• 10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Fish Finder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Istilah fish finder mungkin masih terdengar asing bagi telinga sebagian orang. Namun, tidak demikian untuk orang yang gemar memancing. Fish finder adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan ikan di perairan luas. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa memaksimalkan hasil pemancingan tanpa membuang banyak waktu.


Di pasaran, Anda dapat menemukan banyak merek fish finder yang bagus, seperti Garmin, Lucky, dan Deeper. Namun, manakah fish finder yang terbaik? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas cara memilih fish finder sekaligus memberi rekomendasi produknya. Mari simak dengan saksama!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keuntungan menggunakan fish finder saat memancing

Keuntungan menggunakan fish finder saat memancing

Ketika memancing, pernahkah Anda merasa kesulitan menemukan di mana ikan bergerombol? Atau pernahkah Anda merasa telah menunggu berjam-jam di suatu perairan, tetapi kumpulan ikan tak kunjung datang? Jika jawabannya iya, artinya Anda membutuhkan bantuan fish finder saat memancing.


Fish finder bekerja dengan cara mentransmisikan gelombang suara yang terpantul dari dasar laut, lalu menampilkan hasilnya pada layar. Tak hanya mendeteksi keberadaan ikan, penggunaan fish finder juga dapat memberi manfaat lain, antara lain sebagai berikut:


  • Menampilkan keberadaan vegetasi air lainnya.
  • Memberikan informasi mengenai ukuran ikan.
  • Memperhitungkan kedalaman air.
  • Mengecek suhu air.

Karena memiliki banyak manfaat, fish finder tidak hanya digunakan pada kapal kecil atau perorangan. Kapal besar juga akan sangat terbantu dengan adanya fish finder. Jika Anda gemar memancing, tak ada salahnya menjadikan fish finder sebagai salah satu alat yang wajib dimiliki.

Cara memilih fish finder

Setelah menjelaskan manfaat pemakaian fish finder, sekarang saatnya kami memberikan tips memilih produk yang bagus. Silakan perhatikan baik-baik supaya tidak terjadi kesalahan dalam membeli fish finder.

Pilih berdasarkan tipenya

Poin pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli fish finder adalah mengetahui tipenya. Ada tiga tipe fish finder di pasaran, yaitu 2D fish finder, downscan fish finder, dan sidescan fish finder. Kami akan menjelaskan perbedaan setiap tipenya di bawah ini.

2D fish finder: Harganya lebih terjangkau, tetapi mampu menunjukkan panorama dengan baik

Ciri khas dari tipe 2D fish finder terletak pada tampilan layarnya yang berwarna hitam dan putih. Meski tampak kurang realistis, tipe ini telah mampu menampilkan tekstur batu, kekerasan tanah, dan ikan dengan baik.


Pada tipe 2D fish finder, gambar panorama akan muncul melalui pergerakan dari arah kanan ke kiri. Harganya yang tergolong terjangkau membuat fish finder tipe ini masih diminati oleh masyarakat.

Downscan fish finder: Berikan tampilan realistis dari bawah kapal

Downscan fish finder: Berikan tampilan realistis dari bawah kapal

Downscan fish finder merupakan tipe yang mampu memberikan tampilan realistis di bawah kapal. Sayangnya, tipe ini cenderung memiliki jangkauan pemindaian yang sempit yaitu hanya di area bawah kapal.


Meski demikian, downscan fish finder dapat memberikan representasi sempurna dan mendetail tentang apa saja yang ada di bawah kapal. Ditambah, tampilan layarnya berwarna sehingga Anda bisa dengan mudah mendeteksi perbedaan ikan dengan vegetasi air lainnya.

Sidescan fish finder: Jangkauan pemindaian lebih luas di sekeliling kapal

Sidescan fish finder: Jangkauan pemindaian lebih luas di sekeliling kapal

Berbeda dengan kedua tipe sebelumnya, sidescan fish finder mampu menjangkau area pemindaian yang lebih luas. Jadi, tidak hanya lokasi yang ada di bawah kapal, tetapi juga area sekeliling kapal. Anda bahkan dapat mengatur lebar jangkauan yang dapat dipindai oleh sidescan fish finder.


Hasil tangkapan layarnya pun berkualitas tinggi meski tidak terlalu tampak mendetail. Dengan segala kelebihannya, tak heran jika harga fish finder ini tergolong paling mahal. Sayangnya, tipe ini jarang ditemukan di Indonesia.

Perhatikan jangkauan kedalaman maksimalnya

Perhatikan jangkauan kedalaman maksimalnya

Ketika memilih fish finder, penting juga untuk mengecek jangkauan kedalaman maksimal dari produk tersebut. Dengan begitu, alat pilihan Anda bisa memberikan manfaat maksimal sesuai kebutuhan. 


Beberapa orang lebih suka memancing di area yang sempit seperti sungai, danau, atau laut dangkal. Apabila Anda salah satunya, kami sarankan untuk memilih fish finder yang menjangkau kedalaman 0–100 meter.


Hal ini tentu berbeda bila Anda lebih sering memancing di perairan yang luas dan dalam. Pada situasi tersebut, pemakaian fish finder yang dapat menjangkau kedalaman di atas 500 meter lebih disarankan.

Periksa fitur-fitur yang ada pada fish finder

Meski sama-sama disebut fish finder, tiap-tiap produk sebenarnya mempunyai keunggulan yang berbeda. Pasalnya, setiap produsen menambahkan fitur-fitur unggulan lainnya. Untuk mendapatkan sensasi memancing yang maksimal, silakan periksa keberadaan beberapa fitur di bawah ini.

Untuk mendapatkan citra yang apik, cek resolusi layarnya

Untuk mendapatkan citra yang apik, cek resolusi layarnya

Keberadaan layar fish finder yang jernih dan mampu menampilkan gambar yang jelas tentu menjadi idaman para pemancing. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memahami gambar yang ditransmisikan oleh fish finder.


Karena itu, kami sangat menyarankan pemilihan fish finder yang memiliki banyak jumlah pixel. Pixel merupakan titik-titik yang muncul pada layar dan membuat kesatuan sehingga menghasilkan gambaran. Makin tinggi jumlah pixel yang ada pada fish finder, makin detail pula gambar yang ditampilkan.


Apa artinya jika layar fish finder Anda mempunyai resolusi 640×640 pixel? Artinya, terdapat 640 titik pada setiap baris ke arah kanan dan ke arah bawah.

Untuk menandai lokasi ikan, periksa keberadaan GPS

Untuk menandai lokasi ikan, periksa keberadaan GPS

Seperti diketahui, GPS berfungsi untuk menentukan posisi, menunjukkan pergerakan objek, hingga mendeteksi lokasi. Pada fish finder, GPS juga memiliki fungsi yang sama. 


Fish finder yang dilengkapi dengan GPS membuat Anda dapat menandai titik-titik lokasi keberadaan ikan. Tujuannya supaya Anda dapat kembali ke sana lagi nantinya. Adanya GPS juga membantu Anda kembali ke titik awal perjalanan.

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan

Hal yang tidak kalah penting ketika memilih fish finder adalah memperhatikan ukurannya. Hal ini tentu berkaitan erat dengan style memancing dan perahu yang digunakan.


Apabila Anda menyukai fish finder yang praktis, kami sangat menyarankan produk berukuran mini yang portable. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah meletakkannya di mana saja, termasuk di saku. Fish finder seperti ini juga pas digunakan oleh Anda yang memancing menggunakan perahu kecil.


Sebaliknya, jika Anda menggunakan perahu yang besar, tentu fish finder yang besar, berat, dan kokoh lebih disarankan. Dengan begitu, Anda bisa meletakkannya dengan baik tanpa khawatir mudah jatuh.

10 Rekomendasi fish finder terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk fish finder terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

HawkEye ElectronicsHawkEye Fishtrax 1 Fish Finder

Mulai dari Rp 2.099.000,00

Tipe2D fish finder
Tampilan layarHitam putih
Resolusi layarX
UkuranBadan: 15,3 cm × 7,7 cm × 5,1 cm・Layar: 5 cm × 4 cm
Jangkauan kedalaman air0,5 m–75 m
Frekuensi sonar200 kHz
Suhu pengoperasian-18°C–71°C
Daya4 × AAA baterai
9

FreewalkerFish Finder

FF688

Mulai dari Rp 2.200.000,00

TipeDownscan fish finder
Tampilan layarBerwarna
Resolusi layar320 × 420 pixel
UkuranBadan: 16 cm × 10,2 cm・Layar: 8,9 cm
Jangkauan kedalaman air0 m–80 m
Frekuensi sonar82 kHz, 200 kHz
Suhu pengoperasian-20°C–70°C
Daya10–18 volt DC
8
TipeDownscan fish finder
Tampilan layarBerwarna
Resolusi layar480 × 272 pixel
UkuranBadan: 14,8 cm × 13,6 cm × 6,4 cm・Layar: 11 cm
Jangkauan kedalaman air700 m
Frekuensi sonar50 kHz, 200 kHz
Suhu pengoperasianTidak disebutkan
Daya10–18 volt DC
7
TipeDownscan fish finder
Tampilan layarBerwarna
Resolusi layar640 × 480 pixel
UkuranBadan: 13,4 cm × 15,2 cm × 6,8 cm・Layar: 17,8 cm
Jangkauan kedalaman air300 m
Frekuensi sonarTidak disebutkan
Suhu pengoperasian-15°C–70°C
DayaTidak disebutkan
6
TipeDownscan fish finder
Tampilan layarX
Resolusi layarX
Ukuran5,8 cm
Jangkauan kedalaman air0,5 m–50 m
Frekuensi sonar120 kHz
Suhu pengoperasian0°C–40°C
Daya5 volt DC
5
TipeDownscan fish finder
Tampilan layarBerwarna
Resolusi layar800 × 480 pixel
UkuranBadan: 14,5 cm × 14,5 cm × 5,6 cm・Layar: 12,7 cm
Jangkauan kedalaman air183 m dan 275 m
Frekuensi sonarTidak disebutkan
Suhu pengoperasianTidak disebutkan
Daya10,8–18,6 volt DC
4
TipeDownscan fish finder
Tampilan layarBerwarna
Resolusi layar480 × 800 pixel
UkuranBadan: 19 cm × 17,6 cm × 6,6 cm・Layar: 7,2 cm × 13.6 cm × 15,2 cm
Jangkauan kedalaman airAir tawar: 533,4 m・Air laut: 253 m
Frekuensi sonar50 kHz, 77 kHz, 200 kHz
Suhu pengoperasianTidak disebutkan
Daya6,4 watt
3

Furuno ElectricFuruno 5.7" Color LCD Fish Finder

FCV-688

Mulai dari Rp 9.500.000,00

TipeDownscan fish finder
Tampilan layarBerwarna
Resolusi layar640 × 480 pixel
UkuranBadan: 20,7 cm × 17 cm × 13,2 cm・Layar: 14,5 cm
Jangkauan kedalaman air2 m–1.200 m
Frekuensi sonar50 kHz, 200 kHz
Suhu pengoperasianTidak disebutkan
Daya13 watt
2
Tipe2D fish finder
Tampilan layarHitam putih
Resolusi layarTidak disebutkan
UkuranBadan: 14,5 cm × 7,8 cm × 5,5 cm・Layar: 4 cm × 4,3 cm
Jangkauan kedalaman air0,6 m–100 m
Frekuensi sonarTidak disebutkan
Suhu pengoperasian-10°C–70°C
Daya4 × AAA baterai
1
TipeDownscan fish finder
Tampilan layarBerwarna
Resolusi layarTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Jangkauan kedalaman air100 m
Frekuensi sonarTidak disebutkan
Suhu pengoperasian-20°C–70°C
Daya4 × AAA baterai

Tabel perbandingan produk fish finder terbaik

Gambar produk
1
Lucky Fish Finder 1

Lucky

2
Fish Finder Ultrasonic 1

3
Furuno Electric Furuno 5.7" Color LCD Fish Finder 1

Furuno Electric

4
Garmin FF 350 Plus 1

Garmin

5
FLIR Raymarine Dragonfly 5PRO 1

FLIR

6
Deeper Smart Fishfinder START 1

Deeper

7
Haigo GPS Map Fish Finder 1

Haigo

8
Yukom Fish Finder 1

Yukom

9
Freewalker Fish Finder 1

Freewalker

10
HawkEye Electronics HawkEye Fishtrax 1 Fish Finder 1

HawkEye Electronics

Nama produk

Fish Finder

Fish Finder Ultrasonic

Furuno 5.7" Color LCD Fish Finder

FF 350 Plus

Raymarine Dragonfly 5PRO

Smart Fishfinder START

GPS Map Fish Finder

Fish Finder

Fish Finder

HawkEye Fishtrax 1 Fish Finder

Keunggulan

Desain sederhana dengan keakuratan 98%!

Fish finder dengan harga paling terjangkau

Jangkauan terdalam untuk memudahkan pencarian ikan

Dilengkapi tiga frekuensi sonar untuk gambaran lebih detail

Memudahkan Anda berbagi hasil tangkapan layar ke semua orang

Fish finder antiribet dan paling praktis digunakan

Layar LCD terbesar, memudahkan dalam membaca data

Memancing dengan kecepatan tinggi? Tak masalah

Fish finder multi-language dengan empat belas bahasa!

Dilengkapi fitur yang memudahkan pemakai

Harga mulai dariRp 650.000,00Rp 593.000,00Rp 9.500.000,00Rp 5.300.000,00Rp 6.750.000,00Rp 2.400.000,00Rp 7.050.000,00Rp 5.250.000,00Rp 2.200.000,00Rp 2.099.000,00
TipeDownscan fish finder2D fish finderDownscan fish finderDownscan fish finderDownscan fish finderDownscan fish finderDownscan fish finderDownscan fish finderDownscan fish finder2D fish finder
Tampilan layarBerwarnaHitam putihBerwarnaBerwarnaBerwarnaXBerwarnaBerwarnaBerwarnaHitam putih
Resolusi layarTidak disebutkanTidak disebutkan640 × 480 pixel480 × 800 pixel800 × 480 pixelX640 × 480 pixel480 × 272 pixel320 × 420 pixelX
UkuranTidak disebutkanBadan: 14,5 cm × 7,8 cm × 5,5 cm・Layar: 4 cm × 4,3 cmBadan: 20,7 cm × 17 cm × 13,2 cm・Layar: 14,5 cmBadan: 19 cm × 17,6 cm × 6,6 cm・Layar: 7,2 cm × 13.6 cm × 15,2 cmBadan: 14,5 cm × 14,5 cm × 5,6 cm・Layar: 12,7 cm5,8 cmBadan: 13,4 cm × 15,2 cm × 6,8 cm・Layar: 17,8 cmBadan: 14,8 cm × 13,6 cm × 6,4 cm・Layar: 11 cmBadan: 16 cm × 10,2 cm・Layar: 8,9 cmBadan: 15,3 cm × 7,7 cm × 5,1 cm・Layar: 5 cm × 4 cm
Jangkauan kedalaman air100 m0,6 m–100 m2 m–1.200 mAir tawar: 533,4 m・Air laut: 253 m183 m dan 275 m0,5 m–50 m300 m700 m0 m–80 m0,5 m–75 m
Frekuensi sonarTidak disebutkanTidak disebutkan50 kHz, 200 kHz50 kHz, 77 kHz, 200 kHzTidak disebutkan120 kHzTidak disebutkan50 kHz, 200 kHz82 kHz, 200 kHz200 kHz
Suhu pengoperasian-20°C–70°C-10°C–70°CTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan0°C–40°C-15°C–70°CTidak disebutkan-20°C–70°C-18°C–71°C
Daya4 × AAA baterai4 × AAA baterai13 watt6,4 watt10,8–18,6 volt DC5 volt DCTidak disebutkan10–18 volt DC10–18 volt DC4 × AAA baterai
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan memancing lainnya di sini

Selain fish finder, masih ada peralatan lain yang perlu dipersiapkan untuk mendukung kegiatan memancing Anda. Sebut saja kail pancing, baitcasting reel, umpan pancing, hingga cooler box khusus untuk menaruh hasil pancingan. Supaya Anda bisa mendapatkan produk-produk terbaik, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini terlebih dahulu, ya!

Kesimpulan

Penggunaan fish finder yang tepat memang dapat membuat kegiatan memancing lebih menyenangkan. Anda bahkan bisa membawa lebih banyak ikan dalam waktu yang lebih singkat. Tak perlu lagi, deh, membuang banyak waktu di lokasi yang tidak ada ikannya. Semoga penjelasan kami mengenai fish finder kali ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat memilih dan memancing!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda suka memancing? Selain umpan pancing, pemilihan senar pancing juga berpengaruh terhadap performa Anda dalam memancing, lho! Ada berbagai merek senar pancing terkuat di pasaran, seperti Sougayilang, KastKing, dan Daiwa. Kami akan membantu memilih dan memberi rekomendasi senar pancing yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis senar pancing seperti senar pancing PE dan nilon juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Yuk, pastikan Anda memilih senar pancing yang kuat dan anti keriting agar kegiatan memancing lebih menyenangkan! 
    Peralatan memancing
  • 10 Umpan Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Umpan Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Umpan pancing sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan. Di pasaran, Anda dapat menemukan umpan untuk mengelabui ikan dengan beragam bentuk, ukuran, berat, dan warna. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih umpan pancing yang bagus.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih umpan pancing terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan dan mengulas sepuluh produk dari berbagai merek, seperti Z-Man dan Sougayilang. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Baca terus artikel di bawah ini, ya!
    Peralatan memancing
  • 10 Kail Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kail Pancing Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Ada cukup banyak peralatan yang harus Anda bawa ketika pergi memancing, salah satunya kail pancing. Benda kecil ini tidak boleh dilupakan jika Anda pergi memancing. Ada beragam ukuran dan jenis kail pancing, seperti kail pancing model clurit, jig, treble, hingga double hook.Kami akan berbagi cara memilih kail pancing yang bagus, tajam, dan jitu beserta rekomendasi produknya. Kail pancing merek Duraking, Bradley, Daiichi, hingga Mustad ada di sini. Simak juga tips mengenai cara mengikat mata kail supaya kuat. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo.
    Peralatan memancing
  • 10 Baitcasting Reel Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baitcasting Reel Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Baitcasting reel adalah penggulung senar pancing yang dirancang untuk teknik casting. Casting dilakukan dengan cara melempar dan menarik umpan yang dikaitkan pada senar secara berulang hingga dimakan oleh ikan. Peralatan ini telah digunakan untuk casting lure, surf casting, hingga lomba memancing. Anda tentu mencari produk yang bagus, bukan?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih baitcasting reel terbaik dan merekomendasikan produk dari berbagai merek. Anda akan menemukan produk Shimano, Daiwa, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Jadi, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Peralatan memancing
  • 10 Cooler Box Terbaik untuk Memancing - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cooler Box Terbaik untuk Memancing - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Cooler box adalah salah satu barang penting untuk Anda yang memiliki hobi memancing. Banyak merek cooler box yang bagus di pasaran, contohnya cooler box Marina LION STAR, Igloo, dan Marvel. Penting bagi Anda untuk memilih box ikan yang tepat agar kegiatan memancing makin menyenangkan.Kami memberikan panduan cara memilih cooler box terbaik. Pastikan Anda mempertimbangkan harga, kualitas, fungsi, dan ukuran cooler box. Box ikan laut tentu berbeda dengan ukuran cooler box ikan kecil. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Temukan cool box ikan terbaik untuk memancing!
    Peralatan memancing
  • 10 Fish Grip Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    10 Fish Grip Terbaik - Ditinjau oleh Pemancing Profesional (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memancing mungkin sudah tahu dengan alat bernama fish grip. Alat ini digunakan untuk menjepit rahang bawah ikan yang telah tertangkap sehingga ikan bisa diangkat dengan mudah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba grip ikan supaya tangkapan Anda tidak lepas saat diangkat ke permukaan air.Kami akan membagikan tips cara memilih fish grip yang bagus dan merekomendasikan fish grip terbaik. Ada fish grip dari merek Shimano, Mustad, Seahawk, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemancing profesional kami, Dudit Widodo. Simak artikelnya sampai tuntas!
    Peralatan memancing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori