512 G M.2 SSD
Power Supply500 W

Baca juga rekomendasi perangkat gaming lainnya di sini

Di bawah ini kami telah merekomendasikan produk-produk yang berkaitan dengan gaming lainnya. Jika Anda masih mencari produk yang tepat, simak langsung tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Membeli PC gaming merupakan salah satu bentuk investasi bagi para gamer, baik yang pro maupun pemula. Untuk itu, Anda perlu pertimbangan matang saat memilih PC agar sesuai dengan kebutuhan.


Semoga rekomendasi di atas dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih produk yang pas. Yuk, mulai bermain game dengan perangkat yang membuat aktivitas gaming menjadi lebih menyenangkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gaming mouse merupakan perangkat wajib bila Anda hobi bermain game di komputer. Pemilihan gaming mouse sangat erat kaitannya dengan performa Anda selama bermain. Meski demikian, keterbatasan dana mungkin membuat Anda bingung menemukan gaming mouse murah terbaik.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih gaming mouse murah lengkap dengan sepuluh rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat memilih mouse gaming murah 100 ribuan dengan fitur yang tidak kalah menarik. Kami akan membahas mouse gaming murah wireless dan wired dari sejumlah merek, seperti Logitech, Razer, dan Fantech. Selamat membaca!
    PC gaming
  • 10 Headset Gaming Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headset Gaming Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perlengkapan gaming termasuk headset memang identik dengan harganya mahal. Namun, kini sudah ada beberapa produk headset gaming dengan harga yang lebih murah. Anda dapat menemukan headset gaming seharga 50 ribu, 100 ribu, 200 ribu, sampai maksimal 1 juta. Meski begitu, jangan sembarangan memilih headset agar permainan Anda tetap dapat dinikmati.Kami akan berbagi tips memilih headset gaming murah terbaik untuk HP ataupun PC. Kami juga memberikan rekomendasi merek headset gaming murah yang bagus, seperti Rexus, Logitech G, Sades, Plextone, dan dbE. Agar Anda tidak makin penasaran, langsung simak artikelnya, ya!
    PC gaming
  • 10 Gaming Motherboard Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Motherboard Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Gaming adalah salah satu kegiatan yang paling digemari oleh banyak kalangan. Bermacam perangkat dapat dijadikan platform untuk bermain game, mulai dari smartphone, laptop, hingga PC. PC dengan performa gaming terbaik wajib memiliki hardware khusus untuk bermain game, salah satunya motherboard.Motherboard merupakan induk tempat Anda memasang kartu grafis, RAM, CPU, dan storage. Kini banyak sekali merek motherboard yang bagus, seperti ASUS, MSI, dan Gigabyte. Kami akan membantu agar Anda tidak bingung dengan merekomendasikan motherboard terbaik beserta cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    PC gaming
  • 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone saja tentu belum terasa cukup sebagai perangkat audio saat bermain game. Anda perlu menggunakan headset gaming untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Produknya memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman satu tim saat bermain game FPS, seperti PUBG.Merek headset gaming terbaik, seperti Logitech, ASUS, Razer, dan lainnya, banyak digunakan para gamer. Ada yang menggunakan kabel, ada juga wireless via Bluetooth. Kami akan menjelaskan cara memilihnya untuk Anda. Rekomendasi headset gaming yang bagus beserta ulasannya juga sudah kami siapkan. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. 
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki konsol game yang tepat akan memberi pengalaman gaming maksimal. Dengan audio jernih atau grafis tajam, kepuasan bermain game turut meningkat. Menariknya lagi, game Android dan iOS kini bisa Anda nikmati di layar televisi.Produk konsol game bervariasi, dari yang terpasang di rumah hingga yang portable. Kami akan memandu Anda memilih konsol game yang bagus dari berbagai merek dan sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produknya untuk Anda. Ada konsol dari Nintendo, Sony, dan lainnya. Yuk, simak artikel ini untuk menemukan konsol game terbaik Anda.
    Game console
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori