• 10 Rekomendasi Film Barbie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Film Barbie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Film Barbie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Film Barbie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Film Barbie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Film Barbie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda termasuk generasi anak 90-an atau 2000-an? Jika ya, pasti Anda kenal dengan film kartun Barbie. Film Barbie biasanya ditayangkan di channel televisi kesayangan Anda. Jika Anda ingin bernostalgia atau menontonnya bersama anak, jangan lewatkan pembahasan cara memilih film Barbie berikut ini.


Kemudian, list rekomendasi film Barbie yang bagus, seperti Fairytopia, Mariposa, dan lainnya akan kami ulas di sini. Kami juga menyediakan link streaming Barbie dalam bahasa Indonesia untuk Anda tonton bersama anak-anak. Yuk, simak pemaparan selengkapnya!

  • Pembaharuan terakhir: 08 Desember 2021
Daftar isi

Barbie, mainan boneka yang ikonik

Film Barbie adalah sebuah film franchise dengan karakter utama Barbie, sebuah boneka mainan anak-anak paling populer di dunia. Barbie sendiri diproduksi oleh Mattel, produsen mainan dari Amerika yang juga menghasilkan Hot Wheels dan Matchbox.

Pada tahun 2001, Mattel mulai serius menggarap film Barbie untuk mendongkrak penjualan boneka mereka. Mattel merilis film CGI pertamanya dalam format video home system (VHS) dan digital versatile disc (DVD). Film Barbie pertama produksi Mattel berjudul Barbie in the Nutcracker. Selanjutnya, Mattel menghasilkan banyak film Barbie dengan cerita-cerita yang seru dan imajinatif.

Cara memilih film Barbie

Hingga saat ini, ada sekitar empat puluh judul film Barbie, termasuk dengan film serialnya. Agar tidak bingung, berikut kami jabarkan cara memilih film Barbie untuk Anda.

Pilih film Barbie berdasarkan generasinya

Tahukah Anda bahwa film Barbie terdiri dari beberapa generasi? Tiap generasi memiliki tema cerita, gaya animasi, serta media distribusi yang berbeda-beda. Yuk, kenali berbagai film Barbie berdasarkan generasinya!

Generasi pertama (sebelum tahun 2000), Barbie bergaya disko

Sebelum merilis Barbie in the Nutcracker, Mattel sebenarnya sudah mempromosikan Barbie lewat stasiun televisi Amerika. Ada dua film yang ditayangkan di TV pada tahun 1987. Film pertama adalah Barbie and the Rockers: Out of This World. Sementara itu, film kedua adalah Barbie and the Sensations: Rockin' Back to Earth.


Sesuai zaman, keduanya didistribusikan dengan format VHS. Selain itu, tidak ada film lain yang diproduksi lagi. Mattel sepertinya lebih fokus untuk mempromosikan Barbie lewat video games dan iklan televisi sebelum tahun 2000.

Generasi kedua (tahun 2001–2009), era keemasan film Barbie

Inilah era favorit para penggemar film Barbie! Pada era ini, Mattel mengeluarkan enam belas film dalam format VHS dan DVD yang semuanya mendapatkan sukses besar. Barbie Nutcracker, Rapunzel, dan Fairytopia adalah beberapa film Barbie yang terkenal dari tahun 2001 hingga 2006.


Kesuksesan film Barbie diikuti hingga tahun 2007 sampai 2009. Sebagai contoh, Fairytopia Magic of the Rainbow, the Island Princess, Mariposa, Diamond Castle, Thumbellina, dan Three Musketeers. Beberapa dari film ini adalah adaptasi dari dongeng klasik yang diceritakan lewat Barbie universe.

Generasi ketiga (tahun 2010–2017), Barbie mulai terkesan modern

Dalam kurun waktu ini, Mattel menghasilkan total dua puluh film Barbie. Pada era ini Mattel mulai bereksperimen dengan memasukkan unsur modern di filmnya. Sebagai contoh, Princess Charm School, Rock 'N Royals, Spy Squad, Star Light Adventure, dan Video Game Hero. Gaya animasi Barbie juga banyak berubah pada era ini.


Selain film, Barbie juga mulai mengeluarkan serial televisi dalam layanan online streaming Netflix. Barbie: Life in the Dreamhouse (2012–2015) dan Barbie LIVE! in the Dreamhouse (2017–2018) adalah kedua serial tersebut.

Generasi keempat (2020–2021), Barbie kembali ke film layar lebar!

Mattel tidak memproduksi film layar lebar sejak tahun 2018 hingga 2019. Barbie Dolphin Magic merupakan film layar lebar terakhir sebelum akhirnya kosong sekitar dua tahun. Mattel lebih aktif membuat serial TV, seperti Barbie Dreamtopia: The Series dan Barbie Dreamhouse Adventures.


Tahun 2020 Mattel kembali aktif membuat film layar lebar berjudul Barbie Princess Adventure. Setelah itu, Mattel melanjutkan memproduksi judul Barbie: Chelsea & The Lost Birthday dan Barbie Big City, Big Dreams. Film-film tersebut bercerita tentang kisah Barbie dalam kehidupan modern dan ditayangkan dalam layanan online streaming.

Lihat peran Barbie dalam film-filmnya

Peran Barbie dalam filmnya berubah-ubah sesuai perkembangan zaman, mulai dari tokoh dongeng, putri kerajaan hingga peri dan putri duyung. Bukan hanya itu, Barbie juga berperan sebagai dirinya sendiri dalam cerita yang modern.

Barbie sebagai putri kerajaan, menggambarkan suka-duka menjadi putri

Sebagian besar film Barbie menceritakan Barbie sebagai putri kerajaan. Salah satunya adalah Barbie as The Princess and the Pauper ketika Barbie berperan sebagai Putri Anneliese atau Erika. 


Kemudian, dalam film Barbie in the 12 Dancing Princesses, Barbie berperan sebagai Putri Genevieve. Ada juga cerita kerajaan dengan sentuhan yang lebih modern. Salah satu contohnya adalah Barbie sebagai Blair Willows dalam film Barbie: Princess Charm School.

Barbie sebagai peri dan putri duyung, sajikan cerita fantasi serta kostum cantik!

Jika Anda suka peri dan putri duyung, tontonlah beberapa film Barbie ini! Barbie pertama kali menjadi peri bunga di Barbie: Fairytopia sebagai Elina. Setelah itu, ada dua sekuel yang mengikutinya, yaitu Barbie Fairytopia: Mermaidia dan Barbie Fairytopia: Magic of the Rainbow. 


Selain rangkaian Fairytopia, ada juga versi spin-off dari tokoh Elina, yaitu seri Mariposa ketika Barbie menjadi peri kupu-kupu. Judul Mariposa ini terdiri dari Barbie: Mariposa dan Barbie: Mariposa & the Fairy Princess. 


Jika Anda lebih suka putri duyung, ikutilah cerita Barbie dalam Barbie: The Pearl Princess ketika menjadi Lumina. Anda juga bisa menonton sekuel Fairytopia, yaitu Barbie Fairytopia: Mermaidia. Ada juga kisah putri duyung versi modern yang bisa disaksikan dalam Barbie in A Mermaid Tale.

Barbie sebagai dirinya sendiri, ikon "it-girl" masa kini

Peran sebagai Barbie itu sendiri lebih sering ditemukan dalam generasi ketiga dan keempat. Sebut saja film Barbie: A Fashion Fairytale, Barbie & Her Sisters in A Pony Tale, dan lain sebagainya. Film terbaru Barbie, seperti Barbie Big City, Big Dreams juga menceritakan Barbie sebagai dirinya sendiri.

Pertimbangkan film serial untuk mengisi waktu luang

Selain film layar lebar, film Barbie terbaru juga ada yang berupa film serial. Film serial Barbie biasanya terdiri dari episode-episode berdurasi pendek, mulai dari 10 sampai 24 menit. Film serial ini, antara lain Barbie Life in the Dreamhouse dan Barbie Dreamhouse Adventures. Karena durasinya pendek tiap episode, film serial ini cocok untuk mengisi waktu luang.

10 Rekomendasi film Barbie terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film Barbie terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Rekomendasi ini kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

Mattel Creations, Rainmaker EntertainmentBarbie Dreamhouse Adventures Go Team Roberts!

Peran BarbieBarbie "Malibu" Roberts
Tahun2019–2020
Rating di IMDb-
Durasi23 menit (26 episode)
9

Mattel TelevisionBarbie & Chelsea The Lost Birthday

Peran BarbieBarbie
Tahun2021
Rating di IMDb5,4 dari 10
Durasi61 menit
8

Mattel Northern Europe, Mattel Television, Mainframe EntertainmentBarbie Princess Adventure

Peran BarbieBarbie
Tahun2020
Rating di IMDb5,6 dari 10
Durasi72 menit
7

Mattel Creations, Rainmaker StudiosBarbie Dolphin Magic

Peran BarbieBarbie
Tahun2017
Rating di IMDb5,7 dari 10
Durasi64 menit
6

Mattel TelevisionBarbie Big City, Big Dreams

Peran BarbieBarbie "Malibu" Roberts
Tahun2021
Rating di IMDb6,0 dari 10
Durasi63 menit
5

Chorion, Mattel CreationsBarbie Dreamtopia

Peran BarbieBarbie
Tahun2017–2018
Rating di IMDb6,1 dari 10
Durasi10–11 menit tiap episode (total 26 episode)
4

Barbie Entertainment, Mattel Entertainment, MattelBarbie: A Fashion Fairytale

Peran BarbieBarbie
Tahun2010
Rating di IMDb6,4 dari 10
Durasi82 menit
3

Rainmaker EntertainmentBarbie as The Island Princess

Peran BarbieRosella
Tahun2007
Rating di IMDb6,5 dari 10
Durasi86 menit
2

Mattel Creations, Rainmaker EntertainmentBarbie Dreamhouse Adventures

Peran BarbieBarbie "Malibu" Roberts
Tahun2018
Rating di IMDb6,8 dari 10
Durasi23 menit (26 episode)
1

Arc Productions, Mattel Inc., Resnick Interactive DevelopmentBarbie Life in the Dreamhouse

Peran BarbieBarbie Roberts
Tahun2012–2015
Rating di IMDb7,4 dari 10
Durasi23–25 menit (82 episode)

Tabel perbandingan film Barbie terbaik

Gambar produk
1
Arc Productions, Mattel Inc., Resnick Interactive Development Barbie Life in the Dreamhouse 1

Arc Productions, Mattel Inc., Resnick Interactive Development

2
Mattel Creations, Rainmaker Entertainment Barbie Dreamhouse Adventures 1

Mattel Creations, Rainmaker Entertainment

3
Rainmaker Entertainment Barbie as The Island Princess 1

Rainmaker Entertainment

4
Barbie Entertainment, Mattel Entertainment, Mattel Barbie: A Fashion Fairytale 1

Barbie Entertainment, Mattel Entertainment, Mattel

5
Chorion, Mattel Creations Barbie Dreamtopia 1

Chorion, Mattel Creations

6
Mattel Television Barbie Big City, Big Dreams 1

Mattel Television

7
Mattel Creations, Rainmaker Studios Barbie Dolphin Magic 1

Mattel Creations, Rainmaker Studios

8
Mattel Northern Europe, Mattel Television, Mainframe Entertainment Barbie Princess Adventure 1

Mattel Northern Europe, Mattel Television, Mainframe Entertainment

9
Mattel Television Barbie & Chelsea The Lost Birthday 1

Mattel Television

10
Mattel Creations, Rainmaker Entertainment Barbie Dreamhouse Adventures Go Team Roberts! 1

Mattel Creations, Rainmaker Entertainment

Nama produk

Barbie Life in the Dreamhouse

Barbie Dreamhouse Adventures

Barbie as The Island Princess

Barbie: A Fashion Fairytale

Barbie Dreamtopia

Barbie Big City, Big Dreams

Barbie Dolphin Magic

Barbie Princess Adventure

Barbie & Chelsea The Lost Birthday

Barbie Dreamhouse Adventures Go Team Roberts!

Keunggulan

Film serial online pertama Barbie

Petualangan keluarga Roberts di rumah impian mereka

Kapal karam dan petualangan mengungkap masa lalu

Kisah fashion modern dengan sentuhan ajaib

Dunia warna-warni milik Chelsea

Film terbaru dengan dua Barbie!

Misi penyelamatan teman baru yang misterius

Ikuti kisah pertukaran peran Barbie dengan putri raja sambil bernyanyi

Seru, pencarian permata ajaib demi mengembalikan hari ulang tahun

Go Team Roberts, yel-yel andalan keluarganya Barbie

Peran BarbieBarbie RobertsBarbie "Malibu" RobertsRosellaBarbieBarbieBarbie "Malibu" RobertsBarbieBarbieBarbieBarbie "Malibu" Roberts
Tahun2012–20152018200720102017–201820212017202020212019–2020
Rating di IMDb7,4 dari 106,8 dari 106,5 dari 106,4 dari 106,1 dari 106,0 dari 105,7 dari 105,6 dari 105,4 dari 10-
Durasi23–25 menit (82 episode)23 menit (26 episode)86 menit82 menit10–11 menit tiap episode (total 26 episode)63 menit64 menit72 menit61 menit23 menit (26 episode)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Selain Barbie, Anda juga bisa melihat rekomendasi film kartun atau film bertema lainnya. Ada artikel anime isekai, film animasi, dan film keluarga. Silakan cek artikel lainnya di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Film Barbie sejak dulu selalu mengandung cerita yang imajinatif dan penuh warna, mulai dari dongeng-dongeng klasik hingga superhero. Barbie menunjukkan bahwa perempuan juga bisa menjadi apa saja yang mereka mau.


Nah, dari daftar rekomendasi kami, film Barbie manakah yang ingin ditonton bersama buah hati Anda? Selamat menonton dan bernostalgia dengan film Barbie favorit Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menonton drama merupakan salah satu cara mengisi waktu luang saat harus di rumah saja. Salah satu yang dapat disaksikan adalah drama China yang banyak ditayangkan di layanan streaming global. Selain genre yang beragam, cerita yang tidak biasa juga menjadi pilihan banyak orang menonton drama China.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi drama China yang bagus untuk Anda. Kami akan merekomendasikan beberapa genre seperti drama romantis, drama kerajaan, atau pun drama dengan tampilan modern untuk Anda. Jadi, apabila Anda sedang bosan dan kehabisan tontonan, ikuti kami, ya!
    Film
  • 9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki King of Bollywood, Shahrukh Khan memang layak menjadi ikon industri perfilman India. Kemampuan aktingnya tak diragukan lagi. Sederet judul film dari berbagai genre mencantumkan namanya sebagai pemeran utama. Sebut saja Kabhi Khushi Kabhi Gham, Don, Kal Ho Naa Ho, dan masih banyak lagi.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih film Shahrukh Khan yang bagus. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi film Shahrukh Khan terbaik dari beragam genre. Film-film pilihan tersebut dapat Anda tonton melalui streaming legal Netflix. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran, bila dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film yang bisa membuat penonton terhanyut dalam suasana sedih, gembira, tegang, bahkan marah, tentu menarik untuk diikuti. Nah, salah satu genre yang menyuguhkan paket komplet tersebut adalah film petualangan atau adventure. Genre ini cocok ditonton bersama keluarga karena cerita dari sebagian film petualangan dibuat ramah untuk anak.Di antara sekian banyak film petualangan, ada beberapa film yang recommended dan sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, kami akan membahas cara memilih film petualangan terbaik dan merekomendasikan sepuluh film yang bagus untuk Anda tonton. Simak terus pembahasannya dan pilihlah film yang Anda suka!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film perang identik dengan ketegangan aksi dan drama kemanusiaan. Kisahnya kerap menyayat hati sekaligus penuh gelora berkat semangat patriotik yang diusungnya. Alhasil, menonton film perang kerap menimbulkan perasaan yang campur-aduk.Ada banyak film perang yang bagus dan juga layak ditonton. Nah, kami akan menyajikan cara memilih diikuti rekomendasi film perang terbaik, seperti Inglourious Basterds, The King, serta Jojo Rabbit. Anda bisa menikmati film-film tersebut di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Silakan pilih film kesukaan Anda, tentunya dengan mempertimbangkan cara memilih di bawah ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga lainnya, silakan baca artikel ini sampai habis. 
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori