• 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)

Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.

 
Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih benih padi

Varietas benih padi bukan satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih benih padi. Pertimbangkan pula jenis sawah dan hasil panen yang diinginkan. Bentuk beras juga perlu Anda perhatikan. Berikut kami paparkan cara memilih benih padi terbaik.

Pilih berdasarkan varietasnya

Pilih berdasarkan varietasnya

Ada ribuan varietas benih padi yang telah dikembangkan pemerintah. Masing-masing memiliki keunggulan dan karakteristik tersendiri. Berdasarkan asal, cara perakitan dan metode perbanyakan benihnya, varites padi dibagi menjadi tiga kelompok. Di bawah ini ulasan singkat kami mengenai ketiga varietas tersebut.


  • Varietas padi lokal, padi asli asal suatu daerah. Varietas padi lokal atau tradisional merupakan varietas padi asli yang berasal dari suatu daerah. Varietas padi ini hanya cocok di daerah asalnya karena membutuhkan kondisi khusus untuk tumbuh.

  • Varietas hibrida, padi unggul dari rekayasa biologi. Varietas padi hibrida berasal dari rekayasa biologi atau persilangan dua atau lebih jenis padi. Hasil panen varietas hibrida bisa sampai dua kali lipat padi lokal. Namun, kualitas panennya akan jauh berkurang jika berasal dari tanaman turunannya.


  • Varietas unggul, padi penghasil nasi yang enak. Varietas padi unggul memiliki daya panen yang tinggi, juga tahan hama. Beras yang dihasilkan pun berkualitas baik sehingga nasinya enak. 

Tentukan berdasarkan jenis sawah dan hasil panen

Saat memilih benih padi, tentukan benih sesuai jenis sawah dan hasil panen yang Anda inginkan. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Benih padi INPARA, Cocok dikembangkan di daerah rawa

INPARA atau INBRIDA Padi Rawa diciptakan untuk mengatasi tantangan budidaya di lahan rawa. Lahan rawa yang berupa genangan air biasanya memiliki tingkat kemasaman tanah yang tinggi. Tanahnya kurang subur dengan kandungan konsentrasi besi yang cukup tinggi pula. Berikut ini beberapa varietas padi INPARA yang telah dilepas oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian.


  • INPARA 8 Agritan, mampu menahan serangan hawar daun bakteri. Setelah semai, Anda bisa mulai memanen pada umur 115 hari dengan rata-rata hasil panen 4,7 ton per hektar. Namun, benih padi ini cukup rentan terhadap serangan wereng batang cokelat. 
 
  • PURWA, tahan dari empat jenis penyakit. Varietas dengan tekstur nasi seperti ketan ini memiliki masa 121 hari setelah masa semai. Potensi panennya sebesar 4,9 ton per hektar. Menariknya, benih padi ini sedikit toleran dengan cekaman salinitas fase vegetatif dan genangannya.

Benih padi INPARI, cocok dikembangkan di sawah irigasi dan memiliki homozigositas tinggi

INPARI atau Inbrida Padi Sawah Irigasi sangat cocok dibudidayakan di lahan persawahan biasa. Tingkat homozigositasnya atau kemurnian galur padinya sangat tinggi karena melalui proses penyerbukan sendiri. Berikut beberapa benih padi unggul yang diluncurkan pada 2019 dan 2020.


  • INPARI 48 Blas, nasi pulen, panen berlimpah. Benih padi unggul ini memiliki umur tanaman 121 hari setelah semai. Penanamannya dianjurkan pada ketinggian 0–600 mdpl dengan potensi panen hingga 9,13 ton per hektar. INPARI 48 Blas rentan serangan WBC populasi lapang Sukamandi dan virus tungro inokulum Garut dan Purwakarta.

  • INPARI 45 Dirgahayu, cocok ditanam pada dataran rendah. Umur tanaman benih ini adalah 116 hari setelah semai. Tekstur nasinya pulen dengan rata-rata hasil panen mencapai 7,1 ton per hektar. Tanaman ini agak tahan terhadap penyakit tungro inokulum Purwakarta, tetapi cukup rentan terhadap virus tungro inokulum Garut. 

Benih padi INPAGO, cocok dikembangkan di daerah dengan tingkat kelembapan rendah

INPAGO merupakan singkatan dari Inbrida Pagi Gogo. INPAGO adalah pilihan tepat untuk lahan persawahan di daerah kering dengan curah hujan rendah. Benih ini juga sangat cocok untuk daerah berlereng yang kurang mampu menampung air dalam jangka waktu lama. Di bawah ini beberapa varietas benih padi unggul INPAGO.


  • INPAGO 13 Fortiz, bulir padinya mengandung protein sebesar 9,83%. Umur tanaman ini 114 hari setelah semai dengan rata-rata hasil panen mencapai 6,53 ton per hektar. Uniknya, kandungan Zn pada beras pecah kulitnya mencapai 34 ppm. Benih padi ini cocok untuk ditanam pada lahan kering subur dan lahan kering masam dataran rendah hingga 700 mdpl.

  • INPAGO 12 Agritan, dapat ditanam pada lahan kering subur. Umur tanaman ini mencapai 111 hari setelah semai. Rata-rata hasil panennya mencapai 6,7 ton per hektar. Benih ini mampu menoleransi aluminium dan kondisi kekeringan pada lahan persawahan. Tak hanya itu, benih dapat ditanam di lahan kering masam dataran rendah hingga ketinggian 700 mdpl. 

Benih padi HIPA, benih padi hibrida dengan hasil panen melimpah

HIPA atau Hibrida Padi berasal dari persilangan dua varietas padi yang berbeda secara genetik. Dengan seleksi induk yang ketat, benih padi HIPA memiliki sifat yang lebih unggul. Benih padi HIPA menghasilkan panen lebih banyak dan dapat ditanam di berbagai jenis lahan. Berikut contoh benih padi unggul HIPA. 


  • HIPA Arize 86, agak tahan terhadap wereng cokelat dengan hasil berlimpah. Umur tanaman padi ini adalah 155 hari setelah semai dengan hasil rata-rata sebesar 9,54 ton per hektar. Varietas ini juga agak tahan terhadap penyakit HDB fase vegetatif. Potensi produksi benih F1 (hasil persilangan tetua unggul) yang dapat dihasilkan adalah 2,72 ton per hektar.

  • HIPA 21, benih padi unggulan dengan umur lebih singkat. Umur tanaman ini mencapai 113 hari setelah semai. Hasil rata-rata yang didapatkan mencapai 8,99 ton per hektar. Tanaman padi ini agak tahan terhadap serangan hama wereng cokelat. Potensi produksi benih F1 yang dapat dihasilkan adalah 2,94 ton per hektar

Periksa informasi daya tahan benih padi terhadap hama dan penyakit

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih benih padi unggul adalah daya tahannya terhadap penyakit dan hama. Informasi mengenai ketahanan suatu benih padi terhadap penyakit dapat Anda temukan secara lengkap di situs resmi BBPADI. Namun, di bawah ini kami berikan informasi singkat mengenai hama dan penyakit yang kerap menyerang tanaman padi.


  • Wereng cokelat, serangga perusak yang membuat tanaman menjadi kering. Wereng cokelat merusak tanaman padi dengan mengisap cairannya. Varietas yang mampu menahan serangan hama wereng cokelat, antara lain, INPARI 1, INPARI 13, IF-16, dan lainnya.

  • Penyakit blas, jamur yang dapat menyerang di semua fase pertumbuhan. Jamur ini dapat menginfeksi bagian daun dan leher tanaman. Dampak terburuk dari penyakit ini adalah kematian tanaman. Beberapa varietas padi yang tahan terhadap penyakit blas antara lain Inpari 21, Inpari 22, juga Inpago 8. 

  • Penyakit hawar daun bakteri (HDB), penyakit mematikan bagi tanaman padi. Tanaman yang terkena penyakit ini akan mengalami penurunan kemampuan berfotosintesis. Jika penyakit ini menyerang tanaman muda dapat berakibat kematian. Contoh varietas yang tahan terhadap tanaman ini adalah Inpari 32.  

Pertimbangkan ukuran dan bentuk beras yang dihasilkan

Pertimbangkan ukuran dan bentuk beras yang dihasilkan

Ukuran dan bentuk beras yang dihasilkan penting pula Anda perhatikan karena dua hal ini yang kerap menjadi pertimbangan konsumen. Ukuran panjang beras dibedakan menjadi empat jenis. Adapun bentuk beras dibedakan menjadi tiga macam. Berikut ulasan singkat mengenai ukuran dan bentuk beras sesuai dengan standar mutu di pasar internasional. 


  • Biji sangat panjang (extra long grain), ukurannya panjang dan ramping. Ukuran panjang beras ini lebih dari 7,5 milimeter. Alhasil beras ini memiliki bentuk yang ramping (slender). 


  • Biji panjang (long grain), panjang, tipis, dan berlekuk. Panjang beras long grain berkisar 6,61–7,5 milimeter. Bentuk berasnya sedang (medium) dan tipis dengan lekukan di ujungnya. Ketika belum dimasak, tekstur berasnya keras dan kering.

  • Biji sedang (medium grain), ukuran sedang dengan bentuk bulat. Beras berbiji sedang berbentuk bulat dengan ukuran 5,51–6,6 milimeter. Beras jenis ini mengandung pati. Teksturnya lembut dan mengembang setelah matang.

  • Biji pendek (short grain), bulat, tebal, dan pulen. Ukuran beras biji pendek kurang dari 5,5 milimeter. Teksturnya lembut dan saling menempel. Inilah sebabnya beras jenis ini cocok dimakan dengan sumpit. 

10 Rekomendasi benih padi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk benih padi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

10

Agri Makmur Pertiwi Benih Pertiwi - Benih Padi Unggul INPARI 42 AGRITAN GSR

Mulai dari Rp 70.000,00

Berat bersih5 kg
Umur tanaman±112 hari
VarietasINPARI
Bentuk gabah/tekstur nasiRamping/pulen
Potensi hasil 10,58 ton per hektar
Rata-rata hasil7,11 ton per hektar
Keunggulan lainnyaKeunggulan lainnya Agak tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe III, ras 033, hama wereng batang cokelat biotipe 1; tahan terhadap penyakit blas daun ras 073
9
Berat bersih1 kg
Umur tanaman80-85 hari
VarietasCakrabuana
Bentuk gabah/tekstur nasiTidak disebutkan/pulen
Potensi hasil 9-12 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak disebutkan
Keunggulan lainnyaTahan busuk leher, wereng, dan burung pipit
8

Toko Pertanian IndonesiaBenih Padi Hitam Organik

Mulai dari Rp 65.000,00

Berat bersih1 kg
Umur tanaman±95 hari
VarietasJeliteng
Bentuk gabah/tekstur nasiTidak disebutkan/pulen
Potensi hasil 7-9 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak disebutkan
Keunggulan lainnyaAgak tahan rebah, hama, dan penyakit tanaman
7
Berat bersih 1 kg
Umur tanaman85 hari setelah tanam
VarietasGenjah
Bentuk gabah/tekstur nasiPanjang agak oval gemuk/pulen
Potensi hasil Tidak ada keterangan
Rata-rata hasil13–15 ton per hektar
Keunggulan lainnyaTahan wereng cokelat, bakteri hawar daun, dan potong leher
6
Berat bersih1 kg
Umur tanaman90 hari setelah tanam
VarietasBaroma
Bentuk gabah/tekstur nasiPanjang ramping/tidak ada keterangan
Potensi hasil 8–11 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTahan serangan hawar daun dan bakteri HBD yang disebabkan xantromonas oryzae pv
5
Berat bersih1 kg
Umur tanaman72-75 hari
VarietasGenjah
Bentuk gabah/tekstur nasiTidak disebutkan/pulen
Potensi hasil 10-12 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak disebutkan
Keunggulan lainnyaToleran terhadap OPT dan jamur
4

Toko Pertanian IndonesiaBeras Merah Gabah Berkualitas

Mulai dari Rp 70.000,00

Berat bersih1 kg
Umur tanaman111 hari
VarietasPAMERA
Bentuk gabah/tekstur nasiRamping/pulen dan aromatik
Potensi hasil 7,7 ton per hektar
Rata-rata hasil6,7 ton per hektar
Keunggulan lainnyaAgak tahan hawar daun bakteri
3

Tukul Mitra PetaniBenih Padi Unggul Tongkol Dua

Mulai dari Rp 65.000,00

Berat bersih1 kg
Umur tanaman90–100 hari setelah semai
VarietasGalur Aceh
Bentuk gabah/tekstur nasiPanjang/pulen
Potensi hasil 10–12 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTidak ada keterangan
2
Berat bersih1 kg
Umur tanaman105–110 hari setelah semai
VarietasUnggul IF 16
Bentuk gabah/tekstur nasiTidak ada keterangan/pulen aromatik
Potensi hasil 14 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTahan penyakit, hama wereng, dan patah leher
1

PrimasidBenih Padi Hibrida F-1 Mapan P-05

Mulai dari Rp 105.000,00

Berat bersih1 kg
Umur tanaman113–115 hari
VarietasHibrida (HIPA)
Bentuk gabah/tekstur nasiRamping/pulen
Potensi hasil 9,52 ton per hektar
Rata-rata hasil7,79 ton per hektar
Keunggulan lainnyaTahan terhadap tungro dan hawar daun

Tabel perbandingan produk benih padi terbaik

Gambar produk
1
Primasid Benih Padi Hibrida F-1 Mapan P-05 1

Primasid

2
Tukul Mitra Petani IF 16  1

Tukul Mitra Petani

3
Tukul Mitra Petani Benih Padi Unggul Tongkol Dua 1

Tukul Mitra Petani

4
Toko Pertanian Indonesia Beras Merah Gabah Berkualitas 1

Toko Pertanian Indonesia

5
Toko Pertanian Indonesia SR Genjah 1

Toko Pertanian Indonesia

6
Toko Pertanian Indonesia Basmati Aroma 1

Toko Pertanian Indonesia

7
Sertani 14 1

8
Toko Pertanian Indonesia Benih Padi Hitam Organik 1

Toko Pertanian Indonesia

9
Benih Padi Cakrabuana 04 Istimewa 1

10
Agri Makmur Pertiwi  Benih Pertiwi - Benih Padi Unggul INPARI 42 AGRITAN GSR 1

Agri Makmur Pertiwi

Nama produk

Benih Padi Hibrida F-1 Mapan P-05

IF 16

Benih Padi Unggul Tongkol Dua

Beras Merah Gabah Berkualitas

SR Genjah

Basmati Aroma

Sertani 14

Benih Padi Hitam Organik

Benih Padi Cakrabuana 04 Istimewa

Benih Pertiwi - Benih Padi Unggul INPARI 42 AGRITAN GSR

Keunggulan

Mudah ditanam, hasil panen memuaskan!

Batang tanaman kuat, tanaman padi jadi tidak mudah jatuh

Benih padi galur Aceh yang terkenal unggul

Beras merah dengan tekstur nasi pulen

Benih padi sangat genjah, cukup 75 hari saja!

Tidak terpengaruh udara dingin, bisa ditanam di daerah pegunungan

Benih padinya unggul, umur tanamnya pendek!

Benih organik penghasil beras yang kaya manfaat

Penghasil nasi pulen yang tahan dari busuk leher dan wereng

Benih padi yang tahan terhadap penyakit blas

Harga mulai dariRp 105.000,00Rp 65.000,00Rp 65.000,00Rp 70.000,00Rp 60.000,00Rp 75.000,00Rp 55.000,00Rp 65.000,00Rp 60.000,00Rp 70.000,00
Berat bersih1 kg1 kg1 kg1 kg1 kg 1 kg 1 kg1 kg1 kg5 kg
Umur tanaman113–115 hari105–110 hari setelah semai90–100 hari setelah semai111 hari72-75 hari90 hari setelah tanam85 hari setelah tanam±95 hari80-85 hari±112 hari
VarietasHibrida (HIPA)Unggul IF 16Galur AcehPAMERAGenjahBaromaGenjahJelitengCakrabuanaINPARI
Bentuk gabah/tekstur nasiRamping/pulenTidak ada keterangan/pulen aromatikPanjang/pulenRamping/pulen dan aromatikTidak disebutkan/pulenPanjang ramping/tidak ada keteranganPanjang agak oval gemuk/pulenTidak disebutkan/pulenTidak disebutkan/pulenRamping/pulen
Potensi hasil 9,52 ton per hektar 14 ton per hektar10–12 ton per hektar7,7 ton per hektar10-12 ton per hektar8–11 ton per hektarTidak ada keterangan7-9 ton per hektar9-12 ton per hektar 10,58 ton per hektar
Rata-rata hasil7,79 ton per hektarTidak ada keteranganTidak ada keterangan6,7 ton per hektarTidak disebutkan Tidak ada keterangan13–15 ton per hektarTidak disebutkanTidak disebutkan7,11 ton per hektar
Keunggulan lainnyaTahan terhadap tungro dan hawar daun Tahan penyakit, hama wereng, dan patah leherTidak ada keteranganAgak tahan hawar daun bakteriToleran terhadap OPT dan jamurTahan serangan hawar daun dan bakteri HBD yang disebabkan xantromonas oryzae pvTahan wereng cokelat, bakteri hawar daun, dan potong leherAgak tahan rebah, hama, dan penyakit tanamanTahan busuk leher, wereng, dan burung pipit Keunggulan lainnya Agak tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe III, ras 033, hama wereng batang cokelat biotipe 1; tahan terhadap penyakit blas daun ras 073
Tautan produk

Cara mengetahui benih padi yang sehat

Cara mengetahui benih padi yang sehat

Sebelum menanam benih pilihan Anda, Anda perlu menyeleksi manakah benih yang bernas. Berikut kami berikan langkah-langkah menyeleksi benih yang bernas.  


  • Siapkan larutan air garam dengan cara melarutkan lima sampai enam sendok garam dengan air satu liter.
  • Periksa kepekatan larutan dengan menggunakan sebutir telur ayam mentah. Caranya, masukkan telur ayam mentah ke dalam larutan. Apabila telur ayam terapung, konsentrasi larutan sudah tepat. Namun, jika telur ayam tenggelam sepenuhnya, tambahkan garam kembali hingga telur dapat terapung.
  • Setelah itu, masukkan benih yang akan diseleksi. Benih yang bernas akan tenggelam, sedangkan benih yang mengapung merupakan benih hampa. Proses ini dapat dilakukan secara berulang tergantung banyaknya benih yang akan diuji. 
  • Buang benih-benih yang terapung. 
  • Tiriskan benih yang tenggelam dari larutan garam dan bilas hingga bersih. 

Baca juga rekomendasi produk benih tanaman lainnya di sini

Topik yang kami bahas di artikel ini memang berfokus pada benih padi. Namun, kami telah menyiapkan beberapa artikel menarik jika Anda ingin menanam tanaman lainnya. Dalam tautan di bawah ini, Anda dapat menemukan artikel tentang benih jeruk santang madu dan strawberry. Selamat membaca. 

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan benih padi yang Anda cari? Tak hanya varietas, menyesuaikan pilihan dengan jenis sawah dan hasil panennya merupakan hal penting saat memilih benih padi. Ukuran dan bentuk beras juga perlu dipertimbangkan.

 
Ketahanan terhadap hama dan penyakit juga menjadi faktor lain yang tak boleh terlewatkan. Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, Anda akan menemukan benih padi dengan hasil terbaik. Selamat menemukan benih terbaik untuk sawah Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, baik itu menanam buah, bunga, maupun sayur, tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan pupuk. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK. Dengan memberikan pupuk NPK secara teratur, tanaman akan subur, cepat berbunga, dan berbuah lebat.Kami akan membahas cara memilih pupuk NPK yang bagus untuk semua jenis tanaman. Beberapa merek juga akan kami rekomendasikan, seperti pupuk merek Pak Tani, Mutiara, DGW, Meroke, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Temukan pupuk NPK terbaik untuk tanaman Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori