• 10 Vitamin C yang Bagus untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Vitamin C yang Bagus untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Vitamin C yang Bagus untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Vitamin C yang Bagus untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Vitamin C yang Bagus untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Vitamin C yang Bagus untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan anak, terutama dalam menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit. Ada berbagai merek vitamin C anak, mulai dari merek IPI yang harganya terjangkau hingga Blackmores yang harganya lumayan tinggi.


Produk vitamin C anak dijual dalam berbagai tipe, di antaranya dalam bentuk tablet hisap atau kunyah, syrup dengan rasa buah, gummy yang kenyal, serta bubuk yang perlu dilarutkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Simak artikel ini sampai selesai jika Anda ingin mengetahui rekomendasi vitamin C yang bagus untuk anak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Pentingnya vitamin C untuk anak

Pentingnya vitamin C untuk anak

Sejak dulu, vitamin C dikenal karena manfaatnya yang mampu melawan penyakit flu. Saat anak terkena flu, salah satu cara yang bisa dilakukan agar cepat sembuh adalah memberinya vitamin C. Namun, lebih dari itu, vitamin C memiliki segudang manfaat bagi kesehatan anak. Salah satu manfaat vitamin C yang paling dikenal adalah menjaga daya tahan tubuh. 


Melansir situs Cleveland Clinic, ahli gastroenterology anak, Kadakkal Radhakhrishnan menjelaskan bahwa vitamin C penting bagi anak karena membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena vitamin C berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga membantu proses penyembuhan luka, mencegah infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi.


Anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Tubuh anak tidak bisa memproduksi vitamin C dengan sendirinya. Untuk itu, Anda perlu memastikan anak mendapatkan asupan vitamin C.


Vitamin C sebenarnya mudah ditemukan dalam buah dan sayur, seperti jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan kol. Namun, jika anak pemilih soal makanan, Anda bisa memberikan produk suplemen vitamin C.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin C untuk anak

Anda sudah mengetahui pentingnya vitamin C untuk anak. Sekarang saatnya menyimak hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli produk vitamin C untuk anak Anda.

Kenali tipe vitamin C yang disukai anak

Produk vitamin C untuk anak tersedia dalam berbagai tipe atau bentuk, yaitu tablet, syrup, gummy, dan bubuk. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Tablet, bisa dihisap atau dikunyah

Vitamin C tipe tablet paling banyak diminati anak-anak. Vitamin C tipe ini biasanya memiliki bentuk yang mungil, karakter yang lucu, dan warna-warna ceria. Tidak hanya itu, vitamin C tipe ini juga memiliki rasa manis seperti permen sehingga anak-anak pun senang mengonsumsinya.


Anak-anak bisa menghisapnya secara perlahan atau langsung mengunyahnya seperti makan permen. Tablet vitamin C tersedia dalam aneka rasa buah, seperti jeruk, stroberi, anggur, dan lainnya. Pilihlah rasa buah kesukaan anak Anda, ya!

Gummy, permen kenyal yang enak dikunyah

Gummy, permen kenyal yang enak dikunyah

Sama halnya dengan vitamin C tipe tablet hisap atau kunyah, tipe vitamin C ini juga memiliki bentuk yang mungil, lucu, dan warna-warna yang menarik. Perbedaannya ada pada teksturnya yang lembut dan kenyal di mulut.


Anak-anak akan sangat tertarik dengan vitamin C tipe ini sehingga tidak menutup kemungkinan mereka ingin mengonsumsi dalam jumlah lebih. Untuk itu, Anda harus memberikan pemahaman bahwa vitamin C tipe gummy adalah suplemen tambahan. Anak-anak tidak boleh mengonsumsinya melebihi dosis yang sudah ditetapkan.

Syrup, langsung telan sehingga mudah diminum

Syrup, langsung telan sehingga mudah diminum

Vitamin C tipe ini berbentuk cair dan kental sehingga memudahkan anak-anak dalam meminumnya. Syrup vitamin C juga tersedia dalam aneka rasa buah yang manis dan segar. Namun, Anda perlu berhati-hati agar vitamin C tipe ini tidak dikonsumsi secara berlebihan atau justru kurang dari takaran. Pastikan Anda menuangkan syrup sesuai sendok takarnya.


Dibandingkan vitamin C tipe tablet dan gummy, tipe syrup lebih mudah diserap oleh tubuh karena bentuknya cair. Setelah ditelan, kandungan vitamin C langsung masuk ke pembuluh darah tanpa melewati proses pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C tipe syrup bisa terserap hingga 98%.

Periksa kandungan nutrisi lain yang ada di dalamnya

Biasanya, produk vitamin C anak dilengkapi dengan nutrisi penunjang, seperti zinc dan kalsium. Periksa dan pastikan kandungan nutrisi lain di dalamnya mampu melengkapi kebutuhan tubuh anak.

Zinc, mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Zinc, mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Zinc adalah salah satu zat gizi mikro yang berguna bagi pertumbuhan anak dan metabolisme tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa ketika asupan zinc pada anak cukup, mereka bisa mencapai berat dan tinggi badan ideal. Tidak hanya itu, zinc juga menunjang proses pembentukan sel dan saraf anak, menyembuhkan luka, mengatasi peradangan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.


Secara alami, zinc dapat ditemukan dalam produk hewani, seperti seafood, daging merah, dan ayam. Zinc juga menjadi salah satu kandungan nutrisi yang ditambahkan ke dalam produk vitamin C anak. Jika Anda mencari suplemen vitamin C yang sekaligus bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak, carilah yang memiliki kandungan zinc.

Kalsium, membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak

Kalsium, membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak

Kalsium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan segala usia, termasuk anak-anak. Anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan kalsium agar tulang dan giginya tumbuh sehat dan kuat.


Healthy Kids Association menyebutkan bahwa tulang merupakan bank kalsium. Jika tidak memiliki cadangan kalsium, tubuh akan menarik kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Hal ini akan membuat tulang mudah rapuh dan meningkatkan risiko osteoporosis.


Produk olahan susu seperti susu murni, yogurt, dan keju merupakan sumber kalsium terbaik untuk anak. Begitu juga dengan kacang-kacangan, seperti kedelai dan almon. Kalsium juga menjadi salah satu nutrisi yang ditambahkan ke dalam suplemen vitamin C anak untuk memperkuat tulang dan gigi.

Sesuaikan dosis vitamin C dengan usia anak

Sesuaikan dosis vitamin C dengan usia anak

Vitamin C pada dasarnya aman dikonsumsi setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit. Meski demikian, dosis vitamin C perlu diperhatikan agar tidak dikonsumsi berlebihan. Dilansir dari Medical News Today, terlalu banyak asupan vitamin C bisa membuat mual, diare, perut kembung, bahkan masalah ginjal.


Berikut ini angka kecukupan gizi (AKG) harian vitamin C untuk anak menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2019:


  • Anak usia 1–3 tahun: 40 mg
  • Anak usia 4–6 tahun: 45 mg
  • Anak usia 7–9 tahun: 45 mg
  • Anak usia 10–12 tahun: 50 mg

Seperti yang tercantum pada informasi AKG, kebutuhan vitamin C anak tidak terlalu tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian vitamin C dosis tinggi (1000 mg) justru sia-sia. Hal ini disebabkan oleh penyerapan vitamin C biasanya akan kurang dari 50%-nya saja. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan dosis vitamin C dengan kebutuhan anak.


Kebutuhan vitamin C setiap anak berbeda tergantung usia dan kondisi kesehatannya. Kebutuhan vitamin C di atas berlaku untuk anak dalam kondisi sehat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika anak memiliki kondisi tertentu. Hal ini untuk mengantisipasi efek yang mungkin timbul.

Pilih jenis vitamin C yang aman untuk lambung dan ginjal anak

Pilih jenis vitamin C yang aman untuk lambung dan ginjal anak

Agar aman dan nyaman di lambung, Anda bisa memilih produk vitamin C yang tidak mengandung asam atau bersifat nonacidic. Jenis vitamin ini cocok bagi anak yang memiliki lambung lemah atau memiliki penyakit asam lambung. Selain itu, kami juga menyarankan untuk memilih produk vitamin C yang memiliki kadar oxalate rendah. Kadar oxalate yang tinggi di dalam tubuh dapat membentuk kristal atau batu di dalam ginjal.

10 Rekomendasi vitamin C yang bagus untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin C untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan tingkat popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria, MND.

10
TipeTablet hisap
Isi30 tablet
Kandungan vitamin C50 mg
Kandungan nutrisi lainTidak disebutkan
Dosis1 tablet hisap per hari
Keterangan lainEfek interaksi dengan salisilat, atropina, amonium klorida, tetrasiklina dan barbiturat meningkatkan ekskresi vitamin C
9
TipeGummy
Isi5 sachet @24 gram
Kandungan vitamin C10%
Kandungan nutrisi lainZinc 40%
DosisAnak usia 1 tahun ke atas 1 sachet per hari
Keterangan lainMengandung gula 13 gr
8

Nature's WayKids Smart Vita Gummies Vitamin C + Zinc

Mulai dari Rp 186.900,00

TipeGummy
Isi60 gummy
Kandungan vitamin C30 mg per gummy (80%)
Kandungan nutrisi lainZinc 2,5 mg per gummy (55%)
DosisAnak usia 2 tahun ke atas 2 gummy per hari
Keterangan lainMengandung sulfites, gluten, dan sugar
7
TipeTablet
Isi45 tablet
Kandungan vitamin CAsorbic acid 50 mg
Kandungan nutrisi lainTidak disebutkan
DosisAnak-anak cukup 1 tablet per hari
Keterangan lainDikonsumsi berlebihan akan meningkatkan risiko batu ginjal
6
TipeTablet
Isi60 tablet
Kandungan vitamin CCalsium ascorbate (nonacidic, pH balance vitamin C) 150 mg per tablet
Kandungan nutrisi lainPhytogreen 100 mg per tablet
Dosis1–2 tablet per hari
Keterangan lainAman untuk lambung
5
TipeTablet
Isi30 tablet
Kandungan vitamin C60 mg per tablet
Kandungan nutrisi lainVitamin A 1000IU, B1 1,4 mg, B2 1,6 mg, B3 9 mg, B6 2 mg, B12 3mg, D3 100IU, E 5 mg, Ca pantotenat 5 mg per tablet
DosisAnak usia 4–12 tahun 3 kali sehari, 1 tablet
Keterangan lainMengandung pemanis buatan aspartam
4

PhaprosBecefort Multivitamin Sirop

Mulai dari Rp 21.000,00

TipeSyrup
Isi60 ml
Kandungan vitamin CAsorbic acid 100 mg tiap sendok takar 5 ml
Kandungan nutrisi lainB1 (thiamine) 10 mg, B2 (riboflavin) 6 mg, B6 (pirydoxine) 10 mg, B12 10 mcg, nicotinamide 50 mg, d-phantotenol 10 mg per 5 ml sendok takar
DosisAnak usia 2–4 tahun 2,5 ml per hari, 5–12 tahun 5 ml per hari
Keterangan lain-
3
TipeSyrup
Isi120 ml
Kandungan vitamin C83,33 mg
Kandungan nutrisi lainVitamin B1 (8,33 mg), vitamin B6 (1,67 mg), vitamin B12 (8,33 mg), riboflavin (4,16 mg), niasinamida (8,33 mg), dl-Pantenol (3,33 mg), vitamin A (1500 SI), vitamin D (100 SI), per 5 ml sendok takar
DosisAnak usia 1–6 tahun, 1 sendok takar (5 ml) per hari 6–12 tahun 2 sendok takar per hari
Keterangan lainMengandung gula dan pemanis buatan sodium sakarin 0,08 %
2
TipeTablet
Isi30 tablet
Kandungan vitamin CEster C 100 mg, vitamin C 89 mg
Kandungan nutrisi lainKalsium 2,5 mg, hesperidin 5 mg per tablet
DosisAnak usia 2 tahun ke atas 1–3 tablet per hari
Keterangan lainAman untuk lambung dan ginjal, menggunakan pemanis alami, tanpa gula dan pengawet
1
TipeTablet
Isi60 tablet
Kandungan vitamin C60 mg per tablet
Kandungan nutrisi lainVitamin A, D3 200 IU, E 7 IU, zinc 2,5 mg
DosisAnak usia 2 tahun ke atas 2 tablet per hari
Keterangan lainTanpa gula dan pemanis buatan

Tabel perbandingan produk vitamin C yang bagus untuk anak

Gambar produk
1
Blackmores Koala Kids Body Shield 1

Blackmores

2
Holisticare  Ester C Kids 1

Holisticare

3
Enervon C Plus Syrup 1

Enervon

4
Phapros Becefort Multivitamin Sirop 1

Phapros

5
Kalbe Sakatonik ABC Antariksa 1

Kalbe

6
Nutrimax C Plus Junior with Phytogreen 1

Nutrimax

7
IPI Vitamin C 1

IPI

8
Nature's Way Kids Smart Vita Gummies Vitamin  C + Zinc 1

Nature's Way

9
SOHO Fitkom Gummy Vit C and Zinc 1

SOHO

10
Vitakids Vitamin C 50 mg 1

Vitakids

Nama produk

Koala Kids Body Shield

Ester C Kids

C Plus Syrup

Becefort Multivitamin Sirop

Sakatonik ABC Antariksa

C Plus Junior with Phytogreen

Vitamin C

Kids Smart Vita Gummies Vitamin C + Zinc

Fitkom Gummy Vit C and Zinc

Vitamin C 50 mg

Keunggulan

Melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral anak, tanpa pemanis buatan

Aman bagi lambung dan ginjal karena vitamin C terserap optimal

Membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhan

Vitamin C syrup rasa jeruk, mencegah anak kekurangan nutrisi

Tablet vitamin C dengan bentuk antariksa yang unik

Nonacidic vitamin C yang aman untuk lambung, dilengkapi phytogreen

Melengkapi kebutuhan vitamin C anak dan seluruh anggota keluarga

Gummy vitamin C dari kelas premium, dilengkapi dengan zinc

Gummy vitamin C dengan kemasan sachet yang praktis

Berperan penting dalam pembentukan substansi antar sel

Harga mulai dariRp 230.000,00Rp 45.000,00Rp 21.600,00Rp 21.000,00Rp 18.500,00Rp 260.000,00Rp 6.000,00Rp 186.900,00Rp 54.200,00Rp 20.200,00
TipeTabletTabletSyrupSyrupTabletTabletTabletGummyGummyTablet hisap
Isi60 tablet30 tablet120 ml60 ml30 tablet60 tablet45 tablet60 gummy5 sachet @24 gram30 tablet
Kandungan vitamin C60 mg per tabletEster C 100 mg, vitamin C 89 mg83,33 mgAsorbic acid 100 mg tiap sendok takar 5 ml60 mg per tabletCalsium ascorbate (nonacidic, pH balance vitamin C) 150 mg per tabletAsorbic acid 50 mg30 mg per gummy (80%)10%50 mg
Kandungan nutrisi lainVitamin A, D3 200 IU, E 7 IU, zinc 2,5 mgKalsium 2,5 mg, hesperidin 5 mg per tabletVitamin B1 (8,33 mg), vitamin B6 (1,67 mg), vitamin B12 (8,33 mg), riboflavin (4,16 mg), niasinamida (8,33 mg), dl-Pantenol (3,33 mg), vitamin A (1500 SI), vitamin D (100 SI), per 5 ml sendok takarB1 (thiamine) 10 mg, B2 (riboflavin) 6 mg, B6 (pirydoxine) 10 mg, B12 10 mcg, nicotinamide 50 mg, d-phantotenol 10 mg per 5 ml sendok takarVitamin A 1000IU, B1 1,4 mg, B2 1,6 mg, B3 9 mg, B6 2 mg, B12 3mg, D3 100IU, E 5 mg, Ca pantotenat 5 mg per tabletPhytogreen 100 mg per tabletTidak disebutkanZinc 2,5 mg per gummy (55%)Zinc 40%Tidak disebutkan
DosisAnak usia 2 tahun ke atas 2 tablet per hariAnak usia 2 tahun ke atas 1–3 tablet per hariAnak usia 1–6 tahun, 1 sendok takar (5 ml) per hari 6–12 tahun 2 sendok takar per hariAnak usia 2–4 tahun 2,5 ml per hari, 5–12 tahun 5 ml per hariAnak usia 4–12 tahun 3 kali sehari, 1 tablet1–2 tablet per hariAnak-anak cukup 1 tablet per hariAnak usia 2 tahun ke atas 2 gummy per hariAnak usia 1 tahun ke atas 1 sachet per hari1 tablet hisap per hari
Keterangan lainTanpa gula dan pemanis buatanAman untuk lambung dan ginjal, menggunakan pemanis alami, tanpa gula dan pengawetMengandung gula dan pemanis buatan sodium sakarin 0,08 %-Mengandung pemanis buatan aspartamAman untuk lambungDikonsumsi berlebihan akan meningkatkan risiko batu ginjalMengandung sulfites, gluten, dan sugarMengandung gula 13 grEfek interaksi dengan salisilat, atropina, amonium klorida, tetrasiklina dan barbiturat meningkatkan ekskresi vitamin C
Tautan produk

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum anak mengonsumsi vitamin C

Anda tidak bisa sembarangan memberikan asupan vitamin C pada Anak. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memberi Anak Anda produk vitamin C. Simak penjelasan di bawah in, ya!

Konsultasi dengan dokter

Konsultasi dengan dokter

Selalu konsultasikan ke dokter atau tenaga medis profesional sebelum memberikan produk vitamin C pada anak. Konsultasi ini penting, terutama jika anak memiliki alergi makanan atau kandungan tertentu. Dengan berkonsultasi, Anda juga bisa mengetahui dosis vitamin C yang tepat untuk anak. 

Baca label kemasan produk

Baca label kemasan produk

Label kemasan produk vitamin C biasanya mencantumkan dosis penggunaan, manfaat, efek samping, kandungan lain, hingga tanggal kedaluwarsa. Informasi tersebut penting untuk Anda cermati agar vitamin C bisa dikonsumsi dengan baik dan aman oleh anak.

Baca juga rekomendasi produk vitamin dan suplemen lain di sini

Tidak hanya anak-anak, produk vitamin dan suplemen juga diperlukan orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Jika tertarik, Anda bisa membaca artikel rekomendasi produk vitamin dan suplemen lainnya di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Vitamin C berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit. Ada berbagai merek vitamin C anak yang bisa dipilih. Sebelum memilih, pastikan Anda tahu tipe vitamin C yang disukai anak, pertimbangkan nutrisi lain di dalamnya, serta dosis yang sesuai.


Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai rujukan sebelum membeli. Semoga Anda menemukan vitamin C yang cocok untuk memenuhi nutrisi si kecil, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Puasa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Puasa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Pada bulan puasa, umat Islam diwajibkan menahan lapar dan haus mulai dari menjelang fajar hingga magrib. Saat berpuasa, tubuh harus dijaga agar senantiasa sehat dan bugar sehingga mampu menjalankannya sebaik mungkin. Konsumsi suplemen atau vitamin tambahan adalah salah satu cara menjaga tubuh agar tidak lemas saat berpuasa.Karena itu, kali ini kami akan membantu Anda menemukan suplemen terbaik untuk puasa dengan membahas tips memilihnya. Kami juga akan berbagi rekomendasi suplemen dari merek yang bagus, seperti Synbio, Blackmores, dan Wellness. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori