mybest
Kopi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Teh & kopi
  4. 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024)

Kopi Mandailing adalah salah satu kopi asli Indonesia yang cukup populer. Rasa dan aroma yang khas membuatnya banyak diburu para penikmat kopi. Saat ini, sudah banyak tersedia berbagai merek kopi Mandailing yang lezat dengan harga terjangkau.


Artikel kali ini secara khusus akan membagikan cara memilih dan merekomendasikan produk kopi Mandailing yang enak dan populer. Merek terbaik, seperti Excelso, JJ Royal Coffee, dan Arutala ada dalam rekomendasi kami. Kami juga akan membahas kopi Mandailing arabika dan kopi Mandailing robusta yang nikmat. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Diperbaharui 14/07/2023
Lalu Ahmad Alpian
Pakar
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop. Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Profil Lalu Ahmad Alpian
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Kopi Mandailing, kopi asli Sumatra dengan rasa yang khas

Kopi Mandailing, kopi asli Sumatra dengan rasa yang khas
Sumber: ottencoffee.co.id

Indonesia sejak lama dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar. Salah satu daerah di Indonesia yang aktif memproduksi kopi terbaik adalah Sumatra. Kopi Mandailing dan Sidikalang adalah kopi yang menjadi trademark daerah Sumatra, khususnya Sumatra Utara. Keduanya sama-sama populer dan enak. Namun, artikel ini khusus membahas mengenai kopi Mandailing.


Kopi Mandailing atau Mandheling adalah varietas kopi yang berasal dari daerah Mandailing Natal, Pegunungan Bukit Barisan, Sumatra Utara. Kopi ini pertama kali dibudidayakan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1983. Untuk jenis kopi Mandailing, kebanyakan berjenis kopi arabika. Namun, saat ini Anda juga dapat menemukan produk kopi Mandailing robusta.


Apa yang membedakan kopi Mandailing dengan kopi lainnya?

  • Kopi Mandailing terkenal memiliki aroma floral yang khas.
  • Dibandingkan jenis kopi Sumatra lainnya, kopi Mandailing memiliki tingkat kekentalan yang lebih baik.
  • Tingkat keasaman cenderung lebih rendah.
  • Aftertaste kopi Mandailing dikenal nyaman dan enak di lidah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi Mandailing

Saat ini, ada banyak merek kopi Mandailing lezat yang dijual di pasaran. Tidak perlu bingung, untuk mendapatkan produk terbaik, Anda dapat mengikuti poin-poin berikut ini. Simak baik-baik, ya!

1

Ketahui jenis biji kopinya

Saat membeli kopi Mandailing, Anda pasti akan menemukan jenis arabika dan robusta. Keduanya memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda. Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan selera.

Kopi arabika, rasanya lebih manis dengan aroma yang lembut

Kopi arabika, rasanya lebih manis dengan aroma yang lembut

Tidak suka kopi yang terlalu pahit? Kopi arabika dapat menjadi pilihan. Sebagai informasi, kopi arabika menguasai sekitar 70–80% produksi kopi dunia. Berikut ini beberapa keunggulan kopi arabika.


  • Memiliki cita rasa yang lebih manis daripada jenis kopi lainnya.

  • Menawarkan rasa dan aroma yang kaya. Karena itu, biasanya arabika memiliki karakter aromatic dan flavourful, misalnya floral, fruity, citrus, nutty, dan manis.

  • Memiliki kadar kafeina yang tergolong rendah. Kafeina berlebih bisa memicu produksi asam lambung. Kafeina dalam kopi arabika kira-kira setengah dari kafeina robusta. Jadi, kopi arabika lebih aman dikonsumsi oleh penderita masalah lambung dibandingkan kopi robusta. Hal ini tentunya berlaku dalam batas konsumsi yang wajar.

Kopi robusta, lebih pahit dan aromanya kuat

Kopi robusta, lebih pahit dan aromanya kuat

Kopi robusta pas dipilih jika Anda menginginkan kopi dengan rasa dan aroma yang lebih kuat serta tajam. Selain poin ini, ada beberapa hal lain yang membedakan kopi robusta dengan kopi arabika. Perbedaan-perbedaan tersebut adalah sebagai berikut:


  • Kadar gula kopi robusta jauh lebih rendah daripada kopi arabika. Jadi, rasa kopi arabika cenderung lebih plain dan pahit. Setelah diseduh, rasa kopi robusta biasanya pahit layaknya dark chocolate dan kasar seperti kayu atau karet terbakar.

  • Kopi robusta memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dari kopi arabika.

  • Kopi robusta memiliki tekstur yang lebih pekat dibandingkan kopi arabika.

  • Kadar kafeina kopi robusta cenderung tinggi sehingga cocok untuk mengusir rasa kantuk. Namun, jika Anda memiliki masalah lambung, berhati-hatilah saat mengkonsumsi kopi ini. Pasalnya, kandungan kafeina dalam kopi robusta sekitar 2,3 gram/100 gram kopi. Angka tersebut lebih tinggi hampir dua kali lipat dari kafeina kopi arabika.
2

Pilih berdasarkan bentuk kopinya

Tidak kalah penting, jangan lupa pertimbangkan bentuk kopinya. Secara umum, ada dua jenis bentuk kopi yang dijual, yaitu biji utuh dan bubuk. Tiap-tiap jenis memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Mari kita bahas lebih lanjut!

Biji kopi, untuk Anda yang mencari kesegaran ekstra

Biji kopi, untuk Anda yang mencari kesegaran ekstra

Biji kopi utuh tidak bisa langsung diseduh, Anda harus menggilingnya sendiri. Anda yang merupakan pencinta kopi sejati tentunya punya mesin penggiling kopi di rumah, bukan? Memang cara penyajiannya terdengar repot. Akan tetapi, secangkir kopi dari biji utuh yang digiling sendiri memiliki rasa yang lebih fresh!


Bagian dalam biji kopi utuh tidak mengalami kontak langsung dengan oksigen sehingga kadar gasnya masih optimal. Alhasil, kemurnian rasa dan aroma kopinya masih terjaga. Keuntungan lainnya, Anda dapat menentukan sendiri tingkat kehalusan gilingan kopi sesuai selera.


Menyimpan kopi dalam bentuk biji akan memperlambat proses oksidasi dan menghindari kelembapan. Namun, proses penggilingan membuat permukaan kopi banyak terpapar udara sehingga akan terjadi penurunan kualitas rasa. Jadi, segera seduh biji kopi yang sudah digiling agar minyak dan aromanya terekstraksi ke hasil seduhan.

Kopi bubuk, untuk Anda yang ingin lebih praktis

Kopi bubuk, untuk Anda yang ingin lebih praktis

Jika Anda termasuk orang yang sibuk, menggiling kopi tentu terasa menyita waktu. Solusinya, pilih kopi Mandailing dalam bentuk bubuk. Kopi bubuk dapat langsung diseduh tanpa perlu digiling lagi sehingga dapat disajikan lebih cepat. Biasanya, kopi jenis ini tersedia dalam berbagai tingkat kehalusan, bubuk halus atau bubuk kasar.


Sebelum memilih membeli kopi yang sudah dihaluskan (pre-ground), tentukan dahulu karakter seduhan yang ingin dicapai. Ukuran gilingan memengaruhi intensitas rasa dari seduhan kopi. Makin halus gilingan, rasa seduhan kopi akan makin intens, begitu pula sebaliknya.


Anda yang memiliki mobilitas tinggi juga kami sarankan memilih kopi bubuk. Apalagi, ada kopi bubuk dalam kemasan sachet sehingga praktis dibawa bepergian. Akan tetapi, kopi bubuk mudah terpengaruh oleh udara. Agar rasa dan aromanya tetap terjaga, simpan dalam wadah kedap udara, ya!

3

Pertimbangkan profil rasanya

Profil rasa merupakan salah satu unsur yang penting bagi sebagian orang ketika menikmati secangkir kopi. Untuk mendapatkan rasa yang sesuai selera, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu acidity, body, dan flavor.

Acidity, tingkat keasaman kopi

Acidity, tingkat keasaman kopi

Acidity atau keasaman menjadi salah satu elemen utama yang membangun karakteristik rasa kopi yang khas. Acidity kopi tidak menjelaskan tinggi rendahnya pH kopi, melainkan lebih mengarah kepada catatan rasa dari kopi tersebut. Setiap kopi memiliki tingkat keasaman yang berbeda-beda. Masa simpan dan proses pengolahan menjadi faktor utama yang memengaruhi.


Kopi dengan keasaman yang pas akan terasa manis, mirip dengan buah segar. Sementara itu, kopi dengan rasa asam yang terlalu dominan umumnya tergolong kurang nikmat. Anda bisa mengecek keasaman kopi pada kemasan, biasanya ditulis dalam tingkatan low, medium, atau high. Makin tinggi tingkat keasamannya, rasa asam kopi juga makin kuat.

Body, tingkat kekentalan kopi

Body, tingkat kekentalan kopi

Anda tentunya pernah merasakan kopi yang terasa kental atau encer saat diminum, bukan? Tekstur atau tingkat kekentalan kopi inilah yang disebut dengan body. Body juga menunjukkan seberapa kaya tingkat rasa kopi saat mengendap di mulut sehingga berhubungan erat dengan aftertaste.


Umumnya, body kopi digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu smooth, medium, dan heavy. Kopi dengan level body yang smooth memiliki tekstur yang ringan seperti air dengan aftertaste yang tipis. Sebaliknya, kopi dengan full body atau heavy body mempunyai tekstur yang lebih kental dan pekat.


Kopi jenis ini juga meninggalkan kesan seperti berminyak di mulut dengan aftertaste yang tahan lama. Body kopi sering ditulis dengan istilah creamy, buttery, atau thick.

Flavor, spesifikasi komponen rasa kopi

Flavor, spesifikasi komponen rasa kopi

Setiap kopi memiliki sensasi rasa yang bervariasi tergantung dari senyawa yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini dipengaruhi oleh jenis biji kopi dan proses pengolahan. Ada kopi dengan rasa yang kaya, ada juga yang rasanya cenderung plain. Agar menemukan cita rasa yang pas, Anda perlu mengetahui flavor atau karakter rasa dari kopi tersebut.


Flavor kopi dapat Anda lihat pada flavor note atau catatan rasa yang tertera di kemasannya. Flavor note ini menjabarkan sensasi rasa apa saja yang dapat Anda rasakan saat meminum kopi tersebut. Sensasi rasa yang hadir dapat bervariasi, misalnya fruity, milky, chocolaty, atau nutty.


Namun, kopi dengan rasa citrusy bukan berarti akan terasa benar-benar seperti jeruk. Hanya saja, ketika lidah Anda merasakan kopi tersebut, Anda teringat sensasi rasa dari jeruk. Kopi Mandailing jenis arabika umumnya memiliki flavor note yang lebih beragam dibandingkan jenis robusta.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi kopi Mandailing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi Mandailing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Votrro Coffee Roastery

Mandheling Commercial

Votrro Coffee Roastery Mandheling Commercial 1

Rp165.000

Lebih Mahal

Kopi komersil dengan cita rasa premium!

2

Sari Bumi Makmur Internasional

Arutala Coffee Arabika Mandailing

Sari Bumi Makmur Internasional Arutala Coffee Arabika Mandailing  1

Rp60.000

Agak Murah

Ingin merasakan cita rasa kopi yang berkelas? Bisa!

3

Sunset Lotus

Kopi Arabika Mandheling

Sunset Lotus Kopi Arabika Mandheling 1

Rp69.000

Menengah

Ingin rasa pahit atau kurang pahit? Bebas pilih sesukanya!

4

Santos Jaya Abadi

Excelso Sumatera Mandheling

Santos Jaya Abadi Excelso Sumatera Mandheling 1

Rp34.000

Lebih Murah

Segar dengan sensasi rasa buah yang meningkatkan mood

5

WoCA

Kopi Luwak Arabika Mandailing

WoCA  Kopi Luwak Arabika Mandailing 1

Rp140.000

Agak Mahal

Nikmatnya seruput rasa yang lembut khas kopi luwak

6

JJ Royal Coffee

Mandheling Arabica

JJ Royal Coffee Mandheling Arabica 1

Rp55.000

Agak Murah

Pilihan penikmat kopi dengan rasa dan aroma yang kuat

7

Sakha Coffee

Arabika Mandailing

Sakha Coffee Arabika Mandailing 1

Rp101.900

Agak Mahal

Tersedia dalam bentuk bubuk dengan tingkat kehalusan beragam

8

Tagetto Coffee Roaster

Espresso Blend Mandheling Premium

Tagetto Coffee Roaster Espresso Blend Mandheling Premium  1

Rp100.000

Agak Mahal

Arabika atau robusta? Semuanya ada di kopi ini!

9

Otten Coffee

Mandheling Honey Process Kopi Arabica

Otten Coffee Mandheling Honey Process Kopi Arabica 1

Rp90.000

Menengah

Rasanya unik, berikan sensasi minum kopi yang berbeda

10

INDRACO

Supresso Sumatra Mandheling Coffee

INDRACO Supresso Sumatra Mandheling Coffee 1

Rp46.800

Agak Murah

Aromanya semerbak, rasanya pun pas! Anda pasti akan ketagihan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Votrro Coffee RoasteryMandheling Commercial

Mandheling Commercial 1
Sumber: shopee.co.id
Mandheling Commercial 2
Sumber: shopee.co.id
Mandheling Commercial 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp165.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp165.000
Lebih Mahal

Kopi komersil dengan cita rasa premium!

Anda yang mencari kopi dengan harga ramah di kantong tanpa mengorbankan kenikmatan sebaiknya jangan melewatkan produk ini. Kopi dari Votrro Coffee Roastery ini memang menggunakan kopi arabika grade 2 sebagai bahan bakunya.


Namun, karena diolah dengan tepat, kopi ini menghasilkan rasa yang sangat baik di kelasnya. Tak heran apabila Anda akan merasakan cita rasa premium saat menyesap produk berjenis bold body coffee ini.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Sari Bumi Makmur InternasionalArutala Coffee Arabika Mandailing

Harga referensi
Rp60.000
Agak Murah

Ingin merasakan cita rasa kopi yang berkelas? Bisa!

Desa Pagur merupakan produsen kopi terbesar di daerah Mandailing. Kopi buatan Arutala Coffee ini berasal dari sana sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Terlebih, kopi ini diolah tanpa pupuk kimia sehingga terjaga kemurniannya.


Kopi Mandailing ini memiliki kombinasi rasa dark chocolate, caramel, orange, dan nutmeg. Kombinasi rasanya menghadirkan cita rasa kopi yang berkelas. Anda yang ingin merasakan kemewahan kopi Mandailing yang autentik wajib mencoba produk ini.

No.3

Sunset LotusKopi Arabika Mandheling

Harga referensi
Rp69.000
Menengah

Ingin rasa pahit atau kurang pahit? Bebas pilih sesukanya!

Kami merekomendasikan Kopi Arabika Mandheling dari Sunset Lotus untuk Anda yang baru ingin mencoba kopi Mandailing. Pasalnya, kopi ini menawarkan dua level rasa pahit yang bisa dipilih, yaitu Medium dan Medium Dark.


Jadi, Anda bisa mencoba keduanya untuk mengetahui rasa yang paling pas dengan selera. Tidak perlu ragu karena Sunset Lotus menyediakan ukuran 250 gram bagi Anda yang baru pertama kali mencoba. Jika sudah menemukan rasa yang sesuai, Anda tinggal membeli ukuran yang lebih besar.

No.4

Santos Jaya AbadiExcelso Sumatera Mandheling

Harga referensi
Rp34.000
Lebih Murah

Segar dengan sensasi rasa buah yang meningkatkan mood

Sedang tidak bergairah menjalani aktivitas? Yuk, tingkatkan mood Anda dengan secangkir kopi Mandailing dari Excelso! Rasa buah-buahan yang kuat pada kopi ini akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar.


Produk ini juga memiliki tekstur yang creamy. Rasa nikmat yang dihasilkan membuatnya cocok diminum pada berbagai kegiatan, seperti pesta atau arisan. Kopi ini dikemas dengan teknologi Aroma Locked sehingga kesegarannya tetap terjaga.

No.5

WoCA Kopi Luwak Arabika Mandailing

Harga referensi
Rp140.000
Agak Mahal

Nikmatnya seruput rasa yang lembut khas kopi luwak

Kopi luwak terkenal di mata dunia karena rasa dan aromanya yang khas. Apabila Anda penggemar kopi luwak, WoCA Kopi Luwak Arabika Mandailing adalah pilihan terbaik. Aroma, tekstur, dan rasa kopi ini sangat lembut. Hal itu membuatnya nyaman di tenggorokan dan tidak menimbulkan rasa enek saat meminumnya.

No.6

JJ Royal CoffeeMandheling Arabica

Harga referensi
Rp55.000
Agak Murah

Pilihan penikmat kopi dengan rasa dan aroma yang kuat

Apakah Anda menyukai karakter kopi yang cenderung kuat? Jika iya, Mandheling Arabica dari JJ Royal Coffee adalah rekomendasi dari kami. Kopi ini kental dengan cita rasa dark chocolate dengan rasa pahit yang nikmat. Rasa dan aromanya begitu kuat sehingga memberikan aftertaste yang solid dan tahan lama mulut.

No.7

Sakha CoffeeArabika Mandailing

Harga referensi
Rp101.900
Agak Mahal

Tersedia dalam bentuk bubuk dengan tingkat kehalusan beragam

Jika menginginkan keleluasaan dalam memilih bentuk kopi Mandailing, jatuhkan saja pilihan Anda pada produk ini. Sakha Coffee menyediakan kopi Arabika Mandailing dalam bentuk biji dan bentuk bubuk sehingga Anda bebas memilih sesuai preferensi.


Bukan hanya itu, kopi bubuknya pun tersedia dalam tiga tingkat kehalusan. Anda bisa menyesuaikannya dengan metode pembuatan ataupun jenis racikan yang ingin dibuat. Makin asyik!

No.8

Tagetto Coffee RoasterEspresso Blend Mandheling Premium

Harga referensi
Rp100.000
Agak Mahal

Arabika atau robusta? Semuanya ada di kopi ini!

Biji kopi arabika dan robusta masing-masing memiliki rasa yang khas. Bingung memilih yang mana? Dengan memilih kopi ini, Anda dapat merasakan nikmatnya dua jenis kopi sekaligus. Dibuat dengan campuran 50% kopi arabika dan 50% kopi robusta, Anda pun tak perlu lagi bingung memilih!


Menawarkan perpaduan rasa manis, asam, dan pahit yang seimbang, produk ini cocok dijadikan campuran minuman berbasis kopi. Anda bisa mengolahnya menjadi kopi Americano atau latte layaknya di kafe.

No.9

Otten CoffeeMandheling Honey Process Kopi Arabica

Harga referensi
Rp90.000
Menengah

Rasanya unik, berikan sensasi minum kopi yang berbeda

Bosan dengan rasa kopi yang itu-itu saja? Yuk, coba produk ini! Saat meminumnya, perpaduan raw honey, lemon, dan black tea bisa Anda rasakan sensasinya. Rasanya begitu unik dan kaya sehingga memberikan sensasi baru yang tak terlupakan.


Kopi Mandailing ini diolah menggunakan metode honey process sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih manis. Anda yang tidak menyukai kopi dengan rasa yang terlalu pahit tentunya akan menyukai kopi ini.

No.10

INDRACOSupresso Sumatra Mandheling Coffee

Harga referensi
Rp46.800
Agak Murah

Aromanya semerbak, rasanya pun pas! Anda pasti akan ketagihan

Kopi Mandailing ini diolah dengan metode semiwet dan dipanggang hingga tingkat kematangan full city roast. Jadi, jangan kaget apabila Anda mencium aroma floral yang semerbak saat menyeduhnya, cocok untuk mengusir rasa kantuk.


Kopi buatan INDRACO ini memiliki cita rasa floral dan earthy dengan aftertaste yang manis. Body yang cukup serta acidity medium membuat rasa nikmatnya begitu pas di lidah. Anda yang menyukai kopi dengan keasaman seimbang sangat tepat memilih kopi ini.

Tips menyeduh kopi mandailing dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips menyeduh kopi mandailing dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Ukuran gilingan akan menentukan karakter seduhan yang dihasilkan. Gilingan kasar akan menghasilkan rasa seduhan yang smooth dan clean. Ukuran gilingan kasar ini biasanya dipakai saat proses cupping kopi di coffee shop. Gilingan sedang akan menghasilkan seduhan yang seimbang dari segi rasa dan intensitas. Sementara itu, gilingan halus akan menghasilkan seduhan yang intens.

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Selain kopi Mandailing, kami masih memiliki rekomendasi kopi dari berbagai daerah di Indonesia yang rasanya tak kalah nikmat. Beberapa di antaranya adalah kopi Lampung, kopi Kintamani, dan kopi Sidikalang. Yuk, kenali kopi asal Indonesia lainnya dengan membuka link di bawah ini!

Kesimpulan

Setiap produk kopi Mandailing mempunyai keunikan rasa tersendiri. Rasa kopi yang dihasilkan pada tiap-tiap produk dipengaruhi oleh proses pengolahan dan jenis biji kopi yang digunakan. Karena itu, sebelum membeli, sebaiknya Anda memperhatikan profil rasa dari kopi tersebut.


Selesai sudah pembahasan kali ini mengenai kopi Mandailing. Dari produk yang telah kami rekomendasikan, kira-kira produk apa yang akan Anda pilih? Semoga tips dari kami memudahkan Anda dalam menentukan pilihan.

5 Rekomendasi Kopi Mandailing terbaik

No. 1: Votrro Coffee RoasteryMandheling Commercial

No. 2: Sari Bumi Makmur InternasionalArutala Coffee Arabika Mandailing

No. 3: Sunset LotusKopi Arabika Mandheling

No. 4: Santos Jaya AbadiExcelso Sumatera Mandheling

No. 5: WoCA Kopi Luwak Arabika Mandailing

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Teh & kopi
  4. 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.