1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Perlak Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pemasangan perlak lantai dapat membuat ruangan terlihat makin rapi dan menarik. Di pasaran, perlak lantai tersedia dalam beragam motif yang dapat disesuaikan dengan konsep ruangan. Mulai dari perlak untuk ruangan bertema minimalis hingga kamar anak yang ceria dapat Anda beli secara online. Namun, banyaknya bervariasi perlak lantai mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.


Kali ini, kami akan membahas rekomendasi perlak lantai terbaik beserta cara memilihnya. Perlak lantai yang bagus, seperti motif kayu, keramik, dan karakter akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simaklah artikel ini sampai selesai!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Kegunaan perlak lantai

Kegunaan perlak lantai

Secara umum, perlak lantai merupakan alas tebal yang memiliki permukaan mengilap, tahan air, dan dipasang menutupi lantai. Di Indonesia sendiri, banyak yang menyebut perlak lantai sebagai karpet lantai. Hal tersebut bukanlah masalah asalkan karpet yang dimaksud bagian permukaannya mengilat serta waterproof.


Pemasangan perlak lantai berfungsi untuk menutup kerusakan atau sekadar ingin berganti suasana ruangan. Selain itu, perlak lantai tentunya dapat menambah nilai estetika pada ruangan Anda.


Karakteristik waterproof yang dimiliki membuat lantai jadi lebih mudah dibersihkan. Anda pun dapat menghemat tenaga dalam hal perawatan lantai. Di samping itu, perlak lantai yang dapat dibawa-bawa sangat praktis untuk memenuhi segala kebutuhan.

Cara memilih perlak lantai

Poin-poin penting di bawah ini sebaiknya Anda terapkan saat memilih perlak lantai. Mulai dari memperhatikan bahan, motif, hingga ukuran produk, perhatikanlah secara teliti agar tak salah pilih. Untuk itu, silakan baca penjelasannya di bawah ini, ya!

① Pilih berdasarkan bahannya

Bahan perlak lantai yang populer ialah vinyl dan spons. Apa saja keunggulan dan karakteristik yang dimiliki masing-masing bahan tersebut? Silakan temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Vinyl, buat lantai ruangan makin gaya

Vinyl, buat lantai ruangan makin gaya

Perlak lantai vinyl terbuat dari bahan PVC atau polivinil klorida dan pasir putih. Material ini memiliki keunggulan antiair dan antinoda sehingga perawatannya menjadi mudah. Selain itu, karpet vinyl biasanya dilapisi dengan busa tipis setebal 1–2 mm sehingga lantai akan terasa empuk.


Perlak lantai ini tersedia dalam berbagai motif yang menarik misalnya corak kayu. Memasang perlak lantai pada ruangan Anda tentu akan membuat tampilan ruangan makin bergaya. Pemasangannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan perekatnya pada lantai.


Biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan lantai vinyl juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan memasang ubin asli. Terlebih lagi, jika dipasang di area outdoor, lantai vinyl memiliki ketahanan yang bagus terhadap cuaca. Selain awet, lantai berbahan vinyl bisa membuat nilai jual rumah lebih tinggi berkat estetikanya.

Spons, ringan dan ringkas untuk dibawa-bawa

Spons, ringan dan ringkas untuk dibawa-bawa

Jika tidak ingin dipasang secara permanen pada lantai, Anda dapat memilih perlak berbahan spons atau busa. Perlak lantai ini mudah dipindahkan sesuai kebutuhan. Jika dibandingkan dengan lantai vinyl, lapisan busa perlak spons lebih tebal, yakni mencapai 8 mm.


Salah satu material busa yang bagus ialah XPE foam. Material ini memiliki keunggulan tahan air dan tahan panas. Busa yang tebal juga menghasilkan daya rebound yang baik sehingga cukup aman untuk dijadikan alas bermain anak.

② Pilih berdasarkan motif dan warnanya

Motif dan warna perlak lantai juga sangat penting untuk dipertimbangkan agar sesuai dengan tema ruangan Anda. Beberapa motif yang populer, seperti motif kayu, karakter, dan kotak-kotak dapat dijumpai dengan mudah di pasaran. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan dan selera Anda, ya!

Motif kayu, beri kesan natural dan hangat

Motif kayu, beri kesan natural dan hangat

Saat ini, rumah berkonsep minimalis banyak diminati oleh pasangan muda. Lantai bermotif kayu menjadi pelengkap untuk memberikan kesan natural di dalam rumah. Dengan menawarkan look yang sederhana dan bersih, suasana ruangan menjadi lebih hangat dan harmonis.


Motif lantai kayu sendiri tersedia dalam berbagai warna, mulai dari krem, coklat, hingga abu-abu. Pilihlah warna yang paling matching dengan desain interior pada ruangan Anda. Untuk mempertegas konsep minimalis, pastikan untuk menyertakan perabot dengan sentuhan warna putih.

Motif karakter, ideal untuk alas bermain anak

Motif karakter, ideal untuk alas bermain anak

Saat memilih produk untuk anak, biasanya para orang tua memilih motif bergambar karakter tertentu. Sebut saja tokoh kartun, gambar hewan, dan sebagainya. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk membuat anak tertarik melihat gambar dan warnanya.


Perlak lantai dengan motif karakter sendiri tersedia dalam berbagai bahan, baik vinyl maupun spons. Mengingat perlak lantai memiliki lapisan yang cukup tebal, tentu lebih aman untuk anak daripada lantai tanpa alas. Nah, pastikan motif yang Anda pilih juga sesuai dengan kesukaan anak supaya ia makin betah bermain di rumah.

Motif kotak-kotak, untuk interior rumah bergaya klasik

Motif kotak-kotak, untuk interior rumah bergaya klasik

Motif kotak-kotak merupakan motif yang tak lekang oleh waktu. Motif ini pun selalu digemari karena sederhana dan rapi. Rumah bergaya klasik akan makin lengkap dengan lantai bermotif kotak-kotak. Jika ingin menambahkan aksen, Anda dapat memilih perlak lantai dengan pola monokrom. Meskipun simpel, ruangan Anda tak akan jadi membosankan.

③ Sesuaikan ukurannya dengan luas ruangan

Sesuaikan ukurannya dengan luas ruangan

Selain ditentukan oleh bahan dan motifnya, harga perlak lantai ditentukan oleh ukurannya. Seller biasanya menyediakan perlak lantai dalam bentuk roll atau gulungan. Setiap gulungan panjangnya bervariasi, mulai dari 2 m hingga 15 m. Namun, ada pula perlak lantai yang dapat di-custom sesuai kebutuhan pembeli dengan harga satuan per meternya.


Sementara itu, perlak lantai berbentuk karpet spons ada yang lebarnya 1,5–2 m. Ukuran tersebut cukup untuk dijadikan alas bermain anak. Selain itu, produk seperti ini bisa juga dijadikan alas di ruang keluarga saat sedang bersantai bersama.

10 Rekomendasi perlak lantai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh perlak lantai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Karpet Spons Karakter

 Karpet Spons Karakter 1枚目

Harganya ramah di kantong

2

Karpet Vinyl Hello Kitty

 Karpet Vinyl Hello Kitty 1枚目

Motif cute dengan pilihan warna cerah

3

Crescendo

Vinyl Lantai Motif Kayu

Crescendo Vinyl Lantai Motif Kayu 1枚目

Hangatkan suasana rumah modern Anda

4

Speeds

Karpet Lipat 180 x 200 cm XPE FOAM

Speeds Karpet Lipat 180 x 200 cm XPE FOAM 1枚目

Nyaman buat belajar merangkak hingga berjalan

5

Perlak Lantai Vinyl Polos Bintik

 Perlak Lantai Vinyl Polos Bintik 1枚目

Sentuhan motif granit yang terlihat mewah

6

Karpet Lantai Vinyl Roll Tebal 0.7 mm

 Karpet Lantai Vinyl Roll Tebal 0.7 mm 1枚目

Lengkapi ruangan bergaya estetik yang kekinian

7

Bright Brown Perlak Lipat Motif

 Bright Brown Perlak Lipat Motif  1枚目

Tebalnya hanya 1 cm, makin hemat ruang penyimpanan

8

Garfield Karpet Lantai Spons EVA - Minimalis/ Batik

 Garfield Karpet Lantai Spons EVA - Minimalis/ Batik  1枚目

Mudah dipindahkan, piknik jadi makin nyaman

9

Perlak Lantai Vinyl Motif Kotak Warna

 Perlak Lantai Vinyl Motif Kotak Warna 1枚目

Untuk tampilan ruangan yang lebih berwarna

10

Karpet Vinyl Motif Catur Meteran

 Karpet Vinyl Motif Catur Meteran 1枚目

Lengkapi gaya retro untuk look ruangan yang unik

Perincian produk
Close
No.1

Harganya ramah di kantong

Produk ini tersedia dalam berbagai motif, beberapa di antaranya ialah karakter kartun yang disukai anak-anak. Ditambah dengan karakteristiknya yang waterproof, tentu produk ini makin menggoda dimiliki. Bila Anda memiliki budget terbatas, perlak lantai murah ini bisa dijadikan pilihan. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak pun Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar.

No.2

Karpet Vinyl Hello Kitty

Mulai dari Rp24.800,00

Motif cute dengan pilihan warna cerah

Bila Anda memiliki anak perempuan, produk ini dapat dijadikan opsi untuk menghiasi lantai kamarnya. Perlak lantai bermotif Hello Kitty yang lucu ini tersedia dalam tiga pilihan warna pink, biru, dan hijau yang cerah. Jika ingin tampilan kamar yang girly, Anda dapat memilih warna pink.


Lantai keramik atau ubin yang tidak dialasi cenderung dingin, terlebih saat hujan serta malam hari. Untuk itu, melapisi lantai dengan perlak ini dapat membantu lantai anak jadi lebih hangat. Selain itu, bahan perlak lantai ini cukup lembut sehingga nyaman saat bersentuhan dengan kulit.

No.3

CrescendoVinyl Lantai Motif Kayu

Mulai dari Rp69.000,00

Hangatkan suasana rumah modern Anda

Apakah rumah Anda mengusung konsep Scandinavian? Perlak lantai motif kayu ini wajib dipilih untuk membuat tampilan rumah Anda makin manis dan warm. Keunggulan lain perlak ini ialah tidak mudah sobek karena teksturnya lentur.


Satu roll perlak lantai ini berukuran 2 m x 25 m. Namun, Anda dapat membelinya secara custom sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, pemasangannya pun cepat tanpa harus menunggu lem kering terlebih dahulu.

No.4

SpeedsKarpet Lipat 180 x 200 cm XPE FOAM027-12

Mulai dari Rp45.000,00

Nyaman buat belajar merangkak hingga berjalan

Bayi yang mulai aktif tentu membutuhkan pengawasan ekstra, khususnya menjaga bagian kepala agar tidak terbentur lantai. Jika bayi Anda mulai memasuki fase merangkak, produk ini patut dipertimbangkan sebagai alas lantai di ruang bermainnya. Ketebalan busanya mencapai 8 mm sehingga nyaman untuk si kecil belajar merangkak, bahkan berjalan.


Selain waterproof, perlak lantai tebal ini juga antisobek sehingga keawetannya tak perlu diragukan. Perawatannya sangat mudah karena hanya perlu dibersihkan dengan cara dilap. Menariknya lagi, kedua sisi perlak ini dapat difungsikan bergantian karena motifnya bolak-balik. 

No.5

Perlak Lantai Vinyl Polos Bintik

Mulai dari Rp33.000,00

Sentuhan motif granit yang terlihat mewah

Motif granit pada perlak lantai ini tampak abstrak, tetapi terkesan eksklusif. Bagi Anda yang menginginkan desain ruangan bertema pricey look, membeli produk ini patut dipertimbangkan. Anda dapat menyesuaikan warna lantai dengan tema ruangan karena terdapat pilihan warna abu-abu, hijau, dan pink. Anda pun tak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk mendapatkan tampilan ruangan yang mewah.

No.6

Karpet Lantai Vinyl Roll Tebal 0.7 mm

Mulai dari Rp35.000,00

Lengkapi ruangan bergaya estetik yang kekinian

Dekorasi aesthetic atau estetik kini digemari untuk membuat berbagai ruangan makin indah dipandang. Lantai bermotif kayu adalah salah satu aksen yang dapat membuat tampilan ruangan makin outstanding. Tak hanya ruangan keluarga dan kamar, musala di rumah Anda pun dapat dibuat estetik agar makin betah beribadah. 


Menariknya lagi, lantai vinyl roll motif kayu ini memiliki ketahanan terhadap goresan bahkan api. Perlak lantai ini juga dilengkapi dengan lapisan eco-friendly serta berfungsi menghangatkan lantai. Jika Anda butuh perlak lantai bermotif kayu yang berkelas dan kekinian, produk ini layak diperhitungkan.

No.7

Bright Brown Perlak Lipat Motif

Mulai dari Rp264.000,00

Tebalnya hanya 1 cm, makin hemat ruang penyimpanan

Perlak lantai ini memiliki permukaan yang waterproof sehingga awet dan mudah dibersihkan. Selain itu, perlak yang dapat dilipat ini memiliki ketebalan 1 cm. Ditambah dengan keunggulan BPA free, produk ini makin aman untuk bayi dan anak-anak. Jika Anda butuh perlak lantai yang aman bahkan saat digigiti bayi, pilihlah produk ini.

No.8

Garfield Karpet Lantai Spons EVA - Minimalis/ Batik

Mulai dari Rp61.000,00

Mudah dipindahkan, piknik jadi makin nyaman

Selain digunakan sebagai alas duduk di lantai rumah, perlak lantai spons ini mudah dibawa bepergian. Motif yang tersedia pun sangat beragam sehingga Anda memiliki banyak pilihan saat membelinya.


Bagi Anda yang gemar piknik bersama keluarga, sebaiknya sertakan produk ini dalam barang bawaan. Anda dan keluarga pun akan lebih nyaman jika duduk menggunakan perlak milik sendiri. Terlebih lagi, bahannya juga waterproof sehingga mudah dibersihkan jika terkena tumpahan makanan.

No.9

Perlak Lantai Vinyl Motif Kotak Warna

Mulai dari Rp15.000,00

Untuk tampilan ruangan yang lebih berwarna

Jika Anda ingin bekreasi dalam ruangan dengan menghadirkan motif kotak-kotak dalam sentuhan warna cerah, beralihlah ke produk ini. Perlak lantai dengan motif kotak-kotak ini tersedia dalam pilihan warna merah, hijau, dan biru. Mungkin saja Anda ingin mengganti tema ruangan dengan suasana kemerdekaan, Anda dapat memilih perlak berwarna merah putih. 

No.10

Karpet Vinyl Motif Catur Meteran

Mulai dari Rp30.000,00

Lengkapi gaya retro untuk look ruangan yang unik

Jika Anda penggemar desain interior bergaya klasik dan retro, kami rekomendasikan perlak lantai motif catur. Motif kotak-kotak dengan pola warna hitam putih ini akan membuat tampilan ruangan jadi makin unik. Motif ini tentunya juga ideal untuk para pencinta warna monokrom.


Untuk mempertegas look retro yang vintage, sebaiknya dinding dan perabotan yang digunakan memiliki warna yang kontras. Hal tersebut dikarenakan karakteristik gaya retro akan lebih kentara dengan warna-warna mencolok.

Baca juga produk untuk lantai terbaik lainnya di sini

Kesimpulan

Kami sudah mengulas perlak lantai terbaik yang dapat Anda beli secara online. Apakah Anda sudah menemukan produk favorit untuk lantai ruangan Anda?


Pilihlah motif dan warna yang sesuai dengan tema ruangan, serta pertimbangkan estetika dan kenyamanannya. Perhatikan juga bahan perlak lantainya, sesuaikan dengan penggunaan untuk dipasang secara permanen ataupun portabel. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer