mybest
Buku CPNS

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku akademik
  4. 10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Menjadi Aparat Sipil Negara (ASN) merupakan impian banyak orang, Anda mungkin termasuk salah satunya. Untuk menjadi pegawai pemerintahan, Anda harus melewati tes tertulis, wawancara, serta tes fisik. Nah, sebagai bahan latihan Anda dapat menggunakan buku CPNS yang bagus sebagai pendamping belajar.


Nah, kali ini kami akan mengulas rekomendasi buku CPNS yang paling bagus sebagai bekal persiapan tes. Ada buku dari berbagai penulis, seperti Tim Smart Education dan Tim Redaksi Forum Edukasi. Sebelum masuk ke ulasan produk, ketahui dahulu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli buku CPNS.

Diperbaharui 19/10/2023
Galih Pangestu Jati
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Galih Pangestu Jati

Galih Pangestu Jati lulus magister Ilmu Sastra Universitas Gadjah Mada pada tahun 2020. Selama beberapa tahun terakhir, ia bekerja sebagai jurnalis dan content writer di berbagai media nasional. Karena latar belakang studinya, Galih cukup akrab dengan dunia literasi dan sering menulis artikel tentang buku, baik nonfiksi maupun fiksi. Di mybest, Galih banyak membantu pembaca memilih produk terbaik melalui riset yang dalam, khususnya produk-produk teknologi. Saat ini, ia tinggal di Yogyakarta bersama dua kucingnya, Nana dan Nono.

Profil Galih Pangestu Jati
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa perbedaan PPPK dan CPNS?

Apa perbedaan PPPK dan CPNS?

Sebelum mendaftar CPNS, ada baiknya jika Anda mengetahui dahulu perbedaan PPPK dan CPNS. Berikut adalah penjelasannya:


  • CPNS 

Peserta yang lolos seleksi penerimaan akan berstatus sebagai CPNS. Setelah itu, para peserta harus mengikuti serangkaian diklat dalam jangka waktu yang ditentukan oleh tiap-tiap. Jika tahap tersebut sudah dilewati dan peserta dinyatakan lolos, status kepegawaiannya akan diangkat menjadi PNS. 


Ketika berstatus CPNS, Anda akan mendapatkan gaji sebesar 80% sesuai SK tiap-tiap instansi. Gaji 100%, fasilitas, dan tunjangan baru akan diberikan jika status kepegawaian sudah berubah jadi PNS. CPNS juga berhak mendapatkan uang pensiun setelah masa baktinya selesai. Tes CPNS biasanya dapat diikuti oleh fresh graduated dan pegawai berpengalaman.

 
  • PPPK

Sementara itu, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ialah pegawai ASN yang diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian. Pengangkatan PPPK berbeda-beda sesuai kebutuhan setiap instansi. 

Status kepegawaian PPPK adalah kontrak dengan waktu paling singkat satu tahun. Masa kerja PPPK bisa diperpanjang sesuai kebutuhan dan penilaian kinerja. PPPK juga akan mendapatkan hak tunjangan dan kenaikan pangkat yang sama dengan CPNS. 


Meski demikian, mereka tidak menerima uang pensiun seperti PNS pada umumnya. Gaji yang diterima setiap bulan pun lebih tinggi daripada CPNS karena tidak ada pemotongan dana untuk pensiun. Namun, pegawai ASN PPPK harus memperbarui kontrak secara berkala.


Di samping itu, tes PPPK hanya bisa diikuti oleh para pelamar yang memiliki pengalaman kerja di institusi terkait. Masa pengalaman kerjanya pun bermacam-macam, tetapi biasanya telah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Cara memilih buku CPNS

Kini saatnya Anda mencari buku CPNS untuk menemani belajar. Kami akan memberi tahu beberapa poin yang sebaiknya diperhatikan sebelum Anda membeli buku CPNS.

1

Tentukan jalur CPNS yang akan diambil

Pada dasarnya, jalur CPNS dibagi menjadi dua, yakni jalur sekolah kedinasan dan CPNS umum. Berikut ini penjelasan tiap-tiap jalur tersebut.

Sekolah Kedinasan, terbuka untuk lulusan SMA/SMK

Sekolah Kedinasan, terbuka untuk lulusan SMA/SMK
Jalur yang pertama adalah jalur Sekolah Kedinasan. Pada jalur ini, para lulusan SMA atau SMK bisa masuk ke perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah. Para pelamar pun usianya dibatasi antara 20 hingga 21 tahun. Jenjangnya pun bermacam-macam, yakni D-III, D-IV, dan S-1.

Mahasiswa yang lulus dari sekolah kedinasan tersebut nantinya akan langsung diangkat sebagai PNS. Untuk masuk Sekolah Kedinasan, para calon peserta didik harus melakukan serangkaian seleksi seperti CPNS. Semua biaya sekolah pun sudah ditanggung oleh pemerintah.

CPNS umum, mulai dari jenjang SMA hingga S-3

CPNS umum, mulai dari jenjang SMA hingga S-3
CPNS jalur umum merupakan tes seleksi yang digelar oleh pemerintah dengan peserta mulai SMA/SMK hingga S-III. Berbeda dengan Sekolah Kedinasan, jalur ini bisa diikuti para pelamar hingga usia 35 tahun.

Di samping itu, berbagai formasi yang dibuka pun lebih beragam daripada Sekolah Kedinasan. Meski demikian, tahapan seleksi yang harus dilalui pun sama dengan Sekolah Kedinasan.

2

Ketahui dahulu materi ujian seleksi CPNS

Seleksi tahap awal CPNS adalah tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Peserta yang sudah lolos tahap administrasi dapat mengikuti SKD. Materi SKD yang diujikan setiap tes CPNS, antara lain TKP, TWK, dan TIU.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP): Indikator sikap pelayanan publik, komunikasi, dan profesionalisme

Tes Karakteristik Pribadi (TKP): Indikator sikap pelayanan publik, komunikasi, dan profesionalisme

Jumlah soal TKP adalah 45 butir. Sistem scoring-nya adalah nilai 1–5 dan apabila tidak dijawab nilainya 0. Setiap soal tersebut bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam mengimplementasikan beberapa kompetensi dan keterampilan berikut ini.

  • Pelayanan publik
  • Jejaring kerja 
  • Sosial budaya
  • Teknologi informasi dan komunikasi
  • Profesionalisme
  • Antiradikalisme

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): Menilai implementasi nasionalisme, integritas, dan bela negara

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): Menilai implementasi nasionalisme, integritas, dan bela negara

Jumlah soal TWK tidak terlalu banyak (hanya sekitar 30 butir). Peserta bisa menjawab akan diberi nilai 5. Apabila peserta tidak bisa menjawab atau jawabannya salah, nilainya adalah 0. Jadi, nilai tertingginya adalah 150 dan ambang batas kelulusannya adalah 65. Materi soal TWK bertujuan untuk menilai beberapa aspek berikut ini.

  • Nasionalisme 
  • Integritas
  • Bela negara
  • Pilar negara
  • Bahasa Indonesia

Tes Intelegensi Umum (TIU): Mengukur kemampuan verbal, numerik, dan figural

Tes Intelegensi Umum (TIU): Mengukur kemampuan verbal, numerik, dan figural

Selanjutnya, ada TIU yang jumlah soalnya mencapai 35 butir. Nilai 5 akan diberikan jika jawabannya benar, sedangkan jawaban yang salah dan soal yang tidak terisi diberi nilai 0. Dengan demikian, nilai tertinggi jika semua jawaban benar adalah 175 dan ambang batas kelulusannya adalah 85.


TIU bertujuan untuk menilai kemampuan dan penguasaan peserta dalam kemampuan verbal dan numerik. Aspek-aspek tersebut terangkum dalam materi berikut ini.

  • Kemampuan verbal: analitis, silogisme, dan analogi
  • Kemampuan numerik: berhitung, perbandingan kuantitatif, deret angka, dan soal cerita
  • Kemampuan figural: analogi, ketidaksamaan, dan serial
3

Pilih yang materinya sesuai Permenpan RB terbaru

Pilih yang materinya sesuai Permenpan RB terbaru

Selanjutnya, jika sudah berhasil melewati tes SKD, Anda akan melanjutkan ke tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Setiap formasi dan lembaga pemerintahan memiliki kriteria sendiri dalam penentuan kompetensinya.

 
Karena itu, jika Anda ingin mendapatkan info mengenai kriteria SKB, kami menyarankan buku yang memiliki tambahan materi tentang SKB. Di samping itu, akan lebih komplet lagi jika memiliki buku yang secara khusus mengulas tentang formasi atau lembaga tertentu. Formasi yang menjadi favorit CPNS, antara lain tenaga medis, tenaga pendidik, dan Kemenkumham.


Kisi-kisi materi tes CPNS akan selalu diperbaharui secara berkala oleh pemerintah. Begitu pula dengan kisi-kisi kompetensi SKD dan SKB. Agar materi yang Anda pelajari keluar saat tes, pastikan buku yang dibeli sudah sesuai dengan Permenpan RB terbaru.

4

Cari yang paket soalnya banyak dan lengkap dengan pembahasan

Cari yang paket soalnya banyak dan lengkap dengan pembahasan

Untuk bisa memahami pola soal tes CPNS, Anda harus banyak berlatih mengerjakan soal. Karena itu, buku yang memuat banyak paket soal dapat membantu Anda. Makin banyak variasi soal, Anda makin mengetahui pola soal yang kemungkinan besar akan keluar saat tes.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mencari buku yang memuat pembahasan setiap soalnya secara lengkap. Dengan demikian, Anda bisa belajar memahami konsep soalnya terlebih dahulu, baru kemudian menjawabnya dengan benar.

5

Pertimbangkan bonus yang ada di buku

Pertimbangkan bonus yang ada di buku

Selain memuat kumpulan paket soal dan pembahasan, buku CPNS biasanya memberikan beberapa bonus atau tambahan materi yang menarik. Bonus ini akan bermanfaat untuk sarana Anda belajar. Bonus buku CPNS yang biasanya diberikan antara lain:

  • Tryout online
  • Aplikasi atau CD software CAT CPNS
  • Video tutorial psikotes
  • Materi TOEFL dan TOEIC
  • Grup belajar
  • Video pembahasan soal 
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Buku CPNS Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Buku CPNS terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 19 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Penerbit
ISBN
Lokal/Terjemahan
Jumlah halaman
Volume/Edisi
Berat
Ukuran
Tahun terbit
Rating di Goodreads
Materi
Dilengkapi bonus
Isi bonus
Jenis hukum pidana
Level pembahasan
Topik pembahasan
Alih bahasa
Rekomendasi pembaca
Tipe cover
Thumb index
Help sheet
Latar belakang penulis
1

Tim Smart Education

Diktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024

Tim Smart Education Diktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024 1

Rp126.400

Lebih Murah

Kuasai lebih dalam tentang struktur pemerintahan dengan buku ini!

C-Klik Media

9786233570824

Lokal

424 halaman

Tidak diketahui

605 gram

19 x 26 cm

2023

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP

Tips & trik mengerjakan soal dengan cepat, info lengkap tes ASN CPNS

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Tim Tentor ASN+

Modul Resmi Taktis CPNS 2023

Tim Tentor ASN+ Modul Resmi Taktis CPNS 2023 1

Rp164.000

Menengah

Banyak strategi taktis yang terbukti efektif

Garda Cendekia

9786235480046

Lokal

394 halaman

Tidak diketahui

530 gram

26 x 19 cm

2023

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP

Tryout online, grup belajar, bank e-book

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Tim Redaksi Forum Edukasi

Kitab Hitam Lolos CPNS 2023-2024

Tim Redaksi Forum Edukasi Kitab Hitam Lolos CPNS 2023-2024 1

Rp145.000

Menengah

Penjelasannya komprehensif dan latihan soalnya efektif meningkatkan kemampuan Anda

Forum Edukasi

8366525620133

Lokal

400 halaman

Tidak diketahui

1.000 gram

19 x 26 cm

2023

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP, SKB

LJK digital, video bedah soal, grup belajar tryout online, aplikasi tes CPNS Android apps

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Aryo Dewantara

The Best Drilling Tes Masuk Kampus Ikatan Dinas 2024

Aryo Dewantara The Best Drilling Tes Masuk Kampus Ikatan Dinas 2024 1

Rp145.000

Menengah

Mengoptimalkan persiapan Anda menembus seleksi masuk sekolah kedinasan

Forum Edukasi

9786237769187

Lokal

384 halaman

Tidak diketahui

1.000 gram

19 x 26 cm

2023

Tidak diketahui

TPA, TBI, TKD, dan lainnya

Android apps CAT SKD TPA, e-Book 2000+ bank soal asli tes kedinasan, trayout online, fres software CBT, video bedah soal dan tes samapta

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Ferri Ardianzah, Taufik Hidayat Eko Yunianto, dan Rif'an Maghfur

Modul SKD Kedinasan

Ferri Ardianzah, Taufik Hidayat Eko Yunianto, dan Rif'an Maghfur Modul SKD Kedinasan 1

Rp189.000

Agak Mahal

Ada pre-test dan post-test, bisa mengukur peningkatan kemampuan Anda

Penerbit Bebas Inti Cendekia

9786239007119

Lokal

544 halaman

Tidak diketahui

Tidak diketahui

17 x 24 cm

2023

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP

Bonus akun TOSKA

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6

Tim Psikologi Salemba

Panduan Resmi Bidik CPNS 2023

Tim Psikologi Salemba Panduan Resmi Bidik CPNS 2023 1

Rp130.000

Agak Murah

Bekal Anda untuk menghadapi ujian CPNS dengan percaya diri

Forum Edukasi

9786237769293

Indonesia

496 halaman

Tidak diketahui

800 gram

19 x 26 cm

2022

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP

Aplikasi tes CPNS, grup belajar pejuang ASN, trayout online, software original CAT, video bedah materi soal

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Raditya Panji Umbara & Sahda Halim

Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2023/2024

Raditya Panji Umbara & Sahda Halim Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2023/2024 1

Rp199.000

Agak Mahal

Dilengkapi dengan ribuan latihan CAT sesuai format ujian asli

Bintang Wahyu

9786026320971

Lokal

666 halaman

Tidak diketahui

880 gram

19 x 26 cm

2023

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP

Tryout online, video tutorial, aplikasi CAT CPNS

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Faifar Nur Chayaningtyas

Master Sukses CPNS Sistem CAT 2023

Faifar Nur Chayaningtyas Master Sukses CPNS Sistem CAT 2023 1

Rp155.000

Menengah

Sukses ujian CPNS dengan materi terkini, ribuan soal latihan, dan simulasi CAT yang akurat

Kompas Ilmu

9786023437610

Lokal

480 halaman

Tidak diketahui

625 gram

19 x 26 cm

2022

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP

Grup belajar CPNS, simulasi CAT CPNS di website, tryout online nasional, gratis download bank soal

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

Privat Al Faiz

Sukses SKD CPNS 2023

Privat Al Faiz Sukses SKD CPNS 2023 1

Rp145.000

Menengah

Panduan lengkap dengan materi terbaru dan strategi pengerjaan terkini

CMedia

9786025710865

Lokal

400 halaman

Tidak diketahui

550 gram

26 x 19 cm

2022

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Tim Bintang Psikologi

Pedoman Resmi Tes CPNS 2023/2024

Tim Bintang Psikologi Pedoman Resmi Tes CPNS 2023/2024 1

Rp198.000

Agak Mahal

25 paket tes kemampuan bidang yang komprehensif untuk menyempurnakan persiapan ujian Anda

Sarang Baca

9786236412060

Lokal

536 halaman

Tidak diketahui

Tidak diketahui

19 x 26 cm

2023

Tidak diketahui

TWK, TIU, TKP

4 Apps Android, free CD simulasi CAT, tryout online

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Tim Smart EducationDiktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024

Diktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024 1
Sumber: shopee.co.id
Diktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024 2
Sumber: shopee.co.id
Diktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024 3
Sumber: shopee.co.id
Diktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp126.400
Lebih Murah
Harga referensi
Rp126.400
Lebih Murah

Kuasai lebih dalam tentang struktur pemerintahan dengan buku ini!

Buku CPNS yang satu ini adalah panduan belajar yang mengunggulkan pemahaman yang kuat tentang struktur organisasi pemerintah dan tugas-tugasnya. Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang kerangka kerja administratif pemerintah. Alhasil, calon peserta ujian CPNS akan terbantu untuk menguasai esensi dalam menjawab pertanyaan terkait. 

Produk ini sangat sesuai untuk calon peserta ujian yang ingin mengasah pengetahuan tentang pemerintahan dan masyarakat. Terlepas dari latar belakang pendidikannya, diktat ini memberikan informasi yang diperlukan untuk memahami aspek penting dari struktur organisasi pemerintah. Hal ini sangat membantu calon peserta dalam meningkatkan peluang kesuksesan pada ujian seleksi ASN CPNS.

PenerbitC-Klik Media
ISBN9786233570824
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman424 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat605 gram
Ukuran19 x 26 cm
Tahun terbit2023
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP
Dilengkapi bonus
Isi bonusTips & trik mengerjakan soal dengan cepat, info lengkap tes ASN CPNS
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Tim Tentor ASN+Modul Resmi Taktis CPNS 2023

Harga referensi
Rp164.000
Menengah

Banyak strategi taktis yang terbukti efektif

Modul ini adalah panduan yang memberikan strategi taktis bagi calon peserta ujian CPNS. Buku ini memuat materi terbaru dan berfokus pada poin-poin kunci yang diuji dalam seleksi CPNS. Produk ini cocok digunakan oleh calon peserta ujian yang tidak punya waktu banyak untuk belajar, tetapi ingin cepat menguasai materi.

Produk ini juga siap memberikan wawasan mendalam dan teknik cerdik untuk menghadapi ujian. Modul Resmi Taktis CPNS 2023 memberikan panduan komprehensif dan praktis untuk meraih keberhasilan dalam seleksi ASN CPNS. Bisa jadi pilihan ideal untuk mengoptimalkan persiapan tes.

PenerbitGarda Cendekia
ISBN9786235480046
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman394 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat530 gram
Ukuran26 x 19 cm
Tahun terbit2023
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP
Dilengkapi bonus
Isi bonusTryout online, grup belajar, bank e-book
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
No.3

Tim Redaksi Forum EdukasiKitab Hitam Lolos CPNS 2023-2024

Harga referensi
Rp145.000
Menengah

Penjelasannya komprehensif dan latihan soalnya efektif meningkatkan kemampuan Anda

Kitab Hitam Lolos CPNS 2023-2024 adalah panduan belajar yang komprehensif, berisi materi pelajaran terkini dan latihan soal yang relevan. Produk ini memberikan pemahaman mendalam tentang beragam topik yang sering diujikan, serta strategi cerdas untuk menjawab soal-soal ujian.

Buku ini cocok digunakan oleh semua calon peserta ujian CPNS, baik yang baru memulai persiapan maupun yang sudah berpengalaman. Kitab Hitam adalah sumber daya yang sangat berharga untuk meningkatkan pengetahuan yang diperlukan dalam ujian seleksi ASN CPNS.

PenerbitForum Edukasi
ISBN8366525620133
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman400 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat1.000 gram
Ukuran19 x 26 cm
Tahun terbit2023
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP, SKB
Dilengkapi bonus
Isi bonusLJK digital, video bedah soal, grup belajar tryout online, aplikasi tes CPNS Android apps
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
No.4

Aryo DewantaraThe Best Drilling Tes Masuk Kampus Ikatan Dinas 2024

Harga referensi
Rp145.000
Menengah

Mengoptimalkan persiapan Anda menembus seleksi masuk sekolah kedinasan

Buku ini adalah panduan belajar yang lengkap untuk membantu calon mahasiswa yang akan mengikuti ujian masuk program ikatan dinas. Isinya sarat akan materi pelajaran, contoh soal, dan strategi untuk membantu para calon mahasiswa menghadapi ujian dengan percaya diri.

Produk ini sangat cocok digunakan oleh lulusan SMA atau sederajat yang berencana mengikuti program ikatan dinas. Cocok juga untuk siapa pun yang ingin memastikan persiapan maksimal untuk menghadapi tes masuk kampus dengan baik. Dengan panduan ini, calon mahasiswa akan memiliki sumber daya yang andal untuk mencapai tujuan akademis mereka.

PenerbitForum Edukasi
ISBN9786237769187
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman384 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat1.000 gram
Ukuran19 x 26 cm
Tahun terbit2023
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTPA, TBI, TKD, dan lainnya
Dilengkapi bonus
Isi bonusAndroid apps CAT SKD TPA, e-Book 2000+ bank soal asli tes kedinasan, trayout online, fres software CBT, video bedah soal dan tes samapta
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
No.5

Ferri Ardianzah, Taufik Hidayat Eko Yunianto, dan Rif'an MaghfurModul SKD Kedinasan

Harga referensi
Rp189.000
Agak Mahal

Ada pre-test dan post-test, bisa mengukur peningkatan kemampuan Anda

Buku yang satu ini akan membantu Anda mengukur sendiri kemampuan Anda sebelum dan sesudah belajar materi di dalamnya. Sebelum belajar materinya, Anda bisa mengerjakan pre-test-nya dahulu. Setelahnya, Anda bisa melanjutkan dengan mempelajari materi dan strategi yang telah disiapkan. Sesudah itu, ujilah pemahaman Anda dengan mengerjakan post-test.


Dengan cara tersebut, peningkatan kemampuan Anda akan bisa terukur dengan lebih baik. Jika Anda membutuhkan buku strategi untuk masuk sekolah kedinasan dengan sistem belajar andal, segera miliki buku ini!

Penerbit Penerbit Bebas Inti Cendekia
ISBN 9786239007119
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman544 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
BeratTidak diketahui
Ukuran17 x 24 cm
Tahun terbit2023
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP
Dilengkapi bonus
Isi bonusBonus akun TOSKA
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
No.6

Tim Psikologi SalembaPanduan Resmi Bidik CPNS 2023

Harga referensi
Rp130.000
Agak Murah

Bekal Anda untuk menghadapi ujian CPNS dengan percaya diri

Panduan Resmi Bidik CPNS 2023 adalah alat penting untuk mencapai kesuksesan dalam seleksi ASN CPNS. Panduan ini berisi materi yang selalu diperbarui dan tepat sasaran, termasuk contoh soal latihan serta strategi pengerjaan yang teruji. Produk ini dirancang untuk memandu calon peserta ujian, baik yang baru memulai persiapan maupun yang sudah berpengalaman. 


Lulusan baru, tenaga profesional, atau siapa pun yang berambisi untuk bergabung dengan pelayanan publik dapat mengandalkan panduan ini. Anda juga dapat memanfaatkan buku ini untuk memperdalam pengetahuan Anda dan meningkatkan keterampilan ujian. Panduan Resmi Bidik CPNS 2023 adalah kunci untuk menghadapi persaingan dengan percaya diri.

PenerbitForum Edukasi
ISBN9786237769293
Lokal/TerjemahanIndonesia
Jumlah halaman496 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat800 gram
Ukuran19 x 26 cm
Tahun terbit2022
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP
Dilengkapi bonus
Isi bonusAplikasi tes CPNS, grup belajar pejuang ASN, trayout online, software original CAT, video bedah materi soal
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
No.7

Raditya Panji Umbara & Sahda HalimPanduan Resmi Tes CPNS CAT 2023/2024

Harga referensi
Rp199.000
Agak Mahal

Dilengkapi dengan ribuan latihan CAT sesuai format ujian asli

Buku CPNS ini adalah buku latihan unggulan yang menawarkan ribuan kombinasi paket CAT sesuai format ujian aslinya. Dengan cakupan materi yang luas, buku ini cocok untuk calon peserta ujian CPNS yang ingin mempersiapkan diri dengan lebih mendalam.


Anda akan dapat mengasah keterampilan dengan ribuan soal latihan dan beragam kombinasi paket CAT. Buku ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menghadapi ujian. Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2023/2024 menjadi alat penting untuk memaksimalkan persiapan ujian dan meraih kesuksesan.

PenerbitBintang Wahyu
ISBN9786026320971
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman666 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat880 gram
Ukuran19 x 26 cm
Tahun terbit2023
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP
Dilengkapi bonus
Isi bonusTryout online, video tutorial, aplikasi CAT CPNS
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
No.8

Faifar Nur ChayaningtyasMaster Sukses CPNS Sistem CAT 2023

Harga referensi
Rp155.000
Menengah

Sukses ujian CPNS dengan materi terkini, ribuan soal latihan, dan simulasi CAT yang akurat

Buku CPNS ini adalah sumber daya terkini dan lengkap untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi tes CPNS. Di dalamnya terdapat materi pelajaran terbaru, puluhan ribu soal latihan, serta simulasi ujian CAT yang sesuai format.


Panduan untuk memahami materi dan strategi dalam ujian CAT-nya pun dibuat komprehensif dan efisien. Jadi, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam meraih karier dalam pelayanan publik.

PenerbitKompas Ilmu
ISBN9786023437610
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman480 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat625 gram
Ukuran19 x 26 cm
Tahun terbit2022
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP
Dilengkapi bonus
Isi bonusGrup belajar CPNS, simulasi CAT CPNS di website, tryout online nasional, gratis download bank soal
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
No.9

Privat Al FaizSukses SKD CPNS 2023

Harga referensi
Rp145.000
Menengah

Panduan lengkap dengan materi terbaru dan strategi pengerjaan terkini

Privat Al Faiz Sukses SKD CPNS 2023 adalah buku panduan yang efektif untuk digunakan calon peserta ujian CPNS. Buku ini mencakup materi terkini, termasuk topik antiradikalisme dan bahasa negara, yang relevan dalam seleksi CPNS saat ini. Produk ini cocok digunakan oleh lulusan baru maupun tenaga profesional yang mengincar jabatan pemerintahan.

Kombinasi materi yang lengkap dengan pendekatan pembelajaran yang sistematis, buku ini membantu calon peserta ujian memahami materi dengan baik. Privat Al Faiz Sukses SKD CPNS 2023 menjadi panduan andal untuk memaksimalkan peluang kesuksesan dalam ujian CPNS.

PenerbitCMedia
ISBN9786025710865
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman400 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
Berat550 gram
Ukuran26 x 19 cm
Tahun terbit2022
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP
Dilengkapi bonus
Isi bonusTidak diketahui
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all
No.10

Tim Bintang PsikologiPedoman Resmi Tes CPNS 2023/2024

Harga referensi
Rp198.000
Agak Mahal

25 paket tes kemampuan bidang yang komprehensif untuk menyempurnakan persiapan ujian Anda

Pedoman Resmi Tes CPNS 2023/2024 menawarkan 25 paket tes kemampuan bidang yang lengkap. Buku ini mencakup beragam topik yang sering diuji dalam seleksi CPNS. Lulusan baru dan profesional yang ingin mempersiapkan diri secara menyeluruh pastinya cocok menggunakan buku ini.

Calon peserta ujian dapat mengandalkan buku ini untuk memahami materi secara mendalam, mengasah keterampilan, dan memperluas pengetahuan mereka. Dengan Pedoman Resmi Tes CPNS 2023/2024, Anda dapat meminimalkan ketidakpastian dan meningkatkan peluang kesuksesan dalam seleksi ASN CPNS ataupun PPPK.

PenerbitSarang Baca
ISBN9786236412060
Lokal/TerjemahanLokal
Jumlah halaman536 halaman
Volume/EdisiTidak diketahui
BeratTidak diketahui
Ukuran19 x 26 cm
Tahun terbit2023
Rating di GoodreadsTidak diketahui
MateriTWK, TIU, TKP
Dilengkapi bonus
Isi bonus4 Apps Android, free CD simulasi CAT, tryout online
Jenis hukum pidanaTidak diketahui
Level pembahasanTidak diketahui
Topik pembahasanTidak diketahui
Alih bahasaTidak diketahui
Rekomendasi pembacaTidak diketahui
Tipe coverTidak diketahui
Thumb indexTidak diketahui
Help sheetTidak diketahui
Latar belakang penulisTidak diketahui
View all

Jadwal dan syarat pendaftaran CPNS

Jadwal dan syarat pendaftaran CPNS

Pada tahun 2023 ini, pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS. Adapun formasi yang diprioritaskan untuk tahun ini adalah tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan. Adapun jadwal pasti pembukaannya sampai saat ini masih belum diumumkan.


Meski demikian, diperkirakan CPNS tahun ini akan mulai digelar pada bulan Juni 2023. Adapun syarat dalam pendaftaran seleksi CPNS adalah sebagai berikut.


  • Berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun ketika melamar sebagai CASN
  • Tak pernah terlibat kasus kriminal
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat di lingkungan pemerintahan
  • Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, anggota TNI, atau Polri
  • Tidak terlibat dalam aktivitas politik praktis
  • Pendidikan sesuai dengan formasi yang dibutuhkan
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bersedia ditempatkan di seluruh NKRI

Baca juga rekomendasi buku akademik lainnya di sini

Untuk menunjang proses belajar, Anda mungkin membutuhkan beberapa buku lainnya. Kami telah mengulas rekomendasi buku akademik lain, seperti buku belajar bahasa Inggris, buku TOEIC, dan sebagainya. Yuk, bukalah tautan di bawah ini dan dapatkan buku terbaik untuk mendampingi Anda belajar.

Kesimpulan

Berhasil lolos tes CPNS bisa menjadi kebanggaan bagi beberapa orang. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya bisa melewati tes dengan nilai sempurna. Jadikan rekomendasi buku-buku CPNS di atas sebagai teman belajar Anda untuk meraih cita-cita menjadi pegawai pemerintahan. 


Agar persiapan Anda lebih matang, perhatikan juga bonus bukunya, ya! Semoga Anda bisa lolos menjadi ASN sesuai formasi yang diinginkan. Selamat memilih dan semangat untuk mengerjakan latihan soalnya!

5 Rekomendasi Buku CPNS terbaik

No. 1: Tim Smart EducationDiktat Pasti Tes Seleksi ASN CPNS 2023/2024

No. 2: Tim Tentor ASN+Modul Resmi Taktis CPNS 2023

No. 3: Tim Redaksi Forum EdukasiKitab Hitam Lolos CPNS 2023-2024

No. 4: Aryo DewantaraThe Best Drilling Tes Masuk Kampus Ikatan Dinas 2024

No. 5: Ferri Ardianzah, Taufik Hidayat Eko Yunianto, dan Rif'an MaghfurModul SKD Kedinasan

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku akademik
  4. 10 Rekomendasi Buku CPNS Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.