• 10 Rekomendasi Game Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Game Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Game Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Game Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Game Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Game Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Game pada smartphone memiliki banyak jenis, salah satu yang banyak diminati adalah game perang. Dengan memainkan game perang, adrenalin Anda menjadi terpacu dan bersemangat untuk memenangkannya. Latar beragam pada game perang juga membuat para pemain game ingin mencoba memainkannya.


Kami akan merekomendasikan beberapa game perang yang bagus, seperti Free Fire, Call of Duty Mobile, dan PUBG Mobile. Anda dapat memainkan beragam game perang ini kapan saja dan di mana saja. Kami juga akan membahas cara memilih game perang yang bagus. Mari simak terus artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat bermain game perang

Manfaat bermain game perang

Beberapa orang mungkin menganggap bermain game sebagai sesuatu yang negatif dan hanya membuang waktuTak bisa dimungkiri, bermain game memang terkesan membuang waktu jika Anda tidak membatasinya dengan baik. Namun, ada juga manfaat yang bisa diambil saat Anda bermain game perang.


Tujuan utama dari bermain game adalah menghilangkan stres. Saat memenangkan permainan, Anda akan merasa senang dan segar kembali. Khususnya, bermain game perang juga terbukti mampu mengasah otak pemainnya. Ini karena bermain game perang membutuhkan strategi dan logika untuk mencapai hasil yang maksimal.


Selain itu, game perang juga dapat melatih interaksi dengan orang lain. Saat bermain secara online, terdapat fitur pencarian teman secara acak. Hal ini memungkinkan Anda bermain satu tim dengan orang lain serta melatih kerja sama untuk memenangkan peperangan.

Cara memilih game perang

Game perang memiliki berbagai jenis model permainan dan cara bermain. Selanjutnya, kami akan membantu Anda cara memilih game perang yang cocok untuk Anda mainkan.

Pilih berdasarkan sudut pandang pemain

Pilih berdasarkan sudut pandang pemain

Game perang biasanya menyajikan grafis yang realistis, membuat Anda seolah-olah sedang berpartisipasi dalam perang. Beberapa jenis game perang adalah first-person shooter (FPS), third-person shooter (TPS), dan role-playing game (RPG).


Game berjenis FPS menggunakan sudut pandang orang pertama dalam permainannya. Dengan sudut pandang ini, layar Anda seolah-olah menjadi "mata" bagi si karakter utama. Bagi yang belum terbiasa, jenis FPS ini dapat membuat pemain merasa cepat pusing.


Di sisi lain, game berjenis TPS menggunakan sudut pandang orang ketiga. Karakter yang dimainkan terlihat setengah badan atau seluruh badan. Sudut pandang pemain mengambil posisi mengambang mengikuti karakter tersebut dari belakang (over shoulder view). Selain itu, ada pula game perang berjenis RPG. Karakter yang dimainkan pada jenis RPG bisa Anda lihat secara keseluruhan.

Cek latar dan storyline-nya

Cek latar dan storyline-nya

Berbagai latar dan alur cerita akan Anda temukan pada game perang. Game dengan latar dan storyline yang menarik akan membuat Anda makin tertarik untuk memainkannya. Ada game berlatar Perang Dunia Ke-2, perang antar kerajaan, perang di laut dan udara, ataupun perang berlatar masa depan.


Kebanyakan game perang biasanya menyajikan tampilan grafis yang realistis dari karakter, senjata, dan kendaraan. Namun, terdapat pula game perang dengan animasi yang ringan dan terlihat lucu sehingga ramah untuk dimainkan anak kecil. Pilihlah game perang sesuai dengan keinginan Anda.

Pilih berdasarkan modenya

Pilih berdasarkan modenya

Mode bermain dalam game perang umumnya terbagi menjadi dua, yaitu mode online dan offline. Game perang online dimainkan dengan menggunakan koneksi internet. Belakangan ini, game perang online seperti Free Fire, Call of Duty Mobile, dan PUBG Mobile marak dimainkan. 


Game perang online akan mempertemukan Anda dengan pemain yang jaraknya jauh. Perlu diingat, Anda memerlukan koneksi internet yang stabil agar lancar memainkan game online ini.


Di sisi lain, game perang offline adalah game yang dapat dimainkan tanpa memerlukan koneksi internet. Namun, lawan yang dihadapi adalah komputer yang dapat Anda hafalkan pergerakannya.

Pastikan spesifikasi smartphone Anda memenuhi rekomendasi minimum instalasi

Pastikan spesifikasi smartphone Anda memenuhi rekomendasi minimum instalasi

Saat memilih game perang, ceklah spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan permainan tersebut. Jika smartphone Anda tidak masuk dalam kriteria minimum, Anda tidak dapat memainkan game tersebut. Dukungan chipset yang bagus, ROM memadai, serta RAM yang besar akan membuat Anda mendapatkan pengalaman optimal dalam bermain.


Banyak pengguna merasakan pengalaman bermain pada iOS lebih baik dibandingkan Android. Ternyata hal tersebut karena iOS hanya digunakan pada iPhone sehingga developer dapat dengan mudah mengoptimalkan game tersebut. 


Di sisi lain, Android banyak digunakan oleh berbagai macam pabrikan handphone dengan spesifikasi yang juga beragam. Hal ini membuat developer kurang bisa memaksimalkan game yang ada di Android.


Menggunakan HP khusus gaming tentunya akan meningkatkan pengalaman dan kepuasan Anda dalam bermain game, termasuk game perang. Tertarik untuk memiliki HP gaming? Klik link di bawah ini untuk menemukan ulasannya!

Pastikan batasan umur yang dianjurkan

Pastikan batasan umur yang dianjurkan

Game perang biasanya memiliki konten kekerasan sehingga tidak cocok dimainkan oleh sembarang orang. Batasan umur pemain sebetulnya sudah dicantumkan dalam informasi game. Namun, masih ada anak kecil yang mencoba bermain game perang yang tidak sesuai dengan usianya.


Rating pada game dikategorikan dengan sistem rating Entertainment Software Rating Board (ESRB). Beberapa rating yang biasanya dipakai pada game perang adalah sebagai berikut.


  • Everyone 10+ (E10+)

Game dengan rating ini mengandung sedikit unsur kekerasan dalam batasan normal. Rating ini menunjukkan bahwa game boleh dimainkan oleh siapa pun yang berusia 10 tahun ke atas.


  • Teen (T)

Rating ini mengacu pada game yang mengandung unsur kekerasan yang sedikit hardcore dengan adanya humor kasar dan darah ringan. Game perang Suikoden adalah salah satu contoh game dengan rating T.


  • Mature (M)

Game dengan rating ini hanya dapat dimainkan Anda yang berusia 17 tahun ke atas. Game ini memiliki gameplay yang cukup kompleks, eksploitasi seksual ringan, serta memiliki unsur kekerasan dan darah.


  • Adult Only (Ao)

Game dengan rating ini mengandung unsur pornografi, kekerasan yang kental, serta tema yang kompleks. Game ini boleh dimainkan oleh Anda yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Beberapa negara bahkan mewajibkan pemainnya berumur 21 tahun sebelum memainkan game ini.


Selain rating di atas, beberapa game perang menunjukkan tingkat kekerasan konten dengan tanda berikut ini.


  • 7+

Tanda ini menunjukkan bahwa tingkat kekerasan game tergolong rendah. Artinya, game tersebut masih layak dimainkan oleh anak-anak. 


  • 12+

Tanda 12+ menunjukkan game perang dengan konten kekerasan tingkat menengah yang masih bisa dimainkan remaja. 


  • 16+

Tanda 16+ menunjukkan bahwa game ditujukan untuk orang dewasa karena memiliki konten kekerasan lebih banyak dan lebih realistis. 


Jadi, Anda dapat memilih dan membimbing orang di sekitar Anda untuk memilih game perang sesuai batasan umur yang ditentukan.

10 Rekomendasi game perang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh game perang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.

10

Behaviour InteractiveGame of Thrones Beyond the Wall™

Sudut pandangRPG
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 11,0 ・ Android OS: 5,0
Kategori usia12+
Ukuran instalasiiOS: 1,5 GB ・ Android OS: 1,0 GB
Rating di Google Play3,5 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
9

Wargaming GroupWorld of Warships Blitz: Gunship Action War Game

Sudut pandangFPS
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 9,0 ・ Android OS: 5,0
Kategori usia7+
Ukuran instalasiiOS: 3,6 GB ・ Android OS: 2,2 GB
Rating di Google Play3,7 dari 5
Rating di App Store4,5 dari 5
8

Garena InternationalGarena Free Fire - Rampage

Sudut pandangTPS
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 9,0 ・ Android OS: 4,1
Kategori usia12+
Ukuran instalasiiOS: 1,8 GB ・ Android OS: 716 MB
Rating di Google Play4,3 dari 5
Rating di App Store3,9 dari 5
7
Sudut pandangFPS
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 9,0 ・ Android OS: 5,0
Kategori usia16+
Ukuran instalasiiOS: 1,7 GB ・ Android OS: 1,5 GB
Rating di Google Play3,6 dari 5
Rating di App Store4,7 dari 5
6

Activision PublishingCall of Duty®: Mobile

Sudut pandangFPS
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 9,0 ・ Android OS: 4,3
Kategori usia16+
Ukuran instalasiiOS: 3,5 GB ・ Android OS: 3,1 GB
Rating di Google Play3,7 dari 5
Rating di App Store4,7 dari 5
5
Sudut pandangTPS
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 10,0 ・ Android OS: 4,4
Kategori usia7+
Ukuran instalasiiOS: 1,7GB ・ Android OS: 62 MB
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store3,8 dari 5
4

Azur Interactive GamesWorld War Heroes: WW2 FPS

Sudut pandangFPS
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 11,0 ・ Android OS: 4,4
Kategori usia16+
Ukuran instalasiiOS: 1,8 GB ・ Android OS: 878 MB
Rating di Google Play4,0 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
3
Sudut pandangFPS
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 9,0 ・ Android OS: 5.0
Kategori usia16+
Ukuran instalasiiOS: 1,8 GB ・ Android OS: 990 MB
Rating di Google Play4,4 dari 5
Rating di App Store4,3 dari 5
2
Sudut pandangTPS
ModeOffline dan online
Minimum spesifikasiiOS: 10,0 ・ Android OS: 5,0
Kategori usia7+
Ukuran instalasiiOS: 364,4 MB ・ Android OS: 167 MB
Rating di Google Play4,1 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
1
Sudut pandangFPS
ModeOnline
Minimum spesifikasiiOS: 10,0 ・ Android OS: 4,4
Kategori usia16+
Ukuran instalasiiOS: 1,7 GB ・ Android OS: 896 MB
Rating di Google Play4,3 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5

Tabel perbandingan produk game perang terbaik

Gambar produk
1
AXLEBOLT Standoff 2 1

AXLEBOLT

2
ONESOFT 1945 Air Force: Airplane games 1

ONESOFT

3
KRAFTON PUBG MOBILE: Arcane 1

KRAFTON

4
Azur Interactive Games World War Heroes: WW2 FPS 1

Azur Interactive Games

5
XD Entertainment Sausage Man 1

XD Entertainment

6
Activision Publishing Call of Duty®: Mobile 1

Activision Publishing

7
Gameloft SE Modern Combat 5: mobile FPS 1

Gameloft SE

8
Garena International Garena Free Fire - Rampage 1

Garena International

9
Wargaming Group World of Warships Blitz: Gunship Action War Game 1

Wargaming Group

10
Behaviour Interactive Game of Thrones Beyond the Wall™ 1

Behaviour Interactive

Nama produk

Standoff 2

1945 Air Force: Airplane games

PUBG MOBILE: Arcane

World War Heroes: WW2 FPS

Sausage Man

Call of Duty®: Mobile

Modern Combat 5: mobile FPS

Garena Free Fire - Rampage

World of Warships Blitz: Gunship Action War Game

Game of Thrones Beyond the Wall™

Keunggulan

Jadi teroris atau jadi pasukan penyelamat khusus? Pilih sesuka hati Anda!

Nostalgia dengan game pesawat tempur klasik

Memberikan pengalaman battle royale terbaik dengan kualitas visualnya

Merasakan sensasi dalam pertempuran Perang Dunia Kedua

Sosis yang lucu dan menggemaskan jadi karakter dalam game

Pertarungan lima lawan lima menjadi mode yang digemari

Game perang FPS dengan alur cerita yang menarik

Anda dapat memenangkan pertempuran hanya dalam sepuluh menit

Pertempuran antarkapal di lautan berlatar perang dunia!

Bertempur demi mempertahankan tahta kerajaan

Sudut pandangFPSTPSFPSFPSTPSFPSFPSTPSFPSRPG
ModeOnlineOffline dan onlineOnlineOnlineOnlineOnlineOnlineOnlineOnlineOnline
Minimum spesifikasiiOS: 10,0 ・ Android OS: 4,4iOS: 10,0 ・ Android OS: 5,0iOS: 9,0 ・ Android OS: 5.0iOS: 11,0 ・ Android OS: 4,4iOS: 10,0 ・ Android OS: 4,4iOS: 9,0 ・ Android OS: 4,3iOS: 9,0 ・ Android OS: 5,0iOS: 9,0 ・ Android OS: 4,1iOS: 9,0 ・ Android OS: 5,0iOS: 11,0 ・ Android OS: 5,0
Kategori usia16+7+16+16+7+16+16+12+7+12+
Ukuran instalasiiOS: 1,7 GB ・ Android OS: 896 MBiOS: 364,4 MB ・ Android OS: 167 MBiOS: 1,8 GB ・ Android OS: 990 MBiOS: 1,8 GB ・ Android OS: 878 MBiOS: 1,7GB ・ Android OS: 62 MBiOS: 3,5 GB ・ Android OS: 3,1 GBiOS: 1,7 GB ・ Android OS: 1,5 GBiOS: 1,8 GB ・ Android OS: 716 MBiOS: 3,6 GB ・ Android OS: 2,2 GBiOS: 1,5 GB ・ Android OS: 1,0 GB
Rating di Google Play4,3 dari 54,1 dari 54,4 dari 54,0 dari 54,7 dari 53,7 dari 53,6 dari 54,3 dari 53,7 dari 53,5 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 54,8 dari 54,3 dari 54,6 dari 53,8 dari 54,7 dari 54,7 dari 53,9 dari 54,5 dari 54,6 dari 5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi game lainnya di sini

Pada artikel ini, kami telah membahas cara memilih dan rekomendasi game perang yang ada pada smartphone. Anda membutuhkan ulasan seputar game lainnya? Baca artikel-artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda sudah menemukan game perang yang sesuai dengan Anda? Anda perlu memilih sudut pandang pemain yang membuat Anda nyaman. Game online yang sedang marak patut Anda coba. 


Sesuaikan juga spesifikasi handphone Anda dengan game tersebut. Selain itu, pilih game setting yang Anda sukai. Terakhir, sesuaikan game dengan batasan umur Anda. Selamat bermain!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sepatutnya dikuasai pada era globalisasi ini. Untuk membantu Anda menguasi bahasa Inggris, tempat kursus bahasa Inggris bisa diandalkan. Di tempat kursus, Anda akan difasilitasi tenaga profesional yang membantu Anda memahami materi. Namun, apakah setiap tempat kursus bahasa Inggris sama? Manakah tempat kursus bahasa Inggris yang bagus untuk menjembatani tujuan belajar Anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan membahas cara memilih tempat les bahasa Inggris terbaik dan sepuluh rekomendasinya. British Council, EF, dan English Today juga masuk dalam review kami!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Mari simak tips memilih dan rekomendasi aplikasi pemesanan hotel berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Luas ruangan yang terbatas dan lokasi tempat tinggal dapat menjadi penghalang Anda untuk membeli drum set. Sebagai solusinya, Anda dapat men-download aplikasi drum di HP. Aplikasi drum tersedia di Android ataupun iOS dengan volume suara yang lebih terkontrol. Sensitivitasnya pun cukup tinggi sehingga bebas delay.Aplikasi Real Drum, DrumKnee, Super Drum, dan Drum Solo adalah beberapa aplikasi drum yang bagus. Ada pula beberapa aplikasi drum gratis yang bisa Anda download dan mainkan secara offline. Ikuti tips dari kami untuk menemukan aplikasi drum terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori