• 10 Merk Kopi Mandailing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Kopi Mandailing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Kopi Mandailing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Kopi Mandailing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Kopi Mandailing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Kopi Mandailing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kopi Mandailing adalah salah satu kopi asli Indonesia yang cukup populer. Rasa dan aromanya yang khas membuatnya banyak diburu para penikmat kopi. Saat ini, sudah banyak tersedia berbagai merek kopi Mandailing yang lezat dengan harga terjangkau.


Artikel kali ini secara khusus akan membagikan cara memilih dan merekomendasikan produk kopi Mandailing yang banyak disukai. Merek terbaik, seperti Excelso, JJ Royal Coffee, dan Otten Coffee ada dalam rekomendasi kami. Kami juga akan membahas kopi Mandailing arabika dan kopi Mandailing robusta yang nikmat. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Iqbal Kautsar
  • Pembaharuan terakhir: 03 Desember 2021
Daftar isi

Kopi Mandailing, kopi asli Sumatra dengan rasa yang khas

Indonesia sejak lama dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar. Salah satu daerah di Indonesia yang aktif memproduksi kopi terbaik adalah Sumatra. Kopi Mandailing dan Sidikalang adalah kopi yang menjadi trademark daerah Sumatra, khususnya Sumatra Utara. Kedua kopi tersebut sama-sama populer dan enak. Namun, di artikel ini kami akan membahas mengenai kopi Mandailing.


Kopi Mandailing atau kopi Mandheling adalah varietas kopi yang berasal dari daerah Mandailing Natal, Pegunungan Bukit Barisan, Sumatra Utara. Kopi ini pertama kali dibudidayakan oleh pemerintah Hindia Belanda di tanah Sumatra pada tahun 1983. Kopi Mandailing kebanyakan berasal dari jenis kopi arabika. Namun, saat ini Anda juga dapat menemukan produk kopi Mandailing robusta.


Apa yang membedakan kopi Mandailing dengan kopi lainnya? Kopi Mandailing terkenal memiliki aroma floral yang khas. Dibandingkan dengan jenis kopi Sumatra lainnya, kopi Mandailing memiliki tingkat kekentalan yang lebih baik. Tingkat keasamannya juga cenderung lebih rendah. Tidak hanya itu, aftertaste kopi Mandailing juga dikenal nyaman dan enak di lidah.

Cara memilih kopi Mandailing

Saat ini, ada banyak merek kopi Mandailing lezat yang dijual di pasaran. Tidak perlu bingung, untuk mendapatkan produk terbaik, Anda dapat mengikuti poin-poin berikut ini. Simak baik-baik, ya!

Ketahui jenis biji kopinya

Saat membeli kopi Mandailing, Anda pasti akan menemukan jenis arabika dan robusta. Keduanya memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda. Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan selera.

Kopi arabika, rasanya lebih manis dengan aroma yang lembut

Kopi arabika, rasanya lebih manis dengan aroma yang lembut

Tidak suka kopi yang terlalu pahit? Kopi arabika dapat menjadi pilihan. Biji kopi arabika memiliki cita rasa yang lebih manis daripada jenis kopi lainnya. Kopi jenis ini juga menawarkan rasa dan aroma yang kaya. Karena itu, biasanya arabika memiliki karakter rasa, misalnya fruity, orange, atau caramel.


Kopi arabika juga dikenal memiliki kadar kafein yang tergolong rendah. Selain itu, teksturnya juga cenderung lembut atau creamy sehingga lebih ringan untuk dikonsumsi. Akan tetapi, Anda pemilik lambung sensitif harus waspada karena tingkat keasaman kopi arabika lebih tinggi daripada kopi robusta.

Kopi robusta, lebih pahit dan aromanya kuat

Kopi robusta, lebih pahit dan aromanya kuat

Kopi robusta memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dan tajam. Kadar gulanya juga jauh lebih rendah daripada kopi arabika. Rasa kopi ini cenderung lebih plain dan pahit. Meskipun demikian, kopi robusta justru memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dari kopi arabika.


Dari segi kekentalan, umumnya kopi robusta memiliki tekstur yang lebih pekat dibandingkan kopi arabika. Selain itu, kadar kafeinnya juga cenderung lebih tinggi. Apabila Ada mencari kopi untuk mengusir rasa kantuk, jenis robusta lebih cocok untuk diminum.

Pilih berdasarkan bentuk kopinya

Tidak kalah penting, jangan lupa pertimbangkan bentuk kopinya. Secara umum, ada dua jenis bentuk kopi yang dijual, yaitu biji utuh dan bubuk. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Mari kita bahas lebih lanjut!

Biji kopi, untuk Anda yang mencari kesegaran ekstra

Biji kopi, untuk Anda yang mencari kesegaran ekstra

Biji kopi utuh tidak bisa langsung diseduh, Anda harus menggilingnya sendiri. Anda yang merupakan pencinta kopi sejati tentunya punya mesin penggiling kopi di rumah, bukan? Memang cara penyajiannya terdengar repot. Akan tetapi, secangkir kopi dari biji utuh yang digiling sendiri memiliki rasa yang lebih fresh!


Bagian dalam biji kopi utuh tidak mengalami kontak langsung dengan oksigen sehingga kadar gasnya masih optimal. Alhasil, kemurnian rasa dan aroma kopinya masih terjaga. Keuntungan lainnya, Anda dapat menentukan sendiri tingkat kehalusan gilingan kopi sesuai selera.

Kopi bubuk, untuk Anda yang ingin lebih praktis

Kopi bubuk, untuk Anda yang ingin lebih praktis

Jika Anda termasuk orang yang sibuk, menggiling kopi akan terasa menyita waktu. Solusinya, pilihlah kopi Mandailing dalam bentuk bubuk. Kopi bubuk dapat langsung Anda seduh tanpa perlu digiling lagi sehingga dapat disajikan lebih cepat. Biasanya, kopi jenis ini tersedia dalam berbagai tingkat kehalusan, misalnya bubuk halus atau bubuk kasar.


Anda yang memiliki mobilitas tinggi juga kami sarankan memilih kopi bubuk. Apalagi, ada kopi bubuk yang tersedia dalam kemasan sachet sehingga praktis dibawa bepergian. Akan tetapi, kopi bubuk mudah terpengaruh oleh udara. Agar rasa dan aromanya tetap terjaga, simpan di wadah kedap udara, ya!

Pertimbangkan profil rasanya

Profil rasa merupakan salah satu unsur yang penting bagi sebagian orang ketika menikmati secangkir kopi. Untuk mendapatkan rasa yang sesuai selera, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu acidity, body, dan flavor.

Acidity, tingkat keasaman kopi

Acidity, tingkat keasaman kopi

Acidity atau keasaman menjadi salah satu elemen utama yang membangun karakteristik rasa kopi yang khas. Acidity kopi tidak menjelaskan tinggi rendahnya pH kopi, melainkan lebih mengarah kepada catatan rasa dari kopi tersebut. Setiap kopi memiliki tingkat rasa asam yang berbeda-beda. Masa simpan dan proses pengolahannya menjadi faktor utama yang memengaruhi.


Kopi dengan keasaman yang pas akan terasa manis, mirip dengan buah segar. Sementara itu, kopi dengan rasa asam yang terlalu dominan umumnya tergolong kurang nikmat. Anda bisa mengecek keasaman kopi di kemasan, biasanya ditulis dalam tingkatan low, medium, atau high. Makin tinggi tingkat keasamannya, rasa asam kopi juga makin kuat. Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera Anda.

Body, tingkat kekentalan kopi

Body, tingkat kekentalan kopi

Anda tentunya pernah merasakan kopi yang terasa kental atau encer saat diminum, bukan? Tekstur atau tingkat kekentalan kopi inilah yang disebut dengan body. Body juga menunjukkan seberapa kaya tingkat rasa kopi saat mengendap di mulut sehingga berhubungan erat dengan aftertaste. Umumnya, body kopi digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu smooth, medium, dan heavy.


Kopi dengan level body yang smooth memiliki tekstur yang ringan seperti air dengan aftertaste yang tipis. Sebaliknya, kopi dengan full body atau heavy body mempunyai tekstur yang lebih kental dan pekat. Kopi jenis ini juga meninggalkan kesan seperti berminyak di mulut dengan aftertaste yang tahan lama. Body kopi sering ditulis dengan istilah creamy, buttery, atau thick.

Flavor, spesifikasi komponen rasa kopi

Flavor, spesifikasi komponen rasa kopi

Masing-masing kopi memberikan sensasi rasa yang bervariasi tergantung dari senyawa yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini dipengaruhi oleh jenis biji kopi dan proses pengolahannya. Ada kopi dengan rasa yang kaya, ada juga yang rasanya cenderung plain. Agar Anda menemukan cita rasa yang pas, Anda perlu mengetahui flavor atau karakter rasa dari kopi tersebut. 


Flavor kopi dapat Anda lihat pada flavor note atau catatan rasa yang tertera di kemasannya. Flavor note ini menjabarkan sensasi rasa apa saja yang dapat Anda rasakan saat meminum kopi tersebut. Sensasi rasa yang hadir dapat bervariasi, misalnya fruity, milky, chocolaty, atau nutty.


Namun, kopi dengan rasa citrusy bukan berarti akan terasa benar-benar seperti jeruk. Hanya saja, ketika lidah Anda merasakan kopi tersebut, Anda teringat sensasi rasa dari jeruk. Kopi Mandailing jenis arabika umumnya memiliki flavor note yang lebih beragam dibandingkan jenis robusta.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Otten CoffeeMandheling Natural Process Kopi Arabica

Mulai dari Rp 80.000,00

10 Rekomendasi kopi Mandailing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi Mandailing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Euphoria Coffee Robusta Mandheling Natal

Mulai dari Rp 30.000,00

Isi 200 gram, 500 gram
Jenis biji kopi Robusta
Pilihan bentukBiji, bubuk
Acidity Tidak disebutkan
Body Tidak disebutkan
Flavor notesTidak disebutkan
9

Mandailing Estate CoffeeWild Kopi Luwak Blends Gift Bag

Mulai dari Rp 115.000,00

Isi 100 gram
Jenis biji kopi Arabika
Pilihan bentukBubuk
Acidity Tidak disebutkan
Body Heavy
Flavor notesTidak disebutkan
8

Indraco Supresso Sumatra Mandheling

Mulai dari Rp 118.300,00

Isi 200 gram
Jenis biji kopi Robusta
Pilihan bentukBiji kopi
Acidity Medium
Body Good
Flavor notesFloral & fruity, sweetly spicy, slight earthy
7
Isi 250 gram
Jenis biji kopi Arabika
Pilihan bentukBiji, bubuk
Acidity Medium
Body Medium
Flavor notesCitrusy
6

Otten CoffeeMandheling Honey Process Kopi Arabica

Mulai dari Rp 85.000,00

Isi 200 gram, 500 gram, 1 kg
Jenis biji kopi Arabika
Pilihan bentukBiji, bubuk, drip
Acidity Medium
Body Medium
Flavor notesLemon, black tea, raw honey
5

Tagetto CoffeeEspresso Blend Mandheling Premium

Mulai dari Rp 37.500,00

Isi 250 gram, 500 gram, 1 kg
Jenis biji kopi Arabika dan robusta
Pilihan bentukBiji, bubuk
Acidity Tidak disebutkan
Body Tidak disebutkan
Flavor notesTidak disebutkan
4
Isi 50 gram, 100 gram, 200 gram
Jenis biji kopi Arabika
Pilihan bentukBiji, bubuk
Acidity Low
Body Full smooth
Flavor notesDark chocolate
3
Isi 150 gram
Jenis biji kopi Arabika
Pilihan bentukBiji, bubuk
Acidity Delicate
Body Tidak disebutkan
Flavor notesSweet caramel, fruity, malt chocolate milk
2
Isi 200 gram, 10 gram x 10 sachet
Jenis biji kopi Arabika
Pilihan bentukBiji, bubuk
Acidity Medium
Body Smooth
Flavor notesBold, citrusy, spicy
1
Isi 200 gram, 500 gram, 1 kg
Jenis biji kopi Arabika
Pilihan bentukBiji, bubuk
Acidity Medium
Body Medium
Flavor notesDark chocolate, caramel, orange, nutmeg

Tabel perbandingan produk kopi Mandailing terbaik

Gambar produk
1
Arutala Coffee Arabika Mandailing  1

Arutala Coffee

2
Excelso  Sumatera Mandheling 1

Excelso

3
WoCA  Kopi Luwak Arabika Mandailing 1

WoCA

4
JJ Royal Coffee Mandheling Arabica 1

JJ Royal Coffee

5
Tagetto Coffee Espresso Blend Mandheling Premium  1

Tagetto Coffee

6
Otten Coffee Mandheling Honey Process Kopi Arabica 1

Otten Coffee

7
Quintino's Sumatran Mandheling Rainforest 1

Quintino's

8
Indraco  Supresso Sumatra Mandheling 1

Indraco

9
Mandailing Estate Coffee Wild Kopi Luwak Blends Gift Bag 1

Mandailing Estate Coffee

10
Euphoria Coffee  Robusta Mandheling Natal  1

Euphoria Coffee

Nama produk

Arabika Mandailing

Sumatera Mandheling

Kopi Luwak Arabika Mandailing

Mandheling Arabica

Espresso Blend Mandheling Premium

Mandheling Honey Process Kopi Arabica

Sumatran Mandheling Rainforest

Supresso Sumatra Mandheling

Wild Kopi Luwak Blends Gift Bag

Robusta Mandheling Natal

Keunggulan

Ingin merasakan cita rasa kopi yang berkelas? Bisa!

Segar dengan sensasi rasa buah yang meningkatkan mood

Memberikan rasa yang lembut khas kopi luwak

Pilihan penikmat kopi dengan rasa dan aroma yang kuat

Arabika atau robusta? Semuanya ada di kopi ini!

Rasanya yang unik berikan sensasi minum kopi yang berbeda

Pilihan untuk Anda yang mencari cita rasa kopi natural yang segar

Aromanya semerbak, rasanya pun pas! Anda pasti akan ketagihan

Kopi nikmat dengan kemasan eksklusif

Lebih sehat tanpa campuran bahan aditif

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 60.000,00Rp 140.000,00Rp 52.000,00Rp 37.500,00Rp 85.000,00Rp 108.000,00Rp 118.300,00Rp 115.000,00Rp 30.000,00
Isi 200 gram, 500 gram, 1 kg 200 gram, 10 gram x 10 sachet 150 gram50 gram, 100 gram, 200 gram250 gram, 500 gram, 1 kg200 gram, 500 gram, 1 kg250 gram200 gram100 gram200 gram, 500 gram
Jenis biji kopi Arabika Arabika Arabika Arabika Arabika dan robusta Arabika Arabika Robusta Arabika Robusta
Pilihan bentukBiji, bubuk Biji, bubuk Biji, bubuk Biji, bubuk Biji, bubuk Biji, bubuk, dripBiji, bubukBiji kopiBubuk Biji, bubuk
Acidity Medium Medium Delicate LowTidak disebutkan Medium MediumMedium Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Body Medium SmoothTidak disebutkanFull smoothTidak disebutkan Medium Medium GoodHeavy Tidak disebutkan
Flavor notesDark chocolate, caramel, orange, nutmegBold, citrusy, spicySweet caramel, fruity, malt chocolate milkDark chocolate Tidak disebutkan Lemon, black tea, raw honey Citrusy Floral & fruity, sweetly spicy, slight earthyTidak disebutkan Tidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini

Indonesia sangat kaya akan produksi kopinya. Kenikmatan olahan kopi dari Indonesia juga terkenal hingga ke luar negeri. Kami masih memiliki rekomendasi merek kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah kopi Sidikalang, kopi Gayo dan kopi Kintamani yang rasanya tak kalah nikmat. Yuk, kenali kopi asal Indonesia lainnya dengan membuka link di bawah ini!

Kesimpulan

Setiap produk kopi Mandailing mempunyai keunikan rasa tersendiri. Rasa kopi yang dihasilkan pada masing-masing produk dipengaruhi oleh proses pengolahan dan jenis biji kopi yang digunakan. Karena itu, sebelum membeli, sebaiknya Anda memperhatikan profil rasa dari kopi tersebut. 


Selesai sudah pembahasan kali ini mengenai kopi Mandailing. Dari produk yang telah kami rekomendasikan, kira-kira produk mana yang Anda pilih? Semoga tips dari kami memudahkan Anda dalam menentukan pilihan.

Artikel terkait

  • 10 Merk Earl Grey Tea Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Earl Grey Tea Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Earl grey tea adalah teh hitam dengan paduan aroma bergamot yang segar. Aroma citrus teh ini bisa membantu merelaksasi pikiran. Beberapa merek yang bagus, seperti Dilmah, Twinings, dan lainnya, bahkan menawarkan keunikan teh earl grey-nya masing-masing untuk Anda.Pada artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi earl grey tea terbaik untuk Anda. Namun sebelumnya, kami akan memulai dengan membagikan tips memilih, serta menjelaskan manfaat earl grey tea. Tidak lupa, seorang tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, ikuti terus, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Teh Rooibos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Rooibos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh rooibos terkenal berkat khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, serta menambah nutrisi bagi ibu hamil. Karena itu, tidak heran jika sekarang makin banyak orang yang mengonsumsi teh rooibos. Di Indonesia sendiri telah banyak produsen yang menjual teh rooibos, seperti K-Link, Dilmah, Yogi, dan lainnya.Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih teh rooibos. Sepuluh produk teh rooibos terbaik pun telah kami ulas khusus untuk Anda. Plus, kami bakal memberikan tips dalam menikmati teh rooibos. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Agenda afternoon tea dijamin makin berkesan dengan adanya teh bunga beraneka warna. Siapa sangka bunga juga dapat diseduh dan dikonsumsi selayaknya teh biasa. Teh bunga yang bagus tidak hanya memiliki aroma harum dan tampilan yang memanjakan mata. Namun, teh ini juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk membantu Anda, kami bekerja sama dengan tea specialist, Bambang Laresolo untuk membahas tips memilih teh bunga terbaik. Beberapa merk yang terkenal di online shop, seperti Dilmah, Sonnentor, dan Javara juga masuk ke dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minuman teh dalam kemasan selalu menjadi produk top of mind saat Anda mencari pelepas dahaga. Ada banyak brand minuman teh dalam kemasan yang dijual di pasaran. Rasanya pun terbilang cukup beragam, mulai dari rasa original sampai milk tea yang creamy.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai minuman teh dalam kemasan. Simaklah tips dari kami tentang cara memilih minuman teh dalam kemasan. Kami juga akan memberikan rekomendasi minuman teh dalam kemasan terbaik, seperti Tehbotol Sosro, Teh Pucuk, Fruit Tea, dan banyak lainnya. Simak pembahasan kami dan temukan minuman teh yang menarik!
    Teh & kopi
  • 9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika mendengar kopi luwak, pasti Anda langsung terpikirkan bahwa kopi ini diambil dari sisa kotoran luwak, bukan? Siapa sangka kopi dengan proses pembuatannya yang unik tersebut menjadikannya salah satu kopi termahal di dunia. Sekian banyaknya produk kopi luwak di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan memberikan tips untuk Anda memilih kopi luwak yang bagus. Berbagai merk kopi luwak, seperti Arutala Coffee, WoCA, dan Kapal Api masuk dalam daftar produk terbaik rekomendasi kami. Jadi, simak terus dan temukan kopi luwak terbaik Anda!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Robusta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Robusta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun jenis kopi telah berkembang, sebagian pencinta kopi tetap setia dengan rasa khas kopi robusta. Seperti yang telah diketahui, perbedaan kopi robusta dan arabika terletak pada rasanya. Kopi robusta menyuguhkan rasa yang cenderung pahit, sedangkan kopi arabika lebih didominasi rasa asam.Di pasaran terdapat berbagai merk yang menyediakan kopi robusta, seperti Otten Coffee, Nescafe, dan Space Roastery. Pemilihan kopi tentu disesuaikan dengan selera Anda. Namun, poin-poin di bawah ini dapat menjadi pertimbangan jika Anda memerlukan tips memilih kopi terbaik versi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya di akhir artikel.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Kopi tersebut kaya rasa, memiliki fruity aftertaste, dan tingkat keasaman yang memanjakan lidah. Biji kopi Toraja pun menjadi rebutan penikmat kopi dari berbagai negara.Meskipun membahas kenikmatan kopi Toraja tidak akan ada habisnya, kami akan mengulasnya untuk Anda. Sejarah kopi Toraja, ciri khas atau karakteristiknya, hingga beberapa jenis terbaik, seperti Toraja Sapan atau Kalosi, ada di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan kopi Toraja asli dari merk terkenal seperti Excelso, Top Coffee, dan Tanamera. 
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Lampung Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebiasaan minum kopi menjadi sebuah tren tersendiri, khususnya di kalangan anak muda. Nah, bagi Anda para pencinta kopi, sudahkah Anda mencicipi cita rasa kopi Lampung? Varietas kopi yang dikembangkan di provinisi Lampung ini terkenal akan rasanya yang strong dan berkarakter.Kami akan mengulas dan memberikan tips memilih kopi Lampung beserta rekomendasi produknya. Merek kopi Lampung paling enak seperti Artcofie, Arutala Coffee, dan Seven Bika juga akan kami ulas di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh Dandang terkenal memiliki aroma wangi berkat adanya tambahan bunga melati di dalamnya. After taste teh Dandang pun tergolong manis karena menggunakan daun teh asli. Tak heran jika merek teh ini sangat diminati masyarakat. Ditambah lagi, variannya cukup lengkap. Ada teh tubruk, celup, hingga teh 2 in 1 alias teh plus gula.Nah, kali ini kami ingin membahas tips memilih teh Dandang yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk teh Dandang terbaik dan enak juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan Dandang Selection, Dandang Green Tea Celup, dan masih banyak lagi. Jadi, mari disimak!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Hojicha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Hojicha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hojicha merupakan jenis teh hijau Jepang yang dipanggang sehingga menghasilkan rasa smoky yang khas. Karena aroma dan rasanya yang unik, banyak makanan dan minuman menggunakan hojicha sebagai bahan utamanya. Di pasaran, Anda bisa menemukan hojicha dari merek-merek ternama, seperti Otten, Homelab, dan Matchamu.Selain merek-merek tersebut, ada banyak merek hojicha lainnya dengan cita rasa yang enak. Apa saja merek yang dimaksud? Silakan simak review lengkap tentang hojicha dalam artikel ini. Selain ada sepuluh merek hojicha ternama, kami juga akan membahas manfaat serta cara memilih hojicha terenak. Selamat membaca artikelnya.
    Teh & kopi
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh melati adalah minuman yang terkenal dengan aroma yang wangi serta rasa yang segar. Teh yang berasal dari Cina ini juga memiliki penggemarnya tersendiri di Indonesia. Sebut saja merek seperti SariWangi, Teh Dandang, hingga Dilmah yang memproduksi teh melati yang enak.Kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh melati terbaik yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, kami juga akan mengulas cara memilih teh melati dan memberi rekomendasi produk yang bagus. Tidak ketinggalan, tea specialist, Neysa Valeria juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori