• 10 Laptop Terbaik untuk Pelajar - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Laptop Terbaik untuk Pelajar - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Laptop Terbaik untuk Pelajar - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Laptop Terbaik untuk Pelajar - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Laptop Terbaik untuk Pelajar - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Laptop Terbaik untuk Pelajar - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Sejak pandemi COVID-19 merebak pada 2020, kebutuhan laptop untuk pelajar meningkat drastis. Hal ini disebabkan oleh sistem school from home (SFH) yang digalakkan pemerintah. Akibatnya, para orang tua pun dituntut untuk menyediakan fasilitas belajar yang memadai, salah satunya laptop.


Untuk itu, kami akan bagikan tips memilih laptop yang bagus untuk pelajar. Selain itu, rekomendasi sepuluh produk terbaik dari merek ASUS, HP, Acer, dan lainnya akan Anda temukan. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Maka dari itu, silakan catat poin-poin pentingnya dan pilihlah laptop favorit Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.

Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Tabel perbandingan produk laptop terbaik untuk pelajar

Gambar produk
1
Huawei MateBook D14 1

Huawei

2
Lenovo IdeaPad Slim 3i 1

Lenovo

3
Infinix INBook  1

Infinix

4
ASUS Chromebook Flip 1

ASUS

5
Dell Inspiron 1

Dell

6
Lenovo ThinkBook 14 IIL 1

Lenovo

7
HP Laptop 14s-cf2501TX 1

HP

8
Zyrex SKY 232 2021 1

Zyrex

9
Xiaomi Mi Laptop Air 1

Xiaomi

10
Acer Aspire 3 Slim 1

Acer

Nama produk

MateBook D14

IdeaPad Slim 3i

INBook

Chromebook Flip

Inspiron

ThinkBook 14 IIL

Laptop 14s-cf2501TX

SKY 232 2021

Mi Laptop Air

Aspire 3 Slim

Keunggulan

Privasi terjaga dengan kamera tersembunyi di dalam keyboard

Ringan dan praktis sebagai laptop untuk pelajar SD dan SMP

Bermaterial aluminium yang ringan untuk dibawa bepergian

Military grade, laptop tahan banting dengan harga ekonomis

Kecanggihan teknologi terkini dalam satu laptop tipis nan ringan

Kerja cerdas dengan laptop dual drive storage

Tetap terkoneksi tanpa gangguan hingga 14 jam

Laptop buatan lokal yang bisa di-upgrade

Laptop kokoh dengan full metal body dan edgeless glass protection

Desain mantap dengan prosesor andalan untuk pelajar multimedia

Harga mulai dariRp 9.999.000,00Rp 5.899.000,00Rp 6.999.000,00Rp 3.959.000,00Rp 7.699.000,00Rp 10.520.000,00Rp 10.499.000,00Rp 4.299.000,00Rp 12.800.000,00Rp 7.199.000,00
ProsesorIntel Core i3Intel CeleronIntel Core i3Intel CeleronAMD RyzenIntel Core i3Intel Core i5Intel CeleronIntel Core i5AMD Ryzen
RAM8 GB4 GB8 GB4 GB4 GB8 GB4 GB4 GB8 GB4 GB
Sistem penyimpanan internalSSDSSDSSDeMMCHDDSSDSSDSSDSSDSSD
Baterai13,2 jamTidak disebutkan13 jam11 jamTidak disebutkan9 jam14 jamTidak disebutkan9,5 jamTidak diketahui
Ukuran layar14 inci14 inci14 inci11,6 inci14 inci14 inci14 inci14 inci13,3 inci14 inci
Keunggulan lainSudut pandang 178 derajat, membuka hingga angle 180 derajat, Shark Fin 2.0, Huawei Share, Layar bersertifikat TÜV Rheinland, pembaca sidik jari internal, kamera tersembunyiDolby Audio, pengaman webcam, Q controlSudut pandang 178 derajat, dapat membuka hingga 180 derajat, backlit keyboard, Dual kamera, dapat dilipat, pelindung karet pada setiap ujung, OS ChromeExpressCharge, AMD Radeon Graphics, built-in lid sensor, Dell cinema guide and mobile connectRapid charge, backlit keyboard, spill-resistant, Buttonless Mylar touchpad, ThinkShutter camera, fingerprint reader, built-in security, dual drive storageSudut pandang lebar 178 derajat, speaker ganda, kamera HD, keyboard backlitRingan, sistem penyimpanan internal bisa di-upgradeFull metal body, dedicated graphics card, edgeless glass protection (fully laminated display), AKG accoustic, Dolby audio, dual 4k output, 2x2 Wi-FiBluelight shield technology, resolution Acer ComfyView™
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop untuk pelajar

Kini, aktivitas belajar makin dinamis sejalan dengan majunya kurikulum. Itulah sebabnya kebutuhan laptop untuk pelajar masa kini sudah jauh berbeda dengan dulu. Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Anda pertimbangkan beberapa cara memilih laptop yang tepat untuk pelajar berikut ini.

Sesuaikan spesifikasi CPU laptop dengan kebutuhan

Central processing unit (CPU) laptop dan komputer berguna sebagai prosesor atau perangkat keras yang memproses data utama. Makin modern serinya, makin solid juga performa laptopnya. Prosesor laptop yang banyak dijumpai, antara lain Intel Core, Intel Celeron, dan AMD Ryzen. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pelajar di tiap tingkatan.


  • Intel Celeron dan Intel Core i3 untuk pelajar SD, SMP, serta SMA 
Prosesor ini cukup untuk mengerjakan tugas harian sederhana dari sekolah. Tugas sederhana tersebut adalah tugas yang membutuhkan software office, seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan software ringan lainnya. Melihat kurikulum yang hingga kini digunakan, prosesor ini paling pas untuk pelajar SD hingga SMA.

  • Intel Core i5 untuk pelajar SMK jurusan IT 
Cocok untuk software pemrograman, prosesor ini dinilai paling sesuai untuk pelajar SMK jurusan IT. Dengan prosesor ini, performa laptop Anda akan jauh lebih solid dan mantap.

  • Intel Core i7 dan AMD Ryzen untuk pelajar SMK jurusan multimedia 
Prosesor satu ini dapat mengakomodasi software-software berat yang biasa digunakan oleh pelajar SMK jurusan multimedia. Dengan memilih laptop berspesifikasi ini, tugas-tugas anak Anda tak akan tersendat.

Cek spesifikasi utama lainnya

Selain prosesor, ada tiga spesifikasi utama lainnya yang harus benar-benar dipertimbangkan sebelum Anda membeli laptop untuk pelajar. Ketiga spesifikasi tersebut adalah random access memory (RAM), sistem penyimpanan internal, dan layar.

Pilihan RAM 4 GB hingga 8 GB untuk menunjang produktivitas

Pilihan RAM 4 GB hingga 8 GB untuk menunjang produktivitas

RAM adalah perangkat keras pada laptop yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. Artinya, RAM hanya bekerja saat laptop dalam kondisi hidup. Lalu, apa hubungan besarnya RAM terhadap produktivitas laptop?


Rata-rata RAM laptop masa kini berkisar antara 4 GB hingga 8 GB. Makin besar RAM-nya, laptop juga akan makin luwes untuk digunakan multitasking. Namun, tak perlu khawatir jika Anda memilih laptop dengan RAM 4 GB. Hal itu karena RAM 4 GB sudah cukup untuk menunjang pekerjaan dasar sehingga sangat cocok untuk pelajar.

Sistem penyimpanan internal: SSD atau HDD?

Sistem penyimpanan internal: SSD atau HDD?

Hard disk drive (HDD) adalah sistem penyimpanan internal yang bekerja secara mekanik. Di sisi lain, solid state drive (SSD) bekerja secara elektrik.


Dari segi kecepatannya, tentu SSD jauh lebih unggul. Hal itu juga yang menyebabkan laptop dengan SSD dijual dengan harga lebih tinggi. Sebagai panduan, pilih SSD sebagai laptop untuk pelajar SMA/SMK dan HDD untuk pelajar mulai dari SD hingga SMP.

Pilih laptop dengan layar full HD

Spesifikasi layar berkaitan dengan kenyamanan mata saat menggunakannya. Kami merekomendasikan laptop dengan layar full HD supaya mata tidak kelelahan saat harus mengerjakan banyak tugas. Selain itu, laptop dengan ukuran layar lebih besar juga cenderung lebih nyaman, meski tentu bobotnya juga akan lebih berat. 

Pertimbangkan ketahanan baterainya

Ketahanan baterai patut dipertimbangkan dalam memilih laptop untuk pelajar supaya kegiatan belajar tidak terganggu. Tips untuk memilihnya adalah ketahui dulu jam belajar harian anak Anda. Jika anak Anda menghabiskan enam jam untuk belajar, pilihlah laptop dengan ketahanan baterai enam jam atau lebih.

Pastikan ukurannya cukup untuk masuk tas

Pastikan ukurannya cukup untuk masuk tas

Seorang pelajar tentunya identik dengan tas yang dibawa untuk pergi ke sekolah atau kerja kelompok. Tak lupa, laptop menjadi barang yang sering kali turut dibawa. Anda bisa memilih laptop yang cukup untuk masuk tas, misalnya ukuran 12 hingga 15 inci. Poin ini penting untuk diperhatikan, terutama jika anak Anda masih duduk di bangku sekolah dasar.

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk pelajar

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk laptop terbaik untuk pelajar yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

10
ProsesorAMD Ryzen
RAM4 GB
Sistem penyimpanan internalSSD
BateraiTidak diketahui
Ukuran layar14 inci
Keunggulan lainBluelight shield technology, resolution Acer ComfyView™
9
ProsesorIntel Core i5
RAM8 GB
Sistem penyimpanan internalSSD
Baterai9,5 jam
Ukuran layar13,3 inci
Keunggulan lainFull metal body, dedicated graphics card, edgeless glass protection (fully laminated display), AKG accoustic, Dolby audio, dual 4k output, 2x2 Wi-Fi
8
ProsesorIntel Celeron
RAM4 GB
Sistem penyimpanan internalSSD
BateraiTidak disebutkan
Ukuran layar14 inci
Keunggulan lainRingan, sistem penyimpanan internal bisa di-upgrade
7
ProsesorIntel Core i5
RAM4 GB
Sistem penyimpanan internalSSD
Baterai14 jam
Ukuran layar14 inci
Keunggulan lainSudut pandang lebar 178 derajat, speaker ganda, kamera HD, keyboard backlit
6
ProsesorIntel Core i3
RAM8 GB
Sistem penyimpanan internalSSD
Baterai9 jam
Ukuran layar14 inci
Keunggulan lainRapid charge, backlit keyboard, spill-resistant, Buttonless Mylar touchpad, ThinkShutter camera, fingerprint reader, built-in security, dual drive storage
5
ProsesorAMD Ryzen
RAM4 GB
Sistem penyimpanan internalHDD
BateraiTidak disebutkan
Ukuran layar14 inci
Keunggulan lainExpressCharge, AMD Radeon Graphics, built-in lid sensor, Dell cinema guide and mobile connect
4
ProsesorIntel Celeron
RAM4 GB
Sistem penyimpanan internaleMMC
Baterai11 jam
Ukuran layar11,6 inci
Keunggulan lainDual kamera, dapat dilipat, pelindung karet pada setiap ujung, OS Chrome
3
ProsesorIntel Core i3
RAM8 GB
Sistem penyimpanan internalSSD
Baterai13 jam
Ukuran layar14 inci
Keunggulan lainSudut pandang 178 derajat, dapat membuka hingga 180 derajat, backlit keyboard,
2
ProsesorIntel Celeron
RAM4 GB
Sistem penyimpanan internalSSD
BateraiTidak disebutkan
Ukuran layar14 inci
Keunggulan lainDolby Audio, pengaman webcam, Q control
1
ProsesorIntel Core i3
RAM8 GB
Sistem penyimpanan internalSSD
Baterai13,2 jam
Ukuran layar14 inci
Keunggulan lainSudut pandang 178 derajat, membuka hingga angle 180 derajat, Shark Fin 2.0, Huawei Share, Layar bersertifikat TÜV Rheinland, pembaca sidik jari internal, kamera tersembunyi

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Selain untuk pelajar, sering kali laptop juga dibutuhkan untuk keperluan khusus lainnya, seperti gaming atau kuliah. Perbedaan yang jelas tentu terlihat dari spesifikasinya. Untuk menambah referensi Anda, di bawah ini telah kami sertakan tautan artikel rekomendasi laptop lainnya. Siapa tahu, Anda menemukan laptop idaman!

Kesimpulan

Memilih laptop untuk pelajar memang gampang-gampang susah, terutama saat ia meminta laptop dengan spesifikasi yang melebihi kebutuhan sesungguhnya. Kalau sudah begini, Anda harus pandai-pandai mengajaknya berdiskusi. Hal itu karena kini tersedia banyak sekali pilihan laptop yang dapat menjadi solusi terbaik.


Setelah membaca tips memilih laptop untuk pelajar serta rekomendasi produk terbaiknya, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Semoga laptop yang nantinya Anda beli dapat bermanfaat bagi kegiatan belajar selama sekolah, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sedang mencari rekomendasi laptop di bawah 5 juta terbaru? Saat ini, ada banyak pilihan laptop di bawah 5 juta, baik untuk pekerja profesional maupun mahasiswa. Maka dari itu, tentukanlah dahulu spesifikasi dan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Di artikel ini, Anda akan menemukan beragam merek laptop di bawah 5 juta yang bagus, seperti Lenovo, HP, ASUS, dan lainnya. Fitur-fiturnya pun bervariasi mulai dari memori SSD hingga kamera yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Ayo, temukan laptop dengan harga terjangkau!
    Laptop
  • 10 Laptop Murah Spek Tinggi Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Murah Spek Tinggi Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop telah menjadi perlengkapan wajib yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Spesifikasi serta harganya sangat beragam. Agar aktivitas tidak terganggu, Anda tentu menginginkan laptop dengan spesifikasi terbaik. Tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak laptop spek tinggi yang bagus dengan harga yang murah!Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih laptop murah spek tinggi. Kami juga akan berbagi rekomendasi laptop dari merek terkenal, seperti ASUS dan HP. Ada laptop harga 2 jutaan, 3 jutaan, 4 jutaan, sampai 5 jutaan. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Laptop
  • 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Selain untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa cukup beragam, mulai dari 4 juta hingga di atas 10 juta rupiah.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih beserta rekomendasi laptop yang bagus untuk mahasiswa. Deretan merek laptop yang cocok untuk kuliah, seperti ASUS, Apple, Lenovo, dan HP akan kami ulas secara detail. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Deddy Huang.
    Laptop
  • 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    MacBook hingga kini masih menjadi laptop favorit banyak orang. Kualitas serta performa yang prima menjadikan produk Apple ini sebagai salah satu merek laptop yang paling diminati. Bila Anda berniat untuk membeli MacBook, jangan ke mana-mana sebab kami punya tips memilihnya untuk Anda.Kami juga telah menyiapkan rekomendasi MacBook yang bagus, misalnya MacBook Air 2017, MacBook Air 2020, dan MacBook Pro 2022. Dari yang menggunakan chipset M1 sampai M2, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya hingga akhir demi menemukan MacBook terbaik untuk Anda!
    Laptop
  • 10 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sesuai dengan namanya, laptop 2-in-1 dapat diubah menjadi tablet dan sebaliknya. Laptop tablet terdiri dari dua tipe. Ada tipe flip yang layarnya bisa dilipat dan ada juga tipe detachable yang layarnya bisa dilepas. Beberapa produk pun menawarkan stylus pen.Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih laptop yang bisa jadi tablet. Kami juga akan berbagi rekomendasi laptop 2-in-1 terbaik dari merek yang bagus, seperti Lenovo dan ASUS. Anda bisa menemukan produk dengan prosesor Intel Core i3, i5, hingga i7. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Laptop
  • 10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru? Merek Lenovo terkenal sebagai produsen laptop berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya.Tentunya tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, mulai dari prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Kami akan me-review sepuluh laptop Lenovo yang bagus untuk Anda. Ada juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.
    Laptop
  • 10 Laptop untuk Mahasiswa Sains - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop untuk Mahasiswa Sains - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, terlebih untuk mahasiswa sains. Nah, software untuk perkuliahan kadang membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus sehingga beberapa orang mungkin kesulitan menemukan laptop yang tepat. Jika Anda seorang mahasiswa sains, artikel ini ditujukan untuk Anda.  Kami akan menjelaskan cara memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari merek ternama, seperti ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Jadi, jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!
    Laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori