• 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Blush On Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022)

Blush on atau perona pipi adalah makeup yang wajib dimiliki karena membuat wajah tampak segar dan lebih muda. Makeup yang dapat memberi dimensi pada tulang pipi Anda ini tersedia di pasaran dalam berbagai bentuk dan warnaNamun, blush on seperti apa yang cocok untuk kulit sawo matang?


Untuk memudahkan Anda, kami akan membagikan tips memilih warna blush on yang bagus untuk kulit sawo matang. Kami juga telah mengulas tipe-tipe blush on serta sepuluh merek terbaik, seperti Viva, Emina, ESQA, dan Make Over. Penasaran? Yuk, baca artikel ini sampai akhir!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Februari 2022
Daftar isi

Cara memilih blush on untuk kulit sawo matang

Pemilik kulit sawo matang mungkin kesulitan memilih blush on yang cocok. Jika warnanya terlalu terang, misalnya warna pastel, warna blush on tidak akan terlihat. Sebaliknya, kalau warnanya terlalu mencolok, wajah malah jadi terkesan menor. Jadi, blush on jenis apa yang sebaiknya dipilih? Mari simak penjelasannya.

Pilih warna blush on sesuai kesan yang ingin ditampilkan

Tidak semua warna blush on cocok dengan kulit sawo matang. Kulit sawo matang pun ada yang lebih terang (medium) dan lebih gelap (dark). Berikut ini beberapa warna blush on yang bisa Anda pertimbangkan sesuai shade kulit dan preferensi Anda.

Peach dan aprikot, untuk daily look yang segar

Peach dan aprikot adalah warna yang relatif aman dan bisa dipakai oleh berbagai jenis kulit. Warna ini adalah campuran dari warna merah muda dan oranye. Bagi kulit sawo matang jenis medium, warna peach atau aprikot ini bisa jadi pilihan.


Pilihlah warna peach yang bernuansa hangat tanpa kesan neon. Selain peach bernuansa neon, hindari juga warna yang terlalu muda atau pastel. Blush warna ini biasanya cocok dipakai sehari-hari pada waktu siang untuk kesan yang fresh. Warna ini juga bagus dijadikan untuk meng-highlight pipi atas Anda, lho!

Brick dan terracotta, tampil natural di segala situasi!

Jika Anda kurang menyukai warna peach atau aprikot, warna brick dan terracotta mungkin cocok untuk Anda. Sama dengan warna sebelumnya, kedua warna ini merupakan campuran antara merah muda dan oranye. Bedanya, ada campuran warna merah bata atau nuansa cokelat yang mendominasi.


Warna ini biasanya cocok pada semua kulit sawo matang, baik pada tingkat medium maupun dark. Warna ini terlihat sangat natural sehingga cocok digunakan pada jenis makeup natural, editorial, ataupun bold. Itu sebabnya warna brick dan terracota menjadi warna favorit bagi pemilik kulit sawo matang.

Pink, untuk tampilan segar dan memesona

Warna merah muda rentan memberi kesan menor ketika diaplikasikan pada kulit sawo matang. Namun, warna yang sedikit tricky bagi kulit sawo matang ini ternyata memberi kesan segar dan memesona, lho!


Akan tetapi Anda jangan khawatir, gunakanlah pink nude atau warna mauve yang bernuansa dingin. Kalau kulit Anda sawo matang dengan kecenderungan berwarna gelap, pilihlah warna pink yang lebih gelap juga. Hindari warna pink neon atau mencolok karena warnanya akan sulit menyatu dengan kulit.

Violet, berry, dan plum, untuk rona yang natural

Ingin tampil feminin? Cobalah blush on dengan warna-warna bernuansa ungu! Beberapa orang mungkin menganggap ungu berkesan suram, tetapi jika diaplikasikan kepada kulit sawo matang, hasilnya malah terlihat girly.

 
Warna-warna bernuansa ungu secara umum cocok untuk semua jenis kulit sawo matang, mulai dari yang medium hingga darkAnda bisa memilih warna ungu muda, ungu tua, atau ungu dengan kesan merah muda. Namun, sebaiknya hindari warna ungu yang terlalu muda, seperti ungu pastel karena warnanya akan sulit terlihat.

Merah wine atau burgundy, untuk classy look

Bagi Anda yang mau bereksperimen lebih, cobalah warna merah tua atau burgundy. Warna ini adalah campuran merah tua dengan kesan ungu, persis warna wine. Beberapa variasi warna ini juga tersedia dalam campuran dengan warna cokelat sehingga terkesan lebih hangat.


Paling gelap di antara warna lain membuat blush ini cocok digunakan untuk night look yang formal dan elegan. Warna burgundy juga bagus untuk mempertegas tulang pipi dengan menggabungkannya dengan warna contour. Ketika memakai warna burgundy, sebaiknya aplikasikan sedikit demi sedikit jika ingin menambah intensitasnya agar tetap terlihat natural.

Sesuaikan tipenya dengan keperluan atau jenis kulit

Saat ini sudah tersedia berbagai macam blush on di pasaran. Beberapa jenisnya, antara lain powder blush, stick blush, cream blush, liquid blush, dan cushion blush. Simak pembahasan kami tentang tiap jenis blush on agar Anda tidak salah pilih.

Powder blush, beginner-friendly dan memberi tampilan matte

Blush on tipe powder atau bubuk adalah tipe yang paling umum ditemukan di pasaran. Tipe ini biasanya beginner-friendly dan menghasilkan tampilan yang matte sehingga digemari oleh jenis kulit normal dan berminyak. Beberapa blush powder juga dilengkapi dengan shimmer sehingga kulit tampak sehat dan terlihat bercahaya.


Namun, blush on jenis ini mudah pudar dan butuh touch-up. Saat touch-up pun, Anda membutuhkan brush untuk mengaplikasikannya. Sayangnya, tidak semua produk blush powder menyediakan kuas sehingga Anda perlu membawa kuas terpisah untuk melakukan touch-up.

Stick blush, praktis dan travel-friendly

Blush bertekstur krim padat dalam bentuk stick yang bisa diputar ini merupakan andalan bagi Anda yang sering bepergian. Tidak perlu kuas, Anda cukup memakai jari atau spons untuk mengaplikasikannya. Dibandingkan jenis lain, biasanya blush tipe ini juga lebih pigmented sehingga tidak perlu waktu lama untuk memakainya.


Kekurangannya adalah beberapa produk stick blush teksturnya terlalu creamy sehingga cukup rapuh dan rentan patah. Tips dari kami, simpan stick blush Anda di tempat yang sejuk dan terhindar dari panas matahari. Kemudian, jangan lupa untuk menjaga tangan Anda tetap bersih sebelum mengaplikasikannya ke kulit.

Cream dan liquid blush, lebih lembap dan tahan lama

Bagi yang memiliki kulit normal atau kering, blush tipe krim atau cair bisa menjadi pilihan. Blush tipe ini biasanya lebih melembapkan kulit dan mudah dibaurkan dengan jari atau spons. Hasilnya natural atau satin. Selain itu, blush ini juga lebih tahan lama daripada blush bentuk bubuk karena lebih menyerap ke dalam kulit.

Kekurangannya adalah blush jenis ini lebih sulit diaplikasikan di atas foundation dan bedak. Anda membutuhkan spons, kesabaran, dan teknik dalam memakainya. Kemudian, beberapa liquid blush mempunyai intensitas yang sangat tinggi, hampir seperti lipstik. Sementara itu, cream blush cenderung cepat mengering sehingga sulit dibaurkan.

Cushion blush, compact dan memberi efek dewy

Blush jenis ini dikemas dalam bentuk cushion yang dilengkapi spons sehingga praktis digunakan. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyiapkan spons atau brush sendiri. Blush ini juga travel-friendly karena mudah diaplikasikan saat Anda touch-up.


Konsistensinya mirip dengan blush on cair dan mempunyai intensitas beragam, mulai dari yang sheer hingga pigmented. Namun, hasilnya tetap natural karena saat menekan cushion, produk yang terambil tidak terlalu banyak. Hasil blush ini membuat kulit tampak dewy dan memberi efek glowing alami ala Korea!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

The Balm INSTAIN® Long Wearing Staining Blush - Warna Swiss Dot

Mulai dari Rp 215.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi blush on terbaik untuk kulit sawo matang

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blush on untuk kulit sawo matang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis blushLiquid
Hasil akhirSatin
Warna/shadeBeam, Dusk, Puff, Dawn, Haze, Spark, Storm, Eve
Isi10 ml
9
Jenis blushCream
Hasil akhirCream-to-powdery, matte
Warna/shadeJuno, Lyra, Aries, Artemis, Maia
Isi4 gram
8

Rollover ReactionHALOBLUSH Coloring Stick

Mulai dari Rp 139.000,00

Jenis blushStick
Hasil akhirCream-to-powder, velvet matte
Warna/shadeChai, Cayenne, Cajun
Isi5,3 gram
7
Jenis blushPowder
Hasil akhirMatte
Warna/shadeGuava, Watermelon, Mango
Isi10 gram
6

Make OverHydrastay Liquid Tint Blush

Mulai dari Rp 131.000,00

Jenis blushLiquid
Hasil akhirDewy, Satin, stain
Warna/shadeFlair, Gala, Solace, Dolce, Sun-Baked
Isi15 ml
5
Jenis blushLiquid
Hasil akhirSatin/velvet
Warna/shadePeach Custard, Salted Caramel, Sugar Rose
Isi3 ml
4
Jenis blushPowder
Hasil akhirMatte, shimmery
Warna/shadeRed Pink, Red Orange, Red Purple
Isi2 gram
3
Jenis blushLiquid
Hasil akhirSatin, stain
Warna/shadeButterscotch, Peach Melba, Pink Guava, Cherry Tart
Isi10 gram
2
Jenis blushPowder
Hasil akhirMatte, Shimmery
Warna/shadeMarshmallow Lady, Cherry Blossom, Cotton Candy, Bittersweet, Violet Berry, Sugarcane
Isi3,5 gram
1
Jenis blushCushion
Hasil akhirDewy, satin
Warna/shadePositano, Ravello, Santorini, Venice, Capri
Isi5 gram

Tabel perbandingan blush on terbaik untuk kulit sawo matang

Gambar produk
1
ESQA Radiant Cushion Blush 1

ESQA

2
Emina Cheeklit Pressed Blush 1

Emina

3
BLP Beauty Cheek Stain 1

BLP Beauty

4
Viva Cosmetics Fin Touch 1

Viva Cosmetics

5
LUXCRIME Seamless Liquid Blush 1

LUXCRIME

6
Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush 1

Make Over

7
GOBAN Sunkissed Blushing Powder 1

GOBAN

8
Rollover Reaction HALOBLUSH Coloring Stick 1

Rollover Reaction

9
Runa Beauty Moonflush 1

Runa Beauty

10
Glossier Cloud Paint 1

Glossier

Nama produk

Radiant Cushion Blush

Cheeklit Pressed Blush

Cheek Stain

Fin Touch

Seamless Liquid Blush

Hydrastay Liquid Tint Blush

Sunkissed Blushing Powder

HALOBLUSH Coloring Stick

Moonflush

Cloud Paint

Keunggulan

Compact, mudah dibawa ke mana saja

Powder blush yang tahan lama dan blendable

Keren, bisa mixing berbagai warna

Blush on ekonomis dengan kesan mewah

Tampil merona hanya dengan dua dot saja

Lima varian warna pink yang cocok untuk kulit sawo matang

Pigmented dan warnanya unik!

Stick blush yang tahan lama dan versatile!

Cream blush dengan banyak pilihan warna

Blush yang ekstra melembapkan dan natural

Harga mulai dariRp 150.000,00Rp 38.000,00Rp 129.000,00Rp 6.600,00Rp 89.000,00Rp 131.000,00Rp 120.000,00Rp 139.000,00Rp 139.000,00Rp 270.000,00
Jenis blushCushionPowderLiquidPowderLiquidLiquidPowderStickCreamLiquid
Hasil akhirDewy, satinMatte, ShimmerySatin, stainMatte, shimmerySatin/velvetDewy, Satin, stainMatteCream-to-powder, velvet matteCream-to-powdery, matteSatin
Warna/shadePositano, Ravello, Santorini, Venice, CapriMarshmallow Lady, Cherry Blossom, Cotton Candy, Bittersweet, Violet Berry, SugarcaneButterscotch, Peach Melba, Pink Guava, Cherry TartRed Pink, Red Orange, Red PurplePeach Custard, Salted Caramel, Sugar RoseFlair, Gala, Solace, Dolce, Sun-BakedGuava, Watermelon, MangoChai, Cayenne, CajunJuno, Lyra, Aries, Artemis, MaiaBeam, Dusk, Puff, Dawn, Haze, Spark, Storm, Eve
Isi5 gram3,5 gram10 gram2 gram3 ml15 ml10 gram5,3 gram4 gram10 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi blush on lainnya di sini

Selain warna-warna blush on yang cocok bagi kulit sawo matang, Anda juga dapat menemukan rekomendasi blush on lainnya dari kami. Anda dapat menemukan blush on dari merek luar negeri atau lokal dengan jenis dan warna yang bermacam-macam. Jika ingin tahu lebih lanjut, silakan klik beberapa tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Mencari perona pipi bagi kulit sawo matang bukanlah hal sulit jika Anda mengikuti panduan yang diberikan. Banyak pilihan warna yang bisa dicoba, mulai dari nuansa peach, kecokelatan, ungu, hingga merah. Biasanya warna brick yang hangat dan warna berry yang dingin sering ditemukan pada merek-merek lokal.


Sementara itu, tipe atau jenis blush bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Nah, silakan jadikan artikel ini sebagai referensi dan selamat memilih blush on favorit untuk kulit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi CC Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi CC Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda bisa menyempurnakan riasan dasar (base makeup) hanya dengan satu produk, yaitu CC cream. Krim ini populer di semua kalangan karena merupakan base makeup yang multifungsi. CC cream bisa digunakan sebagai foundation, color corrector, dan juga skincare. Namun, karena tersedia dalam berbagai merek dan karakteristik, Anda mungkin kebingungan saat memilihnya.Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik seperti Emina, Erto's, La Tulipe, dan Safi. Sebelum itu, kami juga akan mengulas tips memilih CC cream untuk Anda. Jika Anda sedang mencari CC cream, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori