1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Diet adalah pola makan atau aturan makan khusus untuk menjaga kesehatan. Jadi, diet tak hanya sekadar menurunkan berat badan, ya. Agar bisa melacak apa yang Anda makan dan aktivitas sehari-hari dengan baik, gunakanlah aplikasi diet. Ada banyak aplikasi diet yang dapat Anda download di Android ataupun iOS.


Aplikasi diet tak hanya sekadar untuk menghitung kalori, tetapi juga membantu Anda menjalani gaya hidup yang lebih sehat. FatSecret, Lifesum, 8fit, dan MyFitnessPal adalah beberapa aplikasi diet yang bagus. Anda juga bisa memilih aplikasi diet untuk puasa dan lainnya. Simak artikelnya sampai habis!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih aplikasi diet

Sebelum Anda mengunduh aplikasi diet, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan memberikan beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengunduh aplikasi diet sesuai dengan kebutuhan.

① Kenali fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi diet

Anda perlu mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan sebuah aplikasi diet terlebih dahulu. Berikut ini kami perkenalkan beberapa fitur yang dapat Anda temukan dalam aplikasi diet.

Penghitung kalori, membantu Anda memilih makanan dan melakukan aktivitas

Penghitung kalori adalah fitur yang paling wajib dimiliki dalam sebuah aplikasi diet. Apa pun tujuan diet Anda, penghitung kalori akan sangat membantu Anda mencapai tujuan. Menghitung kalori cukup penting untuk segala kebutuhan Anda, seperti defisit kalori, surplus kalori, ataupun sekadar untuk hidup sehat.


Kami sarankan agar Anda memilih aplikasi dengan penghitung kalori makanan dan aktivitas. Dengan demikian, kalori yang masuk dan kalori yang dibakar akan tampak lebih jelas. Hal ini akan membantu Anda mencapai target berat badan Anda. Namun, pastikan Anda selalu memasukkan data di dalam aplikasi tersebut, ya.

Meal plan, memudahkan Anda mengatur makanan harian

Meal plan, memudahkan Anda mengatur makanan harian
Sumber: yazio.com

Mengatur asupan makanan Anda memang sangat penting. Bagi sebagian orang sayangnya mengatur menu harian terasa merepotkan. Nah, sebagian besar aplikasi diet menawarkan meal plan harian agar Anda tidak kebingungan mengatur menu makan sehari-hari.


Aplikasi diet memang biasanya merupakan produk luar negeri. Tak heran jika meal plan yang ditawarkan merupakan menu ala Barat. Salah satu aplikasi yang memuat banyak daftar makanan khas Indonesia adalah FatSecret. Anda bisa menjadikan aplikasi ini sebagai pilihan untuk menghitung kalori dan membuat meal plan untuk makanan khas Indonesia.

Statistik harian, memastikan kemajuan diet sehari-hari

Tentu saja Anda perlu memiliki tujuan saat menggunakan aplikasi diet. Oleh karena itu, Anda perlu mencari aplikasi diet yang menampilkan data statistik harian Anda. Data tersebut dapat berupa jumlah langkah harian, waktu olahraga, dan grafik berat badan Anda. Tampilan data tersebut akan membantu Anda mencapai target dengan maksimal.

Tips diet dan berolahraga, memberikan informasi tambahan untuk hidup sehat

Tips diet dan berolahraga, memberikan informasi tambahan untuk hidup sehat

Anda dapat menemukan aplikasi diet yang juga memberikan tips untuk diet dan berolahraga. Tips tersebut sangat berguna agar Anda dapat mengetahui informasi yang benar seputar gaya hidup sehat. Jangan lupa juga untuk menjalankan tips tersebut dalam kehidupan sehari-hari, ya.

② Pilih aplikasi diet yang bisa terkoneksi dengan aplikasi lainnya

Aplikasi diet biasanya juga terintegrasi dengan aplikasi lainnya, seperti Samsung Health, Google Fit, dan Apple Health. Integrasi aplikasi lainnya akan membantu Anda melacak aktivitas sehari-hari, seperti penghitung langkah. Dengan demikian, pelacakan kalori Anda makin sempurna.

③ Pertimbangkan untuk membeli akses premium

Pertimbangkan untuk membeli akses premium

Anda memang dapat mengunduh aplikasi diet secara gratis. Meski begitu, mungkin saja ada fitur-fitur yang tidak dapat Anda akses secara gratis. Jadi, Anda perlu membeli akses premium untuk aplikasi tersebut. Dengan membeli akses premium, Anda akan mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak


Hal yang perlu diperhatikan saat membeli akses premium adalah lamanya langganan yang ditawarkan. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan langganan akses premium setiap bulan atau setiap tahun. Namun, ada juga akses premium yang cukup bayar sekali saja untuk penggunaan seumur hidup.

10 Rekomendasi aplikasi diet terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi diet terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

FatSecret

Calorie Counter

FatSecret Calorie Counter 1枚目

Makan apa saja dan di mana saja dapat langsung terlacak kalorinya

2

Yazio

Calorie Counter & Intermittent Fasting App

Yazio Calorie Counter & Intermittent Fasting App 1枚目

Membantu mengatur jam puasa Anda agar lebih maksimal

3

Lifesum

Lifesum: Calorie Counter

Lifesum Lifesum: Calorie Counter 1枚目

Tak perlu bingung memilih jenis diet dengan Lifesum

4

Urbanite

8fit Workouts & Meal Planner

Urbanite 8fit Workouts & Meal Planner  1枚目

Bangun kebiasaan pola hidup sehat bersama 8fit

5

FitNow

Loose It!

FitNow Loose It! 1枚目

Tantang diri Anda untuk mencapai berat badan ideal

6

Mario Herzberg

EasyFit Calorie Counter

Mario Herzberg EasyFit  Calorie Counter 1枚目

Tampilannya lebih modern dan penggunaannya lebih simpel

7

MyNetDiary

Calorie Counter

MyNetDiary Calorie Counter 1枚目

Aplikasi diet yang cocok bagi penderita diabetes

8

Live Strong

MyPlate Calorie Tracker

Live Strong MyPlate Calorie Tracker 1枚目

Atur nutrisi harian berdasarkan profil tubuh Anda

9

MyFitnessPal

MyFitnessPal

MyFitnessPal MyFitnessPal 1枚目

Diet lebih menyenangkan bersama orang-orang terkasih

10

BetterMe

BetterMe: Health Coaching

BetterMe BetterMe: Health Coaching 1枚目

Menyesuaikan pola hidup sehat sesuai dengan kesibukan Anda

Perincian produk
Close
No.1

Makan apa saja dan di mana saja dapat langsung terlacak kalorinya

FatSecret rasanya sudah umum diketahui oleh Anda yang ingin menghitung dan mengontrol kalori. FatSecret memudahkan Anda untuk menemukan informasi tentang kalori dan gizi makanan. Aplikasi ini bahkan dapat memberikan informasi gizi makanan dari merek dan restoran tertentu. 


Uniknya lagi, Anda cukup mengambil foto makanan yang Anda makan dan FatSecret dapat memperlihatkan kalorinya untuk Anda. Selain itu, aplikasi FatSecret juga sudah disesuaikan dengan berbagai negara, termasuk Indonesia. Melacak beragam makanan ala Indonesia jadi lebih mudah untuk Anda!

No.2

YazioCalorie Counter & Intermittent Fasting App

Membantu mengatur jam puasa Anda agar lebih maksimal

Apakah Anda menyukai tipe diet dengan berpuasa atau intermittent fasting? Anda bisa mempertimbangkan aplikasi diet Yazio. Aplikasi diet puasa ini memiliki lebih dari dua puluh fasting plan. Anda juga akan mengetahui informasi tentang tubuh Anda selama berpuasa.


Agar tubuh lebih bugar, Yazio memiliki water tracker reminder. Jadi, kebutuhan air harian Anda tetap terpenuhi. Menariknya lagi, Yazio menawarkan mood and symptoms tracking dalam akses premiumnya. 

No.3

Tak perlu bingung memilih jenis diet dengan Lifesum

Tak perlu bingung memilih jenis diet mana yang cocok untuk Anda. Lifesum menawarkan quiz untuk menentukan jenis diet yang cocok untuk Anda. Anda bisa menemukan meal plan untuk fasting, diet paleo, sampai diet keto.


Meal plan yang ditawarkan Lifesum tergolong mudah, bahkan hanya terbuat dari lima bahan saja. Meal plan yang ditawarkan bisa Anda dapatkan selama 7–21 hari. Lifesum juga memiliki habit tracker yang membuat hidup Anda lebih sehat.

No.4

Urbanite8fit Workouts & Meal Planner

Bangun kebiasaan pola hidup sehat bersama 8fit

Jangan hanya sekadar melacak kalori harian Anda. Jadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup Anda. Aplikasi diet 8fit membantu Anda mendapatkan pola hidup yang lebih sehat dengan memberikan latihan fisik. Anda tak perlu pergi ke gym karena latihannya dapat Anda lakukan di mana saja.


Anda akan mendapatkan workout plan dari 8fit sekaligus berbagai meal plan. Resep-resep masakan sehat juga tersedia di 8fit sesuai dengan kesukaan dan alergi Anda. Jangan lupa mengatur weekly goals agar Anda tetap on track mencapai tujuan.

No.5

Tantang diri Anda untuk mencapai berat badan ideal

Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan serius, Loose It! patut Anda pertimbangkan. Anda akan mendapatkan panduan berolahraga untuk menurunkan berat badan. Lalu, fitur Snap It akan membantu Anda menghitung jumlah karbohidrat dalam makanan. Agar Anda lebih bersemangat, ikuti tantangan yang tersedia dalam aplikasi ini atau buat tantangan Anda sendiri.

No.6

Tampilannya lebih modern dan penggunaannya lebih simpel

EasyFit Calorie Counter adalah aplikasi diet dengan tampilan yang lebih modern. Anda bisa memilih tema warna tampilan yang Anda inginkan. Aplikasi diet ini tergolong aplikasi diet yang simpel. Jadi, Anda tak perlu kebingungan saat menggunakannya. Hal paling penting lainnya adalah EasyFit juga menjamin kerahasiaan data Anda.

No.7

Aplikasi diet yang cocok bagi penderita diabetes

MyNetDiary akan membantu Anda mencapai berat yang Anda inginkan dalam jangka waktu tertentu. Cukup masukkan target Anda, kemudian aplikasi diet ini akan memberikan gambaran tentang diet Anda. Di samping mencapai berat badan ideal, aplikasi ini juga cocok untuk penderita diabetes. Anda bisa memasukkan data gula darah, detak jantung, dan insulin intake. 

No.8

Atur nutrisi harian berdasarkan profil tubuh Anda

Anda tak perlu bingung menghitung kalori harian Anda. Biarkan aplikasi diet MyPlate yang membantu menghitung kebutuhan kalori harian berdasarkan profil Anda. MyPlate juga memiliki database lebih dari dua juta makanan.


MyPlate juga memiliki food scanner yang memudahkan Anda mengetahui kalori dan nutrisi sebuah makanan. Dapatkan juga informasi asupan nutrisi harian Anda, seperti protein, lemak, karbohidrat, gula, garam, dan serat.

No.9

Diet lebih menyenangkan bersama orang-orang terkasih

Jika Anda merasa diet lebih menyenangkan bersama teman, MyFitnessPal adalah aplikasi yang bisa Anda coba. Anda bisa menambahkan teman di dalam aplikasi ini dan melihat kemajuan target masing-masing. MyFitnessPal juga bisa terkoneksi dengan lebih dari lima puluh aplikasi lainnya.


Hal yang menarik dari MyFitnessPal adalah database makanan yang sangat besar, bahkan sampai enam juta makanan. Memasukkan data makanan serta menyimpannya pun diklaim lebih cepat daripada aplikasi lainnya. Anda bisa dengan mudah melakukan barcode scanning untuk mendata kalori makanan kemasan. 

No.10

Menyesuaikan pola hidup sehat sesuai dengan kesibukan Anda

Kesibukan sering kali menjadi alasan Anda saat menunda menjalankan pola hidup sehat. Dengan Better Me, Anda bisa memulai hidup sehat sesuai dengan kesibukan dan gaya hidup Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan meal plan serta substitusinya. Better Me juga memiliki berbagai workout plan bagi pemula sampai profesional.

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya untuk kesehatan di sini

Pola makan memang menjadi poin penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Meski begitu, jangan lupakan juga untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda. Aktivitas fisik akan membantu tubuh Anda tetap bugar dan kuat. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui aplikasi yang cocok untuk olahraga lari dan olahraga lainnya.

Kesimpulan

Aplikasi diet dapat membantu Anda mencapai gaya hidup sehat. Anda bisa memilih diet defisit kalori, surplus kalori, rendah gula, dan masih banyak jenis diet lainnya. Aplikasi diet akan membantu Anda menjalankan diet yang Anda inginkan.


Berat badan ideal mungkin menjadi tujuan diet sebagian orang. Namun, tetap utamakan kesehatan tubuh Anda selama menjalankan diet. Padukan asupan makanan sehat serta aktivitas fisik agar tubuh Anda tetap bugar, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer