• 10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pernahkah Anda merasa khawatir saat mobil atau motor Anda dipinjam oleh orang lain? Jika ya, Anda membutuhkan GPS tracker untuk memantau kendaraan Anda. Alat tersebut digunakan untuk melacak keberadaan objek tertentu dengan akurat. GPS tracker membuat objek tetap dalam jangkauan pengawasan, meski dari kejauhan.

Apabila saat ini Anda mempertimbangkan untuk membeli GPS tracker, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Kali ini kami akan memberikan tips memilih GPS tracker serta merekomendasikan sepuluh produk yang bagus. GPS tracker keluaran Apple dan Samsung juga akan kami bahas, lho. Yuk, langsung simak artikelnya! 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

GPS tracker untuk apa?

GPS tracker atau pelacak GPS adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu objek. Umumnya, alat ini digunakan oleh perusahaan ekspedisi, jasa rental, dan jasa logistik. 


Walaupun teknologi GPS navigasi sudah makin canggih, GPS tracker tetap memiliki manfaat dan keuntungannya sendiri. Salah satu keuntungannya adalah GPS tracker dapat digunakan untuk melacak mobil dan motor Anda dengan akurat.


Laporan yang diberikan pun komplet, seperti kecepatan, history parkir, dan lainnya. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mematikan mesin mobil atau motor dari jarak jauh. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir ketika menyewakan kendaraan kepada orang lain.

Cara memilih GPS tracker

Setelah mengetahui jenisnya, kini tiba saatnya untuk mempelajari cara memilihnya. Kami merangkumnya dalam empat cara. Apa sajakah itu? Yuk mari simak ulasannya!

Sesuaikan GPS tracker dengan tujuan penggunannya

Sesuaikan GPS tracker dengan tujuan penggunannya

Tahukah Anda bahwa GPS tracker memiliki dua jenis penggunaan? GPS tracker umumnya ditujukan untuk penggunaan sebagai berikut.


  • GPS tracker untuk kendaraan

Jasa rental kendaraan dan ekspedisi umumnya menggunakan GPS tracker jenis ini untuk melacak kendaraan mereka. Tracker ini biasanya menggunakan aki sebagai sumber arus dayanya, tetapi juga dilengkapi baterai sebagai cadangan saat kendaraan dimatikan. GPS ini dapat memberikan laporan mendetail tentang kendaraan Anda, serta memiliki fitur untuk mematikan kendaraan dari jarak jauh sebagai pencegahan.


  • GPS tracker untuk personal

GPS tracker untuk personal, juga disebut personal tracker, biasanya digunakan untuk melacak barang-barang pribadi. Contohnya adalah kunci rumah dan kunci kendaraan. Tracker ini juga dapat digunakan untuk melacak posisi anak Anda atau binatang peliharaan. Biasanya, tracker ini berukuran mini dan menggunakan baterai. Tracker ini juga dapat terhubung via Bluetooth dari ponsel Anda. 

Ketahui perbedaan kedua tipe GPS tracker

Alat ini memiliki dua macam yang berbeda yaitu aktif dan pasif. Kedua macam ini dibedakan berdasarkan cara memperoleh datanya. Kedua jenis tersebut memiliki keunggulannya sendiri, berikut penjelasannya.

GPS tracker aktif: Dapat dipantau secara real-time

GPS tracker aktif adalah GPS yang datanya dapat diperoleh secara real-time.Anda dapat memantau keberadaan objek yang dilacak secara langsung di saat itu juga. GPS jenis ini biasanya berbasis web sehingga dapat dipantau secara remote. Oleh sebab itu, Anda perlu kartu perdana agar perangkat dapat terhubung ke internet.

GPS tracker pasif: Lebih ekonomis dan menyajikan data historis

GPS tracker pasif adalah GPS yang datanya harus ditransfer terlebih dahulu ke komputer. Hal ini berarti data yang disajikan adalah data historis perangkat. Anda juga memerlukan software tertentu agar data tersebut dapat dikonversi menjadi bentuk peta


Dibandingkan dengan tracker aktif, harga GPS tracker pasif umumnya lebih ramah di dompet. Namun, kini GPS tracker pasif sudah sangat jarang ditemui di pasaran, terutama di toko online.

Pilih GPS berbasis web atau android agar mudah diawasi

Hal yang perlu Anda perhatikan juga adalah media pengawasannya. Pilihlah yang dapat dipantau melalui web atau Android. Hal ini memudahkan Anda untuk melihat lokasi kendaraan dengan akurat dan aktual. Namun, apabila GPS berbasis web terlalu mahal, Anda bisa memilih GPS yang dapat memberi informasi via SMS. GPS tipe ini akan mengirimkan pesan berisi titik koordinat yang dapat Anda telusuri di google maps

Pertimbangkan keunggulan lain yang ditawarkan

Selain beberapa poin di atas, Anda pun dapat mempertimbangkan keunggulan lain yang dapat menjadi pilihan.

Pilih GPS yang memiliki fungsi darurat

Pilih GPS yang memiliki fungsi darurat

Hal yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya adalah fungsi darurat. Fungsi darurat sangat penting untuk dimiliki perangkat GPS. Biasanya, fungsi darurat ini berupa tombol SOS pada perangkat.


Tombol tersebut akan secara otomatis menghubungi kontak darurat yang telah diatur sebelumnya. Carilah yang tombolnya mudah diakses agar Anda tidak kesulitan ketika kondisi yang tidak diinginkan terjadi. Fitur ini wajib ada, terutama ketika Anda menjelajah ke tempat baru.

Utamakan memilih produk yang water-resistant

Fitur water-resistant sangat penting dimiliki oleh sebuah GPS tracker, terutama apabila dipasang di kendaraan. Fitur ini melindungi perangkat agar dapat digunakan di berbagai macam kondisi. Jangan sampai hanya karena air, pantauan Anda terhadap kendaraan jadi terputus dan lost contact. Untuk itu, sebaiknya Anda memastikan GPS tracker pilihan Anda sudah water-resistant, ya.

Pastikan baterai GPS tahan lama

Seperti perangkat portabel pada umumnya, GPS tracker memiliki dua jenis tipe daya, yaitu yang membutuhkan baterai dan yang tidak. Jika membutuhkan baterai, pastikan dayanya tahan lama agar Anda tidak perlu repot-repot mengisi dayanya setiap saat. Hal ini juga membuat Anda tidak perlu khawatir jika objek lacak Anda berada di perjalanan untuk waktu yang lama. 


Fitur notifikasi low-battery juga wajib Anda perhatikan. Pasalnya, tidak semua GPS memiliki fungsi ini. Terdapat berbagai macam jenis notifikasi, seperti suara, lampu, atau pesan singkat. Silakan pilih yang menurut Anda paling jelas dan nyaman.

10 Rekomendasi produk GPS tracker terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk GPS tracker terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisAktif
Media pengawasanWeb, aplikasi, sms
Fungsi daruratX
WaterproofX
Baterai450 mAh
9
JenisAktif
Media pengawasanWeb, aplikasi
Fungsi darurat✔︎
WaterproofX
Baterai5000 mAh
9
JenisAktif
Media pengawasanWeb
Fungsi daruratX
WaterproofX
Baterai5800 mAh
7
JenisAktif
Media pengawasanWeb, aplikasi
Fungsi darurat✔︎
Waterproof✔︎
BateraiTidak disebutkan
6
JenisAktif
Media pengawasanWeb, aplikasi
Fungsi darurat✔︎
WaterproofX
BateraiTidak disebutkan
5
JenisAktif
Media pengawasanWeb, SMS
Fungsi darurat✔︎
WaterproofX
BateraiX
4
JenisAktif
Media pengawasanAplikasi
Fungsi darurat✔︎
Waterproof✔︎
BateraiTidak disebutkan
3
JenisAktif
Media pengawasanWeb, aplikasi
Fungsi daruratX
Waterproof✔︎
BateraiX
2

BaseusT2 Key Finder Wireless GPS Tracker

Mulai dari Rp 239.000,00

JenisAktif
Media pengawasanWeb, aplikasi
Fungsi darurat✔︎
WaterproofX
Baterai75 mAh
1
JenisAktif
Media pengawasanWeb, aplikasi, SMS
Fungsi darurat✔︎
WaterproofX
Baterai450 mAh

Tabel perbandingan produk GPS tracker terbaik

Gambar produk
1
Concox GT06N 1

Concox

2
Baseus T2 Key Finder Wireless GPS Tracker 1

Baseus

3
dyegoo GPS TK110 1

dyegoo

4
Apple AirTag 1

Apple

5
GPS MINI A8 1

6
Samsung Galaxy SmartTag 1

Samsung

7
Sinotrack Gps Tracker St-901 1

Sinotrack

9
Superspring GPS Tracker M-20 1

Superspring

9
GPS Tracker Portable  A10 1

GPS Tracker Portable

10
Fox Logger GPS Tracker Motor 1

Fox Logger

Nama produk

GT06N

T2 Key Finder Wireless GPS Tracker

GPS TK110

AirTag

GPS MINI A8

Galaxy SmartTag

Gps Tracker St-901

GPS Tracker M-20

A10

GPS Tracker Motor

Keunggulan

Makin aman dengan fitur multiple alarms-nya

Kunci tidak akan terselip lagi berkat key finder ini

Bentuknya mungil, mudah dipasang di kendaraan apa pun!

Tracker terbaik untuk pengguna iPhone!

Tak perlu internet, kontrol hanya dengan SMS saja

Tracker mini dengan fitur tracker dua arah

Tak perlu takut hujan dengan GPS waterproof ini

Dilengkapi magnet yang mempermudah pemasangan

Baterai kuat, tahan hingga 30 hari!

Tracker-nya mampu memberi informasi yang detail

Harga mulai dariRp 375.000,00Rp 239.000,00Rp 200.000,00Rp 399.000,00Rp 165.000,00Rp 355.000,00Rp 370.000,00Rp 999.000,00Rp 1.000.000,00Rp 999.000,00
JenisAktifAktifAktifAktifAktifAktifAktifAktifAktifAktif
Media pengawasanWeb, aplikasi, SMSWeb, aplikasiWeb, aplikasiAplikasiWeb, SMSWeb, aplikasiWeb, aplikasiWebWeb, aplikasiWeb, aplikasi, sms
Fungsi darurat✔︎✔︎X✔︎✔︎✔︎✔︎X✔︎X
WaterproofXX✔︎✔︎XX✔︎XXX
Baterai450 mAh75 mAhXTidak disebutkanXTidak disebutkanTidak disebutkan5800 mAh5000 mAh450 mAh
Tautan produk

Perbedaan GPS tracker dan GPS navigasi

Perbedaan GPS tracker dan GPS navigasi

GPS tracker dan GPS navigasi, seperti namanya, memiliki fungsi yang berbeda. Namun, kami akan menjelaskan secara singkat perbedaan keduanya agar Anda tak salah lagi.


  • GPS navigasi berfungsi untuk mengarahkan Anda ke suatu tempat tujuan agar tidak tersesat. Alat ini juga dapat memberikan info mengenai kecepatan, jalan pintas, kondisi jalan, nama jalan, serta kompas digital. Ia juga dilengkapi dengan voice director.

  • GPS tracker digunakan untuk melacak objek tertentu. Alat ini melekat pada suatu objek, meskipun ada yang portable. Alat ini dapat memberikan laporan tentang jejak perjalanan, tempat parkir, dan kecepatan. Biasanya GPS tracker juga dilengkapi dengan fitur sadap suara, SOS, serta dapat mematikan objek kendaraan dari jarak jauh.

Baca juga rekomendasi perlengkapan otomotif lainnya di sini

Anda baru saja menuntaskan artikel tentang GPS tracker. Apakah Anda membutuhkan rekomendasi lainnya? Jika ya, kami punya beberapa rekomendasi perlengkapan otomotif yang sangat bermanfaat. Silakan klik tautan yang rekomendasinya Anda butuhkan saat ini!

Kesimpulan

Dengan menggunakan GPS tracker, Anda tidak perlu khawatir lagi akan barang atau kendaraan milik Anda yang luput dari pandangan. Fitur yang ditawarkan cukup bervariasi, baik dari ketahanan, fungsi, maupun daya baterai. Untuk itu, pilihlah produk yang benar-benar Anda butuh menurut tujuan pemakaiannya.


Gunakan produk untuk memaksimalkan keamanan barang Anda. Kiranya artikel ini dapat membantu Anda menemukan GPS tracker yang cocok untuk Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Helm wajib dikenakan setiap pengguna sepeda motor. Kini, helm bukan hanya untuk melindungi kepala saja, melainkan juga untuk menunjang penampilan saat berkendara. Salah satu jenis helm yang paling diminati adalah helm half face karena ringan dan keren. Ada banyak merek helm half face yang bagus dan menawarkan kualitas terbaik. Harga helm half face pun bervariasi tergantung merek dan jenis materialnya. Kami akan menjelaskan tips memilih helm half face terbaik untuk Anda. Temukanlah rekomendasi helm half face terbaru dan terbaik merek NHK, INK, Zeus, Nolan, KYT, dan lainnya dalam artikel ini. 
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi dengan kaca atau visor.Salah satu jenis helm yang cukup digemari pengguna sepeda motor adalah jenis full face. KYT, INK, dan MDS adalah contoh merek yang bagus dan kerap menghadirkan helm terbaru yang ringan dipakai. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Simak sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
  • 10 Velg Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Velg Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta motor, Anda pasti paham kalau pemilihan velg tidak bisa sembarangan. Di samping untuk estetika, velg motor yang tepat mampu memberikan performa serta keamanan ekstra. Kebutuhan velg masing-masing motor, seperti motor matic, bebek, dan racing juga berbeda.Anda akan mendapati velg ring 14 dan 17 di artikel ini. Sebelumnya, kami akan berbagi tips memilih velg motor yang tepat untuk Anda berdasarkan jenis, ukuran, dan materialnya. Simak juga rekomendasi beragam merek velg motor yang bagus, misalnya TDR dan Equinox. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan oleh setiap pengguna sepeda motor. Fungsi utama penggunaan helm adalah untuk melindungi keselamatan pengendara bermotor. Berbagai merek helm pun dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran, salah satunya adalah KYT. Melalui artikel ini, kami akan membahas cara memilih helm KYT yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan helm KYT terbaik, seperti helm KYT DJ Maru, TT Course, R-10, dan lainnya. Simak artikel ini sampai tuntas agar Anda dapat menentukan helm KYT yang pas untuk menemani perjalanan Anda.
    Aksesori motor
  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memilih helm, sesuaikanlah jenis helm dengan jenis motor yang dikendarai. Hal ini karena banyak varian helm terbaru yang didesain berdasarkan jenis motornya. Ada helm untuk pengguna motor matic, motor sport, motor gede, motor cross, hingga motor trail. Kami mengulas mengenai poin-poin yang harus Anda ketahui sebelum membeli helm motor. Kami juga memberikan sederet rekomendasi merek helm yang bagus, seperti KYT, INK, dan lainnya. Harga helm motor ini bervariasi, tergantung kualitas dari helm itu sendiri. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Simak sampai akhir, ya!
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Helm retro kerap disebut sebagai helm bogo atau helm klasik. Selain melindungi kepala, helm retro mampu menunjang penampilan Anda saat berkendara. Modelnya yang relatif lebih bulat memberi tampilan jadul yang justru kembali digemari sekarang, termasuk di Indonesia.Beragam produk helm retro bisa Anda temukan di pasaran, seperti merek Bell, Cargloss, Zeus, dan lainnya. Merek-merek tersebut menawarkan helm retro dengan beragam tipe, mulai dari shorty, open face, hingga full face. Supaya Anda tidak bingung saat membeli, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Simaklah dengan saksama agar Anda mendapatkan tampilan klasik yang timeless!
    Aksesori motor
  • 10 Sarung Tangan Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sarung Tangan Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sarung tangan motor menjadi barang penting saat berkendaraan karena dapat melindungi tangan jika terjadi kecelakaan. Banyak produk berbahan kulit dan polyester yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada juga tipe full cover dan half cover yang bisa Anda pilih.Kami akan membantu Anda dengan merekomendasikan produk dari merek sarung tangan motor terbaik, seperti Eiger, Respiro, dan Northy. Simak tips cara memilih untuk mengetahui tipe yang bagus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Bacalah artikel sampai selesai dan temukan sarung tangan terbaik Anda!
    Aksesori motor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori