• 10 Rekomendasi Road Bike Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Road Bike Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Road Bike Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Road Bike Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Road Bike Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Road Bike Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu jenis sepeda yang digemari karena mampu memacu tenaga ekstra untuk berolahraga. Namun, tahukah Anda bahwa harga road bike di pasaran termasuk mahal? Harganya mulai dari puluhan hingga ratusan juta. Karena alasan harga inilah, banyak pemula dengan budget terbatas mencari road bike dengan harga lebih terjangkau.


Kami akan membantu Anda menemukan road bike murah yang bagus. Kami juga akan membagikan tips memilih road bike murah beserta rekomendasi produk terbaiknya. Road bike seperti merek Pasific dan Polygon ada dalam ulasan kami. Yuk, langsung disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 10 Desember 2021
Daftar isi

Apa itu road bike?

Apa itu road bike?

Road bike adalah sepeda yang diperuntukkan untuk balap sepeda. Namun, seiring berjalannya waktu banyak orang yang menggunakan sepeda ini untuk berolahraga khususnya di kota-kota besar. Road bike memang dirancang untuk dikendarai di jalanan beraspal yang halus. Sepeda ini mampu melaju dalam kecepatan di atas rata-rata melebihi sepeda pada umumnya. 


Road bike dapat dikendarai dalam kecepatan rata-rata sekitar 60 km/jam oleh seorang atlet. Salah satu ciri yang menonjol dari road bike adalah model setangnya. Setang road bike didesain menurun ke bawah atau drop down. Ciri lain dari road bike yaitu ukuran rodanya yang kecil, tipis, dan juga halus. 


Lalu, apakah road bike dengan harga murah memiliki fitur atau komponen yang mumpuni? Nah, jika budget Anda terbatas, simak terus artikel ini sampai habis agar menemukan sepeda yang tepat.

Cara memilih road bike murah

Secara umum, terdapat lima poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih road bike dengan harga murah. Poin-poinnya yaitu pilih berdasarkan jenisnya, rentang harga, bahan frame, ukuran, serta bobotnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan selengkapnya dari kami.

Sesuaikan jenis road bike dengan kebutuhan

Sesuaikan jenis road bike dengan kebutuhan

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua road bike bisa dipakai di jalan raya. Anda perlu menyesuaikan jenis road bike dengan kebutuhan atau kebiasaan bersepeda Anda. Jika Anda belum tahu, berikut ini tiga jenis road bike beserta kelebihan dan cirinya.


  • Jenis triathlon/competitive road: diperuntukkan untuk balap sepeda. Rangkanya berbentuk pipih dan aerodinamis. Road bike jenis ini berbobot ringan sehingga mampu melaju dengan kecepatan maksimal.

  • Jenis endurance road: didesain mengutamakan ketahanan dan kenyamanan. Posisi bersepeda dibuat lebih tegak. Jenis ini diperuntukkan untuk berkendara dalam jarak tempuh yang jauh.

  • Jenis universal/all rounder bike: model setang flat handle yang dapat digunakan untuk berbagai kondisi. Kondisi tersebut misalnya bersepeda santai, berpetualang, atau sebagai alat transportasi

Setelah mengetahui jenis dan ciri-ciri road bike di atas, tentunya sekarang Anda tahu yang paling pas untuk Anda, bukan? Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan yang akan Anda lalui dengan road bike tersebut.

Pilih road bike berdasarkan rentang harganya

Road bike murah di pasaran dijual dalam bermacam-macam harga. Pilihlah road bike berdasarkan rentang harga yang sesuai dengan budget Anda. Berikut ini rentang harga road bike murah yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Harga di atas 1 jutaan, cocok untuk pemula

Harga di atas 1 jutaan, cocok untuk pemula

Untuk Anda pemula atau baru mencoba mengendarai road bike, sebaiknya jangan memilih produk yang terlalu mahal. Pilihlah road bike yang dijual dengan harga di atas satu jutaan. Komponen-komponen yang digunakan sepeda harga kisaran ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemula.


Road bike ini bisa murah karena bahan yang digunakan adalah steel atau aluminium dengan grade tidak terlalu tinggi. Selain itu, road bike ini biasanya juga tidak menggunakan aksesori tambahan serta groupset yang terjangkau. Namun, Anda harus berhati-hati karena road bike kisaran harga ini biasanya cukup berat. Jadi, cek fitur-fitur yang ditawarkan serta bobotnya, ya!

Harga 3–5 jutaan, sepeda tipe standar

Harga 3–5 jutaan, sepeda tipe standar

Road bike dengan kisaran harga tiga hingga lima jutaan merupakan sepeda tipe standar. Sepeda dengan kisaran harga ini memiliki kualitas yang lebih mumpuni dari harga di bawahnya. Frame pada road bike harga tiga sampai lima jutaan ini juga menggunakan bahan aluminium yang berbobot ringan. Road bike ini cocok dipakai untuk berkendara di jalanan yang datar serta tidak terlalu menanjak. 


Kebanyakan road bike harga ini sudah menggunakan ban 700C (diameter 700 mm). Selain itu, road bike kisaran harga ini juga sudah memakai sistem pengereman tipe disc brake dan rim brake. Anda bisa menyesuaikan jenis rem ini dengan jalanan yang sering Anda lalui. Tipe rem disc brake cocok untuk digunakan di jalan menanjak atau pegunungan. Sementara itu, tipe rim brake cocok untuk di jalanan yang relatif datar.

Harga di bawah 10 juta, dilengkapi fitur tambahan yang lebih memadai

 Harga di bawah 10 juta, dilengkapi fitur tambahan yang lebih memadai

Kami merekomendasikan road bike di bawah sepuluh jutaan untuk Anda yang berencana mengikuti perlombaan balap sepeda. Road bike harga ini memiliki spesifikasi yang mumpuni serta performa yang bisa diandalkan. Tidak hanya frame, tetapi kebanyakan handling sepeda harga ini memiliki bobot yang ringan.


Hal ini tentu memengaruhi manuver Anda ketika mengikuti perlombaan. Selain itu, sepeda harga di bawah sepuluh jutaan ini dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang menarik. Salah satunya adalah fitur shifter yang berguna untuk memindah gigi saat melewati jalanan menanjak. Pengaturan shifter road bike harga ini pun beragam, mulai 6 hingga 10 speed.

Perhatikan bahan frame sepeda

Perhatikan bahan frame sepeda

Tahukah Anda bahwa bahan frame yang digunakan sepeda memengaruhi nilai jual serta kualitas sepeda tersebut? Bahan frame yang umum digunakan pada road bike di antaranya aluminium, chromoly (steel), dan karbon. Namun, karbon merupakan bahan yang jarang ditemui pada road bike harga murah. Jika Anda belum mengetahui kelebihan tiap bahan tersebut, kami akan menjelaskannya di bawah ini.


  • Aluminium: ringan dan antikarat. Perawatan sepeda lebih mudah. Frame aluminium memiliki grade yang beragam. Sayangnya, frame aluminium mudah penyok dan tergores.

  • Chromoly (steel): lebih nyaman dikendarai serta dapat diperbaiki dengan mudah. Bahan ini juga tahan terhadap karat serta bentuk lebih bervariasi. 

  • Hi-ten steel: kuat dan harganya murah. 

Dari penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat membedakan frame mana yang memiliki kualitas terbaik. Jadi, pastikan Anda memilih bahan frame yang paling cocok dengan preferensi Anda.

Pastikan ukuran road bike sesuai dengan tinggi badan Anda

 Pastikan ukuran road bike sesuai dengan tinggi badan Anda

Sepeda yang pas dengan tinggi badan tentu lebih nyaman digunakan. Karena itu, perhatikan juga ukuran road bike agar sesuai dengan tinggi badan Anda. Road bike di pasaran tersedia dalam ukuran XS hingga XXL. Rentang ukuran ini mengacu pada ukuran frame sepeda. Anda bisa gunakan panduan di bawah ini saat menentukan ukuran road bike yang pas untuk Anda.


  • Tinggi badan 150–160 cm, pilih road bike ukuran XS

  • Tinggi badan 160–170 cm, pilih road bike ukuran S

  • Tinggi badan 165–175 cm, pilih road bike ukuran M

  • Tinggi badan 170–180 cm, pilih road bike ukuran L

  • Tinggi badan 175–185 cm, pilih road bike ukuran XL

  • Tinggi badan 180–190 cm, pilih road bike ukuran XXL

Sekarang Anda menjadi lebih mudah dalam memilih ukuran sepeda yang ideal untuk tubuh Anda, bukan?

Usahakan memilih road bike yang berbobot ringan

Usahakan memilih road bike yang berbobot ringan

Bobot sebuah road bike dipengaruhi oleh bahan frame sepeda serta ukuran rodanya. Ketersediaan fitur-fitur tambahan juga memengaruhi bobot sepeda. Bobot road bike yang tergolong ringan adalah kurang dari 10 kg. Oleh karena itu, selalu baca keterangan mengenai bobot sepeda sebelum membelinya, ya! Biasanya road bike dengan bobot sangat ringan dijual dengan harga yang mahal. 

10 Rekomendasi road bike murah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh road bike murah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

DecathlonTriban Abyss RC100 Aluminum Road Bike

Mulai dari Rp 4.220.000,00

JenisTidak ada keterangan
Bahan frameAluminium
Ukuran yang tersediaXS, S, M,L, XL
Bobot11,29 kg untuk ukuran M
9
JenisEndurance
Bahan frameAluminium
Ukuran yang tersediaXS, S
Bobot11,8 kg
8
JenisAll rounder
Bahan frameAluminium
Ukuran yang tersediaXS–L
Bobot10,70 kg
7
JenisAll rounder
Bahan frameCarbon, aluminium
Ukuran yang tersediaS, M
Bobot10,4 kg
6
JenisAll around bike
Bahan frameHigh-ten steel
Ukuran yang tersediaXS, M
BobotTidak ada keterangan
5

Element Roadbike Curved 20 Speed

Mulai dari Rp 7.950.000,00

JenisTidak ada keterangan
Bahan frameAluminium
Ukuran yang tersediaXS, S
Bobot9,5 kg
4

ExcoticRoad Bike ET-2708 SL 2.0

Mulai dari Rp 3.700.000,00

JenisTidak ada keterangan
Bahan frameAluminium
Ukuran yang tersediaTidak ada keterangan
Bobot14 kg
3
JenisAll rounder
Bahan frameAluminium
Ukuran yang tersediaM, L
Bobot10,97 kilogram
2

Lintas Bangun NusantaraODESSY RACING 1010 S

Mulai dari Rp 2.200.000,00

JenisTidak ada keterangan
Bahan frameHi-ten steel
Ukuran yang tersediaM
BobotTidak ada keterangan
1

ElementPolice Roadbike Toronto 16 Speed 2020

Mulai dari Rp 2.625.000,00

JenisTidak ada keterangan
Bahan frameHi-ten steel
Ukuran yang tersediaTidak ada keterangan
Bobot14,9 kilogram

Tabel perbandingan produk road bike murah terbaik

Gambar produk
1
Element Police Roadbike Toronto 16 Speed 2020 1

Element

2
Lintas Bangun Nusantara ODESSY RACING 1010 S 1

Lintas Bangun Nusantara

3
Genio AERIO R1 1

Genio

4
Excotic Road Bike ET-2708 SL 2.0 1

Excotic

5
Element  Roadbike Curved 20 Speed 1

Element

6
London Taxi Roadbike 700 ST 1

London Taxi

7
Polygon Bikes STRATTOS S3 1

Polygon Bikes

8
United Bike VITESSA 1.00 1

United Bike

9
Pacific Bike SPRINTER 5.0 1

Pacific Bike

10
 Decathlon Triban Abyss RC100 Aluminum Road Bike 1

Decathlon

Nama produk

Police Roadbike Toronto 16 Speed 2020

ODESSY RACING 1010 S

AERIO R1

Road Bike ET-2708 SL 2.0

Roadbike Curved 20 Speed

Roadbike 700 ST

STRATTOS S3

VITESSA 1.00

SPRINTER 5.0

Triban Abyss RC100 Aluminum Road Bike

Keunggulan

Menggunakan groupset Sensah yang tidak kalah kualitasnya

Sepeda murah yang kualitasnya enggak murahan

Jadikan teman eksplorasi kota di akhir pekan Anda

Tampak frame-nya mirip seperti frame carbon asli, lho!

Pacu adrenalin Anda untuk melewati batas kecepatan hingga 20 speed!

Tampil percaya diri di jalan dengan sepeda berdesain vintage

Dilengkapi internal cable routing untuk sepeda tampak rapi dan menawan

Sepeda kualitas premium dengan harga terjangkau

Road bike jenis endurance untuk jadi teman berpetualang Anda

Dengan rantai tunggal yang praktis dan mudah diatur

Harga mulai dariRp 2.625.000,00Rp 2.200.000,00Rp 5.250.000,00Rp 3.700.000,00Rp 7.950.000,00Rp 4.580.000,00Rp 8.000.000,00Rp 7.900.000,00Rp 6.950.000,00Rp 4.220.000,00
JenisTidak ada keteranganTidak ada keteranganAll rounderTidak ada keteranganTidak ada keteranganAll around bikeAll rounderAll rounderEnduranceTidak ada keterangan
Bahan frameHi-ten steelHi-ten steelAluminiumAluminiumAluminiumHigh-ten steelCarbon, aluminiumAluminiumAluminiumAluminium
Ukuran yang tersediaTidak ada keteranganMM, LTidak ada keteranganXS, SXS, MS, MXS–LXS, SXS, S, M,L, XL
Bobot14,9 kilogramTidak ada keterangan10,97 kilogram14 kg9,5 kgTidak ada keterangan10,4 kg10,70 kg11,8 kg11,29 kg untuk ukuran M
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar road bike murah

Pertanyaan umum seputar road bike murah

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar road bike murah. Simak di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Mengapa road bike mahal?

Harga road bike bisa sangat mahal karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa di antaranya adalah bahan frame yang digunakan memiliki grade yang tinggi serta dilengkapi aksesori tambahan yang tidak murah. Selain itu, groupset dari road bike yang terdiri dari sprocketcrankset, shifter, dan lainnya pada sepeda ini tergolong mahal. 

Berapa berat sepeda road bike?

Berat sepeda road bike dipengaruhi oleh bahan frame dan komponen lainnya. Road bike dengan frame yang terbuat dari carbon umumnya memiliki berat di bawah 10 kg. Sementara itu, frame berbahan aluminium berbobot mulai dari 10 kg hingga 14 kg. Makin ringan bobot sepeda, makin mahal pula harganya.

Baca juga rekomendasi produk sepeda lainnya di sini

Selain road bike, masih banyak lagi artikel mengenai jenis sepeda lainnya yang dapat Anda jadikan referensi. Untuk itu, kami telah memilih beberapa artikel sepeda terbaik, seperti sepeda lipat, sepeda gunung, dan sepeda road bike untuk pemula. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Sudahkah Anda menentukan pilihan? Cukup banyak road bike murah yang bagus dengan spesifikasi yang tidak kalah kualitasnya dengan yang mahal. Jadi, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan, budget, dan selera Anda.


Bersepeda bukan hanya mengikuti tren saja, melainkan juga untuk menjadikan hidup lebih sehat. Anda dapat menggunakan road bike untuk ke kantor, berpetualang menyusuri daerah kota di akhir pekan, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merk-merk ternama, seperti Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda roda tiga merupakan mainan yang mendukung perkembangan anak-anak usia balita. Merek-merek seperti IIMO, Jefferys, dan Fisher Price sudah terkenal dalam produk sepeda roda tiga. Namun, mungkin Anda masih bingung dalam memilih produk terbaik untuk anak Anda.Dari sekian banyak pertimbangan yang dilakukan saat memilih produk, ada beberapa yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah keamanan dan kenyamanan. Di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara memilih sepeda roda tiga terbaik dan juga produk rekomendasinya. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Buzz Rack Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buzz Rack Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bike carrier atau gantungan sepeda wajib dimiliki ketika Anda ingin membawa sepeda kesayangan menggunakan mobil ke tempat tertentu. Adanya bike carrier akan memudahkan Anda membawa sepeda misalnya ke gunung, perbukitan, atau lokasi lainnya yang hendak Anda jelajahi.Bike carrier untuk di mobil tersedia dalam berbagai bentuk dan model. Untuk memudahkan Anda memilih, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi bike carrier terbaik untuk di mobil. Anda bisa memilih bike carrier berkualitas tinggi keluaran Thule, Saris, Rockbros, dan sebagainya dalam artikel ini.
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori