• 10 Rekomendasi Philips LED Downlight Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Philips LED Downlight Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Philips LED Downlight Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Philips LED Downlight Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Philips LED Downlight Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Philips LED Downlight Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dewasa ini, rumah-rumah bergaya modern banyak menggunakan lampu downlight sebagai sumber pencahayaan yang estetik. Apabila Anda menginginkan lampu yang estetik sekaligus hemat energi, jatuhkan pilihan pada LED downlight. Nah, salah satu merek lampu LED downlight yang bagus adalah Philips.


Di pasaran, terdapat tujuh seri Philips LED downlight, seperti smart downlight, slim downlight, dan lainnya. Untuk membantu Anda, berikut ini telah kami himpun tips memilih Philips LED downligth sesuai kebutuhan. Kami juga menyertakan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat memilih!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Lampu downlight, solusi tepat untuk rumah minimalis

Downlight merupakan lampu yang dipasang secara tersembunyi di dalam plafon atau langit-langit. Pada awal kemunculannya di Indonesia, lampu downlight biasanya digunakan di pusat perbelanjaan, hotel, kantor, ataupun restoran. Kini lampu downlight kian popular digunakan untuk mempermanis interior rumah tinggal berkonsep modern minimalis. 

Apa kelebihan lampu downlight?

Apa kelebihan lampu downlight?

Bentuk lampu downlight yang tidak mencolok menjadikannya tidak membutuhkan ruang lebih sehingga aman digunakan pada rumah tipe minimalis. Downlight pertama yang muncul adalah tipe halogen downlight. Namun, kini telah tersedia LED downlight yang lebih hemat energi dan intensitas pencahayaannya tinggi. 


Beberapa kelebihan dari lampu downlight, antara lain: 


  • Pencahayaannya menjadi lebih fokus. Hal ini terutama untuk jenis lampu downlight yang dapat diatur pusat sorotannya. 
  • Menghasilkan pancaran cahaya yang lebih terang dan plafon terlihat lebih lapang. Alasannya karena cahaya dari lampu downlight tidak terpusat pada satu titik, tetapi menyebar ke penjuru ruangan. Oleh sebab itu, intensitas pencahayaan di berbagai sudut ruangan menjadi sama. 
  • Warna yang dihasilkan cenderung terlihat alami sehingga cocok untuk rumah modern minimalis. 
  • Memiliki desain yang unik, menarik, dan estetik. 

Mengenal jenis lampu downlight secara umum

Mengenal jenis lampu downlight secara umum

Ada beberapa tipe lampu downlight yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Beberapa yang sering ditemukan adalah seperti berikut ini.


  • Downlight inbow: Sebagian besar rumah bertipe modern minimalis atau rumah sakit menggunakan lampu downlight inbow ini. Sesuai namanya, lampu downlight inbow dipasang di dalam plafon atau langit-langit rumah.


  • Downlight outbow: Tipe lampu downlight yang satu ini memiliki cara pemasangan yang lebih mudah dibandingkan jenis lampu downlight lainnya. Anda tidak harus membuat lubang pada plafon, tetapi cukup memasangnya menggunakan sekrup pada langit-langit. Biasanya, jenis lampu downlight ini digunakan pada area luar atau outdoor.

  • Downlight slim: Sesuai namanya, lampu downlight slim memiliki ukuran yang relatif tipis. Pada proses pemasangannya, Anda harus membuat lubang pada bagian plafon. Namun, Anda harus mengganti satu set penuh bila terjadi kerusakan. Tipe lampu downlight ini mungkin sering Anda jumpai di pusat perbelanjaan atau mal.

  • Downlight spot: Apabila Anda pernah mengunjungi galeri lukisan atau galeri sejenis, Anda mungkin pernah melihat lampu downlight spot ini. Fungsinya adalah untuk menyorot satu jenis objek saja. Lampu ini juga sering digunakan untuk memberi pencahayaan pada kolam ikan, kolam renang, atau objek lain yang ingin ditonjolkan. 

Tabel perbandingan produk Philips LED downlight terbaik

Gambar produk
1
Philips Essential SmartBright LED Downlight G2 1

Philips

2
Philips  Meson Functional Downlight 1

Philips

3
Philips Meson Functional Downlight 1

Philips

4
Philips Pomeron Recessed Spot Light  1

Philips

5
Philips Essential SmartBright G2 (Surface Mounted) 1

Philips

6
Philips  Smart LED Downlight 1

Philips

7
Philips Essential SmartBright LED Downlight G2 1

Philips

8
Philips  Functional Recessed Spot Light   1

Philips

9
Philips GreenSpace G5 1

Philips

10
Philips GreenSpace Surface-mounted 1

Philips

Nama produk

Essential SmartBright LED Downlight G2

Meson Functional Downlight

Meson Functional Downlight

Pomeron Recessed Spot Light

Essential SmartBright G2 (Surface Mounted)

Smart LED Downlight

Essential SmartBright LED Downlight G2

Functional Recessed Spot Light

GreenSpace G5

GreenSpace Surface-mounted

Keunggulan

Produk berkualitas yang fleksibel dipasang di mana saja

Lampu LED downlight dengan teknologi terbaru yang membuat mata nyaman

Square LED downlight yang andal untuk membuat ruangan terkesan lapang

Memiliki rotasi dua sumbu yang memudahkan Anda mengatur arah sorotan lampu

Bagian dalam lampu bebas dari debu dan serangga yang masuk!

Dapat disambungkan dengan Wi-Fi, kontrol lampu menjadi lebih praktis

Jadikan lampu ini sebagai lampu utama kamar Anda

Desain ultra-slim yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas

Desain kompak dengan efisiensi optik tinggi

Lebih hemat energi, desainnya menyatu dengan lingkungan

Harga mulai dariRp 68.800,00Rp 120.500,00Rp 117.200,00Rp 100.344,00Rp 121.950,00Rp 225.000,00Rp 138.500,00Rp 135.400,00Rp 374.500,00Rp 669.900,00
Lumen1.200 lm650 lm1280 lmTidak ada keterangan1.200 lm 1.200 lm600 lm1.300 lm570 lm1.000 lm
Color temperature3.000 K, 4.500 K, dan 6.500 K6.500 K6.500 K2.700 K dan 4.000 K3.000 K, 4.000 K, dan 6.500 K2.700–6.500 K3.000 K dan 6.500 K3.000 K 3.000 K3.000 K
Daya14 watt9 watt17 watt7 watt15 watt17 watt7 watt18, 20 watt5,5 watt10 watt
Masa hidupTidak ada keterangan15.000 jam15.000 jam15.000 jam20.000 jam 15.000 jam20.000 jam 15.000 jam20.000 jam, 40.000 jam, atau 50.000 jam20.000 jam, 40.000 jam, atau 50.000 jam
Tautan produk

Cara memilih Philips LED downlight

Setelah memahami keunggulan lampu downlight, kini saatnya kami memberikan tips memilih lampu Philips LED downlight. Untuk selengkapnya, simak ulasan kami berikut ini. 

Temukan Philips LED downlight berdasarkan serinya

Lampu Philips LED downlight memiliki beberapa seri dengan fungsi dan keunggulan masing-masing. Meskipun demikian, tidak semua seri bisa Anda dapatkan melalui pembelian secara online. Untuk itu, kami akan merangkum beberapa seri yang bisa Anda dapatkan secara online.

Greenup Slim Downlight: Supertipis, untuk rumah minimalis dengan plafon pendek

Seri LED downlight yang satu ini memiliki delapan jenis produk yang bisa Anda pilih. Sesuai namanya, Greenup Slim Downlight memiliki ukuran supertipis yang dapat dipasang pada kondisi ruangan dengan ketinggian terbatas. Desainnya yang simpel akan cocok digunakan dengan berbagai jenis interior. 

Essential SmartBright LED Downlight G2: Cara pemasangan mudah, konsumsi daya listrik rendah

Apabila Anda menginginkan lampu LED downlight yang telah memenuhi standar nasional dan internasional, seri inilah jawabannya. Salah satu keunggulannya, konsumsi daya listrik LED downlight ini relatif lebih rendah dibandingkan jenis LED downlight lainnya. Cara memasangnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membuat lubang pada plafon rumah sesuai ukuran lampu

Smart LED Downlight: Terkoneksi Wi-Fi, kontrol menjadi lebih praktis

Berbeda dari seri lampu LED downlight lainnya, seri ini dibekali dengan teknologi canggih yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai namanya, Anda dapat menyambungkan LED downlight ini dengan Wi-Fi atau routers. Dengan demikian, Anda dapat mengatur lampu ini dengan satu sentuhan dari layar smartphone Anda

Functional Downlight: Sorot lamput tidak menyilaukan, nyaman dipasang di dalam rumah

Meski lampu LED lebih hemat energi, cahaya yang dipancarkannya saat menyala sangatlah terang. Namun, Anda bisa lebih nyaman bila memilih Functional Downlight ini. Ada dua tipe cahaya yang nyaman bagi mata, yakni Philips LED downlight meson dan putih. Menariknya, pancaran cahaya dari lampu downlight ini bisa menghilangkan potensi berbahaya dari radiasi sinar ultraviolet.  

Pilih berdasarkan intensitas cahaya yang dipancarkan

Pilih berdasarkan intensitas cahaya yang dipancarkan

Salah satu hal penting yang jarang diperhatikan saat seseorang memilih lampu adalah tingkat lumen dan lux-nya. Lumen (lm) merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan tingkat kecerahan dari pancaran lampu saat diarahkan pada sudut tertentu. Makin tinggi ukuran lumen, makin cerah cahaya yang dihasilkan


Selain lumen, perhatikan juga ukuran lux pada lampu. Lux adalah satuan yang mewakili standar pencahayaan ruang berdasarkan tingkat pancaran cahaya yang dibutuhkan. Sebagai panduan, berikut ini adalah standar yang diperlukan untuk tiap-tiap ruangan.


  • Untuk teras dan garasi, pancaran cahaya yang dibutuhkan kira-kira sebesar 60 lux.
  • Untuk ruang tamu, ruang makan, ruang kerja, dan kamar tidur, pancaran cahaya yang dibutuhkan adalah kira-kira 120–150 lux.
  • Untuk kamar mandi dan dapur, pancaran cahaya yang diperlukan kira-kira sebesar 250 lux

Tentukan suhu warna lampu untuk nuansa yang tepat

Tentukan suhu warna lampu untuk nuansa yang tepat

Hal lain yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah pemilihan suhu warna lampu. Color temperature atau suhu warna pada lampu merupakan keterangan yang merujuk pada tampilan warna yang dipancarkan. Suhu warna ini biasanya ditandai dengan satuan kelvin dengan ukuran antara 1.000–10.000 K.


Tiap-tiap warna lampu mendukung suasana tertentu. Untuk menjawab kebutuhan customer, Philips juga menyediakan beberapa pilihan suhu warna, yaitu: 


  • Warm white: Secara visual, suhu warna ini memiliki tampilan putih kekuningan. Suhu warna ini memancarkan warna seperti warna matahari. Oleh sebab itu, warm white dapat meningkatkan semangat untuk beraktivitas dan berkreativitas seperti di dapur. 

  • Neutral whiteNeutral white LED adalah lampu yang memiliki nilai antara 4.000–5.000 K. Suhu warna ini memberikan nuansa hidup yang jernih. Biasanya, lampu dengan warna neutral white ini digunakan di perkantoran atau ruangan untuk beraktivitas di rumah.

  • Cool daylight: Warna lampu cool daylight merupakan warna yang pas untuk menciptakan suasana siang hari yang alami. Nilai ukurnya adalah 5.000–7.000 K. Warna ini biasanya digunakan di berbagai ruangan di dalam rumah. 

Ketahui jarak pemasangan lampu downlight yang ideal

Ketahui jarak pemasangan lampu downlight yang ideal

Pada dasarnya, setiap ruang memiliki kebutuhan pencahayaan yang berbeda. Apabila Anda ingin mendapatkan intensitas pancaran cahaya yang tepat, perhatikan pula jarak ideal yang dibutuhkan. Sebagai panduan, jarak ideal antara satu lampu downlight dengan lampu lainnya adalah satu meter. Meski begitu, jarak ini akan efektif apabila tinggi plafon tidak lebih dari tiga meter. 


Apabila ketinggian plafon lebih dari tiga meter, berikan jarak 1,5 m untuk setiap lampu. Dengan jarak ini, pancaran cahaya yang dikeluarkan oleh lampu akan membuat ruangan terasa lebih nyaman. Untuk lampu yang tidak hanya berfungsi sebagai penerang ruangan, berikut ini adalah cara pemasangan idealnya.


  • Menyorot objek tertentu. Untuk tujuan ini, Anda dapat meletakkan lampu downlight pada bagian atas objek. Dengan demikian, cahaya dapat lebih fokus pada objek tersebut. 

  • Menonjolkan kesan modern. Untuk menonjolkan kesan modern suatu ruangan, Anda dapat memilih Philips LED downlight yang berbentuk persegi. Hal ini terutama untuk desain ruangan yang menonjolkan garis dan interior berwarna putih atau abu-abu. 

  • Menonjolkan kesan mewah pada ruang makan keluarga. Untuk tujuan ini, sebaiknya Anda memasang lampu downlight pada bagian sisi kanan dan kiri ruangan. Dengan begitu, meja makan pada bagian tengah dapat tersorot dengan baik. 

10 Rekomendasi Philips LED downlight terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu Philips LED downlight terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Lumen1.000 lm
Color temperature3.000 K
Daya10 watt
Masa hidup20.000 jam, 40.000 jam, atau 50.000 jam
9

PhilipsGreenSpace G5

DN390B – 911401577741

Mulai dari Rp 374.500,00

Lumen570 lm
Color temperature3.000 K
Daya5,5 watt
Masa hidup20.000 jam, 40.000 jam, atau 50.000 jam
8

Philips Functional Recessed Spot Light

DL252 - 8718699670610

Mulai dari Rp 135.400,00

Lumen1.300 lm
Color temperature3.000 K
Daya18, 20 watt
Masa hidup15.000 jam
7

PhilipsEssential SmartBright LED Downlight G2

DN027B – 911401810897

Mulai dari Rp 138.500,00

Lumen600 lm
Color temperature3.000 K dan 6.500 K
Daya7 watt
Masa hidup20.000 jam
6

Philips Smart LED Downlight

Wi-Fi TW/17W – 8718696466025

Mulai dari Rp 225.000,00

Lumen 1.200 lm
Color temperature2.700–6.500 K
Daya17 watt
Masa hidup 15.000 jam
5

PhilipsEssential SmartBright G2 (Surface Mounted)

DN027C

Mulai dari Rp 121.950,00

Lumen1.200 lm
Color temperature3.000 K, 4.000 K, dan 6.500 K
Daya15 watt
Masa hidup20.000 jam
4

PhilipsPomeron Recessed Spot Light

59776

Mulai dari Rp 100.344,00

LumenTidak ada keterangan
Color temperature2.700 K dan 4.000 K
Daya7 watt
Masa hidup15.000 jam
3

PhilipsMeson Functional Downlight

59467

Mulai dari Rp 117.200,00

Lumen1280 lm
Color temperature6.500 K
Daya17 watt
Masa hidup15.000 jam
2

Philips Meson Functional Downlight

59449 - 8718696173213

Mulai dari Rp 120.500,00

Lumen650 lm
Color temperature6.500 K
Daya9 watt
Masa hidup15.000 jam
1

PhilipsEssential SmartBright LED Downlight G2

DN020B – 871869977993100

Mulai dari Rp 68.800,00

Lumen1.200 lm
Color temperature3.000 K, 4.500 K, dan 6.500 K
Daya14 watt
Masa hidupTidak ada keterangan

Baca juga rekomendasi lampu lainnya di sini

Tak hanya lampu downlight, ada jenis lampu lain yang diproduksi oleh Philips. Tak hanya itu, ada juga berbagai macam lampu yang bisa Anda dapatkan untuk melengkapi interior rumah. Apabila Anda tertarik mencari jenis lampu lainnya, silakan baca artikel yang telah kami siapkan di sini. 

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah menemukan lampu Philips LED downlight yang pas untuk hunian Anda? Secara umum, lampu Philips LED downlight memang dirancang untuk melengkapi rumah-rumah bergaya modern. 


Untuk memaksimalkan fungsinya, pasanglah lampu downlight dengan jarak yang ideal. Tak hanya itu, perhatikan pula fungsi yang ingin Anda dapatkan sebelum menentukan lokasi pemasangannya. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan lampu LED downlight yang sesuai. Happy shopping!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Sakelar adalah alat yang digunakan untuk mengatur hidup dan matinya lampu. Meski fungsinya sederhana, jenis sakelar lampu rumah sangatlah banyak. Anda bisa menemukan beragam sakelar lampu rumah, mulai dari yang minimalis hingga yang mewah sekalipun. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi merek sakelar lampu rumah terbaik untuk Anda. Produk sakelar lampu rumah dari merek Broco, Panasonic, atau BARDI mungkin akan Anda sukai. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Jadi, simak tips dari kami dahulu agar Anda bisa lebih mudah menemukan produk yang bagus!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu adalah barang esensial yang diperlukan, khususnya saat malam hari atau keadaan minim cahaya. Lampu membantu menerangi suatu area atau ruangan tertentu. Agar lampu berfungsi maksimal, pilihlah lampu yang jelas kualitasnya. Untuk itu, jatuhkanlah pilihan Anda pada lampu Philips yang sudah terkenal akan kualitasnya.Lampu merek Philips memiliki beragam tipe dan varian. Lalu, jenis lampu Philips mana yang tepat untuk kebutuhan Anda? Untuk menjawabnya, silakan simak ulasan lengkap mengenai lampu Philips di sini. Kami akan memberikan tips memilih lampu Philips yang bagus serta ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Senter merupakan alat penerangan yang dapat digunakan saat malam hari dan keadaan darurat. Salah satu jenis senter yang cukup populer adalah senter LED. Harga senter ini beragam, tergantung pada merek dan fitur yang ditawarkan. Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih lampu senter LED terbaik untuk Anda. Kami juga akan membagikan rekomendasi senter LED yang bagus dan awet, seperti AOKI, Olight, dan Naturehike. Anda bisa menemukan senter LED super terang di dalam rekomendasi kami. Bacalah artikel ini hingga tuntas dan temukan merk senter LED terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencahayaan sebuah ruangan merupakan sesuatu yang vital karena pencahayaan yang baik dapat membuat penghuni ruangan menjadi nyaman. Ada berbagai model lampu yang bisa digunakan untuk mengatur pencahayaan suatu ruangan, salah satunya lampu plafon.Di pasaran, ada berbagai tipe dan merek lampu plafon yang bagus. Jika Anda bingung memilihnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi lampu plafon terbaik dari Philips, BARDI, dan sebagainya. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips memilih lampu plafon untuk Anda. Simak hingga akhir, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fitting lampu adalah salah satu bagian penting dalam instalasi lampu. Anda tidak akan bisa memasang lampu jika tidak ada komponen ini. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tips dan rekomendasi fitting lampu untuk Anda. Ada banyak jenis fitting lampu yang bisa Anda pilih, mulai dari jenis gantung, plafon, hingga fitting lampu colok. Bahkan, ada banyak pilihan merek fitting lampu yang bagus. Kami juga akan memberikan ulasan singkat fitting lampu merek Broco, Panasonic, Starco, dan lainnya. Silakan Anda baca hingga tuntas agar bisa mendapatkan produk fitting lampu terbaik!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu senter adalah alat yang diperlukan ketika melakukan aktivitas atau pekerjaan di tempat gelap. Lampu senter sangat berguna sebagai persiapan menghadapi kondisi darurat, bahkan bencana. Karena itu, alat penerang ini wajib tersedia di setiap rumah.Di pasaran, Anda akan menemui lampu senter LED atau pijar dalam ukuran dan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda. Anda mungkin akan bingung saat memilihnya. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih lampu senter yang bagus. Produk senter terbaik dari merek Krisbow, Olight, dan Luby ada dalam rekomendasi kami. Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Philips merupakan salah satu merek lampu yang sudah memiliki kredibilitas baik di industri tata cahaya. Perusahaan yang berasal dari Belanda ini terus melakukan inovasi untuk menghasilkan lampu terbaiknya. Salah satu seri terbaik yang dikeluarkan oleh Philips adalah Philips Hue.Sampai saat ini, Philips Hue telah memiliki beragam tipe, seperti Muscari, Lightstrip, dan Go. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi Philips Hue terbaik. Selain itu, kami juga memberikan panduan mudah untuk menentukan Philips Hue yang bagus untuk ruangan Anda.
    Lampu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori