• 10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Perkembangan teknologi makin mempermudah pekerjaan manusia. Anda mungkin pernah bolak-balik rental komputer atau warnet hanya untuk keperluan scan dokumen. Dengan menginstal aplikasi scan dokumen di ponsel, hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Anda bisa memindai dokumen Anda langsung melalui ponsel Anda.

Di Google Play dan App Store banyak terdapat berbagai merek aplikasi scan dokumen. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung mencari aplikasi yang sesuai. Kami akan menunjukkan cara memilih aplikasi scan dokumen yang bagus. Aplikasi scan dokumen terbaik seperti Microsoft Lens, Adobe Scan, dan CamScanner ada dalam rekomendasi kami.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih aplikasi scan dokumen

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih aplikasi scan dokumen. Anda perlu mengetahui jenis dokumen yang akan di-scan, fitur aplikasi, format hasil scan, dan cara mengekspor dokumen. Tak ketinggalan, Anda juga perlu membaca ulasan aplikasi di Google Play atau App Store.

Tentukan jenis dokumen yang akan di-scan

Tentukan jenis dokumen yang akan di-scan

Sebelum Anda memilih aplikasi scan dokumen, Anda perlu menentukan jenis dokumen yang akan Anda scan. Jenis dokumen yang akan Anda scan akan menentukan format dokumen yang bisa dipilih untuk menampilkan hasil scan. Anda juga bisa menentukan aplikasi dengan fitur yang mendukung jenis dokumen Anda. Beberapa jenis dokumen yang bisa dipindai adalah:


  • Foto, untuk digitalisasi album foto lama Anda. Anda bisa memindai foto-foto lama Anda agar tidak hilang karena foto fisik bisa pudar termakan usia.

  • Surat penting, untuk proses mengajukan lamaran atau proposal melalui email. Anda bisa memindai ijazah, transkrip nilai, surat lamaran, dokumen bermaterai atau bertanda tangan untuk dikirim secara daring.

  • Bukti transaksi, untuk verifikasi pembayaran belanja online. Anda bisa memindai kuitansi, struk ATM, dan nota pembelian sebagai bukti pembayaran untuk dikirim ke penjual.

  • Whiteboard, untuk mempelajari ulang materi kuliah atau presentasi dari kantor. Dengan memindai whiteboard, Anda tak perlu susah-susah mencatat materi yang disampaikan. Anda bisa fokus menyimak apa yang disampaikan pemateri.

  • Buku teks, untuk tujuan penulisan karya ilmiah. Anda bisa memindai halaman demi halaman kutipan yang penting dari buku-buku di perpustakaan. Anda tak perlu ribet memfotokopi buku atau mencatatnya di buku catatan. Selain lebih praktis, memindai halaman buku juga akan menghemat waktu dan uang.

  • Buku catatan/tulisan tangan, untuk mengubahnya menjadi teks digital. Anda bisa memindai tulisan tangan yang akan dikenali sebagai karakter teks di komputer. Dengan memindai tulisan tangan, Anda tak perlu repot-repot mengetik.

Cek fitur-fitur yang disediakan aplikasi

Cek fitur-fitur yang disediakan aplikasi

Setiap aplikasi scan dokumen memiliki fitur yang berbeda-beda. Anda perlu memperhatikan fitur yang sesuai jenis dokumen agar hasil menjadi seperti yang Anda harapkan. Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi scan dokumen adalah:


  • Deteksi tepi dokumen, untuk pemindaian dokumen secara otomatis. Anda bisa mengarahkan kamera ponsel ke dokumen yang akan di-scan. Layar akan mendeteksi setiap sudut dokumen tersebut. Anda pun bisa mendapatkan hasil scan dengan cepat.

  • Editing, untuk hasil scan yang lebih bersih dan sesuai. Jika hasil scan Anda dirasa kurang bersih atau kurang pas, Anda bisa memanfaatkan fitur editing-nya. Anda bisa menghilangkan noda, bayang, dan coretan yang mengganggu. Anda juga bisa mengatur kontras, tingat ketajaman, dan memfilter berdasarkan warna yang Anda kehendaki.

  • OCR (Optical Character Recognition), untuk mengonversi gambar huruf menjadi karakter yang dikenal komputer. OCR berfungsi membaca/mengekstrak teks hasil scan dokumen ketik/tulisan tangan tanpa mengetik/memasukkan teks secara manual. OCR dapat mengenali angka, huruf, dan tanda baca dari dokumen cetak (hard copy) menjadi digital (soft copy).


Biasanya, setiap aplikasi scan dokumen memiliki fitur standar deteksi tepi dokumen dan editing. Fitur OCR hanya ada pada aplikasi scan dokumen tertentu. Jika Anda hanya ingin memindai foto, gambar, kuitansi, surat penting, dan whiteboard, aplikasi biasa sudah cukup. Namun, untuk memindai gambar teks atau tulisan tangan menjadi bentuk digital, Anda perlu memilih aplikasi berfitur OCR.

Perhatikan format hasil scan

Perhatikan format hasil scan

Untuk menyimpan atau membagikan hasi pindaian, Anda bisa memilih format yang tersedia di aplikasi scan dokumen. Format file dapat ditentukan dari jenis dokumen yang telah Anda scan. Format dokumen juga menentukan perlu tidaknya software atau aplikasi lain untuk membuka dokumen pindaian Anda. Beberapa format file yang dihasilkan oleh aplikasi scan dokumen adalah:


  • JPG/JPEG (Joint Photography Expert Group), cocok untuk dokumen berupa foto. File format ini bisa diatur tingkat kompresinya. Hal tersebut memungkinkan Anda mengatur kualitas dan kapasitas penyimpanan. Makin besar kompresi gambar, makin kecil ukuran file-nya. Namun, gambar yang dikompres akan kehilangan detail dan ketajamannya.

  • PNG (Portable Network Graphic), cocok untuk dokumen berupa gambar. File format ini sangat optimal untuk penyimpanan gambar dengan banyak warna solid (tidak lebih dari 256 warna). Hasil dari format ini bisa menampilkan gambar dengan latar belakang transparan, seperti gambar logo dan ikon.

  • PDF (Portable Document Format), cocok untuk dokumen berupa teks dan gambar. File dengan format PDF memungkinkan Anda menyalin teks di dalam dokumen. Hal tersebut karena setiap file PDF menyimpan bentuk format penulisan dan jenis huruf. Namun, file format PDF juga bisa hanya menampilkan hasil berupa gambar. File PDF juga fleksibel bisa dibuka pada beberapa perangkat tertentu tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

  • DOC (Document), cocok untuk dokumen berupa teks dan tulisan tangan. Anda bisa memindai teks atau tulisan tangan dari dokumen hard copy menjadi teks di program Microsoft Word. Dengan demikian, Anda tak perlu mengetik secara manual lagi. Namun, Anda tetap perlu mengecek teksnya karena hasil pindaian OCR tidak seratus persen akurat. Hal tersebut bergantung dari kejelasan karakter pada dokumen yang dipindai.

Periksa cara menyimpan dan membagikan dokumen hasil scan

Periksa cara menyimpan dan membagikan dokumen hasil scan

Setelah dokumen dipindai, dibersihkan, dan diatur formatnya, Anda bisa mengekspor dokumen tersebut dengan beberapa cara. Cara mengekspor dokumen hasil scan tersebut adalah:


  • Simpan untuk diri sendiri, dengan cara menyimpannya langsung ke perangkat/galeri di ponsel atau penyimpanan aplikasi. Anda juga bisa mengirimnya ke situs penyimpanan pribadi. Menyimpannya di situs penyimpanan (cloud) dapat membantu Anda mendapatkan file jika sewaktu-waktu dibutuhkan. File tersebut bisa diakses tanpa perangkat yang terinstal aplikasi. Anda bisa memanfaatkan situs penyimpanan seperti Google Drive, Dropbox, Evernote, dan SkyDrive.

  • Bagikan ke orang lain, dengan cara mengirimkannya langsung melalui email, chat, atau berbagi file di situs penyimpanan. Beberapa aplikasi scan dokumen menyediakan tombol untuk membagikan hasil scan ke berbagai platform, seperti WhatsApp dan Evernote. Anda bisa berbagi file melalui situs penyimpanan seperti Google Drive dan Dropbox dengan mengatur aksesnya untuk publik. Untuk keamanan, pastikan hanya yang diundang yang bisa mengaksesnya.

Baca penilaian dan ulasan aplikasi

Baca penilaian dan ulasan aplikasi

Jika masih ragu, Anda bisa membaca penilaian dan ulasan pengguna di Google Play atau App Store. Anda bisa mendapatkan informasi Android atau iOS versi berapa yang kompatibel untuk handphone Anda. Selain itu, beberapa aplikasi scan yang gratis juga membatasi akses fiturnya.


Untuk membuka fitur yang dikunci, Anda perlu upgrade ke aplikasi versi premium yang berbayar. Membaca penilaian dan ulasan dari pengguna dapat mencegah Anda dari aplikasi yang kurang sesuai untuk Anda.

10 Rekomendasi aplikasi scan dokumen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi scan dokumen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.

10
Rating di Google Play4,4 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Berbayarx
Fitur OCRx
Format file hasil scanJPEG
Ekspor dokumenGoogle Photos
9
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,7 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)
Fitur OCRTidak disebutkan
Format file hasil scanPDF, JPEG, PNG
Ekspor dokumenDropbox, Evernote, SkyDrive, GoogleDrive
8
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)
Fitur OCR✔︎
Format file hasil scanPDF, PNG
Ekspor dokumenTidak disebutkan
7

Piksoft, Inc.TurboScan: Scan Documents & Receipts in PDF

Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)
Fitur OCRTidak disebutkan
Format file hasil scanPDF, JPEG, PNG
Ekspor dokumenEmail, Dropbox
6
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)
Fitur OCR
Format file hasil scanPDF, JPEG
Ekspor dokumenE-mail, cetak, faks, Dropbox, Evernote, Google Drive, WhatsApp
5

CamSoft InformationCamScanner: Scan ke PDF, Word, Excel, Foto, Gratis

Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)
Fitur OCR✔︎
Format file hasil scanPDF, JPEG, PNG
Ekspor dokumenBox, Google Drive, Dropbox, Evernote, OneDrive, Baidu Netdisk
4
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)
Fitur OCR✔︎
Format file hasil scanPDF, JPEG
Ekspor dokumenEmail, Dropbox, OneDrive, SkyDrive, Google Drive, Evernote
3
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)
Fitur OCR
Format file hasil scanPDF
Ekspor dokumenEmail, Box, Dropbox, Evernote, Expensify, Google Drive, OneDrive, FTP, WebDAV (Citrix ShareFile, NextCloud, ownCloud, Synology, Yandex)
2
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
Berbayarx
Fitur OCR
Format file hasil scanPDF, JPEG, PNG, DOC, PPT, XLS
Ekspor dokumenGaleri, OneNote, OneDrive
1
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)
Fitur OCR✔︎
Format file hasil scanPDF, JPEG
Ekspor dokumenGaleri, Dropbox

Tabel perbandingan produk aplikasi scan dokumen terbaik

Gambar produk
1
Adobe Adobe Scan: PDF Scanner, OCR 1

Adobe

2
Microsoft Corporation Microsoft Lens - PDF Scanner 1

Microsoft Corporation

3
The Grizzly Labs Genius Scan - PDF Scanner 1

The Grizzly Labs

4
Indy Mobile App Clear Scan - PDF Scanner App 1

Indy Mobile App

5
CamSoft Information CamScanner: Scan ke PDF, Word, Excel, Foto, Gratis 1

CamSoft Information

6
Easy, Inc. Simple Scan - PDF Scanner App 1

Easy, Inc.

7
Piksoft, Inc. TurboScan: Scan Documents & Receipts in PDF 1

Piksoft, Inc.

8
Tap-Mobile TapScanner - Pemindai Kamera ke PDF 1

Tap-Mobile

9
CoolMobileSolution Fast Scanner - PDF Scan App 1

CoolMobileSolution

10
Google LLC PhotoScan oleh Google Foto 1

Google LLC

Nama produk

Adobe Scan: PDF Scanner, OCR

Microsoft Lens - PDF Scanner

Genius Scan - PDF Scanner

Clear Scan - PDF Scanner App

CamScanner: Scan ke PDF, Word, Excel, Foto, Gratis

Simple Scan - PDF Scanner App

TurboScan: Scan Documents & Receipts in PDF

TapScanner - Pemindai Kamera ke PDF

Fast Scanner - PDF Scan App

PhotoScan oleh Google Foto

Keunggulan

Deteksi batas, pertajam konten, dan kenali teks dalam satu scanner portabel

Dokumen bisa langsung dikonversi ke Word, PowerPoint, dan Excel

Deteksi dan hapus latar belakang dokumen lebih akurat dengan teknologi Smart Scanner

Bisa back up hasil scan meskipun sudah berganti-ganti HP

Ubah ponsel menjadi scanner portabel yang multifungsi

Dengan lima tingkatan kontras, teks monokorom bisa tampak sangat jelas

Dilengkapi mode SureScan untuk hasil scan yang lebih tajam

Manfaatkan fitur OCR yang mendukung lebih dari 110 bahasa

Pindai dokumen apa pun cukup melalui ponsel Anda

Cadangkan hasil pindaian yang bebas silau ke Google Photos

Rating di Google Play4,8 dari 54,8 dari 54,8 dari 54,8 dari 54,7 dari 54,8 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,4 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 54,9 dari 54,9 dari 54,9 dari 54,9 dari 54,8 dari 54,9 dari 54,8 dari 54,7 dari 54,8 dari 5
Berbayarx (berbayar untuk akses premium saja)xx (berbayar untuk akses premium saja)x (berbayar untuk akses premium saja)x (berbayar untuk akses premium saja)x (berbayar untuk akses premium saja)x (berbayar untuk akses premium saja)x (berbayar untuk akses premium saja)x (berbayar untuk akses premium saja)x
Fitur OCR✔︎✔︎✔︎Tidak disebutkan✔︎Tidak disebutkanx
Format file hasil scanPDF, JPEGPDF, JPEG, PNG, DOC, PPT, XLSPDFPDF, JPEGPDF, JPEG, PNGPDF, JPEGPDF, JPEG, PNGPDF, PNGPDF, JPEG, PNGJPEG
Ekspor dokumenGaleri, DropboxGaleri, OneNote, OneDriveEmail, Box, Dropbox, Evernote, Expensify, Google Drive, OneDrive, FTP, WebDAV (Citrix ShareFile, NextCloud, ownCloud, Synology, Yandex)Email, Dropbox, OneDrive, SkyDrive, Google Drive, EvernoteBox, Google Drive, Dropbox, Evernote, OneDrive, Baidu NetdiskE-mail, cetak, faks, Dropbox, Evernote, Google Drive, WhatsAppEmail, DropboxTidak disebutkanDropbox, Evernote, SkyDrive, GoogleDriveGoogle Photos
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Selain aplikasi scan dokumen, kami juga mempunyai banyak artikel mengenai aplikasi. Baca artikel-artikel di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi produk aplikasi yang tak kalah bagusnya.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah mendapatkan aplikasi scan dokumen yang sesuai. Hadirnya aplikasi scan dokumen tentu mempermudah Anda dalam menyelesaikan urusan sekolah atau perkantoran. Anda bisa memindai dokumen langsung melalui ponsel Anda.


Akan tetapi, hal yang perlu Anda perhatikan adalah untuk tetap menjaga kerahasiaan dokumen Anda. Pastikan Anda hanya membagikan dokumen ke orang yang dituju. Semoga aplikasi scan dokumen dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih praktis dan efisien.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kemajuan teknologi membuat apa saja menjadi lebih mudah, termasuk untuk belajar. Anda sekarang bisa belajar hanya dengan menggunakan smartphone. Ada banyak aplikasi belajar online untuk murid SD sampai mahasiswa, bahkan ada aplikasi belajar online gratis.Ada begitu banyak aplikasi belajar online yang bagus, seperti RuangGuru, Zenius, dan Quipper. Harga yang ditetapkan pun berbeda-beda untuk tiap aplikasinya. Supaya Anda tidak bingung, simak tips memilih aplikasi belajar online di artikel ini. Selanjutnya, Anda bisa memilih platform pembelajaran online terbaik dari daftar rekomendasi kami. Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang perlu Anda kuasai untuk bersaing di era globalisasi. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menguasai bahasa Inggris, terutama untuk pemula, salah satunya dengan belajar melalui aplikasi. Ada banyak aplikasi belajar bahasa Inggris, baik gratis maupun berbayar. Yang untuk anak juga ada, lho!Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan mengulas aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik. Kami akan membahas cara memilih aplikasi yang bagus dan memberikan beberapa rekomendasi aplikasinya. Aplikasi terkenal, seperti Duolingo, Elsa Speak, dan Memrise juga akan kami ulas. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Farming Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Farming Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lelah dengan hidup perkotaan dan ingin mencoba bertani? Tak perlu repot-repot karena Anda bisa mendapatkannya di dalam game farming. Aplikasi game farming di smartphone dapat membantu Anda merasa lebih rileks setelah penat bekerja. Anda pun bisa memilih online game ataupun offline game.Anda bisa memainkan berbagai game farming yang bagus dan terbaik, seperti FarmVille dan Stardew Valley. Namun, ketahui dahulu keunikan tiap-tiap aplikasi game farming yang ada sebelum Anda download di Android ataupun iOS. Beberapa aplikasi pun bisa Anda mainkan di PC. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pandemi COVID-19 membuat Anda lebih banyak melakukan kegiatan di rumah. Dari belanja kebutuhan sehari-hari, belanja pakaian, barang elektronik, hingga bayar tagihan, semuanya sebaiknya Anda lakukan dari rumah. Untungnya, aplikasi belanja online mampu menjawab kebutuhan tersebut.Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi belanja online meliputi kredit, paylater, COD, gratis ongkir, serta belanja barang dari luar negeri. Saat ini, Shopee, Tokopedia, dan Blibli menjadi aplikasi belanja online paling populer di Indonesia. Nah, kami akan memaparkan cara memilih aplikasi belanja online yang bagus dan tepercaya sehingga Anda aman dalam berbelanja. 
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Survival Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Survival Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game survival adalah game yang mengharuskan Anda untuk bertahan hidup dalam permainan. Game yang satu ini tergolong genre game action dan adventure (pertualangan). Genre game yang sangat memacu adrenalin ini dapat Anda download di PC, Android, ataupun iOS. Kali ini kami akan membahas game survival untuk smartphone.State of Survival, LifeAfter, dan Last Day on Earth adalah beberapa contoh game survival multiplayer terbaik. Game survival bertema zombie juga paling banyak disukai. Anda juga bisa menemukan game survival offline yang bagus. Yuk, langsung saja simak ulasan kami kali ini!
    Aplikasi
  • 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara menambah skill adalah dengan menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Jepang atau nihongo. Anda bisa belajar bahasa Jepang secara gratis, baik online maupun offline menggunakan aplikasi. Menariknya, ada banyak aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang bisa Anda unduh ke ponsel Android ataupun iOS.Pilihan levelnya tersedia untuk pemula dan lanjutan. Berbagai aplikasi untuk belajar bahasa jepang yang populer, seperti LingoDeer, JA Sensei, dan Busuu cukup menarik untuk dicoba. Artikel ini sudah ditinjau oleh dosen program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang kami, Astera Khirana. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda perlu memiliki DJ controller untuk menjadi DJ profesional. Tentu saja harga perlengkapannya tidak bisa dibilang murah. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kini tersedia aplikasi DJ yang bisa Anda download di HP Android ataupun iOS. Kali ini kami akan berbagi tips memilih aplikasi DJ yang bagus.Edjing Mix Cross DJ, DJ It!, dan djay adalah beberapa aplikasi DJ terbaik yang bisa Anda download secara gratis. Anda dapat menggunakannya untuk remix berbagai musik favorit. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak pembahasan kami dalam artikel kali ini, ya!
    Aplikasi
  • 10 Jasa Angkut Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Jasa Angkut Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pindahan memang sering kali merepotkan karena Anda harus mengemas barang dan membawanya ke tempat tujuan. Mencari kendaraan yang tepat untuk pindahan pun cukup merepotkan. Kini pindahan ataupun berjualan jadi lebih mudah berkat banyaknya aplikasi jasa angkut barang online.Kami akan merekomendasikan berbagai jasa angkut barang terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Jasa angkut barang yang kami rekomendasikan berada di area Jabodetabek dan Bandung. Sebelumnya, simak dahulu tips dari kami untuk menemukan jasa angkut barang yang bagus. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Trading Terbaik yang Terdaftar di OJK (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Trading Terbaik yang Terdaftar di OJK (Terbaru Tahun 2022)
    Aplikasi trading saham kini sudah menjamur seiring kian canggihnya teknologi pada smartphone. Saat ini, Anda bisa trading saham, emas, forex, crypto, dan lain-lain dalam genggaman Anda. Namun, maraknya penipuan berkedok investasi barangkali membuat Anda bingung memilih aplikasi trading yang aman dan terdaftar di OJK.Kami akan memandu Anda memilih aplikasi trading yang bagus. Aplikasi trading terbaik, seperti Tokocrypto, IPOT, dan MIFX ada dalam rekomendasi kami. Tenang, semua aplikasi dalam rekomendasi kami telah memiliki izin dari regulator resmi, seperti Bappebti dan OJK. Simak baik-baik artikel ini, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Trading Forex Terbaik dan Terdaftar di Bappebti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Trading Forex Terbaik dan Terdaftar di Bappebti (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan transaksi jual beli mata uang asing atau forex menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Terlebih, saat ini terdapat banyak sekali aplikasi trading forex yang dapat digunakan untuk memudahkan trading. Namun, banyaknya aplikasi investasi bodong yang bermunculan barangkali membuat Anda bingung untuk memilih.Kami akan memberikan Anda tips memilih aplikasi trading forex yang bagus dan legal. Aplikasi trading forex terbaik, seperti MIFX, HSB Investasi, dan Octa Investama, ada dalam rekomendasi kami. Semua aplikasi yang kami rekomendasikan sudah memiliki izin Bappebti sehingga dijamin aman. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aplikasi
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Membaca Berita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Membaca Berita (Terbaru Tahun 2022)
    Akses berita kini sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda untuk mendapatkan informasi tentang peristiwa yang sedang terjadi. Koran, program berita, bahkan saluran TV pun kini menyediakan portal berita online yang dapat diakses melalui aplikasi. Dengan menginstal aplikasi untuk membaca berita, Anda bisa update berita terkini langsung dalam genggaman Anda.Dari banyaknya aplikasi yang beredar, Anda mungkin bingung memilih aplikasi berita yang bagus. Kami akan menunjukkan cara memilih aplikasi terbaik untuk membaca berita. Aplikasi populer, seperti detikcom dan Kompas.com ada dalam rekomendasi kami. Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai habis.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Mari simak tips memilih dan rekomendasi aplikasi pemesanan hotel berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pengguna ponsel Android? Sudahkah Anda memasang antivirus untuk Android Anda? Antivirus dapat melindungi data-data yang tersimpan di smartphone Android. Antivirus tersebut tersedia di Google Play dalam bentuk aplikasi. Anda bisa memilih aplikasi antivirus yang free atau berbayar. Contoh aplikasi antivirus adalah Norton, Kaspersky, dan McAfee. Anda harus memilih antivirus yang bagus, aman, dan paling ampuh. Untuk membantu Anda, kami akan membahas tips memilih dan memberikan rekomendasi antivirus terbaik untuk Android. Silakan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lengkapnya!
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori