• 10 Makanan Kucing Persia Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Makanan Kucing Persia Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Makanan Kucing Persia Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Makanan Kucing Persia Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Makanan Kucing Persia Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Makanan Kucing Persia Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Kucing persia merupakan ras kucing domestik yang memiliki tubuh gemuk, wajah bulat, moncong pendek, serta berbulu lebat. Dalam memelihara kucing persia dibutuhkan perawatan khusus, salah satunya memberikan makanan yang bergizi. Alasannya, kualitas makanan sangat berpengaruh pada bulu dan pencernaan kucing.

Kini tersedia merek-merek makanan kucing persia yang bagus untuk bulu serta kesehatan kucing. Anda bisa memilih produk mulai dari harga murah hingga mahal, seperti Royal Canin, Cleo, dan Me-O. Kami akan mengulas sepuluh makanan kucing persia terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Bella Fortuna
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

drh. Bella adalah seorang dokter hewan muda yang telah selesai menempuh profesi dokter hewan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ia merupakan founder dokterhewanku.com, situs untuk konsultasi online hewan kesayangan.

drh. Bella berpengalaman dalam telemedicine selama satu tahun lebih dengan ratusan client setiap bulannya. Ia juga menerima konsultasi online melalui aplikasi khusus tentang hewan peliharaan. Selain itu, ia juga seorang dokter praktisi di klinik hewan kecil di Kota Ngawi, Jawa Timur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan kucing persia

Dalam menentukan makanan kucing persia tidak boleh sembarangan sebab hewan menggemaskan ini butuh asupan nutrisi khusus. Tujuannya untuk menjaga agar tubuh kucing persia tetap sehat. Pada pembahasan kali ini, kami telah menyusun poin-poin cara memilih makanan kucing persia. Simak dengan saksama, ya!

Pilih berdasarkan jenisnya

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih makanan kucing persia adalah jenis makanannya. Anda bisa memilih jenis wet food atau dry food. Kedua jenis makanan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja, ya? Mari simak penjelasan di bawah ini!

Wet food, makanan basah dengan aroma tajam yang disukai kucing

Wet food, makanan basah dengan aroma tajam yang disukai kucing

Wet food atau makanan basah mengandung air yang dapat membantu memenuhi asupan cairan pada tubuh kucing. Jenis makanan yang beraroma tajam ini disukai kucing sehingga cocok diberikan bila kucing sedang kurang nafsu makan. Aroma yang tajam tersebut disukai karena kucing mengandalkan indera penciuman daripada pengecapannya.


Wet food juga cocok untuk kucing yang pemilih terhadap makanan. Tekstur wet food lebih mirip daging aslinya daripada dry food. Selain itu, kucing adalah karnivora sejati jadi dia lebih menyukai wet food.


Meskipun begitu, tidak disarankan untuk memberikan wet food terlalu sering. Pasalnya, makanan basah dapat menumpuk di sela atau ujung gigi bagian dalam. Akibatnya, plak pada gigi kucing akan terbentuk dan menimbulkan bau mulut. Selain itu, wet food tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Dry food, makanan kering untuk melatih gigi kucing

Dry food, makanan kering untuk melatih gigi kucing

Dry food atau makanan kering memiliki usia penyimpanan yang lebih lama meskipun disimpan di wadah terbuka. Aromanya sama-sama memikat, tetapi tidak setajam wet food. Jenis makanan ini dapat membantu melatih gigi kucing agar tetap kuat.


Gerakan mengunyah makanan dry food yang dilakukan oleh kucing mampu membersihkan plak dan mengurangi pembentukan karang gigi. Namun, Anda juga perlu memerhatikan asupan air yang harus diberikan. Asupan air harus mencukupi kebutuhan tubuhnya. Jika tidak, asupan air yang kurang akan menimbulkan masalah pada saluran kemihnya.


Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada dry food dianggap kurang seimbang. Karena itu, jenis makanan ini berpotensi menyebabkan kucing obesitas jika diberikan terlalu sering.

Kenali jenis makanan yang baik untuk kucing persia

Kenali jenis makanan yang baik untuk kucing persia

Sebelum membeli makanan kucing persia, ketahui terlebih dahulu jenis makanan yang baik untuk diberikan pada kucing berdasarkan manfaatnya. Anda juga dapat membuat makanan kucing sendiri dengan bahan-bahan yang akan kami uraikan berikut ini.


  • Daging, bagus untuk pertumbuhan
Sebagai hewan karnovira, daging menjadi makanan yang wajib dikonsumsi oleh kucing. Protein yang terkandung di dalam daging sangat bagus untuk pertumbuhan kucing persia. Pada umumnya, daging yang digunakan adalah daging sapi, ayam, salmon, tuna, kalkun, atau kelinci.

  • Oat, kaya akan kalsium dan vitamin
Ternyata oat bagus dikonsumsi kucing persia karena mengandung antioksidan, mineral, serta vitamin. Oat juga kaya akan kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang kucing.

  • Pisang, sumber kalsium untuk kesehatan jantung
Pisang berfungsi sebagai sumber kalsium yang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal kucing. Namun, cukup berikan dalam jumlah sedikit karena pisang mengandung karbohidrat serta gula.

  • Apel, kaya akan serat yang baik untuk kucing
Selain pisang, buah-buahan yang juga baik dikonsumsi oleh kucing persia adalah apel. Hal ini karena apel kaya akan vitamin C dan serat.

  • Labu, membantu mengatasi masalah pencernaan
Apabila kucing Anda mengalami masalah sembelit, berikan labu sebagai sumber serat dan vitamin. Labu juga mampu mencegah masalah hairballs, merangsang gerakan usus, serta mengatasi diare.

  • Blewah, baik untuk kesehatan mata
Blewah biasanya disajikan sebagai minuman penyegar. Ternyata buah dari keluarga melon ini mengandung serat, folat, vitamin A, C, B6, niasin, dan kalsium. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan mata dan kulit kucing. Namun, kandungan gula pada blewah cukup tinggi sehingga berikan pada kucing dalam porsi yang sedikit.

  • Bayam, mengandung zat besi dan sejumlah vitamin
Bayam kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti zat besi, kalsium, vitamin C, K, dan A. Sayuran ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan kucing persia Anda, termasuk membantu mengatasi masalah sembelit. Bayam juga bagus untuk bulu kucing. Namun, hindari memberi makanan bayam pada kucing yang memiliki masalah ginjal atau kandung kemih karena mengandung kalsium oksalat.

  • Blueberry, dapat menangkal radikal bebas
Blueberry mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan polutan. Manfaat ini baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada kucing persia.

Sesuaikan dengan usia kucing

Sesuaikan dengan usia kucing

Anak kucing memiliki kebutuhan nutrien dan kalori yang lebih besar dibandingkan kucing dewasa karena sedang masa pertumbuhan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan usia kucing agar dapat disesuaikan dengan makanan yang tepat.


  • Kitten: Usia 0–3 bulan. Namun, anak kucing boleh mulai mengonsumsi makanan kucing saat sudah menginjak umur dua atau tiga bulan.
  • Junior: Usia 4–12 bulan.
  • Adult: 2–10 tahun.
  • Geriatric: Lebih dari 10 tahun.

Setiap kategori memiliki kebutuhan nutrien yang berbeda untuk kelangsungan hidupnya. Misalnya, kitten membutuhkan komposisi protein lebih tinggi dibandingkan kucing geriatric. Kucing geriatric mengalami penurunan fungsi organ pencernaanya.

Perhatikan kandungan nutrisinya

Perhatikan kandungan nutrisinya

Salah satu kunci utama agar kesehatan kucing persia selalu terjaga yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikut ini kami uraikan beberapa kandungan nutrisi dalam makanan yang baik untuk kucing persia.


  • Omega-3 dan omega-6mempercantik dan mencegah kerontokan bulu
  • Vitamin Amempertajam penglihatan, menyehatkan kulit, dan menambah kekebalan tubuh
  • Vitamin E dan C: membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang
  • Mineral: berperan untuk membangun tulang kucing
  • Protein: sebagai sumber energi utama kucing
  • Serat: melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit

Pemberian makanan kucing yang memenuhi kebutuhan nutrisi bisa menjadikan kucing lebih sehat dan memiliki umur yang relatif lebih panjang. Pada dasarnya, ada empat kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi pada makanan kucing, yaitu protein, lemak, vitamin dan mineral. Pastikan Anda memilih produk makanan yang mempunyai komposisi-komposisi tersebut, ya!

10 Rekomendasi makanan kucing persia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan kucing persia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Bella Fortuna.

10

Iskhan IndonesiaIskhan Cat Grain Free Persian

Mulai dari Rp 335.000,00

Jenis pakanKering
Tahapan usiaSemua tahapan usia
Isi2,5 kg
KomposisiChicken meat, chicken meal, hydrolyzed salmon meal, chickpea, lentils, pea, organic sweet potato, organic carrot, organic pumpkin, organic mung bean, organic sesame seed, organic sunflower seed, organic flaxseed, tapioca, beet pulp, chicken oil, fish oil, hydrolyzed chicken meat meal, brewers yeast, yucca extract, fenugreek, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, calcium D-vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D3, DL-tocopherols sulfate, copper sulfate, calcium iodate
9
Jenis pakanBasah
Tahapan usiaAdult
Isi85 g
KomposisiAyam, domba, produk ikan termasuk salmon, sereal, produk sayuran, mineral, vitamin, asam amino, serat laut termasuk insulin, antioksidan
8
Jenis pakanKering
Tahapan usiaAdult
Isi400 g, 1,1 kg, 7 kg
KomposisiCorn, poultry by-product meal, stabilized animal fats, corn gluten meal, soybean meal, fish meal, vegetable fiber, beet pulp, stabilized fish oil, flaxseed, lecithin, palatans, DL-methionine, taurine, antioxidants, choline chloride, vitamins (vitamin A, vitamin D, nicotinic acid, vitamin E, vitamin B1, pantothenic acid, vitamin B2, vitamin B6, folic acid, vitamin K, biotin, vitamin B12), mineral (monocalcium phosphate, potassium chloride, sodium chloride, ferrous sulfate, zinc sulfate, copper sulfate, manganous oxide, potassium iodide, sodium selenite)
7
Jenis pakanKering
Tahapan usiaAdult
Isi1,2 kg, 7 kg
KomposisiFish meal, chicken meal, corn, rice, soybean meal, corn meal, fish oil, chicken oil, yeast, prebiotic, taurine, vitamin and mineral, antioxidant
6
Jenis pakanKering
Tahapan usiaAdult
Isi1,5 kg
KomposisiMechanically separated chicken, fish meal, broken rice, ground whole corn, corn gluten meal-60, dry beer yeast, flaxseed, dried egg, powdered cellulose, whole wheat, whole sorghum, meat, ground barley, fish oil, degummed soybean oil, inulin, antioxidant additive (tocopherol and essence of rosemary), L-carnitine, potassium chloride, yucca schidigera extract, sodium hexametaphosphate, probiotic, vitamin premix, trace mineral premix transquelatado
5
Jenis pakanBasah
Tahapan usiaKitten
Isi85 g
KomposisiDaging ayam dan domba, ikan, sereal, produk sayuran, mineral, vitamin, asam amino, serat laut termasuk insulin, antioksidan
4
Jenis pakanKering
Tahapan usiaAdult
Isi20 kg
KomposisiCorn, soybean meal, cassava, corn gluten meal, poultry meal, poultry fat, powered cellulose, tuna meal, wheat bran, minerals, shrimp by product meal, brewers, dried yeast, vitamins, DL-menthionine, taurine, fish oil, dried carrot, antioxidants
3
Jenis pakanKering
Tahapan usiaAdult
Isi400 g, 2 kg, 4 kg
KomposisiDehydrated poultry protein, animal fat, rice, vegetable protein isolate, maize flour, vegetable fiber, hydrolyzed animal proteins, maize gluten, wheat flour, yeast and parts thereof, minerals, chicory pulp, fish oil, soya oil, fructo oligosaccharide, psyllium husks and seeds, hydrolyzed yeast (source of mono-oligosaccharide), borage oil, marigold extract (source of lutein), vitamin A, vitamin D3, iron, iodine, copper, manganese, zinc, selenium
2
Jenis pakanKering
Tahapan usiaKitten
Isi400 g, 2 kg
KomposisiDaging unggas, beras, lemak hewan, jagung, sayur, isolat protein, dihidrolisis protein hewani, serat nabati, bubur bit, ragi, mineral, minyak ikan, minyak kedelai, fructo-oligo-sakarida, sekam psyllium dan biji, dihidrolisis ragi (sumber manno-oligo-sakarida), minyak borage, ekstrak marigold (sumber lutein), vitamin A, vitamin D3, iron, yodium, copper, mangan, zinc, selenium, L-lysine
1
Jenis pakanBasah
Tahapan usiaKitten
Isi80 g
KomposisiJagung, padi, gluten tepung jagung, unggas, ikan laut, bungkil kedelai, stearin sawit, minyak kedelai, powder susu, garam, taurine, vitamin (A, E, B1, B6, B2 , B12, choline, niacin, asam folat), mineral (kalsium, fosfor, seng, besi, tembaga, selenium, mangan)

Tabel perbandingan produk makanan kucing persia terbaik

Gambar produk
1
Mars Whiskas Pouch Junior 1

Mars

2
Mars Royal Canin Kitten Persian 1

Mars

3
Mars Royal Canin Adult Persian 1

Mars

4
Universal World Pet  Persian 1

Universal World Pet

5
Nestlé PRO PLAN Wet Kitten 1

Nestlé

6
ADM Equilibrio Pelos Longos 1

ADM

7
CP Petindo Cleo Persian Cat Food 1

CP Petindo

8
Perfect Companion Group  Me-O Persian 1

Perfect Companion Group

9
Nestlé Pro Plan Wet Derma Plus 1

Nestlé

10
Iskhan Indonesia Iskhan Cat Grain Free Persian 1

Iskhan Indonesia

Nama produk

Whiskas Pouch Junior

Royal Canin Kitten Persian

Royal Canin Adult Persian

Persian

PRO PLAN Wet Kitten

Equilibrio Pelos Longos

Cleo Persian Cat Food

Me-O Persian

Pro Plan Wet Derma Plus

Iskhan Cat Grain Free Persian

Keunggulan

Dengan nutrien yang lengkap untuk menemani masa pertumbuhan anak kucing

Memiliki bentuk kibble yang menyesuaikan bentuk kepala dan rahang anak kucing

Solusi mengurangi masalah hairball pada kucing

Dapatkan nutrisi yang lengkap dengan harga ekonomis!

Kandungan DHA di dalamnya baik untuk perkembangan otak dan mata anak kucing

Memanjangkan serta menghaluskan bulu kucing persia

Makanan laut dengan protein pendukung otot

Mengurangi masalah rontok dan mencegah pembentukan hairball

Membentuk jaringan epidermal sehingga kulit dan bulu kucing berkilau

Bebas dari bahan biji-bijian, cocok untuk kucing persia yang pencernaannya sensitif

Harga mulai dariRp 6.100,00Rp 80.000,00Rp 79.000,00Rp 498.800,00Rp 15.000,00Rp 135.000,00Rp 75.000,00Rp 34.000,00Rp 13.755,00Rp 335.000,00
Jenis pakanBasahKeringKeringKeringBasahKeringKeringKeringBasahKering
Tahapan usiaKittenKittenAdultAdultKittenAdultAdultAdultAdultSemua tahapan usia
Isi80 g400 g, 2 kg400 g, 2 kg, 4 kg20 kg85 g1,5 kg1,2 kg, 7 kg400 g, 1,1 kg, 7 kg85 g2,5 kg
KomposisiJagung, padi, gluten tepung jagung, unggas, ikan laut, bungkil kedelai, stearin sawit, minyak kedelai, powder susu, garam, taurine, vitamin (A, E, B1, B6, B2 , B12, choline, niacin, asam folat), mineral (kalsium, fosfor, seng, besi, tembaga, selenium, mangan)Daging unggas, beras, lemak hewan, jagung, sayur, isolat protein, dihidrolisis protein hewani, serat nabati, bubur bit, ragi, mineral, minyak ikan, minyak kedelai, fructo-oligo-sakarida, sekam psyllium dan biji, dihidrolisis ragi (sumber manno-oligo-sakarida), minyak borage, ekstrak marigold (sumber lutein), vitamin A, vitamin D3, iron, yodium, copper, mangan, zinc, selenium, L-lysineDehydrated poultry protein, animal fat, rice, vegetable protein isolate, maize flour, vegetable fiber, hydrolyzed animal proteins, maize gluten, wheat flour, yeast and parts thereof, minerals, chicory pulp, fish oil, soya oil, fructo oligosaccharide, psyllium husks and seeds, hydrolyzed yeast (source of mono-oligosaccharide), borage oil, marigold extract (source of lutein), vitamin A, vitamin D3, iron, iodine, copper, manganese, zinc, seleniumCorn, soybean meal, cassava, corn gluten meal, poultry meal, poultry fat, powered cellulose, tuna meal, wheat bran, minerals, shrimp by product meal, brewers, dried yeast, vitamins, DL-menthionine, taurine, fish oil, dried carrot, antioxidantsDaging ayam dan domba, ikan, sereal, produk sayuran, mineral, vitamin, asam amino, serat laut termasuk insulin, antioksidanMechanically separated chicken, fish meal, broken rice, ground whole corn, corn gluten meal-60, dry beer yeast, flaxseed, dried egg, powdered cellulose, whole wheat, whole sorghum, meat, ground barley, fish oil, degummed soybean oil, inulin, antioxidant additive (tocopherol and essence of rosemary), L-carnitine, potassium chloride, yucca schidigera extract, sodium hexametaphosphate, probiotic, vitamin premix, trace mineral premix transquelatadoFish meal, chicken meal, corn, rice, soybean meal, corn meal, fish oil, chicken oil, yeast, prebiotic, taurine, vitamin and mineral, antioxidantCorn, poultry by-product meal, stabilized animal fats, corn gluten meal, soybean meal, fish meal, vegetable fiber, beet pulp, stabilized fish oil, flaxseed, lecithin, palatans, DL-methionine, taurine, antioxidants, choline chloride, vitamins (vitamin A, vitamin D, nicotinic acid, vitamin E, vitamin B1, pantothenic acid, vitamin B2, vitamin B6, folic acid, vitamin K, biotin, vitamin B12), mineral (monocalcium phosphate, potassium chloride, sodium chloride, ferrous sulfate, zinc sulfate, copper sulfate, manganous oxide, potassium iodide, sodium selenite)Ayam, domba, produk ikan termasuk salmon, sereal, produk sayuran, mineral, vitamin, asam amino, serat laut termasuk insulin, antioksidanChicken meat, chicken meal, hydrolyzed salmon meal, chickpea, lentils, pea, organic sweet potato, organic carrot, organic pumpkin, organic mung bean, organic sesame seed, organic sunflower seed, organic flaxseed, tapioca, beet pulp, chicken oil, fish oil, hydrolyzed chicken meat meal, brewers yeast, yucca extract, fenugreek, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, calcium D-vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D3, DL-tocopherols sulfate, copper sulfate, calcium iodate
Tautan produk

Makanan yang sebaiknya dihindari kucing persia

Makanan yang sebaiknya dihindari kucing persia

Selain mengenali jenis makanan yang baik untuk kucing persia, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang sebaiknya dihindari. Berikut ini rangkumannya untuk Anda.


  • Kafein
Kafein bersifat stimulan yang dapat meningkatkan detak jantung. Apabila kucing mengonsumsi kafein dengan kadar tinggi, kucing akan bertindak hiperaktif serta terus bersuara keras. Makanan yang mengandung kafein antara lain kopi dan cokelat.

  • Anggur dan kismis
Anggur dan kismis mengandung senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal pada kucing. Setelah beberapa menit mengonsumsi anggur atau kismis, kucing akan mengalami gejala muntah, sakit perut, dan lesu.

  • Bawang-bawangan
Bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih, dan bombai sangat berbahaya untuk dikonsumsi kucing bahkan dalam dosis yang sedikit. Hal tersebut karena bawang mengandung sulfoksida dan disulfida yang memicu kerusakan sel darah merah pada kucing sehingga menyebabkan anemia hemolitik.

  • Telur dan daging mentah
Jangan biarkan kucing Anda mengonsumsi telur dan daging mentah karena dapat menyebabkan keracunan bakteri salmonella atau E. coli. Telur mentah juga mengandung enzim yang bisa merusak kulit dan bulu kucing.

  • Makanan anjing
Kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dari anjing. Makanan kucing mengandung vitamin A, protein, taurin, dan asam arakidonat yang lebih banyak dibandingkan makanan anjing. Jika kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi, berpotensi terjadi penyakit jantung, gangguan penglihatan, dan masalah gigi.

  • Produk susu
Kucing memang menyukai susu, tetapi minuman ini tidak dianjurkan karena kucing sulit mencerna laktosa dalam susu. Akibat dari kucing mengonsumsi susu adalah sakit perut dan diare.

  • Cokelat

Tidak disarankan untuk memberikan cokelat pada kucing karena mengandung senyawa yang beracun, seperti teobromina. Racun tersebut bisa menyebabkan kejang, diare, dan muntah.


  • Tulang ikan

Tulang ikan bisa menyebabkan masalah serius bila dikonsumsi oleh kucing. Tulang ikan bisa tersangkut di saluran cerna, seperti kerongkongan.

Tips dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna

Tips dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna

Beberapa ras kucing memiliki sensitivitas berbeda dari ras kucing lain. Ada juga penyakit bawaan yang mungkin ditimbulkan oleh ras tertentu. Dengan demikian, nutrisi yang harus dipenuhi juga berbeda. Jadi, pilihlah produk makanan yang sesuai dengan ras kucing Anda.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing di sini

Selain makanan, kucing juga membutuhkan perawatan lain seperti sampo, obat kutu, vitamin, sisir, dan kondisioner. Kami telah mengumpulkan beberapa rekomendasi artikel untuk menambah referensi Anda dalam merawat kucing. Yuk, simak artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Menentukan makanan kucing persia memang harus hati-hati karena menyangkut kesehatan kucing Anda. Pilihlah makanan yang sesuai dengan usia kucing persia Anda agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. 


Apabila usia kucing Anda masih di bawah satu tahun, berilah makanan khusus kitten. Namun, jika usia kucing Anda sudah di atas satu tahun, berilah makanan khusus adult. Semoga saja artikel yang telah kami tulis dapat membantu Anda dalam memilih makanan untuk kucing persia.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta ikan hias, pasti sudah tidak asing dengan koi. Ikan hias satu ini banyak digemari karena keindahan corak pada tubuhnya. Koi biasanya dipelihara di kolam taman untuk menambah estetika pekarangan. Ikan ini cepat tumbuh besar dan memiliki corak warna yang menarik jika dipelihara dengan benar.Salah satu cara merawat yang benar adalah dengan memberi pakan koi berkualitas. Ada berbagai merek pakan koi, seperti Hiro, Hokky, dan Hiroyuki. Kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan pakan koi yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Makanan hewan
  • 10 Dog Food Basah Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Dog Food Basah Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan dog food tak hanya berpengaruh pada kesehatan anjing, tetapi juga selera makannya. Dog food basah, misalnya, tak hanya kaya nutrisi tetapi juga dapat membangkitkan nafsu makan anjing. Makanan basah anjing ini ternyata memiliki beberapa jenis dengan peruntukan yang berbeda. Selain PEDIGREE® dan ROYAL CANIN®, ada banyak merek dog food basah yang bagus lainnya di pasaran. Agar tak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih dog food basah. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dog food basah yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori