mybest
Benih/bibit

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebun & luar ruangan
  4. 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 1
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 2
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 3
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 4
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 5

10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]

Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.

 
Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 

Diperbaharui 18/12/2023
Evrina Budiastuti
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih benih padi

Varietas benih padi bukan satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih benih padi. Pertimbangkan pula jenis sawah dan hasil panen yang diinginkan. Bentuk beras juga perlu Anda perhatikan. Berikut kami paparkan cara memilih benih padi terbaik.

1

Pilih berdasarkan varietasnya

Pilih berdasarkan varietasnya

Ada ribuan varietas benih padi yang telah dikembangkan pemerintah. Masing-masing memiliki keunggulan dan karakteristik tersendiri. Berdasarkan asal, cara perakitan dan metode perbanyakan benihnya, varites padi dibagi menjadi tiga kelompok. Di bawah ini ulasan singkat kami mengenai ketiga varietas tersebut.


  • Varietas padi lokal, padi asli asal suatu daerah. Varietas padi lokal atau tradisional merupakan varietas padi asli yang berasal dari suatu daerah. Varietas padi ini hanya cocok di daerah asalnya karena membutuhkan kondisi khusus untuk tumbuh.

  • Varietas hibrida, padi unggul dari rekayasa biologi. Varietas padi hibrida berasal dari rekayasa biologi atau persilangan dua atau lebih jenis padi. Hasil panen varietas hibrida bisa sampai dua kali lipat padi lokal. Namun, kualitas panennya akan jauh berkurang jika berasal dari tanaman turunannya.


  • Varietas unggul, padi penghasil nasi yang enak. Varietas padi unggul memiliki daya panen yang tinggi, juga tahan hama. Beras yang dihasilkan pun berkualitas baik sehingga nasinya enak. 
2

Tentukan berdasarkan jenis sawah dan hasil panen

Saat memilih benih padi, tentukan benih sesuai jenis sawah dan hasil panen yang Anda inginkan. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Benih padi INPARA, Cocok dikembangkan di daerah rawa

Benih padi INPARA, Cocok dikembangkan di daerah rawa

INPARA atau INBRIDA Padi Rawa diciptakan untuk mengatasi tantangan budidaya di lahan rawa. Lahan rawa yang berupa genangan air biasanya memiliki tingkat kemasaman tanah yang tinggi. Tanahnya kurang subur dengan kandungan konsentrasi besi yang cukup tinggi pula. Berikut ini beberapa varietas padi INPARA yang telah dilepas oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian.


  • INPARA 8 Agritan, mampu menahan serangan hawar daun bakteri. Setelah semai, Anda bisa mulai memanen pada umur 115 hari dengan rata-rata hasil panen 4,7 ton per hektar. Namun, benih padi ini cukup rentan terhadap serangan wereng batang cokelat. 
 
  • PURWA, tahan dari empat jenis penyakit. Varietas dengan tekstur nasi seperti ketan ini memiliki masa 121 hari setelah masa semai. Potensi panennya sebesar 4,9 ton per hektar. Menariknya, benih padi ini sedikit toleran dengan cekaman salinitas fase vegetatif dan genangannya.

Benih padi INPARI, cocok dikembangkan di sawah irigasi dan memiliki homozigositas tinggi

Benih padi INPARI, cocok dikembangkan di sawah irigasi dan memiliki homozigositas tinggi

INPARI atau Inbrida Padi Sawah Irigasi sangat cocok dibudidayakan di lahan persawahan biasa. Tingkat homozigositasnya atau kemurnian galur padinya sangat tinggi karena melalui proses penyerbukan sendiri. Berikut beberapa benih padi unggul yang diluncurkan pada 2019 dan 2020.


  • INPARI 48 Blas, nasi pulen, panen berlimpah. Benih padi unggul ini memiliki umur tanaman 121 hari setelah semai. Penanamannya dianjurkan pada ketinggian 0–600 mdpl dengan potensi panen hingga 9,13 ton per hektar. INPARI 48 Blas rentan serangan WBC populasi lapang Sukamandi dan virus tungro inokulum Garut dan Purwakarta.

  • INPARI 45 Dirgahayu, cocok ditanam pada dataran rendah. Umur tanaman benih ini adalah 116 hari setelah semai. Tekstur nasinya pulen dengan rata-rata hasil panen mencapai 7,1 ton per hektar. Tanaman ini agak tahan terhadap penyakit tungro inokulum Purwakarta, tetapi cukup rentan terhadap virus tungro inokulum Garut. 

Benih padi INPAGO, cocok dikembangkan di daerah dengan tingkat kelembapan rendah

Benih padi INPAGO, cocok dikembangkan di daerah dengan tingkat kelembapan rendah

INPAGO merupakan singkatan dari Inbrida Pagi Gogo. INPAGO adalah pilihan tepat untuk lahan persawahan di daerah kering dengan curah hujan rendah. Benih ini juga sangat cocok untuk daerah berlereng yang kurang mampu menampung air dalam jangka waktu lama. Di bawah ini beberapa varietas benih padi unggul INPAGO.


  • INPAGO 13 Fortiz, bulir padinya mengandung protein sebesar 9,83%. Umur tanaman ini 114 hari setelah semai dengan rata-rata hasil panen mencapai 6,53 ton per hektar. Uniknya, kandungan Zn pada beras pecah kulitnya mencapai 34 ppm. Benih padi ini cocok untuk ditanam pada lahan kering subur dan lahan kering masam dataran rendah hingga 700 mdpl.

  • INPAGO 12 Agritan, dapat ditanam pada lahan kering subur. Umur tanaman ini mencapai 111 hari setelah semai. Rata-rata hasil panennya mencapai 6,7 ton per hektar. Benih ini mampu menoleransi aluminium dan kondisi kekeringan pada lahan persawahan. Tak hanya itu, benih dapat ditanam di lahan kering masam dataran rendah hingga ketinggian 700 mdpl. 

Benih padi HIPA, benih padi hibrida dengan hasil panen melimpah

Benih padi HIPA, benih padi hibrida dengan hasil panen melimpah
Sumber: pustaka.setjen.pertanian.go.id

HIPA atau Hibrida Padi berasal dari persilangan dua varietas padi yang berbeda secara genetik. Dengan seleksi induk yang ketat, benih padi HIPA memiliki sifat yang lebih unggul. Benih padi HIPA menghasilkan panen lebih banyak dan dapat ditanam di berbagai jenis lahan. Berikut contoh benih padi unggul HIPA. 


  • HIPA Arize 86, agak tahan terhadap wereng cokelat dengan hasil berlimpah. Umur tanaman padi ini adalah 155 hari setelah semai dengan hasil rata-rata sebesar 9,54 ton per hektar. Varietas ini juga agak tahan terhadap penyakit HDB fase vegetatif. Potensi produksi benih F1 (hasil persilangan tetua unggul) yang dapat dihasilkan adalah 2,72 ton per hektar.

  • HIPA 21, benih padi unggulan dengan umur lebih singkat. Umur tanaman ini mencapai 113 hari setelah semai. Hasil rata-rata yang didapatkan mencapai 8,99 ton per hektar. Tanaman padi ini agak tahan terhadap serangan hama wereng cokelat. Potensi produksi benih F1 yang dapat dihasilkan adalah 2,94 ton per hektar
3

Periksa informasi daya tahan benih padi terhadap hama dan penyakit

Periksa informasi daya tahan benih padi terhadap hama dan penyakit

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih benih padi unggul adalah daya tahannya terhadap penyakit dan hama. Informasi mengenai ketahanan suatu benih padi terhadap penyakit dapat Anda temukan secara lengkap di situs resmi BBPADI. Namun, di bawah ini kami berikan informasi singkat mengenai hama dan penyakit yang kerap menyerang tanaman padi.


  • Wereng cokelat, serangga perusak yang membuat tanaman menjadi kering. Wereng cokelat merusak tanaman padi dengan mengisap cairannya. Varietas yang mampu menahan serangan hama wereng cokelat, antara lain, INPARI 1, INPARI 13, IF-16, dan lainnya.

  • Penyakit blas, jamur yang dapat menyerang di semua fase pertumbuhan. Jamur ini dapat menginfeksi bagian daun dan leher tanaman. Dampak terburuk dari penyakit ini adalah kematian tanaman. Beberapa varietas padi yang tahan terhadap penyakit blas antara lain Inpari 21, Inpari 22, juga Inpago 8. 

  • Penyakit hawar daun bakteri (HDB), penyakit mematikan bagi tanaman padi. Tanaman yang terkena penyakit ini akan mengalami penurunan kemampuan berfotosintesis. Jika penyakit ini menyerang tanaman muda dapat berakibat kematian. Contoh varietas yang tahan terhadap tanaman ini adalah Inpari 32.  
4

Pertimbangkan ukuran dan bentuk beras yang dihasilkan

Pertimbangkan ukuran dan bentuk beras yang dihasilkan

Ukuran dan bentuk beras yang dihasilkan penting pula Anda perhatikan karena dua hal ini yang kerap menjadi pertimbangan konsumen. Ukuran panjang beras dibedakan menjadi empat jenis. Adapun bentuk beras dibedakan menjadi tiga macam. Berikut ulasan singkat mengenai ukuran dan bentuk beras sesuai dengan standar mutu di pasar internasional. 


  • Biji sangat panjang (extra long grain), ukurannya panjang dan ramping. Ukuran panjang beras ini lebih dari 7,5 milimeter. Alhasil beras ini memiliki bentuk yang ramping (slender). 


  • Biji panjang (long grain), panjang, tipis, dan berlekuk. Panjang beras long grain berkisar 6,61–7,5 milimeter. Bentuk berasnya sedang (medium) dan tipis dengan lekukan di ujungnya. Ketika belum dimasak, tekstur berasnya keras dan kering.

  • Biji sedang (medium grain), ukuran sedang dengan bentuk bulat. Beras berbiji sedang berbentuk bulat dengan ukuran 5,51–6,6 milimeter. Beras jenis ini mengandung pati. Teksturnya lembut dan mengembang setelah matang.

  • Biji pendek (short grain), bulat, tebal, dan pulen. Ukuran beras biji pendek kurang dari 5,5 milimeter. Teksturnya lembut dan saling menempel. Inilah sebabnya beras jenis ini cocok dimakan dengan sumpit. 
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Benih Padi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Benih Padi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 18 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Umur tanaman
Varietas
Bentuk gabah/tekstur nasi
Potensi panen
Rata-rata hasil panen
Keunggulan lainnya
Lokasi tanam
Umur panen
Rekomendasi tanam
Daya tumbuh
Kemurnian
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
1

Primasid

Benih Padi Hibrida F-1Mapan P-05

Primasid Benih Padi Hibrida F-1 1

Rp115.000

Lebih Mahal

Mudah ditanam, hasil panen memuaskan!

1.000 gram

113-115 hari

Hibrida

Bulir ramping, warna kuning bersih, tekstur nasi pulen

9,52 ton/Ha

7,79 ton/Ha

Tahan rebah, agak tahan HBD strain IV dan V

Dataran rendah hingga tinggi

Tidak diketahui

Media tanah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Benih Padi Cakrabuana 04 Istimewa

 Benih Padi Cakrabuana 04 Istimewa 1

Rp60.000

Menengah

Penghasil nasi pulen yang tahan dari busuk leher dan wereng

1.000 gram

Tidak diketahui

Cakrabuana

Tekstur nasi pulen

9-12 ton/Ha

Tidak diketahui

Tahan berbagai hama, pengisian bulir bagus, daun tegak, dan lainnya

Tidak diketahui

80-85 HST

Media tanah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Gabah Padi Galur Unggul Bima Sakti

null Gabah Padi Galur Unggul Bima Sakti 1

Rp32.500

Agak Murah

Batang tahan rebah, ideal ditanam saat musim penghujan tiba

1.000 gram (repack), 5.000 gram

Tidak diketahui

Bima Sakti

Bulir lonjong agak besar, warna kuning bersih, tekstur nasi pulen tidak lengket

10 ton/Ha

Tidak diketahui

Batang tahan rebah, daun tegak bendera yang tahan burung pipit

Dataran rendah hingga tinggi

90 HST

Media tanah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Gabah Padi Galur Unggul VR46 Veloz Rice

null Gabah Padi Galur Unggul VR46 Veloz Rice 1

Rp30.000

Lebih Murah

Hasil persilangan yang unik, hasilkan padi berkualitas premium

1.000 gram (repack), 5.000 gram

Tidak diketahui

Veloz Rice

Gabah lonjong besar, warna kuning bersih, tekstur nasi pulen

10-12 ton/Ha

Tidak diketahui

Hasil beras premium, tahan rebah dan jamur, pengisian gabah bagus, dan lainnya

Dataran rendah hingga tinggi

80-85 HST

Media tanah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Agri Makmur Pertiwi

Benih Pertiwi - Benih Padi Unggul INPARI 42 AGRITAN GSR

Agri Makmur Pertiwi  Benih Pertiwi - Benih Padi Unggul INPARI 42 AGRITAN GSR 1

Rp86.000

Agak Mahal

Benih padi yang tahan terhadap penyakit blas

5.000 gram

Tidak diketahui

Green Super Rice (GSR)

Warna kuning bersih, tekstur nasi pulen sedang

10,58 ton/Ha

7,11 ton/Ha

Tahan bias/busuk leher

Dataran rendah (maks. 600 dpl)

112 HST

Media tanah

80%

98%

6

BISI International

Benih Padi Intani 602 - Cap Kapal Terbang

BISI International Benih Padi Intani 602 - Cap Kapal Terbang 1

Rp95.000

Agak Mahal

Perawatan lebih mudah dengan hasil yang disukai pasar

1.000 gram

Tidak diketahui

Hibrida Intani

Gabah ukuran sedang, warna kuning bersih, tekstur nasi pulen dan wangi

11,93 ton/Ha

9,17 ton/Ha

Tahan berbagai penyakit, batang kukuh dan tahan roboh, dan lainnya

Tidak diketahui

114 HST

Media tanah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Agri Makmur Pertiwi

Benih Padi Unggul INPARI 32 HDB

Agri Makmur Pertiwi Benih Padi Unggul INPARI 32 HDB 1

Rp85.000

Agak Mahal

Panen lebih berbobot dengan padi berbulir besar

5.000 gram

Tidak diketahui

Inbrida

Gabah besar, tekstur nasi pulen sedang

10 ton/Ha

Tidak diketahui

Bulir besar dan berbobot, tahan wereng dan hawar daun, dan lainnya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Media tanah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Tukul Mitra Petani

Biji Padi Unggul JAPONICA Lokal Jepang

Tukul Mitra Petani Biji Padi Unggul JAPONICA Lokal Jepang 1

Rp65.000

Menengah

Benih padi yang sedang naik daun dan banyak diminati

1.000 gram

Tidak diketahui

Japonica

Tekstur nasi superpulen

4-7 ton/Ha

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100-115 HST

Media tanah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

Tukul Mitra Petani

Biji Padi Unggul Jasmine Thailand Lokal Thailand

Tukul Mitra Petani Biji Padi Unggul Jasmine Thailand Lokal Thailand 1

Rp65.000

Menengah

Hasilkan beras istimewa yang memikat para konsumen

1.000 gram

Tidak diketahui

Jasmine Thailand Lokal

Gabar berbobot, warna kuning, beras bening, nasi pulen

8-12 ton/Ha

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

95-100 HST

Media tanah

95%

Tidak diketahui

10

Pro Tani, Risqi Tani, Berkat Tani Makmur

Benih Padi Ultra GenjahSR-P 08

Pro Tani, Risqi Tani, Berkat Tani Makmur Benih Padi Ultra Genjah 1

Rp42.500

Agak Murah

Padi berumur pendek yang produktif dan adaptif

1.000 gram

Tidak diketahui

Ultra Genjah

Warna beras bening, tekstur nasi pulen

10-12 ton/Ha

Tidak diketahui

Batang kukuh tahan rebah, tahan hawar daun, tahan jamur, dan lainnya

Dataran rendah hingga tinggi

65-70 HST

Media tanah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

PrimasidBenih Padi Hibrida F-1Mapan P-05

Benih Padi Hibrida F-1 1
Sumber: shopee.co.id
Benih Padi Hibrida F-1 2
Sumber: shopee.co.id
Benih Padi Hibrida F-1 3
Sumber: shopee.co.id
Benih Padi Hibrida F-1 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp115.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp115.000
Lebih Mahal

Mudah ditanam, hasil panen memuaskan!

Menanam padi merupakan kegiatan yang tentu membutuhkan modal besar, terutama bila Anda ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi. Apabila Anda tinggal di daerah dataran rendah, yaitu 50 mdpl, ataupun dataran tinggi, jangan lewatkan benih padi yang satu ini. 


Benih ini memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik sehingga mudah tumbuh dan berkembang di semua daerah. Tak hanya itu, cara perawatannya pun mudah. Dipadukan dengan hasil panen yang melimpah, tidak mengherankan bila benih padi ini menjadi incaran para petani. 

Isi1.000 gram
Umur tanaman113-115 hari
VarietasHibrida
Bentuk gabah/tekstur nasiBulir ramping, warna kuning bersih, tekstur nasi pulen
Potensi panen9,52 ton/Ha
Rata-rata hasil panen7,79 ton/Ha
Keunggulan lainnyaTahan rebah, agak tahan HBD strain IV dan V
Lokasi tanamDataran rendah hingga tinggi
Umur panenTidak diketahui
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuhTidak diketahui
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Benih Padi Cakrabuana 04 Istimewa

Harga referensi
Rp60.000
Menengah

Penghasil nasi pulen yang tahan dari busuk leher dan wereng

Salah satu varietas padi yang tengah populer ini adalah hasil persilangan galur Cakrabuana 02 dan padi beras merah. Persilangan ini menghasilkan padi genjah dengan batang kokoh dan berbulir besar dan panjang. Tak hanya tahan terhadap penyakit busuk leher (blas) dan wereng, benih padi ini diklaim tahan burung pipit. Benih ini adalah pilihan tepat jika Anda mencari benih padi yang tahan berbagai jenis hama. 

Isi1.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasCakrabuana
Bentuk gabah/tekstur nasiTekstur nasi pulen
Potensi panen9-12 ton/Ha
Rata-rata hasil panenTidak diketahui
Keunggulan lainnyaTahan berbagai hama, pengisian bulir bagus, daun tegak, dan lainnya
Lokasi tanamTidak diketahui
Umur panen80-85 HST
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuhTidak diketahui
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
No.3

Gabah Padi Galur Unggul Bima Sakti

Harga referensi
Rp32.500
Agak Murah

Batang tahan rebah, ideal ditanam saat musim penghujan tiba

Gabah Padi Galur Unggul Bima Sakti merupakan terobosan dari varietas Ciputri, tetapi dengan bulir yang lebih besar dan berbobot. Tanaman ini memiliki batang yang keras dan kukuh, memberikan ketahanan terhadap rebah, bahkan di musim penghujan.


Dengan daun lebar, padi ini menjadi lebih aman dari ancaman hama burung. Warna hijau muda pada daunnya efektif mengusir serangga. Bagi Anda yang sedang risau memilih jenis padi untuk ditanam di musim penghujan kali ini, catat produk ini sebagai salah satu opsi, ya!

Isi1.000 gram (repack), 5.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasBima Sakti
Bentuk gabah/tekstur nasiBulir lonjong agak besar, warna kuning bersih, tekstur nasi pulen tidak lengket
Potensi panen10 ton/Ha
Rata-rata hasil panenTidak diketahui
Keunggulan lainnyaBatang tahan rebah, daun tegak bendera yang tahan burung pipit
Lokasi tanamDataran rendah hingga tinggi
Umur panen90 HST
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuhTidak diketahui
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
No.4

Gabah Padi Galur Unggul VR46 Veloz Rice

Harga referensi
Rp30.000
Lebih Murah

Hasil persilangan yang unik, hasilkan padi berkualitas premium

Gabah Padi Galur Unggul VR46 Veloz Rice menawarkan keunggulan hasil persilangan antara padi dan sorgum. Persilangan tersebut menghasilkan tanaman padi dengan bulir gabah besar dan berkualitas premium. Kualitas pengisian bulir yang baik sehingga menjamin panen berbobot tinggi. 


Tak hanya kualitasnya yang jempolan, jenis padi ini memiliki adaptasi optimal dalam berbagai jenis lahan dan antirebah! Bagi Anda yang mengutamakan kualitas hasil panen dan ingin meningkatkan produktivitas lahan, bisa jadi inilah benih padi yang tepat.

Isi1.000 gram (repack), 5.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasVeloz Rice
Bentuk gabah/tekstur nasiGabah lonjong besar, warna kuning bersih, tekstur nasi pulen
Potensi panen10-12 ton/Ha
Rata-rata hasil panenTidak diketahui
Keunggulan lainnyaHasil beras premium, tahan rebah dan jamur, pengisian gabah bagus, dan lainnya
Lokasi tanamDataran rendah hingga tinggi
Umur panen80-85 HST
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuhTidak diketahui
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
No.5

Agri Makmur Pertiwi Benih Pertiwi - Benih Padi Unggul INPARI 42 AGRITAN GSR

Harga referensi
Rp86.000
Agak Mahal

Benih padi yang tahan terhadap penyakit blas

Penyakit blas atau busuk leher sudah lama menjadi musuh petani. Penyakit ini dapat menghambat pertumbuhan tanaman padi sehingga menurunkan potensi kuantitas hasil panen. Untuk mengatasinya, diciptakanlah benih padi INPARI 42 AGRITAN GSR. Benih padi ini tahan terhadap penyakit blas daun ras 073. Dengan potensi hasil sekitar 10 ton per hektar, benih padi ini dapat menjadi pilihan untuk ditanam di sawah irigasi.

Isi5.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasGreen Super Rice (GSR)
Bentuk gabah/tekstur nasiWarna kuning bersih, tekstur nasi pulen sedang
Potensi panen10,58 ton/Ha
Rata-rata hasil panen7,11 ton/Ha
Keunggulan lainnyaTahan bias/busuk leher
Lokasi tanamDataran rendah (maks. 600 dpl)
Umur panen112 HST
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuh80%
Kemurnian98%
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
No.6

BISI InternationalBenih Padi Intani 602 - Cap Kapal Terbang

Harga referensi
Rp95.000
Agak Mahal

Perawatan lebih mudah dengan hasil yang disukai pasar

Benih Padi Intani 602 merupakan pilihan ideal untuk Anda yang menginginkan hasil panen berkualitas dengan perawatan yang mudah. Diklaim tahan terhadap berbagai jenis hama seperti hawar daun, virus kerdil, dan wereng, menjadikannya pilihan yang dapat diandalkan.


Daunnya tegak meninggi, efektif mencegah serangan burung pipit ke dalam rumpun tanaman. Nasi dari padi jenis ini pun dikenal pulen, lezat, dan harum, sehingga menjadikannya favorit di pasaran. Keunggulan ini tentu akan mempermudah Anda dalam memasarkan produk.

Isi1.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasHibrida Intani
Bentuk gabah/tekstur nasiGabah ukuran sedang, warna kuning bersih, tekstur nasi pulen dan wangi
Potensi panen11,93 ton/Ha
Rata-rata hasil panen9,17 ton/Ha
Keunggulan lainnyaTahan berbagai penyakit, batang kukuh dan tahan roboh, dan lainnya
Lokasi tanamTidak diketahui
Umur panen114 HST
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuhTidak diketahui
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
No.7

Agri Makmur PertiwiBenih Padi Unggul INPARI 32 HDB

Harga referensi
Rp85.000
Agak Mahal

Panen lebih berbobot dengan padi berbulir besar

Bagi Anda yang menginginkan hasil gabah kering lebih berbobot, cobalah menanam Benih Padi Unggul INPARI 32 HDB. Varietas ini hadir dengan bulir padi yang besarnya di atas rata-rata. Selain itu, padi INPARI 32 ini juga dapat dikelola secara optimal di segala jenis lahan. Terlebih lagi, tanamannya tangguh dalam menghadapi hama wereng dan hawar daun.


Meski begitu, sebaiknya petani menghindari menanam varietas ini di musim penghujan. Bulir yang besar membuat tangkai padi menahan bobot yang lebih berat sehingga berpotensi rebah.

Isi5.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasInbrida
Bentuk gabah/tekstur nasiGabah besar, tekstur nasi pulen sedang
Potensi panen10 ton/Ha
Rata-rata hasil panenTidak diketahui
Keunggulan lainnyaBulir besar dan berbobot, tahan wereng dan hawar daun, dan lainnya
Lokasi tanamTidak diketahui
Umur panenTidak diketahui
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuhTidak diketahui
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
No.8

Tukul Mitra PetaniBiji Padi Unggul JAPONICA Lokal Jepang

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Benih padi yang sedang naik daun dan banyak diminati

Beras Jepang memiliki kalori yang lebih rendah dan serat yang lebih tinggi dibandingkan varietas padi beras putih lainnya. Dengan alasan kesehatan dan kuliner, permintaan beras Jepang di pasaran pun kian meningkat. Bila Anda ingin memanfaatkan permintaan pasar yang sedang besar ini, pilihlah Biji Padi Unggul JAPONICA Lokal Jepang. Meski potensi hasil panennya mungkin tidak sebanyak varietas lokal, harga berasnya cukup jauh di atas rata-rata, lho!

Isi1.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasJaponica
Bentuk gabah/tekstur nasiTekstur nasi superpulen
Potensi panen4-7 ton/Ha
Rata-rata hasil panenTidak diketahui
Keunggulan lainnyaTidak diketahui
Lokasi tanamTidak diketahui
Umur panen100-115 HST
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuhTidak diketahui
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
No.9

Tukul Mitra PetaniBiji Padi Unggul Jasmine Thailand Lokal Thailand

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Hasilkan beras istimewa yang memikat para konsumen

Beras jasmine atau beras melati merupakan varietas dari Negeri Gajah Putih. Karakteristiknya tidak jauh berbeda dari kebanyakan beras varietas lokal sehingga tetap bisa masuk ke selera konsumen lokal. Meski begitu, beras jasmine memiliki keistimewaan tersendiri dibanding varietas lokal lainnya.


Setelah dimasak, nasi dari beras ini memiliki wangi melati yang khas dan tekstur nasi yang lembut dan pulen. Bila Anda ingin menanam varietas padi yang memikat konsumen pasar, cobalah Biji Padi Unggul Jasmine Thailand Lokal Thailand.

Isi1.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasJasmine Thailand Lokal
Bentuk gabah/tekstur nasiGabar berbobot, warna kuning, beras bening, nasi pulen
Potensi panen8-12 ton/Ha
Rata-rata hasil panenTidak diketahui
Keunggulan lainnyaTidak diketahui
Lokasi tanamTidak diketahui
Umur panen95-100 HST
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuh95%
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all
No.10

Pro Tani, Risqi Tani, Berkat Tani MakmurBenih Padi Ultra GenjahSR-P 08

Harga referensi
Rp42.500
Agak Murah

Padi berumur pendek yang produktif dan adaptif

Benih Padi SR-P 08 Ultra Genjah pantas dipilih bila Anda ingin mengelola pertanian padi bersiklus pendek. Dalam hanya 65-70 HST, Anda sudah dapat memanen padi ini. Selain berumur pendek, varietas ini juga dikenal produktif dengan potensi hasil minimal 10 ton/Ha.


Anda pun tak direpotkan dengan perawatan karena padi Ultra Genjah ini kuat dan adaptif. Di samping memiliki batang kokoh yang tahan rebah, varietas ini juga tidak picky dengan jenis dan ketinggian tanah, serta curah hujan.

Isi1.000 gram
Umur tanamanTidak diketahui
VarietasUltra Genjah
Bentuk gabah/tekstur nasiWarna beras bening, tekstur nasi pulen
Potensi panen10-12 ton/Ha
Rata-rata hasil panenTidak diketahui
Keunggulan lainnyaBatang kukuh tahan rebah, tahan hawar daun, tahan jamur, dan lainnya
Lokasi tanamDataran rendah hingga tinggi
Umur panen65-70 HST
Rekomendasi tanamMedia tanah
Daya tumbuhTidak diketahui
KemurnianTidak diketahui
Rekomendasi
Penyiraman
Jenis strawberry
Media tanam
Perawatan
Waktu berbuah
View all

Cara mengetahui benih padi yang sehat

Cara mengetahui benih padi yang sehat

Sebelum menanam benih pilihan Anda, Anda perlu menyeleksi manakah benih yang bernas. Berikut kami berikan langkah-langkah menyeleksi benih yang bernas.  


  • Siapkan larutan air garam dengan cara melarutkan lima sampai enam sendok garam dengan air satu liter.
  • Periksa kepekatan larutan dengan menggunakan sebutir telur ayam mentah. Caranya, masukkan telur ayam mentah ke dalam larutan. Apabila telur ayam terapung, konsentrasi larutan sudah tepat. Namun, jika telur ayam tenggelam sepenuhnya, tambahkan garam kembali hingga telur dapat terapung.
  • Setelah itu, masukkan benih yang akan diseleksi. Benih yang bernas akan tenggelam, sedangkan benih yang mengapung merupakan benih hampa. Proses ini dapat dilakukan secara berulang tergantung banyaknya benih yang akan diuji. 
  • Buang benih-benih yang terapung. 
  • Tiriskan benih yang tenggelam dari larutan garam dan bilas hingga bersih. 

5 Rekomendasi Benih Padi terbaik

No. 1: PrimasidBenih Padi Hibrida F-1Mapan P-05

No. 2: Benih Padi Cakrabuana 04 Istimewa

No. 3: Gabah Padi Galur Unggul Bima Sakti

No. 4: Gabah Padi Galur Unggul VR46 Veloz Rice

No. 5: Agri Makmur Pertiwi Benih Pertiwi - Benih Padi Unggul INPARI 42 AGRITAN GSR

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebun & luar ruangan
  4. 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.