• 5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Botol susu merupakan media yang dipilih ibu ketika tidak bisa menyusui bayinya secara langsung atau direct breastfeeding. Jika Anda tengah mempersiapkan botol susu untuk kelahiran bayi Anda, Avent adalah salah satu merek botol susu yang bisa Anda pilih. Avent memiliki beberapa jenis botol susu yang bagus dengan beragam ukuran, seperti tipe natural dan juga classic.


Apabila Anda bingung menentukan botol susu yang tepat untuk bayi Anda, ikutilah tips-tips memilih dalam artikel ini. Tidak lupa, rekomendasi botol susu Avent juga akan kami bagikan untuk Anda. Yuk, simak terus ulasan selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa kelebihan botol susu Avent?

Botol susu Avent adalah produk yang diproduksi oleh Philips. Kualitas produk ini tidak kalah dari brand terkenal lain. Botol susu Avent memiliki banyak kelebihan, di antaranya bahannya yang lembut serta bebas dari BPA yang berbahaya.


Botol susu Avent juga menyediakan dot dengan aliran yang disesuaikan dengan pertumbuhan bayi yang berubah-ubah. Selain itu, botol susu Avent memiliki komponen yang tidak terlalu banyak sehingga mudah dibersihkan. Botol susu ini juga didesain ergonomis agar ibu nyaman saat memegang botol.


Kelebihan lainnya yaitu botol susu Avent dirancang agar Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama. Salah satunya adalah desainnya yang kompatibel dengan produk Philips lainnya, seperti pompa ASi, botol minum, dan sebagainya.

Cara memilih botol susu Avent

Nah, setelah mengetahui segala kelebihannya, Anda tidak ragu membeli botol susu ini, bukan? Namun, sebaiknya Anda mengikuti tips-tips memilih yang akan kami bagikan berikut. Perhatikan jenis botol susu, aliran dot, serta ukuran yang sesuai untuk buah hati Anda. 

Ketahui tipe botol susu Avent

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, botol susu Avent memiliki dua jenis, antara lain natural dan classic. Yuk, cari tahu kelebihan tiap jenis botol susu tersebut di bawah ini!

Natural, menyerupai puting ibu

Botol susu Avent tipe natural memiliki bentuk dot yang melebar menyerupai puting payudara ibu. Dot ini didesain sedemikian rupa agar bayi tidak bingung puting dan seolah sedang menyusui secara alami dari payudara ibu. Botol susu ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang sedang mengombinasi pemberian ASI secara langsung dan susu formula dari botol


Desain dot botol susu ini juga berbentuk spiral dan lentur. Dot tidak akan mengempis saat bayi sedang menyusu. Selain itu, leher botol ini pun dibuat lebar agar Anda mudah ketika akan menyikat bagian dalam botol. Bentuknya yang unik membuat Anda nyaman memegang botol ini bahkan oleh tangan bayi sekalipun.

Classic, botol susu antikolik untuk bayi

Botol susu yang satu ini berbeda dengan botol susu konvensional. Pasalnya, botol susu ini termasuk botol susu antikolik. Botol susu antikolik dirancang agar angin tidak masuk ke dalam aliran susu dan tertelan bayi. Angin yang tertelan ini bisa mengakibatkan perut bayi mengalami kolik atau kembung. Ketika perut bayi kolik, tentu bayi akan rewel, bukan?


Karena itu, botol ini hadir untuk meminimalkan gejala yang sering dialami oleh bayi tersebut. Botol susu Avent tipe classic ini terbukti secara klinis mampu mengurangi gangguan tidak nyaman di perut bayi. Katup botol bayi ini sudah terintegrasi sehingga udara yang akan masuk ke dalam perut bisa tertahan di dalam botol.

Sesuaikan aliran dot dengan usia bayi Anda

Sesuaikan aliran dot dengan usia bayi Anda

Perlu Anda ketahui bahwa botol susu Avent menggunakan dot dengan aliran yang berbeda-beda. Aliran ini mengacu pada jumlah lubang yang ada pada bagian dotnya. Bayi dengan usia enam bulan ke atas tentu membutuhkan susu lebih banyak dengan aliran yang cepat. 


Sebaliknya, bayi baru lahir, membutuhkan susu lebih sedikit sesuai ukuran lambungnya yang kecil. Oleh karena itu, jika Anda bingung, berikut ini variasi aliran dot beserta keterangan rentang usianya.


  • Aliran untuk bayi baru lahir: untuk bayi berusia nol bulan.
  • Aliran lambat: untuk bayi usia satu bulan ke atas.
  • Aliran sedang: untuk bayi usia tiga bulan ke atas.
  • Aliran cepat: untuk bayi usia enam bulan ke atas.

Sementara itu, untuk bayi usia satu tahun ke atas, pilih botol susu tipe classic dengan aliran cepat. Di sisi lain, botol susu natural lebih cocok untuk bayi usia 0–6 bulan. Biasanya keterangan aliran dot ini sudah tercantum pada kemasan produk. Jika Anda membeli secara online di marketplace, keterangan ini sudah tertera pada deskripsi produk.

Pilih ukuran botol sesuai kebutuhan bayi Anda

Pilih ukuran botol sesuai kebutuhan bayi Anda

Botol susu Avent dijual dalam dua ukuran yang berbeda. Sesuaikanlah ukuran botol susu Avent dengan kebutuhan bayi Anda. Berikut ini ukuran botol susu Avent beserta rentang usia bayi yang bisa memakainya.


  • Ukuran 125 ml: cocok untuk bayi baru lahir sampai usia enam bulan dengan kemampuan menelan serta ukuran lambung yang masih kecil.
  • Ukuran 260 ml: cocok untuk bayi usia enam bulan ke atas. 


Pada usia enam bulan ke atas, bayi sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Intensitas menyusui bayi dalam usia ini menurun. Akan tetapi, dalam sekali minum bayi bisa menghabiskan banyak susu karena kapasitas lambungnya meningkat.

Anda tetap bisa menggunakan botol susu ukuran besar 260 ml untuk newborn atau bayi tiga bulan. Hal ini bisa disesuaikan dengan selera Anda jika dirasa lebih praktis menggunakan botol susu yang besar.

5 Rekomendasi botol susu Avent terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan lima produk botol susu Avent terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

5

Philips AventAvent Bottle & Teat Fast Flow

SCF693/13 & SCF654/23

Mulai dari Rp 218.000,00

Tipe botolNatural
Aliran dotCepat
Ukuran 260 ml
Untuk bayi berusia6 bulan ke atas
4

Philips AventNatural PP Bottle Blue TWI

SCF695/23

Mulai dari Rp 219.000,00

Tipe botolNatural
Aliran dotLambat
Ukuran 260 ml
Untuk bayi berusia1 bulan ke atas
3

Philips AventClas+ Baby Newborn Flow

SCF560/17

Mulai dari Rp 69.000,00

Tipe botolClassic
Aliran dotLambat
Ukuran 125 ml
Untuk bayi berusia0 bulan ke atas
2

Philips AventBottle Natural 2.0 Single Pack

SCF690/13

Mulai dari Rp 109.000,00

Tipe botolNatural
Aliran dotUntuk bayi baru lahir
Ukuran 125 ml
Untuk bayi berusia0 bulan ke atas
1

Philips AventBottle Classic Plus PP Slow Flow Nipple

SCF563/18

Mulai dari Rp 49.000,00

Tipe botolClassic
Aliran dotLambat
Ukuran 260 ml
Untuk bayi berusia1 bulan ke atas

Tabel perbandingan produk botol susu Avent terbaik

Gambar produk
1
Philips Avent Bottle Classic Plus PP Slow Flow Nipple 1

Philips Avent

2
Philips Avent Bottle Natural 2.0 Single Pack 1

Philips Avent

3
Philips Avent Clas+ Baby Newborn Flow 1

Philips Avent

4
Philips Avent Natural PP Bottle Blue TWI  1

Philips Avent

5
Philips Avent Avent Bottle & Teat Fast Flow 1

Philips Avent

Nama produk

Bottle Classic Plus PP Slow Flow Nipple

Bottle Natural 2.0 Single Pack

Clas+ Baby Newborn Flow

Natural PP Bottle Blue TWI

Avent Bottle & Teat Fast Flow

Keunggulan

Botol susu klasik untuk penuhi kebutuhan big baby Anda

Si mungil dengan dot berbentuk seperti payudara untuk atasi trauma Anda

Tekstur dotnya yang bergelombang menjadikan bayi nyaman menyusui

Tambah semangat menyusui dengan botol susu warna biru menarik

Jumlah lubang dotnya ada empat, bikin perut bayi cepat kenyang

Harga mulai dariRp 49.000,00Rp 109.000,00Rp 69.000,00Rp 219.000,00Rp 218.000,00
Tipe botolClassicNaturalClassicNaturalNatural
Aliran dotLambatUntuk bayi baru lahirLambatLambatCepat
Ukuran 260 ml125 ml125 ml260 ml260 ml
Untuk bayi berusia1 bulan ke atas0 bulan ke atas0 bulan ke atas1 bulan ke atas6 bulan ke atas
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar botol susu Avent

Kami sudah mengulas cara memilih dan memberikan rekomendasi produk botol susu Avent terbaik. Sekarang, kami juga sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar botol susu Avent. Simak di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Apakah botol susu ada kedaluwarsanya?

Botol susu mempunyai batas waktu pemakaian, lho. Makin sering bayi menggunakan, makin cepat waktu penggantian botol susu tersebut. Botol yang tidak diganti dikhawatirkan akan menimbulkan masalah kesehatan pada bayi Anda.


Segera ganti botol susu bayi Anda jika muncul tanda-tanda, seperti berubah warna, tergores, retak, dan sebagainya. Selain botol susu, Anda juga harus lebih sering mengganti dotnya.

Berapa lama harus ganti susu botol bayi?

Botol susu bayi yang terbuat dari bahan bebas BPA, harus diganti setiap enam bulan sekali. Jika tidak menggunakan bahan BPA free, ganti botol setiap tiga bulan sekali. Namun, jika bayi Anda lebih sering menggunakan botol susu, waktu penggantian bisa sebelum tiga bulan.

Apakah botol susu bayi harus selalu dicuci?

Botol susu bayi harus segera dicuci setelah digunakan. Anda tidak boleh menunda mencuci botol susu bayi. Hal tersebut dapat memicu pertumbuhan bakteri yang dapat mengakibatkan masalah pencernaan pada perut bayi. Cara mudah untuk mencuci botol susu bayi adalah dengan merendam di air mendidih atau menggunakan mesin steril listrik.

Baca juga rekomendasi produk susu formula bayi di sini

Setelah menemukan botol susu yang tepat, mungkin Anda juga membutuhkan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi Anda. Selain itu, kami sudah menyiapkan artikel mengenai susu formula rendah laktosa dan susu penambah berat badan anak. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Botol susu Avent memiliki banyak peminat karena desainnya yang sesuai dengan kebutuhan ibu dan bayi. Selain itu, harganya juga ramah di kantong. Agar mendapat manfaat optimal, pilih botol susu berdasarkan tipe botol dan aliran dotnya. 


Sesuaikan juga ukuran botol susu pilihan Anda dengan kebutuhan si kecil. Semoga tips dan rekomendasi yang telah kami berikan bermanfaat untuk Anda. Jadi, Anda sudah tahu akan membeli produk yang mana, bukan?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan mengASIhi bisa menjadi momen berharga antara ibu dan bayinya. Namun, tidak semua ibu memiliki kesempatan untuk menyusui bayinya secara langsung. Terkadang, karena suatu hal, seorang ibu tidak bisa selalu bersama bayinya. Untuk menghindari pembengkakan payudara karena ASI yang menumpuk, diperlukan pompa ASI.Pompa ASI elektrik kini lebih diminati dibandingkan pompa ASI manual. Kami akan menjelaskan cara memilih dan cara menggunakan pompa ASI elektrik. Tersedia juga ulasan beberapa produk yang bagus, seperti merek Medela, Philips, dan Spectra. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung, misalnya saat ibu berpisah dengan bayi karena harus bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang kami akan memberikan tips memilih pompa ASI yang bagus. Tidak lupa, ada juga rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik. Anda bisa menemukan produk dari berbagai merek, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Botol Susu Pigeon Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Botol Susu Pigeon Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Menyusui dengan botol merupakan alternatif yang banyak dipilih ibu ketika tidak memungkinkan untuk menyusui bayi langsung dari payudara. Botol susu berfungsi sebagai alat bantu bayi untuk mengonsumsi ASI atau susu formula. Botol susu cocok digunakan ketika ibu harus bekerja atau kondisi lainnya.Pigeon adalah salah satu merek botol susu yang layak dipertimbangkan. Pigeon memiliki banyak jenis botol susu yang bagus, seperti wide neck dan slim neck. Ikutilah tips-tips memilih botol susu Pigeon dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Pompa ASI Manual Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pompa ASI Manual Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu privilese dalam menyusui atau mengASIhi adalah memberikannya secara langsung dari payudara ibu ke mulut bayi. Sayangnya, tak semua ibu memiliki privilese ini. Berbagai faktor dapat menyebabkan seorang ibu memerlukan bantuan pompa ASI untuk dapat mengASIhi secara optimal.Pompa ASI ada dua, yaitu manual dan elektrik. Artikel ini akan membahas cara memilih pompa ASI manual yang bagus beserta rekomendasi produknya. Selain merek Medela, Philips Avent, dan Crown, masih banyak merek lainnya dengan kualitas dan harga yang bersaing. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perlengkapan yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda yang memiliki bayi adalah bottle warmer. Alat ini dapat membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk si kecil. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan penghangat susu bayi ini untuk jangka panjang.Banyaknya merek penghangat ASI yang bagus, seperti Dr. Brown, Crown, serta Baby Safe, mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Tenang! Di artikel ini kami akan membantu Anda mendapatkan bottle warmer terbaik dan sesuai kebutuhan. Yuk, baca pembahasannya dan cek rekomendasi bottle warmer yang bagus berikut ini.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebanyakan orang pastinya sudah mengerti bahwa sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang. Bayi sangat rentan terhadap infeksi dan penyakit dibandingkan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Karena itu, Anda perlu mensterilkan semua peralatan hingga bayi Anda berusia 12 bulan.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sterilizer botol bayi dari berbagai merk. Anda dapat menemukan sterilizer botol susu dari Baby Safe, Pigeon, hingga Philips Avent. Kami juga akan membahas tips memilih bottle sterilizer yang bagus untuk memudahkan Anda mensterilkan barang-barang milik si buah hati. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Jika sedang tidak menemukan nursery room, pasti moms akan kebingungan memberikan ASI. Kini moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.Jika masih bingung apron menyusui seperti apa yang bagus untuk kebutuhan Anda, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaiknya, seperti merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori