mybest
Bantal

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Kamar tidur
  4. 10 Rekomendasi Bantal Silikon Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bantal Silikon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bantal Silikon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bantal Silikon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bantal Silikon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bantal Silikon Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bantal Silikon Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Anda membutuhkan bantal kepala yang empuk dan nyaman. Bantal silikon adalah pilihan tepat karena terbuat dari serat sintetis yang halus dan lembut. Di samping itu, bantal silikon juga memiliki kepadatan yang pas sehingga mampu menyangga kepala dengan baik dan nyaman.


Nah, kali ini kami akan mengulas bantal silikon yang bagus dari berbagai merek, seperti Clarissa, Brendis, dan lainnya. Kami juga akan membagikan tips agar Anda mendapatkan bantal silikon yang nyaman untuk dipakai tidur. Sebelum Anda menyimak rekomendasi produknya, simaklah pembahasan berikut ini terlebih dahulu.

Diperbaharui 02-18-2023
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 18 Februari 2023)

Daftar isi

Apa itu bantal silikon?

Apa itu bantal silikon?

Bantal silikon sering menjadi pilihan banyak orang saat mencari bantal untuk tidur. Karakter serat silikon yang lembut dan elastis membuatnya terasa nyaman di kepala. Alhasil, leher Anda tak akan terasa pegal-pegal saat bangun tidur.


Bantal silikon dan dakron memang memiliki kemiripan, tetapi kedua jenis bantal ini memiliki perbedaan. Dakron (yang merupakan merek dagang untuk salah satu jenis serat poliester) memiliki tekstur lebih panjang, kesat, dan sedikit kasar. Bantal dakron juga cenderung kempis setelah dipakai jangka panjang. Sementara itu, tekstur silikon lebih lembut dan daya elastisitasnya juga lebih tinggi.


Meskipun mirip, bantal silikon memiliki keunggulan dibandingkan bantal dakron, berikut poin yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mulai memilihnya.


  • Higienis

Bantal silikon terbuat dari bahan-bahan higienis dan antibakteri. Jadi, meskipun bantal digunakan dalam jangka lama, tungau atau serangga lain enggan bersarang di dalamnya.


  • Elastis

Bahan silikon memiliki tekstur yang empuk dan lembut serta akan menyesuaikan dengan bentuk kepala saat digunakan. Setelah itu, bentuk bantal yang sudah digunakan akan mengembang kembali seperti sediakala.


  • Mudah dicuci

Bantal silikon bisa dicuci dengan mesin cuci tanpa menyebabkan silikon di dalamnya menggumpal atau kempis. Bantal juga dapat dibersihkan dengan mudah kalau terkena debu. Anda hanya perlu menjemurnya di bawah matahari dan menepuknya. Bantal pun akan kembali bersih.

Cara memilih bantal silikon

Pilihan bantal silikon yang tepat adalah sebuah investasi untuk kesehatan dan kualitas tidur Anda. Agar Anda mendapatkan bantal silikon yang nyaman dan sesuai kebutuhan, perhatikanlah poin-poin di bawah ini sebelum memilihnya.

① Ketahui bahan silikon yang digunakan

Ketahui bahan silikon yang digunakan

Saat mencari bantal silikon, Anda akan menemukan beberapa jenis bahan silikon. Hal ini mungkin membuat Anda bimbang dalam memilihnya. Berikut ini adalah dua jenis bahan silikon yang kerap digunakan sebagai isian bantal.


  • Hollow Conjugated Siliconized

Dengan teknologi terbaru, serat poliester yang dilapisi silikon akan dibuat berlubang dan dipelintir. Tujuannya adalah memerangkap udara di dalam serat-seratnya. Alhasil, bantal memiliki elastisitas yang lebih tinggi, tak mudah berubah bentuk, dan lebih tahan lama. Hollow Conjugated Siliconized (HCS) juga sering disebut dengan silikon grade A.


  • Siliconized Polyester Fiber

Bahan ini terbuat dari serat poliester yang dilapisi silikon sehingga bantal lebih kuat dan tahan terhadap debu. Bantal pun akan selalu kering dan tidak mudah lembap. Alhasil, kutu, bakteri, dan tungau enggan untuk bersarang di dalamnya.

② Carilah bantal silikon yang padat dan tidak mudah kempes

Carilah bantal silikon yang padat dan tidak mudah kempes

Supaya Anda mendapatkan kenyamanan yang maksimal, pilihlah bantal silikon yang kepadatannya pas (tidak terlalu tipis atau tebal). Dengan begitu, leher Anda tidak akan sakit atau pegal setelah menggunakannya untuk tidur semalaman. Akan lebih baik apabila bantal silikonnya tidak mudah kempis dan bisa kembali lagi ke bentuk semula.


Untuk mengetahui hal tersebut, Anda perlu mengetahui teknik pembuatan bantalnya. Bantal yang dibuat dengan teknologi mesin biasanya memiliki kepadatan yang pas. Selain itu, Anda juga perlu membaca review dari pembeli sebelumnya. Jika bantal dalam kemasan plastik vakum dikeluarkan dan bisa mengembang, berarti bantal tersebut cukup nyaman untuk menyangga kepala Anda.

③ Pertimbangkan juga bahan kain pelapisnya

Pertimbangkan juga bahan kain pelapisnya

Kain pelapis atau pembungkus serat silikon juga tidak boleh lewat dari perhatian Anda. Berikut adalah bahan-bahan kain yang biasa digunakan untuk melapisi bantal.


  • Katun

Bantal dengan kain pelapis katun cocok digunakan di negara tropis. Sifat kain katun yang sejuk akan membuat kepala Anda terasa sejuk dan tidak mudah berkeringat. Kain katun juga tidak licin sehingga kepala tidak akan mudah bergeser ketika menggunakan bantal.


  • Microsilk

Karakter kain microsilk adalah lembut dan licin. Bantal dengan kain pelapis jenis ini akan memberi Anda kelembutan ekstra dan kesan mewah. Alhasil, Anda akan terbuai dalam tidur yang nyaman berkat kehalusan kain pelapis bantal ini.


  • Microtex

Kain microtex memiliki serat yang lembut. Kain microtex juga kuat dan tahan lama karena memiliki kerapatan yang tinggi. Di pihak lain, keunggulan tersebut membuat kain microtex tidak mudah robek sehingga serat silikon di dalamnya tidak mudah keluar.

④ Perhatikan juga ukuran bantal

Perhatikan juga ukuran bantal

Ukuran bantal juga memengaruhi kenyamanan tidur. Anda yang mempunyai postur tubuh kecil sebaiknya menggunakan bantal ukuran compact. Pasalnya,y bantal yang ukurannya terlalu besar justru akan terlalu tinggi sehingga menyebabkan otot leher dan bahu terasa tegang. Ukuran bantal yang compact berkisar antara 44 cm x 57 cm dan 45 cm x 65 cm.

 
Sebaliknya, jika Anda memiliki postur tubuh besar, gunakanlah bantal ukuran king size atau queen. Ukurannya berkisar antara 50 cm x 70 cm atau 60 cm x 90 cm. Dengan memakai bantal berukuran sesuai postur tubuh, leher tidak akan sakit dan kepala tidak terasa pusing saat bangun tidur.

10 Rekomendasi bantal silikon terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bantal silikon terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Brendis

Polyester Staple Fiber Pillow

Brendis Polyester Staple Fiber Pillow 1枚目

Tidur lebih nyenyak dengan bantal lembut dan mewah

2

Clarissa

Restking Hollow Siliconized Fiber

Clarissa Restking Hollow Siliconized Fiber  1枚目

Dapatkan banyak manfaat dengan full computerized filling system

3

Andalus

Bantal Medium Silicon Grade A

Andalus Bantal Medium Silicon Grade A 1枚目

Perbaiki kualitas tidur dengan bantal yang lentur

4

Elite

Siliconized Hollow Fiber Pillow

Elite Siliconized Hollow Fiber Pillow 1枚目

Bahan isian membuatnya makin lembut dan empuk

5

Kendra

Super Silicone Fiber Pillow

Kendra Super Silicone Fiber Pillow 1枚目

Terdapat ritsleting untuk mempermudah pencucian

6

Elephant

Finest Fibre Comfort Pillow

Elephant Finest Fibre Comfort Pillow 1枚目

Bahan kualitas import Koreanya diklaim bikin bantal lebih awet

7

Trendy

Standard Pillow

Trendy Standard Pillow 1枚目

Cocok untuk penyuka bantal berukuran besar!

8

Indolinen

Pillow White Plain/Piping Small

Indolinen Pillow White Plain/Piping Small 1枚目

Nikmati kenyamanan tidur seperti sedang menginap di hotel!

9

Tokyo Foam

Contour Pillow Silicon

Tokyo Foam Contour Pillow Silicon 1枚目

Selamat tinggal leher dan bahu nyeri!

10

Bigland

Bantal Kepala Silicon

Bigland Bantal Kepala Silicon 1枚目

Bebas tungau dan kutu, kepala aman dari rasa gatal

Perincian produk
Close
No.1

BrendisPolyester Staple Fiber Pillow

Mulai dari Rp32.000,00

Tidur lebih nyenyak dengan bantal lembut dan mewah

Kelebihan:

  • Harganya ekonomis dan ramah di kantong
  • Sudah bersertifikat internasional

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyebut bantal kurang berisi

Produk ini dirancang supaya empuk, tebal, dan mewah sehingga sesuai dengan standar hotel. Kelembutannya juga tidak perlu diragukan lagi, apalagi bantal dirancang supaya dapat menyesuaikan dengan bentuk kepala dan berbagai posisi tidur. Jadi, milikilah produk ini jika Anda ingin merasakan tidur seperti di hotel setiap malam.

No.2

ClarissaRestking Hollow Siliconized Fiber

Mulai dari Rp85.000,00

Dapatkan banyak manfaat dengan full computerized filling system

Kelebihan:

  • Memiliki beragam fitur seperti antimikroba, antitungau, dan tidak berdebu

Kekurangan:

  • Sejumlah ulasan menyebut cover bantal agak tipis
  • Beberapa pembeli mengeluhkan kepadatan bantal kurang merata

Pengisian serat di bantal ini menggunakan mesin khusus yang full otomatis. Seratnya menjadi lebih padat dan juga lebih higenis. Selain itu, bantal ini juga memiliki beragam fitur yaitu antitungau, antimikroba, dan tidak berdebu. Tidur Anda jadi lebih nyaman tanpa terganggu debu yang menempel di bantal. Bantal ini juga mampu menyangga kepala Anda dengan lebih baik sehingga Anda akan lebih fresh saat bangun tidur!

No.3

AndalusBantal Medium Silicon Grade A

Mulai dari Rp45.000,00

Perbaiki kualitas tidur dengan bantal yang lentur

Kelebihan:

  • Harga terjangkau
  • Bantal mengembang dan empuk saat dipakai

Kekurangan:

  • Tidak menggunakan ritsleting sehingga tidak dapat diisi ulang jika kempis
  • Cover agak tipis

Menggunakan bantal yang tepat saat tidur bisa meningkatkan kualitas tidur Anda, lho! Saat bangun pun, mood Anda jadi lebih baik dan siap untuk menjalani hari. Bantal empuk dan lembut yang supermurah ini menggunakan cover berbahan katun lembut yang membuat tidur Anda makin nyaman. Isian silikon grade A-nya juga empuk dan pas untuk dipeluk saat Anda bersantai.

No.4

EliteSiliconized Hollow Fiber Pillow

Mulai dari Rp170.000,00

Bahan isian membuatnya makin lembut dan empuk

Kelebihan:

  • Terbuat dari siliconized hollow fiber membuatnya makin lembut dan empuk

Kekurangan:

  • Butuh usaha ekstra saat mencuci bantal jenis ini agar isinya tetap aman mengembang

Produk ini menawarkan kelembutan dan keempukan optimal. Hal ini diklaim berdasarkan bahan isinya, yakni siliconized hollow fiber. Selain empuk dan lembut, bantal ini didukung fitur non-allergic sehingga aman untuk Anda yang berkulit sensitif. Jika Anda mencari bantal empuk dan lembut maksimal, jangan lupa untuk memasukkan bantal Elite dalam keranjang belanja.

No.5

KendraSuper Silicone Fiber Pillow

Mulai dari Rp89.000,00

Terdapat ritsleting untuk mempermudah pencucian

Kelebihan:

  • Bisa dicuci tanpa mengubah bentuk bantal
  • Ada ritsleting untuk memudahkan proses pencucian

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebut bantal tidak terlalu mengembang

Produk yang satu ini cukup unik karena terdapat ritsleting di bagian tepinya. Hal ini dapat memudahkan Anda ketika ingin mencucinya. Perawatannya juga sangat mudah dan bisa dicuci tanpa mengubah bentuk bantal. Isian silikonnya juga elastis dan selembut kapas. Anda pun akan merasakan kenyamanan ekstra karena bantal selalu bersih dan kualitas silikonnya tidak berkurang.

No.6

ElephantFinest Fibre Comfort Pillow

Mulai dari Rp150.000,00

Bahan kualitas import Koreanya diklaim bikin bantal lebih awet

Kelebihan:

  • Kain cover lembut dan jahitannya rapi

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebut isian bantal kurang banyak

Jika Anda mencari bantal silikon yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama, produk ini bisa dipertimbangkan. Bantal Elephant ini berbahan dasar silikon impor dari Korea. Bahan tersebut diklaim tidak mudah kempis dan awet. Jadi, Anda tidak perlu lagi sering menggonta-ganti bantal untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

No.7

Cocok untuk penyuka bantal berukuran besar!

Kelebihan:

  • Ukuran lebih besar dibandingkan bantal pada umumnya

Kekurangan:

  • Bantal standar, tidak ada fitur tambahan seperti antialergi dan lain-lain

Jika Anda menyukai bantal berukuran besar saat tidur, Anda bisa mencoba bantal silikon Trendy ini. Ukurannya membuat kepala Anda tetap berada di bantal meskipun banyak bergerak. Bagi sebagian orang, bantal ini bisa menggantikan guling karena ukurannya cukup panjang. Bantal ini bisa Anda cuci sehingga kebersihannya tetap terjaga dan tidur Anda tetap nyenyak!

No.8

IndolinenPillow White Plain/Piping Small

Mulai dari Rp82.000,00

Nikmati kenyamanan tidur seperti sedang menginap di hotel!

Kelebihan:

  • Tidak membuat leher sakit saat dipakai
  • Bahan antialergi

Kekurangan:

  • Harga cenderung mahal

Sekarang Anda bisa merasakan kenyamanan tidur seperti di hotel berbintang menggunakan bantal Indolinen. Isian bantal menggunakan silikon 100% sehingga tidak membuat leher Anda sakit saat tidur. Bagi Anda yang sering alergi dengan bahan bantal tertentu, tidak ada salahnya mencoba produk ini. Bahan bantal ini diklaim antialergi dan sesuai dengan standar kesehatan.

No.9

Tokyo FoamContour Pillow Silicon

Mulai dari Rp180.000,00

Selamat tinggal leher dan bahu nyeri!

Kelebihan:

  • Bahan adem dan menyerap keringat
  • Ketinggian bantal terasa pas menurut pengguna

Kekurangan:

  • Sejumlah pengguna menyebut bantal agak lembek

Untuk Anda yang mengalami masalah di leher dan bahu, kami sarankan mencoba produk ini. Contour pillow dari Tokyo Foam ini didesain khusus untuk membantu mengurangi nyeri leher dan bahu Anda. Bahannya pun adem dan menyerap keringat sehingga tidak membuat Anda gerah saat tidur. Gunakan bantal ini setiap hari dan rasakan nyeri leher dan bahu yang membaik.

No.10

BiglandBantal Kepala Silicon

Mulai dari Rp140.000,00

Bebas tungau dan kutu, kepala aman dari rasa gatal

Kelebihan:

  • Dapat mengurangi rasa nyeri saraf kejepit

Kekurangan:

  • Beberapa review mengeluhkan bahan cover yang terasa agak panas

Bantal yang sehat adalah bantal yang tidak menyebabkan kepala Anda menjadi gatal-gatal. Untuk itu, carilah bantal yang terbuat dari bahan-bahan higienis sehingga bebas tungau dan bebas kutu, contohnya produk ini. Meskipun Anda sering memakainya, tungau atau serangga enggan bersarang di bantal silikon ini. Alhasil, silikon dan lapisan kainnya tetap terasa nyaman dipakai.

Tips mencuci bantal silikon

Tips mencuci bantal silikon

Bantal silikon memang bisa dicuci. Namun, sebelum mencuci bantal silikon, pastikan tidak ada kain pelapis yang robek karena dapat menyebabkan serat silikon berceceran keluar. Jika Anda sudah memastikan hal tersebut, lakukan langkah-langkah berikut ini:


  • Apabila menggunakan mesin cuci, rendam bantal dalam air hangat yang sudah diberi detergen terlebih dahulu. Setelah itu, atur siklus perputaran mesin 10 menit saja. Kalau Anda mencuci menggunakan tangan, rendam bantal di dalam air hangat selama 30 menit dan bilas sampai bersih.

  • Keringkan bantal dengan cara ditekan. Hindari memelintir bantal karena dapat mengubah bentuknya. Apabila Anda ingin mengeringkan bantal dengan mesin cuci, masukkan beberapa bola tenis ke dalamnya untuk mengurai isi bantal.

  • Jemur bantal di bawah sinar matahari. Guncangkan atau tepuk-tepuk bantal setiap beberapa jam sekali supaya isinya terurai kembali. Pastikan seluruh isi bantal kering sempurna.

Baca juga rekomendasi bantal lainnya di sini

Selain bantal silikon, kami juga telah mengulas beberapa jenis bantal yang lain. Ada bantal dakron, bantal lateks, dan bantal leher. Yuk, bukalah tautan di bawah ini dan temukan bantal yang selama ini Anda cari.

Kesimpulan

Kualitas tidur yang baik akan membuat produktivitas Anda meningkat. Karena itu, membeli bantal silikon adalah langkah tepat sebagai investasi tidur yang lebih optimal. Bantal silikon akan menyangga kepala Anda akan dengan baik sehingga leher tidak terasa pegal.


Sebelum Anda membeli bantal silikon, jangan lupa perhatikan bahan isian, pelapis, dan ukurannya, ya! Semoga ulasan kami dapat membantu Anda mendapatkan bantal silikon yang tepat. Selamat memilih dan menikmati tidur yang berkualitas!

5 Rekomendasi Bantal Silikon terbaik

No. 1BrendisPolyester Staple Fiber Pillow

No. 2ClarissaRestking Hollow Siliconized Fiber

No. 3AndalusBantal Medium Silicon Grade A

No. 4EliteSiliconized Hollow Fiber Pillow

No. 5KendraSuper Silicone Fiber Pillow

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer