• 10 Tampon Terbaik untuk Haid - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tampon Terbaik untuk Haid - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tampon Terbaik untuk Haid - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tampon Terbaik untuk Haid - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tampon Terbaik untuk Haid - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tampon Terbaik untuk Haid - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)

Penggunaan tampon waktu haid kini makin diminati oleh para wanita. Dengan bentuk mungil seperti silinder, tampon menawarkan kenyamanan yang tidak didapatkan ketika memakai pembalut. Merek-merek tampon yang bagus juga mudah ditemukan di pasaran, seperti Natracare, Tampax, dan O.B.


Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih tampon untuk haid. Karena itu, kami akan berbagi tips memilih tampon sekaligus memberi rekomendasi produknya. Tak lupa, ada juga penjelasan cara memakai tampon yang benar di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Andri Welly
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr. Andri Welly, SpOG

Profil pakar: Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr. Andri Welly, SpOG
dr. Andri Welly
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan.


dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Keunggulan memakai tampon saat haid

Keunggulan memakai tampon saat haid

Mungkin masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya, apa itu tampon? Tampon adalah bantalan kapas lembut yang memiliki bentuk mirip silinder serta dilengkapi benang pada ujungnya. Alat ini berfungsi untuk menyerap darah menstruasi seperti halnya pembalut. 


Bagi sebagian orang, pemakaian tampon saat haid mungkin masih terasa asing. Hal ini disebabkan budaya masyarakat Indonesia yang masih menggunakan pembalut ketika haid. Faktanya, penggunaan tampon mempunyai lebih banyak keunggulan dibandingkan pembalut, lho. Dengan memakai tampon, Anda dapat tetap berenang atau melakukan olahraga lainnya dengan bebas tanpa takut bocor.


Cara memakai tampon juga tergolong mudah. Untuk menggunakan pembalut, Anda perlu merekatkannya pada celana dalam. Namun, tidak demikian dengan tampon. Saat ingin menggunakan tampon, Anda perlu memasukkannya ke dalam liang vagina. Tentunya dalam hal ini harus diperhatikan kondisi selaput dara (hymen), ya.


Ukurannya yang kecil membuat pemakaian tampon tidak terasa mengganjal, bahkan saat Anda beraktivitas. Tampon juga dianggap lebih higienis karena lebih efektif menyerap darah menstruasi. Dengan begitu, area kewanitaan pun bisa bebas bau.


Namun, kami tidak merekomendasikan penggunaan tampon untuk Anda yang sering mengalami pendarahan yang banyak (heavy menstrual bleeding) saat menstruasi. Anda bisa mengecek kondisi Anda ke dokter agar lebih yakin.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tampon untuk haid

Setelah mengetahui keunggulan pemakaian tampon, apakah Anda tertarik mencobanya? Di pasaran terdapat beragam jenis tampon yang bisa Anda temukan dengan mudah. Untuk menghindari kesalahan dalam memilih tampon, simaklah beberapa tips di bawah ini!

Pilih berdasarkan ukurannya

Pilih berdasarkan ukurannya

Poin pertama yang perlu Anda perhatikan saat membeli tampon adalah memeriksa ukurannya. Ukuran tampon berpengaruh pada kemampuannya dalam menyerap darah menstruasi. Makin besar ukuran tampon, daya serapnya makin tinggi. 


Di pasaran terdapat lima ukuran tampon yang bisa Anda pilih sesuai derasnya darah haid yang dialami.

  • Slim (junior): Tampon berukuran slim memiliki daya serap paling rendah karena hanya mampu menampung sekitar 3 ml darah haid. Tak heran jika bentuknya paling ramping dan kecil. Karena itu, tampon dengan ukuran slim lebih disarankan untuk pemula atau ketika haid telah berada pada akhir periode.

  • Reguler: Tampon dengan ukuran reguler mampu menyerap darah menstruasi hingga 5 ml. Bentuknya yang berada di pertengahan, tidak terlalu besar ataupun kecil, menjadikan tampon ini nyaman dipakai sehari-hari.

  • Super: Pada ukuran super, tampon mempunyai daya serap hingga 12 ml. Karena itu, ukuran ini paling sering dipakai saat periode menstruasi awal, antara hari pertama hingga ketiga.

  • Super plus: Berbeda dengan ukuran super biasa, tampon berukuran super plus berdaya serap hingga 15 ml. Karena mampu menampung lebih banyak darah menstruasi, tampon ini pas dipakai oleh Anda yang aktivitasnya tinggi, misalnya berolahraga.

  • Ultra: Tampon berukuran ultra mempunyai daya serap terbesar, hingga sekitar 18 ml. Tak heran bila tampon dengan ukuran ini disarankan untuk orang-orang yang aliran darah menstruasinya tergolong sangat deras. Sayangnya, tampon berukuran ultra masih sulit ditemukan di Indonesia.

Selain itu, sesuaikan juga ukuran tampon dengan ukuran liang vagina. Ukuran liang vagina setiap wanita tentu berbeda-beda. Jadi, perhatikan juga hal tersebut, ya.

Dengan atau tanpa aplikator? Tentukan sesuai selera

Selain ukuran, tampon juga dibedakan berdasarkan keberadaan aplikator di dalamnya. Ada tampon yang dilengkapi aplikator, ada pula yang tidak. Keduanya memiliki plus dan minusnya tersendiri. Kami akan menjelaskan perbedaannya di bawah ini.

Tampon tanpa aplikator, menghasilkan lebih sedikit limbah

Tampon tanpa aplikator, menghasilkan lebih sedikit limbah

Tampon tanpa aplikator sering juga disebut sebagai digital tampon. Jenis tampon ini dimasukkan ke dalam vagina dengan bantuan dorongan jari Anda. Bagi beberapa orang, hal ini dianggap lebih mudah. Tampon tanpa aplikator juga otomatis menghasilkan limbah yang lebih sedikit.

Tampon dengan aplikator, pemakaiannya lebih mudah dan higienis

Tampon dengan aplikator, pemakaiannya lebih mudah dan higienis

Sementara itu, tampon dengan aplikator dilengkapi alat tambahan yang membalut kapasnya. Keberadaan aplikator ini diharapkan dapat membantu pemakai saat memasukkan tampon ke dalam vagina. Setelah tampon berada di dalam vagina, Anda bisa menarik aplikatornya keluar. Karena tampon tidak bersentuhan dengan jari tangan secara langsung, tampon jenis ini dinilai lebih higienis.

Perhatikan bahan yang digunakan, sebisa mungkin pilih yang berbahan organik dan fragrance-free

Perhatikan bahan yang digunakan, sebisa mungkin pilih yang berbahan organik dan fragrance-free

Karena akan dimasukkan ke dalam tubuh, pengecekan bahan baku tampon tentu tidak boleh dilewatkan. Umumnya, tampon yang beredar di pasaran terbuat dari kapas atau serat rayon.


Tampon yang terbuat dari kapas biasanya lebih halus dan alami sehingga terasa lebih nyaman saat dipakai. Di sisi lain, serat rayon merupakan serat sintetis yang berasal dari tanaman. Meski tidak sehalus kapas, tampon berbahan serat rayon cukup diminati karena harganya lebih murah.


Selain itu, sebisa mungkin pilihlah tampon yang tidak mengandung pewangi. Penggunaan tampon yang mengandung zat pewangi berpotensi menimbulkan reaksi iritasi dan infeksi. Anda juga tak perlu khawatir soal bau pada area kewanitaan karena tampon perlu diganti dalam waktu 4––8 jam. Asalkan tidak melebihi batas waktu pakainya, area kewanitaan Anda akan bebas bau.

10 Rekomendasi tampon terbaik untuk haid

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tampon terbaik untuk haid yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andri Welly, SpOG.

10

Kimberly-ClarkU by Kotex Super Slim Tampons

Mulai dari Rp 55.000,00

UkuranSlim
BahanSerat rayon
AplikatorX
PewangiX
Isi8 pcs, 16 pcs, 32 pcs
9

Johnson & JohnsonO.B Flexia Night and Day Super Plus

Mulai dari Rp 358.000,00

UkuranSuper plus
BahanTidak disebutkan
AplikatorX
PewangiX
Isi36 pcs
8

Johnson & Johnson Carefree Flexia Super Tampons

Mulai dari Rp 144.000,00

UkuranSuper
BahanSerat rayon
AplikatorX
PewangiX
Isi16 pcs, 32 pcs
7

UnicharmSofy Soft Super Tampons for Heavy Menstrual Flow

Mulai dari Rp 298.000,00

UkuranSuper
BahanKapas organik
Aplikator✔︎
PewangiX
Isi21 pcs
6
UkuranReguler
BahanSerat rayon
AplikatorX
PewangiX
Isi32 pcs, 80 pcs
5

RossmanFacelle Bio Baumwool Tampon

Mulai dari Rp 141.900,00

UkuranReguler
BahanSerat rayon
AplikatorX
PewangiX
Isi18 pcs
4
UkuranSuper
BahanRayon
AplikatorX
PewangiX
Isi16 pcs
3

Procter & GambleTampax PURE Cotton Regular

Mulai dari Rp 190.000,00

UkuranReguler
BahanKapas organik
Aplikator✔︎
PewangiX
Isi16 pcs, 24 pcs, 32 pcs, 48 pcs
2

PremierLil-Lets SmartFit Non-Applicator Lite Tampons

Mulai dari Rp 70.000,00

UkuranSlim
BahanRayon
AplikatorX
PewangiX
Isi16 pcs
1

NatracareSuper Non-Applicator Organic Cotton Tampons

Mulai dari Rp 39.000,00

UkuranSuper
BahanKapas organik
AplikatorX
PewangiX
Isi10 pcs, 16 pcs, 20 pcs

Tabel perbandingan produk tampon terbaik untuk haid

Gambar produk
1
Natracare Super Non-Applicator Organic Cotton Tampons 1

Natracare

2
Premier Lil-Lets SmartFit Non-Applicator Lite Tampons 1

Premier

3
Procter & Gamble Tampax PURE Cotton Regular 1

Procter & Gamble

4
Libra Body Fit Super Tampons 1

Libra

5
Rossman Facelle Bio Baumwool Tampon 1

Rossman

6
DM Jessa Tampons Normal 1

DM

7
Unicharm Sofy Soft Super Tampons for Heavy Menstrual Flow 1

Unicharm

8
Johnson & Johnson  Carefree Flexia Super Tampons 1

Johnson & Johnson

9
Johnson & Johnson O.B Flexia Night and Day Super Plus 1

Johnson & Johnson

10
Kimberly-Clark U by Kotex Super Slim Tampons 1

Kimberly-Clark

Nama produk

Super Non-Applicator Organic Cotton Tampons

Lil-Lets SmartFit Non-Applicator Lite Tampons

Tampax PURE Cotton Regular

Body Fit Super Tampons

Facelle Bio Baumwool Tampon

Jessa Tampons Normal

Sofy Soft Super Tampons for Heavy Menstrual Flow

Carefree Flexia Super Tampons

O.B Flexia Night and Day Super Plus

U by Kotex Super Slim Tampons

Keunggulan

Kualitas terbaik dengan penggunaan kapas bersertifikat organik

Tampon untuk haid dengan harga paling ramah di kantong

Dilengkapi aplikator plant-based yang aman dan nyaman

String antirusak dan tidak mudah mengembang

Kemasan tampon tercantik, tak ada lagi tampon tercecer!

Penggunaan serat rayon ekstralembut yang mudah beradaptasi

Takut mencoba tampon beraplikator? Cobalah produk ini!

Tidur lebih nyenyak selama delapan jam!

Serap haid lebih banyak meski aktif bergerak

Warna-warna tamponnya mencolok, mudah diidentifikasi

Harga mulai dariRp 39.000,00Rp 70.000,00Rp 190.000,00Rp 99.000,00Rp 141.900,00Rp 171.000,00Rp 298.000,00Rp 144.000,00Rp 358.000,00Rp 55.000,00
UkuranSuperSlimRegulerSuperRegulerRegulerSuperSuperSuper plusSlim
BahanKapas organikRayonKapas organikRayonSerat rayonSerat rayonKapas organikSerat rayonTidak disebutkanSerat rayon
AplikatorXX✔︎XXX✔︎XXX
PewangiXXXXXXXXXX
Isi10 pcs, 16 pcs, 20 pcs16 pcs16 pcs, 24 pcs, 32 pcs, 48 pcs16 pcs18 pcs32 pcs, 80 pcs21 pcs16 pcs, 32 pcs36 pcs8 pcs, 16 pcs, 32 pcs
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar tampon untuk haid

Selanjutnya, kami akan menjawab beberapa pertanyaan populer mengenai tampon untuk haid. Mungkin Anda termasuk salah satu yang penasaran dengan jawabannya? Mari disimak!

Apakah tampon bisa merusak keperawanan?

Setiap benda yang dimasukkan ke dalam liang vagina akan dapat menimbulkan potensi robeknya selaput dara (hymen), termasuk tampon. Namun, perlu diketahui bahwa elastisitas selaput dara (hymen) tiap wanita berbeda-beda. Selain itu, keperawanan bukan dinilai berdasarkan utuh atau tidaknya selaput dara, melainkan pernah atau tidak pernah seseorang berhubungan seksual.

Berapa lama penggunaan tampon?

Umumnya, tampon dapat digunakan dalam kurun waktu 4–8 jam. Jadi, Anda tidak perlu buru-buru mengganti tampon dalam empat jam. Namun, usahakan untuk memakainya tidak lebih dari delapan jam.

Cara memakai tampon untuk haid

Cara memakai tampon untuk haid

Setelah menjelaskan tentang tampon untuk haid beserta rekomendasi produknya, sekarang kami akan menjabarkan cara memakai tampon yang benar. Pastikan Anda menyimak bagian ini dengan saksama untuk meningkatkan kenyamanan saat memakai tampon. Berikut langkah-langkahnya:


  1. Sebelum membuka kemasan tampon, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, ambil posisi yang nyaman untuk memasukkan tampon. Anda bisa jongkok, mengangkat satu kaki, atau duduk di toilet dengan lutut terbuka.
  3. Setelah itu, dorong tampon ke dalam vagina. Usahakan untuk relaks supaya tampon dapat masuk dengan mudah. Anda bisa menggunakan aplikator atau jari (tergantung dari jenis tampon yang dibeli).
  4. Setelah tampon masuk ke vagina, tarik keluar aplikatornya. Tenang, hal ini tidak akan membuat tampon ikut keluar.
  5. Terakhir, bungkus aplikatornya dengan pembungkus tampon atau tisu toilet, lalu buang ke tempat sampah. Hindari memasukkan benda ini ke dalam toilet, ya.

Bagaimana, mudah bukan pemakaian tampon? Perlu diingat, pemakaian tampon seharusnya nyaman, bahkan saat harus beraktivitas. Karena itu, apabila Anda masih kurang nyaman ketika memakai tampon, berarti terjadi kesalahan pada cara pemakaiannya.

Baca juga rekomendasi produk menstruasi lainnya di sini

Jika Anda masih ragu menggunakan tampon saat haid, tak masalah! Kami juga telah menyiapkan beberapa artikel yang berkaitan dengan produk-produk yang bisa Anda pakai selama menstruasi. Sebut saja pembalut siang hari, pembalut kain, hingga menstrual cup. Dapatkan rekomendasi produk-produk terbaiknya melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Kehadiran tampon bisa menjadi alternatif pengganti pembalut saat mengalami menstruasi. Selain lebih ramah lingkungan, pemakaian tampon yang tepat juga terasa lebih nyaman. Anda bahkan bisa beraktivitas seaktif biasa dengan menggunakan tampon untuk haid. Namun, pastikan untuk mengikuti tips memilih tampon yang telah kami bahas di atas, ya.


Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk Anda. Mari hilangkan ketakutan akan kebocoran saat menstruasi dengan memakai tampon yang tepat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Pembalut Terbaik untuk Malam Hari - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembalut Terbaik untuk Malam Hari - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai wanita, pastinya Anda mengetahui bagaimana repotnya bila sedang menstruasi, terlebih saat Anda tidur di malam hari. Supaya tidak bocor, Anda perlu menggunakan pembalut malam. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih pembalut malam antibocor terbaik. Berbagai merek pembalut untuk malam hari dari Laurier, Charm, dan Softex akan kami ulas dalam artikel ini. Beragam pembalut untuk tidur dan celana menstruasi juga ada, lho! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Agar tidur makin tenang saat menstruasi, yuk, simak ulasan kami sampai habis!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita yang mencukur bulu di area miss V atau area kemaluan. Namun, jika Anda mencukur dengan alat cukur biasa, ujung rambut bisa menjadi tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit miss V yang sensitif. Untuk itu, Anda memerlukan pencukur khusus area miss V.Ada banyak merek pencukur miss V yang bagus di pasaran, seperti Veet, Philips, atau Kemei. Kami akan memberikan tips memilih pencukur miss V beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Cairan yang dihasilkan oleh miss V merupakan elemen penting dalam kesehatan organ intim wanita. Namun, kenyamanan Anda akan terganggu apabila cairan yang dihasilkan banyak, bahkan berbau tak sedap. Karena itu, kami merekomendasikan pantyliner untuk melindungi daerah kewanitaan dan menjaga pakaian dalam tetap bersih.Terdapat pantyliner tipe sekali pakai atau kain yang dapat dicuci ulang. Anda dapat memilih berbagai macam merek yang bagus, seperti Laurier, Unicharm, dan lainnya. Sebaiknya pelajari dahulu cara memilih pantyliner dan menyimak rekomendasi produknya dari kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini makin banyak orang yang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dengan mulai mengurangi sampah. Bagi para wanita, menggunakan pembalut kain cuci ulang adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah. Dibandingkan menstrual pad sekali pakai, pembalut kain dinilai lebih aman, hemat, dan ramah lingkungan. Memilih pembalut kain, terutama untuk para pemula, cukup membingungkan, bukan? Oleh karena itu, kami akan memberikan tips cara memilih pembalut kain natural yang bagus. Temukan juga rekomendasi produk terbaik, seperti merek Hannahpad, Demibumi, dan BabyClo. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Vapor atau rokok elektronik adalah sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS.Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor terbaik, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih vapor sekaligus merekomendasikan merek vapor yang bagus, seperti Smoant, SMOK, dan Joyetech. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 8 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    8 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah melahirkan, Anda akan mengalami postpartum bleeding selama beberapa pekan. Pada masa nifas ini, Anda akan mengeluarkan darah dari rahim seperti saat menstruasi dengan cairan yang lebih banyak dan pekat. Untuk itu, Anda memerlukan pembalut untuk ibu melahirkan atau maternity pad.Beberapa merk pembalut nifas yang mudah ditemukan antara lain Natracare Maternity Pads, Softex Maternity Pads, dan lainnya. Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi pembalut nifas yang bagus untuk dipakai. Selain itu, bidan Ony Christy juga akan memberikan informasi tambahan untuk Anda. Mari disimak!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Selain bagian luar, area kewanitaan yang tersembunyi juga harus dirawat oleh wanita, baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membersihkannya menggunakan pembersih kewanitaan yang bagus dan aman. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya tidak salah pilih sabun kewanitaan.  Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih pembersih kewanitaan dan merekomendasikan sabun kewanitaan terbaik. Anda akan menemukan produk dari merek Betadine, Purbasari Sabun Sirih Manjakani, atau Absolute Hypoallergenic. Anda tak perlu ragu, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pil KB Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pil KB Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Karena berbagai alasan, kehamilan mungkin perlu ditunda atau dicegah. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi pil KB. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa merk pil KB, seperti Microgynon, Andalan, atau Yasmin. Namun, banyaknya merk pil KB yang bagus di pasaran justru akan membuat Anda makin bingung memilihnya. Terlebih lagi, ada banyak poin-poin yang perlu dipertimbangkan, seperti kandungan, harga, sampai efek sampingnya. Untuk tahu lebih lanjut mengenai macam-macam pil KB, bidan Ony Christy akan memberikan informasi tambahannya untuk Anda. 
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Pembalut Charm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pembalut Charm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    CHARM merupakan salah satu merk pembalut yang terus mengeluarkan inovasi demi meningkatkan kenyamanan produknya. Tidak heran jika saat ini pembalut CHARM memiliki banyak varian dengan beragam keunggulan. Ada yang bersayap, tanpa sayap, ukurannya lebih panjang, hingga selalu kering supaya tidak bikin gatal.Di antara banyaknya pilihan, manakah pembalut CHARM yang bagus untuk dipilih? Nah, kali ini kami akan menjabarkan tips memilih pembalut CHARM. Sepuluh rekomendasi produk dengan harga yang beragam juga telah disiapkan. Beberapa produk pembalut CHARM seperti Body Fit, Cooling Fresh, hingga Extra Comfort ada di dalamnya. Mari disimak!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kaum milenial pasti sudah tak asing lagi dengan vape atau rokok elektronik. Untuk vaping, tentunya Anda memerlukan liquid vape atau vape juice. Liquid adalah cairan vape yang hadir dalam berbagai pilihan level nikotin, rasa, serta aroma yang berbeda-beda.Kali ini kami akan berbagi tips memilih liquid vape yang enak. Berbagai merek liquid vape yang bagus, seperti Oat Drips, Juicenation, Indonesia Juice Cartel, dan Movi, ada dalam rekomendasi kami. Anda bisa menemukan liquid murah dengan harga belasan ribu sampai yang mahal seharga ratusan ribu rupiah. Langsung saja simak artikelnya!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kaum milenial pasti sudah tak asing lagi dengan vape atau rokok elektronik. Untuk vaping, tentunya Anda memerlukan liquid vape atau vape juice. Liquid adalah cairan vape yang hadir dalam berbagai pilihan level nikotin, rasa, serta aroma yang berbeda-beda.Kali ini kami akan berbagi tips memilih liquid vape yang enak. Berbagai merek liquid vape yang bagus, seperti Oat Drips, Juicenation, Indonesia Juice Cartel, dan Movi, ada dalam rekomendasi kami. Anda bisa menemukan liquid murah dengan harga belasan ribu sampai yang mahal seharga ratusan ribu rupiah. Langsung saja simak artikelnya!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Vapor atau rokok elektronik adalah sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS.Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor terbaik, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih vapor sekaligus merekomendasikan merek vapor yang bagus, seperti Smoant, SMOK, dan Joyetech. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Pampers Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pampers Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada berbagai kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan orang dewasa kesulitan untuk menahan urine dan feses. Usia lanjut, diabetes, obesitas, atau kelainan saraf yang mengatur fungsi berkemih adalah sebagian dari contohnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai pampers dewasa atau popok dewasa.Kali ini kami akan mengulas tentang tips memilih popok dewasa yang bagus. Kami juga berbagi rekomendasi merek pampers dewasa terbaik, seperti Confidence, Certainty, dan Lifree. Harga dan ukurannya beragam, dari M, L, sampai XL. Anda juga bisa menemukan produk kemasan sachet. Mari simak artikel ini untuk menemukan popok dewasa terbaik!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita yang mencukur bulu di area miss V atau area kemaluan. Namun, jika Anda mencukur dengan alat cukur biasa, ujung rambut bisa menjadi tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit miss V yang sensitif. Untuk itu, Anda memerlukan pencukur khusus area miss V.Ada banyak merek pencukur miss V yang bagus di pasaran, seperti Veet, Philips, atau Kemei. Kami akan memberikan tips memilih pencukur miss V beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Test pack adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengecek kehamilan secara mandiri. Berbagai jenis test pack banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan test pack yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan membahas hingga tuntas mengenai macam-macam test pack.Berbagai merek test pack, seperti Akurat, Sensitif, hingga test pack yang bisa dipakai berulang kali akan direkomendasikan. Selain itu, macam-macam test pack dan harganya akan kami paparkan di artikel ini. Agar tidak salah pilih, bidan Ony Christy akan ikut memberikan komentarnya untuk Anda.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini makin banyak orang yang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dengan mulai mengurangi sampah. Bagi para wanita, menggunakan pembalut kain cuci ulang adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah. Dibandingkan menstrual pad sekali pakai, pembalut kain dinilai lebih aman, hemat, dan ramah lingkungan. Memilih pembalut kain, terutama untuk para pemula, cukup membingungkan, bukan? Oleh karena itu, kami akan memberikan tips cara memilih pembalut kain natural yang bagus. Temukan juga rekomendasi produk terbaik, seperti merek Hannahpad, Demibumi, dan BabyClo. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Cairan yang dihasilkan oleh miss V merupakan elemen penting dalam kesehatan organ intim wanita. Namun, kenyamanan Anda akan terganggu apabila cairan yang dihasilkan banyak, bahkan berbau tak sedap. Karena itu, kami merekomendasikan pantyliner untuk melindungi daerah kewanitaan dan menjaga pakaian dalam tetap bersih.Terdapat pantyliner tipe sekali pakai atau kain yang dapat dicuci ulang. Anda dapat memilih berbagai macam merek yang bagus, seperti Laurier, Unicharm, dan lainnya. Sebaiknya pelajari dahulu cara memilih pantyliner dan menyimak rekomendasi produknya dari kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori