1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2023)

Waktu luang tidak selalu diisi dengan bepergian keluar rumah. Anda bisa menghabiskan waktu menyenangkan di rumah dengan menonton film di situs streaming legal seperti Netflix. Jika Anda kebingungan memilih film yang ingin ditonton, film Jepang bercerita romantis bisa menjadi pilihan. 


Tidak kalah dengan Korea dan Thailand, Jepang juga memiliki segudang film romantis menarik, mulai dari komedi romantis yang menghibur hingga yang menguras air mata. Anda juga bisa menemukan film romantis terbaru bertema anak sekolah. Film romantis adaptasi novel atau manga terbaik sepanjang masa juga layak masuk dalam list rekomendasi.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih film Jepang bercerita romantis

Ada cukup banyak film Jepang bercerita romantis yang menarik untuk ditonton melalui situs streaming legal langganan Anda. Saking banyaknya, Anda pasti bingung untuk memilih. Tips berikut ini bisa menjadi panduan untuk Anda. Selamat membaca!

① Pilih berdasarkan jenis filmnya

Sama seperti film pada umumnya, film romantis Jepang juga bisa dikategorikan ke dalam tiga jenis, yaitu animasi, live action, dan nonanimasi. Dari tiga jenis tersebut, mana yang paling Anda sukai?

Film animasi: Tidak hanya menyuguhkan karakter yang unik, tetapi ceritanya juga menarik

Film animasi: Tidak hanya menyuguhkan karakter yang unik, tetapi ceritanya juga menarik
Sumber: netflix.com

Film animasi Jepang atau lebih dikenal dengan sebutan anime memiliki daya tarik tersendiri. Anime identik dengan tontonan yang menyajikan kombinasi seni, karakter, dan tokoh yang kuat dengan visualisasi menarik. Jika Anda berpikir bahwa anime hanyalah tontonan anak-anak, Anda keliru. Beberapa film animasi Jepang bahkan berhasil menembus box office dan menyabet penghargaan.


Film animasi Jepang yang mengusung cerita romantis bisa menjadi pilihan tontonan untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Tidak hanya visualisasi dan grafisnya yang memukau, jalan cerita yang diusung juga bervariasi dan sulit ditebak.

Live action: Diangkat dari cerita anime dan manga, menyuguhkan visualisasi nyata

Live action: Diangkat dari cerita anime dan manga, menyuguhkan visualisasi nyata
Sumber: netflix.com

Istilah live action di industri perfilman Jepang merujuk pada film yang diproduksi berdasarkan cerita manga (komik Jepang) dan anime. Dalam pembuatan film live action, karakter dan jalan cerita dibuat semirip mungkin dengan manga atau anime yang diadaptasi. Tidak sembarang anime dan manga bisa diangkat menjadi live action, hanya yang populer dan banyak diminati penggemar. 


Live action rata-rata diangkat dari cerita manga atau anime dengan genre action. Namun, belakangan, live action adaptasi anime dan manga dengan genre romance juga banyak diproduksi. Jika Anda menginginkan cerita manga atau anime yang divisualisasikan secara nyata, maka live action movie bisa menjadi pilihan.

Film nonanimasi : Mengusung cerita baru yang tidak kalah menarik untuk disaksikan

Film nonanimasi : Mengusung cerita baru yang tidak kalah menarik untuk disaksikan
Sumber: netflix.com

Tidak bisa dipungkiri, industri perfilman Jepang memang didominasi oleh film animasi dan live action. Namun, bukan berarti film nonanimasinya tidak menarik. Beberapa film Jepang romantis nonanimasi dengan cerita baru dan segar juga bisa dipertimbangkan untuk ditonton. 


Selain mengusung cerita baru, beberapa film nonanimasi juga ada yang dibuat berdasarkan adaptasi novel ataupun film dari luar. Contohnya adalah film Norwegian Wood yang diadaptasi dari novel karya Haruki Murakami dan Your Eyes Tell yang diadaptasi dari film asal Korea Selatan berjudul Always. 

② Tentukan pilihan berdasarkan subgenre-nya

Selanjutnya, tentukan film Jepang romantis yang ingin Anda tonton berdasarkan subgenre-nya. Film romance memiliki sejumlah subgenre dengan karakteristik masing-masing. Beberapa subgenre populer dalam film romance Jepang akan kami bahas satu-persatu.

Teen romance, cerita yang segar dan nostalgic

Teen romance, cerita yang segar dan nostalgic

Anda pasti setuju jika kisah cinta masa remaja merupakan kisah cinta yang manis, sangat membekas, dan susah dilupakan. Meskipun ditonton berkali-kali, kisah cinta remaja tidak pernah membosankan. Anda yang ingin menonton sekaligus bernostalgia masa remaja, film romantis Jepang dengan subgenre ini bisa menjadi pilihan.


Mengangkat kisah cinta manis dengan teman sekelas, teman karib, atau kakak kelas, film bertema teen romance pasti membuat Anda baper dan senyum-senyum sendiri. Dengan mengusung setting latar sekolah dan dibumbui kisah persahabatan, film teen romance akan membantu Anda mengenang kembali masa-masa berharga yang telah berlalu.

Melodrama, cerita yang menguras air mata

Melodrama, cerita yang menguras air mata

Biasanya orang-orang menonton film untuk mencari hiburan. Alih-alih memilih film sedih yang menguras air mata, mereka cenderung memilih film yang mampu memancing tawa dan mencairkan suasana. Namun, tidak sedikit juga yang lebih senang menonton film emosional dan memancing kesedihan. 


Bagi beberapa orang, film melodrama yang menguras air mata justru menjadi sarana meluapkan beban emosi yang terpendamSetelah emosi terluapkan, beban pikiran menjadi lebih ringan. Jika tertarik, Anda bisa memilih film dengan subgenre ini. Ada cukup banyak film romantis Jepang dengan cerita melodrama yang mampu mengaduk-aduk perasaan Anda. Jangan lupa siapkan tisu sebelum menonton, ya!

Romantic comedy, cerita yang memancing tawa

Romantic comedy, cerita yang memancing tawa

Subgenre romantic comedy atau romcom mengusung kisah romantis dengan bumbu komedi di alur ceritanya. Humor dalam film komedi romantis sangat variatif, bisa di dalam dialog, narasi, situasi hingga penokohan karakternya. 


Film romantis dengan subgenre ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Anda tidak akan melulu disuguhi adegan manis dan hangat khas film romantis. Hal-hal lucu yang memancing tawa juga bisa Anda nikmati. Film romcom menjadi pilihan tepat jika Anda menginginkan tontonan romantis yang menyentuh hati sekaligus membuat tertawa lepas.

Romance dewasa yang mendebarkan

Romance dewasa yang mendebarkan

Selain mengusung tema teen romance, melodrama, dan romantic comedy, film romantis Jepang juga ada yang dibumbui dengan adegan-adegan dewasa. Seperti kita ketahui, Jepang juga dikenal dengan film-film panasnya. Anda yang sudah berusia diatas 18 tahun tidak ada salahnya untuk mencoba menonton film romance dewasa. 


Film Jepang yang mengangkat tema romance dewasa tidak hanya menampilkan adegan-adegan panas. Namun, film tersebut juga menyuguhkan alur cerita serta sinematografi yang menarik.

Subgenre lain yang tidak kalah menarik

Subgenre lain yang tidak kalah menarik

Film romantis dengan subgenre lain seperti historical romance dan romantic action juga tidak kalah menarik. Historical romance mengusung cerita berdasarkan periode tertentu. Biasanya setting, tokoh, dan kisahnya diambil dari peristiwa yang telah menjadi sejarah. Film dengan subgenre ini cocok bagi Anda yang menyukai hal-hal bernuansa klasik.


Sedangkan subgenre romantic action adalah film ber-genre romantis yang digabungkan dengan genre action. Film ini mampu membangkitkan adrenaline Anda. Tidak hanya menampilkan kisah cinta yang manis, film romantic action juga dibumbui dengan aksi-aksi yang seru dan menegangkan. 

③ Ketahui aktor dan aktris Jepang favorit yang sering membintangi film romantis

Setiap orang memiliki aktor dan aktris idola. Banyak dari mereka yang menjadikan aktor maupun aktris pemeran utama sebagai pertimbangan untuk menonton ataukah melewatkan sebuah film. Aktor Jepang favorit yang sering berlakon di film romantis di antaranya Kento Yamazaki dan Haruma Miura.  


Sayangnya, film Jepang romantis yang mereka bintangi belum banyak beredar di situs streaming legal di Indonesia. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak aktor dan aktris lain yang tidak kalah keren. Anda bisa menemukan film romcom yang dibintangi Maki Horikita, Kenichi Matsuyama, Mizuhara Kiko, dan masih banyak lagi yang tidak kalah seru.

④ Bagi pencinta sastra, pilihlah film hasil adaptasi novel atau manga

Bagi pencinta sastra, pilihlah film hasil adaptasi novel atau manga

Bagi penyuka sastra, Anda bisa memilih film Jepang romantis yang diadaptasi dari sebuah novel atau manga. Jepang memiliki banyak penulis hebat dengan karya berkualitas, salah satunya Haruki Murakami. Karya Murakami yang diangkat ke layar lebar di antaranya Hear the Wind Swing, Attack on The Bakery, dan Norwegian Wood. 


Sayangnya, film romantis yang diadaptasi dari karya tersebut belum tersedia di situs streaming legal di Indonesia. Namun, Anda tidak perlu kecewa. Masih banyak film romantis hasil adaptasi karya penulis berbakat lainnya yang bisa Anda akses melalui situs streaming berbayar.

10 Rekomendasi film Jepang terbaik bercerita romantis

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film Jepang bercerita romantis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Studio Ghibli

The Wind Rises

Studio Ghibli The Wind Rises 1枚目

Penggambaran apik dari Miyazaki tentang perjalanan mengejar mimpi dan cinta sejati

2

CoMix Wave

5 Centimeters Per Second

CoMix Wave 5 Centimeters Per Second 1枚目

Realistis dan kesederhanaanya mampu meninggalkan kesan mendalam di hati dan ingatan

3

Gibli

From Up on Poppy Hill

Gibli From Up on Poppy Hill 1枚目

Hubungan Umi dan Shun yang terhalang rahasia masa lalu

4

J Storm, Studio Blue Co

Romantic Prelude

J Storm, Studio Blue Co Romantic Prelude 1枚目

Film romance yang manis dan menyentuh meski minim dialog dan adegan intens

5

Flying DOG

Word Bubble Up Like Soda Pop

Flying DOG Word Bubble Up Like Soda Pop 1枚目

Kisah dua remaja dalam menghadapi ketidakpercayaan diri

6

Toho

Last Letter

Toho Last Letter 1枚目

Film sentimental tentang surat dan cerita cinta semasa SMA

7

Concept Film

For Love's Sake

Concept Film For Love's Sake 1枚目

Kisah dramatis 2 remaja dengan status sosial berbeda

8

Happinet Pictures

Romance Doll

Happinet Pictures Romance Doll 1枚目

Pernikahan yang impulsif dan rahasia yang ditutupi

9

Kansai Telecasting

My Long Awaited Love Story

Kansai Telecasting My Long Awaited Love Story 1枚目

Kisah komedi romantis tentang cinta yang tumbuh karena terbiasa

10

Dot Dot Dot Films

Memoirs of a Teenage Amnesiac

Dot Dot Dot Films Memoirs of a Teenage Amnesiac 1枚目

Perjalanan Naomi mengumpulkan kembali memori dan menemukan cinta sejati

Perincian produk
Close
No.1

Studio GhibliThe Wind Rises

Penggambaran apik dari Miyazaki tentang perjalanan mengejar mimpi dan cinta sejati

Berlatar tahun 1981, The Wind Rises bercerita tentang perjalanan Jiro Horikoshi mewujudkan mimpinya menjadi perancang pesawat tempur. Dalam perjalanannya meraih mimpi, Jiro bertemu dengan Naoko. Cerita romansa yang indah dan haru mewarnai perjalanan karir Jiro.


Film Studio Ghibli karya Hayao Miyazaki ini berbeda dengan film-film sebelumnya. Jika film Miyazaki sebelumnya lebih berorientasi pada penonton muda, The Wind Rises justru memiliki penuturan yang jauh lebih dewasa. Dengan subgenre historical romance, Miyazaki mengisahkan secara apik perjalanan nyata sang ahli penerbangan paling dihormati di Jepang. Jika Anda penyuka sejarah, film ini wajib masuk watchlist.

No.2

CoMix Wave5 Centimeters Per Second

Realistis dan kesederhanaanya mampu meninggalkan kesan mendalam di hati dan ingatan

Film anime populer garapan Makoto Shinkai ini mengusung kisah sederhana dan realistis. Namun, justru itulah yang membuat ceritanya menarik. Selain menampilkan cerita dan visualisasi yang menarik, film ini juga sarat akan nilai kehidupan. Pencinta sastra wajib menonton film ini. Anda benar-benar akan dimanjakan dengan rangkaian kata dalam narasi.


Tidak heran jika 5 Centimeters Per Second mendapat penghargaan sebagai Best animated feature film dalam ajang Asian Pacific Screen Award 2007. Menonton film ini seperti diajak mengikuti fase kehidupan lelaki bernama Tohno Takaki, termasuk menyaksikan bagaimana kelanjutan kisah cintanya dengan Akari, cinta pertamanya. Film ini benar-benar membekas di hati dan ingatan penontonnya.

No.3

GibliFrom Up on Poppy Hill

Hubungan Umi dan Shun yang terhalang rahasia masa lalu

Film berlatar kota Yokohama pada tahun 1963 ini bercerita tentang kisah seorang remaja bernama Umi Matsuzaki dan Shun Kazama. Saat cinta keduanya mulai tumbuh, sebuah rahasia masa lalu tiba-tiba muncul dan menjadi penghalang hubungan mereka. Penasaran apakah hubungan mereka bisa berakhir bahagia?


Jika Anda menyukai film romance dengan kisah cinta remaja yang manis dan hangat, From Up on Poppy Hills bisa menjadi pilihan. Alur cerita ini tergolong ringan dan mudah dicerna. Seperti halnya film Ghibli pada umumnya, From Up on Poppy Hills juga menyuguhkan animasi yang memanjakan mata. Soundtrack film ini juga tidak kalah menarik karena kesan nostalgic-nya yang semakin menambah estetika.

No.4

J Storm, Studio Blue CoRomantic Prelude

Film romance yang manis dan menyentuh meski minim dialog dan adegan intens

Bisa membayangkan bagaimana jadinya bila kedua tokoh utama film romantis tidak pernah bertemu? Anda akan mendapatkan jawabannya dalam film berjudul Romantic Prelude. Film ini bercerita tentang Nanao dan tetangga sebelah kamarnya, Satoshi. 


Keduanya saling berinteraksi hanya lewat suara yang mereka hasilkan saat tengah beraktivitas. Suara yang terdengar dari balik dinding membuat keduanya saling mengisi satu sama lain. Meski minim dialog dan tanpa adegan intens antar kedua tokohnya, film ini mampu memberikan kesan hangat dan manis. Sayangnya, film ini tidak cocok untuk Anda yang kurang suka film beralur lambat dan minim konflik.

No.5

Flying DOGWord Bubble Up Like Soda Pop

Kisah dua remaja dalam menghadapi ketidakpercayaan diri

Teen romance selalu mempunyai tempat di hati penggemarnya. Alur cerita yang sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari-hari menjadi daya tarik tersendiri. Film animasi produksi studio Flying DOG ini menjadi salah satu teen romance yang bisa Anda tonton kapan saja dan dengan siapa saja karena ceritanya yang ringan dan menghibur.


Film ini bercerita tentang dua remaja yang sama-sama memiliki rasa insecure, yaitu Cherry dan Smile. Cherry adalah anak laki-laki yang pemalu. Sedangkan Smile adalah anak perempuan yang ceria, tetapi malu dengan bentuk giginya. Kisah mereka bermula ketika ponsel keduanya tertukar saat Smile tidak sengaja menabrak Cherry di sebuah mall.

No.6

TohoLast Letter

Film sentimental tentang surat dan cerita cinta semasa SMA

Film sentimental karya Shunji Iwai ini menceritakan kisah cinta Kyoshiro dengan orang yang ia sukai semasa sekolah, bernama Misaki. Setelah hilang kontak, Kyoshiro bertemu dengan Yuri, adik Misaki di acara reuni. Yuri yang berpura-pura sebagai Misaki mulai berkirim surat ke Kyoshiro. Sejak saat itu mereka bertukar surat hingga Kyoshiro mengetahui kabar mengejutkan bahwa Misaki sebenarnya telah meninggal


Menggunakan alur maju mundur, Anda akan diajak bernostalgia dengan kilas balik kisah Kyoshiro semasa sekolah. Cerita film ini termasuk ringan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Last Letter menjadi film dengan genre romance yang bisa Anda saksikan bersama keluarga.

No.7

Concept FilmFor Love's Sake

Kisah dramatis 2 remaja dengan status sosial berbeda

Film garapan sutradara Takashi Miike ini diadaptasi dari sebuah manga berjudul Ai to Makoto karya Ikki Kajiwara dan Takumi Nagayasu. Film ini berfokus pada hubungan antara Makoto, siswa nakal pembuat onar dengan Ai Saotome, siswi dari keluarga kaya dan terpandang.


Makoto dan Ai Saotome berpacaran. Namun, hubungan percintaan mereka tidak berjalan mulus. Selain perbedaan status sosial, Makoto yang sering membuat onar dengan sekelompok gangster juga memperumit keadaan. Film ini pasti menarik untuk Anda yang suka cerita romantis dengan adegan action yang seru dan menegangkan.

No.8

Happinet PicturesRomance Doll

Pernikahan yang impulsif dan rahasia yang ditutupi

Cerita love at the first sight memang sudah umum di industri perfilman. Namun, Romance Doll dikemas dengan sangat tidak biasa. Dua pemeran utama dalam film ini juga menjalankan perannya dengan baik. Chemistry keduanya pun bagus sehingga atmosfer yang disajikan terasa nyata.


Film ini bercerita tentang Tetsuo, pria yang berprofesi sebagai pembuat boneka seks. Suatu hari dia bertemu dengan Sonoko dan secara impulsif jatuh cinta kemudian menikah. Apakah pernikahan mereka berjalan dengan baik, sementara keduanya menyimpan rahasia masing-masing? Dari film ini Anda belajar bahwa pernikahan butuh keterbukaan. Film ini menjadi salah satu tontonan menarik bersama pasangan. 

No.9

Kansai TelecastingMy Long Awaited Love Story

Kisah komedi romantis tentang cinta yang tumbuh karena terbiasa

Film ini bercerita tentang perempuan bernama Shirano, perancang game simulasi cinta yang kurang berpengalaman soal asmara. Suatu hari dia diminta untuk membuat game percintaan di perusahaan milik Kurokawa, pria yang hampir sempurna tapi tidak peka terhadap wanita. Lambat laun mereka pun saling jatuh cinta.


Tema yang diusung memang klise. Namun, film romcom ini cukup menarik. Alur yang dipertontonkan dan adegan yang disajikan sangat berkesan. Meskipun bukan film layar lebar, melainkan TV movie, film ini layak Anda pertimbangkan.

No.10

Dot Dot Dot FilmsMemoirs of a Teenage Amnesiac

Perjalanan Naomi mengumpulkan kembali memori dan menemukan cinta sejati

Film yang diangkat dari sebuah novel ini bercerita tentang Naomi yang kehilangan ingatannya setelah mengalami insiden jatuh dari tangga. Sejak itu, ia kesulitan mengenali orang-orang yang ada di sekitarnya, termasuk orang yang dia cintai. Perjalanan Naomi mengumpulkan kembali memorinya menjadi fokus cerita ini.


Karena diadaptasi dari novel, banyak hal di film ini hanya digambarkan secara sekilas tanpa penjelasan detail. Agak sedikit membingungkan, tetapi cukup seru dan menghibur. Anda seolah diajak ikut menebak siapa sebenarnya orang-orang yang ada di sekitar Naomi dan siapa lelaki yang benar-benar dicintainya. Film ini sangat menarik jika Anda tipe penonton yang suka menebak-nebak jalan cerita.

Baca juga rekomendasi tontonan lainnya di sini

Menghabiskan waktu luang di akhir pekan dengan menonton memang menyenangkan, terlebih situs streaming legal saat ini makin mudah diakses. Selain film Jepang romantis, Anda bisa mencoba alternatif tontonan lain, seperti drama, anime, serta film dengan genre berbeda. Baca rekomendasi artikelnya di bawah ini ya!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan rekomendasi film Jepang terbaik bercerita romantis yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu luang. Semoga ada yang sesuai dengan selera Anda. Sebelum menonton film, pastikan selalu mengecek rating usianya, sebab tidak semua film romantis cocok untuk segala usia. Selain itu, jangan lupa menonton di situs streaming legal ya! Selamat menonton!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer