1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023)

Bagi Anda pemilik kulit berminyak, harus jeli dalam memilih bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak untuk kulit berminyak? Tenang, Anda akan menemukan bedak yang cocok untuk kulit berminyak di artikel ini.

 
Kami akan memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Selain itu, ada juga rekomendasi bedak untuk kulit berminyak dari berbagai merek, seperti Make Over, Wardah, hingga Focallure. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Yuk, temukan bedak terbaik Anda di sini!

Diperbaharui 12-15-2022
Cut Auzola Azalia
Pakar
Beauty blogger & doll enthusiast
Cut Auzola Azalia

Auzola merupakan seorang blogger yang berfokus pada niche beauty trend sejak 2014. Selain menulis blog pribadi, Auzola juga sempat menjadi freelance beauty writer di Kawaii Beauty Japan (C Channel). Auzola pernah menjadi guest speaker di beberapa acara. Acara seperti MNC Living Ideas dan Binus TV yang bertema beauty pernah ia jumpai. Pada 2016, Auzola juga diliput sebagai Top 10 Beauty Influencer oleh artikel The Jakarta Post. Selain menyukai makeup dan skincare, Auzola juga memiliki hobi mengoleksi boneka. Koleksi boneka utamanya yaitu Barbie dan Disney yang sering di-share olehnya di Instagram.

Profil Cut Auzola Azalia
Lanjut membaca
Noni Rosliyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Noni Rosliyani

Noni Rosliyani, akrab disapa Noni, adalah lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang sudah aktif menulis sejak masa sekolah. Pengalamannya menjadi editor profesional untuk buku anak dan parenting selama 14 tahun membuatnya tertarik menjadi pegiat Read Aloud Trainer. Sesekali, ia membagikan pengalaman dunia family dan parenting-nya di blog pribadinya. Di waktu senggangnya, Noni menikmati aktivitas bersama keluarganya, seperti memasak, menonton film, atau traveling. Ia percaya bahwa kesehatan jiwa dan raga keluarga serta dirinya adalah yang utama. Jadi, supaya hidupnya lebih bersemangat, Noni pun gemar mencari tahu buku best seller, fashion terkini, skincare terbaru, atau snack terpopuler yang harus dicobanya.

Profil Noni Rosliyani
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu kulit berminyak?

Apa itu kulit berminyak?

Pada dasarnya, kulit menghasilkan minyak alami atau sebum dari kelenjar sebaceous untuk melapisi kulit dan menjaga kelembapan. Namun, produksi minyak yang berlebihan akan menimbulkan banyak masalah kulit. Kondisi ketika kulit menghasilkan minyak berlebih inilah yang kemudian disebut sebagai kulit berminyak


Jenis kulit ini biasanya ditandai dengan tampilan wajah yang mengilap. Terlebih lagi, saat beraktivitas pada siang hari dan bangun tidur pagi hari. Kulit berminyak juga memiliki ukuran pori-pori besar yang rentan tersumbat oleh sel kulit mati dan kotoran. Akibatnya, pemilik kulit berminyak sering mengalami masalah jerawat dan komedo. 


Kondisi tersebut mengganggu proses regenerasi kulit sehingga kulit tampak kusam dan kasar. Di sisi lain, produksi sebum berlebih pada kulit berminyak dapat dikontrol dan diminimalkan dengan menggunakan skincare. Selain itu, pemilihan makeup yang tepat juga sangat penting. Salah satunya adalah bedak yang berfungsi mengurangi tampilan minyak di wajah.


Selain menggunakan skincare dan makeup, kulit berminyak dapat dikontrol dan diminimalkan dengan membersihkan wajah dengan baik. Gunakan juga produk yang sesuai agar pori-pori tidak makin aktif mengeluarkan minyak, terutama sebelum dan setelah menggunakan makeup.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bedak untuk kulit berminyak

Memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak sangatlah penting. Yuk, simak cara memilih bedak untuk kulit berminyak di bawah ini!

① Tentukan berdasarkan jenisnya

Secara umum jenis bedak ada dua, yaitu bedak tabur dan bedak padat. Manakah di antara bedak tersebut yang cocok untuk kulit berminyak? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Bedak tabur, lebih disarankan karena mampu menyerap minyak berlebih

Bedak tabur, lebih disarankan karena mampu menyerap minyak berlebih

Bedak tabur atau loose powder memiliki tekstur bubuk yang halus. Biasanya bedak ini diaplikasikan menggunakan kuas atau puff. Bedak tabur memiliki tekstur lembut dan memberikan tampilan yang natural saat diaplikasikan di wajah.


Pemilik kulit berminyak lebih disarankan menggunakan bedak tabur karena mampu mengontrol dan menyerap minyak berlebih. Kandungan mineralnya yang baik untuk kulit serta teksturnya yang ringan tidak akan membuat pori-pori tersumbat.


Dengan demikian, penggunaan bedak tabur lebih bisa meminimalkan timbulnya jerawat dan komedo. Namun, pastikan Anda memilih bedak tabur yang sesuai dengan kondisi wajah agar tampilan complexion makin bagus tanpa kilap.

Bedak padat, aman jika memiliki formula oil control atau oil free

Bedak padat, aman jika memiliki formula oil control atau oil free

Bedak padat atau compact powder memiliki tekstur padat. Berbeda dengan bedak tabur yang ringan dan terkesan natural, bedak ini terasa lebih berat di kulit. Hal ini karena bedak padat biasanya memiliki kandungan minyak di dalamnya. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Meski demikian, bedak padat memiliki tingkat coverage yang lebih tinggi.


Jenis bedak ini sebenarnya tidak disarankan untuk kulit berminyak. Namun, jika tetap ingin menggunakan bedak padat, kami sarankan memilih yang berformula oil control atau oil free. Dengan demikian, produksi minyak berlebih dapat diminimalkan. Label oil control dan oil free biasanya tertera di kemasan. Untuk itu, jangan lupa mengeceknya terlebih dahulu, ya!


Dengan bedak padat yang cocok untuk kulit berminyak, tampilan wajah akan makin bagus tanpa kilap. Selain itu, formulanya juga lebih aman untuk kulit dan pori-pori karena memang ditujukan untuk kulit berminyak.

② Pilih yang kandungannya mampu mencegah dan mengatasi jerawat

Pemilik kulit berminyak cenderung mengalami masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Untuk itu, penting memilih bedak yang kandungannya mampu mencegah dan mengatasi masalah tersebut.

Salicylic acid: Mengeksfoliasi sel kulit mati penyumbat pori

Salicylic acid: Mengeksfoliasi sel kulit mati penyumbat pori

Salicylic acid merupakan kandungan andalan yang biasanya terdapat pada bedak untuk kulit berjerawat. Bahan aktif ini diklaim mampu mengeksfoliasi sel kulit mati penyumbat pori. Kandungan ini juga bersifat bakteriostatik yang dikenal menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.


Selain itu, salicylic acid juga mampu mengurangi rasa gatal dan kemerahan. Jika Anda memiliki kulit berminyak yang rentan berjerawat, carilah bedak dengan kandungan salicylic acid di dalamnya.

Sulfur: Antiseptic yang membunuh bakteri penyebab jerawat

Sulfur: Antiseptic yang membunuh bakteri penyebab jerawat

Sulfur atau belerang juga terdapat dalam produk perawatan wajah dan kecantikan untuk kulit berjerawat. Mineral alami berbau menyengat ini diklaim ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat karena memiliki antibacterial effect. Sulfur juga dikenal mampu mengurangi penumpukan minyak berlebih yang menyumbat pori.


Sebagai obat penghilang jerawat, sulfur dianggap lebih aman dibandingkan benzoil peroksida. Pasalnya, sifat sulfur lebih ringan, tidak menimbulkan reaksi alergi, dan minim menimbulkan iritasi. Tak hanya itu, sulfur juga berguna untuk mengurangi hiperpigmentasi supaya wajah jadi lebih cerah.

Bahan alami seperti tea tree dan witch hazel: Menenangkan jerawat meradang

Bahan alami seperti tea tree dan witch hazel: Menenangkan jerawat meradang

Untuk mencegah dan mengatasi jerawat pada kulit berminyak, Anda juga bisa memilih bedak dengan ekstrak tumbuhan alami. Contoh bedak tersebut adalah yang mengandung tea tree oil dan witch hazelTea tree oil bersifat antibakteri yang dapat mengatasi jerawat dengan lembut.


Minyak alami dari tea tree juga bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit wajah berjerawat. Sementara itu, witch hazel memiliki manfaat mengontrol minyak berlebih. Witch hazel juga efektif dalam mengecilkan pori, mengurangi iritasi, ruam, dan rasa gatal.

③ Carilah bedak yang memiliki formula ringan dan noncomedogenic

Carilah bedak yang memiliki formula ringan dan noncomedogenic

Kulit berminyak cenderung mudah berkomedo dan berjerawat saat pori-pori tersumbat. Untuk itu, Anda harus mencari bedak yang memiliki formula dan tekstur yang ringan saat diaplikasikan ke wajah. Hal ini agar kulit wajah tetap bisa bernapas. Carilah juga bedak yang memiliki formula noncomedogenic. 


Kandungan bahan di dalamnya tidak akan menyumbat pori-pori wajah Anda. Dengan demikian, Anda bisa meminimalkan munculnya komedo dan jerawat.

④ Pertimbangkan bedak yang memiliki tampilan matte

Pertimbangkan bedak yang memiliki tampilan matte

Jangan pernah mencoba bedak dengan efek glowing untuk kulit berminyak. Sebaliknya, Anda justru kami sarankan memilih bedak dengan hasil akhir matte. Kesan matte finish yang natural akan sangat membantu menyamarkan kilap minyak di wajah Anda. Di samping itu, bedak dengan matte finish juga membuat wajah berminyak terlihat lebih fresh.

10 Rekomendasi bedak terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bedak terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Cut Auzola.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Make Over

Silky Smooth Translucent Powder

Make Over Silky Smooth Translucent Powder 1枚目

Hasil akhir halus dan natural, shades-nya pun banyak

2

Focallure

Invisible Finish Loose Setting Powder

Focallure Invisible Finish Loose Setting Powder 1枚目

Formula micro powder untuk riasan wajah cantik alami dan bebas kusam

3

Pinkflash

OhMySelf Oil Controller Translucent Loose Powder

Pinkflash OhMySelf Oil Controller Translucent Loose Powder 1枚目

Mengatasi oily face dengan cepat, coverage-nya pun oke

4

Kimia Farma

Marcks' Active

Kimia Farma Marcks' Active 1枚目

Bedak praktis untuk kulit sensitif

5

Innisfree

No-Sebum Mineral Powder

Innisfree No-Sebum Mineral Powder 1枚目

Kombinasi mineral alami dengan ekstrak mint menjadikan kulit wajah lebih sehat

6

Wardah

Acnederm Face Powder

Wardah Acnederm Face Powder 1枚目

Mengatasi masalah komedo dan tampilkan wajah bebas kilap sepanjang hari

7

Fanbo

Acne Solution Loose Powder

Fanbo Acne Solution Loose Powder 1枚目

Lembut di kulit dan tidak menyumbat pori-pori

8

Rohto

Acnes Compact Powder

Rohto Acnes Compact Powder 1枚目

Merawat kulit berjerawat, dilengkapi sunscreen agent

9

L'Oreal Paris

Infallible Pro-Matte Powder

L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte Powder 1枚目

Hasilkan riasan matte tahan lama hingga 16 jam

10

Pigeon

Compact Powder

Pigeon Compact Powder  1枚目

Formula ringan dan aman untuk kulit remaja

Perincian produk
Close
No.1

Make OverSilky Smooth Translucent Powder

Mulai dari Rp139.000,00

Hasil akhir halus dan natural, shades-nya pun banyak

Kelebihan:

  • Tekstur ringan dengan hasil yang smooth
  • Tidak cakey saat diaplikasikan di atas foundation

Kekurangan:

  • Kurang long lasting sehingga harus sering retouch

Ingin mendapatkan hasil riasan yang halus dan matte natural di wajah berminyak? Anda bisa mencoba produk Make Over satu ini. Loose powder ini memberikan hasil riasan yang smooth di wajah. Teksturnya yang powdery mampu menjaga kulit Anda yang berminyak tetap matte.


Loose powder ini memiliki oil control yang menyerap minyak berlebih di wajah. Selain itu, high performance particle powder-nya tidak akan menyumbat pori meski bisa menahan sebum hingga level maksimal. Produk ini tersedia dalam tujuh varian yang bisa dipilih sesuai dengan tone kulit Anda.

No.2

FocallureInvisible Finish Loose Setting Powder

Mulai dari Rp89.000,00

Formula micro powder untuk riasan wajah cantik alami dan bebas kusam

Kelebihan:

  • Memberi tampilan wajah flawless dan natural

Kekurangan:

  • Agak susah di-blend dan menggumpal bagi beberapa jenis kulit menurut review

Tidak kalah hits, loose powder dari Focallure ini juga banyak diminati para beauty enthusiast. Bedak yang tersedia dalam tiga pilihan warna ini memiliki formula micro powder yang sangat ringan. Selain itu, bedak ini juga dapat memberikan tampilan riasan cantik alami dan kulit bebas kusam. Anda penggemar makeup minimalis dan natural wajib mencobanya.


Tidak hanya itu, bedak ini diklaim mampu menyerap minyak berlebih sehingga wajah bebas kilap seharian. Anda juga bisa menggunakan bedak ini untuk menyiasati penampakan pori-pori besar dan kerutan halus, lho.

No.3

PinkflashOhMySelf Oil Controller Translucent Loose Powder

Mulai dari Rp113.688,00

Mengatasi oily face dengan cepat, coverage-nya pun oke

Kelebihan:

  • Memberi efek shimmering di wajah
  • Tidak cakey saat diaplikasikan di atas foundation

Kekurangan:

  • Dapat menempel di masker
  • Puff berukuran kecil sehingga butuh waktu lebih lama saat menyapukan bedak ke seluruh wajah

Loose powder satu ini cukup booming di kalangan beauty enthusiast. Bentuknya yang mini berwarna pink sangat menarik perhatian. Bedak ini memiliki oil control formula yang diklaim mampu mengontrol minyak hanya dalam 1 detik. Jika Anda mencari bedak tabur dengan tingkat coverage yang tinggi, produk ini jawabannya. 


Bedak ini dapat menyembunyikan pori-pori, bahkan menutupi bekas jerawat dan bintik hitam. Selain itu, formulanya yang selembut sutra terasa ringan saat diaplikasikan di wajah. Namun, loose powder ini mengandung mica dan paraben. Karena itu, lakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui risiko iritasi jika Anda memiliki kulit berminyak yang cenderung sensitif.

No.4

Kimia FarmaMarcks' Active

Mulai dari Rp31.100,00

Bedak praktis untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Memberikan hasil natural 
  • Dapat menahan produksi minyak
  • Bisa dipakai saat sedang berjerawat

Kekurangan:

  • Bagi beberapa pengguna, bedak dirasa kurang tahan lama dan pori-pori wajah masih terlihat

Meskipun tergolong bedak jadul, kualitas bedak ini tidak perlu diragukan. Jika Anda mencari bedak untuk merawat semua jenis kulit, produk ini bisa menjadi andalan. Bedak ini juga sangat kami rekomendasikan untuk pemilik kulit berminyak yang berjerawat dan sensitif.


Selain formulanya ringan, bedak ini memiliki kandungan salicylic acid yang ampuh mengatasi jerawat. Sementara itu, oil control formulanya mampu menyerap sebum berlebih. Hadir dengan kemasan mini yang travel-friendly, Marcks' Active ini sangat praktis dibawa saat bepergian.

No.5

Kombinasi mineral alami dengan ekstrak mint menjadikan kulit wajah lebih sehat

Kelebihan:

  • Dapat menahan minyak lebih lama sekalipun aktivitas cukup banyak
  • Tidak menempel di masker
  • Bentuk mini sehingga mudah dibawa untuk retouch

Kekurangan:

  • Terdapat sensasi dingin di wajah yang bagi beberapa jenis kulit akan terasa perih di area sekitar mata

Belum afdal rasanya jika tidak memasukkan Innisfree No-sebum Mineral Powder dalam rekomendasi bedak untuk kulit berminyak. Mineral powder ini dibuat dengan formula double oil control yang mampu membuat wajah bebas minyak sepanjang hari. Komposisi mineral alami yang dikombinasikan dengan ekstrak mint menjadikan kulit wajah lebih sehat.


Dari segi tekstur, loose powder ini sangat lembut dan ringan saat diaplikasikan. Meski demikian, bedak ini mampu menahan minyak dengan baik sekaligus menyamarkan pori. Jika Anda mencari bedak oil control yang baik dengan kandungan nutrisi untuk kulit, produk ini bisa diandalkan.

No.6

Mengatasi masalah komedo dan tampilkan wajah bebas kilap sepanjang hari

Kelebihan:

  • Bedak jenis translucent yang cocok untuk tone kulit apa pun
  • Terdapat sensasi dingin saat diaplikasikan ke wajah

Kekurangan:

  • Kurang dapat memberikan natural finish untuk warna kulit sawo matang

Wardah Acnederm Face Powder adalah bedak tabur dengan formula oil-free. Bedak ini mampu menahan produksi minyak di wajah sehingga wajah Anda terlihat bebas kilap sepanjang hari. 


Di dalamnya juga terdapat kandungan salicylic acid yang bekerja untuk mengurangi jerawat sekaligus mengatasi komedo. Bedak tabur dengan microfine particle ini bisa menjadi pilihan bila Anda ingin mengontrol produksi sebum sekaligus mengatasi komedo.

No.7

Lembut di kulit dan tidak menyumbat pori-pori

Kelebihan:

  • Memberikan hasil akhir natural dan smooth
  • Bisa menyatu dengan warna kulit

Kekurangan:

  • Finishing sangat matte sehingga membuat wajah beberapa pengguna terasa kering

Bedak ini memiliki kandungan alami tea tree oil untuk mempercepat pengeringan jerawat. Selain itu, formula noncomedogenic di dalamnya membuat bedak tidak menyumbat pori-pori. Dengan begitu, jerawat tidak mudah muncul di wajah Anda. Jika Anda mencari loose powder untuk mencegah dan mengatasi jerawat sekaligus menyamarkan bekasnya, Anda bisa mencoba produk ini.

No.8

RohtoAcnes Compact Powder

Mulai dari Rp40.000,00

Merawat kulit berjerawat, dilengkapi sunscreen agent

Kelebihan:

  • Dapat mengontrol minyak pada wajah
  • Memberikan sheer coverage sehingga lebih cocok untuk riasan alami sehari-hari

Kekurangan:

  • Wangi sulfur yang kuat sehingga mungkin dapat mengganggu 
  • Spons yang sudah dipakai susah dimasukkan ke dalam wadah
  • Bedak terasa kasar sehingga tidak nyaman diaplikasikan pada kulit yang sedang berjerawat parah

Jika Anda memiliki kulit berminyak dengan masalah jerawat yang cukup serius, bedak ini bisa menjadi pilihan tepat. Meskipun termasuk jenis bedak padat, Acnes memiliki formula ringan dan mampu menyerap minyak berlebih.


Compact powder ini dilengkapi kandungan sulfur yang berfungsi mengangkat sel kulit mati. Terdapat juga triclosan untuk membunuh bakteri dan bisabolol untuk meredakan kemerahan. Menariknya lagi, bedak ini juga memiliki sunscreen agent untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

No.9

L'Oreal ParisInfallible Pro-Matte Powder

Mulai dari Rp215.100,00

Hasilkan riasan matte tahan lama hingga 16 jam

Kelebihan:

  • Membuat riasan wajah terlihat flawless
  • Dapat mencegah foundation mudah teroksidasi

Kekurangan:

  • Packaging cukup rentan patah menurut pengguna

Jika Anda mencari compact powder untuk kulit berminyak yang praktis dibawa bepergian, produk dari L'Oreal Paris ini kami rekomendasikan. Produk ini dilengkapi dengan cermin dan spons lembut yang akan mempermudah Anda mengaplikasikannya ke wajah.


Meski memiliki tekstur yang ringan untuk ukuran compact powder, bedak ini memiliki tingkat coverage yang tinggi. Dengan hasil matte yang tahan hingga 16 jam, bedak ini tidak akan luntur meski Anda sibuk beraktivitas seharian. Bedak ini tersedia dalam enam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan tone kulit.

No.10

Formula ringan dan aman untuk kulit remaja

Kelebihan:

  • Hasil riasan lebih smooth dan natural
  • Dapat menahan minyak berlebih dan tidak menimbulkan jerawat
  • Spons lembut dan tidak mudah robek

Kekurangan:

  • Masih mengandung pewangi, pemilik kulit sensitif disarankan patch test terlebih dahulu

Bedak padat ini diformulasikan secara hypoallergenic sehingga ringan dan aman digunakan oleh remaja. Hal ini terutama untuk kulit anak remaja yang mudah berminyak dan rentan berjerawat. 


Kandungan squalane dan ekstrak jojoba akan menjaga kelembapan kulit, lalu ekstrak chamomile-nya dapat mencegah kulit dari iritasi. Bila Anda memiliki putri berusia 10–20 tahun, berikan saja bedak ini untuk mengajarinya cara merawat dan merias wajah.

Tips mengaplikasikan bedak di kulit berminyak

Mengaplikasikan bedak di kulit berminyak memang lumayan tricky. Kondisi kulit berminyak membuat bedak cepat luntur. Simak tips di bawah ini agar bedak bisa lebih tahan lama.

Gunakan primer terlebih dahulu

Gunakan primer terlebih dahulu

Selalu gunakan primer terlebih dahulu sebelum Anda memulaskan bedak di wajah. Pada wajah berminyak, primer dapat mengendalikan produksi minyak sekaligus membuat hasil akhir makeup menjadi matte.


Aplikasikan primer di area wajah, terutama area T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu sebelum menggunakan bedak. Dengan begitu, hasil makeup Anda akan jauh lebih flawless dan tahan lama. Akan tetapi, pastikan Anda memakai primer yang ditujukan untuk kulit berminyak agar hasilnya maksimal.

Aplikasikan secukupnya dengan kuas atau spons makeup

Aplikasikan secukupnya dengan kuas atau spons makeup

Saat menggunakan bedak, terutama bedak tabur, selalu gunakan kuas atau spons khusus makeup. Pastikan Anda mengaplikasikan bedak secukupnya, jangan terlalu tebal atau berlebihan. Jika perlu, Anda cukup mengaplikasikan bedak di area yang produksi minyaknya banyak.


Menggunakan bedak yang berlebihan membuat tampilan wajah terlihat cakey. Selain itu, hal itu juga akan memaksa pori-pori mengeluarkan lebih banyak minyak ke permukaan wajah.

Lakukan touch up dengan benar

Lakukan touch up dengan benar

Saat ingin touch up, Anda bisa mengandalkan bedak untuk membuat wajah kembali segar. Sebelum mengaplikasikan bedak, bersihkan dahulu minyak di wajah menggunakan tisu. Tepuk-tepuk tisu perlahan untuk menyerap minyak berlebih di wajah, lalu aplikasikan bedak dengan lembut ke permukaan wajah.


Anda tidak disarankan langsung menggunakan bedak di atas permukaan wajah yang berminyak. Jika Anda langsung menimpa wajah berminyak dengan bedak, hal tersebut akan memicu munculnya komedo dan jerawat.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk kulit berminyak di sini

Kami telah mengulas produk bedak terbaik untuk kulit berminyak. Jika Anda tertarik untuk mencari produk kecantikan dan perawatan wajah khusus kulit berminyak lainnya, Anda bisa klik tautan di bawah ini. Ada banyak artikel menarik tentang produk yang mungkin Anda butuhkan. Selamat membaca!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah selesai membaca artikel ini? Memilih produk bedak untuk kulit berminyak memang cukup rumit, bukan?


Sebelum membeli, pastikan Anda memahami terlebih dahulu jenis bedak yang disarankan untuk kulit berminyak serta kandungan formulanya. Kami berharap artikel ini bisa Anda jadikan rujukan saat ingin mencari produk bedak untuk kulit berminyak. Semoga Anda menemukan bedak yang sesuai. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Bedak untuk Kulit Berminyak terbaik

No. 1Make OverSilky Smooth Translucent Powder

No. 2FocallureInvisible Finish Loose Setting Powder

No. 3PinkflashOhMySelf Oil Controller Translucent Loose Powder

No. 4Kimia FarmaMarcks' Active

No. 5InnisfreeNo-Sebum Mineral Powder

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer