• 10 Masker Anti Aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Anti Aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Anti Aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Anti Aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Anti Aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Anti Aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Masker antiaging berfungsi untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan flek. Artikel ini akan menjelaskan tips memilih masker antiaging yang bagus. Ada juga pembahasan masker antiaging untuk kulit berminyak dan masker antiaging untuk kulit kering.


Kami pun akan berbagai rekomendasi masker antiaging terbaik. Terdapat masker antiaging alami, seperti N'PURE Clay Mask dan Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask. Masker antiaging Wardah, Hanasui Gold Mask, dan masker antiaging lokal lainnya juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.


Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Kenali tanda-tanda penuaan dini yang muncul di kulit

Kenali tanda-tanda penuaan dini yang muncul di kulit

Pertambahan usia mengakibatkan menurunnya kemampuan kulit dalam memproduksi elastin dan kolagen sehingga kulit mengalami penuaan. Penuaan kulit merupakan kombinasi antara penuaan intrinsik (dari dalam) dan ekstrinsik (dari luar, utamanya berupa paparan sinar matahari). Faktor ekstrinsik lain yang terbukti mempercepat penuaan kulit adalah merokok.


Penuaan kulit umumnya dimulai sekitar usia 25 tahun. Tubuh secara perlahan mulai berhenti memproduksi kolagen sehingga elastisitas kulit menurun. Perubahan ini mulai tampak sejak usia 30 tahun. Akan tetapi, proses penuaan kulit dapat terjadi lebih cepat akibat pola hidup tidak sehat, stres, atau paparan radikal bebas.


Proses penuaan kulit yang lebih cepat dari semestinya inilah yang disebut dengan penuaan dini. Lantas bagaimana cara mengenali penuaan dini di kulit? Anda dapat mengetahuinya lewat tanda-tanda berikut.


  • Muncul kerutan dan garis-garis halus
  • Tekstur kulit kurang kencang atau mengendur
  • Muncul flek atau bintik-bintik hitam
  • Warna kulit terlihat kusam
  • Berkurangnya kelembapan alami kulit
  • Membesarnya pori-pori kulit

Dari tanda-tanda penuaan dini di atas, mana yang sedang Anda alami? Tidak perlu panik, Anda dapat menggunakan masker antiaging untuk mencegah dan mengatasinya. Masker antiaging diformulasikan dengan berbagai kandungan yang mampu meningkatkan kolagen alami kulit, seperti niacinamide, vitamin C, vitamin E, dan retinol. Dengan menggunakannya secara rutin, tanda-tanda penuaan dini bisa memudar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker anti aging

Setiap produk masker antiaging tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Lantas bagaimana cara menemukan masker antiaging yang bagus? Berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti. 

Kenali jenis bahan anti aging di dalamnya

Ada bermacam jenis bahan antiaging yang terkandung dalam masker antiaging. Setiap bahan memiliki karakteristik yang unik. Pada subbab ini, kami akan membahas beberapa jenis bahan antiaging yang populer karena khasiatnya. 

Niacinamide, bahan perawatan kulit dengan segudang manfaat

Niacinamide, bahan perawatan kulit dengan segudang manfaat

Niacinamide adalah salah satu turunan dari vitamin B3. Niacinamide memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memulihkan sel yang rusak. Tidak heran, niacinamide tergolong ampuh dalam menjaga dan memperbaiki elastisitas kulit yang rusak akibat penuaan dini.


Niacinamide juga terkenal mampu mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekasnya. Bahan ini memiliki kelebihan sebagai pencerah kulit sehingga dapat diandalkan untuk menyamarkan noda di wajah.


Berbagai penelitian mendukung manfaat niacinamide dalam mengurangi garis halus dan kerutan, serta bercak gelap dan kemerahan di kulit. Bahan ini pun dapat meningkatkan kekenyalan kulit. Jika Anda ingin mendapatkan beragam manfaat tersebut, pilihlah masker antiaging dengan niacinamide.

Vitamin C, mengatasi masalah pigmentasi kulit

Vitamin C, mengatasi masalah pigmentasi kulit

Penuaan dini juga kerap mengakibatkan berbagai masalah yang berhubungan dengan pigmen kulit. Warna kulit kusam, flek, atau bintik-bintik hitam merupakan contoh permasalahan yang sering muncul. Hal tersebut dapat bertambah parah akibat paparan sinar UVA dan UVB yang mampu memicu proses pigmentasi kulit. 


Nah, Vitamin C merupakan antioksidan yang terkenal ampuh dalam mengatasi masalah pigmentasi kulit. Selain itu, vitamin C dapat menurunkan kadar melanin di kulit yang terjadi akibat proses pigmentasi.


Masker antiaging dengan kandungan vitamin C akan membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain efektif untuk memudarkan flek atau bintik-bintik hitam, vitamin C membantu pembentukan kolagen sehingga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Vitamin E, meningkatkan dan menjaga kelembapan alami kulit

Vitamin E, meningkatkan dan menjaga kelembapan alami kulit

Secara alami, kulit dapat kehilangan kelembapan alaminya seiring pertambahan usia. Faktor lain yang menurunkan kelembapan alami kulit adalah polusi, sinar UV, dan gaya hidup tidak sehat. Berkurangnya kelembapan alami kulit berakibat pada rusaknya tekstur kulit, seperti permukaan kulit menjadi kasar dan kurang elastis.


Untuk merangsang pembentukan kolagen alami kulit, Anda membutuhkan vitamin E. Vitamin ini sangat efektif dalam memperbaiki kelembapan dan elastisitas kulit. Sinergisme vitamin E dan vitamin C sebagai antioksidan dapat membantu melawan kerusakan dan penuaan kulit akibat paparan sinar matahari.


Masker antiaging dengan kandungan vitamin E juga dikenal bagus untuk mengatasi keriput dan garis-garis halus. Anda yang memiliki tipe kulit kering disarankan untuk memilih masker antiaging dengan vitamin E.

Retinol, mempercepat regenerasi kulit

Retinol, mempercepat regenerasi kulit

Turunan vitamin A (retinoid) dapat dijumpai di daftar komposisi sebagai retinyl palmitate, retinaldehyde, dan retinol. Kandungan ini sangat baik sebagai bahan antiaging, tetapi sebaiknya dihindari oleh wanita hamil.


Retinol adalah salah satu bahan antiaging yang sedang naik daun. Akhir-akhir ini retinol cukup populer dipakai sebagai bahan utama antiaging skincare, termasuk masker wajah. Retinol bekerja dengan cara menstimulasi pembentukan sel kulit baru.


Masker antiaging dengan kandungan retinol biasanya difokuskan untuk mengatasi keriput. Selain itu, retinol terbukti mampu menghaluskan permukaan kulit.


Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati karena retinol dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Selalu gunakanlah tabir surya, terutama bila Anda menggunakan skincare yang mengandung retinol dan turunan vitamin A lainnya.

Tentukan fokus area perawatannya

Saat memilih masker antiaging, penting untuk menentukan area mana yang ingin Anda rawat. Hal itu karena setiap area wajah dapat memiliki permasalahan yang berbeda. Penanganannya juga tentunya berbeda. 

Face mask: Merawat area kening, pipi, dagu, dan hidung

Face mask: Merawat area kening, pipi, dagu, dan hidung

Face mask memiliki jenis yang paling beragam. Dari segi bentuk, masker ini ada yang berupa krim dan lembaran (sheet mask). Face mask berbentuk krim juga memiliki banyak variasi. Clay mask, peel-off mask, dan sleeping mask adalah jenisnya yang paling populer. 


Secara fungsi, face mask dirancang untuk merawat hampir seluruh permukaan wajah. Area wajah yang luas biasanya memiliki permasalahan yang lebih kompleks, seperti pipi dan kening. Karena itu, masker antiaging ini umumnya multifungsi. Selain melawan penuaan dini, ada yang dapat mencerahkan kulit hingga mengatasi jerawat

Eye-patch: Merawat area kulit di sekitar mata

Eye-patch: Merawat area kulit di sekitar mata

Berbeda dengan face mask, eye-patch lebih difokuskan untuk perawatan kulit di sekitar mata. Area mata memiliki kulit yang lebih sensitif sehingga formulanya lebih ringan. Eye-patch memiliki dua model, yaitu model kacamata dan kantong


Model kacamata cocok untuk masalah penuaan dini di area lingkar mata. Model ini juga sangat cocok untuk mengatasi mata panda. Sementara itu, model kantong lebih efisien untuk area di bawah mata. Model ini dapat menjadi pilihan Anda yang mengalami pembengkakan kantong mata. 

Pilih karakteristik masker sesuai jenis kulit

Jangan lupa juga untuk memilih masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jadi, efek dari masker akan lebih optimal. Selain itu, masker dapat menghindari risiko terjadinya masalah kulit, seperti iritasi. 

Untuk kulit kering, masker yang bersifat melembapkan

Untuk kulit kering, masker yang bersifat melembapkan

Jenis kulit kering memiliki tingkat kelembapan yang tergolong rendah. Alhasil, kulit mudah mengalami dehidrasi. Pemilik jenis kulit ini umumnya mengeluhkan kulit yang terasa kering dan permukaannya kasar. Selain itu, jenis kulit kering biasanya cenderung lebih sensitif sehingga mudah mengalami iritasi atau kemerahan


Untuk jenis kulit kering, kami sarankan memilih produk yang bersifat melembapkan. Masker jenis ini biasanya kaya akan kandungan moisturizer yang dapat meningkatkan kelembapan kulit. Contoh moisturizer yang baik untuk melembapkan adalah hyaluronic acid dan glycerin.

Untuk kulit berminyak, masker yang mampu melawan jerawat

Untuk kulit berminyak, masker yang mampu melawan jerawat

Jenis kulit berminyak memiliki produksi sebum yang berlebih. Hal itu membuat kulit berminyak terlalu lembap dan memiliki tampilan yang mengilap. Selain itu, jenis kulit ini umumnya memiliki pori-pori lebih besar sehingga mudah tersumbat oleh kotoran atau sisa kosmetik. Itulah sebabnya jenis kulit berminyak lebih mudah terserang masalah komedo dan jerawat.


Jika Anda merupakan pemilik kulit berminyak, pilih produk yang mengandung anti-acne. Senyawa anti-acne efektif menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Ada juga senyawa anti-acne yang baik untuk mengontrol minyak di wajah, misalnya salicylic acid. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah masker dengan bahan dasar clay atau charcoal.

10 Rekomendasi masker anti aging terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker antiaging terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10

Wardah Renew You Anti Aging Hydrafirm Sleeping Mask

Mulai dari Rp 111.500,00

Isi30 gram
Jenis masker Sleeping mask
Area penggunaan Wajah
Jenis kulitKulit kering
Niacinamide
Vitamin C x
Vitamin E ✓ (Tocopheryl acetate)
Retinol x
Bahan antiaging lainnyaAcetyl hexapeptide-8
Bahan moisturizer Butylene glycol, cyclopentasiloxane, biosaccharide gum-1, glycerin, trehalose, dimethicone, sodium hyaluronate, caprylyl glycol, lecithin
Bahan anti-acne Niacinamide
9

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial Mask

Mulai dari Rp 120.000,00

Isi60 ml
Jenis masker Clay mask
Area penggunaan Wajah
Jenis kulitSensitif
Niacinamide x
Vitamin C x
Vitamin E ✓ (Tocopherol)
Retinol x
Bahan antiaging lainnyaArgania spinosa kernel oil, Hippophae rhamnoides oil, Schisandra chinensis (magnolia berry) fruit extract
Bahan moisturizer Sodium hyaluronate (vegetable derived)
Bahan anti-acne -
8

Cakra Daya MakmurVienna Eye Mask Dark Circle & Puffiness

Mulai dari Rp 20.500,00

Isi1 sheet
Jenis masker Eye-patch
Area penggunaan Lingkar mata
Jenis kulit-
Niacinamide
Vitamin C ✓ (Ascorbyl glucoside)
Vitamin E ✓ (Tocopheryl acetate)
Retinol x
Bahan antiaging lainnyaChamomilla recutita (matricaria), Centella asiatica
Bahan moisturizer Hydrolyzed collagen, glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, acetyl tetrapeptide-5, betaine, trehalose
Bahan anti-acne -
7
Isi1 sheet
Jenis masker Sheet mask
Area penggunaan Wajah
Jenis kulitSemua jenis kulit
Niacinamide x
Vitamin C x
Vitamin E ✓ (Tocopheryl acetate)
Retinol x
Bahan antiaging lainnyaSnail secretion filtrate, Portulaca oleracea extract
Bahan moisturizer Glycerin, butylene glycol, hydrolyzed collagen, Aloe barbadensis leaf juice, beta-glucan, panthenol
Bahan anti-acne -
6
Isi15 ml x 1 pcs
Jenis masker Sheet mask
Area penggunaan Wajah
Jenis kulit-
Niacinamide x
Vitamin C x
Vitamin E ✓ (Tocopheryl acetate)
Retinol
Bahan antiaging lainnyaCamellia sinensis (green tea) leaf extract, BHT, BHA, Rubus idaeus (raspberry) fruit extract, palmitoyl hexapeptide-12
Bahan moisturizer Propylene glycol, glycerin, PEG-40 hydrogenated castor oil, caprylic/​capric triglyceride, polyglutamic acid, hydrogenated lecithin, cholesterol, biosaccharide gum-1, butylene glycol
Bahan anti-acne -
5

Eka Jaya Internasional Hanasui Anti-Aging Gold Peel Off Mask

Mulai dari Rp 25.000,00

Isi10 gram x 10 sachet
Jenis masker Peel-off mask
Area penggunaan Wajah
Jenis kulitNormal, berminyak
Niacinamide
Vitamin C x
Vitamin E x
Retinol x
Bahan antiaging lainnya-
Bahan moisturizer Glycerin, Prunus persica fruit extract
Bahan anti-acne Niacinamide
4
Isi60 ml
Jenis masker Peel-off mask
Area penggunaan Wajah
Jenis kulitSemua jenis kulit
Niacinamide x
Vitamin C x
Vitamin E ✓ (Tocopheryl acetate)
Retinol x
Bahan antiaging lainnyaOlive (Olea europaea) oil, Vaccinium macrocarpon (cranberry) fruit extract
Bahan moisturizer Propylene glycol, glycerin, biosaccharide gum-1, caprylyl glycol
Bahan anti-acne -
3
Isi50 gram
Jenis masker Clay mask
Area penggunaan Wajah
Jenis kulitAcne-prone
Niacinamide
Vitamin C x
Vitamin E x
Retinol x
Bahan antiaging lainnyaCentella asiatica extract, Scutellaria baicalensis root extract, Polygonum cuspidatum root extract, Camellia sinensis leaf extract
Bahan moisturizer Glycerin, propylene glycol, butylene glycol, sodium hyaluronate, beta-glucan
Bahan anti-acne Salicylic acid, niacinamide
2
Isi6 gram (1 pasang)
Jenis masker Eye-patch
Area penggunaan Bawah mata
Jenis kulitKulit kering
Niacinamide x
Vitamin C x
Vitamin E x
Retinol x
Bahan antiaging lainnyaCamellia sinensis leaf extract, hydroxyacetophenone
Bahan moisturizer Propylene glycol, glycerin, glyceryl acrylate/acrylic acid copolymer, sodium hyaluronate, mannose, dipotassium glycyrrhizate, hydrogenated starch hydrolysate
Bahan anti-acne -
1

N'PUREClay Mask Centella Asiatica Chocomint

Mulai dari Rp 119.000,00

Isi50 gram
Jenis masker Clay mask
Area penggunaan Wajah
Jenis kulitKulit berminyak
Niacinamide
Vitamin C x
Vitamin E x
Retinol x
Bahan antiaging lainnyaCentella asiatica extract
Bahan moisturizer Butylene glycol, sodium hyaluronate, honey extract
Bahan anti-acne Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, niacinamide

Tabel perbandingan produk masker anti aging terbaik

Gambar produk
1
N'PURE Clay Mask Centella Asiatica Chocomint 1

N'PURE

2
Garnier  Brightening Eye Mask 1

Garnier

3
Whitelab  Mugwort Pore Clarifying Mask 1

Whitelab

4
Emina  Cranberry Juice Face Mask 1

Emina

5
Eka Jaya Internasional  Hanasui Anti-Aging Gold Peel Off Mask 1

Eka Jaya Internasional

6
avoskin  Miraculous Retinol Sheet Mask 1

avoskin

7
Celebon  Snail Collagen Essence Mask 1

Celebon

8
Cakra Daya Makmur Vienna Eye Mask Dark Circle & Puffiness 1

Cakra Daya Makmur

9
Sensatia Botanicals  Unscented Sensitive Facial Mask 1

Sensatia Botanicals

10
Wardah  Renew You Anti Aging Hydrafirm Sleeping Mask 1

Wardah

Nama produk

Clay Mask Centella Asiatica Chocomint

Brightening Eye Mask

Mugwort Pore Clarifying Mask

Cranberry Juice Face Mask

Hanasui Anti-Aging Gold Peel Off Mask

Miraculous Retinol Sheet Mask

Snail Collagen Essence Mask

Vienna Eye Mask Dark Circle & Puffiness

Unscented Sensitive Facial Mask

Renew You Anti Aging Hydrafirm Sleeping Mask

Keunggulan

Tuntas membersihkan pori-pori, pilihan tepat untuk Anda yang aktif

Mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam

Kombinasi kandungan anti-acne dan antibakteri efektif melawan jerawat membandel

Tinggi antioksidan, memurnikan kulit dari polusi

Solusi untuk kulit wajah yang cerah dan bebas noda

Cara cepat dan praktis untuk kulit awet muda

Kandungan lendir siputnya mengembalikan elastisitas kulit

Tidak akan ada lagi mata panda yang mengganggu penampilan

Tanpa bahan aditif, aman untuk kulit sensitif

Masker anti aging lokal yang membuat kulit serasa terlahir kembali

Harga mulai dariRp 119.000,00Rp 18.200,00Rp 76.000,00Rp 40.000,00Rp 25.000,00Rp 39.000,00Rp 18.000,00Rp 20.500,00Rp 120.000,00Rp 111.500,00
Isi50 gram 6 gram (1 pasang) 50 gram 60 ml 10 gram x 10 sachet 15 ml x 1 pcs1 sheet 1 sheet 60 ml 30 gram
Jenis masker Clay mask Eye-patch Clay mask Peel-off mask Peel-off mask Sheet mask Sheet mask Eye-patch Clay mask Sleeping mask
Area penggunaan Wajah Bawah mata WajahWajah Wajah Wajah Wajah Lingkar mata Wajah Wajah
Jenis kulitKulit berminyakKulit keringAcne-proneSemua jenis kulitNormal, berminyak -Semua jenis kulit-Sensitif Kulit kering
Niacinamide xxxxx
Vitamin C xxxxx xx✓ (Ascorbyl glucoside)xx
Vitamin E xxx✓ (Tocopheryl acetate)x✓ (Tocopheryl acetate) ✓ (Tocopheryl acetate)✓ (Tocopheryl acetate)✓ (Tocopherol) ✓ (Tocopheryl acetate)
Retinol xxxxxxxxx
Bahan antiaging lainnyaCentella asiatica extract Camellia sinensis leaf extract, hydroxyacetophenoneCentella asiatica extract, Scutellaria baicalensis root extract, Polygonum cuspidatum root extract, Camellia sinensis leaf extractOlive (Olea europaea) oil, Vaccinium macrocarpon (cranberry) fruit extract-Camellia sinensis (green tea) leaf extract, BHT, BHA, Rubus idaeus (raspberry) fruit extract, palmitoyl hexapeptide-12 Snail secretion filtrate, Portulaca oleracea extractChamomilla recutita (matricaria), Centella asiaticaArgania spinosa kernel oil, Hippophae rhamnoides oil, Schisandra chinensis (magnolia berry) fruit extractAcetyl hexapeptide-8
Bahan moisturizer Butylene glycol, sodium hyaluronate, honey extract Propylene glycol, glycerin, glyceryl acrylate/acrylic acid copolymer, sodium hyaluronate, mannose, dipotassium glycyrrhizate, hydrogenated starch hydrolysateGlycerin, propylene glycol, butylene glycol, sodium hyaluronate, beta-glucanPropylene glycol, glycerin, biosaccharide gum-1, caprylyl glycolGlycerin, Prunus persica fruit extract Propylene glycol, glycerin, PEG-40 hydrogenated castor oil, caprylic/​capric triglyceride, polyglutamic acid, hydrogenated lecithin, cholesterol, biosaccharide gum-1, butylene glycolGlycerin, butylene glycol, hydrolyzed collagen, Aloe barbadensis leaf juice, beta-glucan, panthenolHydrolyzed collagen, glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, acetyl tetrapeptide-5, betaine, trehaloseSodium hyaluronate (vegetable derived)Butylene glycol, cyclopentasiloxane, biosaccharide gum-1, glycerin, trehalose, dimethicone, sodium hyaluronate, caprylyl glycol, lecithin
Bahan anti-acne Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, niacinamide -Salicylic acid, niacinamide -Niacinamide ----Niacinamide
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar masker anti aging

Pertanyaan umum seputar masker anti aging

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar masker antiaging. Jika Anda masih penasaran dengan masker antiaging, simak jawabannya di bawah ini!

Pada usia berapa harus mulai melakukan perawatan anti aging?

Perawatan antiaging sudah dapat dimulai sekitar usia 25 tahun hingga awal 30 tahun. Perhatian khusus untuk masalah ini dapat dimulai lebih awal apabila tanda penuaan dini sudah muncul sebelum usia tersebut.

Apa penyebab utama penuaan dini?

Penyebab utama penuaan kulit adalah paparan sinar matahari yang berulang. Sangatlah penting untuk menggunakan tabir surya dengan baik setiap 2-3 jam sekali sebagai skincare wajib sedini mungkin.


Faktor penting lain penyebab penuaan dini adalah merokok. Karena itu, hindarilah merokok ataupun berada di ruangan yang dipenuhi asap rokok.

Baca juga rekomendasi masker wajah lainnya di sini

Kami masih mempunyai banyak rekomendasi masker wajah selain masker antiaging. Mulai dari masker pengangkat komedo hingga masker untuk kulit berminyak, semuanya telah kami bahas untuk Anda. Yuk, baca ulasannya dari kami pada link di bawah ini!

Kesimpulan

Masker antiaging memang sangat praktis untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit. Selain itu, gunakan sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasannya. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan cleanser sebelum mengaplikasikannya.


Demikian pembahasan kali ini mengenai masker antiaging. Di antara rekomendasi kami, Anda sudah menemukan produk yang tepat, bukan? Semoga cara memilih yang kami bagikan memudahkan Anda dalam menemukan masker antiaging terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Mediheal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sheet Mask Mediheal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sheet mask merupakan masker yang mudah untuk digunakan. Salah satu merek sheet mask yang banyak diminati adalah Mediheal. Brand asal Korea ini mengeluarkan beragam sheet mask yang berkhasiat untuk kulit wajah. Dari banyaknya jenis sheet mask Mediheal, kira-kira mana yang cocok untuk Anda, ya?Melalui artikel ini, kami akan membagikan tips memilih sheet mask Mediheal terbaik. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi sheet mask Mediheal yang bagus untuk Anda. Mulai dari masker Mediheal untuk menghilangkan bekas jerawat, untuk mencerahkan, hingga untuk mengencangkan, semua akan kami ulas. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori