• 10 Rekomendasi Novel Asma Nadia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Asma Nadia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Asma Nadia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Asma Nadia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Asma Nadia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Novel Asma Nadia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Novel merupakan bacaan yang memberikan hiburan. Selain itu, novel juga dapat memberikan pelajaran hidup bagi pembacanya. Salah satu penulis yang telah menerbitkan banyak novel dengan kisah inspiratif adalah Asma Nadia. Ia dikenal sebagai novelis yang telah menerbitkan banyak buku best seller. Bahkan, karya novelnya sudah banyak yang difilmkan.


Banyaknya novel karya Asma Nadia mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Apakah sebaiknya membaca Surga yang Tak Dirindukan, Cinta Laki-laki Biasa, atau judul lainnya? Kami akan membahas tips memilih sekaligus rekomendasi judul novel Asma Nadia yang bagus. Langsung simak penjelasannya berikut, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengenal Asma Nadia

Sebelum memilih novel karyanya, ada baiknya Anda mengenal Asma Nadia terlebih dahulu. Asma Nadia merupakan nama pena dari Asmarani Rosalba. Ia merupakan adik kandung dari Helvy Tiana Rosa yang merupakan seorang penulis juga. Perempuan kelahiran 26 Maret 1972 ini menyukai dunia tulis-menulis sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.


Keseriusannya menekuni bidang tulis-menulis bermula saat ia harus berhenti kuliah. Diketahui Asma Nadia sempat mencicipi bangku kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Namun, karena kondisi kesehatannya yang kurang baik, ia harus berhenti kuliah. Meski demikian, ia tidak berputus asa. Ia mulai rajin mengirimkan tulisannya ke berbagai media.


Kemahiran Asma Nadia dalam meracik kata terbukti dengan cerpen karyanya yang menjuarai Lomba Menulis Cerpen Islami tingkat nasional. Cerpen tersebut berjudul "Imut" dan "Koran Gondrong". Setelah itu, Asma Nadia banyak melahirkan karya yang mendapat sambutan baik. Berbagai penghargaan untuk karyanya pun sudah diraih. Bahkan, beberapa judul novelnya diangkat ke layar lebar.


Bentuk kecintaan Asma Nadia terhadap bidang tulis-menulis diwujudkan juga dengan mendirikan Forum Lingkar Pena. Organisasi tersebut sudah berdiri sejak tahun 1997. Melalui organisasi tersebut, Asma Nadia ingin mewadahi para penulis muda, pembaca karya anak bangsa, dan pencinta dunia literasi. Selain itu, Asma Nadia juga mendirikan penerbitan sendiri bertajuk Asma Nadia Publishing House.

Cara memilih novel Asma Nadia

Asma Nadia termasuk salah satu penulis yang produktif. Tidak mengherankan jika banyak buku yang telah ditulisnya. Sebelum memilih novel karyanya, sebaiknya Anda menyimak tips memilih novel Asma Nadia berikut ini.

Pilih novel yang sudah difilmkan

Pilih novel yang sudah difilmkan

Ada beberapa novel Asma Nadia yang sudah difilmkan. Novel yang sudah difilmkan dapat menjadi pilihan bacaan Anda. Jika Anda sudah menonton filmnya, Anda bisa mengulik ceritanya dari sudut pandang berbeda melalui novelnya. Pasalnya, tidak jarang film yang diangkat dari novel memiliki alur yang agak berbeda dari novelnya.


Hingga saat ini setidaknya ada enam novel Asma Nadia yang sudah difilmkan. Novel pertamanya yang difilmkan adalah Emak Ingin Naik Haji. Kemudian, ada juga novel Assalamualaikum Beijing! yang difilmkan pada tahun 2014. Selain itu, ada juga novel Pesantren Impian, Cinta Laki-laki Biasa, hingga Surga yang Tak Dirindukan.

Pertimbangkan label best seller

Pertimbangkan label best seller

Novel yang berlabel best seller berarti laris dibeli orang. Kemungkinan besar penjualan novelnya telah mencapai ribuan eksemplar dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, bisa juga novel telah mengalami beberapa kali cetak ulang. Penjualan novel yang begitu laris tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya tentu saja cerita yang diangkat dalam novel dianggap menarik.


Karya-karya goresan Asma Nadia pun banyak yang berlabel best seller. Salah satu contohnya adalah novel berjudul Bidadari Berbisik. Novel tersebut berkisah tentang perjuangan seorang perempuan mengungkap kematian adiknya. Di samping itu, ada juga novel Cinta di Ujung Sajadah. Novel ini mengisahkan lika-liku yang muncul dalam hubungan percintaan.

Sesuaikan dengan tema yang ingin dibaca

Sesuaikan dengan tema yang ingin dibaca

Kebanyakan novel Asma Nadia memang dibumbui dengan hal-hal Islami. Namun, hal itu tidak menjadikan novel karyanya terkesan kaku dan menggurui. Asma Nadia mampu mengisahkan berbagai tema dengan menarik, mulai dari percintaan hingga perjuangan hidup. Berikut ini adalah beberapa tema yang bisa dipilih dari karya-karya tulisan Asma Nadia.


  • Kehidupan rumah tangga: Beberapa novel karya Asma Nadia mengangkat tema kehidupan rumah tangga. Salah satunya adalah novel Surga yang Tak Dirindukan. Novel tersebut mengangkat isu poligami yang muncul dalam kehidupan rumah tangga. Dengan membaca novel bertema kehidupan rumah tangga, Anda bisa mengerti konflik kehidupan rumah tangga.

  • Perjuangan hidup: Novel berjudul Rumah Tanpa Jendela dapat dikatakan bertema perjuangan hidup. Novel tersebut membahas kisah seorang anak yang ingin mempunyai rumah dengan jendela. Novel dengan tema-tema perjuangan hidup dapat memotivasi Anda dalam menjalani hidup. 

  • Ketangguhan perempuan: Sebagai seorang penulis perempuan, sudah pasti tema ketangguhan perempuan tidak luput dari karya Asma Nadia. Salah satu karyanya yang bertemakan perjuangan perempuan adalah novel Bidadari Berbisik. Novel ini mengisahkan perjuangan Ning yang berani meski nyawa menjadi taruhannya. Anda akan merasakan bahwa perempuan adalah sosok kuat.

  • Percintaan: Rasanya kurang afdal jika tidak ada tema cinta dalam sebuah novel. Maka dari itu, Asma Nadia pun turut menggoreskan banyak kisah cinta dalam karyanya. Novel Cinta di Ujung Sajadah karyanya berkisah tentang kerumitan kisah cinta yang dialami tokohnya. Novel dengan tema ini cocok menjadi bacaan semua kalangan. Dengan membaca novel cinta, Anda akan terhanyut dalam keromantisan.

Cek buku yang mendapatkan penghargaan

Cek buku yang mendapatkan penghargaan

Novel karya Asma Nadia juga tidak sedikit yang mendapatkan penghargaan. Novel berjudul Derai Sunyi mendapatkan penghargaan dari Majelis Sastra Asia Tenggara. Selain itu, ada juga novel 101 Dating: Jo dan Kas yang mendapatkan penghargaan dari Adikarya IKAPI tahun 2005. Kemudian, novel Rembulan di Mata Ibu yang dinobatkan sebagai novel remaja terbaik nasional oleh Adikarya IKAPI.


Anda bisa memilih novel Asma Nadia yang mendapatkan penghargaan. Adanya penghargaan tersebut menandakan bahwa novel karya Asma Nadia memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu, Anda tidak akan kecewa setelah membacanya.

10 Rekomendasi novel Asma Nadia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel Asma Nadia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.

10
TemaKetangguhan perempuan
PenghargaanMajelis Sastra Asia Tenggara
Best sellerYa
DifilmkanTidak
Rating di Goodreads3,33 dari 5
9
TemaKehidupan rumah tangga
PenghargaanTidak ada keterangan
Best sellerYa
DifilmkanTidak
Rating di Goodreads3,70 dari 5
8
TemaPercintaan
PenghargaanTidak ada keterangan
Best sellerYa
DifilmkanTidak
Rating di Goodreads3,75 dari 5
7

RepublikaSurga yang Tak Dirindukan 1

Mulai dari Rp 89.000,00

TemaKehidupan rumah tangga
PenghargaanNovel Terbaik Islamic Book Fair
Best sellerYa
DifilmkanYa
Rating di Goodreads3,81 dari 5
6

Asma Nadia Publishing HouseCinta Laki-laki Biasa

Mulai dari Rp 59.000,00

TemaPercintaan
PenghargaanTidak ada keterangan
Best sellerYa
DifilmkanYa
Rating di Goodreads3,86 dari 5
5

Asma Nadia Publishing HousePesantren Impian

Mulai dari Rp 57.000,00

TemaPerjuangan hidup
PenghargaanTidak ada keterangan
Best sellerTidak ada keterangan
DifilmkanYa
Rating di Goodreads3,86 dari 5
4
TemaPerjuangan hidup
PenghargaanTidak ada keterangan
Best sellerTidak ada keterangan
DifilmkanYa
Rating di Goodreads3,88 dari 5
3

Asma Nadia Publishing HouseAssalamualaikum Beijing!

Mulai dari Rp 54.000,00

TemaPercintaan
PenghargaanTidak ada keterangan
Best sellerYa
DifilmkanYa
Rating di Goodreads3,96 dari 5
2

RepublikaPergi Cinta, Datang Cinta: Jo & Kas

Mulai dari Rp 75.000,00

TemaPercintaan
PenghargaanAdikarya IKAPI
Best sellerYa
DifilmkanTidak
Rating di Goodreads4,00 dari 5
1

Asma Nadia Publishing HouseJilbab Traveler: Love Sparks In Korea

Mulai dari Rp 64.500,00

TemaPercintaan
PenghargaanTidak ada keterangan
Best sellerYa
DifilmkanYa
Rating di Goodreads4,04 dari 5

Tabel perbandingan novel karya Asma Nadia terbaik

Gambar produk
1
Asma Nadia Publishing House Jilbab Traveler: Love Sparks In Korea 1

Asma Nadia Publishing House

2
Republika Pergi Cinta, Datang Cinta: Jo & Kas 1

Republika

3
Asma Nadia Publishing House Assalamualaikum Beijing! 1

Asma Nadia Publishing House

4
Republika Rumah Tanpa Jendela 1

Republika

5
Asma Nadia Publishing House Pesantren Impian 1

Asma Nadia Publishing House

6
Asma Nadia Publishing House Cinta Laki-laki Biasa 1

Asma Nadia Publishing House

7
Republika Surga yang Tak Dirindukan 1 1

Republika

8
Republika Cinta di Ujung Sajadah 1

Republika

9
Republika OTW Nikah 1

Republika

10
Republika Bidadari Berbisik 1

Republika

Nama produk

Jilbab Traveler: Love Sparks In Korea

Pergi Cinta, Datang Cinta: Jo & Kas

Assalamualaikum Beijing!

Rumah Tanpa Jendela

Pesantren Impian

Cinta Laki-laki Biasa

Surga yang Tak Dirindukan 1

Cinta di Ujung Sajadah

OTW Nikah

Bidadari Berbisik

Keunggulan

Cinta yang terbentur dengan perjodohan, berakhir bahagia?

Cinta bukan tentang sesuatu yang sama, tetapi tentang menyatukan perbedaan

Lika-liku cinta beda keyakinan yang penuh halangan

Rasa syukur terkadang memang bisa dirasakan dari kisah orang lain

Siap mengulik misteri yang belum terungkap

Cinta luar biasa bisa datang dari sosok yang dianggap biasa

Menariknya isu poligami yang muncul dalam kehidupan rumah tangga

Cinta itu universal, tak sekadar terhadap pasangan

Mempersiapkan pernikahan terkadang memunculkan beraneka rasa dalam hati

Jangan meremehkan tangguhnya seorang perempuan

Harga mulai dariRp 64.500,00Rp 75.000,00Rp 54.000,00Rp 57.000,00Rp 57.000,00Rp 59.000,00Rp 89.000,00Rp 89.000,00Rp 69.000,00Rp 78.000,00
TemaPercintaanPercintaanPercintaanPerjuangan hidupPerjuangan hidupPercintaanKehidupan rumah tanggaPercintaanKehidupan rumah tanggaKetangguhan perempuan
PenghargaanTidak ada keteranganAdikarya IKAPITidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganNovel Terbaik Islamic Book FairTidak ada keteranganTidak ada keteranganMajelis Sastra Asia Tenggara
Best sellerYaYaYaTidak ada keteranganTidak ada keteranganYaYaYaYaYa
DifilmkanYaTidakYaYaYaYaYaTidakTidakTidak
Rating di Goodreads4,04 dari 54,00 dari 53,96 dari 53,88 dari 53,86 dari 53,86 dari 53,81 dari 53,75 dari 53,70 dari 53,33 dari 5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi novel karya penulis lainnya di sini

Novel karya Asma Nadia memang selalu bagus. Namun, Anda bisa juga membaca novel karya penulis lainnya untuk merasakan pengalaman yang berbeda. Temukan novel karya penulis lainnya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Begitu banyak novel yang telah dihasilkan dari tangan Asma Nadia. Mulai dari genre percintaan bernuansa Islami hingga kisah perjuangan perempuan dapat Anda temukan dalam karyanya. Anda bisa menjadikan salah satu novel Asma Nadia yang kami rekomendasikan sebagai bacaan favorit.


Bagi penikmat buku sekaligus film, Anda juga bisa memilih novel Asma Nadia yang sudah difilmkan. Selamat menikmati buah pena dari Asma Nadia. Pastikan Anda mengambil pelajaran setelah membacanya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi kutipan tulisan Tere Liye juga menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel yang bagus dari Tere Liye, seperti Rindu, Bumi, Hujan, dan Pulang. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Himpunan. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Bumi, Ancika, dan Geez & Ann. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2022)
    Di Wattpad, Anda bisa menemukan cerita dalam berbagai genre, seperti fiksi remaja, romansa, perjodohan Islami, sekolah, dan lainnya. Jika sebelumnya Anda hanya bisa membaca melalui gawai, kini cerita adaptasi Wattpad sudah banyak beredar dalam bentuk buku fisik.Saat ini, Anda barangkali dilanda kebingungan memilih novel Wattpad yang sudah diterbitkan. Maka dari itu, kami akan memandu Anda memilih novel Wattpad yang bagus. Judul-judul novel Wattpad terbaik, seperti Mariposa karya Luluk HF dan Claires karya Valerie Patkar ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta buku, Anda pasti sudah tidak asing dengan genre novel fantasi. Selain menghibur, membaca novel fantasi juga dapat memperluas cakrawala baca. Terdapat banyak novel-novel fantasi yang telah terbit di Indonesia dari penulis dalam ataupun luar negeri. Beberapa judulnya yang terkenal adalah Harry Potter, The Lord of the Rings, dan Bumi karya Tere Liye.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi novel fantasi yang bagus. Selain itu, kami juga membagikan tips memilih novel fantasi terbaik untuk masuk dimasukkan ke daftar bacaan Anda. Simak terus, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu sumber pengetahuan dalam belajar agama Islam adalah melalui buku. Di pasaran sendiri, banyak buku agama Islam yang dapat dijadikan referensi, salah satunya adalah novel islami. Selain dikemas dalam bahasa yang ringan, biasanya novel islami memiliki alur cerita yang membuat pembacanya dapat terinspirasi. Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh buku novel islami terbaru dari berbagai tema. Kami juga akan mengulas novel islami best seller dari penulis ternama, seperti Habiburrahman El Shirazy dan Asma Nadia. Yuk, temukan kumpulan novel islami yang bagus dengan membaca artikel ini sampai tuntas. 
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Serius dan menjemukan sering kali menjadi keywords langganan yang digunakan untuk mendeskripsikan sejarah. Sejarah pun sering dikorelasikan dengan museum, hafalan, dan tokoh-tokoh penting. Apakah sejarah benar-benar seperti itu? Anda jangan mau terbelenggu pada stereotip lama.Kini sejarah dapat dinikmati dengan lebih menyenangkan melalui novel sejarah. Plot ceritanya tak kalah menggugah dari novel genre lainnya. Anda dapat membaca novel-novel sejarah yang bagus, seperti Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer dan Taiko karya Eiji Yoshikawa. Setelah membaca novel tersebut, Anda dapat membaca judul lain yang ada di rekomendasi artikel berikut ini.
    Novel & sastra
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori