mybest
Jaket

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Rekomendasi Life Jacket Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Life Jacket Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Life Jacket Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Life Jacket Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Life Jacket Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Life Jacket Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Life Jacket Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Life jacket adalah jaket pelampung yang termasuk dalam APD (alat pelindung diri) yang umum tersedia dalam pesawat dan kapal. Untuk di pesawat, life jacket yang digunakan biasanya berjenis inflatable life jacket atau jaket pelampung berbahan udara. Sementara itu, life jacket kapal lebih mengutamakan yang berbahan busa agar dapat digunakan sesegera mungkin saat darurat.


Harga life jacket di pasaran sangatlah bervariasi. Jika Anda berencana membelinya, ikutilah tips memilih life jacket yang bagus pada artikel ini. Merek life jacket terbaik, seperti Atunas dan Firecast, ada dalam produk rekomendasi kami. Yuk, disimak!

Diperbaharui 14/07/2023
Jansilmi Nur Al-Zia
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Jansilmi Nur Al-Zia

Jansilmi Nur Al-Zia merupakan lulusan Program Studi Matematika, Universitas Islam Bandung yang akrab dipanggil Zia. Selama kuliah, wanita pencinta olahraga basket dan badminton ini pernah magang menjadi admin di toko perlengkapan bayi dan busana muslim. Setelah lulus, ia terjun ke dunia jurnalistik dan menjadi jurnalis di salah satu televisi nasional sebagai asisten produser program hiburan dan gaya hidup. Meski aktivitasnya padat, sesekali ia juga meluangkan waktunya untuk bermain gitar yang menjadi hobinya semasa SMA. Kini, wanita yang telah memiliki satu anak ini banyak menghabiskan waktu menjadi penulis konten. Ia juga memperdalam pengetahuan soal tumbuh kembang anak demi kesehatan buah hatinya.

Profil Jansilmi Nur Al-Zia
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa fungsi life jacket?

Apa fungsi life jacket?

Fungsi life jacket adalah untuk menjaga tubuh tetap mengapung di air saat terjadi kondisi yang darurat. Alat ini mampu menjaga mulut dan hidung tetap di atas permukaan air. Umumnya, life jacket berbentuk seperti rompi dan dirancang dengan warna yang mencolok serta dilengkapi peluit. Jadi, jika terjadi kondisi yang berbahaya, penolong bisa melihat dan mendengar suara pemakainya.


Selain instrumen keselamatan dalam pesawat dan kapal, life jacket biasa digunakan sebagai alat keselamatan kerja. Bahkan, jaket ini sudah menjadi SOP (standard operating procedure) yang harus dipakai saat melakukan olahraga air yang ekstrem. Olahraga air ekstrem tersebut misalnya rafting dan river tubing.

Cara memilih life jacket

Ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli life jacket. Simak penjelasan kami selengkapnya di bawah ini!

1

Pertimbangkan bahan parasut, dolby, atau poliester untuk inherently buoyant life jacket

Pertimbangkan bahan parasut, dolby, atau poliester untuk inherently buoyant life jacket

Berdasarkan bahan yang digunakan, life jacket dibagi menjadi dua, yaitu inherently buoyant life jacket dan inflatable life jacket. Inherently buoyant life jacket menggunakan busa, sedangkan inflatable life jacket berbahan udara atau CO2. Life jacket berbahan busa paling mudah ditemui di pasaran.


Saat memilih life jacket berbahan busa, sebaiknya Anda mempertimbangkan lapisan luar dengan bahan parasut, dolby, atau neoprene. Berikut ini kelebihan bahan lapisan luar life jacket tersebut yang perlu Anda ketahui:


  • Parasut: Memiliki ketahanan air yang tinggi, tidak mudah kusut, serta harganya lebih terjangkau.
  • Dolby: Bahannya tebal, kuat, dan tahan lama. Jenis ini memiliki tekstur mengilap dan tidak mudah sobek.
  • Poliester: Tidak mudah kusut serta tahan terhadap kutu dan bakteri.
2

Utamakan bahan PVC, vinyl, atau nilon untuk inflatable life jacket

Utamakan bahan PVC, vinyl, atau nilon untuk inflatable life jacket

Inflatable life jacket atau life jacket berbahan udara merupakan perlengkapan yang biasa ada dalam pesawat terbang. Meski begitu, life jacket ini tetap bisa dipakai sebagai pelindung dalam kegiatan di atas air.


Bagi Anda yang ingin membeli inflatable life jacket, utamakan yang berbahan PVC, vinyl, atau nilon. Simak penjelasan singkat mengenai keunggulan bahan-bahan tersebut berikut ini:


  • PVC: Berdaya tahan tinggi serta tahan api, cuaca, dan UV. Bahan ini juga tidak dapat menghantarkan listrik serta mudah dibersihkan.
  • Vinyl: Lebih ekonomis, bahannya tebal, berserat, sangat awet, dan perawatannya mudah.
  • Nilon: Tahan lama dan tidak mudah robek. Selain itu, life jacket dari nilon cepat kering dan tahan panas.
3

Jika memungkinkan, pilih yang daya apungnya setidaknya 10-15 kilogram

Jika memungkinkan, pilih yang daya apungnya setidaknya 10-15 kilogram

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa daya apung (floating capacity) dari life jacket yang Anda pilih. Hal ini karena daya apung life jacket akan berkurang dalam waktu 1 x 24 jam dari daya apung awal saat mengapung di atas air. Tiap life jacket yang dijual memiliki daya apung yang berbeda-beda tergantung pada berat badan setiap orang.


Daya apung life jacket yang tertera biasanya merupakan daya apung maksimal dengan satuan kilogram atau juga memakai satuan Newton. Namun, ada juga yang menginformasikan daya apung minimal pada suatu produknya. 


Berdasarkan standardisasi USCG (United States Coast Guard), life jacket yang aman dipakai di segala jenis perairan yaitu life jacket tipe 1. Daya apung life jacket tipe 1 setidaknya mencapai 10 kg dan 15 kg untuk versi gas.


Namun, tidak semua produk menyisipkan informasi mengenai daya apung life jacket di e-commerce ataupun di website-nya. Untuk memastikannya, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu daya apung life jacket yang dipilih pada seller sebelum membeli produknya.

4

Cek ukuran yang pas dengan Anda: S, M, L, XL, atau jumbo

Cek ukuran yang pas dengan Anda: S, M, L, XL, atau jumbo

Karena life jacket berhubungan dengan nyawa seseorang, keamanan dari life jacket haruslah diperhatikan. Ukuran life jacket adalah salah satu faktor yang menentukan keamanan produknya. Jika terlalu longgar, tentu life jacket tidak akan melindungi Anda dengan maksimal.


Life jacket di pasaran tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari S, M, L, XL, hingga ukuran jumbo. Tiap ukuran ini biasanya sudah ditulis range bobot yang bisa dipakai. Misalnya, ukuran S untuk bobot 30–45 kilogram dan sebagainya.


Selain itu, banyak juga produk yang dijual dalam ukuran all size. Produk ini bisa Anda pilih karena sudah dilengkapi tali pengikat yang bisa disesuaikan dengan tubuh Anda. Apabila Anda membeli secara online, periksa detail ukuran life jacket yang tertera pada deskripsi produk. Jika tidak tertera, tanyakan langsung pada seller sebelum membeli.

5

Ketahui tipe-tipe life jacket: Offshore, near shore, flotation aid, hingga throwable device

Ketahui tipe-tipe life jacket: Offshore, near shore, flotation aid, hingga throwable device

Tipe life jacket sangat beragam. Pilihlah tipe life jacket yang sesuai dengan kegiatan Anda. Life jacket sendiri memiliki beberapa tipe yang perlu Anda ketahui agar tidak salah memilih. Berikut ini kami jelaskan secara detail tipe-tipe life jacket beserta kegiatan yang sesuai:


  • Offshore life jacket 
Bagian belakangnya didesain tinggi hingga menutupi kepala dan telinga. Tipe ini cocok untuk kegiatan arung jeram, memancing di laut, atau perairan berombak.

  • Near shore life jacket 
Tipe life jacket yang banyak ditemui di pasaran. Tipe ini didesain dengan warna cerah serta dilengkapi lampu dan peluit. Life jacket ini cocok untuk kegiatan di perairan tenang dan dalam. Kegiatan tersebut misalnya olahraga air di pantai, memancing di danau, wisata air, dan lain-lain.

  • Flotation aid life jacket
Modelnya lebih simpel dengan bentuk yang pas di badan agar pemakai dapat bergerak bebas. Tipe ini cocok untuk water sports, seperti rafting, jet ski, olahraga kayak, dan lainnya.

  • Throwable device
Berbentuk bulat seperti roda atau cincin. Tipe ini ditujukan untuk dilempar langsung kepada orang yang mengalami kesulitan seperti pingsan atau tidak bisa berenang.

  • Special use device
Jaket pelampung hybrid berdaya apung tinggi untuk keperluan kegiatan berstandar khusus, seperti rescue, atau pekerjaan penyelamatan lainnya.
6

Supaya lebih praktis, pilih life jacket tipe automatic

Supaya lebih praktis, pilih life jacket tipe automatic

Jaket pelampung berbahan udara atau inflatable life jacket terdiri dari dua jenis, yaitu manual dan otomatis. Untuk life jacket tipe manual, Anda harus meniup terlebih dahulu agar pelampung mengembang dan dapat digunakan. Anda tidak perlu melakukan hal tersebut jika memilih life jacket tipe automatic.


Sementara itu, untuk life jacket tipe otomatis, Anda perlu menarik tuas tali yang terhubung dengan tabung gas. Ketika Anda menarik tuas tersebut, life jacket akan otomatis mengembang. Tenang saja, jika Anda rasa kurang mengembang sempurna, life jacket ini memiliki peniup untuk Anda tiup secara manual. Pilih life jacket tipe otomatis ini jika Anda mengutamakan kepraktisan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi life jacket terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk life jacket terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Atunas

Life Jacket

Atunas Life Jacket 1

Rp44.000

Lebih Murah

Harganya sangat terjangkau, bisa beli untuk ramai-ramai, nih!

2

Firecast

Maximus Vest Mark-II

Firecast Maximus Vest Mark-II 1

Rp279.000

Menengah

Dilengkapi buckle yang kuat dan tidak mudah lepas

3

Nearmount Gear

Life Jaket Pelampung Saferous

Nearmount Gear  Life Jaket Pelampung Saferous 1

Rp215.000

Agak Murah

Dipakai di perairan arus deras ataupun tenang, bisa!

4

Intex

Swim Vest Yellow59661

Intex Swim Vest Yellow 1

Rp98.900

Agak Murah

Life jacket anak yang bisa dipakai dalam jangka panjang

5

Sea Horse Type Life Jacket

null Sea Horse Type Life Jacket 1

Rp468.000

Agak Mahal

Sudah berstandar internasional, dijamin aman!

6

OMOUBOI

Inflatable Snorkel Vest Jacket

OMOUBOI Inflatable Snorkel Vest Jacket 1

Rp375.000

Menengah

Life jacket yang tahan sobek meskipun terkena gesekan

7

Automatic Inflatable Life Jacket Iso 12402- 3

null Automatic Inflatable Life Jacket Iso 12402- 3 1

Rp847.000

Lebih Mahal

Satu life jacket dengan tiga fungsi sekaligus!

8

Lixada

Outdoor Breathable Fishing Life Vest Superior 209lb Buoyancy

Lixada Outdoor Breathable Fishing Life Vest Superior 209lb Buoyancy 1

Rp270.000

Menengah

Lebih praktis dengan banyak kantong untuk menyimpan bawaan Anda

9

Dalang Times

Inflatable Life Jacket Manual

Dalang Times Inflatable Life Jacket Manual 1

Rp825.000

Agak Mahal

Berdaya apung tinggi, hingga 200 kilogram

10

Zee-pro

Life Jacket Zeepro Dolby (Front Buckle)

Zee-pro Life Jacket Zeepro Dolby (Front Buckle) 1

Rp395.000

Menengah

Terdapat fungsi pelindung leher kepala untuk mengurangi risiko benturan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AtunasLife Jacket

Life Jacket 1
Sumber: shopee.co.id
Life Jacket 2
Sumber: shopee.co.id
Life Jacket 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp44.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp44.000
Lebih Murah

Harganya sangat terjangkau, bisa beli untuk ramai-ramai, nih!

Kelebihan:

  • Lapisan luar terbuat dari bahan parasut kualitas tinggi
  • Bagian dalam menggunakan busa yang tebal sehingga dapat mengapung dengan aman di air

Kekurangan:

  • Tali kurang kuat sehingga rentan lepas jika dipakai di aliran air yang deras

Apakah Anda berencana mencoba wahana arung jeram bersama teman-teman Anda? Kami sarankan membeli produk ini. Produk ini dijual dengan harga sangat terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa membeli dalam jumlah banyak tanpa menguras bujet. Selain itu, produk ini tersedia dalam bermacam-macam ukuran. Jadi, Anda bisa menyesuaikan ukurannya dengan berat badan teman-teman Anda.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

FirecastMaximus Vest Mark-II

Harga referensi
Rp279.000
Menengah

Dilengkapi buckle yang kuat dan tidak mudah lepas

Kelebihan:

  • Life jacket ini memiliki durabilitas yang tinggi
  • Daya apungnya tinggi dengan kapasitas maksimal 110 kg

Kekurangan:

  • Jahitan pada perekat pelampungnya kurang rapi sehingga berisiko rentan lepas


Life jacket dari Firecast ini menggunakan buckle berbahan plastik heavy duty dengan tali jahitan yang sangat kuat. Dengan pengikat ini, tali akan mengikat kuat hingga tidak akan membuat life jacket terlepas dari tubuh Anda.


Selain itu, bahan yang digunakan produk ini berkualitas premium serta memiliki daya tahan tinggi. Produk ini cocok dikenakan untuk olahraga air di laut lepas. Desainnya yang all black pun sangat keren dan cocok untuk Anda yang suka gaya maskulin.

No.3

Nearmount Gear Life Jaket Pelampung Saferous

Harga referensi
Rp215.000
Agak Murah

Dipakai di perairan arus deras ataupun tenang, bisa!

Kelebihan:

  • Daya apungnya sudah teruji di air tawar dan air asin
  • Bahan mudah dibersihkan dan cepat kering

Kekurangan:

  • Jahitan di beberapa bagian life jacket kurang rapi

Jangan hanya memancing di sungai arus tenang, sekali-kali cobalah memancing di laut lepas. Bawalah produk ini jika Anda akan mencoba memancing di laut lepas. Tidak perlu membeli dua jenis life jacket, produk ini bisa Anda gunakan untuk dua jenis lokasi perairan sekaligus. Produk ini sangat nyaman dan tidak kaku karena menggunakan busa yang elastis. Daya apungnya pun cukup tinggi, yakni 80 kilogram.

No.4

IntexSwim Vest Yellow59661

Harga referensi
Rp98.900
Agak Murah

Life jacket anak yang bisa dipakai dalam jangka panjang

Kelebihan:

  • Bahan kuat sehingga tidak mudah bocor
  • Warnanya cerah dengan gambar yang menarik sehingga anak pun senang memakainya

Kekurangan:

  • Proses memompanya masih cukup sulit

Anda mencari life jacket anak yang awet dan bisa dipakai dalam waktu lama? Kami sarankan untuk membeli produk yang satu ini. Jaket pelampung yang terjamin keamanannya ini memiliki strap yang bisa disesuaikan ukurannya dengan tubuh si kecil. Jadi, meskipun tubuh si kecil terus bertumbuh, life jacket ini dapat mengikuti perkembangannya hingga usia sekitar 6 tahun. Pengeluaran pun jadi lebih irit tanpa harus membeli life jacket baru tiap tahunnya ya, Bun!

No.5

Sea Horse Type Life Jacket

Harga referensi
Rp468.000
Agak Mahal

Sudah berstandar internasional, dijamin aman!

Kelebihan:

  • Produk sudah dilisensi oleh SOLAS sehingga keamanannya terjamin
  • Materialnya sangat kuat serta tahan api, panas, dan bahan kimia

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup kecil untuk dipakai orang dewasa

Kami merekomendasikan life jacket ini untuk Anda pekerja proyek atau kapal. Produk ini merupakan life jacket yang dilisensi oleh lembaga internasional SOLAS (Safety of Life at Sea). Life jacket ini menggunakan bahan PVC yang memang terkenal akan durabilitasnya yang tinggi. Selain itu, bahan ini juga tahan api, panas, serta bahan kimia. Oleh karena itu, keamanan Anda pasti terjamin ketika bekerja.

No.6

OMOUBOIInflatable Snorkel Vest Jacket

Harga referensi
Rp375.000
Menengah

Life jacket yang tahan sobek meskipun terkena gesekan

Kelebihan:

  • Dilengkapi pipa untuk meniup life jacket dan pelampung tidak sulit mengembang
  • Bahan life jacket kuat dan breathable
  • Bisa dicuci dan perawatannya mudah

Kekurangan:

  • Produk belum otomatis mengembang saat terkena tekanan air

Jika Anda mencari life jacket terbaik untuk mengisi waktu liburan dengan olahraga ekstrem di atas air, pertimbangkan produk ini. Life jacket ini diklaim memiliki lapisan luar yang kuat dan tahan sobek saat terkena gesekan. Hal tersebut karena jaket pelampung ini dibuat dengan dua layer material poliester dan PVC sehingga ketahanannya terjamin.


Selain itu, desainnya yang ramping dan mudah mengapung membuat Anda leluasa bergerak di dalam air. Hasilnya, baik dipakai snorkeling, boating, drifting, ataupun surfing, life jacket ini akan terasa nyaman dipakai.

No.7

Automatic Inflatable Life Jacket Iso 12402- 3

Harga referensi
Rp847.000
Lebih Mahal

Satu life jacket dengan tiga fungsi sekaligus!

Kelebihan:

  • Life jacket akan mengembang otomatis di dalam tekanan air
  • Produk bisa dilipat sehinga mudah dibawa
  • Produk telah dilengkapi tabung CO2 dan peluit

Kekurangan:

  • Strap kurang tebal sehingga rentan sobek jika terjatuh di perairan berbatu

Produk ini merupakan jenis inflatable life jacket yang didesain dengan tiga fungsi. Life jacket ini bisa mengembang secara otomatis saat terkena tekanan air. Selain itu, produk ini bisa Anda tiup dan tarik secara manual. Anda juga bisa melipat produk ini jadi berbentuk compact sehingga memudahkan Anda ketika membawanya bepergian. Produk ini cocok dibawa berwisata ke pantai, danau, ataupun sungai.

No.8

LixadaOutdoor Breathable Fishing Life Vest Superior 209lb Buoyancy

Harga referensi
Rp270.000
Menengah

Lebih praktis dengan banyak kantong untuk menyimpan bawaan Anda

Kelebihan:

  • Selain sebagai pelampung, rompi ini juga mampu melindungi badan dari terpaan angin saat memancing di perairan
  • Terdapat 11 kantong untuk menyimpan berbagai barang yang diperlukan saat memancing
  • Daya apung cukup tinggi yaitu 95 kg

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran

Salah satu hal yang menjadi daya tarik produk ini adalah banyaknya slot kantong yang tersedia. Produk ini memang didesain khusus untuk Anda pemancing mania. Kantong-kantong ini dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan peralatan memancing. Jadi, Anda tidak perlu membuka tas untuk mencari barang yang diperlukan. Kantong-kantong ini juga dilengkapi dengan ritsleting sehingga barang Anda akan aman di dalamnya.

No.9

Dalang TimesInflatable Life Jacket Manual

Harga referensi
Rp825.000
Agak Mahal

Berdaya apung tinggi, hingga 200 kilogram

Kelebihan:

  • Desain life jacket sudah sesuai dengan stadar SOLAS (Safety Of Life At Sea)
  • Ringan dan materialnya breathable


Kekurangan:

  • Life jacket masih manual sehingga harus dipompa agar dapat mengembang

Anda yang bertubuh kurus ataupun gemuk bisa menggunakan produk ini. Hal itu berkat kapasitas maksimal produk ini yang sangat tinggi, bahkan bisa memuat hingga 200 kilogram. Meski begitu, produk ini nyaman digunakan karena sangat ringan dan tidak menekan di badan. Tabung gas produk ini pun hanya berbobot 33 gram, lho! Karena bertipe manual, tiup dahulu life jacket ini sebelum digunakan.

No.10

Zee-proLife Jacket Zeepro Dolby (Front Buckle)

Harga referensi
Rp395.000
Menengah

Terdapat fungsi pelindung leher kepala untuk mengurangi risiko benturan

Kelebihan:

  • Dilengkapi peluit untuk memanggil teman atau rombongan saat darurat
  • Terdapat tali selangkangan agar pelampung tidak naik dan lepas dari pemakai
  • Tersedia ukuran XXL untuk Anda yang memiliki ukuran badan besar

Kekurangan:

  • Daya apungnya tidak terlalu tinggi (maksimal 85 kg) meski dibekali fitur keamanan yang mumpuni


Life jacket ini sangat cocok untuk dipakai di sungai berbatu atau pantai dengan banyak karang. Produk ini dilengkapi sandaran belakang kepala dan leher agar terlindung dari benturan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Fitur pelindung tersebut juga memberikan efek membalikkan badan agar pengguna tetap menghadap ke atas dan terapung. Ditambah materialnya yang tebal dan lembut, produk ini benar-benar memberikan keamanan dan kenyamanan yang maksimal.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan outdoor lainnya di sini

Apakah Anda memiliki hobi hiking, camping, memancing, atau kegiatan outdoor lainnya? Jika iya, pastikan Anda sudah melengkapi peralatan yang wajib dibawa saat kegiatan tersebut. Perlengkapan yang diperlukan di antaranya tenda, tas hiking, dan jas hujan. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan rekomendasi life jacket terbaik untuk Anda. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai dengan keperluan? Melalui ulasan ini, Anda dapat memilih produk yang tepat berdasarkan bahan, daya apung, ukuran, dan sebagainya.


Setelah menemukan produk yang tepat, Anda akan lebih aman saat menikmati kegiatan di perairan. Anda dapat memancing, bermain jet ski, dan rafting dengan aman berkat adanya life jacket ini. Selamat menikmati kegiatan Anda! 

5 Rekomendasi Life Jacket terbaik

No. 1: AtunasLife Jacket

No. 2: FirecastMaximus Vest Mark-II

No. 3: Nearmount Gear Life Jaket Pelampung Saferous

No. 4: IntexSwim Vest Yellow59661

No. 5: Sea Horse Type Life Jacket

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Rekomendasi Life Jacket Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.