• 10 Masker Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Masker collagen mampu meningkatkan kadar collagen alami kulit sehingga efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Masker ini memiliki beragam variasi, seperti untuk wajah, bibir, atau mata. Collagen sleeping mask juga banyak diminati masyarakat. 


Karena itu, kami akan membagikan tips memilih masker collagen yang bagus. Kami juga memiliki rekomendasi merek populer, seperti masker collagen ERHA, CELEBON, dan Viva. Masker collagen untuk mengatasi keriput dan mencerahkan wajah juga ada. Simak sampai selesai, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.


Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker collagen

Saat ini, ada banyak merek masker collagen berkualitas yang dijual di pasaran. Setiap merek memiliki keunggulan yang ditawarkan. Untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan, berikut ini adalah tips yang dapat Anda ikuti. 

Ketahui jenis collagen-nya

Ketahui jenis collagen-nya

Collagen merupakan senyawa protein yang menjadi komponen utama kulit serta berperan dalam menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Selain itu, collagen juga dapat menunjang regenerasi sel sehingga efektif membantu memperbaiki kerusakan kulit. Hal tersebut menjadikan produk yang mengandung collagen baik untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput atau garis-garis halus.


Terlebih lagi, penelitian mendapatkan efek anti-aging yang serupa antara collagen yang diberikan secara oral dan topikal. Itu sebabnya aplikasi masker yang mengandung collagen akan serupa manfaatnya bagi kulit dengan mengonsumsi minuman collagenCollagen itu sendiri diperoleh dari binatang darat (bovine, porcine, ovine collagen), binatang laut (marine collagen), atau dari tumbuhan (phytocollagen).


Namun, apabila langsung diaplikasikan di permukaan kulit sebagai produk skincare, collagen akan sulit untuk masuk secara sempurna. Hal ini karena berat molekulnya yang besar. Dengan ditemukannya metode hidrolisis enzimatik, molekul collagen dapat dipecah menjadi lebih kecil sehingga berat molekulnya lebih rendah. Dengan begitu, molekul collagen dapat lebih mudah masuk ke dalam kulit. Collagen ini disebut hydrolyzed collagen.


Collagen juga dapat diekstrak dari jaringan menggunakan metode fermentasi oleh mikroorganisme seperti Lactobacillus. Collagen yang didapat melalui cara ini memiliki kualitas dan kemurnian yang lebih baik dan disebut collagen ferment filtrate.

Kenali kandungan untuk meningkatkan kadar collagen alami kulit

Sebenarnya, tubuh dapat memproduksi collagen secara alami. Akan tetapi, proses pembentukan collagen alami dapat terhambat karena beberapa faktor, seperti penuaan. Masker collagen memiliki kandungan yang dapat membantu menambah kadar collagen di dalam kulit. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang biasanya ada di dalam masker collagen.

Hyaluronic acid, membantu meningkatkan kadar air dalam kulit

Hyaluronic acid, membantu meningkatkan kadar air dalam kulit

Sama halnya dengan collagen, hyaluronic acid atau asam hialuronat juga diproduksi secara alami oleh tubuh. Senyawa yang juga disebut sodium hyaluronate ini memiliki tekstur yang kental seperti gel dan mampu mengikat air.  Hal itulah yang membuatnya berperan penting dalam menjaga kelembapan alami kulit.


Hyaluronic acid juga merupakan salah satu komponen pembentuk collagen alami kulit. Oleh karena itu, banyak masker collagen yang menjadikannya sebagai bahan utama. Masker collagen dengan hyaluronic acid umumnya memiliki daya melembapkan yang sangat baik. Anda yang memiliki jenis kulit kering dapat memilih masker collagen dengan kandungan ini.

Niacinamide, efektif memulihkan kulit dari berbagai masalah

Niacinamide, efektif memulihkan kulit dari berbagai masalah

Niacinamide tentunya sudah tidak asing bagi Anda pencinta skincare. Niacinamide merupakan turunan dari niacin atau vitamin B3 dan dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit.


Banyaknya kegunaan niacinamideseperti menyembuhkan jerawat dan mencerahkan wajah, membuatnya sering diincar sebagai bahan aktif dalam produk skincare. Tidak hanya itu, niacinamide juga mampu menjaga kelembapan alami kulit dan mengontrol minyak di wajah


Apa yang membuat niacinamide baik untuk memulihkan kulit? Hal itu karena niacinamide mampu merangsang pembentukan collagen dan mempercepat proses peremajaan kulit. Itu sebabnya niacinamide dapat berperan sebagai anti-aging, anti-acne, dan brightening agent. Jika ingin mendapatkan banyak manfaat dalam satu produk, pilihlah masker collagen dengan niacinamide.

Aloe vera, bahan alami yang menyegarkan kulit

Aloe vera, bahan alami yang menyegarkan kulit

Aloe vera memiliki banyak manfaat untuk tubuh sehingga sering dimanfaatkan dalam berbagai macam industri, termasuk kecantikan. Aloe vera atau lidah buaya banyak digunakan dalam produk skincare karena kemampuannya yang baik dalam melembapkan. Tidak hanya itu, Aloe vera juga berperan sebagai soothing agent yang dapat menenangkan kulit yang meradang


Aloe vera termasuk salah satu bahan yang dapat membantu meningkatkan produksi collagen dalam kulit. Hal itu membuatnya terkenal ampuh membantu penyembuhan luka di kulit. Masker collagen dengan kandungan Aloe vera biasanya sangat baik untuk melembapkan dan mengurangi sensitivitas kulit. Anda yang memiliki jenis kulit sensitif dapat menjadikannya sebagai pilihan.


Anda juga dapat menyimak rekomendasi kami tentang masker lidah buaya yang ditinjau oleh cosmetologist melalui link berikut ini.

Sesuaikan dengan area yang ingin dirawat

Ada berbagai macam jenis masker collagen sesuai dengan area penggunaannya, seperti eye mask, lip mask, dan face mask. Setiap jenis memiliki formula yang disesuaikan untuk area wajah tertentu. Anda dapat menyesuaikan dengan area wajah mana yang ingin Anda rawat.

Untuk merawat area wajah yang luas, gunakan face mask

Face mask adalah jenis masker yang diformulasikan untuk merawat area wajah secara keseluruhan. Umumnya, face mask dapat digunakan untuk merawat area pipi, dahi, hidung, dan dagu. Akan tetapi, face mask kurang cocok untuk area mata dan bibir. Dari segi bentuk, setidaknya ada dua tipe face mask yang umum dijual di pasaran, yaitu tipe krim dan sheet. 


Face mask tipe krim mudah diratakan ke seluruh bagian kulit sehingga lebih fleksibel dalam hal penggunaan. Salah satu contoh face mask bertekstur krim adalah Viva Waterdrop Sleeping Mask. 


Sementara itu, sheet mask merupakan lembaran yang disesuaikan dengan bentuk wajah. Sheet mask sangat praktis digunakan karena dapat langsung ditempelkan ke wajah.

Untuk merawat area wajah tertentu, gunakan eye mask atau lip mask

Kulit di area mata dan bibir memiliki karakteristik yang berbeda sehingga kurang efektif bila Anda menggunakan face mask. Untuk kulit di area mata, Anda dapat menggunakan eye mask atau sering disebut eyepatch.


Eye mask memiliki formula yang disesuaikan dengan kulit area mata sehingga lebih aman dan melembapkan. Masker jenis ini paling baik untuk melawan masalah mata panda, kantong mata, dan kerut halus di sekitar mata.


Bibir memiliki jaringan kulit yang lebih tipis. Jadi, Anda tidak boleh menggunakan sembarang masker. Untuk merawat kulit area bibir, gunakanlah masker jenis lip mask. Masker bibir biasanya memiliki kandungan pelembap yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi berbagai masalah bibir, misalnya bibir pecah-pecah.

Apabila Anda khawatir akan risiko alergi, pilih yang bahan utamanya alami

Apabila Anda khawatir akan risiko alergi, pilih yang bahan utamanya alami

Beberapa orang enggan memakai masker karena khawatir tidak cocok dengan kulit mereka yang sensitif. Apakah Anda juga salah satunya? Jika iya, kami sarankan memilih masker collagen dari bahan-bahan alami atau sering disebut dengan masker organik. Masker organik umumnya memiliki bahan utama dari tanaman atau buah-buahan dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi


Masker organik memiliki formula yang lebih lembut di kulit karena terbuat dari bahan-bahan alami. Itu sebabnya masker organik jarang memicu terjadinya alergi, iritasi kulit, atau break out. Melihat karakteristiknya, masker organik sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.


Selain itu, kulit sensitif sebaiknya memilih masker yang bebas zat aditif, seperti pewangi dan pewarna. Hindari pula produk yang mengandung alkohol serta bahan dengan konsentrasi terlalu tinggi, seperti astringent dan eksfolian kuat.


Sebaliknya, Anda dapat mencari produk dengan tambahan bahan yang menenangkan kulit (soothing). Beberapa contohnya adalah Aloe vera, chamomile, calendula, oatmeal, panthenol, niacinamide, dan allantoin.

10 Rekomendasi masker collagen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker collagen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10

BRUNBRUN ParisNatural Collagen Anti Aging Mask

Mulai dari Rp 15.900,00

Jenis Sheet mask
Isi 1 sheet
Area penggunaan Wajah
Jenis collagen Hydrolyzed collagen
Hyaluronic acid
Niacinamide x
Aloe verax
Bahan anti-acne Hamamelis virgiana (witch hazel)
Bahan anti-aging Centella asiatica extract, human oligopeptide-1
Bahan pencerah Glycine soja seed extract
Bahan pelembap Glycerin, butylene glycol, betaine
9

Holika Holika Golden Monkey Glamour Lip 3 Step Kit

20014077

Mulai dari Rp 78.000,00

Jenis Lip mask
Isi 3 sheet
Area penggunaan Bibir
Jenis collagen Hydrolyzed collagen
Hyaluronic acid
Niacinamide x
Aloe verax
Bahan anti-acne Tidak ada keterangan
Bahan anti-aging Rosemary flower extract, copper tripeptide-1, acetyl hexapeptide-8, witch hazel extract, Portulaca oleracea extract, tocopheryl acetate
Bahan pencerah Tidak ada keterangan
Bahan pelembap Glycerin, butylene glycol, propanediol, caprylyl glycol, beta-glucan, honey extract, Ceratonia siliqua gum, triethylhexanoin, shea butter, jojoba seed oil, diisostearyl malate, mineral oil, dimethicone, Equisetum arvense extract
8
Jenis Sheet mask
Isi 1 sheet
Area penggunaan Wajah
Jenis collagen Collagen ferment filtrate (lactobacillus)
Hyaluronic acid
Niacinamide x
Aloe vera
Bahan anti-acne Tidak ada keterangan
Bahan anti-aging Bifida ferment lysate, copper tripeptide-1, acetyl hexapeptide-8, Zanthoxylum piperitum fruit extract, adenosine
Bahan pencerah Tidak ada keterangan
Bahan pelembap Galactomyces ferment filtrate, glycerin, propanediol, pentylene glycol, butylene glycol, Althaea rosea root extract, betaine, panthenol, ceramide NP
7

Martina BertoSariayu Peel-Off Mask Econature Nutreage

Mulai dari Rp 94.500,00

Jenis Peel-off mask
Isi 50 gram
Area penggunaan Wajah
Jenis collagen Marine collagen
Hyaluronic acid x
Niacinamide x
Aloe verax
Bahan anti-acne Tidak ada keterangan
Bahan anti-aging Palmitoyl pentapeptide-4
Bahan pencerah Tidak ada keterangan
Bahan pelembap Propanediol, glycerin, butylene glycol, panthenol, dipotassium glycyrrhizate
6

Cakra Daya MakmurVienna Collagen Eye Pads Cucumber

Mulai dari Rp 21.000,00

Jenis Eye-patch
Isi 4 sheet
Area penggunaan Lingkar mata
Jenis collagen Tidak ada keterangan
Hyaluronic acid
Niacinamide
Aloe verax
Bahan anti-acne Niacinamide
Bahan anti-aging Ascorbyl methylsilanol pectinate
Bahan pencerah Oil soluble licorice (glycyrrhiza) extract
Bahan pelembap Dimethylsilanol hyaluronate, cucumber fruit extract, Equisetum arvense extract, butylene glycol, glycerin, propylene glycol
5
Jenis Eye mask
Isi 2 sheet x 10 sachet
Area penggunaan Bawah mata
Jenis collagen Hydrolyzed collagen
Hyaluronic acid x
Niacinamide
Aloe vera
Bahan anti-acne Sodium ascorbyl phosphate
Bahan anti-aging Tocopheryl acetate, retinyl palmitate
Bahan pencerah Tidak ada keterangan
Bahan pelembap Butylene glycol, glycerin, peg-60, hydrogenated castor oil
4

MEDIHEAL Collagen Impact Essential Mask REX

Mulai dari Rp 29.000,00

Jenis Sheet mask
Isi 1 sheet
Area penggunaan Wajah
Jenis collagen Hydrolyzed collagen
Hyaluronic acid
Niacinamide x
Aloe vera
Bahan anti-acne Sodium ascorbyl phosphate
Bahan anti-aging Tocopheryl acetate, acetyl hexapeptide-8
Bahan pencerah Dipotassium glycyrrhizate
Bahan pelembap Butylene glycol, glycerin, hydrolyzed elastin, dipotassium glycyrrhizate, panthenol, trehalose, betaine
3

CELEBONPearl Collagen Essence Mask

Mulai dari Rp 23.000,00

Jenis Sheet mask
Isi 1 sheet
Area penggunaan Wajah
Jenis collagen Hydrolyzed collagen (1,259 ppm)
Hyaluronic acid x
Niacinamide x
Aloe vera
Bahan anti-acne Tidak ada keterangan
Bahan anti-aging Portulaca oleracea extract, tocopheryl cetate
Bahan pencerah Tidak ada keterangan
Bahan pelembap Glycerin, butylene glycol, beta-glucan, panthenol
2
Jenis Sheet mask
Isi 1 sheet
Area penggunaan Wajah
Jenis collagen Phytocollagen
Hyaluronic acid x
Niacinamide x
Aloe verax
Bahan anti-acne Tidak ada keterangan
Bahan anti-aging Tidak ada keterangan
Bahan pencerah Licorice extract, orange fruit extract
Bahan pelembap Butylene glycol, dipotassium glycyrrhizate
1

VitapharmViva Cosmetics Waterdrop Sleeping Mask

Mulai dari Rp 27.500,00

Jenis Sleeping mask
Isi 80 gram
Area penggunaan Wajah
Jenis collagen Hydrolyzed collagen
Hyaluronic acid x
Niacinamide x
Aloe vera
Bahan anti-acne Tidak ada keterangan
Bahan anti-aging Citric acid
Bahan pencerah Licorice root extract
Bahan pelembap Cyclopentasiloxane, propylene glycol, isopropyl palmitate, dimethicone, betaine, glycerin

Tabel perbandingan produk masker collagen terbaik

Gambar produk
1
Vitapharm Viva Cosmetics Waterdrop Sleeping Mask  1

Vitapharm

2
ERHA Collagen Mask  1

ERHA

3
CELEBON Pearl Collagen Essence Mask 1

CELEBON

4
MEDIHEAL  Collagen Impact Essential Mask REX 1

MEDIHEAL

5
Qiansoto Eye Patch Mask Gold 1

6
Cakra Daya Makmur Vienna Collagen Eye Pads Cucumber 1

Cakra Daya Makmur

7
Martina Berto Sariayu Peel-Off Mask Econature Nutreage  1

Martina Berto

8
Benton Fermentation Mask Pack 1

Benton

9
Holika Holika  Golden Monkey Glamour Lip 3 Step Kit 1

Holika Holika

10
BRUNBRUN Paris Natural Collagen Anti Aging Mask 1

BRUNBRUN Paris

Nama produk

Viva Cosmetics Waterdrop Sleeping Mask

Collagen Mask

Pearl Collagen Essence Mask

Collagen Impact Essential Mask REX

Qiansoto Eye Patch Mask Gold

Vienna Collagen Eye Pads Cucumber

Sariayu Peel-Off Mask Econature Nutreage

Fermentation Mask Pack

Golden Monkey Glamour Lip 3 Step Kit

Natural Collagen Anti Aging Mask

Keunggulan

Perbaiki kelembapan alami kulit saat Anda tidur

Manfaat 3 in 1 untuk semua jenis kulit wajah

Bahan aktifnya membuat kulit bercahaya bagaikan mutiara

Kaya akan kandungan anti aging, kulit senantiasa awet muda

Rahasia untuk kulit mata yang cantik

Solusi praktis untuk pulihkan mata lelah

Detoksifikasi kulit dengan formula tinggi antioksidan

Tingkatkan skin barrier dengan bahan aktif yang difermentasi

Dapatkan bibir yang menawan dengan 3 langkah jitu

Cukup 15 menit, wajah menjadi lembut dan segar

Harga mulai dariRp 27.500,00Rp 24.200,00Rp 23.000,00Rp 29.000,00Rp 45.000,00Rp 21.000,00Rp 94.500,00Rp 45.000,00Rp 78.000,00Rp 15.900,00
Jenis Sleeping mask Sheet mask Sheet mask Sheet mask Eye mask Eye-patch Peel-off mask Sheet mask Lip mask Sheet mask
Isi 80 gram 1 sheet 1 sheet 1 sheet 2 sheet x 10 sachet 4 sheet 50 gram 1 sheet 3 sheet 1 sheet
Area penggunaan Wajah Wajah Wajah Wajah Bawah mata Lingkar mata Wajah Wajah Bibir Wajah
Jenis collagen Hydrolyzed collagen Phytocollagen Hydrolyzed collagen (1,259 ppm)Hydrolyzed collagenHydrolyzed collagenTidak ada keterangan Marine collagenCollagen ferment filtrate (lactobacillus)Hydrolyzed collagenHydrolyzed collagen
Hyaluronic acid xxxxx
Niacinamide xxxxxxxx
Aloe veraxxxxx
Bahan anti-acne Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Sodium ascorbyl phosphateSodium ascorbyl phosphate NiacinamideTidak ada keterangan Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Hamamelis virgiana (witch hazel)
Bahan anti-aging Citric acidTidak ada keterangan Portulaca oleracea extract, tocopheryl cetate Tocopheryl acetate, acetyl hexapeptide-8Tocopheryl acetate, retinyl palmitate Ascorbyl methylsilanol pectinatePalmitoyl pentapeptide-4 Bifida ferment lysate, copper tripeptide-1, acetyl hexapeptide-8, Zanthoxylum piperitum fruit extract, adenosineRosemary flower extract, copper tripeptide-1, acetyl hexapeptide-8, witch hazel extract, Portulaca oleracea extract, tocopheryl acetateCentella asiatica extract, human oligopeptide-1
Bahan pencerah Licorice root extract Licorice extract, orange fruit extractTidak ada keterangan Dipotassium glycyrrhizateTidak ada keteranganOil soluble licorice (glycyrrhiza) extractTidak ada keterangan Tidak ada keterangan Tidak ada keterangan Glycine soja seed extract
Bahan pelembap Cyclopentasiloxane, propylene glycol, isopropyl palmitate, dimethicone, betaine, glycerin Butylene glycol, dipotassium glycyrrhizateGlycerin, butylene glycol, beta-glucan, panthenol Butylene glycol, glycerin, hydrolyzed elastin, dipotassium glycyrrhizate, panthenol, trehalose, betaineButylene glycol, glycerin, peg-60, hydrogenated castor oil Dimethylsilanol hyaluronate, cucumber fruit extract, Equisetum arvense extract, butylene glycol, glycerin, propylene glycolPropanediol, glycerin, butylene glycol, panthenol, dipotassium glycyrrhizateGalactomyces ferment filtrate, glycerin, propanediol, pentylene glycol, butylene glycol, Althaea rosea root extract, betaine, panthenol, ceramide NPGlycerin, butylene glycol, propanediol, caprylyl glycol, beta-glucan, honey extract, Ceratonia siliqua gum, triethylhexanoin, shea butter, jojoba seed oil, diisostearyl malate, mineral oil, dimethicone, Equisetum arvense extractGlycerin, butylene glycol, betaine
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar masker collagen

Pertanyaan umum seputar masker collagen

Selain cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga akan membahas pertanyaan populer seputar masker collagen. Yuk, langsung simak info selengkapnya di bawah ini.

Apakah kolagen memiliki efek samping untuk kulit?

Penelitian-penelitian mengenai efektivitas collagen yang dioleskan pada kulit tidak mendapatkan adanya efek samping dari kandungan collagen tersebut. Namun, bahan-bahan lain yang mungkin dapat menyebabkan alergi atau iritasi sering kali ditambahkan dalam pembuatan collagen skincare.


Karena itu, Anda direkomendasikan untuk selalu melakukan patch test saat akan mencoba skincare yang baru. Skincare sebaiknya tidak dilanjutkan apabila muncul ruam, gatal, kemerahan yang berlebihan, bengkak, perih, atau break out.

Baca juga rekomendasi masker wajah lainnya di sini

Memakai masker wajah adalah salah satu cara praktis untuk melawan masalah kulit. Kami masih memiliki banyak rekomendasi masker wajah dengan kandungan yang kaya manfaat, seperti charcoal, spirulina, dan oatmeal. Ada juga masker yang dapat mencerahkan wajah dan melawan jerawat. Untuk Anda yang penasaran, link-nya ada di bawah ini. 

Kesimpulan

Wajah yang kencang dan terlihat awet muda tentunya menjadi dambaan semua orang. Rajin memakai masker collagen dapat membantu mewujudkannya. Jangan lupa untuk memilih produk dengan kandungan sesuai jenis dan masalah kulit. 


Selesai sudah pembahasan kali ini mengenai masker collagen. Semua produk yang ada dalam rekomendasi memiliki kualitas yang sangat bagus. Kira-kira produk mana yang telah Anda pilih? Semoga tips dari kami memudahkan Anda menemukan produk yang tepat. 

Artikel terkait

  • 10 Shaving Gel (Gel Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shaving Gel (Gel Cukur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Shaving gel atau gel cukur berfungsi sebagai pelumas bercukur dan meminimalkan kemungkinan terluka. Shaving gel cocok untuk Anda yang ingin mencukur jenggot ataupun kumis.Saat ini ada banyak merek shaving gel yang bagus, seperti Gillette dan The Body Shop. Produknya pun bervariasi, ada shaving gel untuk pria maupun wanita. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan membagikan sepuluh rekomendasi shaving gel terbaik. Namun, kami akan menjelaskan lebih dahulu tips cara memilihnya. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Galih Manggala. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • 9 Face Emulsion Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    9 Face Emulsion Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 30-an, kulit Anda akan mulai terasa kering, muncul noda hitam, dan terlihat kusam. Nah, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk perawatan kulit, termasuk face emulsion. Kandungan yang dibutuhkan dari face emulsion untuk usia 30-an pastinya berbeda dengan produk untuk usia 20-an. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih face emulsion yang tepat untuk Anda yang berusia 30-an. Merek ternama, seperti SK-II dan Shiseido juga masuk dalam rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Oatmeal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Oatmeal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin sudah tahu bahwa oatmeal adalah salah satu makanan yang baik untuk pencernaan. Namun, tahukah Anda bahwa oatmeal juga dapat memberikan manfaat bagi kulit wajah? Tidak heran, saat ini ada banyak masker untuk wajah yang kandungan utamanya berupa oatmeal.Artikel kali ini secara khusus akan membahas tentang masker oatmeal. Agar Anda bisa menemukan masker oatmeal yang bagus, kami juga akan menginformasikan kiat-kiat memilihnya. Review dan rekomendasi merek masker oatmeal ternama, seperti Everwhite, Freeman, dan St. Ives juga ada. Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
  • 7 Rekomendasi Toner The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    7 Rekomendasi Toner The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    The Body Shop merupakan salah satu merek kecantikan ternama yang turut mengeluarkan beragam produk toner. Fungsi utama toner adalah untuk membersihkan wajah. Selain itu, toner juga memiliki manfaat lain untuk kulit. The Body Shop memiliki beberapa varian toner yang bagus dengan manfaat berbeda sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih toner The Body Shop kepada Anda. Tak lupa, kami pun telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik, seperti varian Tea Tree, Aloe Calming, dan serta Seaweed Oil Balancing. Mari simak informasi selengkapnya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare Olay Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare Olay Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Olay yang berawal dari nama Oil of Olay merupakan salah satu merek perawatan kulit sejak 1952. Skincare Olay memiliki varian yang beragam sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Ada beberapa produk Olay terbaik, seperti Total Effects, Regenerist, Natural White, dan White Radiance.Pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi produk Olay yang bagus, baik untuk remaja maupun usia 40 tahun ke atas. Berbagai macam produk untuk mencerahkan, kulit kering, kulit berminyak, dan anti-aging dapat Anda temui di bawah ini. Namun, sebelum menyimak rekomendasi produknya, mari cermati cara memilihnya terlebih dahulu.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare Somethinc Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare Somethinc Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Skincare Somethinc sedang marak diminati oleh beauty enthusiast tanah air. Somethinc adalah merek beauty care lokal yang produknya laris manis di pasaran. Produk skincare Somethinc cukup beragam dan bisa diandalkan untuk berbagai masalah kulit, seperti kulit berjerawat, kusam, kering, dan sebagainya. Kali ini kami akan mengulas tips memilih skincare Somethinc yang bagus untuk permasalahan kulit Anda. Beberapa produk best seller Somethinc, seperti Game Changer, Glow Maker, dan Jelly Cleanser, akan kami ulas untuk Anda. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Ariul Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Ariul Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta sheet mask? Salah satu merk sheet mask Korea yang banyak dicari belakangan ini adalah Ariul. Ariul muncul di Indonesia dengan produk 7 Days Mask yang begitu iconic. Selain itu, masih ada Mood Maker Mask dan Watermelon Sheet Mask. Harganya pun pas di kantong.Di artikel kali ini kami akan membahas masker Ariul. Simak tips kami dalam memilih produknya serta rekomendasi masker Ariul terbaik. Anda bisa memilih masker Ariul untuk jerawat, kulit kering, dan berbagai kebutuhan kulit lainnya. Temukan  masker Ariul yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Centella Asiatica Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Centella asiatica dikenal dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan seperti jerawat dan penuaan dini. Salah satu produk skincare yang sering memanfaatkannya adalah serum. Namun, serum Centella Asiatica manakah yang paling tepat untuk Anda?Kali ini kami akan mengulas cara memilih serum yang mengandung Centella asiatica. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk yang bagus dari sejumlah merek. Ada produk internasional SKIN1004 Madagascar Centella Ampoule, serta produk lokal dari N'Pure dan Avoskin. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Innisfree Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Innisfree Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen menjadi produk perawatan kulit yang sering dilupakan, padahal penting sekali untuk menggunakannya. Sunscreen menjaga kulit Anda dari efek buruk sinar UV. Memang ada banyak merek sunscreen di pasaran, tetapi kali ini kami akan memperkenalkan sunscreen dari Innisfree.Innisfree memiliki sunscreen yang bebas alkohol dan beberapa produknya dibuat khusus untuk kulit sensitif. Jadi, kami akan memberikan rekomendasi beberapa sunscreen Innisfree yang bagus. Contoh produknya adalah Daily Soft Sunscreen Stick, Intensive Triple-shield Sunscreen, dan Daily Mild Sunscreen. Sebelumnya, simak dahulu tips memilihnya dari kami, ya.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Madame Gie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Madame Gie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Madame Gie adalah merk kosmetik serta produk perawatan kulit milik salah satu selebritas yaitu Gisella Anastasia. Merk ini menghadirkan produk-produk makeup dan skincare yang bagus dengan harga terjangkau, salah satunya masker wajah. Masker Madame Gie cukup variatif, mulai dari jenis peel off sampai sheet mask.Bahan aktifnya pun sangat beragam sehingga manfaat yang ditawarkan juga bermacam-macam. Berikut ini kami siapkan tips memilih agar Anda lebih mudah memilih produk masker Madame Gie yang sesuai. Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai akhir sebab kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda.
    Perawatan wajah
  • Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam.Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah terbaik yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk merek Wardah, mulai dari eye cream, serum, hingga sunscreen ada dalam rekomendasi. Yuk, cari tahu cara memilih produk Wardah yang bagus dan keunggulan dari tiap-tiap produknya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Safi Terbaik untuk Kulit Beminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Safi Terbaik untuk Kulit Beminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2022)
    Safi adalah brand skincare asal Malaysia yang diluncurkan juga di Indonesia pada 2018. Safi menggabungkan bahan-bahan alami dan teknologi modern untuk proses produksi yang halal. Harga produk Safi cenderung terjangkau sehingga tidak heran brand ini sukses mencuri hati para wanita Indonesia.Artikel kali ini akan fokus membahas produk Safi untuk kulit berminyak dan berjerawat. Tips memilih dan rekomendasi produk Safi yang bagus sudah kami siapkan. Beberapa di antaranya adalah White Expert Makeup Remover, Acne Expert Acne Treatment Gel, dan White Natural Anti Acne Cream. Yuk, langsung pada pembahasannya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori