• 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. 


Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 30 November 2021
Daftar isi

Cara memilih benih padi

Indonesia memiliki ribuan varietas benih padi yang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu varietas tradisional, hibrida, dan unggul. Untuk mengetahui lebih jelas, silakan simak ulasan kami berikut ini.

Pilih berdasarkan varietasnya

Pilih berdasarkan varietasnya

Hingga saat ini telah muncul ribuan varietas benih padi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan hasil produksi beras. Semua varietas benih padi unggul yang dikembangkan ini tentu memiliki keunggulan dan karakteristik berbeda. Tak lupa, setiap varietas akan memiliki tingkat penyesuaian yang berbeda untuk ditanam di suatu daerah. Namun, secara garis besar terdapat tiga jenis varietas padi, yaitu: 


  • Varietas tradisional atau lokal: Merupakan varietas padi yang asli dari suatu daerah. 

  • Varietas hibrida: Merupakan jenis benih padi yang berasal dari rekayasa biologi, yaitu hasil persilangan dua atau lebih jenis padi yang berbeda. 

  • Varietas unggul: Merupakan benih yang dikembangkan untuk memiliki sifat positif demi meningkatkan produksi padi. Sifat-sifat yang dikembangkan, seperti daya panen tinggi, tahan terhadap hama, beras berkualitas baik, serta nasi terasa enak. 

Temukan sesuai dengan jenis sawah dan hasil panen

Keinginan untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan petani menjadi alasan munculnya berbagai penelitian untuk menciptakan benih terbaik. Tak hanya itu, hasil panen yang melimpah tentu dapat membuat produksi beras menjadi stabil. Karena itu, pemerintah telah banyak mengembangkan jenis padi yang disesuaikan dengan kondisi setiap daerah. Untuk lebih detailnya, simak informasi berikut ini.

Benih padi INPARA: Cocok dikembangkan di daerah rawa

INPARA adalah singkatan dari INBRIDA Padi Rawa. Budidaya padi di lahan rawa biasanya memiliki tantangan genangan air yang memiliki tingkat kemasaman tanah yang tinggi. Karena hal itu, tanah tidak cukup subur serta kandungan konsentrasi besi pada tanah cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa varietas yang telah dikembangkan dari benih padi unggul INBRIDA.


  • INPARA 8 Agritan: Setelah semai, Anda bisa mulai memanen benih ini pada umur 115 hari. Tanamannya mampu menahan serangan hawar daun bakteri, tetapi cukup rentan terhadap serangan wereng batang cokelat. Rata-rata hasil panen yang bisa didapatkan adalah 4,7 ton per hektar
 
  • PURWA: Masa tanam benih ini adalah 121 hari setelah masa semai dengan potensi panen sebesar 4,9 ton per hektar. Tekstur nasinya seperti ketan. Tanaman ini tahan dari empat jenis penyakit dengan patotipe tertentu. Menariknya, benih padi ini sedikit toleran dengan cekaman salinitas fase vegetatif dan genangannya.

Benih padi INPARI: Homozigositas tinggi dan cocok dikembangkan di daerah persawahan irigasi

INPARI merupakan singkatan dari Inbrida Padi Sawah Irigasi. Sesuai namanya, benih padi unggul ini sangat cocok apabila dikembangkan di lahan persawahan biasa. Tingkat homozigositasnya atau kemurnian galur padinya sangat tinggi karena melalui proses penyerbukan sendiri. Beberapa benih padi unggul yang diluncurkan pada 2019 dan 2020 adalah sebagai berikut ini.


  • INPARI 48 Blas: Benih padi dengan tekstur nasi pulen ini memiliki umur tanaman 121 hari setelah semai. Benih ini berpotensi menghasilkan hingga 9,13 ton per hektar. Tanaman padi ini rentan serangan WBC populasi lapang Sukamandi dan virus tungro inokulum Garut dan Purwakarta. Benih padi ini dianjurkan untuk dikembangkan pada lahan dengan ketinggian 0–600 mdpl.

  • INPARI 45 Dirgahayu: Umur tanaman benih ini adalah 116 hari setelah semai. Tekstur nasinya pulen, rata-rata hasil panen yang bisa didapatkan mencapai 7,1 ton per hektar. Tanaman ini agak tahan terhadap penyakit tungro inokulum Purwakarta. Meskipun demikian, tanaman padi cukup rentan terhadap virus tungro inokulum Garut. Benih ini cocok dikembangkan pada dataran rendah, 0–600 mdpl.

Benih padi INPAGO: Cocok dikembangkan di daerah dengan tingkat kelembapan rendah

INPAGO merupakan singkatan dari Inbrida Pagi Gogo. Apabila lahan persawahan terletak pada daerah yang kering dengan curah hujan rendah, benih padi INPAGO menjadi pilihan tepat. Benih ini juga sangat cocok untuk daerah belerang yang kurang mampu menampung air dalam jangka waktu lama. Beberapa varietas benih padi unggul INPAGO di antaranya adalah seperti di bawah ini.


  • INPAGO 13 Fortiz: Benih padi ini memiliki umur tanaman 114 hari setelah semai. Rata-rata hasil panennya mencapai 6,53 ton per hektar. Kandungan Zn pada beras pecah kulit mencapai 34 ppm. Menariknya, bulir padinya mengandung protein sebesar 9,83%. Benih padi ini cocok untuk ditanam pada lahan kering subur dan lahan kering masam dataran rendah hingga 700 mdpl.

  • INPAGO 12 Agritan: Umur tanaman ini mencapai 111 hari setelah semai. Rata-rata hasilnya adalah 6,7 ton per hektar. Benih ini mampu menoleransi aluminium dan kondisi kekeringan pada lahan persawahan. Benih padi dapat ditanam dan berkembang baik pada lahan kering subur. Tak hanya itu, benih dapat ditanam di lahan kering masam dataran rendah hingga ketinggian 700 mdpl. 

Benih padi HIPA: Benih padi hibrida dengan hasil panen melimpah

HIPA merupakan singkatan dari Hibrida Padi yang merujuk pada proses penciptaan benih. Benih padi HIPA berasal dari persilangan dua varietas padi yang berbeda secara genetik. Dengan seleksi induk yang ketat, benih padi HIPA memiliki sifat yang lebih unggul.


Benih padi hibrida makin banyak diminati oleh petani dari negara tropis. Alasannya, hasil panennya lebih banyak dibandingkan benih padi unggul lain dan bisa ditanam di berbagai jenis lahan. Beberapa benih padi unggul HIPA, antara lain: 


  • HIPA Arize 86: Umur tanaman padi ini adalah 155 hari setelah semai dengan hasil rata-rata sebesar 9,54 ton per hektar. Varietas ini agak tahan terhadap serangan hama wereng cokelat dan penyakit HDB fase vegetatif. Potensi produksi benih yang dapat dihasilkan dari panenan padi adalah 2,72 ton per hektar.

  • HIPA 21: Umur tanaman ini mencapai 113 hari setelah semai. Hasil rata-rata yang didapatkan mencapai 8,99 ton per hektar. Tanaman padi ini agak tahan terhadap serangan hama wereng cokelat. Benih padi ini mampu menghasilkan benih baru sebesar 2,94 ton per hektar

Periksa informasi daya tahan benih padi terhadap hama dan penyakit

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih benih padi unggul adalah daya tahannya terhadap penyakit dan hama. Untuk itu, cek informasi daya tahan tanaman padi terhadap beberapa jenis penyakit dan hama yang sering menyerang tanaman padi. Sebagai langkah awal, berikut ini kami telah menyiapkan beberapa informasi mengenai hama dan penyakit tanaman padi.


  • Wereng cokelat adalah hama yang menghisap cairan tanaman warna cokelat. Serangan wereng cokelat ini sering terjadi pada musim hujan. Hama ini tumbuh pada daerah dengan intensitas cahaya matahari rendah, lahan basah, dan angin lemah. Varietas yang mampu menahan serangan hama wereng cokelat, antara lain, INPARI 1, INPARI 13, IF-16, dan lainnya.

  • Penyakit blas disebabkan oleh tumbuhnya jamur Pyricularia sp yang menginfeksi tanaman pada fase pertumbuhan. Blas memunculkan lesi berbentuk belah ketupat dan bercak ungu pada bagian daun, batang, serta malai padi. Akibatnya, pertumbuhan tanaman padi akan terhambat. 

  • Penyakit hawar daun bakteri (HDB) merupakan penyakit yang tersebar dari persawahan dataran rendah ataupun tinggi. Biasanya, penyakit ini menyerang tanaman padi setiap saat, baik kemarau maupun musim hujan. Penyakit ini dapat mengakibatkan tanaman padi menjadi mati. 

Ketahui bentuk beras yang dihasilkan

Ketahui bentuk beras yang dihasilkan

Berikut ini terdapat empat jenis beras dilihat dari panjangnya sesuai dengan standar mutu di pasaran internasional. 


  • Biji sangat panjang (extra long grain): Beras dengan butir yang sangat panjang umumnya memiliki bentuk yang ramping. Ukuran panjangnya dapat melebihi 7,5 milimeter. 

  • Biji panjang (long grain): Saat sebelum dimasak, beras dengan biji panjang umumnya memiliki tekstur yang keras dan kering. Panjangnya mencapai 6,617,5 milimeter, berbentuk tipis, dan berlekuk pada bagian ujung. 

  • Biji sedang (medium grain): Butir beras yang berukuran sedang umumnya berbentuk bulat dan mengandung pati. Panjangnya berukuran antara 5,516,6 milimeter. Teksturnya lembut dan mengembang setelah matang.

  • Biji pendek (short grain): Panjang beras berbiji pendek ini berukuran kurang dari 5,5 milimeter. Bentuk umumnya adalah bulat dan tebal. Teksturnya lembut, saling menempel, dan memiliki kesan pulen setelah matang. 

10 Rekomendasi benih padi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk benih padi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Tukul Mitra PetaniJAPONICA Benih Padi Beras Jepang

Mulai dari Rp 65.000,00

Berat bersih1 kg
Umur tanaman115 hari setelah tanam
VarietasTerabas
Bentuk gabah/tekstur nasiBulat dan gemuk/sangat pulen
Potensi hasil 15 ton per hektar
Rata-rata hasil7–10 ton per hektar
Keunggulan lainnyaTahan terhadap blas, tungro, wereng, hawar daun, dan hawar kresek
9
Berat bersih5 kg
Umur tanaman100–105 hari
VarietasINPARI
Bentuk gabah/tekstur nasiTidak ada keterangan/sedang
Potensi hasil 10 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTahan HDB dan agak tahan hama wereng cokelat
8
Berat bersih1 kg
Umur tanaman113 hari setelah semai
VarietasJaliteng
Bentuk gabah/tekstur nasiTidak ada keterangan/pulen
Potensi hasil 9,87 ton per hektar
Rata-rata hasil6,18 ton per hektar
Keunggulan lainnyaTahan WBC, HDB, dan blas
7

Toko Pertanian IndonesiaBenih Padi Unggul Situbagendit

Mulai dari Rp 55.000,00

Berat bersih1 kg
Umur tanaman95 hari
VarietasINPAGO
Bentuk gabah/tekstur nasiTidak ada keterangan/pulen
Potensi hasil 5 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTahan penyakit blas, HDB, dan tungro
6
Berat bersih 1 kg
Umur tanaman85 hari setelah tanam
VarietasGenjah
Bentuk gabah/tekstur nasiPanjang agak oval gemuk/pulen
Potensi hasil Tidak ada keterangan
Rata-rata hasil13–15 ton per hektar
Keunggulan lainnyaTahan wereng cokelat, bakteri hawar daun, dan potong leher
5
Berat bersih1 kg
Umur tanaman90 hari setelah tanam
VarietasBaroma
Bentuk gabah/tekstur nasiPanjang ramping/tidak ada keterangan
Potensi hasil 8–11 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTahan serangan hawar daun dan bakteri HBD yang disebabkan xantromonas oryzae pv
4
Berat bersih1 kg
Umur tanaman111 hari
VarietasPAMERA
Bentuk gabah/tekstur nasiRamping/pulen dan aromatik
Potensi hasil 7,7 ton per hektar
Rata-rata hasil6,7 ton per hektar
Keunggulan lainnyaAgak tahan hawar daun bakteri
3

Tukul Mitra PetaniBenih Padi Unggul Tongkol Dua

Mulai dari Rp 55.000,00

Berat bersih1 kg
Umur tanaman90–100 hari setelah semai
VarietasGalur Aceh
Bentuk gabah/tekstur nasiPanjang/pulen
Potensi hasil 10–12 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTidak ada keterangan
2
Berat bersih1 kg
Umur tanaman105–110 hari setelah semai
VarietasUnggul IF 16
Bentuk gabah/tekstur nasiTidak ada keterangan/pulen aromatik
Potensi hasil 14 ton per hektar
Rata-rata hasilTidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTahan penyakit, hama wereng, dan patah leher
1

PrimasidBenih Padi Hibrida F-1 Mapan P-05

Mulai dari Rp 105.000,00

Berat bersih1 kg
Umur tanaman113–115 hari
VarietasHibrida (HIPA)
Bentuk gabah/tekstur nasiRamping/pulen
Potensi hasil 9,52 ton per hektar
Rata-rata hasil7,79 ton per hektar
Keunggulan lainnyaTahan terhadap tungro dan hawar daun

Tabel perbandingan produk benih padi terbaik

Gambar produk
1
Primasid Benih Padi Hibrida F-1 Mapan P-05 1

Primasid

2
Tukul Mitra Petani IF 16  1

Tukul Mitra Petani

3
Tukul Mitra Petani Benih Padi Unggul Tongkol Dua 1

Tukul Mitra Petani

4
Beras Merah Gabah Berkualitas 1

5
Basmati Aroma 1

6
Sertani 14 1

7
Toko Pertanian Indonesia Benih Padi Unggul Situbagendit 1

Toko Pertanian Indonesia

8
Benih Padi Beras Hitam 1

9
Benih Pertiwi INPARI 32 1

Benih Pertiwi

10
Tukul Mitra Petani JAPONICA Benih Padi Beras Jepang 1

Tukul Mitra Petani

Nama produk

Benih Padi Hibrida F-1 Mapan P-05

IF 16

Benih Padi Unggul Tongkol Dua

Beras Merah Gabah Berkualitas

Basmati Aroma

Sertani 14

Benih Padi Unggul Situbagendit

Benih Padi Beras Hitam

INPARI 32

JAPONICA Benih Padi Beras Jepang

Keunggulan

Mudah ditanam, hasil panen memuaskan!

Batang tanaman kuat, tanaman padi jadi tidak mudah jatuh

Benih padi galur Aceh yang terkenal unggul

Beras merah dengan tekstur nasi pulen

Tidak terpengaruh udara dingin, bisa ditanam di daerah pegunungan

Benih padinya unggul, umur tanamnya pendek!

Terkenal sebagai padi amfibi yang fleksibel ditanam dalam berbagai situasi

Menghasilkan beras hitam berkualitas dengan hasil panen tingkat internasional

Jenis benih padi yang tahan terhadap serangan tungro

Tak perlu impor, mulailah membangun komoditas beras Jepang di Indonesia

Harga mulai dariRp 105.000,00Rp 65.000,00Rp 55.000,00Rp 70.000,00Rp 63.000,00Rp 60.000,00Rp 55.000,00Rp 66.000,00Rp 75.000,00Rp 65.000,00
Berat bersih1 kg1 kg1 kg1 kg1 kg 1 kg1 kg1 kg5 kg1 kg
Umur tanaman113–115 hari105–110 hari setelah semai90–100 hari setelah semai111 hari90 hari setelah tanam85 hari setelah tanam95 hari113 hari setelah semai100–105 hari115 hari setelah tanam
VarietasHibrida (HIPA)Unggul IF 16Galur AcehPAMERABaromaGenjahINPAGO JalitengINPARITerabas
Bentuk gabah/tekstur nasiRamping/pulenTidak ada keterangan/pulen aromatikPanjang/pulenRamping/pulen dan aromatikPanjang ramping/tidak ada keteranganPanjang agak oval gemuk/pulenTidak ada keterangan/pulenTidak ada keterangan/pulenTidak ada keterangan/sedangBulat dan gemuk/sangat pulen
Potensi hasil 9,52 ton per hektar 14 ton per hektar10–12 ton per hektar7,7 ton per hektar8–11 ton per hektarTidak ada keterangan5 ton per hektar9,87 ton per hektar10 ton per hektar15 ton per hektar
Rata-rata hasil7,79 ton per hektarTidak ada keteranganTidak ada keterangan6,7 ton per hektarTidak ada keterangan13–15 ton per hektarTidak ada keterangan6,18 ton per hektarTidak ada keterangan7–10 ton per hektar
Keunggulan lainnyaTahan terhadap tungro dan hawar daun Tahan penyakit, hama wereng, dan patah leherTidak ada keteranganAgak tahan hawar daun bakteriTahan serangan hawar daun dan bakteri HBD yang disebabkan xantromonas oryzae pvTahan wereng cokelat, bakteri hawar daun, dan potong leherTahan penyakit blas, HDB, dan tungroTahan WBC, HDB, dan blasTahan HDB dan agak tahan hama wereng cokelatTahan terhadap blas, tungro, wereng, hawar daun, dan hawar kresek
Tautan produk

Cara mengetahui benih padi yang sehat

Cara mengetahui benih padi yang sehat

Untuk menemukan benih padi berkualitas yang memuaskan, ikuti langkah-langkah menyeleksi benih berikut ini. 


  • Siapkan larutan air garam. Larutkan lima sampai enam sendok garam dengan air satu liter.
  • Campurkan telur ayam mentah ke dalam larutan. Fungsinya sebagai indikator untuk mengetahui ketepatan dosis garam. Jika telur ayam terangkat maka dosis sudah tepat. Sementara itu, bila telur ayam tenggelam sepenuhnya, tambahkan garam hingga telur dapat terangkat.
  • Masukkan benih yang akan diseleksi. Benih yang bernas akan tenggelam, sedangkan benih yang mengapung merupakan benih hampa. 
  • Buang benih-benih yang terapung. 
  • Tiriskan benih yang tenggelam dan bilas hingga bersih. 

Baca juga rekomendasi produk benih tanaman lainnya di sini

Topik yang kami bahas di artikel ini memang berfokus pada benih padi. Namun, kami telah menyiapkan beberapa artikel menarik jika Anda ingin menanam benih lainnya, seperti jeruk, buah strawberry, atau lainnya. Langsung saja, silakan klik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Kali ini kami telah menjelaskan cara memilih benih padi sekaligus memberikan rekomendasi produk yang bisa dibeli. Kami juga telah memberikan informasi terkait keunggulan dan spesifikasi teknis setiap produk. 


Oleh karena itu, perhatikan hal tersebut dengan saksama untuk mendapatkan benih padi yang berkualitas dan sesuai lingkungan Anda. Apabila Anda ingin menanam benih yang benar-benar bagus, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk memilih benih bernas. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori