• 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.


Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!

  • Pembaharuan terakhir: 24 Desember 2021
Daftar isi

Cara memilih pompa kolam ikan

Tak hanya membuat kolam ikan jadi lebih menarik berkat air mancur atau air terjun, pompa kolam ikan juga memiliki berbagai manfaat. Di antaranya adalah meningkatkan kadar oksigen dalam air, serta menjaga kebersihan air dalam kolam. Nah, pompa seperti apa yang cocok untuk kolam ikan Anda? Yuk, cari tahu melalui serangkaian tips memilih berikut ini!

Sesuaikanlah debit pompa dengan volume air kolam

Untuk memaksimalkan fungsi pompa, Anda perlu memperhatikan ukuran kolam dan volume air di dalamnya. Debit air yang dihasilkan pompa harus lebih besar dari volume air pada kolam ikan Anda. Biasanya debit air yang dihasilkan pompa dalam kurun waktu satu jam harus mampu melewati media filter sebanyak empat kali.


Untuk mengetahui volume air kolam, Anda bisa menggunakan rumus panjang (meter) x lebar (meter) x tinggi air (meter) x 1.000 liter. Misalnya Anda memiliki kolam ikan dengan volume air 1.000 liter. Untuk mendapatkan kualitas air yang ideal, maka perlu pompa dengan debit air 4.000 liter per jam. Makin besar debit air melewati media filter, makin jernih dan bagus kualitas air kolam.


Apabila Anda ingin membuat air mancur, daya pancar maksimal pompa perlu Anda perhatikan. Idealnya, hiasan air mancur atau air terjun membutuhkan pompa dengan daya pancar lebih dari 1 meter. Daya pancar maksimal selalu mengikuti besarnya debit air. Makin besar debit air yang dihasilkan, makin tinggi pula daya pancar yang dicapai suatu pompa air.

Pilih pompa yang sesuai dengan karakteristik ikan

Perbedaan karakteristik ikan air tawar dan air asin akan memengaruhi cara Anda memilih pompa kolam. Ikan laut terbiasa dengan arus yang kuat sehingga Anda perlu menyediakan pompa dengan semburan yang kuat atau besar. Sementara itu, ikan air tawar tidak membutuhkan arus deras. Jadi, Anda cukup menyesuaikan volume air kolam dengan debit pompa air yang ideal.


Sebagai tambahan, Anda juga perlu mengecek spesifikasi pompa. Ada pompa yang dapat digunakan baik di air tawar maupun asin, ada pula yang hanya bisa digunakan di salah satunya. Pilhlah produk yang tepat karena pemilihan pompa air yang tidak sesuai dengan jenis air dapat mempersingkat usia pompa.

Ketahuilah jenis pompa kolam berdasarkan letaknya

Secara umum, ada tiga jenis pompa kolam ikan berdasarkan peletakannya, yaitu di darat, di dalam air, ataupun keduanya. Masing-masing memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Namun, pompa kolam ikan yang banyak beredar di pasaran umumnya yang diletakkan di dalam air atau disebut pompa celup. Untuk lebih detail, simak penjelasan berikut ini.

Tipe inline: Untuk pemasangan di luar kolam

Tipe inline: Untuk pemasangan di luar kolam

Ini adalah tipe pompa kolam yang diletakkan di luar atau di darat. Dengan pompa inline, air kolam Anda tidak mengalami kenaikan suhu akibat aktivitas mesin pompa. Namun, karena letaknya berada di luar kolam, maka Anda perlu menyesuaikan tempat beserta pipa-pipa pemasangannya. Selain itu, pompa tipe ini relatif susah didapat dan tergeser oleh keberadaan pompa tipe celup dan amfibi.

Tipe submersible: Untuk pemasangan di dalam kolam

Pompa tipe ini bekerja dengan cara ditempatkan di dalam air atau disebut pompa celup (submersible). Material pompa sudah dirancang kedap air sehingga mesin mampu bekerja tanpa kendala. Karena direndam di dalam air, suara mesin pompa hampir tidak terdengar. Pompa tipe ini sekaligus adalah yang paling umum dan paling mudah didapat.


Adapun kelemahan pompa celup adalah panas yang dihasilkan mesin mampu meningkatkan suhu air kolam. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dapat diatasi dengan membuat sekat tersendiri di kolam untuk meletakkan pompa celup. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang pompa celup, klik tautan di bawah ini, ya.

Tipe amphibious: Fleksibel menyesuaikan kebutuhan Anda

Sesuai dengan namanya, ini adalah pompa kolam yang dapat ditempatkan baik di dalam maupun di luar air kolam. Pompa amfibi ini membuat Anda memiliki fleksibilitas pilihan untuk menempatkan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Harga pompa amfibi ini juga makin kompetitif dengan jenis pompa sebelumnya sehingga tidak terlalu membebani kantong Anda.

Utamakan memilih pompa kolam ikan yang hemat daya

Utamakan memilih pompa kolam ikan yang hemat daya

Pastikan bahwa pompa kolam air yang Anda pilih sesuai dengan beban daya listrik di rumah. Karena biasanya pompa kolam ikan menyala 24 jam, maka penting untuk memilih pompa air berdaya rendah. Untuk mengetahui besarnya daya listrik pompa air, Anda dapat melihatnya pada tabel spesifikasi yang tertera di setiap produk. 


Pompa kolam ikan dengan watt rendah umumnya memakan daya 10 hingga 22 watt. Dengan daya tersebut, debit air yang dihasilkan berkisar antara 1.700 hingga 2.500 liter per jam. Apabila Anda membutuhkan debit air yang lebih besar, tetaplah mempertimbangkan produk yang menawarkan daya rendah dan andal di kelasnya. 

10 Rekomendasi pompa kolam ikan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pompa kolam ikan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeAmfibi
Daya pancar maksimal3,5 meter
Kapasitas maksimal3500 liter/jam
Daya listrik80 watt
BeratTidak diketahui
9
TipeCelup
Daya pancar maksimal2,5 meter
Kapasitas maksimal3000 liter/jam
Daya listrik40 watt
BeratTidak ada keterangan
8
TipeCelup
Daya pancar maksimal1,95 meter
Kapasitas maksimal1500 liter/jam
Daya listrik20 watt
Berat1.5 kilogram
7
TipeCelup
Daya pancar maksimal6 meter
Kapasitas maksimal4200 liter/jam
Daya listrik100 watt
Berat4 kilogram
6
TipeAmfibi
Daya pancar maksimal5,2 meter
Kapasitas maksimal5800 liter/jam
Daya listrik38 watt
BeratTidak ada keterangan
5
TipeCelup
Daya pancar maksimal3,5 meter
Kapasitas maksimal3500 liter/jam
Daya listrik50 watt
BeratTidak ada keterangan
4
TipeCelup
Daya pancar maksimal2 meter
Kapasitas maksimal2000 liter/jam
Daya listrik38 watt
BeratTidak ada keterangan
3
TipeCelup
Daya pancar maksimal5,2 meter
Kapasitas maksimal5800 liter/jam
Daya listrik38 watt
Berat2 kilogram
2
TipeCelup
Daya pancar maksimal1,8 watt
Kapasitas maksimal2000 liter/jam
Daya listrik18 watt
BeratTidak ada keterangan
1
TipeCelup
Daya pancar maksimal3 meter
Kapasitas maksimal3000 liter/jam
Daya listrik60 watt
BeratTidak ada keterangan

Tabel perbandingan pompa kolam ikan terbaik

Gambar produk
1
Yamano Water Pump 1

Yamano

2
Sakkai Pro Submersible Pump 1

Sakkai Pro

3
Sunsun JTP Series 1

Sunsun

4
Atman Power Liquid Filter 1

Atman

5
Yukari Submersible Pump 1

Yukari

6
Sobo Amphibious Pump 1

Sobo

7
Wasser Submersible Pump 1

Wasser

8
Resun Submersible Pump 1

Resun

9
Hikari Submersible Pump 1

Hikari

10
Hidom Amphibious Pump 1

Hidom

Nama produk

Water Pump

Submersible Pump

JTP Series

Power Liquid Filter

Submersible Pump

Amphibious Pump

Submersible Pump

Submersible Pump

Submersible Pump

Amphibious Pump

Keunggulan

Produk populer dengan mesin tangguh 24 jam nonstop

Paling hemat daya di kelas 2000 liter per jam

Bisa dibongkar tanpa alat, lebih mudah dibersihkan!

Suara halus membuat mesin cenderung awet

Debit melimpah dengan harga ekonomis

Tipe amfibi yang hemat daya dengan debit besar

Merek ternama, jaminan kuat dan tahan lama

Suara senyap dan kualitas mesin awet

Ramah lingkungan dengan debit sedang

Fleksibel! Bisa dipasang di darat, celup, juga air asin ataupun tawar

Harga mulai dariRp 132.000,00Rp 70.000,00Rp 497.000,00Rp 170.000,00Rp 137.000,00Rp 500.000,00Rp 445.000,00Rp 180.000,00Rp 167.000,00Rp 265.000,00
TipeCelupCelupCelupCelupCelupAmfibiCelupCelupCelupAmfibi
Daya pancar maksimal3 meter1,8 watt5,2 meter2 meter3,5 meter5,2 meter6 meter1,95 meter2,5 meter3,5 meter
Kapasitas maksimal3000 liter/jam2000 liter/jam5800 liter/jam2000 liter/jam3500 liter/jam5800 liter/jam4200 liter/jam1500 liter/jam3000 liter/jam3500 liter/jam
Daya listrik60 watt18 watt38 watt38 watt50 watt38 watt100 watt20 watt40 watt80 watt
BeratTidak ada keteranganTidak ada keterangan2 kilogramTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan4 kilogram1.5 kilogramTidak ada keteranganTidak diketahui
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan aquarium lainnya di sini

Setelah menemukan pompa kolam ikan yang tepat, Anda mungkin juga membutuhkan pompa aquarium dan berbagai peralatan penunjangnya. Berbagai produk pompa kolam ikan yang sudah dibahas di atas juga bisa dipakai di aquarium dengan menyesuaikan tipenya kembali. Anda dapat menyimaknya dalam sejumlah artikel berikut ini.

Kesimpulan

Pompa kolam ikan memiliki banyak jenis. Anda perlu menyesuaikan dengan spesifikasi kolam, karakteristik ikan, juga penempatan pompa. Dengan mengikuti tips cara memilih pompa kolam ikan dari kami, tentu Anda sudah tak bingung lagi mencari produk yang tepat.


Jadi, sudahkan Anda menemukan produk yang Anda inginkan? Semoga rekomendasi kami tadi bisa menjadi referensi yang bagus, ya. Selamat memilih dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online, seperti merek GDM, Green World, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Tanaman hias yang mudah dirawat, seperti sikas dan Monstera, sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang bagus dan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori