• 10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)

Pasir aquarium adalah salah satu substrate dalam seni menghias aquarium atau aquascape. Pasir berfungsi sebagai media untuk menumbuhkan tanaman dan menjernihkan air. Pasir juga dinilai sebagai media yang paling murah untuk mendekorasi aquarium dibanding tanah, kayu, dan batu.


Di artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih pasir aquarium yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis pasir terbaik seperti pasir Malang, pasir Bali, dan pasir yamaya muncul dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Simak sampai habis, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Albert Deil
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aquarist dan lead educator di akuarium publik, Albert Deil

Profil pakar: Aquarist dan lead educator di akuarium publik, Albert Deil
Albert Deil
Aquarist and lead educator of public aquarium
Albert Deil

Albert Deil adalah seorang aquarist. Ia bekerja dalam hal perawatan dan konservasi satwa akuatik, terutama ikan, pada sebuah akuarium publik di Jakarta. Sudah lebih dari 20 tahun Albert berkecimpung menangani ikan, baik sebagai hewan peliharaan di rumah maupun di tempat kerja.


Minat yang tinggi terhadap sains membuatnya juga aktif dalam kegiatan edukatif. Ia aktif menjadi penggagas dan pembicara seputar hewan akuatik di akuarium publik dan universitas.

Fungsi pasir aquarium

Fungsi pasir aquarium

Sebelum memilih pasir aquarium, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu fungsi dari pasir aquarium. Pasir merupakan salah satu dasaran aquarium atau substrate selain tanah (soil) dan kerikil. Substrate adalah media untuk menumbuhkan tanaman air, tempat menancapkan tumbuhan, penyedia nutrisi bagi tanaman, dan tempat perkembangan akar.


Sebagai media yang ditaruh di dasar aquarium, pasir memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai media tanam tumbuhan air
  • Sebagai media tumbuh bakteri baik
  • Dalam dunia aquascape, pasir aquarium berfungsi sebagai dekorasi keindahan yang dapat mempercantik aquarium

Untuk kebutuhan akuarium air tawar, sebaiknya jangan memilih pasir laut. Pasir laut mengandung garam mineral yang dapat menyebabkan kematian tumbuhan air, bahkan ikan. Sebaiknya Anda menggunakan pasir yang berasal dari perairan air tawar atau sungai. Anda juga bisa menggunakan pasir lava atau pasir kinetik sebagai substrate aquarium Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pasir aquarium

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli pasir aquarium. Anda mesti memeriksa karakter warna, ukuran butir, dan jenis pasir yang sesuai untuk aquarium Anda. Simak penjelasannya satu per satu berikut ini, ya!

Tentukan warna yang menyesuaikan karakter aquarium

Tentukan warna yang menyesuaikan karakter aquarium

Memilih warna pasir untuk aquarium adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Salah memilih warna akan membuat aquarium terlihat kurang enak dipandang. Di pasaran, dijual berbagai jenis pasir dengan beragam warna. Beberapa pilihan warna pasir aquarium tersebut adalah:


  • Hitam, akan membuat aquarium terkesan natural dengan warna tanah yang alami. Pasir yang satu ini sangat mudah dijumpai di pasaran. Pasir warna hitam biasanya merupakan jenis pasir lava. Pasir tersebut diambil dari lahar yang sudah mendingin. 

  • Putih, akan menjadikan aquarium tampak bersih dan mewah. Warna putih sangat cocok untuk dasaran aquarium Anda agar terlihat cerah. Pasir yang cerah akan lebih menonjolkan warna ikan-ikan Anda di aquarium. Dengan pasir putih, Anda tidak akan kebingungan mencari ikan yang bersembunyi karena ikan akan mudah ditemukan. Namun, Anda juga mesti sering membersihkan aquarium, karena warna dasar putih akan sangat mudah terlihat kotor.

  • Warna lainnya, akan menjadikan aquarium tampak personal dengan warna sesuai pilihan Anda. Anda bisa memilih warna selain hitam dan putih untuk aquarium Anda. Untuk pasir alami, Anda bisa memilih warna kuning atau merah. Sementara untuk pasir kinetik, warna yang tersedia lebih bervariasi. Dengan pasir kinetik, Anda bebas memilih warna sesuka Anda. Namun, pastikan warna yang dipilih sesuai dengan karakter aquarium Anda, ya.

Perhatikan dimensi pasirnya, pastikan ukuran butir 1–3 mm

Perhatikan dimensi pasirnya, pastikan ukuran butir 1–3 mm

Dalam memilih pasir untuk aquarium, sebaiknya Anda memperhatikan dimensi tiap butirannya. Salah memilih ukuran pasir bisa membuat aquarium Anda jadi kotor, bahkan bisa membuat tanaman jadi layu. Jika Anda memilih pasir aquarium yang terlalu halus, kemungkinan besar air aquarium Anda akan menjadi keruh. Hal tersebut bisa terjadi karena pasir yang terlalu halus akan menjadi suspensi di dalam air.


Sementara itu, pasir aquarium yang terlalu kasar akan membuat tanaman mudah lepas dan mengambang di aquarium. Hal tersebut bisa terjadi karena tanaman kurang bisa tertancap kuat di pasir yang kurang padat. Akar tanaman juga kurang bisa mencengkeram erat di pasir yang terlalu kasar. Pasir yang terlalu besar ukurannya juga akan tampak seperti kerikil yang kurang enak dilihat.


Pilihlah pasir aquarium yang tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar. Anda bisa memillih pasir berukuran 1–3 mm karena tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Pasir dengan ukuran tersebut sangat cocok digunakan sebagai media tanam.

Ketahui karakter pasir berdasarkan jenisnya

Ada beberapa jenis pasir aquarium berdasarkan asal pembentukannya. Ada pasir lava atau liwa, pasir kuarsa atau silika, dan pasir kinetik. Jenis-jenis pasir tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih jelasnya silakan simak pemaparan berikut ini.

Pasir lava, berasal dari letusan gunung berapi yang kaya nutrisi

Pasir lava, berasal dari letusan gunung berapi yang kaya nutrisi

Pasir lava atau pasir liwa terbentuk dari lava atau lahar letusan gunung berapi. Pasir lava kaya akan nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan tanaman sehingga bisa digunakan sebagai substrate aquarium tanpa tambahan pupuk.


Di Indonesia, pasir lava yang dijual kebanyakan berasal dari Malang, Jawa Timur. Pasir lava tersebut terkenal dengan nama pasir Malang. Biasanya pasir lava berwarna hitam pekat, tetapi ada juga yang berwarna merah bata. Penggunaannya sebagai substrate aquarium dapat memberi kesan natural.


Pasir ini bobotnya tergolong ringan dengan bentuk yang berongga dan tidak rata. Karena itu, pasir lava kurang cocok untuk media tanam di aquarium. Akar tumbuhan air akan kurang bisa mencengkeram erat di pasir ini. Tumbuhan bisa tercabut dengan sendirinya akibat konstruksi pasir yang kurang padat.

Pasir kuarsa, lebih padat dan kuat untuk menancapkan tumbuhan air

Pasir kuarsa, lebih padat dan kuat untuk menancapkan tumbuhan air

Pasir kuarsa atau pasir silika merupakan batu kuarsa yang strukturnya runtuh. Struktur pasir tersebut runtuh menjadi butiran-butiran kecil akibat erosi dan abrasi dalam waktu yang lama. Pasir ini mudah dijumpai di tepi sungai, danau, dan laut.


Pasir kuarsa banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kaca, material konstruksi, produk perawatan diri, dan elektronik. Di Indonesia, pasir silika yang dijual berasal dari Bangka Belitung, Lampung, Tuban, dan Palangka Raya.


Untuk media tanam, pasir kuarsa biasanya digunakan untuk mempercantik aquarium karena bentuknya yang mirip pasir pantai. Konstruksi pasir kuarsa lebih padat dibanding pasir lava sehingga cocok untuk media tanam tumbuhan air.


Namun, penggunaan pasir ini untuk aquarium perlu pupuk karena pasir ini kurang nutrisi. Pasir ini juga dapat menimbulkan tumbuhnya brown algae yang dapat merusak pemandangan. Sebagai informasi tambahan, pasir kuarsa berwarna putih kristal atau kuning yang banyak beredar di pasaran disebut pasir yamaya.

Pasir kinetik, lebih bebas memilih warna

Pasir kinetik, lebih bebas memilih warna

Pasir kinetik berbeda dengan pasir lava dan pasir silika yang merupakan pasir alami. Pasir kinetik adalah pasir buatan pabrik. Pasir ini tersedia dalam berbagai warna yang lebih banyak dibanding pasir alami.


Anda bisa memilih pasir berwarna biru, hijau, dan warna lainnya yang tidak bisa ditemukan pada pasir alami. Dengan pasir ini, Anda bisa lebih leluasa menentukan warna yang sesuai dengan karakter aquarium Anda. Salah satu merek pasir kinetik yang terkenal di pasaran adalah Kandila.


Sebagai media tanam di aquarium, pasir ini bisa dijadikan alternatif karena pilihan warnanya lebih banyak. Pasir racikan pabrik ini sudah terjamin kebersihannya sehingga Anda tak perlu mencucinya terlebih dahulu.


Namun, karena buatan pabrik, pasir ini tidak mengandung nutrisi seperti yang ada di pasir alami. Maka dari itu, Anda perlu menambahkan pupuk agar kebutuhan nutrisi di aquarium bisa terpenuhi.

10 Rekomendasi pasir aquarium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasir aquarium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari aquarist Albert Deil.

10
WarnaPutih
JenisPasir kuarsa
Ukuran yang tersedia500 gram, 1 kg, 2,5 kg, 20 kg
9
WarnaSingle: kuning, biru, hijau, merah. Campuran: merah-putih, biru-cokelat, hijau-putih, kuning-putih-cokelat, hijau-hitam-putih, hitam-putih, merah-kuning-cokelat, putih-cokelat, hijau-kuning-cokelat, hijau-putih, merah-hitam
JenisPasir kinetik
Ukuran yang tersedia250 gram, 750 gram
8
WarnaKuning
JenisPasir kuarsa
Ukuran yang tersedia100 gram, 500 gram, 1 kg
7
WarnaHitam dan kuning
JenisPasir kuarsa
Ukuran yang tersedia100 gram, 250 gram, 1 kg, 3 kg, 20 kg
6
WarnaBiru, merah, putih, kuning, hijau
JenisPasir kinetik
Ukuran yang tersedia1 kg
5
WarnaCampuran
JenisPasir kuarsa
Ukuran yang tersedia500 gram, 1 kg
4
WarnaPutih
JenisPasir kuarsa
Ukuran yang tersedia500 gram, 1 kg
3
WarnaMerah
JenisPasir lava
Ukuran yang tersedia500 gram, 1 kg
2
WarnaPutih
JenisPasir kuarsa
Ukuran yang tersedia500 gram, 1 kg
1
WarnaHitam
JenisPasir lava
Ukuran yang tersedia1 kg, 5 kg, 6 kg

Tabel perbandingan produk pasir aquarium terbaik

Gambar produk
1
Pasir Malang Hitam 1

2
Pasir Bali 1

3
Pasir Malang Merah 1

4
Pasir Silika 1

5
Pasir Mix Pancawarna 1

6
Kandila Cosmetic Sand 1

Kandila

7
Tia Sand 1

8
Pasir Yamaya 1

9
Arturo Sand Multicolor 1

Arturo

10
Pasir Silika Bangka 1

Nama produk

Pasir Malang Hitam

Pasir Bali

Pasir Malang Merah

Pasir Silika

Pasir Mix Pancawarna

Cosmetic Sand

Tia Sand

Pasir Yamaya

Sand Multicolor

Pasir Silika Bangka

Keunggulan

Pasir berwarna hitam pekat untuk memperindah akuarium Anda

Makin natural dengan pecahan-pecahan kerang di aquarium

Warna merah dan kaya nutrisi? Pilih pasir ini!

Putih kristalnya akan membuat aquarium Anda tampak cerah

Campuran warna alami ini akan meramaikan aquarium Anda

Warna tak mudah luntur meskipun lama terendam air

Ciptakan nuansa natural yang sedikit garang di aquarium Anda!

Warna kuningnya bisa membuat aquarium Anda lebih menawan!

Bisa pilih warna suka-suka Anda

Tumbuhan air bisa tertancap kuat di pasir ini!

Harga mulai dariRp 2.500,00Rp 5.000,00Rp 3.000,00Rp 5.000,00Rp 8.000,00Rp 17.500,00Rp 3.500,00Rp 4.990,00Rp 13.000,00Rp 5.500,00
WarnaHitamPutihMerahPutihCampuranBiru, merah, putih, kuning, hijauHitam dan kuningKuningSingle: kuning, biru, hijau, merah. Campuran: merah-putih, biru-cokelat, hijau-putih, kuning-putih-cokelat, hijau-hitam-putih, hitam-putih, merah-kuning-cokelat, putih-cokelat, hijau-kuning-cokelat, hijau-putih, merah-hitamPutih
JenisPasir lavaPasir kuarsaPasir lavaPasir kuarsaPasir kuarsaPasir kinetikPasir kuarsaPasir kuarsaPasir kinetikPasir kuarsa
Ukuran yang tersedia1 kg, 5 kg, 6 kg500 gram, 1 kg500 gram, 1 kg500 gram, 1 kg500 gram, 1 kg1 kg100 gram, 250 gram, 1 kg, 3 kg, 20 kg100 gram, 500 gram, 1 kg250 gram, 750 gram500 gram, 1 kg, 2,5 kg, 20 kg
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pasir aquarium

Pertanyaan umum seputar pasir aquarium

Selain ulasan di atas, Anda mungkin masih menyimpan beberapa pertanyaan seputar pasir akuarium. Untuk itu, kami akan mencoba merangkum dan menjawab pertanyaan Anda tersebut.

Bagaimana cara membersihkan pasir akuarium?

Pasir akuarium bisa dibersihkan tanpa harus mengangkatnya keluar dari akuarium. Caranya adalah dengan menggunakan vakum pasir. Alat ini dilengkapi dengan selang untuk membuang air dan kotoran yang tersedot. Diameter vakum yang berukuran besar akan membuat pasir yang tersedot terangkat dan jatuh kembali. Sementara itu, kotoran yang lebih ringan akan terbuang melalui selang. 


Namun, perlu diperhatikan bahwa pembersihan menggunakan vakum ini hanya diperuntukkan untuk pasir diameter 3 mm ke atas. Pasir dengan ukuran di bawah 3 mm cenderung ringan sehingga akan ikut tersedot keluar.


Selain itu, kebersihan pasir tidak perlu terlalu diperhatikan pada akuarium dengan aquascape. Hal ini karena kotoran ikan yang jatuh akan dimanfaatkan sebagai sumber hara bagi tanaman.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan aquarium lainnya di sini

Setelah Anda menemukan pasir aquarium yang cocok, sebaiknya Anda membaca artikel yang berkaitan dengan aquarium. Ada artikel mengenai hiasan aquarium untuk pelengkap pasir aquarium Anda. Ada juga artikel mengenai perlengkapan aquarium, seperti filter, pompa, dan lampu aquarium. Silakan dibaca!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini pasti Anda sudah menemukan pasir aquarium yang sesuai. Selain perlu memperhatikan warna, Anda juga perlu memperhatikan jenis dan ukuran pasir. Setelah memilih pasir yang tepat, Anda dapat dengan leluasa meracik isi aquarium Anda.

Menghias aquarium menjadi kegiatan yang menyenangkan jika Anda memilih media-media yang tepat. Aquarium juga akan tampak indah dan enak dipandang. Semoga Anda menemukan pasir yang tepat sesuai dengan karakter aquarium Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    Filter berperan krusial bagi kelangsungan hidup ekosistem akuarium sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilihnya. Filter akuarium memiliki banyak variasi, seperti gantung, eksternal, serta tipe undergravel. Ditambah lagi, berbagai merek mulai dari JEBO, AMARA, Atman, dan Nikita Star juga tersedia. Tak heran jika Anda merasa kebingungan saat memilih filter yang bagus.Kali ini kami akan membantu Anda dengan menjabarkan cara memilih filter akuarium terbaik. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk filter akuarium untuk Anda pertimbangkan. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih. Marilah simak lebih lanjut!
    Perawatan ikan
  • 10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa akuarium berfungsi untuk mensirkulasikan air dalam akuarium melalui filter agar kebersihannya selalu terjaga. Keberadaan pompa akuarium sangat diperlukan, terutama bila Anda berencana untuk memelihara ikan hias. Pompa akuarium adalah salah satu alat yang penting bagi keberlangsungan hidup ikan hias.Kami akan menjelaskan tips memilih pompa akuarium serta mengulas beberapa rekomendasi merek pompa akuarium terbaik. Temukan berbagai produk pompa akuarium yang bagus dan berkualitas, seperti merek Eheim, Resun, dan Hidom dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Perawatan ikan
  • 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Aquascape merupakan karya menyusun hiasan dalam akuarium agar ikan merasa seperti berada dalam habitat aslinya. Selain bebatuan alam dan koral, salah satu pelengkap yang tak boleh dilewatkan untuk membuat aquascape adalah lampu. Di pasaran, lampu aquascape tersedia dalam beragam jenis dan ukuran sesuai kebutuhan.Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lampu aquascape yang bagus. Kami juga akan mengulas sepuluh produk dari merek terbaik, seperti Emico, Chihiros, Kiyosaki, dan sebagainya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Mari baca informasi selengkapnya!
    Perawatan ikan
  • 10 Batu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Batu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Aquascape adalah seni menghias aquarium menggunakan tanaman air, kayu, dan batu sehingga tercipta pemandangan bawah air yang indah. Batu merupakan salah satu part penting dalam aquascape. Karena itu, kami akan merekomendasikan batu aquascape terbaik di artikel ini. Batu seiryu hitam, dragon stone, serta batu besi merupakan beberapa jenis batu aquascape yang muncul di rekomendasi produk. Batu-batu tersebut memiliki keunikan tersendiri. Batu jenis apa yang sebaiknya dipilih? Untuk membantu Anda menemukan batu aquascape yang bagus, kami telah mengumpulkan informasi yang sebaiknya diperhatikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil.
    Perawatan ikan
  • 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Akuarium indah dengan ikan yang sehat bisa menjadi terapi mata yang menyenangkan. Hal ini dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih relaks. Selain itu, akuarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan. Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki akuarium dengan hiasan yang cantik.Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk akuariumnya. Mari simak tips menata akuarium yang telah kami siapkan. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta hiasan rumah nanas SpongeBob akan diulas lengkap!
    Perawatan ikan
  • 10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    10 Aquarium Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    Baru-baru ini, ikan cupang makin viral di Indonesia. Mulai dari cupang hias sampai cupang aduan, semuanya banyak diperbincangkan. Ikan cupang adalah ikan yang kuat serta perawatannya tidak merepotkan. Untuk merawat ikan yang cukup agresif ini, tentu saja dibutuhkan aquarium. Kami akan membahas mengenai cara memilih aquarium ikan cupang yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk akuarium dari berbagai macam merek plus tips merawat ikan cupang. Anda dapat membeli aquarium ikan cupang dengan mudah melalui Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih.
    Perawatan ikan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori