• 10 City Bike Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 City Bike Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 City Bike Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 City Bike Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 City Bike Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 5

10 City Bike Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)

Kegiatan rutin Anda bisa diringankan dengan menggunakan sepeda yang tepat. City bike adalah pilihannya. Tipe sepeda ini pas untuk membantu Anda menjalankan tugas sehari-hari, bahkan mengantar Anda pulang-pergi. Harganya pun relatif lebih murah dari jenis sepeda yang lain.


Berbagai merek populer, seperti Polygon, United, Pacific, Phoenix, dan lainnya, juga menawarkan city bike yang bagus untuk Anda. Kami telah menyiapkan rekomendasi produk beserta ulasannya, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Sudah tidak sabar memilih city bike terbaik? Yuk, simak penjelasan cara memilihnya dari kami lebih dahulu!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nasirullah Sitam
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cycling vlogger, Nasirullah Sitam

Profil pakar: Cycling vlogger, Nasirullah Sitam
Nasirullah Sitam
Cycling vlogger
Nasirullah Sitam

Nasirullah Sitam memiliki profesi sebagai tenaga kependidikan di salah satu universitas di Yogyakarta. Ia mempunyai hobi bersepeda setiap akhir pekan. Kebiasaan bersepeda menjadikan Sitam paham dengan berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas bersepeda, terutama untuk pemula. Anda bisa menyapa Sitam di Instagram-nya. Ia juga rutin meng-update kanal YouTube-nya untuk mengunggah vlog bersepeda.

Ringankan aktivitas harian Anda dengan city bike

Ringankan aktivitas harian Anda dengan city bike

Road bike dibuat untuk balap, sedangkan mountain bike dibuat untuk off-road. Tiap jenis sepeda dimaksudkan untuk tujuan penggunaan tertentu, begitu juga dengan city bike. Khusus untuk menunjang aktivitas sehari-hari di area perkotaan, Anda bisa memilih tipe sepeda ini. City bike juga dikenal sebagai urban bike atau commuter bike.


Cara penggunaan city bike relatif lebih sederhana dibandingkan tipe lainnya. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa sepeda ini didesain untuk perjalanan jarak pendek dengan medan yang rata. Harga city bike pun relatif lebih murah dari tipe lainnya. Perawatannya juga tergolong lebih mudah.

Oleh karena itu, city bike menjadi opsi sarana transportasi sehari-hari yang populer. Produknya cocok dikendarai untuk berbelanja, mengantar anak ke sekolah, atau berolahraga ringan. Jika rutenya memungkinkan, Anda dapat memanfaatkannya untuk bike to work. Selain ramah lingkungan, mengendarai sepeda lebih sehat untuk Anda!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih city bike

Harga yang tinggi bukanlah jaminan keamanan dan kenyamanan. Kondisi yang berbeda membutuhkan city bike yang berbeda pula. Berikut ini, kami akan memerinci cara memilihnya untuk Anda.

Periksa material city bike pilihan Anda

Dengan mempertimbangkan efektivitas dan budget, material city bike dapat dipilih sesuai kebutuhan. Material frame, handlebar, dan fork pada setiap produk bisa berbeda. Oleh sebab itu, simak baik-baik penjabaran tiap materialnya di bawah ini ini agar Anda tidak salah pilih.

Hi-ten steel, lebih terjangkau untuk efisiensi budget

Baja merupakan material yang sudah umum digunakan untuk membuat city bike. Hi-ten steel atau high-tensile steel sendiri adalah tipe baja yang dibuat lebih kuat untuk menahan tekanan. Karena itu, kekuatan frame dari hi-ten steel lebih tinggi dibandingkan yang alloy. Material ini juga cenderung lebih baik dalam meredam getaran karena sifatnya yang lebih elastis.


Namun, karena sifatnya tersebut, bobot frame dari hi-ten steel lebih tinggi daripada yang alloy. Selain itu, material ini lebih mudah berkarat sehingga perlu dirawat lebih rajin. Tidak heran kalau harganya relatif lebih murah dari yang alloy. Oleh sebab itu, city bike dari hi-ten steel cocok untuk Anda yang lebih mengutamakan fungsi ketimbang spesifikasi.


Biasanya para pesepeda harian menggunakan jenis sepeda berbahan hi-ten steel untuk aktivitas sehari-hari. Anda bisa menambahkan aksesori tas sepeda di belakang untuk membawa barang. Harga komponen sepedanya pun lebih terjangkau dan banyak variasinya.

Alloy, lebih enteng untuk efisiensi tenaga

Seiring berkembangnya zaman, material frame dari sepeda makin bervariasi. Alloy pun makin umum digunakan sebagai material rangka sepeda karena menawarkan bobot lebih ringan, tetapi tetap mempertahankan kekuatannya. Karena ringan, city bike dari alloy lebih enteng ketika dikayuh sehingga menghasilkan kecepatan lebih tinggi.


Perlu diketahui, kekuatan alloy untuk menahan beban dan benturan tidak setinggi hi-ten steel. Material ini juga tidak sebaik hi-ten steel dalam meredam getaran. Namun, alloy lebih tahan karat sehingga bersahabat untuk segala kondisi. Jadi, city bike dengan rangka alloy cocok untuk Anda yang akan menggunakan sepeda dengan intens.

Sesuaikan ukurannya dengan postur pengguna

Sebagian besar city bike lokal berukuran all size. Ukurannya sudah disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia. Namun, Anda juga akan menemukan produk dengan ukuran yang bervariasi. Produknya bisa lebih disesuaikan dengan postur tubuh Anda.


Ukuran yang ditawarkan biasanya berkisar dari XS hingga XXL. Tidak ada ukuran pasti yang dijadikan acuan karena tiap brand memiliki kategorinya sendiri. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa variasi ukurannya lebih dahulu pada laman resmi tiap produk. 


Selain ukuran frame, ukuran ban juga memengaruhi kategori penggunanya, lho. Orang dewasa menggunakan sepeda dengan ukuran ban 26 inci ke atas. Sementara itu, sepeda dengan ban berukuran di bawah 26 inci ditujukan untuk anak-anak dan remaja.


Saat Anda membeli city bike, ukuran frame sepeda dan ban harus diperhatikan. Anda bisa langsung mencoba di toko sebelum membeli dan berkonsultasi dengan ahlinya di tempat yang sama. Jangan sampai Anda salah memilih ukuran frame ataupun ban sepeda.

Pastikan jumlah giginya sesuai dengan kondisi jalan

Ada city bike yang memiliki gear atau gigi, ada juga yang tidak. Dalam memilihnya, Anda perlu mempertimbangkan kondisi medan yang akan ditempuh. Jika rute perjalanan Anda didominasi jalanan yang datar, sepeda dengan 1-speed sudah mencukupi. Selain itu, produknya akan cocok untuk Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaan dan perawatan sepeda.


Namun, kondisi jalanan tiap kota tentu berbeda-beda. Ada juga yang penuh tanjakan dan jalan menurun. Untuk itu, Anda dapat memilih produk yang dilengkapi gear. Banyaknya jumlah gear sangat bergantung pada medan dan kecepatan yang Anda inginkan. 3-speed sampai 7-speed umumnya sudah sangat mencukupi untuk city bike.

10 Rekomendasi city bike terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk city bike terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nasirullah Sitam.

10
FrameAlloy
HandlebarAlloy
ForkSteel
Ukuran roda26 inci
Gear7-speed
9

PolygonSierra Deluxe Sport Gent/Lady

Mulai dari Rp 5.000.000,00

FrameAlloy
HandlebarAlloy
ForkAlloy
Ukuran roda27,5 inci
Gear4-speed
8
FrameHi-ten steel
HandlebarTidak tercantum
ForkSteel
Ukuran roda26 inci
Gear7-speed
7
FrameAlloy
HandlebarHi-ten steel
ForkHi-ten steel
Ukuran roda26 inci
Gear7-speed
6
FrameAlloy
HandlebarAlloy
ForkHi-ten steel
Ukuran roda26 inci
Gear7-speed
5
FrameSteel
HandlebarSteel
ForkSteel
Ukuran roda20 inci, 24 inci, 26 inci
GearX
4
FrameAlloy
HandlebarAlloy
ForkLefty LightPipe
Ukuran roda27,5 inci
Gear9-speed
3

JefferysLondon Taxi Road Bike 700C

Mulai dari Rp 4.580.000,00

FrameHi-ten steel
HandlebarAlloy
ForkSteel
Ukuran roda28 inci
Gear6-speed
2
FrameChromoly
HandlebarAlloy
ForkChromoly
Ukuran roda27,5 inci
Gear8-speed
1
FrameHi-ten steel
HandlebarTidak tercantum
ForkTidak tercantum
Ukuran roda26 inci
Gear-

Tabel perbandingan produk city bike terbaik

Gambar produk
1
Phoenix Jengki 1

Phoenix

2
Surly Cross-Check 1

Surly

3
Jefferys London Taxi Road Bike 700C 1

Jefferys

4
Cannondale Bad Boy 2 1

Cannondale

5
United Class X 1

United

6
Genio Velvet 1

Genio

7
Pacific OFO 1

Pacific

8
Trex CTB 26 Trex Hybrid 1

Trex

9
Polygon Sierra Deluxe Sport Gent/Lady 1

Polygon

10
Element City Bike Mini Karen 1

Element

Nama produk

Jengki

Cross-Check

London Taxi Road Bike 700C

Bad Boy 2

Class X

Velvet

OFO

CTB 26 Trex Hybrid

Sierra Deluxe Sport Gent/Lady

City Bike Mini Karen

Keunggulan

Rasa klasik tanpa perawatan yang rumit

Sanggup menerjang segala jenis medan

Desainnya instagrammable, siap diajak keliling kota!

Lincah menembus keramaian dan kesibukan

Penggunaan dan perawatannya tergolong simpel

Sudah bermaterial alloy, tetapi harganya terjangkau

Membuat Anda terlihat menonjol di jalanan

Tetap tampil menarik dengan harga yang ekonomis

Tersedia dalam model feminin dan sporty

Tugas ringan atau tugas berat, semuanya bisa

Harga mulai dariRp 2.070.000,00Rp 18.000.000,00Rp 4.580.000,00Rp 19.000.000,00Rp 1.950.000,00Rp 1.990.000,00Rp 3.000.000,00Rp 1.500.000,00Rp 5.000.000,00Rp 2.325.000,00
FrameHi-ten steelChromolyHi-ten steelAlloySteelAlloyAlloyHi-ten steelAlloyAlloy
HandlebarTidak tercantumAlloyAlloyAlloySteelAlloyHi-ten steelTidak tercantumAlloyAlloy
ForkTidak tercantumChromolySteelLefty LightPipeSteelHi-ten steelHi-ten steelSteelAlloySteel
Ukuran roda26 inci27,5 inci28 inci27,5 inci20 inci, 24 inci, 26 inci26 inci26 inci26 inci27,5 inci26 inci
Gear-8-speed6-speed9-speedX7-speed7-speed7-speed4-speed7-speed
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar city bike

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar road bike murah. Jika Anda masih penasaran dengan road bike murah, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah city bike cocok untuk penggunaan jarak jauh?

City bike pada dasarnya digunakan untuk transportasi sehari-hari dengan jarak yang dekat. Misalnya ke tempat kerja, tempat belanja, ataupun untuk keliling wilayah perkotaan. Namun, ada beberapa jenis city bike yang cocok untuk perjalanan jauh, salah satunya Surly Cross-Check. Sepeda ini didesain untuk touring sehingga cocok untuk perjalanan jauh.


Selebihnya, city bike lebih direkomendasikan untuk perjalanan sekitar rutinitas saja. Hal ini disebabkan oleh komponen city bike yang dirancang untuk wilayah dekat dengan kontur jalan aspal dan datar.

Baca juga rekomendasi produk sepeda lainnya di sini

Bukan cuma city bike yang bisa meringankan aktivitas sehari-hari Anda. Sepeda lipat atau sepeda hybrid juga tidak kalah efisiennya. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda, lho. Sepeda untuk anak pun ada. Yuk, kunjungi artikel-artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami.

Kesimpulan

Sudah menemukan city bike yang Anda butuhkan? Anda bisa mempertimbangkan materialnya agar sesuai dengan efektivitas dan budget. Untuk penggunaan ringan, hi-ten steel sudah mencukupi. Sementara itu, alloy lebih cocok untuk penggunaan intens.


Kenyamanan dan keamanan juga wajib diutamakan. Untuk itu, Anda perlu memilih sepeda dengan ukuran yang sesuai. Selain itu, pastikanlah jumlah giginya pas untuk medan yang akan Anda tempuh. Yuk, ringankan tugas-tugas Anda dengan city bike terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike yang bagus, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti Polygon, Pacific, United, Thrill, dan lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih, serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik dan murah untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Langsung scroll down, yuk!
    Sepeda
  • 6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda adalah cara yang bagus untuk beraktivitas di luar rumah dan menikmati udara segar. Nah, jika Anda menyukai sepeda dengan gaya simpel, sepeda fixie adalah pilihan yang pas. Bentuknya yang ramping dan bobotnya yang ringan membuat sepeda ini banyak diminati oleh kalangan muda. Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, Anda perlu menyimak beberapa tips yang akan kami berikan dalam artikel ini. Kami juga akan mengulas enam merek sepeda fixie terkeren, seperti sepeda fixie United dan Litus. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda merk Polygon dikenal berkualitas tinggi. Terdapat macam-macam jenis sepeda Polygon dapat dijumpai di pasaran, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Harga sepeda Polygon pun variatif, tergantung spesifikasi tiap produk. Anda yang belum mengetahui tingkatan atau tipe sepeda Polygon bisa saja kesulitan memilih produk yang tepat.  Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih sepeda Polygon terbaik. Jenis sepeda Polygon yang bagus untuk pemula hingga profesional, seperti CLAIRE24, URBANO 13, dan XTRADA 5 akan Anda temukan. Hanya sepeda Polygon urutan atas yang kami tampilkan untuk Anda. Selamat membaca!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori