• 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Bagi pencinta ikan hias, pasti sudah tidak asing dengan koi. Ikan hias satu ini banyak digemari karena keindahan corak pada tubuhnya. Koi biasanya dipelihara di kolam taman untuk menambah estetika pekarangan. Ikan ini cepat tumbuh besar dan memiliki corak warna menarik jika dipelihara dengan benar.


Salah satu cara merawat yang benar adalah dengan memberi pakan koi berkualitas. Ada berbagai merek pakan ikan koi terbaik, seperti Hiro, Hokky, dan Hiroyuki. Kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan pakan koi yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Doel
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 02 Desember 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pakan koi

Untuk mendapatkan pakan koi terbaik, Anda harus mengetahui cara memilih pakan koi yang tepat. Poin-poin cara memilih pakan koi terbaik akan kami ulas dalam pembahasan di bawah ini.

Tentukan berdasarkan jenis pakannya

Secara umum pakan koi bisa dibagi ke dalam dua jenis, yakni alami dan buatan. Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui perbedaannya.

Alami: Harus dijaga agar tetap segar

Alami: Harus dijaga agar tetap segar

Koi merupakan hewan omnivora alias pemakan segala. Ikan ini bisa bertahan hidup dengan memakan tumbuhan dan hewan kecil, misalnya kutu air, cacing, ulat, dan udang. Koi biasanya memakan alga atau ganggang. Makanan tersebut termasuk dalam kategori pakan koi alami yang tersedia bebas di alam. Jenis pakan ini kaya akan nutrisi, terutama berprotein tinggi yang bagus untuk pertumbuhan.


Sayangnya jenis pakan ini harus dijaga agar tetap segar. Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang higienis agar pakan tidak terkontaminasi bakteri atau parasit lainnya. Untuk penyimpanan pakan kering alami sebaiknya gunakan tempat yang kedap udara untuk mencegah tumbuhnya jamur.


Namun, kini sudah banyak seller yang menjual pakan alami dalam bentuk kering sehingga lebih awet. Anda bisa menemukan pakan alami untuk koi kesayangan Anda, seperti cacing kering ataupun larva kering.

Buatan: Bisa disimpan untuk jangka waktu lebih lama

Buatan: Bisa disimpan untuk jangka waktu lebih lama

Selain pakan koi alami, terdapat pula pakan buatan yang juga digemari ikan koi. Dibandingkan pakan alami, pakan buatan lebih mudah Anda temukan di marketplace. Pakan koi jenis ini biasanya berbentuk kering dan umumnya lebih dikenal dengan sebutan pelet. Jenis pakan ini dibuat di pabrik melalui proses pembuatan yang steril. 


Pelet biasanya diproses dengan mencampurkan berbagai bahan dengan mempertimbangkan kandungan nutrisinya. Berbeda dengan pakan alami, umur simpan pakan buatan jauh lebih lama jika proses penyimpanan dilakukan dengan benar. Anda hanya perlu menutup kemasannya dengan rapat dan meletakkannya di tempat yang kering. Sebaiknya, jangan simpan di tempat yang lembap untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Jika memberi pelet, sesuaikan kandungannya dengan kebutuhan koi

Pelet biasanya mengandung berbagai nutrisi. Jika ingin memberikan pakan berupa pelet, pastikan kandungannya sesuai dengan kebutuhan koi. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Protein tinggi, merangsang pertumbuhan koi

Protein tinggi, merangsang pertumbuhan koi

Protein merupakan kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan koi untuk merangsang pertumbuhan. Apabila kebutuhan protein tidak tercukupi dengan baik, pertumbuhan koi akan terhambat.


Koi anakan membutuhkan kandungan protein yang lebih tinggi ketimbang koi dewasa, yakni sebesar 42%. Sementara itu, koi dewasa membutuhkan kandungan protein sebesar 30-38%. Pastikan Anda memberikan pelet dengan kandungan protein yang sesuai, ya!

Probiotik, meningkatkan daya tahan koi dari serangan penyakit

Probiotik, meningkatkan daya tahan koi dari serangan penyakit

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menekan pertumbuhan bakteri jahat di dalam sistem pencernaan. Dengan kata lain, probiotik berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit. Probiotik juga membantu melancarkan proses pencernaan pada ikan koi.


Pemberian probiotik untuk koi biasanya dicampurkan dengan pakan atau air kolam. Namun, kini Anda bisa menemukan pelet dengan kandungan probiotik. Takarannya pun sudah disesuaikan sehingga Anda tak perlu membeli produk probiotik lain.

Spirulina, mempertegas warna dan membuat sisik lebih berkilau

Spirulina, mempertegas warna dan membuat sisik lebih berkilau

Jika Anda perhatikan, sudah banyak produk pakan koi untuk warna karena mengandung spirulina. Spirulina merupakan tanaman ganggang berwarna hijau kebiruan yang hidup di perairan.


Memberikan pelet yang mengandung spirulina dapat membantu mencerahkan warna dan membuat sisik koi lebih cantik berkilau. Selain berbagai zat penting, spirulina mengandung zat pewarna natural yang membuat warna koi kian menarik.

Pilih pakan yang sesuai dengan umur koi

Anda juga harus menyesuaikan pemberian pakan dengan umur koi. Untuk lebih jelasnya, simaklah pembahasan berikut.

Anakan koi: Pakan alami lebih disarankan untuk mempercepat pertumbuhan

Anakan koi: Pakan alami lebih disarankan untuk mempercepat pertumbuhan

Pakan alami disarankan untuk anakan koi atau burayak. Kandungan proteinnya tinggi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan. Seperti dijelaskan sebelumnya, kebutuhan protein anakan koi lebih tinggi dibandingkan koi dewasa.


Anakan koi yang baru menetas biasanya diberi makan larva. Organisme kecil juga bisa diberikan hingga anakan koi berukuran 1,5 cm, seperti kutu air dan alga. Jika kesulitan mendapatkan pakan alami, Anda bisa memberi pelet dengan kandungan protein yang sesuai. Biasanya pelet khusus anakan koi memiliki kandungan protein tinggi dengan ukuran butiran yang lebih kecil dari pelet biasa.

Koi muda dan dewasa: Pemberian pelet dapat merawat kesehatan serta keindahan

Koi muda dan dewasa: Pemberian pelet dapat merawat kesehatan serta keindahan

Fungsi pemberian pelet pada koi dewasa adalah untuk merawat kesehatan dan keindahan. Hal ini berbeda dengan pemberian pakan pada anakan koi yang lebih berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan. Jika anakan koi butuh pakan dengan kandungan protein tinggi, koi dewasa membutuhkan pakan dengan beragam kandungan nutrisi.


Anda dapat memberi pelet yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan koi. Untuk menjaga daya tahan koi agar tidak mudah sakit, Anda bisa memberinya pelet dengan kandungan probiotik. Sementara itu, Anda dapat memberi pelet dengan kandungan spirulina jika menginginkan corak warna koi makin menarik.

10 Rekomendasi pakan koi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pakan koi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 2 Desember 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa CPPETINDO Sakura Fish Food memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Matahari Sakti Asahi Ornamental Fish Food yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.

Gambar produk
1
CPPETINDO Sakura Fish Food 1

CPPETINDO

2
Matahari Sakti Asahi Ornamental Fish Food 1

Matahari Sakti

3
Kyoto Tubifex Worm 1

Kyoto

4
CPPETINDO CP Koi Super Growth Fish Food 1

CPPETINDO

5
CPPETINDO SAN KOI Spirulina Fish Food 1

CPPETINDO

6
Japfa Hokky Fishfood Growth Formula 1

Japfa

7
El Barca Maggot BSF Grade A++ Red-Yellow Booster 1

El Barca

8
Mentari Nusantara Harmoni Koi 1

Mentari Nusantara

9
Hiroyuki Koi Growth & Color 1

Hiroyuki

10
CPPETINDO Hiro High Growth Koi Fish Food 1

CPPETINDO

Nama produk

Sakura Fish Food

Asahi Ornamental Fish Food

Tubifex Worm

CP Koi Super Growth Fish Food

SAN KOI Spirulina Fish Food

Hokky Fishfood Growth Formula

Maggot BSF Grade A++ Red-Yellow Booster

Harmoni Koi

Koi Growth & Color

Hiro High Growth Koi Fish Food

Keunggulan

Formulasi khusus untuk menjaga kesehatan dan corak warna yang indah

Pelet untuk kelincahan dan daya tahan ikan koi kesayangan

Cacing kering yang cocok untuk pakan alami pertama

Makanan penuh nutrisi dengan harga terjangkau

Kandungan spirulina untuk warna lebih tegas dan sisik yang berkilau

Mempercepat pertumbuhan ikan koi dan dilengkapi probiotik untuk kekebalan

Optimalkan pigmentasi warna koi dengan maggot BSF

Tersedia dalam beragam ukuran pelet untuk koi kesayangan Anda

Berat 5 kg cocok untuk pemelihara koi dalam jumlah yang banyak

Pakan koi yang tidak membuat air keruh dan mudah dicerna

Harga mulai dariRp 3.800,00Rp 2.550,00Rp 4.500,00Rp 44.200,00Rp 75.000,00Rp 51.000,00Rp 25.000,00Rp 22.500,00Rp 189.500,00Rp 90.000,00
Jenis pakanBuatan/peletBuatan/peletAlamiBuatan/peletBuatan/peletBuatan/peletAlamiBuatan/peletBuatan/peletBuatan/pelet
KandunganProtein 30%, lemak 3%, serat 4%, abu 12%, air 12%, vitamin, mineral, antioksidanProtein 30%, lemak 4%, serat 3%, abu 11%, air 12%, vitamin A, vitamin C, spirulina, kalsiumProtein 58%, lemak 8%, serat 2%, moisture 5%Protein 35%, lemak 3, lemak 5%, abu 13%, air 12%, spirulina, vitamin, mineralProtein 37%, lemak 4%, serat 3%, air 11%, abu 12%, spirulina, vitamin, mineralProtein 45%, lemak 4%, serat 1,5%, abu 12%, air 10%, probiotik, spirulinaProtein tinggi mencapai 45%, provitaminProtein 38%, lemak 5%, serat 3%, abu 12%, air 11%Protein 43%, lemak 5%, serat 3%, abu 12%, air 11%Protein 42%, lemak 6%, serat 3%, abu 10%, air 12%, kalsium, 1,3%, spirulina
Peruntukan koiTidak disebutkanTidak disebutkanBurayak atau anakan koiKoi ukuran 5 cm ke atasKoi ukuran 5 cm ke atasAnakan koi, koi mudaSemua ukuranKoi anakan hingga koi dewasa ukuran 40 cmKoi muda-dewasa ukuran 10 cm ke atasKoi ukuran 5 cm ke atas
Berat100 gram100 gram5 gram1 kg1 kg1 kg60 gram1 kg5 kg1 kg
Ukuran pelet1 mm1 mmxS (2 mm), M (5 mm)S (2 mm), M (5 mm)S (2 mm), M (4 mm), L (5 mm)x1 mm, 2 mm, 5 mm, 8 mmS (2 mm), M (4 mm), L (8 mm)S (2 mm), M (5 mm)
Tautan produk
10

CPPETINDOHiro High Growth Koi Fish Food

Mulai dari Rp 90.000,00

Jenis pakanBuatan/pelet
KandunganProtein 42%, lemak 6%, serat 3%, abu 10%, air 12%, kalsium, 1,3%, spirulina
Peruntukan koiKoi ukuran 5 cm ke atas
Berat1 kg
Ukuran peletS (2 mm), M (5 mm)
9
Jenis pakanBuatan/pelet
KandunganProtein 43%, lemak 5%, serat 3%, abu 12%, air 11%
Peruntukan koiKoi muda-dewasa ukuran 10 cm ke atas
Berat5 kg
Ukuran peletS (2 mm), M (4 mm), L (8 mm)
8
Jenis pakanBuatan/pelet
KandunganProtein 38%, lemak 5%, serat 3%, abu 12%, air 11%
Peruntukan koiKoi anakan hingga koi dewasa ukuran 40 cm
Berat1 kg
Ukuran pelet1 mm, 2 mm, 5 mm, 8 mm
7

El BarcaMaggot BSF Grade A++ Red-Yellow Booster

Mulai dari Rp 25.000,00

Jenis pakanAlami
KandunganProtein tinggi mencapai 45%, provitamin
Peruntukan koiSemua ukuran
Berat60 gram
Ukuran peletx
6
Jenis pakanBuatan/pelet
KandunganProtein 45%, lemak 4%, serat 1,5%, abu 12%, air 10%, probiotik, spirulina
Peruntukan koiAnakan koi, koi muda
Berat1 kg
Ukuran peletS (2 mm), M (4 mm), L (5 mm)
5
Jenis pakanBuatan/pelet
KandunganProtein 37%, lemak 4%, serat 3%, air 11%, abu 12%, spirulina, vitamin, mineral
Peruntukan koiKoi ukuran 5 cm ke atas
Berat1 kg
Ukuran peletS (2 mm), M (5 mm)
4
Jenis pakanBuatan/pelet
KandunganProtein 35%, lemak 3, lemak 5%, abu 13%, air 12%, spirulina, vitamin, mineral
Peruntukan koiKoi ukuran 5 cm ke atas
Berat1 kg
Ukuran peletS (2 mm), M (5 mm)
3
Jenis pakanAlami
KandunganProtein 58%, lemak 8%, serat 2%, moisture 5%
Peruntukan koiBurayak atau anakan koi
Berat5 gram
Ukuran peletx
2
Jenis pakanBuatan/pelet
KandunganProtein 30%, lemak 4%, serat 3%, abu 11%, air 12%, vitamin A, vitamin C, spirulina, kalsium
Peruntukan koiTidak disebutkan
Berat100 gram
Ukuran pelet1 mm
1
Jenis pakanBuatan/pelet
KandunganProtein 30%, lemak 3%, serat 4%, abu 12%, air 12%, vitamin, mineral, antioksidan
Peruntukan koiTidak disebutkan
Berat100 gram
Ukuran pelet1 mm

Pertanyaan umum seputar pakan koi

Pertanyaan umum seputar pakan koi

Selain membahas cara memilih dan memberikan rekomendasi produk, kami juga menjawab pertanyaan populer seputar pakan koi. Simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini, ya!

Apakah koi makan daun?

Koi bisa diberi makan daun, salah satunya adalah daun pepaya. Daun pepaya mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, protein, dan kalsium. Nutrisi tersebut bagus untuk obat stres serta meningkatkan imunitas koi.


Selain daun pepaya, koi bisa diberi makan daun bayam dan kangkung yang baik untuk pertumbuhan. Harap diingat bahwa pemberian daun pepaya pada ikan koi hanya sebatas suplemen dan bukan sebagai makanan pokok.

Berapa kali memberi makan koi?

Anda bisa memberi makan ikan koi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Anda tidak disarankan memberi makan koi pada malam hari karena metabolisme koi sudah mulai menurun. Pemberian makanan yang terlalu sering dapat menyebabkan kelebihan nutrisi di dalam kolam sehingga menyebabkan kemunculan alga.


Pemberian makan dua kali sehari akan memberikan pertumbuhan yang baik. Selain itu, kemunculan alga yang dapat memengaruhi kadar oksigen terlarut dalam air juga terhindari.

Apakah pakan lele bisa untuk koi?

Memberikan pakan lele untuk koi sebenarnya bisa, tetapi tidak dianjurkan. Kandungan yang ada pada pakan lele hanya berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan atau meningkatkan berat badan. Sementara itu, koi juga membutuhkan pakan dengan kandungan yang bisa membantu mempertegas pigmentasi warnanya. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda memberikan pakan khusus koi.

Baca juga rekomendasi produk makanan hewan peliharaan lainnya di sini

Jika Anda mencari rekomendasi produk makanan hewan peliharaan lainnya, klik tautan di bawah ini, ya! Ada banyak artikel menarik tentang makanan hewan peliharaan, mulai dari kucing, anjing, hingga burung.

Kesimpulan

Anda telah membaca sepuluh rekomendasi pakan koi terbaik dari kami. Apakah Anda sudah menemukan makanan ikan koi yang bagus dan dibutuhkan? Semoga rekomendasi produk dari kami dapat mempermudah Anda dalam menemukan pakan koi yang bagus.


Jadikan artikel ini sebagai rujukan sebelum Anda membeli pakan koi. Jangan lupa untuk memilih pakan koi berdasarkan jenisnya, ya! Sesuaikan juga kandungan pakan koi dengan kebutuhan serta umur koi.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang cocok untuk anak kucing ataupun kucing dewasa.Merek susu buat kucing, seperti Royal Canin, Growssy, dan Champion Breed telah kami ulas beserta kandungan nutrisinya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing lainnya yang bagus. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 50%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Life Cat, Whiskas, Meo, dan lainnya. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Landak yang umum dijadikan peliharaan adalah jenis landak mini atau hedgehog. Landak mini termasuk hewan omnivora yang memakan daging dan tumbuhan. Oleh sebab itu, pakan landak mini yang tersedia di pasaran cukup beragam.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam menentukan pilihan, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Hamsgehog. Kali ini, kami akan merekomendasikan makanan landak yang bagus dan tepat. Sebelum memberikan rekomendasi produk, simak dahulu cara memilih makanan landak berikut, ya!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori